Thursday, May 16, 2013

Modifikasi Kiprok Lampu Besar Motor Lebih Terang

by : Zakir Skynet

Jurnal ilmiah kali ini masih terkait modifikasi kiprok/regulator rectifier, lebih khusus lagi sebuah metode untuk memperbesar arus dan voltage jalur kabel lampu besar motor. Maksud dan tujuan inovasi ini adalah agar para pemilik kendaraan bermotor dapat mengoptimalkan sistem penerangan lampu besar, dimana tujuan akhirnya adalah untuk keselamatan disaat berkendara.
Modifikasi memperbesar arus listrik dijalur kabel sangat sederhana hanya dengan memasang diode 2/2 seperti pada gambar dibawah dapat menaikan performa pencahayaan lampu besar sebesar 2 volt. maka lampu besar semakin terang dan voltage tetap terkontrol.




Latar Belakang Inovasi

Sudah banyak trik-trik, metode-metode yang dibuat oleh  seniman otomotif  untuk memperbesar pencahayan lampu besar standar bawaan motor agar fungsi pencahayaannya lebih maksimal, mulai dari yang  memasang sebuah resistor dijalur kabel lampu, mengganti kiprok dengan kiprok lain, dan  ada juga yang memakai dobel kiprok. maka trik/metode yang akan dibuat paman zak  sangat berbeda  dengan trik yang sudah ada, jadi metode ini adalah yang pertama di jagat otomotif Indonesia dan anda adalah orang-orang yang paling berutung membaca artikel ini. dan menjadi saksi sejarah lahirnya inovasi baru.

Tipe kiprok Motor Honda  Original modif kiprok  2/2 diode tambah voltage > 2 volt



Masalah Voltase Jalur Lampu Kurang Optimal


Hasil penelitian terhadap beberapa kiprok/regulator rectifier, menunjukan output volatge ac setelah dilimit kiprok pada jalur lampu besar berkisar pada area 11 s/d 12 volt, walaupun motor digeber pada RPM tinggi sampai terdengar ke siberia output volatage ac tetap pada area 11 s/d 12  volt.  sedangkan batas toleransi maksimal  untuk lampu otomotif tertulis 12 volt biasanya 14,5 s/d 14,8 volt  masih sangat aman lampu tidak cepat putus. seperti pada kendaraan mobil. 

Agar fungsi pencahayaan optimal seperti pada sistem kelistrikan mobil, maka terdapat selish kurang lebih 2,5 volt, selisih voltage sebesar 2,5 volt pengaruh pada pencahayaan lampu sangat besar.


maksimum voltage kiprok  merek A

maksimum voltage kiprok merk B

Maksimal Output Voltage Kabel Jalur lampu kabel kuning tanpa limit setelah diteliti dengan seksama di lab dept litbang Institut teknologi paman zak voltage dapat mencapai 28 volt. bisa dilihat pada gambar dibawah ini :



Solusi Tambah Limit Voltage Jalur Lampu Model Uncle Zak

Cara kerja metode ini menggunakan trik "membohongi" diode zener yang ada didalam kiprok agar tidak aktif dan tidak membuka jalur gate SCR jalur lampu pada voltage yang kita inginkan seperti pada rangkaian kiprok dibawah ini, trik ini juga bisa  juga dilakukan dengan cara membongkar kiprok dan mengganti diode zener dengan nilai yang lebih besar sesuai yang kita inginkan, namun jika membongkar tampaknya kurang ekonomis. dan kiprok bisa hancur. maka solusinya dengan cara memasang diode, jika pakai diode 1/1 maka voltage naik 1 volt, jika pakai diode 2/2 maka voltage output jalur lampu naik 2 volt, sekarang anda bisa mendesain sendiri seberapa besar output voltage jalur lampu besar  sesuai  yang anda inginkan, mantap!.

 


Tipe kiprok Motor Honda  Original modif kiprok  2/2 diode tambah voltage > 2 volt



Langkah - langkah Pasti Modifikasi Kiprok

modif tambahan output voltage 2 volt
modif tambahan voltage 3 volt






Modifikasi Kiprok Selesai



Tes Hasil Modifikasi Kiprok 

Setelah proses modif kiprok pada jalur lampu kabel kuning selesai, pada kecepatan sedang dan tinggi  terbaca voltage  13,9 volt s/d 14,4 volt, output voltage lampu meningkat dari yang biasa kiprok standar 11 volt s/d 12 volt, dan secara otomatis cahaya lampu akan lebih terang, maka tingkat kenyamanan berkendarapun semakin mantap, dan pantulan cahaya uang logam dari jarak 50 meter pasti akan terlihat.

Modif kiprok 3/3 voltage naik 14,4 volt  Maka Lampu Besar semakin Terang dan Mantap
Lampu Besar Motor Semakin Terang Mantap


Semoga  jurnal ilmiah ini bermanfaat untuk seluruh rakyat Indonesia, dan warga dunia.

331 comments:

1 – 200 of 331   Newer›   Newest»
silvie annisa said...

om ane pakai dioda 2/1 yang artikel dulu pada honda grand

andry satrio temangsang said...

jupi ane makek resistor 1400 ohm dicek pakek tester voltagenya 13,5 volt
itu untuk 2 bohlam
klo pakek dioda blm di coba ni

Ray Mas said...

Memang mantap gan..waktu komen sy dulu..sy pernah pasang salah awalnya saat pasang rangkaian diode 3/1 massa+ground..sy pasang jalur kuning ke body..lampu terang banget n stabil biar gas digeber. berikutnya sy ubah sesuai kabel massa rangkaian 5/1,aki bagus tapi nyala lampu dibanding tanpa rangkaian tp tidak seterang waktu salah pasang. yang sy tanyakan biar tambah yakin:
1. Menentukan kabel massa di kiprok satria RU120 th 2006,gunakan multitest karena kabel kiprok pernah dilepas2 bengkel waktu dl lampu sering putus.
2. Cara mengukur volt.kiprok
3. Apakah bisa pola modif kiprok pengisian aki rangkaian 5/1.. diterapkan jg modif lampu besar terang..sekalian.
4. Apa pengaruhnya modif lampu besar terang ini pada Aki, jg pengaruhnya pada ketahanan lampu.
5. Pola modif lampu besar terang dgn diode ini,,yang cocok buat kiprok Satria RU120 th 2006 rangkaian yg mana,,bgmn jg utk supra 125.
Trims gan sblmnya..maaf banyak tanya..

Uncle Zak said...

lebih mantap lagi pasang diode 3/3.

Uncle Zak said...

coba cek voltage jalur lampu/kabel kuning posisi lampu dimatikan dan gas RPM tinggi, kemungkinan hasilnya akan berbeda.

Uncle Zak said...

trik ini hanya untuk menaikan voltage/performa jalur kabel lampu besar semakin terang, pengaruh ke aki tidak ada,

kalau mau limit voltage aki dan lampu naik pakai cara artikel lama lewat jalur kabel ground/masa, pakai 5/1 artikel lama, output voltagenya setara dengan, pakai 3/3.modif lewat kabel kuning.

ukur volt kiprok : jalur kabel ac kuning voltmeter seting ke volt ac, konek ke kabel kuning sedikit dikupas, dan kabel satu lagi volmeter /hitam konek ke bodi

prinsipnya motor sistem charging motor half wave varian bebek sama

Ray Mas said...

