by : Zakir Skynet
Dalam rangka ikut serta mencerdaskan bangsa khususnya dibidang regulator voltage motorcycle, maka jurnal ilmiah kali ini paman zak akan membahas bagaimana membuat sebuah regulator pengisian aki model single phase atau lebih dikenal dengan nama kiprok tiger.
Ada banyak model circuit untuk model kiprok tipe single phase bisa lihat disini http://mitrabaterai.blogspot.com/2014/01/koleksi-skema-kiprok-aplikasi-honda.html namun kali ini akan membahas sebuah circuit kiprok tiger yang berasal dari Negeri Russia seperti dibawah ini dengan pertimbangan pemilihan circuit ini ; sangat mudah dibuat, komponen komponen sudah sangat familiar di toko-toko elektronik di seluruh tanah air dari Aceh sampai Papua.
Ada banyak model circuit untuk model kiprok tipe single phase bisa lihat disini http://mitrabaterai.blogspot.com/2014/01/koleksi-skema-kiprok-aplikasi-honda.html namun kali ini akan membahas sebuah circuit kiprok tiger yang berasal dari Negeri Russia seperti dibawah ini dengan pertimbangan pemilihan circuit ini ; sangat mudah dibuat, komponen komponen sudah sangat familiar di toko-toko elektronik di seluruh tanah air dari Aceh sampai Papua.
Circuit ini sudah diuji coba di Dept Litbang Institut Teknologi Paman Zak hasilnya sangat mantap sensor voltage aki bekerja pada tingkat ketepatan yang tinggi dalam hal cutout voltage yang handal, mantap ! anggaran riset diambil dari dana hibah "APBD-Paman Zak" Anggaran Pendapatan Belanja Dapur Paman Zak project ini menghabiskan dana kurang lebih Rp.24.000,- atau setara dengan 2 dollar USA. dengan anggaran relatif murah maka anda dapat berkreasi mendesain regulator kiprok motor anda.
Anggaran Project Kiprok Honda Tiger
Harga Komponen di Kota Tangerang Provinsi Banten, Indonesia
Diode silicon 6 ampere 4 buah Rp 1.250 Rp. 5000,-
SCR BT151 2 buah @ Rp 3.500,- Rp. 7000,-
diode 1 amper 2 buah @ Rp 250 Rp. 500,-
Resistor 5 Buah @ Rp 100,- Rp 500,-
Transistor 2N5401 Rp 500,-
Diode zener 13,8 s/d 15 Volt Rp 500,-
capacitor 10uf 50 volt Rp. 500,-
=========== +
Sub Total Rp. 14500,-
Lain-lain biaya Rp 9500,-
Total General Rp. 24.000,-
Langkah langkah Pasti Membuat Kiprok Honda Tiger
Diode Silicon 6 ampere |
SCR BT151 |
Cara Membuat Diode Bridge |
Diode Bridge dan SCR BT151 sudah terpasang |
komponen capacitor dan transistor sudah terpasang |
Kiprok Honda Tiger nyaris sudah siap, satu langkah lagi casing dan pengecoran |
Semoga informasi ini bermanfaat untuk seluruh masyarakat automotive Indonesia
51 komentar:
ciee project baru .. mantap !! nice om zak :)
ditunggu nii untuk project CDI racingnya :P hehehe
mantaap deh uncle..
kan sekarang yang lagi "in" tuh harga BBM yang naik,, skali kali bikin tips menghemat BBM tanpa mempengaruhi tenaga motor.. bisa ga uncle.. :D
diagram dan skemanya mas kok beda jauh yah ?? bingung saya . di diagram skemanya yang gambar tersebut di sebutkan capacitor 1000 mikro ? tapi punya mas kok capacitor elkonya kecil dan juga resistornya hanya 2 saja . di diagram resistornya ada 5 buah ?
