By : Zakir Skynet
Untuk menambah wawasan dibidang regulator rectifier motorcycle atau lebih dikenal dengan sebutan kiprok di negeri paman zak, maka jurnal ilmiah kali ini akan membahas bagaimana membuat sebuah kiprok regulator rectifier motorcycle, khususnya sebuah kiprok dc full wave yang bisa di aplikasikan untuk motor honda tiger, megapro dan motor sejenisnya.
Secara umum cara kerja kiprok DC full wave single phase ada dua model saat ini yang beredar di pasar otomotif dunia
, yaitu model tipe shunt/short dan tipe series. Pada artikel ini yang akan dibahas khusus regulator model shunt / short, untuk membuat kiprok type ini ada dua hal penting yang harus dipahami yaitu fungsi penyeraah yaitu merubah arus ac menjadi dc fungsi ini menggunakan diode bridge dan fungsi control voltase aki yang umum menggunakan circuit crowbar dari yang sederhana sampai ke rumit.
Cara kerja kiprok model short sangat sederhana : output generator / alternator motor dua buah kabel yang biasanya dimotor pakai kabel warna kuning tegangan kabel ini masih arus AC langsung konek menuju diode bridge untuk dirubah menjadi arus DC, selanjutnya kode positip diode bridge terhubung ke terminal positip aki dan kode negatip diode bridge terhubung ke terminal negatip aki, maka ketika motor dihidupkan proses pengecasan aki sudah terjadi. seperti pada gambar dibawah ini
Untuk melindungi peralatan elektronik di dasbor motor agar tegangan aki tidak mencapai 16 s/d 17 volt yang bisa merusak perangkat elektronik yang dipasang di dasbor , maka dibuat perangkat tambahan kiprok yaitu sensor voltage, satu atau dua buah SCR terpasang yang di kontrol oleh sebuah circuit crowbar untuk membelokan arus listrik kembali ke stator , karena aki tegangan aki sudah cukup, misalkan diseting 14,8 volt. Untuk circuit kiprok tipe series rencana akan dibahas pada part 2.
Sekema kiprok yang akan dibahas sudah diseleksi oleh tim ahli Institut Teknologi Paman Zak dari ratusan model yang beredar didunia maya dari skema kiprok yang tersulit sampai yang termudah. Rangkaian-rangkaian kiprok dibawah ini adalah hasil copy paste dari berbagai negara seperti dari negeri Paman Sam, Rusia, Ukraina, German, Negeri Sakura, Negeri Tirai Bambu, Italia, Hungaria, Rumania, Czech, dan Negeri 1001 Malam.
Kiprok Tiger Original |
Secara umum cara kerja kiprok DC full wave single phase ada dua model saat ini yang beredar di pasar otomotif dunia
, yaitu model tipe shunt/short dan tipe series. Pada artikel ini yang akan dibahas khusus regulator model shunt / short, untuk membuat kiprok type ini ada dua hal penting yang harus dipahami yaitu fungsi penyeraah yaitu merubah arus ac menjadi dc fungsi ini menggunakan diode bridge dan fungsi control voltase aki yang umum menggunakan circuit crowbar dari yang sederhana sampai ke rumit.
Cara kerja kiprok model short sangat sederhana : output generator / alternator motor dua buah kabel yang biasanya dimotor pakai kabel warna kuning tegangan kabel ini masih arus AC langsung konek menuju diode bridge untuk dirubah menjadi arus DC, selanjutnya kode positip diode bridge terhubung ke terminal positip aki dan kode negatip diode bridge terhubung ke terminal negatip aki, maka ketika motor dihidupkan proses pengecasan aki sudah terjadi. seperti pada gambar dibawah ini
Untuk melindungi peralatan elektronik di dasbor motor agar tegangan aki tidak mencapai 16 s/d 17 volt yang bisa merusak perangkat elektronik yang dipasang di dasbor , maka dibuat perangkat tambahan kiprok yaitu sensor voltage, satu atau dua buah SCR terpasang yang di kontrol oleh sebuah circuit crowbar untuk membelokan arus listrik kembali ke stator , karena aki tegangan aki sudah cukup, misalkan diseting 14,8 volt. Untuk circuit kiprok tipe series rencana akan dibahas pada part 2.
Circuit crowbar sederhana |
Contoh model circuit crowbar sederhana |
Sekema kiprok yang akan dibahas sudah diseleksi oleh tim ahli Institut Teknologi Paman Zak dari ratusan model yang beredar didunia maya dari skema kiprok yang tersulit sampai yang termudah. Rangkaian-rangkaian kiprok dibawah ini adalah hasil copy paste dari berbagai negara seperti dari negeri Paman Sam, Rusia, Ukraina, German, Negeri Sakura, Negeri Tirai Bambu, Italia, Hungaria, Rumania, Czech, dan Negeri 1001 Malam.
