by : Zakir Skynet
Untuk menambah pencerahan dan alih teknologi dibidang regulator rectifier motorcycle atau lebih dikenal dengan sebutan kiprok di negeri paman zak, maka jurnal ilmiah kali ini akan membahas bagaimana membuat sebuah kiprok regulator rectifier motorcycle, khususnya sebuah kiprok DC Three Phase full wave yang bisa di aplikasikan untuk motor Suzuki Thunder, Yamaha Vixion, dan motor sejenisnya.
Secara umum cara kerja kiprok / Regulator Rectifier DC Three phase full wave ada dua model saat ini yang beredar di pasar otomotif dunia, yaitu model tipe shunt/short dan tipe series. Pada artikel ini hanya akan dibahas khusus regulator rectifier model shunt / short, untuk membuat kiprok type ini ada dua hal penting yang harus dipahami yaitu fungsi penyeraah yaitu merubah arus dari alternator / generator motor yang masih arus AC menjadi DC fungsi ini menggunakan diode bridge tiga phase dan fungsi control voltase aki memakai circuit crowbar dari yang termudah sampai yang very rumit
|
circuit crowbar sederhana |
|
circuit crowbar super sederhana |
Cara kerja kiprok model short sangat sederhana : output generator / alternator motor tiga buah kabel yang biasanya dimotor pakai kabel warna kuning tegangan kabel ini masih arus AC langsung konek menuju diode bridge tiga phase untuk dirubah menjadi arus DC, selanjutnya kode positip diode bridge terhubung ke terminal positip aki dan kode negatip diode bridge terhubung ke terminal negatip aki, maka ketika motor dihidupkan proses pengecasan aki sudah terjadi. seperti pada gambar dibawah ini
Untuk melindungi peralatan elektronik di dasbor motor agar tegangan aki tidak mencapai 16 s/d 17 volt yang bisa merusak perangkat elektronik yang dipasang di dasbor , maka dibuat perangkat tambahan kiprok yaitu sensor voltage, satu, dua atau 3 buah SCR terpasang yang di kontrol oleh sebuah circuit crowbar untuk membelokan arus listrik kembali ke stator , karena aki tegangan aki sudah cukup, misalkan diseting 14,5 volt. Untuk circuit kiprok tipe series rencana akan dibahas pada part 2.
Sekema kiprok yang akan dibahas sudah diseleksi oleh tim 19 Institut Teknologi Paman Zak dari ratusan model yang beredar didunia maya dari skema kiprok yang tersulit sampai yang termudah. Rangkaian-rangkaian kiprok dibawah ini adalah hasil copy paste dari berbagai negara seperti dari negeri Paman Sam, Rusia, Ukraina, German, Negeri Sakura, Negeri Tirai Bambu, Italia, Hungaria, Rumania, Czech, Spanyol dan Negeri 1001 Malam.
|
Gambar 1 |
|
Gambar 2 |
|
Gambar 3 |
|
Gambar 4 |
|
Gambar 5 |
|
Gambar 6 |
|
Gambar 7 |
|
Gambar 8 |
|
Gambar 9 |
|
Gambar 10 |
|
Gambar 11 |
Diode Bridge Three Phase
Selamat mencoba berkreasi tanpa limit !
Semoga informasi ini bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia dan warga dunia
11 komentar:
Paman zack kalo untuk 1 phase bisa gk pake trick diatas
akhirnya keluar juga artikel ini om..ditunggu Part 2 nya....
Itu klo diambil 1 phase aja bs gk...??
yang tipe series gimana om
Mas, klo untuk 3 phase kan ada 3 jalur pengisian?? Apakah bs dipasang bebas atau harus berurutan..mohon pencerahannya
silahkan lihat jalur kelistrikan thunder 125 di duniamotor.net biar lebih faham.
Maap mas, blm paham, krn motor saya ubahan, spul dan kiprok pake part motor yg beda, cm mau tanya aja kabel pengisian dr spul ada 3 warna kuning, trus kiprok 3 phase punya old vixion jg 3 input pengisiannya, itu bisa dipasang bebas atau ada urutannya mas?..terimakasih
Apakah anda jualan barang tersebut (dioda bridge 3 phase). Kalau iya apakah ada nomor tlp/WhatsApp yg bisa dihubungi? Saya mau beli.
Apakah anda jualan barang tersebut (dioda bridge 3 phase). Kalau iya apakah ada nomor tlp/WhatsApp yg bisa dihubungi? Saya mau beli.
Om Zak, mao nanya, motor saya sudah modif dari halfwave ke fullwave menggunakan kiprok tiger (fukuyama) dan sudah berjalan 3th.
Nah sekarang, ada trouble.
Tegangan dari spul motor bisa mencapai +/- 85VAC dan output kiprok +/- 80vdc.
Hasil ukur gulungan spul:
Hitam-putih = 1.1ohm
Hitam-kuning = 0.8ohm
Putih-kucing = 0.5ohm
Hitam,putih,kuning ke ground = no short.
Jd skrng aki saya lepas om, takut overvoltage.
Itu knp ya om?
Sudah ganti kiprok baru pakai tiger kw masalah masih sama. Overvoltage gitu.
Mohon solusi nya om.
Terima kasih
Posting Komentar