Om pengecorannya bagaimana caranya ya
skema nya membingungkan tidak ada 2 kabel kuning itu menuju kemana ?
ini sangat sulit mas bro ? itu menuju ke mana stator nya ?
di motor saya blade110 ada 2 kabel out yaitu pengisian dan lampu ? apakah lampu juga bisa di buat untuk masuk ke kiprok tiger ini ?
tolong jelaskan mas soalnya rangkaian di atas kurang jelas dan membingungkan cara pemasangannya ?
di motor blade110 saya ada kabel putih = pengisian . kuning = lampu . dan satu ground tegabung dengan solder stator saya ?
yang mana yang di gunakan mas ? ataukan harus mencabut ground untuk dijadikan pengisian ?
sudahkan agan menguji coba skema ini sebelum di aplikasikan di motor kami !!
Project CDI Racing sudah ane buat tinggal satu langkah lagi di uji pembanding pakai Tachomter/RPM
pakai resin
artikel yg sngt bagus,mf gan sblumnya sy mau nannya tentang MEMBUAT CAS AKI OTOMATIS pada postingan yg dulu,yang saya tanyakan itu ada yg menggunakan indikator full ces dengan lampu led,itu ada 2 led dan ada dua R, Untuk masing2 R pada masing2 led berapa ohm ?
mksh..
keluaran dari kiprok ini berapa volt dan amper pak, rencananya buat lampu h4 100watt, waktu saya ukur alir arusnya 6,6 A, pengisian kiprok binter merzy idle 3A max 7A, menengah terukur 5A, jadi aki kurang pasokan arus, lama-lama redup. saya pake sistem dua elko juga gagal. mohon masukannya pak, sistem pengisian full wave sama dengan tiger.
saya sudah bikin , pake diode zenner 15v , keluarannya 15,8 volt, berbahaya gak ke aki? kalau gak salah keluaran kiprok tiger kan maksimal 14,7 volt?
15,8 volt kurang bagus, sebaiknya pakai diode zener 14,3 pakai dua buah zener 6,8 volt dan 7,5 volt diseri jadi pas di area 14,3 volt maksimum 14,7 volt.
kiprok ini sesuai dengan power sepul umumnya motor sekarang powernya 100 watt s/d 150 watt pada RPM tinggi, sebaiknya jangan pakai lampu 100 watt, daya sebesar itu hanya didapat pada RPM tinggi, RPM sedang taksiran power hanya 50 watt, kalau mau pakai 100 watt tanpa aki tekor langsung saja konek ke sepul pakai arus ac.
dua kali bikin dua kali gagal, apa yang salah?
Saya punya adaptor cas tidak terpakai tapi masih berfungsi dengan baik outputnya tertulis 12V 5000mA, apakah bisa di gunakan untuk ngecas aki motor dan apa perlu komponen tambahan untuk mengaplikasikan nya? Thanks
Uncle, saya dah nyoba skema fullwave nya pakai kiprok tiger, namun saya punya 1 masalah. Penyimpanan listrik hrus sesuai (aki harus >=7Ah). Gmn solusinya ngecilin arusnya, soalnya aki saya cpt pns n rusak. Jadi skrng saya smntara pakai aki yg gede (9Ah).Mohon pencerahanya. Motor saya karisma, kelistrikan dah fullwave persis tiger
Uncle, saya dah nyoba skema fullwave nya pakai kiprok tiger, namun saya punya 1 masalah. Penyimpanan listrik hrus sesuai (aki harus >=7Ah). Gmn solusinya ngecilin arusnya, soalnya aki saya cpt pns n rusak. Jadi skrng saya smntara pakai aki yg gede (9Ah).Mohon pencerahanya. Motor saya karisma, kelistrikan dah fullwave persis tiger
Uncle, saya dah nyoba skema fullwave nya pakai kiprok tiger, namun saya punya 1 masalah. Penyimpanan listrik hrus sesuai (aki harus >=7Ah). Gmn solusinya ngecilin arusnya, soalnya aki saya cpt pns n rusak. Jadi skrng saya smntara pakai aki yg gede (9Ah).Mohon pencerahanya. Motor saya karisma, kelistrikan dah fullwave persis tiger
Saya komunitas pengguna motor minerva uncle zak..bisa ga kiprok ini saya aplikasikan ke motor minerva
Resistor di rangkaian ada 5, ada dioda zener 1 buah dan ada dioda 1 ampere 2 buah tapi gambar pembuatan nya gak ada, hahaha rangkaian dan gambar jadinya gak sinkron pak, alias ngawur.
