iklan google termasur

Sabtu, 16 Juni 2012

Cara Mudah Modifikasi Kiprok / Regulator Pengisian Aki Motor

 by : zakir skynet

Ada banyak cara yang dilakukan para seniman otomotif, dalam memodifikasi kiprok alias regulator pengisian aki, dimana tujuan akhirnya adalah untuk menambah daya agar performa aki selalu dalam keadaan mantap ketika akan digunakan untuk memasok energi ke aksesoris tambahan misalnya lampu HID, sirine, lampu besar tambahan, dll.
Untuk menambah koleksi modifikasi kiprok di jagat otomotif, uncle zak akan memberikan warna baru dalam memodifikasi kiprok yang sangat super sederhana, biaya murah, tepat sasaran dan siapapun bisa melakukan modifikasi kiprok bagi yang membaca artikel ini. Jadi anda orang paling beruntung yang pertama membaca artikel ini.
dan sebarkan informasi ini pada kawan-kawan.

Cara Kerja Alternator Motor

Energy listrik untuk mengisi aki, menerangi lampu dan memasok energy ke CDI dihasilkan dari sebuah altenator,  isi alternator  motor nampak seperti pada gambar dibawah ini, inti dari alternator motor  terdiri dari beberapa gulungan tembaga disebut juga stator dan dan magnet permanent.disebut juga rotor, jika magnet berputar digerakan mesin akan  menginduksi stator maka dihasilkan listrik arus ac,  seperti listrik yang dipasok PLN.

mengingat energy listrik yang dihasilkan untuk kepentingan pengisian aki maka arus listrik dirubah dari  ac  (arus bolak balik ) menjadi arus DC (arus searah ) dengan menggunakan diode.
berhubung arus listrik yang dihasilkan alternator motor cukup besar dan  voltase cukup tinggi  jika langsung terhubung ke aki atau ke lampu, dimana dampaknya akan menyebabkan aki dan lampu cepat rusak, maka diperlukan sebuah regulator/kiprok, tujuan regulator ini agar pengisian ke aki dan ke lampu bisa seimbang. sesuai dengan kebutuhan.

alternator motor


sekema alternator motor



Cara Kerja Kiprok / Regulator Pengisian Aki

Listrik yang dihasilkan dari alternator motor baik voltase dan arus listrik untuk memasok energi ke aki maupun ke lampu  dikendalikan oleh sebuah alat yang bernama kiprok/regulator..

Ada dua katagori besar cara kerja kiprok  tetapi tetap mengacu basis voltage yaitu :

  1. Basis voltage tegangan aki, contohnya jika voltase aki sudah mencapai tegangan maksimal sebesar  14,2 volt, maka pasokan arus listrik terhenti terputus. atau mengecil, jika voltase aki masih dibawah angka tersebut maka arus listrik tetap dipasok oleh kiprok.
  2. Basis voltase tegangan output stator, contohnya setingan kiprok 13,5 volt pada saat generator motor mencapai tegangan 13,5 volt, walaupun aki belum penuh diode zener membuka saluran memerintahkan SCR membuang kelebihan voltage / energy  ke ground.


Seperti pada gambar dibawah ini rangkaian isi kiprok tipe single maupun 3 phase ketika motor dihidupkan komponen diode bridge langsung bekerja memasok  energi ke aki yang dihasilkan alternator, ketika tegangan aki sudah mencapai setingan pabrik misalnya 13,5 atau 14,2, maka diode zener mulai aktip untuk membuka saluran gate SCR maka terhentilah pasokan listrik ke aki,atau mengecil, sebagian aliran listrik kembali lagi ke stator.
Secara umum garis-garis  besar haluan kabel motor dapat dilihat seperti pada gambar dibawah ini baik single pas maupun 3 phase.
garis besar haluan kabel tipe single phase
garis besar haluan kabel tipe  3 phase
Masalah Kurang Pasokan Energy Listrik dan seting voltase kiprok terlalu rendah

Buat yang hobi tambah aksesoris-aksesoris  dimotor yang membutuhkan arus listrik besar tentunya dilema tersendiri,  tetapi setiap masalah pasti ada obatnya, ada 101 cara untuk mengobatinya, berikut ini uncle zak sajikan salah satu cara mengatasi kekurangan pasokan energi listrik dan setingan voltase kiprok terlalu rendah,   hanya dengan biaya Rp 2 ribu s/d 3 ribu untuk menambah pasokan energi listrik. baik untuk single phase maupun 3 phase.

Modifikasi Kiprok / Regulator voltage Model Uncle Zak

cara ini sangat sederhana hanya menggunakan dua buah diode seperti pada gambar dibawah ini ;hasil sangat mantap  energi terus dipasok ke aki sampai kondisi aki full charge 100 %,  namun tetap terkendali tegangan voltase.kiproknya.

cara kerjanya :
penambahan diode arah katoda menuju kiprok fungsinya untuk "membohongi diode zener" tegangan aki terpotong 0,6 volt oleh diode. dan diode zener pun belum aktip   mengangap aki belum penuh.maka saluran gate SCR masih tertutup,  diode bridge terus memasok energy listrik ke aki sampai tegangan 14,8 volt saat tegangan aki lewat angka tersebut maka diode zener mulai aktip membuka saluran gate SCR maka pasokan listrik ke aki terhenti atau mengecil.sebagian aliran listrik kembali lagi ke stator
contoh misalkan setingan kiprok pabrik 14,2

Diode katoda arah aki fungsinya memasok energy listrik ke aki

Modifikasi Kiprok Lewat Jalur Kabel Positip


Modifikasi Tambah Tegangan 0,6 Volt





Modifikasi Penambahan tegangan pengisian aki 0,6 volt model single phase half wave


Modiikasi Penambahan tegangan aki 0,6 volt model full wave  3  phase
Modifikasi Tambah Daya dan voltase 1,2 Volt

modifikasi tambah tegangan 1,2 volt

modifikasi tambah tegangan 1,2 volt


Modifikasi Kiprok Lewat Kabel Negatip

Modifikasi Kiprok  Half wave Tambah Tegangan 0,6 volt

Modifikasi kiprok full wave tambah tegangan 0,6 volt





Langkah-langkah modifikasi :

ukur terlebih dahulu voltase standar kiprok pabrik dengan alat voltmeter digital ukur tegangan aki, mesin hidupkan tancap gas amati volmeter, perhatikan tegangan aki jika maksimal 13,5 volt sebaiknya modifikasi tambah tegangan 1,2 volt. jika tegangan maksimal 14,2 s/d 14,4 sebaiknya modifikasi tambah tegangan 0,6 volt.

Keuntungan Modifikasi kiprok :
  • kondisi aki dalam keadaan setiap saat full 100 % 
  • dapat memasok  energy untuk aksesoris tambahan 
  • dapat perpanjang umur pakai aki (lihat Teori dasar Aki )
  • Tarikan stater jadi enteng karena aki dalam keadaan full
  • lampu besar lebih terang
  • suara klakson lebih lantang 
  • mengurangi efek panas kiprok, karena mengurangi konek  SCR dari jalur  listrik ac (alternating current)  ke masa/ground
  • buat yang kiproknya mengalami masalah panas berlebih bisa memakai trik ini
Kerugiannya :
  • ada pekerjaan  baru setiap dua minggu sekali harus cek  kondisi air aki harus diperiksa khusus aki basah

Cara Buat  dan pemasangannya :

Gambar 1 : Cara buat diode model 1/1


Gambar 2 : bentuk diode 6 ampere

Gambar 3 : Rangkaian Diode 5/1

Gambar 4: Rangkaian Diode Modifikasi  3/1 Tambah Voltase kiprok



Cara Pasang Diode pada  Jalur Negatip




Gambar 5 : Cara Pasang diode jalur Negatip

Gambar 6 : pasang pada jalur negatip


Cara Pasang Diode dan kiprok



Cara Pasang Diode Jalur Negatip

kabel warna hijau diputus disambungkan ke rangkaian diode

anatomi kiprok half wave motor honda supra fit



Pengujian Penambahan Diode Pada Jalur Negatip

Pengujian dilakukan pada motor honda supra fit tahun 2007
standar kiprok maksimal Voltase pengisian  14,30 volt
Aki yang digunakan 3,5 ampere GTZ-5S  MF merk GS

Langkah pertama Potong Kabel hijau kiprok


Sambungkan dengan diode konek ke ground /body















voltage terbaca 15,1 volt rasa mantap

Voltage terbaca 16,6 volt mantap full power

 

Catatan Penting Hasil Riset Uncle Zak Modifikasi Kiprok :
  1. Sebaiknya jika ingin  modifikasi kiprok tambah daya pakai Jalur negatip untuk jenis  motor apapun
  2. Ukur terlebih dahulu drop voltage diode, uncle zak dalam tulisan ini pakai 0,6 volt drop voltage diode yang umum, namun saat ini, banyak juga beredar diode drop voltage hanya 0,3 volt. jadi tinggal hitung berapa diode yg dibutuhkan untuk menaikan voltage.

 Semoga informasi ini bermanfaat bagi masyarakat automotive






















542 komentar:

1 – 200 dari 542   Lebih baru›   Terbaru»
Alex mengatakan...

om, motorku suzuki arashi 125, kabel ground yang dari keluar dari kiprok kok ada dua ya... aku jadi bingung... yg mana om enaknya??? hehe... thank you!!!!

Solusi battery mengatakan...

dua kabel atau satu kabel tetap kabel masa :
langkah pertama potong kabel kiprok jadi dua : satu kabel dihubungkan ke potongan pertama yang kedua dihubungkan ke potongan kedua, selesai !

Unknown mengatakan...

mlm uncle..mau tanya ni...mtrku gl pro neo tech,aku kasih aki 10A trs pake kiprok supra fit....
yg mw saya tanyakan, awal pasang aki lampu nya bisa trang tapi lama2 k redup trs riting juga juga g mau kedip..kaya kurang setrum,nah kalo mau dipasang dioda itu rangkaiannya bagaimana trs ukuran dioda nya itu berapa,apakah 6A semua?
teriakasih...

