iklan google termasur

Sabtu, 16 Juni 2012

Cara Mudah Modifikasi Kiprok / Regulator Pengisian Aki Motor

 by : zakir skynet

Ada banyak cara yang dilakukan para seniman otomotif, dalam memodifikasi kiprok alias regulator pengisian aki, dimana tujuan akhirnya adalah untuk menambah daya agar performa aki selalu dalam keadaan mantap ketika akan digunakan untuk memasok energi ke aksesoris tambahan misalnya lampu HID, sirine, lampu besar tambahan, dll.
Untuk menambah koleksi modifikasi kiprok di jagat otomotif, uncle zak akan memberikan warna baru dalam memodifikasi kiprok yang sangat super sederhana, biaya murah, tepat sasaran dan siapapun bisa melakukan modifikasi kiprok bagi yang membaca artikel ini. Jadi anda orang paling beruntung yang pertama membaca artikel ini.
dan sebarkan informasi ini pada kawan-kawan.

Cara Kerja Alternator Motor

Energy listrik untuk mengisi aki, menerangi lampu dan memasok energy ke CDI dihasilkan dari sebuah altenator,  isi alternator  motor nampak seperti pada gambar dibawah ini, inti dari alternator motor  terdiri dari beberapa gulungan tembaga disebut juga stator dan dan magnet permanent.disebut juga rotor, jika magnet berputar digerakan mesin akan  menginduksi stator maka dihasilkan listrik arus ac,  seperti listrik yang dipasok PLN.

mengingat energy listrik yang dihasilkan untuk kepentingan pengisian aki maka arus listrik dirubah dari  ac  (arus bolak balik ) menjadi arus DC (arus searah ) dengan menggunakan diode.
berhubung arus listrik yang dihasilkan alternator motor cukup besar dan  voltase cukup tinggi  jika langsung terhubung ke aki atau ke lampu, dimana dampaknya akan menyebabkan aki dan lampu cepat rusak, maka diperlukan sebuah regulator/kiprok, tujuan regulator ini agar pengisian ke aki dan ke lampu bisa seimbang. sesuai dengan kebutuhan.

alternator motor


sekema alternator motor



Cara Kerja Kiprok / Regulator Pengisian Aki

Listrik yang dihasilkan dari alternator motor baik voltase dan arus listrik untuk memasok energi ke aki maupun ke lampu  dikendalikan oleh sebuah alat yang bernama kiprok/regulator..

Ada dua katagori besar cara kerja kiprok  tetapi tetap mengacu basis voltage yaitu :

  1. Basis voltage tegangan aki, contohnya jika voltase aki sudah mencapai tegangan maksimal sebesar  14,2 volt, maka pasokan arus listrik terhenti terputus. atau mengecil, jika voltase aki masih dibawah angka tersebut maka arus listrik tetap dipasok oleh kiprok.
  2. Basis voltase tegangan output stator, contohnya setingan kiprok 13,5 volt pada saat generator motor mencapai tegangan 13,5 volt, walaupun aki belum penuh diode zener membuka saluran memerintahkan SCR membuang kelebihan voltage / energy  ke ground.


Seperti pada gambar dibawah ini rangkaian isi kiprok tipe single maupun 3 phase ketika motor dihidupkan komponen diode bridge langsung bekerja memasok  energi ke aki yang dihasilkan alternator, ketika tegangan aki sudah mencapai setingan pabrik misalnya 13,5 atau 14,2, maka diode zener mulai aktip untuk membuka saluran gate SCR maka terhentilah pasokan listrik ke aki,atau mengecil, sebagian aliran listrik kembali lagi ke stator.
Secara umum garis-garis  besar haluan kabel motor dapat dilihat seperti pada gambar dibawah ini baik single pas maupun 3 phase.
garis besar haluan kabel tipe single phase
garis besar haluan kabel tipe  3 phase
Masalah Kurang Pasokan Energy Listrik dan seting voltase kiprok terlalu rendah

Buat yang hobi tambah aksesoris-aksesoris  dimotor yang membutuhkan arus listrik besar tentunya dilema tersendiri,  tetapi setiap masalah pasti ada obatnya, ada 101 cara untuk mengobatinya, berikut ini uncle zak sajikan salah satu cara mengatasi kekurangan pasokan energi listrik dan setingan voltase kiprok terlalu rendah,   hanya dengan biaya Rp 2 ribu s/d 3 ribu untuk menambah pasokan energi listrik. baik untuk single phase maupun 3 phase.

Modifikasi Kiprok / Regulator voltage Model Uncle Zak

cara ini sangat sederhana hanya menggunakan dua buah diode seperti pada gambar dibawah ini ;hasil sangat mantap  energi terus dipasok ke aki sampai kondisi aki full charge 100 %,  namun tetap terkendali tegangan voltase.kiproknya.

cara kerjanya :
penambahan diode arah katoda menuju kiprok fungsinya untuk "membohongi diode zener" tegangan aki terpotong 0,6 volt oleh diode. dan diode zener pun belum aktip   mengangap aki belum penuh.maka saluran gate SCR masih tertutup,  diode bridge terus memasok energy listrik ke aki sampai tegangan 14,8 volt saat tegangan aki lewat angka tersebut maka diode zener mulai aktip membuka saluran gate SCR maka pasokan listrik ke aki terhenti atau mengecil.sebagian aliran listrik kembali lagi ke stator
contoh misalkan setingan kiprok pabrik 14,2

Diode katoda arah aki fungsinya memasok energy listrik ke aki

Modifikasi Kiprok Lewat Jalur Kabel Positip


Modifikasi Tambah Tegangan 0,6 Volt





Modifikasi Penambahan tegangan pengisian aki 0,6 volt model single phase half wave


Modiikasi Penambahan tegangan aki 0,6 volt model full wave  3  phase
Modifikasi Tambah Daya dan voltase 1,2 Volt

modifikasi tambah tegangan 1,2 volt

modifikasi tambah tegangan 1,2 volt


Modifikasi Kiprok Lewat Kabel Negatip

Modifikasi Kiprok  Half wave Tambah Tegangan 0,6 volt

Modifikasi kiprok full wave tambah tegangan 0,6 volt





Langkah-langkah modifikasi :

ukur terlebih dahulu voltase standar kiprok pabrik dengan alat voltmeter digital ukur tegangan aki, mesin hidupkan tancap gas amati volmeter, perhatikan tegangan aki jika maksimal 13,5 volt sebaiknya modifikasi tambah tegangan 1,2 volt. jika tegangan maksimal 14,2 s/d 14,4 sebaiknya modifikasi tambah tegangan 0,6 volt.