Skema-skema Kiprok Tiger dan Megapro Model Shunt / Short
Gambar 1 : Kiprok dari Negeri Russia |
Gambar 2 : wujud Kiprok pada gambar 1 di atas kiprok Full wave dari Russia |
Gambar 3 |
Gambar 4 |
Gambar 5 |
Gambar 6 :Kiprok full wave |
Gambar 8 |
Gambar 9 |
Gambar 10 |
Gambar 11 |
wujud kiprok gambar 11 |
Gambar 12 : Kiprok full wave single phase |
Gamabr 13 |
Gambar 14 |
Contoh contoh Diode Bridge Berfungsi merubah Arus AC dari Generator menjadi Arus DC
Gambar 14 : wujud diode bridge dan lambang elektronik |
43 komentar:
pada gambar 14 apa dioda harus model satuan? ada maksud tertentu atau bisa diganti dioda bridge Uncle Zak?
Kalo skema kiprok untuk honda Karisma ada ga Uncle Zak ??? yang memiliki output sepull yang unik
NGLANJUTIN PERTANYAAAN yg kmaren gan
kiprok tiger kan ada 5 pin,4,5 dr spul,13 min plus aki,di skemakan udah jelas ,nah sy yg blm paham pin 2 yg ke kontak ambil nya dr komponen yg mn om?
soale kan control voltage kiprok tiger biar voltase ngga ngelonjak ktnya kan di pin 2,kl ngga tau kan akinya bs hamil om heheh
gambar 14 bisa diganti pakai diode bridge yang sudah jadi, dipasar elektronik, maksud diode satuan di dobel biar kuat dan mantap !
sepertinya ane punya koleksi kiprok honda kharisma nanti ane cari dan jadi postingan baru !
kalau ente amati sekema kiprok diatas semuanya sudah ada sensor voltage aki, kalau mau persis mirip kiprok tiger contoh gambar 14 resistor nilai 470 bisa konek ke pin 2 jalur kabel positip motor dari kunci kontak, atau gambar 1 emiter transistor 2N5401 bisa konek ke pin 2 jalur kabel positip aki !
mau nanya nih uncle kira2 kiprok bawaan pabrik yg di aplikasikan di satria FU apa bisa di gantikan dengan gambar 14 dan apa nda ada tambahan rangkaian lain lg??? mohon pencerahanny...
Ijin bertanya paman zak, motor ane mio J, pake kiprok tiger utk hidupin lampu hid. Nah udh 4x ane ganti kiprok tiger jebol smua, panas bngt kiprok'y.
Klo dah gnt kiprok baru tegangan normal maksimal 14,2v. Krg lbh sebulan tegangan mpe 17v. Skema pemasangan kiprok udh bener.
Mohon pencerahan suhu zak...
Klo tau nmr tlp paman zak akan lbh brmanfaat buat saya utk share..
Mksh sblm'y paman...
Tulang Zak, Kenapa Kiprok Suzuki Thunder 250cc input nya ada 3 kabel kuning , apa ini namanya 3 phase. apa kelebihan dan keuntungan nya dibandingkan dgn yg 2 saja seperti punya Tiger. Lalu kalau saya mau bikin utk Charger Aki bagaimana hubungannya ke Trafo ke tiga kabel kuning tersebut, mana yg buat CT dan +, atau mana yg 0 dan + terimakasih tulang Zak , Horas Mejuah juah kita kerina....
mio J power output alternator sangat besar, analisa ane 150 watt mantap, kalau pakai HID pakai kiprok original sudah ok, jadi engga perlu ganti kiprok.
Kalau buat vixion 2014 ada bos?
Paman zak, bagaimana kalau ditambah kiprok 1 lagi untuk lampu depan dari sumber kabel kuning dari kiprok bawaan. Agar stabil ditambah lagi kapasitor bank. Apakah bisa?
berapa harga aki mega pro paman?
uncle zak mohon infonya kalo utk gambar no.1 diode bridenya pakae yg berapa ampere?
terimakasih
6amp bro
Ass pa zak klo motor jupiter z burhan pke kiprok tiger gmna cranya mslhnya akinya ga kuat pke hid projek tlong pncrhannya
halo om Zak, pertanyaan ane sama dengan gan Ega Bayu, sesama jupe burhan. ditambah, satu lagi pertanyaan
klo ane buat berdasarkan skema 14, dibanding beli kiprok tiger ori, kira kira budget, efisiensi dan daya tahan bagusan mana? pada intinya ane bakal tanem di Jupe burhan.
Thanks om...semua jurnal dan artikelnya mantaaaap dan bermutu, ane dah belajar banyak dari beberapa artikeL om Zak...salut lah om
Selamat pagi uncle, saya rakit skema gb 1 pada salah satu scr kok panas bgt..... trims n mohon pencerahan
scr sudah pasti panas karena jika aki sudah penuh scr bekerja terus, tipe scr bt 151 bisa bekerja sampai suhu 125 derajat celcius, jadi biarkan saja scr bekerja memang sudah tugasnya, trik agar scr tugasnya agak ringan : lampu besar dinyalakan saja agar beban panas terbagi dengan lampu.