Jadi nd bisa diterapkan 2mcm rangkaian tsb sekalian y gan?,,krn utk rangkaian 3/3 jalur lampu ini sy yakin memang mantap buat lampu alias bisa terang banget,wlw dl pernah salah pasang jalur lampu+diode->ground lampu mantap. lebih terang dibanding skrg yg lg pake rangkaian 5/1.(lampu Osram 30watt}. Pengennya Aki stabil n lampu lebih terang lg.
Trims atas infonya..

Arief Luqman said...

Mau tanya om dioda yang digunakan berapa ampere dan saat di rpm tinggi diodanya panas apa tidak om, trims.

Uncle Zak said...

diode yang digunakan diode 3 amper, fungsi diode disini hanya "ngibuli" diode zener bebannya kecil, jadi panas diode setara dengan panas orang sakit demam kurang lebih 40^ celcius

Uncle Zak said...

kalau mau pakai dua rangkaian sekaligus bisa digunakan, kalau lampu masih ingin terang bisa ditambah 1/1 atau 2/2, rangkaian artikel ini hanya untuk tambah lampu lebih terang

gunawan saja said...

maksudnya 3/3 itu apa om?
Trus jumlah dioda yg diperlukan berapa?

silvie annisa said...

ane ada penemuan bagus om bisa di jadikan bahan untuk di posting. Lampu sangat terang tapi awet , caranya nich skalar lampu utama soket kabel on off dikasih dioda 5A jadi waktu lampu off tetap menyala tapi redup karena half wave, dan waktu on ( diperlukan malam hari) menyala sempurna. Cara kerjanya nich kabel lampu menuju menuju skalar di beri dioda 5A dan disambung kekabel lampu on.
Keutungan :
1 tidak pernah lupa nyalain lampu (aman dari polisi)
2 karena siang tidak perlu lampu terang jadi cukup redup (bohlam awet)
3 sesuai petunjuk om zak murmer (tolong di posting om Insyaallah berguna) makasih om zak atas perhatianya

silvie annisa said...

om klo pememuan ane di posting dan bisa digunakan dan berguna, dan posting dengan gaya om zak yang gokil ane sangat senang dan trimakasih

epul supriatna said...

bsa kh di aplikasikan ke kawasaki kaze r tahun 2000.????

Uncle Zak said...

contoh gambar yang paling atas modif 2/2 diodenya 4 buah
kalau 3/3 jumlah diodenya 6 buah

Uncle Zak said...

kalau bisa gambar rangkaiannya email ke ane. biar ane pelajari dahulu

Uncle Zak said...

sangat bisa dan mantap !

AmenX said...

Bos.... mohon pencerahan... saya pakai cb 100 cdi sdah modif spul.... kemarin beli acu type litium... tertera max volt carger 15volt pertanyaanya..
1. Kalau di gabung modifikasi lampu besar dan modif kiprok jalur negatif 5/1 apa boleh...
2.saya modif kiprok jalur negatif 5/1 gas langsam 14,4 volt naikin gas dikit malah turun voltnya jadi 11 volt tapi kalau ditambah lagi gas nya kembali ke 14 volt apa ada yang bermasalah..
2. kemarin cba modif naik 100 %, 2 diode +capasitor (mengunakan kevakuman capasitor) volt naik sampi 18v apa acunya bisa jebol karena max 15volt..
3. solusi terbaik spaya accunya awet dan listrik tidak drop pakai modif yang mana... tq

Uncle Zak said...

1.modif lampu besar bisa digabung dengan modif kiprok jalur negatip
2. kiprok bagus, pertanda sensornya bekerja dengan baik.
3. kalau pakai capacitor cocok digunakan untuk lampu besar ambil dari aki
4.modif kiprok jalur negatip 5/1 sudah super mantap.

Ray Mas said...

Brp lama batas ketahanan diode di rangkaian yg kita pake. Apa ada indikatornya.
Tx. uncle Zak

eSWe Sidi said...

maaf udah dicoba digeber pada RPM tinggi?? 7000-10000? lampu pada putus ga? trims...pernah ada artikel serupa cm kelemahannya di RPM tinggi lampu pada putus g kuat. trims...jng smp ada trobel berakibat cacian pd si penulis.

Uncle Zak said...

beban diode sangat kecil, analisa ane umurnya sangat panjang.

Uncle Zak said...

riset uji coba dilakukan berulang-ulang posisi gas digeber sampai abis kabel gas nyaris putus, kesimpuilan riset : jalur kabel lampu besar modif diode 1/1 voltage naik 1 volt, modif 2/2 naik 2 volt, modif 3/3 voltage naik 3 volt, Mantap !.

eSWe Sidi said...

siip, lanjutkan...!

andrian styawan said...

posisi diodanya rangkai seri atau gimana uncle zak?trim's

L-CO Interaktif Kids said...

trims kang info nya, saya coba pada honda win ane

Ray Mas said...

Trims uncle zak

Ray Mas said...

Aman bro

Uncle Zak said...

rangkaiannya diseri

Jagad Banaspati said...

Sip Bos...!!!
Di tunggu artikel terbarunya...

Omar Bakre said...

Mntaf Uncle...ane pake 2/2 ...tp agak panas yak di diodanya?...normalkah??? kalo bertahan sebulan rencana mau tambah lg jadi 4/4...hehehehe

juniarto said...

salam,
motor ane honda super c800 th 82, masih 6 volt. apakah teknik ini bs bekerja tanpa efek negatif lain? atau harus ada tambahan komponen lain? mohon pencerahan. terima kasih.

juniarto said...

salam,
motor ane honda super c800 th 82, masih 6 volt. bisa dimodif dgn metode ini? mohon pencerahan. terima kasih.

Uncle Zak said...

beban diode hanya pada sensor kiprok bebannnya sangat kecil, jadi sangat aman, diode hangat normal, modif 4/4 sangat bisa ane udah coba di motor scorpio hasilnya mantap, voltage awal cuma 10 volt dijalur lampu, modif 4/4 jadi 14 volt lampu semakin terang.

Uncle Zak said...

modif ini universal, bisa digunakan di semua motor yang masih menggunakan sistem penerangan pakai listrik AC, jadi sangat bisa !
efek negatipnya tidak ada,
tidak ada tambahan komponen lain.

Hari Permadi said...

uncle zaky,,ane udah coba terapin pake cara ini,,motor ane supra x 125 tahun 2006, ane pake 2/2. ternyata kok hasilnya ga ada perubahan ya???
tolong komentar solusinya ya uncle zaky,,, :)
Hatur nuhun,,

Uncle Zak said...

ane pernah ukur motor scorpio voltage awal 10 volt pasang 2/2 voltage cuma naik 2 volt kurang mantap, akhirnya ane tambah jadi 4/4, baru terasa.

kalau masih kurang tambah lagi jadi 4/4

U Sanusi said...

