iklan google termasur

Jumat, 08 Februari 2013

Cara Mudah Membuat Alat Test Kiprok Motor

by : zakir skynet

Jurnal ilmiah kali ini paman zak akan menerangkan bagaimana membuat alat test similator kirpok super canggih, super sederhana, dan super ekonomis.  Anggaran untuk membuat alat ini tidak lebih dari Rp.20  s/d  25 ribu / 2,5 dollar US , maksud dan tujuan alat ini diciptakan  adalah untuk mengantisipasi beredarnya kiprok palsu
dan juga untuk melihat kinerja kiprok yang baru kita beli. jadi sebelum dipasang dimotor sudah tahu kinerjanya. Bagaimana membuatnya berikut liputannya :

Komponen utama membuat alat test simulator kiprok adalah hanya sebuah trafo tipe ct  merk dagang  uncle zak 1 ampere seperti pada gambar dibawah ini :



Langkah 1 :

Trafo gulungan primer tertulis 0 dan 220 volt disolder dihubungkan ke kabel konektor dan  dihubungkan ke jalur lisrtik rumah PLN



Langkah 2 :
Gulungan sekunder seperti pada gambar tertulis CT adalah simulator jalur kabel lampu, kabel hijau adalah simulator jalur body/ground/masa, sedangkan kabel merah adalah simulator kabel charging battery/aki. pekerjaan merakit selesai.
sekarang  alat simulator selesai dibuat. sekarang anda sudah memiliki alat test simulator kiprok.

Langkah 3 :
tambah aksesoris : pasang indikator listrik PLN on, resistor 10K disolder ke jalur CT, ujung resistor lain di hubungkan ke LED katoda, anoda led dihubungkan ke 15 volt. selesai indikator jalur  PLN on.


Alat Test Kiprok Selesai Dibuat, Mantap !


Test Kiprok Kualitas Bagus Jalur Kabel Charging Battery / aki

Uji kiprok Pengisian Aki terbaca 5,81 volt pertanda kiprok bagus  dapat meregulasi voltase dari 15 volt



Test Kiprok Bagus  Jalur Lampu

Voltage Jalur listrik Lampu Terbaca pada area 12 volt stabil, mantap !



Voltage jalur lampu stabil pada area 12 volt ciri kiprok bagus


Ciri-ciri Kiprok Palsu :
Voltase output kiprok tidak dapat diregulasi voltage tetap 15 volt


Alat alat yang dibutuhkan membuat alat tes simulator kiprok :
 Uraian :                                                        Anggaran :


Trafo Type CT                                           Rp. 15.000,-
Kabel  konektor Ke jalur Listrik PLN        Rp.   3.000,-
Sekun kuningan konektor ke kiprok           Rp.   1.000,-
Kabel Konektor ke kiprok 1/2 m              Rp    1.000,-
Resitor 1 buah 10K dan  1 LED                Rp.   1.000,-
Sekering dan rumah sekering                     Rp.   3.000,-
Box trafo bekas gratis

Semoga informasi ini bermanfaat untuk masyarakat otomotif Indonesia.

55 komentar:

Daris mengatakan...

om, saya bingung antara penejelasan om sama foto skema penyambungan kabel warna merah sama ijo

di penjelasan kiprok ok hasilnya 5.81v dan bisa meregulasi dari 15 volt. padahal di foto kumparan sekunder travo, yang dipasang kabel merah sama kabel ijo itu 18v.

mohon penjelasannya. pengen bikin alat keren ini...

Thanks and regards

Solusi battery mengatakan...

kumparan sekunder tertulis 18 volt, output akhir tergantung dari tegangan rumah kita dan mutu trafo itu sendiri, kalau ada penurunan tegangan PLN 220 volt ke 200 volt outputnya bisa turun ke 15 volt.

Unknown mengatakan...

om...koq pengisiannyacuma 5,8V kan seharusnya lebih dari 12V..thx

Solusi battery mengatakan...

voltage realnya posisi ac = 15 volt tetap diatas 12 volt, kiprok ini model half wave/setengah gelombang, jadi yang terbaca setengahnya, 15/2 =7,5 -1,4 volt (drop SCR ) = 6,1 volt - 0,3 efek zener jadi 5,8 volt

Solusi battery mengatakan...

tegangan awalnya AC 15 volt sudah pasti bisa cas aki 12 volt terbaca 5,81 volt historisnya : 15volt/2 = 7,5 volt terbaca setengah gelombang, minus drop scr 1,4 volt = 6,1 volt dikrang efek zener aktip 0,3 volt = 5,8 volt

Unknown mengatakan...

