iklan google termasur

Sabtu, 09 Juni 2012

Cara Servis Aki Kering Motor dan Mobil

by : zakir skynet

Sebagian besar masyarakat otomotif/para pemilik kendaraan beranggapan bahwa aki kering yang dimilikinya benar-benar kering tidak ada unsur cairan elektrolit didalam aki. pendapat tersebut perlu diluruskan. aki tipe ini tetap memakai cairan elektrolit,   tipe aki ini disebut  VRLA battery (valve-regulated lead–acid battery) juga dikenal sebutan sealed battery
(Aki disegel)  variannya :
  • Absorbed glass mat (AGM) battery
  • Gel battery ("gel cell")



Anatomi Tipe Aki VRLA battery

Contoh Tipe aki VRLA Battery




Ciri-ciri aki kering/VRLA  yang Dapat di servis atau diperpanjang umurnya  diatas 1 tahun :

  • Pagi hari  tidak kuat stater setelah kendaraan jalan aki kembali kuat untuk stater.
  • Test charging : aki motor  masih dapat menerima input arus listrik  sebesar 2,5  s/d  7 amper dan khusus aki mobil 7 s/d 12 ampere.
  • umur aki masih dibawah 1,5 tahun
alat yang dibutuhkan untuk servis aki kering khusus motor :
  • Obeng minus
  • lakban or lem
  • Charger accu  Type Uncle Zak
  • Suntikan 20 ml bekas tinta printer
  • air suling, sumur, hujan, air minum mineral atau air teh semua bisa pakai.
Seperti apa yang saya utarakan pada bagian dasar-dasar teori aki, salah satu kunci panjang pendeknya umur pakai  aki terletak pada air elektolit yaitu H2SO4, tipe aki kering varian VRLA tetap menggunakan cairan elektrolit.dalam kasus aki soak tipe VRLA cukup ditambahkan air suling sebanyak 10-15 mili kemudian dicas ulang selama 2 - 3 jam aki akan segar kembali



Lakban fungsi untuk menutup kembali koper aki yang dibuka



Langkah Langkah pasti servis aki kering motor 

Langkah 1 : Tutup koper aki dibuka pakai obeng minus lakukan dengan hati-hati jangan sampai tangan terluka


Langkah 2 : Buka tutup karet simpan jangan sampai hilang.


Langkah 3 : Ambil air suling sedot pakai suntikan sebanyak 10 - 15 mili, kemudian masukan kedalam lubang-lubang aki sebanyak enam lubang. lakukan dengan hati-hati, utamakan keselamatan.

Langka 4 : lakukan pengecasan selama 2 s/d 3 jam  ciri aki kering super bagus : penerimaan input arus listrik 5 s/ 7 amper : kondisi sedang 2,5 s/d 5 amper



Langkah 5 : Pengecasan selesai jika arus ampere pada area 1,5 s/d 2,5 amper voltase aki mencapai 16,5 volt setelah pengecasan selama 3 jam, aki siap untuk digunakan kembali.

langkah 6 : setelah pengecasan selesai  pasang kembali 6 buah tutup karet, kemudian koper casing plastiknya tutup sisi-sisinya dengan lakban, ventelasinya jangan ditutup.



Langkah 7  : selesai,  rapihkan seluruh peralatan dan cuci dengan sabun.

Langkah langkah Servis aki kering mobil


peralatan yang dibutuhkan :
  1. bor
  2. sumbat karet 6 buah
  3. charger tipe uncle zak
  4. air suling 
  5. corong air


Langkah 1 : Bor casing aki sebanyak enam lubang pakai bor ukuran 1/4 inci


Langkah 2 : lihat setiap lubang sel aki jika airnya ada yang kurang, tambahkan air suling
Langkah 3 : Lakukan pengecasan selama 12 s/d 24 jam
Langkah 4 : setelah pengecasan tutup lubang bor dengan sumbat karet.
Langkah 5 : selesai

Karakteristik aki kering  mobil kondisi bagus :
  • input penerimaan arus amper 10 s/d 12 amper pakai charger tipe uncle zak
  • setelah 12 - 24 jam pengecasan amper menunjukan 3 - 5 amper semakin kecil semakin bagus
  • voltase aki saat pengecasan 15 s/d 16,5 volt.pertanda aki super bagus, aki dapat hidup untuk jangka waktu yang lama,  dapat hidup diatas 1,5 tahun
  • suhu badan casing tidak terlalu panas sekitar 40 derajat celsius atau suhu orang sakit demam panas


Metode Lain Suntik Air ke dalam Sel Aki




semoga info ini bermanfaat


 


22 komentar:

Unknown mengatakan...

unzle zak mau tanya...
aki kering motor saya bawa ke tukang strom accu katanya sudah tidak biza dicas lg indikator jarum pada chargerny tidak bergerak sehingga akinya tidak dapat digunakan lagi..
1. apakah aki kering tersebut masi biza di rekondisi/digunakan?
2. carany gimana?
3. standar umur aki brapa tahun?
terima kasih uncle....

