iklan google termasur

Minggu, 09 Februari 2014

Cara Mudah Membuat CDI Motor Tipe AC


by : Zakir Skynet

Jurnal ilmiah kali ini paman zak akan membahas bagaimana membuat CDI tipe ac, lebih khusus lagi sebuah metode membuat cdi  ac standar high performance standar original khususnya untuk motor varian Honda. circuit cdi ac ini sangat mudah dibuat dan anggaran untuk mebuatnya sangat ekonomis tidak lebih dari Rp.15 ribu anda akan berkreasi dalam membuat cdi ac. CDI ini sudah diuji coba selama 720 jam setara dengan perjalanan Tangerang-Denpasar Bali 30 kali pp, CDI ini sangat cocok untuk motor Honda Legenda,
Honda Grand, Honda supra fit dan Motor varian Honda lainnnya yang masih menggunakan CDI tipe AC. hasil uji sangat memuaskan semua pihak dan kawan-kawannya ; akselerasi motor semakin gesit rpm rendah maupun tinggi Contoh circuit bisa dilihat pada gambar dibawah ini :






CDI Motor Tipe AC Buatan Rumah







Sejarah CDI

Capacitor Dischage Ignition lebih familiar dengan sebutan CDI, adalah teknologi abad 18/19 pertama kali diciptakan ditemukan oleh ilmuan besar dan  termasur bernama Nikola Tesla  berkebangsaan Amerika (USA) yang dikutip dari http://en.wikipedia.org/wiki/Capacitor_discharge_ignition
The history of the capacitor discharge ignition system can be traced back to the 1890s when it is believed that Nikola Tesla was the first to propose such an ignition system. InU.S. patent #609250 first filed February 17, 1897, Tesla writes 'Any suitable moving portion of the apparatus is caused to mechanically control the charging of a condenser and its discharge through a circuit in inductive relation to a secondary circuit leading to the terminals between which the discharge is to occur, so that at the desired intervals the condenser may be discharged through its circuit and induce in the other circuit a current of high potential which produces the desired discharge.'
Terjemahan by Google :
Sejarah sistem pengapian debit kapasitor dapat ditelusuri kembali ke tahun 1890-an ketika diyakini bahwa Nikola Tesla adalah yang pertama untuk mengusulkan suatu sistem pengapian. Dalam paten US # 609250 pertama kali diajukan 17 Februari 1897, Tesla menulis 'Setiap bagian bergerak sesuai aparatur disebabkan untuk mekanis mengontrol pengisian kondensor dan debit melalui sirkuit sehubungan induktif ke sirkuit sekunder yang mengarah ke terminal antara yang debit adalah untuk terjadi, sehingga pada interval yang diinginkan kondensor dapat dibuang melalui sirkuit dan mendorong di sirkuit lainnya arus potensi tinggi yang menghasilkan debit yang diinginkan. "
Untuk yang ingin mengenal Nikola Tesla bisa konek disini http://en.wikipedia.org/wiki/Nikola_Tesla 
Cara Kerja CDI
Cara kerja cdi bisa dilihat pada gambar dibawah ini muatan listrik langsung menuju kapasitor,  power muatan listrik ini dihasilkan dari stator motor khusus tipe cdi AC atau sebuah inverter CDI Tipe DC  voltage maksimum untuk mengecas  capacitor  maksimum 300 volt khusus penggunaan dibidang aplikasi automotive. Sedangkan pada gerak gambar dibawahnya dibawahnya yang lebih kecil adalah muatan listrik dari stator pickup/pulser berfungsi memberikan signal kepada SCR agar aktive melalui saluran gate scr berfungsi untuk cut out memotong pengisian capacitor, pada saat cut maka capacitor membuang energinya ke coil pengapian maka tercipta ribuan volt, dimana percikan api inilah  yang akan membakar uap bensin diruang pembakaran mesin. Mantap ! coba lihat api yang dihasilkan dari sebuah CDI. Di sini :
Langkah-Langkah Pasti Membuat CDI Motor Tipe AC
Daftar Komponen dan Anggaran 
 Uraian
Jumlah
item
@Rp
Total
Rp
C1=1 Uf 250 s/d 400 Volt
1
4000
4000
C2=10 Uf 50volt
1
500
500
R1= 470 Ohm R2= 10K R3=2K2
3
100
300
PCB Rp 2000/4