Solusi battery mengatakan...

kalau lihat kasusnya kemungkinan sekering pengisian aki putus coba tes langsung jumper dari kiprok, kabel merah langsung ke aki, coba pakai rangkaian diode 5/1 pasti mantap, pakai diode 6amper semakin mantap

Unknown mengatakan...

Bos aku punya suprax 125 gimana cara modifnya terus dioda ukuran berapa yg di butuhkan juga berapa biji karena sepedakt pakai klakson mobil 2 bj tlg penjelasanya trims.

Solusi battery mengatakan...

beli saja 6 buah diode 6 amper pasang modif 5/1, hasilnya lampu semakin terang dan aki full power, kalau enga mau pusing print gambar terus cari servis tv, minta solderin.

Unknown mengatakan...

Selamat pagi Gan.
Mo nanya nih, motorku jupiter z 2007. Saya aplikasikan trik di atas dengan menggunakan 1 buah dioda 6A dan 5 buah dioda 3A, tp tegangan kok ga mau naik ya?
Apa perlu memakai dioda 6A semua?
Mohon pencerahan.
Terimakasih.

Solusi battery mengatakan...

kalau akinya kurang bagus, atau satu sel mati, maka kalau ukur voltagenya di terminal aki tidak dapat terlihat kenaikan voltage. keberhasilan trik ini bisa juga dilihat dari perubahan lampu besar semakin terang.

Unknown mengatakan...

Mau nanya lagi gan kalau supra 125 kabel masa pada kiprok apa juga hijau terus kalau udah dipotong yg masuk ke kiprok di sambung dengan dioda yg potongan sebelah lagi di biarin putus apa di sambung ke mana.

Solusi battery mengatakan...

potongan satu kabel hijau dibiarkan saja !

FBmaySHOP mengatakan...

Mas, saya mau nanya ney.. gmana caranya gunakan mesin motor untuk nyalain lampu seperti genset gitu, (mau nambah colokan listrik) tapi gak tau gmana caranya.. kemarin disambung langsung ke positif negatif aki meskipun mesin dinyalain tapi kok tetap lowbat juga akinya... (pakai lampu 10 watt khusus untuk aki) apa ada solusi lain selain menggunakan inverter, krn setahu saya inverter kan juga dipasang ke kepala aki... terima kasih atas bantuannnya mas.. oh iya motor yang saya gunakan adalah Honda revo dengan aki kering.. tq..

Solusi battery mengatakan...

jika kiprok dicopot pada rpm tinggi sebenarnya generator motor dapat power kurang lebih 300 watt = 6 amper * 50 volt. kalau mau dapat tegangan 220 volt AC dan stabil mesti pakai inverter dengan catatan outputnya harus dibawah 300 watt agar tetap stabil.

Unknown mengatakan...

Uncle Zak, mo nanya, Ane punya Honda Win Produksi tahun 2003, aki udah diganti 12V, 4 Am, punya GL, Qprok punya supra merek aspira, CDI dan Coil pake Supra, Spull lampu punya astrea merk hokaido (yg ori ndak produksi lagi), lampu depan, lampu riting, lampu beakang, ama lampu di indikator udah 12v. masalahnya : setelah 2 minggu pemasangan spull lampu, lampu depan mati. setelah baca literatur diatas, pake dioda 5A, dgn 2:1, dan yg 2, dipararel, jdnya 4:1, stlah 10 hari, lampu depan. listrik yg masiuk ke qprok, dari spull lampu cuman 6V, keluar dari qprok yg menuju aki, 4v dgn rpm rendah. shg saat tekan bel dan nyalakan riting, lampu depan ikut redup. mohon solusinya.
trims..

Unknown mengatakan...

barusan saya cek lagi, lampu depan, yg dulu arus DC, sekarang menjadi arus AC, dan dari AVOmeter, RPM rendah, 6VAC, RPM naik 0,25x, 20VAC. dan saya ganti diodanya dengan 6A, 6:2, tidak ada paralel, pengaruh di aki, RPM rendah 6VDC, RPM naik 0,25x, jadi 20VDC. apa ada solusinya. trims. tambahan info, akhir pekan lalu, Honda WIN tsb saya geber full RPM.

Solusi battery mengatakan...

untuk jalur pengisian aki kabel merah paling mantap diukur hasil akhirnya diterminal positip dan negatip aki seberapa besar voltage akinya sebelum di modif standarnya 14 volt dan dan sesudah dimodif berapa ?, kalau diukur langsung kurang pas, berfluktuasi.

standar lampu / jalur kabel ac kabel kuning, standarnya 12 volt ac gas kecepatan sedang, gas digeber habis, RPM super tinggi 10.000 maksimum 14,5 volt ac

Unknown mengatakan...

Juragan, apakah ada masalah di multimeter digital sy ya... saya cek tegangan di aki motor kok 19,3v ya??

L-CO Interaktif Kids mengatakan...

untuk jalur aki, belum ditest ulang, tapi, tegangan keluar dari spull, utk kabel putih 10VAC, dan kabel kuning 10VAC.
utk qprok, setelah dimodif, kabel putih 4VAC, kabel merah 6VDC, kabel putih line hitam, naik 1 strip.

Aki normal, tadi sudah di coba nyalakan lampu, ampere ndak kebaca, coz, AVO analog saya untuk arus, maksimal hanya 500mA, itu aj kebaca full, kabel hitam di AVO, ke lampu, dan kabel yg merah, di kabel merah aki, kabel hitam aki, di lampu.

masuk di kotak lampu depan, utk switch lampu depan, Riting (lampu sein, lampu penanda belok, istilah utk daerah surabaya dsk), dan bel, dalam kondisi mesin nyala, dan RPM rendah, kabel kuning 10VAC, kabel putih line hitam, nol, kabel coklat, 6VDC dan 10VAC, kabel yg lain nol. utk RPM tinggi atawa sedang, lom nyoba.

Unknown mengatakan...

Gan Uncle Zak,,sy punya satria hiu 2tak,,n sy mau pake rangkaian 3:1,,tp begitu sy liat kiprok dimotor sy posisi warna berdasar katalog satria: Merah-putih-kuning-hitam, tp begitu sy buka body urutan warnanya :Merah-Putih-hitam-kuning.... mungkin tukang servis yg pasang demikian saat adik perbaiki lampu yg sering putus..kata adik kabel kuning mau putus jadi sdh baikan, n memang kondisi saat ini baik2 aja. Apa bisa gan hitam n kuning tsb ditukar2,krn sy pengen pasang rangkaian 3:1,atau sy langsung sambungkan aja ke kabel hitam diposisi yg skarang ini. Thx gan

Solusi battery mengatakan...

standar motor honda supra/legenda/grand
kiprok original :
untuk tes paling mantap motor digeber abis tanpa beban
Ac 11 volt dc 7-8 volt
pasang beban ;
lampu ac 11,5 volt dc aki 14,2 volt

Solusi battery mengatakan...

sepertinya ada masalah kemungkinan : salah putar ke volt ac bukan volt dc, atau multitesternya yang rusak, atau battery multi testernya udah soak/abis

Solusi battery mengatakan...

paling pas ditest dahulu pakai volt meter dicari posisi kabel hitam.

Unknown mengatakan...

Thx gan,sy kembalikan posisi kabel hitamnya..nd ada masalah kayaknya,sy geber lampu stabil,,jd rangkaian 3:1 langsung dipasang di kabel hitam ke ground. sy pake aki kering satria FU yg 6Ah baru. mdh2n tambah mantap n stabil pengisiannya, rencana jika mulus2 aja mau ubah nantinya pake rangkaian 5:1

Unknown mengatakan...

bagus bgt artikel ini, jadi temanya "membohongi diode zener di dlm kiprok" MASUK AKAL banget emang untuk pengisian aki agar selalu maksimal + Jos..!!
tp ada sdikit pertanyaan ane gan, : knp disarankan untuk memakai jalur negativ dg memotong kabel grond kiprok??
bukanya heatsink dari badan kiprok itu sndiri mempunyai tegangan negatif yg dibaut lgsung ke body motor yg ber arus negativ juga. sama aja boong dong,
kenapa gak pake jalur positiv nya aja untuk "membohongi dioda zenernya?

Solusi battery mengatakan...

semakin mantap !

Solusi battery mengatakan...

selama penelitian kiprok, body kiprok bukan jalur tegangan negatip coba lihat tulisan ane : cara gratis modif kiprok standar to unlimited, metode ini memotong kabel hijau/hitam kiprok, maka output ac/dc tanpa limit. kalau tipe kiprok : body kiprok jadi jalur negatip, maka modifnya pakai jalur kabel positip.

Peipei mengatakan...

jawabannya kacrut ga mendidik, buktinya yang waktu itu om jawab kalo vario lama saya yang 110cc ga bisa pake HID karena 35x2 dan suruh copot HID(jawaban ga mendidik dan seenaknya aja) ternyata bisa lancar jali setelah sebulan lebih ini dan ga pernah ngedrop sm sekali setelah ditest ga pernah matiin lampu dan kena macet2an. sebenrnya sederhana trik ngakalinnya, cuma om mungkin belum ngerti atau masih setengah hati, mohon lain kali jangan begitu,ini kan banyak yang baca dan mau belajar dsini,amalnya sangat menggiurkan lo(pahala itu dapetnya dunia akhirat lo), mohon om kurangi ego.

Unknown mengatakan...