Solusi battery mengatakan...

Standar umur pakai aki merk-merk top seperti GS Astra, Aspira dan yuasa, bisa mencapai 3 tahun lebih, kalau umur aki ente masih dibawah 2 tahun bisa diperpanjang umurnya.
caranya : baca disini http://mitrabaterai.blogspot.com/2012/06/cara-servis-aki-kering.html

Unknown mengatakan...

Terima kasih uncle zak penjelasannya...
ini mau tak coba servis sendiri menurut petunjuk uncle.
sebelumnya saya masih bingung pada air isiannya disini disebutkan pakai air suling, sumur, hujan, air minum mineral atau air teh semua bisa pakai...
tapi pada prakteknya uncle pakai air suling,
1. air suling itu apa?mohon penjelasannya...
2. kalau air suling diganti dengan air aki gimana?(air aki bukan air zuur)
3. oh iya uncle disini disebutkan setelah ditambahkan air suling dicas ulang selama 2 - 3 jam,chargernya pakai trafo berapa ampere?saya pake trafo 1 ampere,jd brapa jam?
TERIMA KASIH UNCLE......
penjesalannya sangat membantu......
terima kasih uncle....

Unknown mengatakan...

salam kenal om, maaf saya mau tanya om. motor saya glpro neotech, accu 12V 2,5A. pertanyaan saya. baiknya saya mengunakan diode berapa ampere dan rangkaian yang mana 1/1,3/1 atau 5/1. terimakasih.

Solusi battery mengatakan...

air suling = sama air aki botol warna biru, bukan air zuur/asam
kalau pakai trafo 1 amper casnya 5 s/d 7 jam baru mantap.

Solusi battery mengatakan...

pakai 3/1 pasti mantap !

bisnispulsa murah mengatakan...

Om zak mau tanya kalo revo110 mau rubah ke fullwave pake trik diode jalur negatip kira2 bisa gakya?? Apa harus pake boster..kira2?thax

Unknown mengatakan...

Permisi uncle, Untuk accu Karisma D, dengan melakukan cara di atas apa bisa recharge ulang ?, dan digunakan kembali accunya ? , accu Karisma D tipe MF 12v 3Ah

Unknown mengatakan...

bos kalau aki gs astra mf hijau airnya berkurang.itu kan dipaten jd susah bukanya. apa emang harus dibuka paksa untuk mengisi airnya.tank

AFIQShop mengatakan...

service aki kering motor seperti itu hanya 10% kemungkinannya bisa hidup kembali,karena rata-rata hampir 90% aki kering motor terutama merk GS Astra konektornya jebol,,saya sudah hampir 18 tahun merekondisi aki rusak hanya 10% aki hanya ditambah air aki bisa hidup kembali. terima kasih ini hanya berbagi saja. kapan-kapan saya akan bagi tutorialnya gimana agar aki kering motor 99% bisa hidup kembali hanya bermodal ringan.

By : AFIQShop.com

Balqis Mawarni mengatakan...

sore uncle zak, kl utk batre kering rocket SMF NX110-5 kondisi batre tiba2 drop, sy gunakan utk UPS, sebelumnya bisa tahan 4 s/d 6 jam utk laptop, apakah bs msh bs direkondisi, gmn cara buka cashing nya ? terimakasih

24Elanshar1990 mengatakan...

Mohon masukan jika aki kering langsung tanpa di buka tutupnya bisa gak

irpanisme mengatakan...

Terima kasih sharenya om. Saya ada pertanyaan, kalau sepeda listrik, type akinya apa ya?