500
Kabel
    0,5meter
2000
1000
Timah solder
0,5meter
2000
1000
Kenektor CDI
1
2000
2000
SCR =  2P4M


4000
Diode 1N4007
4
250
1000
Jumlah dibulatkan


15000

Protes bayar Rp.10.000,-

Langkah-Langkah Pasti Membuat CDI Motor Tipe AC
Posisi Stndard PIN CDI AC 
HIjau Masa,  biru Pulser, Hitam-kuning Ke coil, Merah Dari Generator, Hitam-putih Kill switch

Capasitor 1uf 250 Volt  dan SCR 2P4M terhubung
SCR 2P4M Aplikasi CDI
Diode 1amper, SCR dan Capacitor

CDI sudah Selesai di rakit Siap Digunakan Sampai Rambut Memutih

CDI dan BOX Untuk melindungi Komponen elektronik

Project CDI Motor di Cor Pakai Resin

Untuk melindungi komponen elektronik CDI dari gangguan cuaca yang ektrim karena akan membuat karat / korosi  komponen elektronik, dimana tujuan akhirnya agar cdi dapat digunakan sampai satu abad, maka perlu diambil langkah preventif untuk melindungi CDI,  berikut langkah-langkah pasti mengecor cdi motor memakai resin :

Drijen adalah Resin dan Katalis Botol Kecil  untuk cor CDI 

Katalis, Resin dan Talk

Resin, talk dan katalis diaduk jadi satu

CDI sudah dicor pakai resin menunggu kering

CDI selesai dibuat Siap di Exspor ke Manca Negara

Semoga artikel ini bermanfaat untuk seluruh rakyat Indonesia, dan seluruh warga dunia.


80 komentar:

powerbox mengatakan...

boleh gak scr saya ganti tipe BT151 Uncle Zak? sebenarnya yang saya cari percobaan sirkuit cdi untuk kharisma dan jupiter mx, dua motor itu pake TPS, jadi kurva CDI gak statis, tapi artikelnya bagus karena gak hanya menyajikan sirkuit, tapi juga telah dicoba, terima kasih infonya Uncle Zak

Gaptekmania mengatakan...

kalau untuk skema rangkaian CDI AC yang ngga pakai pulser, punya ngga, om?
seperti CDI Ninja 150 R yang lama atau CDI keluarga suzuki RC (tornado, RC100, crystal)

Gundul mengatakan...

gan,buat kiproknya tiger diskema yg ke kunci kontak yg mn om?









dodot mengatakan...

apa cdi aslinya dibuang ? ganti dengan yg ini ?

Solusi battery mengatakan...

pakai scr BT151 bisa pakai, ane udah kalkulasi nilai R2 dan C2 cdi ini engga statis, RPM bisa naik R2 tinggi or C2 diturunkan.

Solusi battery mengatakan...

ane punya beberapa desain CDI tanpa pulser, untuk aplikasi motor seperti diatas harus di coba dahulu, nanti kalau sukses dicoba, ane mau buat postingan baru !

Solusi battery mengatakan...

semua desain bisa konek ke kunci kontak

Solusi battery mengatakan...

cdi original tetap saja ditempatnya untuk cadangan, ada dua cdi dimotor lebih aman dalam berkendara.

Gundul mengatakan...

ada limiternya ngga om? kl ada gmn cara naikin limitnya?

Gundul mengatakan...

ada limitnya ngga om? kl ada gmn cara naikin limit atau nuruninnya?

Solusi battery mengatakan...

nanti ane bahas di postingan judul : Hyper CDI Project, CDI Racing Project, CDI DC Project, Booster CDI AC, mantap !

powerbox mengatakan...

wah mantap, ditunggu postingan hasil riset cdinya Uncle Zak,berkat postingan riset kiprok ane sekarang sudah bisa menyimpan kiprok ori motor

P@ULers mengatakan...

Ditunggu uncle postingan berkutnya..,,


agung priyo mengatakan...

Uncle Zak, minta infonya..
skema cdi diatas apa bisa digunakan untuk yamaha Vega R dan Vega ZR?

terimakasih

Gaptekmania mengatakan...

siiip.
ditunggu postingannya om :)

Unknown mengatakan...

Mantap uncle... Di tunggu postingan yg lainnya!!!!!!

Sukma Nopiyandi mengatakan...

mohon infonya uncle zak, klo kapasitornya di ganti sama 1,2 uf 400 volt gimana?