CAKEP NI ,, AKU COBA 3:1 DI JUPITER Z JD MAK NYUZZZZ

Unknown mengatakan...

pakekk kta 2 yg sopan brow

radi schatzy mengatakan...

ampe pusing mw adopsi yg mana,, saya udah baca semua blog Mr.Uncle Zak. tentang cara modif regulator pengisian aki dari yg pake elco & 2 dioda, yg mutus kabel grounding kiprok make gigi palsu,sampe yg ngibulin diode zener tp ada kerjaan baru buat yang pake aki basah,,,

dari semua ini saya mw nanya, ada gak dampak over charge pada aki..
tanks ya atas ilmu2 yg udah di kasih di blog ini.. :)

Solusi battery mengatakan...

over charge adalah suatu keadaan voltage aki pada tingkat tertinggi untuk aki basah 15,5 volt sedangkan aki kering dapat mencapai 17 volt, dampaknya pada aki hanya satu, air akinya yang cepat habis, selam ada airnya aki akan tetap ok, over charge/over voltage sangat baik untuk perawatan aki dua bulan sekali. aki butuh tegangan 16-17 volt selama 1-2 jam agar aki tetap segar.

Unknown mengatakan...

untuk fullwave massa dari dioda dan aki jadi satu atau di pisah mas??

Unknown mengatakan...

Mas, motor sy mio soul, pakai 2aki(3,5A+7A) itu utk hid+demon+angel, klakson hella, neon ring 12" 40watt x 2bh, strobo dll itu bgsnya pake dioda 5/1 yg 6A smua yah?

Unknown mengatakan...

naikkan voltase dari spull lampu gimana Uncle, coz kabel putih dari spull lampu cuman 10VAC, kabel putih lanjut ke qprok. dan kabel kuning dari spull lampu, cuman 8-10VAC, langsung menuju ke switch lampu depan.
sedangkan kabel putih line hitam, dari qprok, menuju ke switch lampu depan, voltasenya ndak ngangkat,

stlh ane cek,( 2 qprok ane qprok utk supra merk aspira, dan qprok utk supra merek AHM) pake adaptor laptop (yg multi colokan) , sedikit di modif, dan saya set ke 12VDC, utk jalur ke lampu depan, tidak keluar voltasenya, plus dr adaptor, masuk ke jalur utk kabel putih dari spull, minus, masuk ke jalur utk kabel hijau/hitam. tp jalur kabel merah keluar voltase 11VDC, dinaikkan switchnya ampek 24V di adaptornya, colokan kabel merah ampek 15.6VDC.

Dan yg lucu, aki ane, Voltasenya 12.4VDC, 27VAC, dgn ampere 2.4.
Krn ane ada 2 qprok, 1 qprok merek aspira, sesuai defaultnya, dan 1 qprok AHM, ane pake utk lampu depan, urutannya, kabel kuning dari spull ane lepas konektornya, kabel kuning dari spull, dimasukkan ke jalur kabel putih di qprok, jalur kabel merah di qprok, ane lanjutkan ke switch lampu depan, jalur kabel hijau, ane lanjutkan ke bodi.

mohon pencerahannya, untuk menaikan voltase dari spull lampu, dari 8-10VAC biar bisa menjadi 12VAC, coz, klo RPM rendah, lampu depan, lampu sein, dan klakson tak mampu.

Solusi battery mengatakan...

aksesorisnya mantap ! modif 5/1 pakai diode 6 amper semakin mantap

Anak CINDE mengatakan...

mantap gan izin share yah...

tio mengatakan...

bro kalo kiprok thunder 125 gimana caranya, potong di kabel mana? sepertinya kabel kiproknya yang hitam ada dua. terima kasih

Solusi battery mengatakan...

dipersilahkan !

Solusi battery mengatakan...

konektor output dua kabel, biasanya negatip dan positip, enaknya diukur pakai voltmeter.

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

uncle zak yg budiman saya mau tanya..

motor saya suprafit new th 2005,
pertanyaanya:
Rangkaian yg mana yg harus saya pakai uncle zak,
dan brapa ampere dioda yg hrus saya pakai ?

maaf sbelumnya pertanyaan saya trlalu tolol .. tpi mohon di respon sesuai pertannyaan.

trima kasih sblumnya uncle Zak yg budiman .

Unknown mengatakan...

om mau tanya, kalo buat tiger lama buka yg revo pakai rangkaian yg mana ya? accu sudah pakai punya binter mercy yg 10AH, thanx b4

Unknown mengatakan...

o iya lampu depan saya pakai H4 145/100 watt, selebihnya standar, ga pakai asesoris macem2

tio mengatakan...

Om setelah saya perhatikan ternyata kiprok thunder kabelnya ada 5, 3 hitan. yang dua hitam strip merah dan hitam strip putih, saya belum ukur voltasenya, jadi bingung om.

Unknown mengatakan...

salam kenal om, mau tanya. motor saya glpro neotch, accu 12v 2,5a. saya ingin buat rangkain ini. pertanyaaan saya: berapa ampere diodenya dan rangkaian yang mana saebaiknya yg ysaya harus buat. 1/1, 3/1, atau 5/1 om. Terima kasih

edie mengatakan...

Klo aki motor buat vario sama jg cara ngerakit nya Om...thk's

Solusi battery mengatakan...

motor ane juga supra fit, ane pakai 5/1 mantap benar, lampu terang dan aki tetap segar
diodenya pakai saja yang 6 amper

Solusi battery mengatakan...

pakai saja modif 5/1 pakai diodenya 6 amper semua

Solusi battery mengatakan...

kalau engga punya voltmeter enaknya soket dua kabel ditelusuri yang ujungnya konek ke body mesin, atau ke negatip aki, maka kabel negatip kiprok bisa ditentukan.

Solusi battery mengatakan...

modif kiprok 3/1 pasti mantap

Solusi battery mengatakan...

motor vario dan supra fit sama ngerakitnya buat vario pakai saja modif 3/1

Unknown mengatakan...

udah coba pakai modif 5/1 dioda 6A semua, hasilnya sangat memuaskan bos. sebelum pasang dioda, tegangan aki dgn rpm tinggi cuma sktr 13V (pake volmeter biasa Heles, ga punya yg digital :p) dan setelah pasang dioda, tegangan aki dengan rpm sedang sekitar 16V. Uji coba yang kedua, pakai aki soak, harus stater kaki, ga bisa stater tangan, dihidupkan sampe 10 menit, trus dimatikan dan dicoba pakai stater tangan, tetap ga bisa. setelah pasang dioda, hidupkan pakai stater kaki, dihidupkan cukup 5 menit, dimatikan trus dicoba pakai stater tangan, lgsg hidup, benar2 ampuh triknya. Ini sdh saya test slama 3 hari dan ga ada kendala sama skali dan setiap diukur dalam kondisi mesin mati, tegangan aki full terus. Makasih banyak bos atas trik dan sarannya. Klo ga pake trik ini, seminggu skali harus cas aki :(

Unknown mengatakan...

Mas, utk trik kiprok motor mio soul saya sangat memuaskan. Ada trik utk mobil Honda Crv yg 2500CC Matic ? Aki sering soak sendiri, dalam 1 tahun udah 2x ganti Aki, mau merk Yuasa ato GS sama aja. Mobil jarang dipakai, tiap pagi cuma dihidupkan sktr 10-15 mnt utk panasin mesin saja. Ga sampai 2 bulan, aki pasti soak, tegangan di bawah 12V. Mobil dipakai sebulan 1x cuma sktr 1-2 jam saja. Ada trik atau saran bos untuk mobil ini ? Karena tiap bawa ke bengkel, alasannya cuma 2, pertama karena mobil jarang dipake, kedua aki sudah rusak, padahal baru stgh tahun lebih ganti aki baru. Memangnya kalau mobil cuma dipanasin, akinya tdk mengisi yah ?

tio mengatakan...

uncle saya sudah aplikasikan metode ini pada suzuki thunder 125 dengan menggunakan 5 buah dioda 6 amper, tetapi sepertinya belum ada perbedaan yang saya rasakan, seperti misalnya lampu ketika lampu besar nyala kemudia saya nyalakan lampu sen, lampu besar masih ikut kedip. saya pasang pada jalur negatif. atau mungkin ada kesalahan dalam pemasangan rangkaian dioda saya. saya juga sudah coba padukan dengan rangkaian capasitor bank super power nya uncle zak dengan menggunakan 2 capasitor 10000 mikro farad 50 volt, dengan sambungan ke kabel spul dan aki. mohon pencerahannya.

Solusi battery mengatakan...

aki merk apapun jika didiamkan, 3 - 4 bulan pasti akan drop/soak, bahasa kerennya self discharge/debit diri, kedua asam sulfat dan air akan terpisah, asam dibawah air diatas, seperti minyak dan air, maka ketika dibutuhkan starter, pelat atas reaksinya berkurang, pelat bawah aki diselimuti asam, akhirnya kurang maksimal/soak

solusinya aki harus dicas external perbulan sampai tegangan 15 s/d 16 volt full power sampai bergelembung, kurang lebih 4 - 6 jam, pasti mantap.
cas dimobil sudah dilimit 13,8 s/d 14,2 volt.

Solusi battery mengatakan...

tingkat keberhasilan modif hanya bisa diukur voltage terminal aki tanpa beban, positip dan negatipnya, biasanya thunder sebelum modif voltage hanya pada area 13 - 13,5 volt, setelah modif berapa ?

soal lampu depan berkedip ketika sen dinyalakan, biasanya kabel utama/sekering konek ke aki, terus menuju kunci kontak, biasanya kabelnya sangat kecil.

solusinya kabel sekering ganti pakai sekering yang kabelnya tebal/serabutnya tebal pakai sekering mobil,

kabel yang menuju kunci kontak ganti pakai kabel serabutnya tebal. pasti mantap !

Unknown mengatakan...

Terima kasih atas jawabannya om. Berarti saya siapkan diodanya 6A x 4 yah om

Unknown mengatakan...

Om, untuk tiger 2000, potong kabel yang mana? hitam apa yang hijau?
terus enaknya pake rangkaian yang mana?
ane pake H4 100/90watt, terus pake aki 2(7AH+5AH),,
tapi aki tetep tekor..