Gimana rubah kelistrikan RX King ke Full Wave DC.... agar lampu utama stabil ga lgi tergantung rpm mesin mohon penjelasannya..., trimksih A. Sanusi

Uncle Zak said...

caranya sangat mudah : ente bisa baca di artikel ane : modfikasi lampu dari sistem ac ke full dc.

juniarto said...

ane sdh lihat kiproknya, ternyata kutubnya cuma 3, kabelnya warna putih, putih-hitam dan merah. Lalu diodanya harus pakai di kabel mana ya? terima kasih.

CACALUVGOD said...

1. Motor ane new vixion lightning, yang katanya kelistrikannya half wave, ane pernah ngukur tegangannya di aki pada waktu rpm tinggi sekitar 16Volt, namun yang keluaran pada lampu utama sih belum di ukur, lampu standar bawaan yang digunakan 35Watt. Rencananya mau ane ganti dengan lampu angel eye 5Watt dan Lampu utama Led 15Watt. Apakah dengan trik ini bisa menambah terang Lampunya? yang digunakan dioda berapa ampere dan apakah model 2/2 cukup?

2. Apakah dengan penggunaan kapasitor pada lampu led, dapat membuat lampu led yang dipakai bisa menjadi lebih terang? Kapasitor dengan spek apa yang bisa digunakan?

Demikian Uncle Zak yang dapat saya tanyakan untuk sementara, terima kasih banyak sebelumnya...

Uncle Zak said...

yang ane tahu yamaha vixion sistem charging aki sudah fullwave tiga phase, sudah sangat mantap.
kalau new vixion lightning ane belem tahu, coba saja lihat kiproknya, kalau sama dengan model gambar kiprok diatas dipastikan half wave.
kalau dilihat voltage akinya mencapai 16 volt sudah powerfull,
ganti lampu standar 35 watt ke 5 watt dan lampu led 15 watt, kalau menurut ane lebih terang pakai lampu standar
modif 2/2 tergantung kiproknya, kalau sudah full wave trik ini engga bisa digunakan.

Muhammad Helmani said...

bentuk kiproknya sama dengan gambar diatas, dan memang kalo lampu depan baru nyala setelah mesin menyala. nanti ane cek dlu deh tegangan untuk lampu depannya, makasih sebelumnya uncle zak

Hari Permadi said...

uncle ane udah terapin modif 4/4 kok tetep ga ada perubahan ya uncle???
apa ada yg salah??
soalnya ane terapin juga modif untuk kiprok jalur negatif 2/1,,
apa ada pengaruhnya ya???
jd ane pake 2 modif sekaligus...
mohon pencerahannya uncle,,,
thx from SUPRAHOLIC 125 BANDUNG

Idol Aku1 said...

Paman Zak punya Arashi ku kok kabel kuningnya ada 2, pilih yg mana ya? thanks

Satria Banyumas said...

Uncle zak yg baik hati,postingan uncle selalu yahuuuud....?,ane demen & ane udah modif pada pengisian aki pake metode 5/1 ( 6 dioda 6 amper, hasilnya mantap, buat lampu kalo di modif juga pake 2/2 pengaruh ke kiprok apa ga......?

Uncle Zak said...

tingkat keberhasilan modif kiprok hanya bisa dilihat pakai alat volt meter, seperti data riset ane yang ada di video, kalau sudah terukur dan voltage naik, terus ente pakai lampu dua buah cahaya lampunya tidak akan terlihat peningkatannya soalnya arus listriknya terbagi dua.mesti dicari solusinya lagi yang pakai dua lampu

modif jalur kabel negatip dan modif jalur kuning tidak ada masalah

Uncle Zak said...

dua-duanya diputus, pasang modif diode 3/3, kemudian sambung lagi kabelnya dan di isolasi

Uncle Zak said...

trik ini nyaris sama dengan mengganti komponen elektronik kiprok diode zener kiprok 12 volt, contoh menjadi diode zener 15 volt, jadi untuk kiprok sangat^ aman

Satria Banyumas said...

uncle zak, mau tanya, tadi ane mau pasang trik ini di jupiter z 2005, tp ga ada kabel kuningnya, yg ada; 2 kbel merah ,putih,hitam,coklat, yg mana jalur lampunya uncle.......? Mohon penjelasannya trmksih

Uncle Zak said...

merah ke aki, putih charging generator, hitam = massa=ground, jadi warna coklat kabel yang diberi diode.

Satria Banyumas said...

Jupiter z 2005 punya temen sudah BERES ,makasih Uncle.....,Vega R 2008 punya ane udah beres make 3/3 lampu + 5/1 aki,performa mantap,lampu utama Tako 35/35 + foglamp h3 55w TERANG SEMUA, makasih uncle Zak.......? Trik triknya o.k bgt. Ane tunggu karya karya selanjutnya, maklum Uncle Zak......, ane sangat AWAM dibidang mesin jadi cuma bisa "„NYONTEK KARYA ORANG ORANG PINTER„"

Ragiel4 said...

uncle, saya punya suzuki hayate dengan 2 lampu, apa bisa pake cara ini?. rencana saya mau ganti bohlam standar dengan yang 35Watt, butuh berapa dioda dan yg berapa ampere ya uncle?

Thanks

gaptek psn said...

Mhon pncerahanya dri uncle !
Manakh dri 2 trik "pke resistor atw dioda" yg tingkat keamananya paling trjamin serta tingkat keberhasilanya paling sempurna ! Trims

Uncle Zak said...

kalau lampu besar terangnya ikut putaran mesin, trik ini bisa pakai.

Uncle Zak said...

trik pasang diode paman zak output voltage untuk lampu bisa diatur sesuai kebutuhan contoh maksimum 15 volt.
trik pakai resistor jalur lampu voltage bisa sampai 60 volt, coba lihat video ane.

gaptek psn said...

Trimksh bnyk uncle,ats ilmunya !btul2 mncrhkn

coz sblmny ane prnh nyoba dmtr jadul ane(supri 100cc) pke resistor 820 ohm cuman klo gas digber, lmpu depan lngsng putus ampe hbs 3 1 lmpu stop 1...
Trus ane cob pke resistor 620=hsilnya lmpu aman alias gk pts lg.cumn klo lg dipakai,trus ane tarik dikit rem depan(gk smpe ngrem) ada efek ke lmpu depan agk ngdip !kira2 knp ya..

Tp skrg ane mau cob trik dri uncle..., sklgs mo mnta rekomendasiny dri uncle...bagusny bwt mtr jadul ane Supri 100cc pke diodanya brp buah ya ?dtnggu jwbny

"skli lg sya ucpkn trimksh bnyk ats pncrhny... N salut deh bwt uncle yg tlh sudi brbgi ilmuny kpd smuany" jempol

Iswandi Geminy said...

om, klo pingin naikin votase ketika mesin idle gmna? biar klo naek motor kcptn rendah tetep terang.
trims.

Iswandi Geminy said...

yng diodanya diseri dengan lampu y? ane dah coba tp gk redup, malah kalau terbalik gk nyala. ternyata tegangan lampu depan -12 Volt-an. mungkin klo 4-5 buah dioda hasil'a baru terasa. Vdrop => (5 x 0,7v = 3,5 Volt

*. HSX 125

Uncle Zak said...

motor supra jumbo ane pakai 3/3 pakai lampu 35 watt osram hasilnnya rpm sedang hasilnya cahaya lampu sangat mantap.