Unknown mengatakan...

uncle punya skema ballast hid ga ? share dong

Solusi battery mengatakan...

capacitor 0,5 s/d 2 uf dengan volt 250 volt s/d 600 volt bisa pakai

Solusi battery mengatakan...

sepertinya ane punya nanti ane posting judulnya : kolekasi sekema sekema ballast HID

Unknown mengatakan...

mas kalo untuk C 1 nya dibesarin ngaruh gak.

Unknown mengatakan...

uncle zak, makasih banyak nii atas ilmu yang kau berikan.. sangat bermanfaaat. boleh tanya nii. untuk pengecoran saya masih bingung bahan" nya apa saja' kalo beli di toko kimia' nama bahan bahanya apa saja' dan perkiraan harga ? terima kasih :D

Unknown mengatakan...

uncle zak tolong uplod yg g pake puickup dong.. mau coba di vespa Px saya...

Unknown mengatakan...

uncle. kalo C1 lebih dari 2uf gimaana ?

Unknown mengatakan...

Om zak.minta sekema belakangnya dong..thanks

Unknown mengatakan...

saya sdh buat rangkaian ini, tapi dipakai di supra fit saya apinya kok mati hidup, kira2 apa yang salah paman? resistor yang dipakai berapa watt?

Solusi battery mengatakan...

biasanya soldernya kurang bagus, resistor ane pakai 1/2 watt

adi mengatakan...

lo persamaan SCR 2P4M ada ga.....?
takut gak ada yg jual....

Unknown mengatakan...

mksh om atas ilmunya,,sangat bermanfaat sekali,,di tunggu posting selanjutnya tentang cdi racing projet

Unknown mengatakan...

kalo buat satria gmna bng??

Solusi battery mengatakan...

SCR tipe 2P4M sangat populer, biasanya standar toko elektronik wajib ada, kalau engga ada pakai BT151 or BT152

Solusi battery mengatakan...

nanti ane posting CDI Racing !

Solusi battery mengatakan...

motor suzuki satria CDI yang dipakai tipe DC CDI power supply dari aki, bisa pakai dengan catatan harus ada gulungan sepul baru untuk supply capacitor.

Unknown mengatakan...

om zack saya masih bingung, di gambar diagram diodanya ada 5 tp di aplikasinya kok 4, mohon penjellasannya! trims om. ilmunya sangat bermanfaat

Bang Jago mengatakan...

Uncle Zak Boleh minta gamabar belakang sirkuitnya, soalnya saya tidak tahu cara soldernya gimana dan letak kabel2nya harus dimana?
terimakasih uncle

alikblog mengatakan...

bang zak punya skema cdi untuk honda nsr r tipe pengapian ac? sudah 3bln mtor mati cari cdi ori susah bgt

BLOG MALAWADING mengatakan...

mantaff...ditunggu postingan CDI DCnya Mas Uncle...hhe

Cendol mengatakan...

Om zak, kira2 bisa gak kalau jalur dari spul pengapian diganti dengan inverter 12vdc to 300vdc? alias dirubah jadi cdi dc...

saya juga masih setia nunggu CDI racingnya om...

Cendol mengatakan...

Om zak, kira2 bisa gak kalau jalur dari spul pengapian diganti dengan inverter 12vdc to 300vdc? alias dirubah jadi cdi dc...

saya juga masih setia nunggu CDI racingnya om...

Cendol mengatakan...

Masih nunggu CDI DC Project yang Hyper Racing om.. :D

Solusi battery mengatakan...

jalur spul diganti dengan 300 volt dc sangat bisa, charge dan discharge mesti pas. seperti pada gambar animasi diatas

Unknown mengatakan...

Beli bahan cornya di toko apa uncle?

Unknown mengatakan...

om zak, kalo mau ngatur maju mundurnya timing apanya yg diganti om zak, sekalian kalo bisa diganti dgn potensio ya om zak, ditunggu balesannya

Unknown mengatakan...

Om Zak,,,, Bisa bikin CDI Unlimite kaya CDI REKTOR gak!!!
Klo bisa ane mu pesssen donk om zak.. buat motor tiger..