Solusi battery mengatakan...

kalau pakai lampu 100/90 watt pasti akan selalu tekor kalkulasinya : kemampuan generator tiger : RPM rendah 35 watt RPM tinggi maksimal 105 watt dan pasti akan selalu minus, dan akhirnya ambil cadangan energy dari aki, dan akhirnya aki pasti tekor.

kalau mau solusi anti tekor : lampu besar langsung ambil dari generator, kabel merah yang menuju aki dipasang diode, katodanya langsung ke aki anodanya konek ke lampu besar pasti mantap.

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

uncle zack,ane pnya mtr vario thn 2008,ane pke lmpu hid 35watt x 2.dan sering tekor,ane udh gnti aki kerin baru v msh ttp aja tekor..ane pngen pasang cara uncle zack.v ane gak tau carany?tlong uncle zack mhn pncrahan nya..

Unknown mengatakan...

dan klo modif kiprok 5/1 bsa ga uncle bwt mtr vario ane?trus klo mslnya udh brhasil apa harus gnti klstrikan dari AC ke DC?

Unknown mengatakan...

Uncle zak, motor aq mio soul pke lampu hid udh di coba pke dioda 1/1 sama 2/1 di kabel positip. Tp msh tekor jg akinya. Mohon pencerahan. Thx

Solusi battery mengatakan...

pakai lampu HID 2 buah biar engga tekor butuh pasokan energy 6 amper dari generator, posisi langsam maupun rpm tinggi

masalahnya kemampuan generator motor ente RPM rendah cuma dapat 2 amper, rpm sedang 4, dan rpm tinggi dapat amper, sudah pasti tekor, tinggal menghitung hari.

ane sarankan pakai HID 1 buah saja, pasti engga tekor, posisi gas RPM rendah dibesarkan sedikit, modif diode 5/1 pasti ok

Solusi battery mengatakan...

modif diode 5/1 vario sangat bisa

Solusi battery mengatakan...

sebaiknya modif pakai jalur negatip 5/1, dan posisi gas langsam dibesarkan sedikit pasti ok.

Unknown mengatakan...

Yg 5 nya itu pke brp ampere ?

Unknown mengatakan...

ane udah pke modif diode 5/1..dan diode 6 amphere smua..klo modif generator ny supaya ningkatin amphere nya bsa ga uncle?

Unknown mengatakan...

Uncle aq dah coba pke modip 5/1 di posisi ground. Tpi msh ttp tekor cmn lampu blkg sma sen msh ttp orinya. Apanya yg hrs d rubah lg ?

Solusi battery mengatakan...

bisa pakai diode 3 amper atau 6 amper

Solusi battery mengatakan...

pasang booster coba baca artikelnya

Solusi battery mengatakan...

akinya sudah sulfation, coba ganti akinya pakai GS astra/ aspira.

Unknown mengatakan...

uncle zak yg baik hati,ane udah baca artikel mmbuat booster pengisian aki.cara pasang ke mtr vario gmn uncle?

Unknown mengatakan...

Uncle zak,saya punya thunder gsx 250,aki motorku slalu tekor apabila lampu dinyalain,bahkan kalo akinya nggak full semua lampu dinyalain lama kelamaan motor mati pada rpm rendah(lampu depan bawaan pabrik 100w,aki 12v,10a,full wave)),yg saya bingung apabila mesin dinyalakan,aki dilepas tegangan pd pengisian cuma 9-10v pd rpm diatas 2000,tp kalo aki dipasang,output kiprok ke kelistrikan motor dilepas tegangan normal 12-13.5v,jadi tegangan turun saat masuk ke cdi dll,apakah kelistrikam ada masalah atau hanya akinya saja yg soak?apakan bisa diakali dg menaikan tegangan?kalo bisa sebaiknya pake cara mana?,mohon pencerahannya,terimaksih banyak untuk uncle zak

Solusi battery mengatakan...

gambarnya sudah jelas, yang penting perhatikan dengan seksama.

Solusi battery mengatakan...

motornya normal !, cuma kasusnya akan selalu berulang karena pakai lampu bebannya besar 100 watt, membutuhkan 8 amper arus dari generator, baik rpm rendah maupun tinggi, kemampuan alternator thunder RPM rendah 3 amper, RPM tinggi 7-8 amper, sudah pasti akan tekor.

solusinya :
ganti lampu wattnya lebih rendah 55 watt atau lampu efisien HID cuma butuh 3 amper.
atau, kalau pakai 100 watt enaknya langsung ambil dari generator. engga ambil dari aki.

Unknown mengatakan...

booster nya di pasang ke masa sma aki doank ea uncle?

Unknown mengatakan...

tapi bawaan pabrik memang 100w,blm pernah ganti,utk lampu dll dari pabriknya semua ambil dr aki,dl wkt msh baru sampe 5th lbh gak ada mslh,lampu sangat terang aki nggak tekor,tp setelah ditambahin alarm dan aksesoris lain aki mulai tekor,tp sekarang dah tak cabut semua aksesorisnya tp msh tetp tekor,kl spul memang pernah gulung ulang persis aslinya,kl beli yg asli mahal banget diatas 500,kl saya curiganya spul atau kabel body,mungkin uncle zak punya solusi kl harus ganti kedua2nya sangat mahal.thanks

Solusi battery mengatakan...

alaternatif terakhir pakai booster coba baca artikel nya posisi langsam lumayan dapat tambahan power 100 %, cara pasangnya mudah, karena beban 100 watt beban berat pasangnya engga usah pakai alat otomatis. langsung konek.

Solusi battery mengatakan...

cara pasangnya sangat simple coba perhatikan gambarnya

Unknown mengatakan...

uncle motor saya honda revo absolute,motor saya menggunakan lampu HID tapi AKInya sering tekor,bagaimana solusinya agar AKI motor saya tidak tekor???

mohon konfirmasinya

jemmy_bjm mengatakan...

oy Uncle Zak, untuk mobil carry 1,5 bisa ga? soalnya akinya sering tekor karena mblnya jarang dipakai (sebulan 2x) dan kalau dipakai paling cuman 2 jam doang..

Unknown mengatakan...

uncle zak,klo pasang booster pngisian aki tanpa pake relay sma switch bsa ga?adakah krugian nya?mhn pncrahannya.. :)

Unknown mengatakan...

SIP, SANGAT BERMANFAAT...
Saya udah nyoba trik ini di 2 motor, yaitu motor saya dan mtor kakak sy,
Honda SupraFit2004 & Honda Fit-X 2008,
::
untuk SupraFit2004 saya pake trik ini deoda 3/1, 1A & 6A,
sebelum dimodiv tegangan aki cuma 11,5v stelah dimodiv 14v-15v, MAK NYOSS.. Hasilnya JOSSSSsss!!!! aki Full tank terus (kyk bensin aja 'fulltank' ,hhehe)
acesoris tambahan :
klakson Keong 45W,
Lampu LED Luxeon 10W,
LED Cree 15W, dll.
KLakson nya Bunyinya Nyaring & Lantang.. (sampe2 klo ngLakson sering dipLototin orang wkwkwkwk)
Lampu nya jd terrrrang bgt, klo malem2 lewat jalan sering jadi tontonan org berasa ada artis lewat... lampunya buat ngedip2 juga oke smpe lawan arah kdang ngedip2 balik krna kesilauan.
::
untuk Honda Fit-X 2008
acesoris tambahanya cuma Lampu HID 35W,
udah make cara 3/1 gk ada efek, 5/1 juga gk ada efek alias aki tetep tekor, trus pke jalur tanpa modal alias langsung cabut kabel hitam/Groun di kiprok.
Daannn hasilnyaa.. MAKNYOS...
aki full terus, Spanjang jalan lampu HID idup terus no problem,
Saat kondisi berhenti & ktk mesin mati pun Lampu HID nya tetep idup lama dan dalam keadaan lampu HID idup mtor di stater pun tetep Jos stater nya krna supplay accu nya selalu ..
::
THANKS YA, SANGAT BERMANFAAT TRIK NYA...
MKSH BYK YAAA....
Salam...yuda
dari lampung

Solusi battery mengatakan...

coba modif 5/1, terus RPM rendah agak dibesarkan sedikit biar arus listrik dapat 3 amper, pasti mantap !

Solusi battery mengatakan...

tanpa pakai relay dan switch pasang booster bisa, kerugiannya ente harus cek air aki 2 minggu sekali, karena aki terima arus cukup besar, tapi kalau hid nya nyala terus voltage aki normal /stabil.

Unknown mengatakan...

maksudnya modif 5/1 itu gimana yah uncle?

Solusi battery mengatakan...

cara merangkainya bentuknya ada pada gambar 3 diatas

Solusi battery mengatakan...

ane belum coba aplikasikan di mobil, jadi belum tahu hasilnya, merk aki apapun jika mobil jarang dipakai sudah pasti aki akan tekor. aki akan self discharge/debit diri

Unknown mengatakan...

uncle zak,klo pke aki kering apakah harus slalu di cek?trus adakah krugian nya?misalnya pke switch aja tanpa pke relay apa bsa?
Trus ane udah pke modif kiprok cara 5/1,berhasi dan tidak tekorl!tp ktika udah lama di hidupkan kdang2 lampu hid ane suka mati sendiri wktu mtr jalan.trus klo brhnti mtr nya lampu di hidupkan kmbli lg nyala.kira2 apa pnyebab nya?hehe maaf nanya mulu..coz ane kurang ngrti ama klistrikan.mhn pncerahannya

Hari Permadi mengatakan...

uncle,,motor ane sama nih supra x 125,, ane udah modif pake 5/1, begitu diukur pake multitester emg mantap ampe 16V malah kalo digeber ampir 18V,, ane pake accu untuk satria F 5,3A...
tapi ada yg aneh uncle, kok pas di geber gas ses\dang dan gas full hasilnya lampu2 di speedometer ane kok pada ngedip2 gitu ya?? kyk kalo motornya ga pake accu itu lampunya kedip2 ga karuan yg disebabkan tidak ada arus listrik dari accu,,,
nah hal tersebut terjadi pada lampu speedometer sy ketika sy geber sedang dan full dengan kondisi kiprok yg sudah sy modif 5/1 seperti penjelasan uncle zak di artikel ini....
mohon bantuannya uncle,,,hatur nuhun..
by SUPRA125HOLIC Bandung

Solusi battery mengatakan...

kalau ente engga pakai beban berat dan aksesoris lainnya, misinya agar aki tetap segar enaknya modif 1/1 atau 2/1

DENDY SAPUTRA /GENERAL INSURANCE AGEN mengatakan...

uncle zak saya mau nanya mobil saya tegangan pengisian nya 13,5 volt , padahal seharusnya khan 14 volt gmana caranya menaiikan tegangan menjadi 14 volt dg aman ya?