Uncle Zak said...

voltage naik mesin idle dan kecepatan rendah tetap terang, dan lebih terang dari full dc postingannya beberapa hari lagi terbit, judulnya nyaris sama part 2, kelanjutan dari artikel ini

Uncle Zak said...

pasang diodenya seperti 2 gerbong kereta ke barat dan ketimur

gaptek psn said...

Thanks uncle ats rkmndsny !mo lngsng ane cob,mog z brhsl

Iswandi Geminy said...
This comment has been removed by the author.
triyan daulima said...

masbroo... sy udah coba di motor sy tp voltasenya nggak naik. motor saya honda karisma 125D, voltase maksimal lampu sebelum menggunakan dioda 10.5 V full rpm. memasang dioda jg hasilnya masih sama, malah voltasenya menurun.

dioda yg sy pake 3 ampere, sebanyak 4 biji...

mohon bantuannya masbroo..

Uncle Zak said...

ada tiga model rangkaian kiprok yang umum beredar dipasar otomotif, coba sekarang pasangnya dikabel negatip, pasti mantap.!

triyan daulima said...

hmm... menurut anda, lebih bagus yg mana pake dioda 3 amper atw 6 amper..??
berapa banyak yg harus sy gunakan?

bgmn solusinya jika sy menggunakan lampu halogen tambahan 35 watt 2 buah??
sy perlu memasang lampu tambahan buat keperluan touring dimalam hari..


sy sdh mencoba cara menaikkan voltase pengisian aki, sy menggunakan dioda 6 amper rangkaian 3/1. sy pasang di jalur negatif kiprok. hasilnya tegangan maksimal 15.2 full rpm. sebelum pasang dioda hnya 14,5 V. tp lampu utama tdk ada perubahan.

sy menggunakan aki motor suzuki thunder 12V 7A. apakah sy perlu membuat booster pengisian??

mohon bimbingannya... :)

are es said...

om, dioda untuk 2/2 pakai berapa amper..?? :)

Uncle Zak said...

pakai diode 3 amp atau 6 amp, hasil outputnya sama, untuk kekuatan jangka panjang lebih bagus pakai dioda 6 amper.

pakai lampu 35 watt dua buah, lebih bagus pakai jalur ac, aki engga bakal tekor, agar lebih terang dan mantap, trik ane masih dalam kajian di lab., kalau mantap akan ane publikasikan.

kalau soal kiprok dipasang jalur kabel kuning voltage masih tetap tidak berubah, kasus baru, enaknya saran ane coba ganti kiprok, pakai supra fit , legenda, ori dan fukuyama sensor voltage jalur kabel kuning bekerja dengan baik.
pakai booster lebih bagus dan lebih cepat pengisian buat aki

Uncle Zak said...

pakai diode 6 amper lebih kuat.

triyan daulima said...

kemarin sy coba di jalur kuning, diodanya panas (bukan hangat), sy takut klo di pasang lama akn terbakar.

trik utk menaikkan voltase pengisian aki dgn cara memasang dioda di jalur negatif kiprok sy sdh lakukan dn berhasil. hnya sj amper pengisian msh kurang. amper standar maks 2 A full rpm.

sy tunggu trik selanjutnya.

ilmu anda sngat bermanfaat. :)

ale lesmana said...

Sy pake modif 2/1 jalur negatif...trus pake modif jalur lampu pake 3/3...
Di geber 11rb RPm lampu pada putus..motor sy FU..
Itu knp ya om?apa modif jalur lampu terlalu byk?apa mesti ganti 2/2 ?
Nhun om...

arunanto said...

Izin Uncle Zak, Untuk Suzuki Spin Biar terang benderang mata depannya ada saran pakai Metode yang mana 2/2 atau 3/3 dan dioda yang digunakan berapa besar, mohon pencerahan Uncle....Nuhun Pisan Uncle

Uncle Zak said...

ada dua kemungkinan, pasang diodenya soldernya kurang bagus, efeknya akan menjadi unlimited, tidak terkontrol voltagenya. atau modifnya lebih,
paling pas diukur terlebih dahulu voltagenya posisi lampu dimatikan terlebih dahulu, seberapa besar voltagenya. kalau sampai 15 volt masih dalam toleransi,.

Uncle Zak said...

pasang 3/3 masih sangat wajar dan terkontrol, yang penting solder antar diode mantap, dan jangan sampai terbalik, jika terbalik pasang diodenya bisa unlimited.

triyan daulima said...

mas broo.. sy coba sambung lampu halogen tambahan 100 w ke lampu besar hasilnya cukup terang pada saat full rpm, dgn menggunakan rangkaian seperti diatas, pake dioda 3 Amper 3/3 tp sy ndak sambung di kabel kuning, tp di kabel negatif lampu. tp pada saat rpm sedang tidak terlalu terang, cahayanya redup. dan ketika saya menambah lg 1 buaH lampu haLOGEN dgn watt yg sama dan hasilnya semua lampu redup, bahkan full rpm tidak terlalu terang.

sy mencoba dgn menambah jumlah dioda 4/4, hasilnya sama. smua lampu redup. (lampu tambahan terpasang 2 buah). apakah ada cara lain???

are es said...

terima kasim om zak,.. salam kenal,..

Uncle Zak said...

kemampuan alternator motor varian bebek, umumnya hanya 100 s/d 125 watt, kalau ente pasang halogen 100 watt jatahnya cuma satu buah lampu, kalau pasang dua sudah pasti redup, saran ane pasang halogennya 100 watt satu saja biar optimal, biar hasilnya optimal jadi unlimited saja, gunting saja kabel kiprok warna hijau/hitam, artikelnya ada disini ; cara gratis modif kiprok standar to unlimited.

triyan daulima said...

tp klo sy potong jalur negatif kiprok, pengisian aki jg ikut naik dong...

kira2 itu aman nggak??

thanks ats sarannya.. :)

Uncle Zak said...

kalau pasang lampu 100watt, aki terima arus listrik sedikit sekali, semua energy dari generator nyaris untuk lampu semua.

Eddie Rustam said...

Om zak, kalau new supra fit dipasang 3/3 bisa gak, kalau lampu depan biar stabil/mendekati stabil spt sistem dc gimana, tks sebelumnya.

gaptek psn said...

Mo tnya Uncle,adkh di blog ini pembahsn tntng cara membuat alrm motor sederhna ?trims

Unknown said...

kyknya metodenya sama spt kasi resistor ke kuprok ...(apakah beresiko di volt pengisian aki jadi turun ???)

dadan maulana said...

kalo merubah yang simpel untuk supra x 125 gimana bang Zak, aku awam banget. tolong dibantu daripada harus bongkar - bongkar spul www.repot.com tq.

Uncle Zak said...

pasang 3/3 sangat bisa, pakai lampu 35 watt osram lebih mantap, RPM rendah gasnya sedikit dibesarkan

Uncle Zak said...

trik alarm baru sebatas kunci dihidupkan, klakson nyala besar konstan, coba baca artikel cara mudah buat kunci rahasia.