Keuntungan Modifikasi kiprok :
  • kondisi aki dalam keadaan setiap saat full 100 % 
  • dapat memasok  energy untuk aksesoris tambahan 
  • dapat perpanjang umur pakai aki (lihat Teori dasar Aki )
  • Tarikan stater jadi enteng karena aki dalam keadaan full
  • lampu besar lebih terang
  • suara klakson lebih lantang 
  • mengurangi efek panas kiprok, karena mengurangi konek  SCR dari jalur  listrik ac (alternating current)  ke masa/ground
  • buat yang kiproknya mengalami masalah panas berlebih bisa memakai trik ini
Kerugiannya :
  • ada pekerjaan  baru setiap dua minggu sekali harus cek  kondisi air aki harus diperiksa khusus aki basah

Cara Buat  dan pemasangannya :

Gambar 1 : Cara buat diode model 1/1


Gambar 2 : bentuk diode 6 ampere

Gambar 3 : Rangkaian Diode 5/1

Gambar 4: Rangkaian Diode Modifikasi  3/1 Tambah Voltase kiprok



Cara Pasang Diode pada  Jalur Negatip




Gambar 5 : Cara Pasang diode jalur Negatip

Gambar 6 : pasang pada jalur negatip


Cara Pasang Diode dan kiprok



Cara Pasang Diode Jalur Negatip

kabel warna hijau diputus disambungkan ke rangkaian diode

anatomi kiprok half wave motor honda supra fit



Pengujian Penambahan Diode Pada Jalur Negatip

Pengujian dilakukan pada motor honda supra fit tahun 2007
standar kiprok maksimal Voltase pengisian  14,30 volt
Aki yang digunakan 3,5 ampere GTZ-5S  MF merk GS

Langkah pertama Potong Kabel hijau kiprok


Sambungkan dengan diode konek ke ground /body















voltage terbaca 15,1 volt rasa mantap

Voltage terbaca 16,6 volt mantap full power

 

Catatan Penting Hasil Riset Uncle Zak Modifikasi Kiprok :
  1. Sebaiknya jika ingin  modifikasi kiprok tambah daya pakai Jalur negatip untuk jenis  motor apapun
  2. Ukur terlebih dahulu drop voltage diode, uncle zak dalam tulisan ini pakai 0,6 volt drop voltage diode yang umum, namun saat ini, banyak juga beredar diode drop voltage hanya 0,3 volt. jadi tinggal hitung berapa diode yg dibutuhkan untuk menaikan voltage.

 Semoga informasi ini bermanfaat bagi masyarakat automotive






















542 komentar:

«Terlama   ‹Lebih tua   401 – 542 dari 542
Unknown mengatakan...

maaf gan..motor ane mio soul gt injection...
kira kira bisa ga kabel negatifnya pake dioda..??
enaknya pakai diosda berapa ya??
makasih gan...

Unknown mengatakan...

mau nanya... nih sy punya motor suzuki, aki tekor terus, kemudian lampu redup, sy coba cek output spul kabel kuning dan merah max 10 VAC, posisi langsam, kalo rpm tinggi malah tegangan drop, apa spulnya dah rusak ??? tpi motor masi nyala ?? mohon solusinya.

Unknown mengatakan...

haloow uncle Zak..

mau tanya di gambar rangkaian 5/1 setelah rangkaian dioda menuju + accu ada keterangan 20A.. itu sekring ato apa yach uncle..

Maaf bukan anak elektro..

Unknown mengatakan...

wis banyak pengetahuan nih disini, thank gan, broo biar lebih gampang kalo gw minta no hp a boleh gak..?

HIDAYAT mengatakan...

dear uncle zak....salam kenal dari saya Kang Dayat Thea. to the point aja ya uncle. saya mau tanya tentang pin/kaki cdi scorpio z. jumlah kaki 8, itu kaki-kaki mana yang dari spull (fulzer dan cdi, keluar ke coil dsb ). mohon penjelesannya uncle, kalo bisa dengan skema/gmbar nya ya. maksh banyak ditunggu reply nya...wasalam

Unknown mengatakan...

Malam uncle zak.. Saya punya motor new Honda Blade, pengisian aki saya gunakan voltmeter tapi untuk pengisiannya over charger mencapai 19,0 volt.. Yang seharusnya yg saya tau hanya mencapai 13,8volt, tapi ini mencapai 19,0 volt uncle.. Mohon info dan pencerahannya uncle.. Thx before uncle..

Unknown mengatakan...

Selamat pagi uncle. Mau tanya nih ? Motor satria fu 2012 saya kalo pake lampu hid cepet abis , sekitar 4/5 bln sudah sangat drop. Saya harus menggunakan dioda berapa ampere? Dan menggunakan tipe rangkaian apa? Terima kasih, mohon bantuannya uncle zak.

Den Sinyo mengatakan...

Mohon pencerahan nya Uncle Zak, klo dikedua butup aki nya saya pasangi rangkaian diatas, hasil nya gmn Ya... tks

Unknown mengatakan...

Salam kenal uncle zak.. kl boleh minta no phone / WA (whatsapp) dong bs sy hubungi ...utk honda steed 600cc jumlah kabelnya 6 dan tidak ada hijaunya dari kiprok

Unknown mengatakan...

Salam kenal uncle... kl boleh minta no phone / WA (whatsaap) dong biar bs dihubungi.
Hendak brrdiskusi prihal kiprok honda steed 600cc yg kabelnya ada 6 dan tidak ada kabel hijaunya stlh sy intip

Bhirawa mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Bhirawa mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Bhirawa mengatakan...

Motor saya gl-pro BE pake aki 8Ah. Total beban kira-kira 84 watt masih sisa 1 amper dari kapasitas aki. Saya coba rangkaian 5/1 jalur positif untuk nambah power pengisian, perubahan terasa saat rpm rendah, sedang, dan tinggi. Kondisi aki sebelum pemasangan trik 5/1 kondisi drop, setelah di coba jalan-jalan 1jam aki masih saja tekor. Soalnya waktu lampu utama on di rpm tinggi terang mantap tapi pas langsam masih redup lampunya. Lampu sudah saya rubah ke DC. Apakah karena aki drop jadi tidak imbang om?

Unknown mengatakan...

Pake jalur negatif apa positif gan...

Unknown mengatakan...

Pake jalur apa gan...?

Unknown mengatakan...

Misi uncle mau curhat nih..saya bru aja rakit kelistrikan di motor cb...kabel dri spul cuma 3 (pulser,cdi,pengisian) kabel bodi prima udah saya pasang semua jalur lampu dpt dri kontak (mesin ga hidup kontak on lampu hidup) pemakaian bru 2hari kok lampu semua jadi mati semua pengisian jga ga lancar...pdhal arus pengisian dr spull ada...tlg solusinya uncle

Unknown mengatakan...

Misi uncle mau curhat nih..saya bru aja rakit kelistrikan di motor cb...kabel dri spul cuma 3 (pulser,cdi,pengisian) kabel bodi prima udah saya pasang semua jalur lampu dpt dri kontak (mesin ga hidup kontak on lampu hidup) pemakaian bru 2hari kok lampu semua jadi mati semua pengisian jga ga lancar...pdhal arus pengisian dr spull ada...tlg solusinya uncle

Unknown mengatakan...