FKI mengatakan...

Assalamu'alaikum... uncle zack, sy mau nanya. Sdkt prkenalan, mtr sy thunder 125. Umurnya sdh hmpr 5 thn. Mslh aki, sdh ganti pada thn ke 3. Kndisi klistrikan nskrg itu pkai knsep touring, pkai sirine, klakson denso, dan strobo, nmun mslh klistrikan msh. Tp skrg, kok lmpu utamanya agk redup.Kira2 apa pnyebabnya?

Rncna mtr sy ini mau diremajakan kmbali,, cat dan klistrikannya. Dan sy rasa prlu pnambahan item2 buat pelngkapan touring. Rncana mau pasangkan lampu HID, angel,demon, eyes proyektor, sirine toa 15 watt 13 suara,klakson(ttp), weser blakang tmbah 2 psang Variasi spt weser variasi, lampu stop F1, piting rokok spt pd mobil utk cas HP(for touring), dan mgkn jk mmungkinkan pasang lampu sorot mobil.


Kira2 utk knsep modif diatas, apa sj modifikasi klistrikan yg prlu diubah,?, apakah hnya pd kiprok dengan pnambahan dioda dgn modifikasi, atau bgmn?. Mohon ptunjuk dr knsep mdifikasi klistrikan. Mlai dr jenis dioda, mdel rangkaian, dll.

Trimaksh bnyak uncle.....


Solusi battery mengatakan...

kalau pakai aki kering/mf engga perlu di cek, dan tidak usah pakai peralatan tambahan.
lamou HID sering mati, penyakitnya biasanya sekering lampu HID kendor atau kabel yang aki terlampau kecil., akhirnya menyebabkan panas, pasokan listrik ke ballas hid terganggu

ganti kabel atau sekeringnya pakai kualitas bagus pasti mantap.

Solusi battery mengatakan...

kemungkinan akinya sudah sulfation/powernya tinggal 75 %, coba cas akinya pakai charger ekternal cas selama 8 jam biarkan voltage mencapai 16-17 volt, aki kembali segar dan voltage dimobil kembali ke 14-14,5 volt.

Unknown mengatakan...

bos saya punya motor megapro tahun 2005 tapi sayangnya lampu tidak bisa terang dan akinya cepet drop dan tidak bisa mengisi.mohon bantuannya bos.

Solusi battery mengatakan...

untuk motor thunder yang harus diperhatikan pada kabel positip dari aki ke kunci kontak dan sekeringnya karena kabel ini membagi supply seluruh kebutuhan listrik lampu besar, sen, dan aksesoris lainnya. usahakan kabelnya agak besar dan sekering yang kokoh. jika kabel utama ini sudah karat dan sekeringnya sering kena panas otomatis lampunya redup.

kalau mau di modif kabel ini yang harus dimodif, seperti sistem kelistrikan mobil. pasang relay besar (main Relay), kunci kontak hanya terima arus kecil untuk menggerakan/konek main relay, seluruh arus dikendalikan main relay.

jika powernya masih kurang, pasang saja booster disini ada artikelnya, pasti akan menambah performa kelistrikan, suara klakson lantang, dan lampu besar bisa menembus kegelapan malam !



Solusi battery mengatakan...

motor megapro sebenarnya sudah fullwave, kalau masih akinya tekor terus, pasang saja booster, artikelnya ada disini coba baca ; cara mudah membuat booster kiprok pengisian aki.

DENDY SAPUTRA /GENERAL INSURANCE AGEN mengatakan...

maaf uncle zak apakah apabila tegangan pengisian dr regulatornya 13,5 volt itu normal dan klo misalnya tdk normal apakah bisa menggunakan trik ini dan bgmana cara yg paling simpelnya?

DENDY SAPUTRA /GENERAL INSURANCE AGEN mengatakan...

Sudah saya cas 8 jam tapi sama aja hasilnya , karena kalau AC nya di besarkan /dikencengin tombol nomer 3 accunya pasti tekor tapi klo AC nya dikecilin yg nomer 1 ga apa2 alias ga tekor, acuu tekor ketahuan saat jalan pake AC besar trus berhenti ga kuat start lagi, tapi klo acu sudah di charge bisa start lagi, kalau nyalain lampu besar dan yg lain2 tdk pengaruh , gmana solusinya ya? krn sudah dicek di tukang dinamo amper dan dinamo starter tdk apa2.........

Unknown mengatakan...

klo aki masih tekor terus apa penyebabnya om.ok,trima kasih atas bantuannya.akan saya coba om.

Solusi battery mengatakan...

IC alternator 13,5 s/d 13,8 sebenarnya sudah normal, biasanya mobil-mobil eropa Mercedes, mobil-mobil japan biasanya 14 s/d 14, 5 volt.
kalau mau "Bohongin" IC alternator agar limitnya naik prinsipnya bisa, boleh juga buat bahan postingan bahas alternator mobil.

kasus mobil ente sepertinya ada konslet body pada area blower/kipas angin pada switch nomer 3, matikan saja switch yang bermasalah/jangan dipakai.

Solusi battery mengatakan...

kalau umur akinya sudah lama/tua biasanya sudah sulfation, coba ganti akinya. kalau akinya masih baru, coba cas selama 4 jam pakai cas ekternal. biarkan voltagee aki sampai 16 volt

Agunkk mengatakan...

permisi mau coba ikutan nanya om .
motor saya yamaha scorpio thn 2005 .
kelistrikan standart(AC) di rubah ke DC mengunakan kiprok standart ,karna pemasangan HID efeknya aki jadi tekor .
sebelum dirubah kelistrikannya keadaan normal semua .gak ada masalah ..
saya pakai accu GS GM7B-4B (gold shine) 12v -7Ah
solusinya supaya bisa normal semua gimana ya om??
mohon bantuannya ..

Materi Belajar mengatakan...

saya baru ganti aki om,tapi tetep aja masih tekor.cara pemasangan boster kiprok gimana om?

Solusi battery mengatakan...

motor scorpio power generatornya sebenarnya sudah sangat mantap, jalu charging aki : 6 s/ 7 amper didapat rpm tinggi, rpm sedang 4 amper, rpm rendah 1,5 amper.
modif kiprok 4/1 cukup membantu menambah limit pengisian aki pada rpm tinggi
lampu hid butuh arus listrik 3 amper konstan, biar engga tekor, gas rpm rendah sedikit dibesarkan agar dapat 3 amper. jadi balance.

Agunkk mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Agunkk mengatakan...

om .saya sudah modif kiprok 4/1 .memang hasilnya pengisian jadi lebih cepat .tapi kenapa ya kabel sikring dari bendik jadi panas di rpm 7000 - keatas?
saya pakai diode 6 amper semua .
apakah terlalu besar diodenya atau perlu ganti kabel sikring yang lebih tebal?
tolong dibantu ya om .
makasii

Solusi battery mengatakan...

sekeringnya ganti yang lebih besar, sekering engga boleh kendor harus kokoh jika kendor efeknya akan panas dan rumah sekeringpun akan meleleh kena efek panas.

Solusi battery mengatakan...

kalau aki baru minimal enam bulan baru tekor, kalau pakai aki abal-abal seminggu bisa tekor, sekarang paling enak ukur voltage akinya jika digas voltage naik ke 13 s/d 15 volt dipastikan kiproknya bagus, jika voltage diam 12 volt walau gas digeber dan cendrung turun voltagenya dipastikan sekeringnya putus atau kiproknya rusak.

Unknown mengatakan...

uncle sya udh pasang modif cara 5/1 dan udh pasang jg booster pengisian aki pke yg 80v 10.000uf..apakah tidak akan trjdi apa2 pda mtr vario saya?
Positif elco di pasang dioda trlbih dahulu lalu di pasangkan pada positif n negatif aki.lalu negatif elco di sambungkan ke kabel putih stator/spul dan kabel putih satunya yg sdh di putus td di isolasi dan di biarkan saja.Trus knapa pke hid 2x35 watt msh ttp aja tekor uncle..apakah ada yg slh dlm pemasangan nya?

Unknown mengatakan...

saya pasang booster nya gak pke relay sma switch..apa tidak apa2 untk aki mtr saya uncle?

Solusi battery mengatakan...

kalau lampu besar nyala terus aman-aman saja, kalau jarang pakai lampu sebaiknya pasang switch, arus listriknya besar.

Solusi battery mengatakan...

cara pasang booster kurang tepat, kabel putih adalah kabel charging ke aki, harus dipasang, coba lihat artikel : modif fullwave tanpa bongkar spull cara pasangnya gambar paling atas, lebih sederhana

Unknown mengatakan...

uncle saya udah coba v msh cara yg lama cuma jalur kabel stator yang putih di ganti ke kabel wrna kuning?sdh betul kah?

Unknown mengatakan...

Uncle,berap banyak dioda yang harus saya gunakan??
dan berapa amper dioda yang harus d pakay??

Mohon konfirmasinya!..

Solusi battery mengatakan...

sudah betul ! solder dioda yang bagus biar mantap dan jangan terbalik, kalau terbalik bisa konsleting.

Solusi battery mengatakan...

pakai 6 buah diode, pakai saja diode 6 amper biar mantap !

Unknown mengatakan...

sudah uncle..v ktika mtr di hidupkan dioda nya panas bgt.ane takut pada meleleh..apakah itu normal uncle?

Unknown mengatakan...