Romacho said...

mas kl aki 6 volt tapi pengapian udah 12 volt dan kiprok juga 12 volt tips ini bisa digunakan apa engga, pengaruh di aki yang 6 volt ga?

ady sayadhi said...

om klo buat vespa yg msh platina n gk pake kiprok caranya gmn ????

Eddie Rustam said...

kalau pake elco bisa gak om agar lampu depan supra stabil tanpa merubah ke sistem dc.

aristo tarigan said...

bila menggunakan dioda dioda diatas akan menaikan tegangan, apakah nantinya lampu sein , spidometer, rem , dll tahan terhadap kenaikan tegangan tersebut??

salero said...

Uncle, ane ingin coba buat pasang di HSX-125 mata 2. spek komponennya apa aja, dan alur pemasangannya seperti apa? klo ada plus gambarnya!& pengaruh +/- ke komp kelistrikan lainnya bagaimana. Thx

Uncle Zak said...

kiprok tipe acdc triknya sama saja dengan gambar diatas, pakai saja 3/3 pasti ok

Uncle Zak said...

trik ini khusus jalur lampu, jadi sangat bisa !

Uncle Zak said...

prinsipnya sama saja motor yang pakai lampu standar arus ac, jadi tip ini sangat bisa diaplikasikan di motor vespa dimana arus yang dikendalikan adalah arus ac

Uncle Zak said...

pakai capacitor agar lampu stabil di arus ac sangat bisa, dengan catatan gas agak sedikit dibesarkan, biar mantap pasang diseri.

Uncle Zak said...

sebelum di modif paling mantap di ukur dahulu voltage standarnya, jika masih kurang baru dimodif, maksimal output 15 volt masih batas tolerasi.

Uncle Zak said...

tipe kiprok honda original, jika dipsang seperti diatas, komponen kelistrikan yang lain tidak terpengaruh, hanya khusus menaikan power jalur lampu sistem ac

salero said...

uncle zak, kalo untuk pemasanganny bagaimana ya? ane pake rangkaian 3/3 6^mper. darimana ke mana :) (+)dioda ke mana (-)dioda kemana?

,--[ []--[ []--[ []--,..... ?
? ``````'--[] ]--[] ]--[] ]--'

Uncle Zak said...

cara sambung diode pada gambar no 1 dan 2 paling atas.

salero said...

percobaan telah di pasangkan unkle d HSX125, dioda dirangkai seperti contoh diatas 2 gerbong disambung jd 1, di antara kabel kuning sebelum masuk kiprok, tapi blum ada perubahan. ane pake 2 bohlam 18/18 12v. mohon koreksinya, apakah ada yg salah.???

Yohanes Irdiyanto said...

Sy dah terapkan di fizr hasil memuaskan,trmksh uncle. Klo bt spin gmn soalnya kabel kuning pth ke kiprok ada dua.

Uncle Zak said...

ada model beberapa kiprok tegangan standarnya cuma 10 volt, kalau ente pasang modif 2/2 voltage maksimal naik jadi 12 volt tidak terasa apalagi pasang dua buah lampu, bebannya terbagi, solusi untuk motor ente akan terbit beberapa hari lagi

Uncle Zak said...

prinsipnya sama saja, kabel dua atau satu, kalau di kiprok ada dua buah kabel, maka dua kabel harus dipotong, cara sambungnya sama

adama ristya said...

mohon solusi uncle,utk megapro pake lampu h4 100/90 w biar aki g tekor gimana uncle???

Uncle Zak said...

kalau pakai lampu h4 100 watt jangan konek ke aki, sudah pasti akan tekor, koneknya langsung ke kabel spul, kabel kuning ada dua buah, bisa langsung konek pakai ac sistem atau dikasih dahulu dua buah diode pakai arus dc, dijamin aki engga bakal tekor !

Andri Susanto said...

Uncle.motor ane supra fit 2004 dg lampu ganda (2biji). Stlh sya pake rangkaian dioda 3/3 dg lampu halogen OsrRAm 25 watt. Output saat gas posisi sedang skitar 15 volt. hasilx lumayan lbh terang. Cuma pass waktu dtengah jln tiba2 lampu indikator jarak jauh terang bgt. Trnyata pas sya liat, lampu sya putus 2-2 nya.

Pas sya liat trnyata rangkaian diodax putus satu. Akhirx skrg sya pake bohlam standartx dg daya 25watt. Tapi sya pake dg dioda 2/2 . Hasil outputx saat posisi gas sedang Skitar 14 volt. Tapi cahayax gk terlalu terang. Alias gk bnyk perubahan.

Mohon solusinya. Sya sbaikx harus pake bohlam dan rangkain yg brp dioda supaya lampu awet dan hasilx mantap (terang).

Matur tengkyu sebelumnya uncle zack. Maap panjang lebar pertanyaanya. :D

hamid striders said...

Thanks om zak..... smoga makin bertambah ilmunya....

BLOG MALAWADING said...

paman klo untuk shogun125, sebaiknya pake 1/1,,2/2..3/3../yang mana?
makasih....

salero said...

Di tunggu Unkle, Solusinya lanjutanny nieh yaa...yaa...yaa" awaited soon

Uncle Zak said...

pakai 3/3 juga sangat aman !

Uncle Zak said...

artikelnya sudah terbit part 2

BLOG MALAWADING said...

sip...mau nanya lg uncle,,klo yang modif kiprok pengisian jalur negatip itu kan potong kabel masa di kiprok..potongan yang menuju kiprok di kasih rangkaian diodanya..nah yang dari dioda itu bisa gk ke potongan yang ke massa atau harus langsung kebody

Uncle Zak said...

body = masa, jadi bisa konek langsung ke masa atau body

Haji Kipot said...

diterapkan di tiger revo apa bs???thanks

pangestu said...

om mau nanya nih:

1. itu di tes tegangan ke aki ga terpengaruh sama sekali ya? di tes pake macem2 diode (1/1, 2/2, 3/3, dst) di kabel kuning tegangan aki tetap sama kan? saya aga khawatir kepengaruh ke tegangan aki, CDI, dll.

2. ada gambar diatas yang rangkaian/skematik terbalik dan ada tulisan "Rangkaian Kiprok Honda" itu apa emang rangkaian kiprok ori seperti itu om? maksudnya itu hasil bongkar daleman kiprok ori atau gimana om? maksud saya kalo bener mau saya jadikan semacam acuan gitu om :)

Uncle Zak said...

pengaruh pengesian ke aki tidak ada, apalagi CDI, pulser, kumparannya terpisah.

yang gambar terbalik betul, adalah rangkaian original kiprok honda, ane sudah bongkar isi perut kiproknya. model kiprok honda original tipe fungsional, fungsi sensor pengisian aki, dan fungsi sensor lampu terpisah.

eny susan said...

salam kenal om zak.
tq udah berbagi ilmunya yg selama ini aq cari2.
aq sdh cb ke moto spin,
aq ingin komentar & analisa om zak
gini kronologinya:
1.pengukuran awal tanpa beban lampu sebelum di modif tegangannya 9-10 volt, kalo di gas gede tegangan langsung turun semakin gede semakin turun
2.pengukuran dengan beban lampu( pakai lampu standartx )30w/12v, dengan putaran tinggi hanya 11.5volt dan stabil
3.kemudian pasang diode 3/3-6A, tes tegangan pada putaran tinggi dengan beban lampu naik jadi 13volt mentok. kalo tanpa beban lampu naik 11,5volt.

bagaimana menurut om zak dengan ketiga hal diatas?
Dan yang jd patokan dalam pengukuran sebelum di modif itu pengukuran dgn beban lampu atau tanpa beban lampu?
terima kasih om zak salam inofasi.......