Om kok pengisian aki di motor saya voltasenya cuma terbaca 8, saya coba beli lagi yang baru voltasenya juga sama tetep 8, yang salah apanya ya om?

Solusi battery mengatakan...

tidak ada yang salah ! karena setengah gelombang maka terbaca 8 volt, real voltage powernya 16 volt DC dapat mengecas aki

Unknown mengatakan...

Kemaren sebelum kiprok diganti saya coba cek voltesenya cuma terbaca 8 meskipun digeber sekenceng apapun. Saya coba pasang tambh pengisian sbesar 0,6 2buah dioda 6ampr. Tp diodanya panas banget om, sekarang pun voltase pengisian masih gak mau naik padahal sudah ganti kiprok. motornya vario CW 2012 om

Solusi battery mengatakan...

tes voltasenya wajib konek ke terminal aki, sekarang ukur seberapa besar voltage akinya

Unknown mengatakan...

Makasih om kmaren coba saya tes terbaca 14,8, jadi kemungkinan besar kiprok yang bawaan motor mash bagus om, masalahnya saya tanyain bengkel bilang kiproknya rusak, gak pake dicek dulu, om ma'af ni om kalo mau pasang dioda untuk pengisian dan lampu, untuk jangka lama ada efek sampingnya gk om?

Solusi battery mengatakan...

pasang diode khusus yang mau pasang aksesoris tambahan, dan juga fungsinya untuk menaikan power dan limit voltage aki, menurut ane 14,8 sudah mantap, kalaupun mau pasang cukup 1/1 pakai diode 6 amper

sam mengatakan...

Utk jalur CT, apa bukan kabel hijau?

Solusi battery mengatakan...

standar motor made in Japan jalur CT warna Kuning !

sam mengatakan...

Bila diasumsikan dg trafo ct, ground pd power supply adl jalur ct. Makanya saya berasumsi bhw kabel hijau/ground adl ct. Mhn petunjuk...

Solusi battery mengatakan...

trafo ct, posisi CT bisa kita jadikan jalur positip atau negatip tergatung kebutuhan, misalkan kabel hijau dan merah konek ke diode ke katodanya, selanjutnya anoda dan anoda diode dihubungkan maka jalur ini adalah jalur negatip sedangkan CT nya adalah jalur positip

sam mengatakan...

Trafo CT, misal 12 - 0 - 12
misal jalur CT tidak dipake, maka yg dipake adalah jalur 12 (kabel hijau) dan jalur 12 (kabel merah) sehingga tegangan menjadi 24 V (mohon koreksi bila salah).
Pada motor, kabel hijau sudah dijadikan ground dan tersambung ke aki negatif (-), berarti arus yang masuk ke negatif aki masih AC belum searah (DC).
Terus bagaimana kita membuat full DC apabila spul motor tidak kita rubah?
Apabila kita rangkai dengan dioda bridge, apakah cukup kabel hijau dan merah aja yang kita rangkai? mengabaikan kabel kuning agar tegangan menjadi tinggi.
Maturnuwun.....

Solusi battery mengatakan...

betul kalau pakai jalur 12-12 tegangan output jadi 24 volt.
arus yg masuk ke aki sudah DC karena kabel jalur merah di kiprok sudah terpasang diode atau SCR.
kalau lampu motor ingin full dc, modifnya : kabel kuning CT yang dikiprok dan dari stator dipotong, selanjutnya kabel kuning konek ke kabel aksesoris kunci kontak, modif full DC selesai, artikelnya sudah ane buat judulnya : Modifikasi Lampu motor sistem Ac ke full DC

sam mengatakan...

Terimakasih uncle
lampu motor saya sdh saya rubah dc, langsung dr aki menggunakan relay. Permasalahan yg saya hadapi aki tekor shg saya hrs memperbesar pengisian aki. Saya menggunakan lampu halogen 55/60W.
Mhn petunjuk bgmn agar aki tdk tekor tanpa merubah spul motor.
Saya sdh mencoba skema uncle yg menggunakan dioda bridge yg kmd masuk ke kiprok. Ttp tetap tekor.
Saya jg sdh mencoba skema power supply dg ic 7815 dirangkai dg transistor 2n3055, yg terjadi ic kebakar.
Saat pake rangkaian dioda + kiprok dan pake 7815, tegangan output abang di sambung ke aki tinggi (diatas 14,5v). Aki saya ukur 12v. Knp ketika saya sambungkan ke aki, saya ukur tegangan tetap 12v? Saya geber gas, tegangan tdk bergerak di 12v

Unknown mengatakan...

uncle zak , jalur kiprok untuk pengisian aki harusnya keluar berapa volt jika pengetesan dilakukan di motor pada saat mesin hidup? soalnya motorku jalur pengisian aku tes kok terbacanya +/-3 volt. karena aki tekor aku tesdulu yang rusak yg mana.
ini yang rusak aki apa kiproknya??