Uncle

saya mau tanya.saya pakai motor jupiter th 2003. di motor saya pakai kiprok tiger, klakson kapal, lampu hid, lampu angel eye.padahal saya sudah pakai kiprok tiger. tp aki msih saja tekor. gimana caranya agar aki tidak tekor?

Terima kasih sebelumnya.

Customer bekasi mengatakan...

Uncle zak, mtr sy vixion 2011,,aki gs astra 3.5A, lmpu depan autovision H4 45/40W, biar gag tekor aki nya, rangkaian dioda ny brp??

Solusi battery mengatakan...

diode fungsinya merubah arus ac ke dc otomatis panas, dioda tidak akan meleleh, daya tahannya sampai suhu 150 derajat celcius

Solusi battery mengatakan...

posisi gas rpm rendah dibesarkan sedikit biar posisi langsam generator dapat memasok arus listrik 3 amper lebih jadi balance dengan HID, kalau lampu hid nyala terus, pin sensor kabel tengah kiprok tiger warna coklat diputus saja biar jadi unlimited.

Solusi battery mengatakan...

modif pakai diode 4/1 bisa membantu pada rpm tinggi pakai jalur kabel negatip, RPM rendah gas dibesarkan sedikit biar balance dengan lampu 45/40 watt.

Materi Belajar mengatakan...

om mau nanya,kabel hijau yang menuju kekiprok motor megapro saya,saya potong dan saya sambungkan ke kutub negatif aki.dan kiprok sangat panas,apakah itu tidak apa2 atau itu bisa bermasalah bagi kiprok om.terima kasih

Ragiel4 mengatakan...

uncle apa bisa trik ini di kombinasikan dengan trik modifikasi lampu motor sistem AC ke full DC,? ane rencana mau pake untuk suzuki hayate dengan bohlam lampu 25W X 2, bohlam mau ane ganti 35W x 2.takut aki ane tekor soalnya. trus pake rangkaian diode yg berapa soalnya ada peningkatan kebutuhan watt dalam lampu besar.

Solusi battery mengatakan...

kabel hijau dipotong dikonek ke terminal aki negatip atau tidak dipotong sama saja tetap terhubung ke massa/ground, kiprok megapro sudah pasti akan selalu panas, karena cara kerjanya arus lebih dari stator dibuang /dikonsletkan ke ground, efeknya kiprok jadi panas.

Solusi battery mengatakan...

kalau pakai lampu 35 watt 2 buah butuh arus listrik 6 amper ( beban berat )kalau ambil listrik ambil dari aki full dc sudah pasti akan tekor, enaknya pakai sistem ac saja, beberapa hari lagi akan diposting triknya sistem penerang ac lebih dasyat dari full dc.untuk yang pakai beban berat

iwan mengatakan...

om,apa bisa modif kiprok pengisian aki di sertai langsung dengan modif kiprok lampu besar lebih terang?

Solusi battery mengatakan...

dua modif sekaligus sangat bisa !

Ragiel4 mengatakan...

waduh uncle dah terlanjur dibikin dc, ini lagi nyoba pake bohlam standar bawaannya 25W X 2.ane demen dc soalnya uncle, ngga ngedip2..hehehehe. ada solusi lain uncle biar ane bisa pake 35W X 2 ngga pake tekor.

Solusi battery mengatakan...

masalah aki tekor terkait input dan output arus listrik, pakai saja unlimited gunting kabel hijau atau hitam kiprok.lampu lebih terang dan mantap.

Ragiel4 mengatakan...

tanya lagi uncle. kemaren ane bikin dc pake lampu 25W X 2 ternyata tekor. kalo gini gimana uncle, saya bikin dc, tapi kabel kuning kiprok ngga disambung ke kabel warna merah,tapi ane sambung ke kabel kontak, trus ane tambahin trik pake unlimited potong kabel hijau atau hitam kiprok, tekor ngga uncle? asumsi msh pake bohlam 25W X 2. kalo ane ganti bohlam 35W X 2 gimana? lampu ane sudah model AHO, kontak langsung nyala.maaf ya uncle ane nanya terus,.belom dapet solusi buat lampu motor bisa dc pake 35W. ada saran?

Materi Belajar mengatakan...

om bila kabel hijau tersebut tidak saya sambungkan ke kutub negatif aki dan pada rpm tinggi lampunya mati.itu apa penyebabnya om?trus bila aliran aki pada kutub positif saya putus motor saya tidak bisa hidup itu knp om?makasih sebelumnya

Solusi battery mengatakan...

output power alternator motor setiap motor berbeda, pakai 25 watt x 2 posisi agak riskan posisi rpm rendah, coba test voltage pakai voltmeter digital,dan atur posisi gas agar voltage aki di area 12, 2 s/d 12, 5 volt. posisi rpm rendah. jika posisi volt aki diarea tersebut pasti engga bakal tekor.

Solusi battery mengatakan...

cara kerja kiprok megapro posisi RPM tinggi tanpa aki arus listrik dibelokan ke masa, jadi lampunya mati/meredup. mungkin motornya sussah hidup,

nkusuma mengatakan...

uncle saya mau tanya, kalau dipake semua yang 6A buat dipake di vario dengan 2 lampu HID depan, apa bisa mengatasi aki tekor om? maklum newbie nih om. mohon bantuannya.

Ragiel4 mengatakan...

baik uncle, terimakasih atas masukannya, kalo gitu saya pake yang rangkaian dioda aja dulu sementara pake trik 3/3 lampu tetep ac. ditunggu trik-trik yahud berikutnya uncle. thanks

tq4ryl bocah kelana mengatakan...

Muantaaap info nya Uncle, klo buat tiger revo yg udh pasang kapasitor bank 10.000mf 50v x 4 +klakson Stebel+ klakson mobil+ foglamp 55w+ Headlamp H4 55w brpa bnyak Diode nya Uncle, trus kabel kiprok nya yg warna apa. Makasih sblumnya utk untuk smua informasinya.

Unknown mengatakan...

numpang tanya om,
aku ada masalah pada vario 125 yg kalo gk salah sistem ACG 3 phase kiprok menyatu dgn ECU.
bisa gak cara diatas diterapkantpada motor ini dan gimana cara naikin arus pengisian karna akinya sering tekor stlh ganti lampu dgn watt lbh besar 35 watt x 2 dari standar 25 watt x 2
saya cek dg avometer voltage cuma dikisaran 9-10 volt,kalau udah gitu ngengkol dah kalo mau nyalain motor.
mohon masukan dan bantuannya, trimakasih

Unknown mengatakan...

Om saya mau tanya saya pake kiprok tiger saya pasang lampu hid kalo mau pakai rangkaian 5/1 itu kan di sambung nya ke kabel ground yg dari kiprok trus soket kiprok nya tu ada 5 kabel 1 2 3 di atas dan yg no 4 5 di bawah urutan nya dari kiri ke kanan itu kabel ground nya yg no brpa om zak trus kalo saya pakai rangkaian 5/1+di tamabah boster bisa ga? Mhon jwban nya ya om zak?

Solusi battery mengatakan...

pasang dua buah HID butuh arus listrik 6 amper konstan, RPM rendah maupun tinggi, kemampuan generator vario memasok listrik rpm rendah 2 amp sedang 4 amp tinggi 6 amp, jadi yang pas pasang satu HID, kalau pakai 2 buah pasti tekor.

Solusi battery mengatakan...

standar motor made in japan kabel masa warna hitam atau hijau, pasang 4/1 lebih power full

Solusi battery mengatakan...

trik ini universal jadi bisa untuk naikin arus pengisian aki untuk semua motor, kalau voltage aki sudah 9-10 volt, coba cas ekternal, kalau masih tidak kuat stater akinya sudah sulfation harus diganti.

Solusi battery mengatakan...

kalau sudah pasang kiprok tiger, pasangnya di pin no 2 kabel sensor, model diode kabel positip, pakai booster lebih mantap.

gepe mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
de_rose mengatakan...

Om Zak, salam kenal.
Mau tanya dikit. untuk rangkaian diatas apakah arus ampere nya jg msh sama atau turun karna efek menaikan tegangan? jadi ya percuma kalo tegangan naik tapi ampere nya turun, karna yg saya liat diatas cuma pict hasil ukur tegangan saja.
Apalah arti sebuah tegangan tanpa arus.... eehehehehehe.
Dioda nya sendiri apa ga panas waktu rangkaian aktif..??

Saya sendiri lagi bikin Aki dari bekas cell batre leptop (Li-Ion), total 16 buah, rangkaian seri-paralel 4x4, jadi total (klo msh bgs cell nya) 16v/8A (16.8v jika 4.2v/cell).
kebetulan ada blog nya si Om jadi bisa modip kiprok buat ngimbangin tegangan aki yg sekarang.
Hanya saja untuk masalah Aki/battery kan ga sembarangan setrum(cas) Om.. ane cek di batteryuniversity.com ribet juga klo ngerawat aki/batre, ga boleh cas melebihi 1C bla bla bla....

So, intinya... hasil modip kiprox om Zak apakah output arus(ampere)nya tetap sama? dioda 6A apakah cukup? 14v x 6A = 84Watt, klo kiprok ternyata bisa 95Watt, wahh.. sayang dong ada yg disunat sama dioda..

thx in advance..

Solusi battery mengatakan...

prinsipnya sama saja, contoh diatas sudah universal, standar warna kabel kiprok motor made in japan, kabel warna merah positip ke aki, negatip/massa : hijau/hitam, kuning : lampu/generator ac, putih : generator

Unknown mengatakan...

uncle zak kalau dicoba ke lg pro neotec ko malah ketika di gas jadi gak lancar,,,,apa salah pasang atau gak cocok untuk neotec....

Unknown mengatakan...

maap om zak mau tanya sekali lagi maklum om saya kurang hapal hhee, berarti dioda nya langsung di colok ke kiprok yg pin no2 trus yg satu nya lagi di hubungkan ke masa/ground begitu bukan om zak?

