by : Zakir Skynet
Jurnal ilmiah kali ini, paman zak akan membahas bagaimana menservis karburator motor, apakah mudah cara servis karburator ? jawabnya tentu sangat mudah. Umumnya penyakit yang terkait dengan masalah karburator adalah motor susah hidup, posisi langsam kurang mantap dan mesin sering mati., atau akselerasi motor ketika dipacu kecepatan tingggi mesin agak tersendat- atau mesin batuk-batuk dan bersin-bersin.
Cara Kerja Karburator
Cara kerja karburator sangat sederhana yaitu memanfaatkan efek venturi, baik itu karburator motor, mobil, traktor, genset maupun mesin pemotong rumput. apa itu efek venturi terkait karburator, penjelasan ilmiahnya bisa dijelaskan seperti pada gambar dibawah ini : pada pipa yang agak sempit/venturi tekanan udara lebih tinggi dari pada tekanan pipa lebih besar. hal ini dimanfaatkan oleh pembuat karburator dengan memasang fuel jet, akibat tekanan angin diseputar venturi tinggi mengakibatkan sebagian lubang fuel jet menjadi vakum, akhirnya bensin dengan sendirinya keluar dari lubang fuel jet. menuju manipol hisap dan akhirnya masuk keruang bakar.
Cara Kerja Karburator |
Langkah-langkah Pasti Servis Karburator
Peralatan yang harus disiapka antara lain :- Kunci ring pas 8 atau 10
- Obeng Kembang
- Pembersih Karburator atau kawat kecil
Bedah Karburator
Setelah karburator di copot dari manipol hisap, maka selanjutnya gunakan obeng kembang untuk membedah atau membuka lepaskan pilot jet dan main jet, bersihkan dengan pembersih karburator, lindungi mata anda dengan kaca mata, untuk menghindari terkena semprotan pembersih karburator. sempotkan seluruh lubang-lubang pilot jet, main jet, lubang pengatur udara maupun lubang pengatur bensin.
Baut Pengatur udara dan bensin posisi langsam, Pilot Jet dan Main jet |
Pilot jet Pengatur Bensin Posisi Langsam/RPM Rendah |
Seluruh Lubang Bensin dan Udara Dibersihkan Pakai Pembersih Karburator |
Rakit Kembali Karburator
Setelah seluruh lubang-lubang bensin dan udara karburator dibersihkan maka pasang dan rakit kembali seluruh komponen-komponen karburator.
Untuk setelan awal karburator : pengatur bensin dikencangkan seluruhnya kemudian dikendorkan sebanyak 3-4 putaran, sedangkan pengatur udara disetel asal, selanjutnya setelan bensin dan udara karburator di setel sesuai dengan selera anda.
5 komentar:
kelihatane repot nich lama gak posting
betul, tidak terasa satu bulan ini ane engga posting, maklum ane lagi sibuk.
waduuugh hampir 2 bulan gak muncul ada apa nich apa lagi riset indikator lampu amper nich hehehe aku kangen dh postingan paman zack , di tunggu nich. . . . .
pasti akan terbit postingan baru.
sudah 2 bulan. . . . . . . .
Posting Komentar