iklan google termasur

Kamis, 30 Januari 2014

Koleksi Skema Kiprok Aplikasi Suzuki Thunder dan Yamaha Vixion

by : Zakir Skynet


Untuk menambah pencerahan dan alih teknologi dibidang regulator rectifier motorcycle atau  lebih dikenal dengan sebutan kiprok di negeri paman zak,  maka jurnal ilmiah kali ini akan membahas bagaimana membuat  sebuah kiprok  regulator rectifier motorcycle, khususnya sebuah kiprok DC Three Phase  full wave yang bisa di aplikasikan untuk motor Suzuki Thunder, Yamaha Vixion, dan motor sejenisnya. 


Secara umum cara kerja kiprok / Regulator Rectifier DC Three phase full wave  ada dua model saat ini yang beredar di pasar otomotif  dunia, yaitu model tipe shunt/short dan tipe series. Pada artikel ini hanya akan dibahas khusus regulator rectifier model shunt / short, untuk membuat kiprok type ini ada dua hal penting yang harus dipahami yaitu fungsi penyeraah yaitu merubah arus dari alternator / generator motor yang masih arus AC menjadi DC fungsi ini menggunakan diode bridge tiga phase dan fungsi control voltase aki memakai circuit crowbar dari yang termudah sampai yang very rumit


circuit crowbar sederhana

circuit crowbar super sederhana


Cara kerja kiprok  model short sangat sederhana : output generator / alternator motor  tiga buah kabel yang biasanya dimotor pakai kabel warna kuning tegangan kabel ini masih arus AC langsung konek menuju diode bridge tiga phase untuk dirubah menjadi arus DC, selanjutnya kode positip diode bridge terhubung ke terminal positip aki dan kode negatip diode bridge terhubung ke terminal  negatip aki, maka ketika motor dihidupkan proses pengecasan aki sudah terjadi. seperti pada gambar dibawah ini


Untuk melindungi peralatan elektronik di dasbor motor agar tegangan aki tidak mencapai 16 s/d 17 volt yang bisa merusak perangkat elektronik yang dipasang di dasbor , maka dibuat  perangkat tambahan kiprok yaitu sensor voltage, satu, dua atau 3 buah SCR terpasang yang di kontrol oleh sebuah circuit crowbar untuk membelokan arus listrik kembali ke stator , karena aki tegangan aki sudah cukup, misalkan diseting 14,5 volt. Untuk circuit kiprok tipe series rencana akan dibahas pada part 2.  

Sekema kiprok yang akan dibahas sudah diseleksi oleh tim 19  Institut Teknologi Paman Zak dari ratusan model yang beredar didunia maya dari skema kiprok yang tersulit sampai yang termudah. Rangkaian-rangkaian kiprok dibawah ini adalah hasil copy paste dari berbagai negara seperti dari negeri  Paman Sam, Rusia, Ukraina, German, Negeri Sakura, Negeri Tirai Bambu, Italia,  Hungaria, Rumania, Czech,  Spanyol dan Negeri 1001 Malam.






Gambar 1


Gambar 2


Gambar 3


Gambar 4

Gambar 5


Gambar 6

Gambar 7


Gambar 8


Gambar 9

Gambar 10

Gambar 11

Diode Bridge Three  Phase







Selamat mencoba berkreasi tanpa limit !


Semoga informasi ini bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia dan warga dunia








11 komentar:

Unknown mengatakan...

Paman zack kalo untuk 1 phase bisa gk pake trick diatas

misterhabibi mengatakan...

akhirnya keluar juga artikel ini om..ditunggu Part 2 nya....

Den mas bidin mengatakan...

Itu klo diambil 1 phase aja bs gk...??

Jamal mengatakan...

yang tipe series gimana om

Walker mengatakan...

Mas, klo untuk 3 phase kan ada 3 jalur pengisian?? Apakah bs dipasang bebas atau harus berurutan..mohon pencerahannya

Unknown mengatakan...

silahkan lihat jalur kelistrikan thunder 125 di duniamotor.net biar lebih faham.

Walker mengatakan...

Maap mas, blm paham, krn motor saya ubahan, spul dan kiprok pake part motor yg beda, cm mau tanya aja kabel pengisian dr spul ada 3 warna kuning, trus kiprok 3 phase punya old vixion jg 3 input pengisiannya, itu bisa dipasang bebas atau ada urutannya mas?..terimakasih

Jefri mengatakan...

Apakah anda jualan barang tersebut (dioda bridge 3 phase). Kalau iya apakah ada nomor tlp/WhatsApp yg bisa dihubungi? Saya mau beli.

Jefri mengatakan...

Apakah anda jualan barang tersebut (dioda bridge 3 phase). Kalau iya apakah ada nomor tlp/WhatsApp yg bisa dihubungi? Saya mau beli.

ridwan.technician@gmail.com mengatakan...

Om Zak, mao nanya, motor saya sudah modif dari halfwave ke fullwave menggunakan kiprok tiger (fukuyama) dan sudah berjalan 3th.

Nah sekarang, ada trouble.

Tegangan dari spul motor bisa mencapai +/- 85VAC dan output kiprok +/- 80vdc.

Hasil ukur gulungan spul:
Hitam-putih = 1.1ohm
Hitam-kuning = 0.8ohm
Putih-kucing = 0.5ohm
Hitam,putih,kuning ke ground = no short.

Jd skrng aki saya lepas om, takut overvoltage.

Itu knp ya om?
Sudah ganti kiprok baru pakai tiger kw masalah masih sama. Overvoltage gitu.
Mohon solusi nya om.

Terima kasih

Darsono mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.