tapi di videoanya udah bener :v
Om....misi om saya punya pertannyaan nih buat om
Waktu bulan kemarin saya beli booster cdi...boster tersebut punya 2 buah kabel ,,,,pada kabel positif booster konek ke output cdi yg menuju coil dan pada kabel negatif booster konek langsung ke ground/bodi pas saya tes kayanya motor saya langsung enteng om mau pelan ataw kencang tetep aja enteng om
Nah yg jadi pertanyaan saya ???? Gimana tuh cara kerja booster tersebut ?????
Kalau om ada waktu mnt di buatkan circuitnya om lalu om posting hehehehe,,,,
Minta tolong bantu yah om dan tolong di jelaskan cara kerjanya boosternya om
banyak artikel-artikel om yang sudah saya coba di rumah,,dan saya gak pernah bosan menunggu artikel-artikel terbaru dari om
MAKASIH BANYAK OM ZAK !!!
Om masa orang tanya gak di jawab katanya gak pelit ke ilmu
Om masa orang tanya gak di jawab katanya gak pelit ke ilmu
skema yg bikinan uncle zak mna?cma ad yg rusia?
ok
Gan, bisa ikut pesen komponen diatas gak, pengen belajar merakit sendiri....
Om Zak mau tanya nich saya sudah buat gambar no 1 tp dioda brightnya panas sedang SCRnya malah tidak panas apakah ada yg salah.trima kasih sebelumnya
Pak,apakah ini dapat di aplikasikan ke vespa pengapian platina ?
Om zak kiproknya bisa tahan panas ga ya kn ga ada pendinginnya? Trus klw masang pendinginnya gmna caranya om?
Om zak kiproknya bisa tahan panas ga ya kn ga ada pendinginnya? Trus klw masang pendinginnya gmna caranya om?
Bisa untuk semua motor kah..
Motorku vespa..
Ada gambar skema yang lebih simpel untuk rangkaian di atas gk uncle.
Maksudnya itu komponennya dihubungkan kemana,dari scr,dioda,kapasitor,danresistornya.
Terus pembagian tiap kabel pada soket,
12 v,spul dan lain2nya ambil darimana
Thanks....,
Tapi kok cuman 4 kabel?
sambungan dibawahnya ga ada om,, coba dibikin video tutorial dong om
Om zack saya penggemar pulsar 200ns kiprok sudah saya modif pakai tiger setelah saya modif muncul masalah kiprok yg kw tahan 2minggu dan yg genuine tahan sekitar 2bln sampai saat ini total sudah abis 4 kiprok .kira 2 masalahnya dimana om zack kelistrikan masih standart klu rangkaian diatas kira2 komponen apa yg perlu ditambah ato kurangi speknya trus kalo om zack berkenan utk bikinkan saya yg bisa tahan minimal 5 taun saya mau beli om..masalah harga terserah om zack...terima kasih ini email saya om arisew@gmail.com
Om,harga kiprok bikinanya brapa om??..
bisa juga ya, manten min makasih sudah share...
http://cody.id/produk/blower/blower-cody-858-digital/
Uncle zak. Bisa ngk kiprok rakitan ini buat tambah daya untuk motor yg pake lampu HID tapi aki tidak overcharge
Om zak, kok antara skema diatas dng hasil rangkaiannya ga sama ya.
Dioda ya bisa pakai dioda bright 6 A gak bos
Kabel ground nya mana om
Resistor dan dioda zener pakai yg 1/2w ayau 1w om?
Untuk simulasi pakai travo steep down apakan bisa?
Untuk simulasi pakai travo steep down apakan bisa?
Kalo boleh / ada layout PCB nya om yg lebih jelas
Posting Komentar