iklan google termasur

Senin, 27 Juli 2020

charger aki on off pakai kiprok hemat Rp 110 ribu

Charger otomatis on off pakai kiprok motor sangat efisien dalam bekerja, karena ketika aki sudah full pada tegangan 14 volt arus listrik nyaris tidak mengalir, kalaupun mengalir arus listrik fungsinya untuk menjaga  stabilitas tegangan aki pada area 14 volt. 

gambar diatas adalah skema  charger aki otomatis pakai kiprok

Keuntungan lain misalkan kita lupa mematikan power PLN, maka aki  yang dicas tidak akan mengalami kerusakan seperti casing aki jadi kembung untuk aki kering, dan untuk aki basah air aki tidak akan mengalami kekeringan sangat aman sekali. Dan sel akipun pada posisi power full.

Salah satu kendala dalam hal membuat charger aki motor dan mobil pakai kiprok motor hanya satu yaitu harga kiprok original yang relatif cukup mahal yaitu sekitar Rp 110.000,- sampai dengan Rp 150.000,-  

Penelitian kiprok original
Agar dalam pembuatan charger aki otomatis budget projek charger dapat ditekan  secara ekonomis maka akhirnya paman zak melakukan studi ilmiah perihal kiprok original:
Skema kiprok original
Cara kerja kiprok unit charging aki motor
Komponen elektronik apa yang dibutuhkan
Apakah tersedia komponen elektronik di Indonesia
Hasil nya sebagai berikut :
gambar diatas adalah skema asli kiprok original standar yang biasa digunakan di motor kesayangan anda.
Area blok warna kuning adalah area komponen stabilitas lampu motor, sedangkan area blok warna merah muda adalah area unit kerja charging aki motor

Kesimpulan 
Untuk membuat kiprok  untuk charging aki sangat mudah dan hanya dibutuhkan 4 komponen tidak lebih dari Rp 10.000,- komponen elektronik yaitu :
SCR bt151 Rp 5000
Diode 1 ampere 1N4007 Rp 250
Resistor  560 ohm SD 2k7 Rp 200
Diode zener 15 volt
Heatsink pendingin Rp 1.500,- jika diperlukan.
                   skema kiprok  
Skema charger aki otomatis pakai kiprok buatan sendiri 
Skema charger aki otomatis pakai kiprok buatan sendiri 
semoga informasi ini bermanfaat bagi masyarakat otomotif Indonesia dan dunia pada umumnya.

Minggu, 09 Juni 2019

CDI racing Rp 8000 pakai kapasitor bekas kipas angin

by : Zakir Skynet

Komponen elektronok  kapasitor kipas angin keberadaannya nyaris ada disetiap rumah, jika kipas angin mengalami kerusakan tidak bisa berputar dinamonya rusak, komponen ini biasanya tidak rusak istlahnya komponen ini "bandel" tahan banting. Bagi yang belum memahami manfaat kapasitor ini biasanya di buang dan menjadi sampah, padahal jika kita karyakan kembali kapasitor ini  dapat dijadikan komponen utama untuk membuat cdi ac maupun cdi dc, kehandalannya tidak diragukan lagi, bagaiman membuatnya berikut ini rangkaianya :


kapasitor kipas angin

SCR BT151

capasitor 100 nano 100 volt
resistor 100 ohm setengah watt
Diode 1 amper 1n4007 


langkah langkah untuk membuat cdi racing Rp. 8000 pakai kapasitor bekas kipas angin  bisa di lihat dalam video dibawah ini :


  

Semoga informasi ini bermanfaat bagi seluruh masyarakat automotive Indonesia



Sabtu, 30 Juni 2018

flasher motor elektronik buatan rumah

Flasher motor tipe elektronik ini sangat mudah dibuat, sengaja di rancang dengan komponen komponen elektronik yang tersedia di toko toko diseluruh Indonesia bagi yang ingin berkreasi dan penasaran ingin membuat flasher rangkaian dibawah ini bisa membantu rasa penasaran anda rangkaian ini sudah di uji di laboratorium uncle zak center hasilnya mantap habis.


vt1 A733 bisa diganti pakai resistor BC557 atau 2N5401

hasil riset ilmiah tentang flasher bisa juga dilihat dibawah video dibawah ini :




Semoga informasi ini bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia dan warga dunia pada umumnya, selamat mencoba dan berkreasi, salam damai dari kota Tangerang 

Sabtu, 09 Juni 2018

cdi dc motorcycle flyback converter

Cara kerja cdi sangat sederhana, sebuah power tegangan 200 volt sampai 400 volt mengisi/ mengecas sebuah capacitor non polar biasanya antara 0,5 micro farad sampai 2 miro farad, kemudian dibuang dikonsletkan oleh sebuah SCR pada saat timing pengapian, maka akan menimbulakan percikan api pada coil pengapian yang akhinya akan membakar uap bensin di ruang bakar silender. 

Rabu, 30 Mei 2018

Kiprok regulator AC untuk semua motor

Umumnya motor dengan kapasitas cc 90 sampai dengan 125 cc sistem kelistrikan menganut dua sistem untuk mengecas aki pakai sistem listrik arus dc sedangkan untuk sistem penerangan lampu besar dan lampu ekor/malam listrik yang digunakan masih berarus ac, energi ini dihasilkan dari alternator motor sistem induksi  yang berputar antara sepul dan permanent magnet,

Senin, 28 Mei 2018