Uncel Mohon bantuannya. Saya punya motor jupiter 2010 bagai mana cara modip kipoknya,dan pakai dioda berapa amper yg aman untuk tambah aksesoris di motor tsb supaya aki tidak tekor.?

Unknown mengatakan...

Gan ane mau tanya nih motor ane satria fu pakai akinya yang punya motor beat trus ane pake lampu hid kenapa ya ko lampunya1 jam udah redup

Unknown mengatakan...

Gan motor saya satria fu kan saya pake aki beat nih kenapa ya ko lampu hid saya kekuatanya cuman 1 jam doang gan apa saya pake aki satria fu lg gan

Edwin mengatakan...

uncle gimana kalau untuk pemasangan di honda tiger

Unknown mengatakan...

Bang ane punya motor sama supra fit new.. Ane lampu depanya pake lampu LED blakang juga sama LED terus kelakson keong aneh udh rubah semuanya jadi dc di karnakan pake lampu LED.. Solusinya biar aki gak tekor gimana bang?

Unknown mengatakan...

Bang bagusnya pake metode yang mana? 3/1 atw 5/1? Cara pasanya pertama" kabel yang ijo menuju kirop di potong terus kabel yg menuju soket kipro atw yg satunya lg yg di sambungin ke diode? Terus udh gt ujung diode yg satunya lg di sambungin ke body? Udh gitu ajh bang?? Tolong yg udah berhasil kasih infonyaa.. Makasih..

Faiz mengatakan...

Uncle zack mw nanya...
Motor ane tiger revo nih, nah pasang diodanya di jalur positif atau negatif aja uncle...?
Trus kedua motor suzuki spin uncle...
Kabel massanya suzuki spin warna apa yah..dan pemasangan diodanya untuk spin pake jalur negatif uncle...?

Faiz mengatakan...

Uncle zack mw nanya...
Motor ane tiger revo nih, nah pasang diodanya di jalur positif atau negatif aja uncle...?
Trus kedua motor suzuki spin uncle...
Kabel massanya suzuki spin warna apa yah..dan pemasangan diodanya untuk spin pake jalur negatif uncle...?

Unknown mengatakan...

Maaf om mau ikut nanya nih..mtr sya jupiter z new 2010..pke acceors lampu led 35W x2..klakson keong..aki cpt tekor om..solusi yg bgus gmn? Lampu beli paket yg udh ada balast nya..
Trma kasih om

Unknown mengatakan...

Maaf om mau ikut nanya nih..mtr sya jupiter z new 2010..pke acceors lampu led 35W x2..klakson keong..aki cpt tekor om..solusi yg bgus gmn? Lampu beli paket yg udh ada balast nya..
Trma kasih om

Unknown mengatakan...

.motor q old mx

.sudah fullwave dg modifikasi kabel kuning sepul diputus serta kabel lampu dr kiprok ke kabel kontak

.pertanyaannya ketika lampu tidak dihidupkan kendaraan dinyalakan voltase ikut naik tetapi saat lampu dinyalakan malah voltase turun terutama saat gas 3000 rpm ke atas itu kenapa ya penyebabnya ??

Unknown mengatakan...

Om saya mau tanya kalo yang plus di pasang 1/1 dan yang min di pasang 5/1 .bisa g .pengurhnya apa. Makasih

Unknown mengatakan...

triknya juoooosh ne.... :)

masih dicoba di SoulGT 115cc fullwave pake kiprok vixi old...
pakai jalur negatife diode 3:1

salam kenal pin:2B161881

Unknown mengatakan...

Permisi gan mau tny nih.aki ane tekor pdhl baru motor scorpio. Ksh solusi gan. Gmn mengakali pengisian nya supaya tdk tekor. Terima ksh

Unknown mengatakan...

Permisi uncle mau tanya nih. Ane pny scorpio aki ane g mau ngisi. Strum tekor terus udah dicas aki nya habis lagi. Gmn solusinya. Terima ksh.

Unknown mengatakan...

Permisi uncle mau tanya nih. Ane pny scorpio aki ane g mau ngisi. Strum tekor terus udah dicas aki nya habis lagi. Gmn solusinya. Terima ksh.

Unknown mengatakan...

uncle zack motor saya bajaj pulsar 220cc, lampu utama h7 55watt 12v, posisi idle terpantau 14,5v lampu on terpantau 13,9v kalo gini yg baik pake modif berapa dioda uncle? terima kasih sebelumnya...

Unknown mengatakan...

uncle zack motor saya bajaj pulsar 220cc, lampu utama h7 55watt 12v, posisi idle terpantau 14,5v lampu on terpantau 13,9v kalo gini yg baik pake modif berapa dioda uncle? terima kasih sebelumnya...

mandala mengatakan...

sukses solusinya, ucle zak gmn yach cr buar kiprok suzuki thinder 125 kesulitan di kelistrikan (accu) spul jln u/ busi dh ok tinggal ke accu g normal trus

Unknown mengatakan...

gan mau nanya motor ane vega r 2007 pake aki baru harus pake diode berapa biji dan ukuran berapa thank

Unknown mengatakan...

gan ane mu tanya motor saya vega r 2007 pake aki baru pake dioda nya berapa dan ukuran berapa

Faiz mengatakan...

Uncle zack mohon pencerahannya donk...
Motor ane tiger revo, batas limit kiproknya pas di gas full terbaca 14.3 v uncle, tp pas bebannya d nyalain (bohlam 100/90w), tegangan aki turun ke 12v, dan d gas full cuma jd 13v..
Jd tiger ane make dioda yg model gmn uncle...?
1/1, 2/1, 3/1, 4/1 atau 5/1 uncle...?
Trus pemasangannya di jalur negatif ato positif uncle...?

Faiz mengatakan...

Uncle zack mohon pencerahannya donk...
Motor ane tiger revo, batas limit kiproknya pas di gas full terbaca 14.3 v uncle, tp pas bebannya d nyalain (bohlam 100/90w), tegangan aki turun ke 12v, dan d gas full cuma jd 13v..
Jd tiger ane make dioda yg model gmn uncle...?
1/1, 2/1, 3/1, 4/1 atau 5/1 uncle...?
Trus pemasangannya di jalur negatif ato positif uncle...?

Unknown mengatakan...

Bang sy masih bingung. Bisa jelasin pengaplikasian ke motor Satria fu gk bang

Unknown mengatakan...

Bang sy masih bingung. Bisa jelasin pengaplikasian ke motor Satria fu gk bang

Unknown mengatakan...

Bang sy masih bingung. Bisa jelasin pengaplikasian ke motor Satria fu gk bang

ade purwadi mengatakan...