Uncle Zak said...

tanpa modif voltage pasang beban stabil 11,5 volt, dimodif pakai 3/3 pasang beban voltage jadi 13 volt, pertanda modifnya sukses, stabilitas voltage dijalur lampu sangat aman. mantap !

eny susan said...

pagi om zak
setelah dua hari pakai aq perhartikan sorot lampunya kok ada masalah pada waktu lampu rem nyala atau lampu sent nyala lampu depan bertambah terang dikit, tp kalo kecepatan ditambah lamp depan agak redup juga, GIMANA ANALISA & SOLUSINYA MENURUT OM ZAX ?....
TANK'S...SALAM INOVASI..

eny susan said...

satu masalah lg om zak, taadi aq test tegangan pada soket yang untuk lampunya ternyata terbaca cuman 10.5volt, kalo ditest pada dioda modif terbaca 13volt. haruskah aq tambah lagi diodanya??...

Dan tambahan info kiriman sebelumnya kalo waktu rem ato nyala sent ternyata tegangan bertambah 1.volt.
MOHON ANALISA DARI OM ZAK...... MATURNUHUN...

Uncle Zak said...

tambah diode tergantung kebutuhan, yang penting saat solder diodenya mantap dan timahnya matang.

hendrik znxs said...

salam uncle zak.... untuk matik spin kabel warna apa yg di potonng.. mks

yadi ahmad said...

Unle za numpang tannya skalian.. Untk beli diode ini adany dtoko alat klistrikan ya.? Bgaimana yg lbih bgus tuk d trapkan d mtor vega r new yg 2/2 atw 3/3 dn pakai yg brapa ampere diodany.?

Terima kasih

Uncle Zak said...

standar motor made in japan kabel lampu dari kiprok warna kuning.

Uncle Zak said...

modif diode 3/3 semakin mantap, pakai diode 6 amper info Rp1000,- perbuah, yang penting soldernya yang bagus, kalau salah satu diode tidak konek, lampu bisa jadi unlimited.

Yudi D'prince said...

master uncle zak mohon pencerahan untuk di aplikasikan pada jupiter burhan agar terangnya maksimal,,,rencana maw saya ganti pakek bohlam yg 35w ,,,trimakasih sebelumnya

eny susan said...

info kang hendrik sy udah coba u/spin oke banget sy pake diode 4/4 baru `mantap`(kata om zak).
tar klo udah dicoba tlg share ya tar kita bandingin hasilnya barangkali ada kekurangan kita bahas. (boleh kan om zak pinjam tempatnya???)
salam mantap

kusnadi rusli said...

uncle zak yg jenius... mtr smash 2004 sy kabel keluaran dr kiprok ada 6, merah2, kuning 2, hitam, putih garis merah. kabel kuning 2* nya sy potong sambung2/2 6A, sy pake lmp 35v putus...
trus sy kembalikan lg spt semula kok lampu nya masih putus....
tolong pencerahannya om.. dioda tidak terbalik, ssolder mateng... thanks

Uncle Zak said...

model modifnya sama dengan diatas potong kabel kuning pasang diode 3/3, kalau masih kurang pasang 4/4

Uncle Zak said...

paling mantap diukur dahulu posisi standar jalur kabel lampu warna kuning, jika voltage samapai 30 volt saat digeber, dipastikan kiproknya sudah rusak.

kusnadi rusli said...

Hallo om zack berarti penambahan dioda d smash lewat jalur kuning dari kiprok tidak cocok, karna bisa bikin kiprok jebol, trus yang cocok buat smash pake cara apa om jack? T

Uncle Zak said...

ane sudah test ke kiprok smash lewat kabel kuning, hasil ok, kiprok suzuki dan yamaha rangkaiannya nyaris sama, patut dicoba kembali !

Julius Tjandra said...

Uncle Zak, terima kasih atas ilmunya yang sangat berguna.
Saya menerapkannya pada Honda CS1, lampu depan pakai 2 x 35 watt. Pertama saya memakai sistem 4/4, tetapi karena merasa kurang maksimal, saya ganti menjadi 6/6 menggunakan diode 6A. Lampu terang benderang dan tegangan pada kabel kuning maksimal 16v pada rpm 8000an pada saat lampu nyala dan diode hanya sedikit hangat setelah dibawa jalan 30 menit dengan kecepatan rata2 cukup tinggi. Tetapi pada saat dibawa jalan siang hari dengan kondisi lampu dimatikan maka diode menjadi sangat panas sampai melelehkan timah solderan.
Apa yang salah ya Uncle? Thanks...

Yudi D'prince said...

thanks uncle zak atas pencerahan nya,,,di tunggu tips" brilyan lainya,,,,,

Uncle Zak said...

kalau pakai lampu 2x35 watt ane sarankan modif kiprok lampu part 2, kalau kasus timahnya meleleh biasanya sambungan solder antar diode kurang kuat/kendor

Julius Tjandra said...

Uncle Zak, modif kiprok lampu part 2 itu yang memindahkan jalur lampu ke kabel putih kiprok ya Uncle?

Solder antar diode udah saya cek&recek ulang untuk memastikan solderan matang dan benar2 nempel ke kaki Diode kok Uncle. Hanya saja diode menjadi sangat panas bila gas digeber tanpa menyalakan lampu.

Baiklah Uncle, saya akan coba yang modif part 2. Berarti kalo udah modif cara ini, sudah ga perlu rubah ke full DC lagi ya Uncle?

Thanks Uncle...

Uncle Zak said...

modif part 2 betul hanya memindahkan kabel lampu dari stnadar kabel kuning ke kabel putih.
kalau diode panas sangat wajar dan memang sudah fungsinya dan disain bisa bekerja sampai suhu 150 Celcius. modif part 2 betul lebih terang dari full DC, kalau ente berkendara langsam/rpm rendah cuma 10 %, kecepatan sedang dan tinggi 90% modif part sangat efektif

Julius Tjandra said...

Terima kasih Uncle untuk penjelasannya. Saya akan terapkan modif part 2. Nanti akan saya laporkan hasilnya di sini.

Rama said...

Sayang artikel nya gak bisa CoPas,buat dokumen kalau2 nanti lupa lg.

iqbalhaqi said...

untuk scorpio diodanya bth brp uncle zak? Terang mantap tp tetap aman buat turing? Trimakasih sebelumnya uncle

Julius Tjandra said...