Solusi battery mengatakan...

trik ini sebuah metode khusus untuk menaikan limit cut out voltage pengisian aki, efeknya aki selalu dalam full power 101 %, misal setingan kiprok pabrik 13,5 sudah cutout kurang mantap, kita rubah ke 15 volt cutout, terus bagaiman amper nya, sudah pasti ada kenaikan engga mungkin aki naik voltagenya jika tidak arus listrik.

untuk model kiprok tipe series varian bebek efek pemasangan diode model seperti diatas, jelas akan mempengarhi efek zener pada gate scr, gate scr terbuka lebar maka arus listrik lebih besar,pada rpm yang sama sebelum modif. untuk model kiprok shunt juga sama efek zener belum berpengaruh ke gate scr, akibat amper lebih besar pada rpm yang sama.

diode dirancang dan tugasnya untuk menahan panas sampai suhu 150 derajat celcius engga usah takut

soal referensi cas aki, ada ribuan referensi, coba cek patent USA, mungkin referensi terbaik adalah pengalaman yang dilihat, dialami, dan dirasakan.

Solusi battery mengatakan...

modif seperti untuk motor gl pro sangat bisa, kemungkinan salah kabel !

Solusi battery mengatakan...

jangan ke masa bisa konsleting, hanya dihubungkan di kabel no.2, entar kalau sudah jadi posisi diode, ada diantara kabel no2.

Unknown mengatakan...

mau tanya on Zak, saya pake vixion lightning.
sekarang pake HID 35W dengan angle dan demon eye
trus dimotor saya pasangin voltmeter digital yagn diambil dari stop kontak

pada posisi mesin nyala dengan rpm rendah
sebelum dinyalakan HID 35W dengan angle dan demon eye tegangan standar nya 14,3V
ketika angle dan demon eye nyala tegangan turun jadi 13,8V, ketika rpm dinaikkan menjadi 14,1V
ketika semua nyala (HID, angle dan demon eye) tegangan makin turun menjadi 13,5V, ketika rpm dinaikkan menjadi 14,0V mentok.

pertanyaan :
1. diode berapa amper dan model seperti apa yang sebaiknya dipakai?
2. pemakaiannya di jalur positif atau jalur negatif?

keterangan :
- Kiprok model Half Wafe dengan kabel warna kuning-hitam-putih-merah(rangkap dua)
- spesifikasi aki merk Yuasa : 12V 3Ah/10HR

Saya mohon bantuannya Om Zak, terima kasih.

nkusuma mengatakan...

kalau ditambah 1 buah accu yang 6 amp gimana uncle, setidaknya meminimalis tekornya accu, yang saya baca2 seperti itu jadi mohon pencerahan uncle zak.

Solusi battery mengatakan...

kalau lihat data power output generatornya sudah sangat super mantap, kalaupun mau modif pasang saja 3/1 dijalur negatip kiprok, pakai diode 6 amper semua.biar power aki tetap 101 %

Anonim mengatakan...

saya baru pasang 3/1 , kenapa jadi meleleh semua timah disambungan diodanya? apakah berbahaya ato tidak cocok ?

Anonim mengatakan...

tambahan: saya menggunakan Modifikasi Tambah Daya dan voltase 1,2 VoIt , jadi diodanya nancep di jalur + , apakah emang panas ?

Solusi battery mengatakan...

pasang aki 6 amper, memang membantu jarak waktu lama tekornya aki.

Unknown mengatakan...

pas saya pasang diode 3/1 di jalur negatif (saya pasang di kabel hitam (-) sebelum aki bukan dekat kiprok karena agak susah bongkar kabelnya) pas kontak ON voltasinya terbaca 10-11 Volt pada Voltmeter yang saya pasang pada kunci kontak.

pas mesin nyala maksimal tegangannya cuman 13,... sekian gak sampe 14V

gimana cara ngecek tegangannya jika saya ingin tau ada kenaikan tegangan atau tidak pada arus keluaran dari kiproknya Om???

terima kasih atas jawabannya Om Zak

Ridho Bikers FU mengatakan...

Misi om mau nanya, saya punya masalah sama aki saya.
Kalo diukur posisi off tegangan aki cuma 10v. Tp kalo dinyalain dan degeber tegangan aki bisa 13-14v. Pas diukur posisi off, teg cuma 10v. Masalahnya dimana ya om? Aki emang abis di servis. Apa Emang ada masalah ama akinya?

Unknown mengatakan...

Uncle zak, mau tny donk..
Motor ane new jupiter z 115, aki ane yuasa 12 v 3 Ah, ane pke lampu hologen 35w x 2, klakson kapal, slebih ny standard (rencana ny mau ditambahin klo ni lancar jaya).

1. ane udh cba pke yg 5/1 smua 6 Amper, tp ane pasang dinegatif aki yg menuju kekiprok (sprti gmbar diatas) , ga ada pengaruh. Apa ane slah psang?

2. Kalo ane mau psang dr kabel item ny kiprok, kan kabel item yg konek kekiprok ane potong jd 2, trus 1 kabel item yg dr kiprok ane konekin rangkaian dioda 5/1, trus rangkaian dioda 5/1 ny ane konek kebody/ground, nah.. kabel item 1 lg ny yg td ane putus itu nasib ny gmn?cuekin aje?atw gmn?

Sory uncle, ane msih newbie ma elektrikal motor..

Mhon pencerahan ny uncle..
Thanks bgt..

Solusi battery mengatakan...

pasangnya wajib dekat kabel kiprok, kalau pasangnya dekat aki sensor kiprok tidak bekerja.

Solusi battery mengatakan...

paling mantap pasang jalur negatip, kecuali motor-motor tertentu pakai jalur positip, rangkaian ini super aman, terkendali dan mantap !

Solusi battery mengatakan...

satu sel aki sudah sulfation seluruh asam sulfate sudah menjadi karang menempel di pelat aki, sepertinya wajib beli aki baru.

Solusi battery mengatakan...

kemungkinan pasangnya terbalik, kabel yang satu di cuekin saja, karena jika ditelusuri ujungnya ke body.

Unknown mengatakan...

maaf uncle, tp d motor sy voltnya naik tp amper dlm keadaan langsam 2 A, rpm sedang turun 1,8, selanjutnya full rpm 1.5 - 1.3 A.

knp malah turun om??
ni sy mw coba triknya om yg lain..

mhn solusinya..

Unknown mengatakan...

uncle zaakk nanya dong.,,
motor ane mx 06 sudah fullwave,pakai kiprok tiger ori.,alhmdlh sudah 2 tahun sih aman jaya tidak ada masalah.,,tapi bbrapa hari ini ada masalah.,,lampu depan agak “ngedip” klo di rem ,seperti gejala aki tekor.,,
#ane cek pake multitester kondisi headlamp,sen dan rem blakang mati
-langsam 14,4vDc.,,
-saat geber tinggi dapet 14,9 – 15,3v Dc..,
#kondisi headlamp,sen,rem dan kipas radiator menyala
-langsam 13,4vDc
-digeber 14,5 – 14,7vDc
(brti kiprok aman)

sudah ane ricek smua soket dan urut kabel tidak ad yg kendor,getas atau grounding.,krn penasaran ane ganti kabel body baru (sekalian peremajaan )..,pinjem aki pnya sodara yg masih baru sebulan pakai pun jg bgtu., ane cm pake bolam osram all season 35/35 12v..,, yg lain standar dar ..,,sebelum fullwave pun ane udah pake ntu bolam., coba ganti bolam (kali aj udah mnt jajan ) tetep bgitu..,,, ane pakai rangkaian dioda 3/1 6 ampere di negative pin 3(ground)..,atau ane seharusny pasang di pin 2 (regulator tegangan n lampu)..,ad saran kira2 harus dbagian mana yg ane rubah biar headlamp tidak "ngedip" saat direm dan jadi superb mantaap???.,mohon pencerahannya uncle zak...,,

Solusi battery mengatakan...

kalau kiprok tiger sensornya ada di pin 2 sudah disediakan oleh produsen, jadi diode mesti dipindahin ke pin 2, model dan bentuk diodenya model pasang jalur positip.

kalau lampu agak ngedip sepertinya power kurang mantap, ada hambatan :
kemungkinan 1 : kabel utama dari aki ke kunci kontak kurang besar,
kemungkinan 2 : sekeringnya kendor, paling mantap pakai sekering mobil pakai sekering 25 s/d 30 amper,
kemungkinan 3 : kunci kontaknya sudah kurang bagus, konek tembaganya kurang bagus didalam kunci kontak.

Solusi battery mengatakan...

kiprok apapun jika voltage sudah tercapai misalkan 15 volt cutout arus amper mengecil, diode zenernya aktip, menutup gate scr untuk model series, sedangkan model shunt scr membuang arus ke ground.

Unknown mengatakan...

oke uncle sya coba biar makin mantap..,,cumaa msh ad yg ganjel nih.,,tnya lagi yaaa ^_^

1.pemasangan dioda di pin 2 itu jalur listriknya termasuk jalur positif atau negatif uncle?? aman ga uncle tkut meleleh solderannya,secara penempatan kiprok jupiter mx dekat dengan tangki bensin(masih bingung)
2.untuk pemakaian sekring 25-30amper apa tidak masalah ke cdi dan komponen listrik yg lainnya uncle.,,takutnya pas arus besar lewat sekring tidak mencut-off jdi jebol cdi dllnya??

nooreko_wardhono mengatakan...