Om. Motor supra ku aku ubah pakai lampu Led 6sisi watt yg di gubakan untuk lampunya 35wattx2lanpu led. Jadi totalnya 70watt. Setelah aku pakai lampu itu motor saya kurang pengisian aki.
Rencana saya ingin menambah daya batrai. Itu gimana ya. Soalnya saya sudah k bengkel tapi mekanik di bengkel tidak ada yg tau gmana caranya.

Unknown mengatakan...

Izin nimbrung Gan.... Kalau dari kebalikan artikel terseebut "Mengurangi Arus yang Keluar dari Kiprok menuju Accu" caranya bagaimana? karena sudah ganti kiprok bahkan pinjam kiprok punya teman dengan spek sama, tetap saja keluarannya lebih dari 13,8 volt, sampai menunjukkan 19,5 volt (motor saya Yamaha Byson karbu), terimakasih

Unknown mengatakan...

Mas mau nanya knp ya mtr honda s90 saya kalau di hidupkan lampu dpn langsng ngedrop itu tegangan akinya kiprok pakek tiger ori

Unknown mengatakan...

Mas mau nanya knp ya mtr honda s90 saya kalau di hidupkan lampu dpn langsng ngedrop itu tegangan akinya kiprok pakek tiger ori

Unknown mengatakan...

Uncle. Itu bisa nggk di pasang di suzuki shogun 110??
Trus bisa nggak di aplikasikan ke motor yang udah pake arus DC??

Unknown mengatakan...

Uncle. Bisa nggk di aplikasikan ke suzuki shogun 110??
Trus bisa nggak di aplikasikan ke motor yang udah pake kelistrikan DC??

Unknown mengatakan...

Honda C70, standar, pakai dioda Bridge 35am, masih bisa pakai booster???? Dan nuhun cas aki pakai adaptornya....

Freedom PC Game mengatakan...

gan kalo penambahan dioda ny klebihan buat yg fullwave dampakny berarti pengisian dari kiprok ke aki akan overcharge ya n kalo lampu depan cuma pake yang led 24 watt (lebih kecil dari lampu halogen biasa yg 35watt) akan putus, apa benar? soalnya saya pake penambahan dioda 5/1 untuk kiprok fullwave, lampu utama saya pake led yang jarak dekat ukuran 24 watt jadinya putus, sedangkan kalo lampu jauhnya 48watt, kalo penggunaan lampu jauh cukup lama saya pake dioda 3/1 masih kurang, dilihat dari setelah penggunaan lampu jauh cukup lama volt aki jadi 12,1 akibatny stater electkrik kurang kuat, pada saat stater speedometernya mati nyala, sekarang saya tambah dioda jadi 5/1 lampu depan jarak pendek yg 24 watt nya malah putus. mohon solusinya gan?

Unknown mengatakan...

om.motor sy supra x125 th 2007....kendalanya lampu utama selalu putus kalo gas di tarik lebih besar.kira2 rusak kiprok bukan? mohon solusinya om soalnya kalo ganti kiprok lumayan harganya.tks

Unknown mengatakan...

untuk jenis 5/1 itu dioda yg dipakain ukuran berapa saja ya gan,,untuk motor cs1

dowerkoplax mengatakan...

ikut nimbrung om, motor ane revo 2007,ane modif pke klakson keong,pke lampu pro g,plus spedo digital,akhirnya aki tekor,trus ane terapin neh ilmu,mantap jiwa sukses,tegangan mtr yg tdnya cuma 12,8v naik bisa 15v yg jdi masalah ketika jln dan ane pakai sistem listriknya,kaya ngerem,atau nglakson tegangan langsung ngedrop kadang bisa cuma 10,2v,tpi pas kita lepas rem,atau ngga nglakson lg, tegangan naik lg,tolong solusinya dong om

ankq_rock mengatakan...

motor saya byson, lampu sdh pakai HID, aki udah upgrade ke 7A, kiprok tiger, pake booster XCSR, dan pake elco 80V 10000 mikrofarad, yg saya mau tanyakan disaat saya gas RPM tinggi di voltmeter aki di angka 17-19volt, tp disaat rpm rendah 14-15 volt, itu normal gk om, krn kendala yg saya alami akinya gelembung, dan terangnya agak kurang maksimal dan disaat langsam lampu HID nya seperti kelistrikan AC (agak meredup bila tidak di gas), tp bila digas lampu HID nya normal tp kurang terang, dan itu kendala diapanya ya, klo sy cek aki pakai voltmeter (12-13 volt), sy cek kiprok, motor dihidupkan, kiprok nya normal (agak hangat tidak panas), krn klo kiprok bermasalah saat motor hidup pasti kiproknya dingin, mohon solusinya dong om, itu kendala di apanya ya, normal kah atau tidak kasus kelistrikan di motor saya

ankq_rock mengatakan...

motor saya byson, lampu sdh pakai HID, aki udah upgrade ke 7A, kiprok tiger, pake booster XCSR, dan pake elco 80V 10000 mikrofarad, yg saya mau tanyakan disaat saya gas RPM tinggi di voltmeter aki di angka 17-19volt, tp disaat rpm rendah 14-15 volt, itu normal gk om, krn kendala yg saya alami akinya gelembung, dan terangnya agak kurang maksimal dan disaat langsam lampu HID nya seperti kelistrikan AC (agak meredup bila tidak di gas), tp bila digas lampu HID nya normal tp kurang terang, dan itu kendala diapanya ya, klo sy cek aki pakai voltmeter (12-13 volt), sy cek kiprok, motor dihidupkan, kiprok nya normal (agak hangat tidak panas), krn klo kiprok bermasalah saat motor hidup pasti kiproknya dingin, mohon solusinya dong om, itu kendala di apanya ya, normal kah atau tidak kasus kelistrikan di motor saya

Unknown mengatakan...

All...bagi kalian yang belum mengerti tentang pengapian.motor,harus ber hati hati.apa lagi motor jaman skarang.kebanyakan motor memakai CDI DC.dan cdi dc itu.tidak boleh lebih dari 15 VOL ke atas untuk input ke CDI nya.kalau lebih dari itu.usia CDI Tidak akan lama karna normal ny 12vol.hati hati lah modif kiprok.karna kabel merah atau B+ keluar dari kiprok itu tujuan nya' ke cdi,aki,spedo meter,lampu sen R&L,lampu rem blakang klakson.dan lain2.dan mereka semua di kasih input nya 12 vol./13,8vol.nah terkecuali motor pakai CDI AC.ga apa2.paling bohlam boros.

Unknown mengatakan...

Gan klo misalnya motor pake regulator Mobil seperti gamabar ini http://1.bp.blogspot.com/-YT_UTeMwP30/TZ1W1_r2mbI/AAAAAAAAALI/q6oDRBXRop0/s1600/terminal%2BIC%2Bregulator.PNG

bisa nggak ya gan.. secara ane butuh watt besar di motor ane buat hidupin lampu depan H4 ukuran 90/100 watt 12v atau 100/110 watt 12v, biar maknyuss waktu touring malem..