Uncle Zak, karena penasaran, akhirnya saya berhasil menemukan penyebab diode menjadi sangat panas di CS1 saya.

Dengan meminjam tang ampere saya mengukur arus yang melalui kabel kuning, ternyata pada rpm 8000 mencapai 6.45 Amp (tanpa beban) yang berarti melebihi kapasitas diode 6 Amp yang dipakai.

Saya belum berhasil menemukan penjual diode 10 Amp (10A10). Apakah Uncle ada saran di mana saya bisa membeli diode 10 Amp di Jakarta? Thanks...

Uncle Zak said...

coba saja cari dipusat pasar elektronik Glodok.

Uncle Zak said...

untuk scorpio sebaiknya pakai model part 2, voltage kiprok jalur lampu pada area 9-10 volt. butuh banyak diode.

dony santoso said...

salam uncle zak, ane punya ide nih untuk supra / grand . . . utk pemasangan dobel kiprok, memanfaatkan jalur arus lampu dijadikan arus pengisian dg dipasangi kiprok untuk pengisian (charger) kira2 bisa apa enggak ya dengan tetap mempertahankan kiprok aslinya juga berfungsi. dengan demikian pengisian (charger) dilayani oleh 2 kiprok.

diq said...

mau tanya..ini kiprok yang ke pengisisan aki harus konek ke aki ga?soalnya ane ga pake aki, cuma pake kiprok lampu aja, pas dicoba pake dioda 3/3 ga ada perubahan, lampu 35 watt ori baru beli 2 minggu yang lalu..., belum ane check pake avo meter sih, dicoba lagi dipasang di negatif nya, tapi tetep ga ada perubahan.....kiprok ori supra fit 2006,,nyala lampu saat ini kalo langsam redup, kalo digeber terang masi kaya ori, ga seperti terang yang dijelaskan dia atas.mohon pencerahan nya om.. maklum ane newbie+lagi krisis dompet nih....hehehehe...butuk biaya lagi klo harus beli HID

Uncle Zak said...

jalur kabel kuning sangat bisa untuk mengisi aki, tapi modelnya tetap satu kiprok dan sedikit modif, kalau pakai dua kiprok engga bisa, masalahnya jalur kabel kuning kiprok sudah diregulasi/disensor menjadi 12 volt walupun motor digeber pada rpm tinggi

Uncle Zak said...

kalau mau lebih terasa pakai lampu 35 watt coba modif lampu part 2

remon kevin said...

Kalo motor jupiter z th05 gi mana om..
Ane udah coba, tp lampu putus om.

Uncle Zak said...

kemungkinan sambungan diodenya kurang konek atau diodenya terbalik akan berakibat jalur lampu jadi unlimited efeknya lampu putus

remon kevin said...

Bagus nya pake lampur berapa watt uncle zak, kalo bolhamnya 2.
Thaks uncle zak

Adit Rizmi Putradikrama said...

Gan, itu hanya bisa di aplikasikan untuk kelistrikan full dc aja..???
Apakah kelistrikan halwave / AC bisa menggunakan cara tersebut..??

Uncle Zak said...

pakai saja lampu 25 watt

Uncle Zak said...

cara trik diatas khusus untuk motor kelistrikan AC

al aXbar said...

gan kalo diodanya rusak gmana? apa g mungkin volt untuk lampu besar jadi unlimitid? trs gmana cara ngatasinya. trimakasih

Uncle Zak said...

kalau diode pasangnya terbalik atau koneknya kurang bagus, betul bisa jadi unlimited

ferrybloghome said...

Pak Uncle zak.. mau tanya.Motor saya Megapro th.2004 lampu depan pakai type H4 55 Watt... supaya lampunya lebih terang baiknya pakai rangkaian berapa dioda,2/2,atau yang 3/3..?

kibordistriverdrama said...

maksimal pake berapa dioda om? motor ane honda vario pake lampu 35 watt x 2, udah pake dioda 4/4 masing2 6 ampere, tapi kyknya masih ga terlalu berpengaruh.. thx buat penjelasannya

agustian aliasa said...

maaf uncle zak, ane gaptek banget klo motor ane megapro 2008 bisa ga, trus bagus nya yang mana.... thanks uncle

Uncle Zak said...

pasang modif 3/3 pasangnya dikabel tengah warna coklat dijamin super mantap !

Uncle Zak said...

pakai 35 watt 2 buah = 70 watt butuh 6 amper, output alternator langsam 1,5 amper sedang 3-4 amper, jadi tetap redup terang, pencahayaan optimal butuh lampu 36 watt- 48 watt sesuai dengan output alternator, jadi idial pasang lampu 2 buah pakai 18 watt atau 25 watt

Uncle Zak said...

modif 3/3 pakai diode 3 amper sangat idial, pasangnya dikabel coklat pin tengah kiprok.

agustian aliasa said...

uncle zak,saya cek gada warna coklat, kuning ada 2, hijau ,merah sama hitam

seruntul said...

pgi om zak..klaw shogun 125 sp gmn om..bisa g.?soalny msih redup juga..tp kelistrikan ane udah fullwave.kiprok tiger.aki 14ampere..tlong penjelasan nya om..mkasih..sigit

Uncle Zak said...

kabel sensor posisinya ada ditengah, jika kabel warna hitam ada ditengah dipastikan warna hitam sensornya.

Uncle Zak said...

kalau mau lebih terang kabel lampu harus ambil langsung dari aki dan wajib pakai relay sebagai, trigger pakai switch aslinya.

Irfan_hilmi said...

klo pasang d rk-king motong jalur kabel nya dr mana om ????
mohon pencerahannya

Ariarta Sugiyarto said...

Uncle..

Kalau Buat SOUL GT kira-kira bs pake MAXIMUM sampe brp pasang diodanya y..?
Ane udh pake 2/2 6A10 cable kuning sekarang..
Note : Gas idle voltase di accu 14,2volt..

Mohon perkiraanya uncle..

Uncle Zak said...

untuk motor rx king modifnya sama dengan gambar diatas pakai jalur kabel kuning

Uncle Zak said...

posisi gas idle dapat 14,2 sudah mantap

endri yan said...

bos,klo pake kiprok nouvo z..bisa nggak,,

Syamzani Bakir said...

uncle...
sala kenal.
saya zam dari sulawesi tenggara.
mau nanya :
1. kalau kiprok new jpiter mx, bisa di pake ke rx king ga ?
2. kabel area kiprok rx king ada 4, warna kuning, putih, hitam dan merah. selain warna kuning yg d ptong . warna apa lagi ?
mhon penjelasan dr Uncle !

Uncle Zak said...

prinsip cara kerja kiprok ac dc sama saja, jadi kiprok new jupiter sangat bisa digunakan di motor RX king, yang harus diperhatikan posisi soket pin nya, jangan sampai terbalik pasangnya.

Ahmad Sulagi said...

coba sy terapin di revo absolut 4/4 gan seminggu doang normal habis itu lmp putus mulu, habis lmp dpn blkg 3 pasang, setelah sy cek eh ga taunya solderan lepas.

Syamzani Bakir said...

makasih Uncle.....
saya mau tnya lagi..
pertanyaan nomor 2. hnya kabel kuning saja yang di potong ??
kalau untuk kabel hitam, putih, dan merah bagus nya di apakan ????