Agung mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Uncle zak sak jose...sangat bermanfaat.thx

Abi Tantowi mengatakan...

uncle zak memang mantap !
mitrabatrai uncle zak apakah suzuki smash th 2004 pengapiannya DC ato Ac ya ?
Mohon di jawab :D
Trus kalo motor kalo di stater bunyi kemrosak kaya yang mau ambrol kenapa ya pdhl gear Staternya masih bagus

Brengosh mengatakan...

uncle zak cara pemasangan kaki scr nya gimana? maaf ana newbie uncle

IIzall mengatakan...

Apa bisa diaplikasikan ke vario 110cc om?

yok mengatakan...

tengkyu Uncle Zak, saya sudah membuatnya dan hasilnya sangat "MANTAP" review : http://elektronikanalog.blogspot.co.id/2015/09/membuat-cdi-sendiri.html

Unknown mengatakan...

om apakah bisa dipasang ke spacy injeksi 110cc
thanks atas infonya
kalau bisa jawaban dikirim lewat email. : bewentheo02@gmail.com

Unknown mengatakan...

Boleh ngak diajarin bikin cdi non cut honda wave 100 sama aku step by step and komponen yang dibutuhkan..supaya aku bisa bikin sendiri d malaysia...please email sama ku di ahmadasyrafbinali@gmail.com...please

0prekers mengatakan...

Kalau mau bore up jadi 450v gimana

0prekers mengatakan...

Kalau mau bore up jadi 450v gimana

Unknown mengatakan...

Kalau dipakai di vespa exclussive lancar kah uncle

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Lancar

Unknown mengatakan...

Q pakek Bt151 kok gak bisa ya?? Apa kaki KAG nya ada yg beda??

Unknown mengatakan...

Q pakek Bt151 kok gak bisa ya?? Apa kaki KAG nya ada yg beda??

Unknown mengatakan...

Lancar

Unknown mengatakan...

Saya sudah coba.. Dan hasilnya, gagal uncle.

Unknown mengatakan...

Saya sudah coba.. Dan hasilnya, gagal uncle.

Unknown mengatakan...

Ada skema untuk cdi honda nsr R atau nsr SP g om zak?

Kalo ada minta ilmunya dong om,karena part udah langka banget nih om..

Makasih sebelomnya

Dodi mengatakan...

Kl untuk 2 cylinder tp 1 pulser seperti pada kaisar 250 cc, rangkaiannya jadi bagaimana ?.Tk

Rizers mengatakan...

request buatin tutorial buat vega r lama om

Ivan kurniawan mengatakan...

Mana cdi racing nya :v

Unknown mengatakan...

scr d ganti yng fir3d bisa gak bos zak. . .masalahnya saya tidak dapat beli di toko elektro

Unknown mengatakan...

scr d ganti yng fir3d bisa gak bos zak. . .masalahnya saya tidak dapat beli di toko elektro

Candra Mustofa DSP mengatakan...

Bisa mas,, cuma menentukan kaki SCR nya atau lebih kaya utk bertarung cari X0405mf

Candra Mustofa DSP mengatakan...

Bisa mas,, cuma menentukan kaki SCR nya atau lebih kaya utk bertarung cari X0405mf

FOKUS MTs SA JABAR mengatakan...

apa skema di atas bisa di pakai di motor f1zr

Unknown mengatakan...

gan..kalo scr 2p4m diganti pake scr bt151 komponen apa aja yg perlu diganti?

Unknown mengatakan...

Om minta skema rangkaian cdi tanpa pulser dong, buat tornado. Ditunggu om :)

Unknown mengatakan...

Kurang paham sy sekemanya yg bagian 2p4m sa di bagian r2nya it c2 di kasih ap ?mohon pencerahanya

snhaukeo mengatakan...

keren ini min infonya...
http://cody.id/produk/power-supply/power-supply-cody-3005dt/

Unknown mengatakan...

Minta petunjuknya warna kabel dari cdi diatas mulai dari merah sampai coklat

Anonim mengatakan...

Cdi 2tak scr pake 2p4m/x0405 cdi bisa
Knp ya scr d gnti bt151 800r cdi ga bisa
Apa yang hrus di ubah ya uncle

Anonim mengatakan...

Iya sama kasusnya ap ya yg prlu d gnti

Unknown mengatakan...

Om ucle saya mau nanya rangkaian yang bisa buat limit cdi apa ya om ..soalnya saya bikin esperimen sendiri gak ada limitnya takut piston jebol ??

khelink282 mengatakan...

idem cdi vga 5er