Rencana alternator itu buat hidupin lampu depan aja, atau sekalian charge accu (klo ampere output gak kegedean klo kegedean bisa mendidih juga itu accu)

Klo bisa, bagaimana skema pemasangan kaki-kakinya..

terima kasih sebelumnya, ditunggu jawabannya.

arno mengatakan...

Misi bos numpang nanya ni bingung campur kopyor jdi nya motor ku jupiter mx.2010.tdinya aki sring tekor krn penggunaan aksesoris seperti kipas radiator lampu led sirine.trus aq modifikasi pakai kiorok tiger.alhasil bagus pengisian full trs ampe aki kdg pnas.nah kejadian nya air aki kering/soak stelah.1 mggu aq gnti aq tpi skrg ini arus pengisian nya kok jdi kecil alias aki sering tekor mohon penjelasan nya bos

Unknown mengatakan...

Kang saya Uda coba pake yg 5/1, tpi dioda ny kok panas nya kelewatan ya????



Unknown mengatakan...

Paman saya ada masalah pada pengisian aki yg kurang pada Honda Blade,karena saya memakai lampu HID projector,aki saya kalah ama pengisiannya. Mohon solusinya paman Zak? Terimakasih.

Unknown mengatakan...

Salam paman zack aku aplikasikan ke motor blitz R 2005 yg 5/1 efeknya amazing banget nyala lampu terang banget,tp gak bertahan lama terus mati dah tu motor smp skrang mati suri ap ya masalahnya

Unknown mengatakan...

Uncle Zak, saya pengguna scorpio 2004. Kemaren pernah ganti kiprok bawaan motor dengan kiprok mio sporty 2007. Alasan ganti krn kiprok lama uda rusak parah sampe spul pun gosong. Tp pakai kipo mio hanya 1 bulan pakek lampu redup dan di rpm 8000 baru terang tapi di saat bersamaan saya hidupkan lampu sein lampu utama kembali redup. terus aki juga baru 1 bulan ganti uda minta isi ulang.

Unknown mengatakan...

Klo diaplikasikan pd vixion bermasalah gk

ROSYIDIBLOG mengatakan...

Malam uncle....mau nanya nih....klo untuk mobil bs ndak ya...di modif kayak tipnya uncle...? Mkasih...

Aang Kelana mengatakan...

Beli boosternya dimana om,trus cara nyambungnya gmana..?

Unknown mengatakan...

Bang saya mau tanya nih.
Kan motor saya mio smile tahun 2012 . Nah saya ke pengennya motor saya pake asesoris lampu hid dan sirine . Kan kalau orsinilan trus pake asesoris pasti soak tuh aki nya. Nah gi mna tuh triknya supaya aki ny ga soak pake asesoris ???
Makasih bang

Unknown mengatakan...

Maap bos mau tanya nihh.
Untuk motor suzuki thunder kkistrikan di robah menjadi neoteck tapi sayang nya suka mati trus ga tahan lama.
Dan cdi nya juga sering mati bos..
Mohon kasih solusi bos.
Trima kasih

Muhammad Arija mengatakan...

Uncle, knapa ya sewaktu saya aplikasikan cara ini malah Speedometer Satria Fu saya mereset sendiri ketika RPM tinggi???

Muhammad Arija mengatakan...

Uncle, sudah aplikasikan solusi dari uncle di Satria FU saya tapi kanapa ya Speedometer FU saya slalu mereset sendiri ketika RPM tinggi?

Unknown mengatakan...

Kasi pin bbm bapak dong..
Biar mudah komunikasi sama bapak

Unknown mengatakan...

Kasi pin bbm bapak dong..
Biar enak komunikasi sama bapak langsung

Unknown mengatakan...

Uncle zak ,mau nanya motorku cb pake cdi shogun(dc) baru kemaren gaenak larinya kayak nahan" gitu kalo lampu utamanya dimatiin agak enakan lagi larinya tapi kalo nyala nahan rasanya . saya cek pake avo tegangan akinya cuma 7,6dcv .kiprok pake punya kaze r .gimana ya uncle solusinya?
Makasih :)

Unknown mengatakan...

Uncle zak mau nanya ,motorku cb100 pake cdi shogun(dc) ,baru kemaren rasanya kok nahan ya larinya kalo lampu dinyalain, kalo lampunya dimatiin lumayan normal larinya. Aku cek pake avo kok cuma 7,6dcv ya tegangan akinya ,klakson pake hella acessoris lainnya std. Solusinya gimana uncle? Buat nglakson udah nggakkuat lagi ,udah pake relay juga klaksonnya
Makasih :)

Unknown mengatakan...

Om saya mau tnya ne.motor saya mio sporty.kalau saya pakai 5/1 6 Amper semua.terus sisa kabel satu lagi di kemakan dan lw ujung diode ke masa/ground pasang di baut tangki minyak apa gak bahaya.trima kasih sebelumnya,tolong di bls...

Unknown mengatakan...

Om saya mau tanya,saya punya motor mio sporty.kalau saya pakai 5/1 6 Amper semua apa bisa,terus sisa kabelnya di kemanakan.dan ujung diode ke masa/ground bisa pasang di baut tangki minyak dan apa gak bahaya jga om.sebelumnya trima kasih.tolong di bls om....

Unknown mengatakan...

bang zak, kalo aki saya posisi motor idle/stasioner bisa nyampe 14,3 v.jika digeber nyampek 14,8v.. itu kalo ditambah dioda lagi kira" over nggak ya? trus makek yg mana?makasih sebelumnya

Unknown mengatakan...

om... air aki shogun 125 saya sering tekor n jg sering drop.. mohon solusi diodenya om...soalnya ada tambahan lampu dem. 40 watt... ..dulu pnrh cara yg di gron pakek diode 6 amp ke sepeda vega r. maknyussssssss..n ketika sepeda ninja aq caba gitu.... semua lampu mati semua😢😢😢 terpaksa.. kmbilkan ke asal...😇

mi assholihi mengatakan...

Klau untik menurunkan tegangan di pengisian aki karena setelah saya ukur sampai 18 volt....supaya menjdi maksimal 15 volt bgaimna

angler baru mengatakan...

Uncle,minta pencerahan ny.sy pny thunder 125,rncn mau psg rngkaian jlr neg bwt jaga aki ttp fresh aja,smua msh standar,blm ada beban tmbahan.diode dah dbeli nih,pas cek mtr,dr kiprok ada 3kbl hitam konek dg 3kbl kuning(via soket),trs 2kbl hitam konek dg kabel merah sm hitam grs kuning via soket.nah pas liat di aki kutub -, ada 1 kbl hitam bsr(sbsr tali gas)konek dr - aki k bodi mesin,1 lg kbl kecil hitam grs kuning (sm dg yg dr kiprok) konek dr - aki k kmpulan kbl lain. Jd kabel yg mana yg hrs saya pakai uncle? Rangkaian brp bgsny?apa kbl hitam besar tsb ttp d konek ke bodi mesin? Terima kasih atas waktu dan pencerahanny.