Terimakasih sebelumnya :)

ankq_rock mengatakan...

salam uncle zak, sy mo tanya dan minta solusinya...

motor saya byson, aki udah upgrade (dari 5A ke 7A), kiprok dah pakai punya tiger, pakai booster xcsr, dan juga pakai elco 80V 10000 mikrofarad, dikarenakan lampu saya sudah pakai HID dan aksesoris lampu lainnya.
masalah yg sy alami adalah ketika motor sy gas RPM tinggi angka voltmeter di angka 17-19 volt, dan ketika di RPM rendah di angka 14-16 volt, ketika langsam 12-13 volt,,,
itu normal gak ya kelistrikan dimotor saya, ataukah bermasalah overcharge, krn sy cek aki saya seperti menggelembung fisiknya, sy cek dengan voltmeter, cabut aki (12,4 volt), sy cek kiprok (saat motor dihidupkan sy sentuh kiprok berasa hangat/tidak panas), krn yg saya tau klopun kiprok bermasalah disaat motor hidup kiprok tidak berfungsi akan berasa dingin...
utk terangnya lampu HID saya sendiri berasa kurang terang/kurang maksimal, beda saat pertama kali dipasang, dan disaat langsam lampu HID nya berasa kedip mau redup (seperti kelistrikan AC), dan yg saya tau motor byson itu kelistrikannya DC, dan disaat sy gas, lampu HID terang kembali tp lama agak berkurang terangnya (redup), saya mohon solusinya apakah kelistrikan motor saya bermasalah atau itu normal, mohon dijawab dan apa solusinya yg tepat agar kelistrikan saya bisa normal kembali.
Terima kasih

Unknown mengatakan...

untuk jupiter mx 2009 berbeda warna kabelnya di soket kiprok gmn gan soalnya lampu dpn remang² mhn bntuanya..

Automac mengatakan...

Charger Aki Otomatis Terbaik Saat Ini "Automac Charger Aki Otomatis Dual System Canggih Auto ON Auto OFF", Asli Produk Indonesia. Supportlah Produk Produk Asli Bangsa Indonesia

www.automacindo.com

Saleh edy mengatakan...

Aki kering yg merknya kurang terkenal rata" konduktornya serta selnya pada karatan dan tidak bisa diperbaiki,
Klo aki yuasa saya masih bersih min, tp drop, pake aki zuur merusak ya min?

Supardi Rustam mengatakan...

Siang pak...mau nanya output voltase cas saya 18V,output Ampere cas aki kadang 4,3, 2, kadang 1Ampere.jika dikasih beban aki V cas aki menjadi 16V. Nah menurut bapak cas aki saya masih normal kah atau tidak? Kurang dari 30 menit aki berasa panas.tolong penjelasannya. Tks

Supardi Rustam mengatakan...

Setelah dicabut kurang dari 30 menit, saya cek pakai Avometer digital.Aki Mf terbaca 14,7V.setelah 10 menit V Aki standby menjadi 13,2V

Supardi Rustam mengatakan...

Siang pak...mau nanya output voltase cas saya 18V,output Ampere cas aki kadang 4,3, 2, kadang 1Ampere.jika dikasih beban aki V cas aki menjadi 16V. Nah menurut bapak cas aki saya masih normal kah atau tidak? Kurang dari 30 menit aki berasa panas.tolong penjelasannya.setelah 10menit aki mf voltase standby menjadi 13,2V. Tks

Supardi Rustam mengatakan...

Siang pak...mau nanya output voltase cas saya 18V,output Ampere cas aki kadang 4,3, 2, kadang 1Ampere.jika dikasih beban aki V cas aki menjadi 16V. Nah menurut bapak cas aki saya masih normal kah atau tidak? Kurang dari 30 menit aki berasa panas.tolong penjelasannya.setelah 10menit aki mf voltase standby menjadi 13,2V. Tks

Unknown mengatakan...

mau tanya boss,,,saya pakai aki gs gtz6v original dr motor cb 150r sudah 2th lebih 3bln, padahal kemarin ok" aja dan paginya mau kerja gw stater gak bisa, akhirnya gw lepas dan coba gw cas tetep gak bisa ngangkat,,,gw coba2 aja bongkar tutup akinya dan gw isi pakai air accu secukupnya gw tutup lagi dan gw pasang kembali tampa gw cas dahulu eh eh gw coba stater masih gak mau nyala,,,gw genjot aja tak biarin 15mnt mesin gw matiin coba tak nyalain lagi pake stater ehhhhh langsung jrengggg bisa nyala kembali terus sampai hari ini ok" aja gak masalah,,,hahahahha
pertanyaan gw apakah nantinya ada masalah pada kelistrikan pada motor gw bossss gara" gw gak cas dulu...???
mohon percerahannya ya bossss....!!!

tks