Syamzani Bakir said...

uncle....kabel warna apa yang harus saya ptoong u sabungan diode nya , kira2 untuk hasil yang optimal menggunakan rangkaian berapa ( ../..) !!
mhon penjelasan dari Uncle .

Uncle Zak said...

hanya kabel kuning yang dipotong, kabel hitam dan merah langsung konek pin kiprok sesuai posisi kiprok new jupiter, pakai 2/2 atau 3/3 sangat idial.

Uncle Zak said...

solder diode biar mantap pakai solder 60 watt.

aji aminudin said...

permisi uncle, saya mau tanya..
Saya punya motor smash taun 2004, pake klakson hella, apakah trik diatas bisa menambah daya agar suara klakson tambah kenceng dan aki tetap stabil? Kalo bisa, pakai rangkaian yang mana? Trima kasih

Syamzani Bakir said...

uncle..
jadi bgmn dengan kondisi aki motor !. saya menggunakan aki basah. apakah aki tsbt cepat kalah ?
mohon solusi uncle
thanks...

Ahmad Sulagi said...

sory uncle, ikut jawab ya.....mas aji....
pakr trik dioda 4/1 atau 5/1 di negatip kiprok aja, mantabbbb banget dah rangkaian suhu angkel zack.

Ahmad Sulagi said...

mas aji, dioda 4/1 atau 5/1 buat HID jg bagus , ga pake acara ngedrop ngedropan, sy dah make bangsa setahun an lah.

aji aminudin said...

oke mas ahmad.. terima kasih jawabanya.. sy kudu pake dioda brapa ampere? saya baca, yang bagus itu 6 ampere.. tetapi pas sy liat gambarnya, kok ukurannya ada yang kecil dan besar? apakah itu berbeda?

aji aminudin said...

oya, satu lagi.. kan kalo pake trik dioda 5/1 di negatif kiprok itu kabel hijau yang dipotong.. lalu yang dari kiprok disambung ke rangkaian dioda yang kita bikin dan disambung ke ground/massa.,, nah yang potongannya kabel hijau yang menuju kiprok itu dibiarkan terputus atau bagaimana? sy kurang jelas dibagian ini.

lukman said...

bos sy coba di mtr sy supra125 dgn menyambung kabel kuning lampu ke kabel putih betul terang banget tapi lampu pada putus. terus sy cek di kabel putih posisi langsam 11v ac dan posisi di geber 40v sampai lebih..
padahal motor sy masih setandar artinya kiprok asli.
apa yg harus sy lakukan agar lmpu terang?

lukman said...

salam kenal boss...kok punya sy malah jadi redup. logikanya kan tegangan dari kabel kuning kiprok kelampu ditahan dioda, semakin banyak dioda semakin redup, sy jadi bingung. tolong solusinya....

lukman said...

salam kenal bos, sy belum berhasil pake cara di atas, malah tambah redup, jadi pungsi dioda disini seperti resistor semakin banyak dioda semakin banyak tahanannya, jadi semakin redup.
totong pencerahannya...

Uncle Zak said...

kiprok motor ente supra 125 desain komponen elektronik berbeda dengan kiprok yang lain, stator/spulnya engga paki center tap, jadi kalau mau modif berbeda juga, mesti pakai cara part 2, dengan sedikit modifikasi lagi tambah diode. jurnal ilmiah belum terbit : nanti terbit part 3

Uncle Zak said...

biar aki basah selalu mantap dan powerful, sebulan sekali cas aki sampai tegangan aki mencapai 15,5 -16 volt selama 1 jam cukup.

Uncle Zak said...

motor supra 125 spulnya engga pakai center tap, modifnya sedikit berbeda nanti terbit part 3 :khusus motor tanpa center tap, seperti supra 125, kharisma dan motor lain.

Ahmad Sulagi said...

gan, buatin rangkaian PWM buat elektrolisis air buat dimotor boleh tu gan, buat ninkatin oktan bbm.

Mico said...

sudah ane coba gan, nyalanya terang banget..motor ane megapro,klistrikan uda ane rubah jadi ac pake kiprok supra..tp blm ada 1 bulan kiprok ane terbakar, lampu langsung meledak..ane pake lampu h4 55/60 watt..gmn solusinya gan??

Frista Hartanto said...

Om zak gimana klo buat honda blade sedangkan spul untuk pengapian gak terpisah apa berpengaruh klo di modif kayak gitu yg aman sebaiknya gimana Om.

Widdi Bagus Rangin said...

Uncle,Saya Wd dr Subang,Wd pnya CB 100 trus dModif,Smua dah dRubah dr CDI pake shogun 110,trus kiprok pake gran,lampu dah pake luxeon 2 buah,20 watt satu nya,ma montir dah dCoba pake dioda,tp gatau brapa,pas dPake bagus lampu rigting klakson gada masalah,tp pas bsk nya trnyata aki tekor,rencana mo pake kiprok tiger,tp sblm nya mnta saran dahulu,smoga ada jln kluar yg lbh mudah?!
Thx sblm nya...

Uncle Zak said...

artikel bagus untung posting selanjutnya !

Uncle Zak said...

tiger dirubah jadi ac, kiprok yg mendekati karakteristik dengan spul tiger adalah kiprok supra 125 atau kharisma original.

Uncle Zak said...

modif ini hanya menaikan jalur voltage lampu 1-2 volt, ke pengapian aman -aman saja

Uncle Zak said...

enak diukur terlebih dahulu power pengisiannya seberapa besar arus listrik ke aki, jika dapat 3 /sd 5 amper sudah cukup ! engga perlu modif lagi

Ahmad Sulagi said...

sy dah pake -+ sebulan gan elektrolisis air, emang tarikan motor jd lebih enteng bertenaga dr sebelumnya, dibanding pertamax prtmk + sekalipun, dan konsumsi bbm yg tadinya 15000 bensin dah naik, dpt 3x jln dengan rute yg sama, setelah pake air jd dpt 5x balik dengan rute yg sama.kendalanya sy blm bs buat PWM nya, biar hasil gasnya melimpah , kuserahkan ama om zack buat bikin yg praktis dan gampang, seperti gaya postingan sebelumnya.

Widdi Bagus Rangin said...

Maaf rada awam nie,mksdNy diukur terlebih dahulu power pengisiannya seberapa besar arus listrik ke aki?!
Ntu tuh ngukur nya drmn,CB Wd dah sistem DC bwt lampu nya,trus kiprok dah pake BRT,(ada tmn yg lg butuh duit ya dBeli ma Wd),bwt ngebut sieh ok,tp lampu msh brpengaruh ma klakson+rihting,gmn ya?!
Trus mksdNy pake dioda 5/1?!
Thx sbelumNy...

Widdi Bagus Rangin said...

Biar aki ga ngedrop apa Wd pasang capasitor aj ya,rencana mo pasang klakson keong jg,trus klo blh pasang capasitor,Wd pake brapa ya,trus caraNy gmn?!
Thx lg...

«Oldest ‹Older   1 – 200 of 331   Newer› Newest»