Unknown mengatakan...

Om Zak, mau tanya nie motor sya supra x 125 pakai CDI BRT, HID 35Watt x2bh dan klakson mobil aki tekor, bagusan gimana ya om biar tidak tekor akinya?
Thank's

Unknown mengatakan...

Entah ini sudah tahun berapa..
Cuman satu tahun lalu saya coba..
Dan saya simpulkan jangan pake cara ini, merusak pola listriknya..
Voltage motor bisa sampe 25v, untung cdi gak kenapa"..
Mau pengisian lebih? Gnti ke kiprok tiger.. jalur di ubah jadi fullwave istilahnya..
Jangan pake abal" gini..
Ngerusak dan endingnya boros karna tetep harus fullwave kan?
Semoga yang baca komen saya gak telat..
Karna udah banyak korbannya di forum facebook

Unknown mengatakan...

Paman tolong pin out regulator shogun kemaren saya lupa ketika potong kabel

Instagramabit mengatakan...

Motor saya mesin Pulsar VCR, Spul dan cyprus sudah pake honda, kekurangan aki selalu drop karena motor ini tidak memiliki stater kaki jadi tergantung pada stater tangan/aki
Bang tolong solusi agar pengisian ke Aki bisa bertambah
Yang mana lebih efektif dioda di sambung pada kabel (-) bodi atau langsung di kabel (+)
Mohon petunjuk

snhaukeo mengatakan...

makasih ya min sudah share, bermanfaat sekali ini...
http://cody.id/produk/blower/solder-uap-cody-909d-2/

Unknown mengatakan...

Uncle zak mau tanya nih, kemarin uncle pakek prinsip pasang capsitor+dioda di keluaran generator sebelum kiprok, dan sekarang pakek dioda 5/1 dll, l ini solusinya yang paling jos yang mana,kalau pakek dioda ini yang bagus di ground atau di plus.nya aki (pengisian aki), motor saya GL Neo, generator modif 1 out dari generator
Terimakasih

Unknown mengatakan...

Salam Uncle Zak... Terimakasih sebelum nya atas artikel yang sangat bermanfaat ini, dari awal pertama saya berkunjung saya sudah sangat tertarik untuk memahami isi dari artikel ini yang kaya akan ilmu. dan semoga saya bisa mendapat jawaban atas permasalahan saya juga. Jadi begini Uncle motor JUPITER Z 115 saya aki nya tekor (Klakson loyo, dan lampu redup) dan ini terjadi setelah saya ubah arus lampu ke DC dengan cara pintas yaitu ambil arus dari kontak. Saya pakai Bohlam standar 35w x 2 tanpa accessories tambahan. Besar harapan saya Uncle Zak berkenan untuk memberikan pencerahan atas permasalahan saya ini, atas perhatian nya saya ucapkan Terimakasih....

Unknown mengatakan...

Uncle zak mau nanya nih. Motor saya vespa. Saya rombak pakai aki. Kenapa ya arus nya cuman sampai 12.9 kalau tanpa beban kalau di kasih beban seperti lampu utama hanya sampai di 12.4 saja pengisian nya mohon info nya uncle zak

Unknown mengatakan...

Gan mau nanya nih. Motor saya vespa saya rombak pakai aki. Tapi pengisian atau pengecasan nya hanya 12.4 aja gan kalau di kasih beban lampu utama. Kalau gak di kasih beban dia bisa jadi 12.9 gan itu salah nya di kiprok atau di spul nya ya gan mohon info nya gan

Unknown mengatakan...

Malam uncle, info menarik respon juga top dari TS. Ans mau minta ilmunya sedikit dari uncle. Motor ane kawasaki blitz aki (kering) baru seminggu sudah seperti ngedrop bahkan buat nyalain lampu netral aja kurang terang. Setelah di analisa ternyata aki baik-baik saja sudah ane tes ke motor mio tokcer, bahkan kiprok sudah ane coba pindah ke mio juga tokcer, apakah kabel bodi ane yg bermasalah? Soalnya ketika kontak Hidup lampu Netral redup tetapi setelah saya geber full gas dan pencet klakson sekitar 5-10 detik lampu netral langsung terang pertanda aki tokcer, tapi setelah motor melaju beberapa ratus meter lampu transmisi kembali redup.
Yang jadi masalah buat ane sebenarnya bukan starter melainkan lampu kurang terang dan klakson memble. ane juga pingin pasang lampu sorot tapi takut akinya cepet drop.
Saran apakah yang mungkin bisa saya coba?? Terima kasih sebelumnya.

Unknown mengatakan...

Mas motor saya beat karbu pake lampu led nah saya sudah pakai rangkaian 2/1 tapi lampu tetep sering redup kalo pas di nyalain sein nya lampu utamanya kaya ikut kedip gitu kaya kekurangan listrik, itu lebih bagusnya pake rangkaian berapa yah??
Lampu led saya positifnya saya sambungin ke kontak

Unknown mengatakan...

Mohon pencerahan nya bang uncle zak ....kalo mau tambahain dioda di kiprok old vixion potong nyahh yg warna apa?? Makasi sebelum nyahh

Unknown mengatakan...

Om untuk motor suzuki shogun 125 d bagian Aki yang+ ada 2 wrnah merah
V klo d kiprok ada 1 wrna merah
Sya hrs psang di sbelah mana om

Unknown mengatakan...

Maap om.kalo model full wave.tp saya pake aki yg 5ah.aki cepat tekor.
Bisa ga pake pake rangkaian yg d gambar.

Unknown mengatakan...

Siang mau nanya saya mau ganti kiprok kaze tapi beli gak ada yang ada punya satria fu gimna cara pasangannya tlg digambarkan kabelnya kaze sama satria fu

Unknown mengatakan...

Om gimna ya cara pasnag di suzuki smash.

Unknown mengatakan...

Om bagaimana cara pasang di suzuki smash

MudaMudiDalemPenataran-Net mengatakan...

Gan..
Tadi pagi saya ganti kipro.. karna stater tangan ndk mau apalagi aki baru di ganti.. montirx bilang kipronya harus di ganti.. sdh di ganti tapi ndk mau hidup.. katax harus di diamkan motorx slama 2 hari 2 malam.. shingga saya tdk bisa kemana mana.. memang bgitu kah kalau ganti kipro gan..

MeNeNeM mengatakan...

Om, apakah cara ini dapat di aplikasikan di terminal negatif aki langsung?
Motor saya supra x 125 2011

MeNeNeM mengatakan...

Om. Apakah cara ini dapat diaplikasikan di terminal negatif aki lamgsung?
Motor saya supra x 125 2011

Unknown mengatakan...