Solusi battery mengatakan...

pakai lampu 55/60 aki tidak tekor pakai saja modif lampu part 2, pada rpm 1200 dan seterusnya cahaya lampu sempurna, lebih terang dari model full dc, kelemahannya hanya pada RPM 500 s/d 1199, cahaya lampu kurang terang,

pada rpm rendah biasanya kegunaan lampu tidak diperlukan pada posisi :

mesin motor dipanaskan pagi hari
posisi lampu merah
posisi macet
lewat komplek rumah paman zak !

Solusi battery mengatakan...

kalau motor varian bebek kiprok acdc normalnya 7 s/d 8 volt, ane belum tahu pakai motor apa

Unknown mengatakan...

motor suzuki matic spin uncle Zak , pengetesan pd saat pakai aki hasil tes harusnya berapa volt?
dan pada saat tdk pakai aki hasil tes harusnya berapa volt?
apakah pengetesan dalam kondisi aki tekor hasil pengetesan pengisian di bawah 12 volt?

sam mengatakan...

Terimakasih uncle
Motor saya scorpio 2010. Bila pake modif lampu part 2, ada bbrp hal yg saya tanyakan.
1. Jalur lampu diambil dr kabel putih. Apkh tdk mengganggu pengisian aki? Krn kabel putih utk pengisian aki.
2. Saya rubah lampu ke dc krn agar lampu tetap stabil pd rpm rendah. Misal pd jalan kampung yg penuh lubang dan kondisi sdg hujan. Mk butuh lampu yg tetap melotot saat jalan pelan.
3. Jalur putih dan kuning saya cek tegangan AC, tinggi, bisa lbh dr 24v bila gas digeber. Bila ganti kiprok, apakah ada pengaruhnya? Krn jalur lampu kita ambil dr kabel putih (tegangan blm diregulasi kiprok)
Maturnuwun uncle

Solusi battery mengatakan...

pakai aki angka voltmeter bergerak naik dari 12 volt ke 13,5 volt, jika voltage terbaca 15 s/d 16 volt, aki sudah rusak.
tanpa aki volt kiprok kurang lebih 7 volt

Solusi battery mengatakan...

modif part 2 rpm rendah semua power generator untuk lampu, rpm sedang dan tinggi charging ke aki normal
jalaur putih dan kuning sudah diregulasi, kuning 12 volt dan putih 20 volt

Unknown mengatakan...

ok terima kasih penjelasannya uncle Zak.
nambah ilmu lagi nih.
moga sukses aja.....

aiueo mengatakan...

wah,,,mantap..infonya nich dari para master

Unknown mengatakan...

numpang nanya para , senior

saya sudah gonti ganti kiprok dan accu , asli maupun yang murahan

baru 2 hari electric starter sudah gak kuat lagi

klakson juga suara gak nyaring

apa spul nya yang error ya?

cara meriksa kiprok atau accu yang rusak gimana ya ,

kalau saya tester di accu 13.1 volt

kalau saya tester kabel merah ( + ) kabel yang di connection di accu dan ground cuma 7 volt

sudah ke dealer resmi dan bengkel pinggir jalan hasilnya sama saja

mohon pencerahannya , mengingat jarak tempuh saya jauh saat kerja

Unknown mengatakan...

Nih tuk supra 100.. Klo udah di tubah full wave...otomatis lampu oindah dati aki...tapi kira kira mampu gak di aki menghidupi si lampu ini...lampu standarlah... 35 wat.... Aki kan cuma 5 ah....gi mana kang unzel...mohon pencernakanya dong....matur suwun...
Biar ngalahin si tiger....hehehehe

Unknown mengatakan...

Pak,bisa gambarkan rangkaian alat tes kiprok ini via email saya?dengan penjelasan yang rinci.
Saya kurang paham dengan penjelasan di atas.

karismap77@gmail.com

terima ksih

Terima kasih

Unknown mengatakan...

Mantaap paman zak...
Sebelumnya saya bingung tiap mau tes kiprok pakai alat apa,tp dg adanya penjelasan ini,sekarang saya bisa tes kiprok lebih mudah....
Oh ya kalau ada juga alat atau rangkaian buat tes cdi DC atau AC ya paman zak ?!....

Unknown mengatakan...

lalu terbaca 5.8v pada charger apakah karena dia memakai sinus setengah gelombang om ,,, kalo di kali 2 menjadi 11.6v

GPS_Mobil_Motor mengatakan...

Terima kasih Ilmunya Gan !!!!

Unknown mengatakan...