Maaf Uncle Zak, untuk kiprok thunder 125 caranya gimana ? ane baru aja ganti kiprok + aki, tapi beberapa hari aja sudah tekor gak kuat untuk electrik stater
ada 3 kabel hita m semua & 2 kabel ( warna merah & hitam putih)
& dampak / pengaruhnya apa ?

de_rose mengatakan...

thx reply nya om Zak,

hmmm.. sejatinya yg dimodif tuh "harusnya" ganti zener yg didalem rangkaian kiproknya kan om Zak. tapi apalah daya kiprox nya di press rapet bener...

anyway thx bgt om Zak atas pencerahannya,
tapi tetep.. ane sangsi klo pake diode 6A itu..
kira2 rekomen ga om Zak klo pake schotky barrier yg biasa ada di PSU kompouter? simbol nya kaya gini nih --|>-.-<|--
secara doi bisa/aman di paralel n spek ampere nya yg tinggi bgt bisa sampe 30A lebih..
coz, ane byk bgt tuh dioda barrier bekas cabutan PSU.. heheehe.

ataw mgkn bisa pake resistor yg high watt aja ya!?? misal 20ohm/20watt. ?????

Solusi battery mengatakan...

pasang model diodenya seperti contoh model jalur kabel positip.
modif diode aplikasi kiprok tiger, diode tidak menimbulkan efek panas, fungsinya untuk sensor saja.
pakai sekering 25s/d30 amper kalau ada koslet body sekering tetap putus, jika konslet body arus listrik ke body bisa lebih 50 s/d 100 amper tergantung kabel besar atau kecil yang konslet ke body, jadi sekering tetap putus.
pengaruh cdi jebol sangat minim

Solusi battery mengatakan...

kalau pakai aki baru beberapa hari sudah tekor, sepertinya kiproknya tidak bekerja
kalau mau modif ada dua pilihan buat thunder :
1. modif diode 4/1 pakai jalur negatip, seperti gambar diatas
2. pasang booster kabel tengah kapasitor langsung konek ke salah satu kabel sepul, pasti mantap.

Solusi battery mengatakan...

pertimbangan ane pakai diode 6 amper :
1. kalau ente buka isi dalam kiprok original dan non original AC/DC merk apapun pakai diode 3 amper, ane pakai 6 amper sepertinya lebih dari cukup.
2. kalau masih kurang kuat bisa di dobel pararel jadi 12 amper
3. harganya ekonomis dan mudah didapat, di semua toko elektronik.

nooreko_wardhono mengatakan...

Ane masih kurang paham, kalo bisa tolong kirim gambar & cara pemasangannya ke nooreko_wardhono@yahoo.co.id, diodenya brp ampere & yang dipotong kabel yang mana ? Terima kasih sebelumnya

Unknown mengatakan...

suda terpasang uncle.., mantap!!.,
langsam tanpa beban.,: 15,5vDc
langsam with full beban.,: 13.5Vdc
rpm sedang - tinggi tanpa beban : 15,2 - 15,6 vdc
rpm sedang - tinggi full beban :14,3 - 15,1 vdc
cutoff max 15,8..,
lampu sudah tidak genit lagi alias tdk "ngedip" saat drem.,sya pakai diode 1/1 6ampere,soalny msh standar,nti klo keracunan sm perabotan listrik besar tgl ubah rangkaianny.,, trima ksih uncle ilmu nya :D

Unknown mengatakan...

uncle zak mw nanya..mtr sya honda cs1..mw ubah lmpu jd DC dan mw psang dioda jg, prtnyaannya ap bisa sya gk pke aksesoris mcm2 tp mw bkin lampu depan jd 25watt x 2 atw 35watt x 2 dengan pnysuaian smua lampu sein dpan-blkng,lmpu senja dpan dan lampu rem blkang diganti sm LED smw yg totalnya sya hitung 8,2 watt (stndrnya lampu dpan 18watt x 2 dan 65 watt total dr smua lmpu sein dpan-blkang+senja dpan+rem blkng tipe bohlam biasa)?
jika bisa hrus pke brp dioda?
apkh hrs gnti aki yg lbih bsar smisal 5A tnp glung ulang sepul? (stndrnya 3A)

mkasih uncle zak..

Solusi battery mengatakan...

pakai diode 6 amper semua, kabel yang dipotong kabel warna hitam/hijau, pasti mantap

Solusi battery mengatakan...

enaknya jadi unlimited saja, coba baca artikel cara gratis modifikasi kiprok

rakabp mengatakan...

Uncle Zak, mtrku s125, cm sy blm pernah bongkar2 mpe kiprok, mang lampu kurang terang. letak kiprok dimananya ya? apa yang diptong kabel hijau jg? trus klo dioda dipsg pda kable yg dptg aja 22nya, tanpa ke body bisa ga? tks

Unknown mengatakan...

om...motor ane jupiter z. lampu depan kok tiba2 putus. sampe lampu tak kasih 35/35w masih putus, pdhl masih di rpm 2000an...gimana ngakalinnya om.biar g' ganti kiprok baru? makasih om

Solusi battery mengatakan...

letak kiproknya ada diposisi didekat shokbreaker belakang, mesti buka casing, pasang diodenya tanpa ke bodi bisa, gunting kabel hijau, jadi dua : ujung diode konek ke kabel hijau satu, kabel hijau satu lagi konek ke ujung diode yang lain, modif selesai !

Solusi battery mengatakan...

kiproknya sudah rusak mesti diganti, non ori pasaran harganya 35 ribu, kalau mau diakalin ada 3 cara : pakai lampu 100 watt, pasang resistor dikabel masa, 30 ohm >= 100 watt , pasang capacitor 400 uf 100 volt,

Unknown mengatakan...

assalammualaikum,
gan mau tnya ni.
motor saya honda vario CBS thn 2011, kiproknya mati/rusak jadi smua kelistrikannya terganggu smua, gangguannya hampir kesemua kelistrikannya, namun motor masih hidup walaupun harus di sela.

1. nah apakah cara diatas bisa berguna buat masalah yg saya alami ini ??
2. untuk pembelian diodenya dmana ??

mohon pencerahannya gan !!
TERIMA KASIH

Unknown mengatakan...

1. oyya gan emangnya klo beli kiprok yg tidak ori itu gga masalah yya ??

2. trus bertahannya sebarapa lama ??

3. dan kira-kira harganya berapa ??

maklum kantong mahasiswa ni gan.
terima kasih lagi....

Solusi battery mengatakan...

jangan ambil kesimpulan kiproknya rusak, coba cek sekeringnya biasanya kendor, atau soketnya yang kendor. modif model sepeti ini kiproknya harus sudah berfungsi. diode belinya ditoko elektronik diode 6 amper harganya Rp.1000,-/buah

Solusi battery mengatakan...

pakai kiprok non original bisa pakai, kalau lagi mujur bisa bertahan 2 s/d 3 tahun ada juga bertahan lebih dari itu, harganya kurang lebih Rp. 40 ribuan merk fukuyama.

Unknown mengatakan...

Selamat malam, klo bt p220 bgus ga ya Mas, kmren aki saya tekor, saya bwa k bengkel hrus ganti regulator, blm 1 mnggu aki sdh tekor lg, gmna cra mengukur tegangan keluaran regulator? Terimaksih untuk infonya.

Unknown mengatakan...

selamat malam,, ane mau nanya nih, kenapa kalo pake hid sma klakson keong gak kuat yah, kalo kuat hid'y harus mati baru bisa klakson'y, kalo hid'y nyala klakson'y gak kuat digunakan,, itu kenapa yah??

Unknown mengatakan...

om...motor saya yupiter mx 2006...2 hari yg lalu biasanya kalo saya mau hidupin motor biasanya pake start tangan...tapi kemarin waktu saya mau hidupin motornya sudah nggak bisa start tangan...harus pake kick start....setelah hidup saya geber motor saya lamp depan dan belakang langsung mati.....saya tanya ke bengkel motor katanya ganti kiprok...setelah diganti masalahnya masih juga begitu....padahal aki saya sudah ganti yg masih full...baru 10 menit dihidupin test bunyiin klakson akinya langung drop....mesinnya kayak nggak bisa digeber...lampunya depan dan belakang saya sudah ganti ....tapi tidak nyalah...mohon pencerahannya, om...??

Solusi battery mengatakan...

cara ukurnya sangat sederhana, hubungkan voltmeter ke terminal aki positip dan negatip, jika voltage terbaca 13 volt pertanda ada arus listrik masuk ke aki, standar maksimal volatage p220 14,5 volt

Solusi battery mengatakan...

normalnya harus kuat pasang hid dan klakson keong, kemungkinan soket klaksonnya kotor coba dibersihkan, untuk tes langsung jumper ke aki klaksonnya.

Solusi battery mengatakan...

kemungkinan kiprok yang ente beli salah mungkin punya merk lain, masalahnya bentuk kiprok nyaris sama, yang beda hanya posisi PIN nya, setiap merk motor berbeda posisi pin nya

Unknown mengatakan...

om...ternyata yg rusak bkn kiproknya....kabel sepulnya ada yg putus....tapi bukan kumparannya....dan sudah diperbaiki ..sekarang motornya sdh jadi....sekarang yg jadi masalahnya lampu depan kayaknya sdh tidak terang seperti waktu yg lalu.....gmana caranya om, agar lamp depan bisa terang..trims.

Unknown mengatakan...

saya sudah coba booster pake 2 capacitor pada megapro saya om,tpi kok akinya tekor n lampunya redup.apa penyebabnya om?

Solusi battery mengatakan...

untuk lampu agar lebih terang bisa pakai model part 1 dan part 2. coba lihat artikelnya pasti ok

Solusi battery mengatakan...

kemungkinan cara pasangnya kurang tepat

Faisal Aziz mengatakan...

apa cara kaya gini ngaruh klo motor nya pake HID mas?

motor saya mio 2007, pernah coba pake dobel kiprok standar, hasil nya oke oke aja slama beberapa bulan.. begitu saya tarik gas capai kecepatan 120 kpj, kiprok tambahan nya meleleh dan lgsg rusak yg mngakibatkan aki lgsg mati total/ mati..

klo emg cara di atas cocok untuk motor matik saya yg memakai HID, kira" mas bisa kasih tau cara mana yg cocok untuk motor saya agar aki ga tekor dan jg ga terulang lagi sprti yg saya alamin kmarin.. trima kasih untuk solusi nya :)

«Terlama ‹Lebih tua   1 – 200 dari 542   Lebih baru› Terbaru»