Slm kenal om zak, maaf mau nanya, motor ane vixion 2010 kiprok fullwave,kira2 yang cocok pakai diode yg rangkaian berapa ya,karna klo di pakai perjalanan jauh lampu utama redup dan klakson sember, seperti aki kekurangan daya, dan kira2 yang di potong kabel warna apa?, mohon pencerahan nya terima kasih

Unknown mengatakan...

Motor saya xeon, untuk ngasih diode pada jalur negatif apakah bisa lansung di dekat acu gan? Makasih

Unknown mengatakan...

mlm Oom... sorry br baca...mohon pencerahannya donk...

motor sy scorpio z 2009...kelistrikan dah diganti jd DC ( half wave. )...kiprok pake punya tiger... awal2 modif.... ga ada maslah.... ( dah hampir 1.5 thn ini.).... tp akhir2 ini aki cepet tekor..... mesin kadang2 mati.. pas putaran tinggi... lampu / sein sering meredup pas nyalain klakson or pas ngerem.. .

kmrn sempet ganti aki tp cm kuat 3 bln.. trs tekor lagi.... apakah kiprok sy masalah? atao bs diakalin pake yg rangkaian dioda..? bagus. nya pake yg tipe brp..? ( 1/1, 3/1 or 5/1.)....trs konek. nya ke kabel negativ/body or ke yg positiv...?

Dadikadiputro mengatakan...

Salam sejahtera om
Mohon pencerahannya....Kaze sudah rubah spull lalu kiprok ganti pake punya tiger....lampu depan langsung dari aki.....persoalannya klo dalam ko disi terpasang semua tes voltase pake multi digital mesin dihidupkan lalu digas knp ya kok angkanya naik turun ga stabil ? Maaf om newbie nih thx

Citra mengatakan...

Om thunder ane mau coba pasang rangkaian diatas, cuma ada masalah seperti accu tekor. Accu dan kiprok baru, tapi ga alama kalo ane nyalain lampu atau klakson mesin langsung ngedrop.... Nah pertanyaannya :
1. Apa yg terjadi dengan jalur kelistrikan thunder ane?
2. Apakah dengan kondisi saat ini ane bisa pakai rangkaian diatas untuk ngobatin penyakit ini?
3. Yang bagus pakai rangkaian yang mana?
4. Apakah bisa rangkaian tsb disambungkan ke negatif accu bukan ke body?
Terima kasih utk solusi dan infonya Om...

Unknown mengatakan...

Selamat siang ijin bertanyaa motor sayaa bebek honda blade tapi sudah pakai kiprok tiger dan sayaa masih merasaa kurang puas untuk pengisian akinyaa karna sayaa banyak menambah aksesoris lampu2 led tambhan hid dan klakson,dari artikel diatas dan skema diatas jikaa sayaa pasang tambahan dioda melalui jalur negative apakah bisa di ambil melalui jalur negative aki saja??apa harus tetap melalui jalur negative kiprok??mau bongkar kirpoknyaa males ribet jika bisa melalui negative aki kann bisaa lebih simpel mohon jawabannyaa... Www

Unknown mengatakan...

Ma zak mau tanyak motor saya vixion 2011 kiprox ori udah gak bisa ngisi dan ini tak ganti dg punyaknya merk aspira saat putaran stasioner voltnya keluar 12v dan putaran tinggi rpm 3rb keatas cuman jadi 13.5v dan saya coba menaikan tegangan dg model 3/1 & 5/1 tegangan malah jadi 12v itu kira2 apanya ya...mohon bantuanya

bagiio mengatakan...

Uncle maksud daro 4/1 itu bagaimana,apakah dioda 6a 4 buah di jadikan 1

Unknown mengatakan...

Kalo kabel hijau si potong trus di di sambung ke soket kiprok dan body, potongannya tadi gimana,di sambung kjadi satu kebody ato gimana om, makasih

Unknown mengatakan...

Uncle zak mau tanya motor saya supra x125 fi 2016, cek avo aki dan gas digeber tetep di 12,6v, solusinya bagaimana?

Awalludin Salim mengatakan...

uncle..., untuk di Yamaha NMAX apakah bisa di aplikasikan??
motor Yamaha NMAX sering banyak aksesories nya seperti lampu, klakson, charger, dll. case nya adalah saat saat kontak ON dan semua aksesories off dan mesin off juga posisi voltmeter di angka 12.5v - 13v..., tapi saat aksesories di nyalakan turun drastis sampe ke angka 11.5v bahkan saat stater di nyalakan posisi voltmeter bisa turun sampe 10v...
tetapi, saat semua aksesories ON dan mesin dalam keadaan hidup posisi voltmeter hanya sampe 13.5v...
ane pengem coba solusi ini, tapi masih ragu apakah bisa diaplilasikan ke motor Yamaha NMAX uncle??
mohon saran dan reply nya, thx

Boris mengatakan...

uncle zak, maaf nih sy baru gabung di grup ini.. di tmpt sy susah cari sparepart elektronika.. jd sy cari2 dari online, dan yg ada dioda zener 3.6v, tu sy gk dpt ampere ny brp.. jd gmn tuh solusinya uncle zack ?? klo voltage ny 3.6 volt ketinggian gk ?? n klo di pasang apakah pengaruh ke batre aki ??

Boris mengatakan...

uncle zack, sy baru liat nih postingan uncle zack.. langsung j y.. hehehe.. di tmpt sy susah cari toki yg jual sparepart elektronika.. jd sy coba2 cari di toko online.. n sy dpt dioda zener 3.6v , pertanyaan sy, kalau sy pasang yg 3.6 v kira2 bermasalah tidak ke batre aki ??

yudhi mengatakan...

om buat ninja rr new bisa ga

Fuad mengatakan...

Misi uncle mau tanya, kiprok saya Verza 3 Phase. Untuk pengisian ke aki kurang, seingat saya pas di bengkel itu kurang dari 12 volt. Untuk menaikan agar bisa mengisi normal lagi butuh dioda berapa ampere dan berapa jumlah yang harus dipasang. Soalnya kiprok saya kata bengkelnya yang kurang maksimal di pengisian ke aki uncle. Mohon pencerahannya

Rf mengatakan...

Halo.. boleh minta informasinya,kira2 adakah bengekel yang bisa pengerjaan sesuai dengan info diatas? Kira2 daerah jakarta, dan mungkin untuk biayanya.. trimakasih

Abine Ridwan mengatakan...

Bagaimanapun juga uncle zack sudah menjawab sesuai info yang diberikan, dan mungkin saja infonya kurang tepat jadi jawaban kurang tepat, jadi ga perlu pakai komentar kasar, ingat banyak orang yang bisa ambil manfaat

Machrus mengatakan...

Utk revo absolute (blm injeksi?) bagusnya pake modif yg mana ya om?

Rizky Prayoga mengatakan...