Om zak saya mau tanya, motor saya kan megapro 2006, aki nya sering tekor! Akhirnya saya pake kiprog tiger non ori. Tp kok masih tekor ya! Apa spull ny yg bermasalah? Jujur saya kurang paham dg klistrikan.
Om zak saya mau tanya, motor saya kan megapro 2006, aki nya sering tekor! Akhirnya saya pake kiprog tiger non ori. Tp kok masih tekor ya! Apa spull ny yg bermasalah? Jujur saya kurang paham dg klistrikan.
Uncle zak,kalo cara perbaiki kiprok yang sering overcharge itu gimana????,
Motor ane byson 2013 aki sering tekor kata mekanik kiprok masih normal,
Next mau ganti kiprok tiger di byson ane.
Kira2 soket+jalur kabelnya sama atw gk
#mohon di jawab
Mana Uncle Zak Katanya mau posting tentang Kiprok Honda Karisma ????? Ko sampe sekarang belum ada Uncle.
Uncle zak, motor saya r15.saya ganti kiprok tiger karna kiprok orinya jebol.. Anehnya saat keadaan kontak on tp motor blm dinyalain listrik stabil n lampu terang,tp disaat dinyalakan /dijalankan listriknya kurang n lampu redup .. Itu kenapa ya ???
uncle zak kalo mau pasang kiprok tiger di vixion lamakan dari alternator ada 3 kabel sedangkan input kiprok tiger cuma 2 mohon pencerahannya trimakasih
bisa pasang langsung cuma hasil power kurang karena satu kabel sepul di non aktipkan, kalau satu kabel mau diaktipkan mesti beli diode bridge
coba copot atau gunting kabel sensor kabel tengah kiprok kalau hAsilnya bagus diperkirakan kiprok nya error
kalau overcharge umur aki biasanya maksimum 4 bulan dan biasanya aki kembung, kalau tekor kiprok engga ngisi ke aki, coba lepas kabel sensornya yang tengah jika aki terisi kiproknya eror
Uncle Zak.....maaf mau tanya si gembul ane (spacy injeksi) dah fullwave pake kiprok alfamarket tiger,yg jd pertanyaan knp setiap 5 bln pasti tuh Kiprok...Gak mau isi ke aki.Minta pencerahan nya Uncle Zak
Uncle Zak.....maaf mau tanya si gembul ane (spacy injeksi) dah fullwave pake kiprok alfamarket tiger,yg jd pertanyaan knp setiap 5 bln pasti tuh Kiprok...Gak mau isi ke aki.Minta pencerahan nya Uncle Zak
Om zak maaf mau tanya
Motor saya mio lama piston udah saya ganti byson tapi kompresi menguras tegangan aki pas di starter
Aki tekor apa saya harus ganti kiprok tiger / mega pro?
Uncle zak, mau tanya nih. Ane punya viar roda 3 nah spulnya mau ganti. Tapi liat kabelnya warna kuning semua. Kalo kebalik bisa korslet gak? Terima kasih
Uncle zak, mau tanya nih. Ane punya viar roda 3 nah spulnya mau ganti. Tapi liat kabelnya warna kuning semua. Kalo kebalik bisa korslet gak? Terima kasih
Uncle zak, mau tanya nih. Ane punya viar roda 3 nah spulnya mau ganti. Tapi liat kabelnya warna kuning semua. Kalo kebalik bisa korslet gak? Terima kasih
biasanya, kalo ada 3 kabel kuning keluar dari spul, itu artinya generator nya 3 phase. klo 2 kabel kuning, berarti 2 phase.
pemasangan kabel kuning yang keluar dari generator adalah bebas, karena ke tiga nya adalah masih arus AC, jadi ga akan bikin korslet. dengan catatan beban / kiproknya normal.
Uncle zak,mau nanya nih, motor sy rxspecial pingin lampunya terang spul dah ganti 12 volt aki baru pake 6 ampere kiprok baru punya Megapro original, keluhannya pertama lampu nyala terang tp lama kelamaan kok nglerep jd gak terang, solusinya gimana uncle zak
Permisi Uncel Zak,sy mw nax..
Untuk tegangan input kiprok Tiger yang dapat ditolerir,, itu maksimal berapa Volt.?
Trima ksh uncel Zak..
Paman Ijin tanya.
Langsung dhubungkan ke generator atau djemperkan saja ?
Mohon pencerahannya, terimakasih
Cara pasang diodenya gimana tuh uncle, saya jg seperti ini, udah terlanjur beli kiprok tiger..mohon pencerahannya uncle
Uncle zak..mau nanya nih..mtr sy supra x 125..output kiprok biasax berapa y?thankyu
Mau tanya dong suhu
Megapro saya kalo pake kiprok tiger ga mau cas aki tapi pas pake kiprok grand malah mau solusinya dong
mungkin isolator email spullnya ada yg kekelupas sehingga ngeground. kiprok fw kan ga mau jalan kalau grounding spullnya. sdg kiprok hw ttp jalan meski grounding spullnya, atau cek juga kabel ijo sebelum masuk kiprok siapa th ada yg keklupas
Posting Komentar