.Om zak, minta tolong dong, punya ndak wiring jalur pengisian cb150r SF...
.Output generator ada 5 kabel, warna kuning 3 kabel, biru 1 kabel, dan putih 1 kabel, itu jalurnya kemana om?
.trus pada regulator(kiprok) ada lima pin, warna kuning 3 kabel, merah 1 kabel dan hijau 1 kabel, itu juga jalurnya kmana om?? Mohon pencerahan om zak, kamsiya....

Unknown mengatakan...

.Om zak, minta tolong dong, punya ndak wiring jalur pengisian cb150r SF...
.Output generator ada 5 kabel, warna kuning 3 kabel, biru 1 kabel, dan putih 1 kabel, itu jalurnya kemana om?
.trus pada regulator(kiprok) ada lima pin, warna kuning 3 kabel, merah 1 kabel dan hijau 1 kabel, itu juga jalurnya kmana om?? Mohon pencerahan om zak, kamsiya....

Unknown mengatakan...

.Om zak, minta tolong dong, punya ndak wiring jalur pengisian cb150r SF...
.Output generator ada 5 kabel, warna kuning 3 kabel, biru 1 kabel, dan putih 1 kabel, itu jalurnya kemana om?
.trus pada regulator(kiprok) ada lima pin, warna kuning 3 kabel, merah 1 kabel dan hijau 1 kabel, itu juga jalurnya kmana om?? Mohon pencerahan om zak, kamsiya....

Solusi battery mengatakan...

output generator tiga kabel kuning ke kiprok, biru dan putih ke cdi sebagai pulser, kabel kiprok : 3 kuning dari sepul, merah ke terminal positip aki, hijau ke masa/body motor

WUYUNGVH mengatakan...

Uncle zak, mohon pencerahannya. Motor saya suzuki smash 2004 bermasalah pada lampu depan redup, sudah saya ganti dengan yang 25 volt tapi masih juga redup, tapi jika lampu sein hidup dan lampu rem juga hidup maka lampu depan semakin terang. Apa yang harus saya lakukan agar lampu lebih terang. Mohon pencerahannya...

Unknown mengatakan...

om Uncle saya mau nanya..motor ane honda grand astrea..lampu depanbawah)sering putus,tapi lampu depan(atas)jarang,lampu belakang gak pernah putus...trus aki kadang ngedrop kadang ok,mohon pencerahannya om...aturnuhun

sharery dair mengatakan...

Fluke Indonesia is one such company which has been constantly supplying to its various customers instruments to work with electrical appliances and machinery. www.themultimeterguide.com

Unknown mengatakan...

Kalau cara membedakan kiprok rx king sma kiprok grand apakah sama jalur soket ny tlg penjelsny

bayu bloggers mengatakan...

Klw supra 125 gmn om?

bayu bloggers mengatakan...

Klw supra 125 gmn om?

bayu bloggers mengatakan...

Klw supra 125 gmn om?

bayu bloggers mengatakan...

Klw supra 125 gmn mengetesnya om?

yuriandaru mengatakan...

Terbaca 5.8 V karena itu tegangan keluaran kiprok sebenarnya masih berbentuk setengah gelombang DC yg belum difilter, ditambah lagi multimeter yg dipakai adalah DC, sehingga nilai integrasi gelombang halfwavenya adalah sekitar 1/2 dari Vmax nya.

andykosl mengatakan...

Om bisa gak trafo ct kita ganti pake charger laptop output 18v 3.4 A

Syauqi.nauli mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Syauqi.nauli mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Syauqi.nauli mengatakan...

Paman zak
Mohon maaf mau tanya, motor supra fit x lampu utama stiap kali di gas lampu langsung putus, dan di cek pakai mulyitester aki menunjukan 14-18 volt. Kemudian saya ganti kiprok baru dan aki baru ori langsung dari dealer resmi honda. Akan tetepi masih tetap sama di ukur pakai multitester menunjukan 14-18 volt.mohon pencerahan, terima kasih

urntukulo mengatakan...

sipp min...
mmi

rhomaindar mengatakan...

Maaf min mau tanya untuk jalur lampu ngukurnya gimna? Itu kan kalo lampu warna kuning. Nah ujung probe 1 lagi di ukur ke jalur mana?

I Kadek Mahendra Kusuma mengatakan...

Om.. Kalau dioda zenernya yang berapa volt..??
Kan di artikelnya cuma di jelasin 1/2 watt..
Mohon pencerahannya..

I Kadek Mahendra Kusuma mengatakan...

Waduh maaf.. Salah posting.. Harusnya di postingan yang kiprok..

Adjie Mas Sahid mengatakan...

TUTORIAL KONHOLLL !!!