Om mau tanya, motor saya Astrea grand pakai kiprok Mio, semua lampu lampu saya rubah pakai api dari aki, tapi kalo saya hidupkan semua lampu langsung perlahan drop, saya akan coba menggunakan rangkaian 2:1, yg saya tanyakan lebih baik mana antara modifikasi kiprok lewat jalur positif atau negatif, terimakasih

Unknown mengatakan...

Motor ane spin.modif kiprok dioda 6 a ,ok arus pengisian naik 13v lebih sekian.tpi mengapa diodanya menjadi panas bgt ya,apkh nanti berefek negatif ke komponen lainya?

Unknown mengatakan...

kalau buat satria fu 2012 caranya gimana ya lampu ane sering putus dan aki cepet panas jadi montor larinya gak setabill harus gas kecil terus , tolong pencerahannya dong biar normal lagi

Unknown mengatakan...

di satria fu 2012 , pakai kiprok dan aki 3.5 amper lampu sering putus , kiprok panas dan aki panas larinya motor itu gak stabil bila penuh pengisiannya , tolong pencerahannya dong kak biar motor saya jadi normal lagii , saya harus pakai cara yang gimana ya

Unknown mengatakan...

Om uncle zack mo tanya
Motor ane GL pro modif 5/1 6A semua
Pas di geber lampu utamanya nyala voltase nyampe 18v
Tapi pas di geber posisi lampu utama mati voltasenya di angka 16v
Lampu utama pakai aspira 60/55
Mohon solusinya om

Unknown mengatakan...

Om mau tanya,motor ane GL pro modif dioda 5/1 jalur negatif 6A semua,.masalahnya pas ane geber full keadaan lampu depan nyala voltase sampai 18v,.terus posisi di geber full tapi posisi lampu depan mati voltase malah turun di 16v,.lampu pakai h4 60/55 ,. Mohon solusinya om,

Unknown mengatakan...

Om mau minta arahan, motor sy cb150r old, sy udah ukur perlu naikin 0.6v, itu pake brp diode yg brp ampere n pake skema gambar yg mana y ?

Unknown mengatakan...

Om mau minta arahan, motor sy cb150r old, sy udah ukur perlu naikin 0.6v, itu pake brp diode yg brp ampere n pake skema gambar yg mana y ?

Unknown mengatakan...

Motor saya shogun 125 gan.diode brpa ampere yg harus saya pasangkan. Keluhan nya. Udah ganti kiprok aki tidak mau mengisi juga

Nguokk mengatakan...

Motor sya rx spesial cara pemasangan diodanya gimana y soalnya jalur kiprok cuman 2 kabel
Matursuwon

Yanuar mengatakan...

Maaf ni uncle, pertanyaan di atas jg pertanyaan ane, tp jawaban uncle msh belum ane pahami. Kan kabel hitam kiprok dipotong. Trus rangkaian dioda satu kabel sambung ke kabel hitam kiprok. Rangkaian dioda satu lagi tempel ke body motor. Berarti tersisa 1 kabel hitam terpotong yg nganggur. Itu gmn uncle.

Unknown mengatakan...

Kalo kiprok supra x125 gimana bos?
Soalnya aki nya sering tekor gara2 modif lampu full dc

Unknown mengatakan...

Om mau tanya trik di atas bisa diaplikasikan ke motor vario 125 feul injection gak?? Apakah nanti berdampak ke eccu? Karna takut eccu gak kuat menerima tegangan yg gak standart pabrikannya..mohon petunjuknya om

Unknown mengatakan...

Om sya mau tanya, apakah trik di atas bisa diaplikasikan pada motor vario 125 feul injection?? Apakah nantinya akan berpengaruh pada eccu, takutnya Eccu gak kuat menerima tegangan yg ga sesuai stardar bawaan pabrikan lalu jebol..

Mohon panduan dan sarannya om terima kasih

Unknown mengatakan...

Pakai 5/1 itu maksud nya gimana ya uncle zak?

Kidu Hac Otnatus mengatakan...

saya pengen lampu utama terang. All New Supra X FI, modif pake led 42watt/lampu (2 lampu brrt 84watt). Waktu awal2 On lampu kerasa terang, tapi begitu lama dijalan jadi kerasa redup. Aki masih bisa angkat starter setelahnya (kalau berhenti). Arus lampu utama dah DC dengan cara jumper kontak. Aki saya hanya 12v x 3.5A (artinya cuma 42watt). Pertanyaan saya, biar lampu utama saya nyala maksimal gimana ya? Kalau pakai cara di atas agak serem, masa voltase di atas 14.2v. Kalau amper yang digedein gimana? Aman kan ya buat lampu LED saya?

Arif De Oranje mengatakan...

Ini mau tanya motor saya jni pas langsam tanpa beban volt aki 15-16v belum pakek dioda masih polos tapi lilitan dah modif pengisian gede, sistem masih half wave, ketika d kasih beban aki dapet 14-15v lah ane takut ni apa masih aman atau perlu d turunkan, klo memang diturunkan pkek rangkaian yg bagaimana kiprok sehat, segera dibales ya uncle

Arif De Oranje mengatakan...

Waduh cman 1 2 jam dengan volt segitu lah motor q berjam2 dengan volt 16 17 gmn aman aja kah motor gl kiprok mio spul pengisian modif gulungan strum gede, pkek aki kering beat fi

Riyan mengatakan...

Bg motor saya scorpio sudah fullwave pakai kiprok Tiger aki motobatt standar 7 Amper
Pakai dioda 6 amper model 1/1 kabel hitam di kiprok
Tendangan 15.2v saat rpm tinggi
Apa kah aman?

Andry mengatakan...

Om kn kabel hijau/hitam di putus, kabel dari kiprok kn di sambung ke diode trus kabel yg hitam/hijau yg dari spull di apain.

Ijol rebel mengatakan...

Arus yg keluar dari kiprok ke lampu arus AC ya mas.kalau mau ubah ke DC bisa mas?
Arus yg keluar dari CDI ke koil itu arus AC atau DC?
Motor saya ninja 150r (half wave)
Relay input nya DC kalau input nya AC apa bisa?
Mohon pencerahan

Unknown mengatakan...

Om jack maaf mau tanya om, apakah bisa cara diatas di aplikasikan pada motor cbr 150r thailand cbu, mohon pencerahannya ya om, terimakasih

Dharma mengatakan...

Brother, motor saya spin 125 masalahnya putaran mesin tidak stabil (brebet), batre tekor, mesin ga bisa hidup tanpa batre, apa masalahnya? Tolong balas

luqman mengatakan...

ijin bantu jawab om kemungkinan kiprok atau spul yang bermasalah cek tegangan spul sambil di engkol atau starter kalo 20 v sampe 50 v berarti spul normal masalah ada di kiprok

«Terlama ‹Lebih tua   401 – 542 dari 542   Lebih baru› Terbaru»