iklan google termasur

Rabu, 09 Agustus 2017

Standar Aplikasi Tipe Aki Motor

by : zakir skynet


Motor dan Tipe standar aki









Honda Mega Pro New 2010 GTZ-5S
Honda Scoopy 2009 GTZ-5S
Honda CS 1 125 cc 2008 GTZ-5S
Honda New Revo 110 2010 GTZ-4V
Honda Supra Series 1997 - 2003 GM5Z-3B
Honda Kirana 2002 GTZ-5S
Honda Karisma 2002 GTZ-5S
Honda Supra Fit Series 2003 GM5Z-3B
Honda Supra X-125 Series 2005 GTZ-5S
Honda Supra X-PGM-FI 2005 GTZ-5S
Honda Revo Series 2007-2008 GTZ-5S
Honda Fit-S 2006
Honda Vario 2006 - 2009 GTZ-5S
Honda Beat 2008-2009 GTZ-5S
Yamaha RX-Special 1988 - 1989 6N4-2A-2
Yamaha RX-Z 1988 - 1989
Honda Vario 2010 GTZ-4V
Honda Beat 2010 GTZ-4V
Suzuki Shogun 2010 GTZ-4V
Suzuki Spin 2010 GTZ-4V
Suzuki Sky Drive 2010 GTZ-4V
Honda Win 1981 - 2003 6N4-2A-4
Honda GL Max / Pro 1987 - 1998 GM2,5A-3C-2
Honda Mega Pro 1999 - 2002 GM2,5A-3C-2
Kawasaki Blitz Series  GM5Z-3B
Kymco Cevira Series
Kymco Spike
Suzuki Bravo 1986
Suzuki Cristal 1990
Suzuki FU150 (XB972) 2006 GTZ-7S
Suzuki Arashi 2006 GTZ-5S
Suzuki Spin 125 2006 - 2009 GTZ-5S
Kawasaki Kaze Series  GM5Z-3B
 Suzuki Satria (ES) 1997
Suzuki Satria (KS) 1998
Suzuki Shogun 125 2003-2009 GTZ-5S
Suzuki Smash 2003
Suzuki Shogun Series 1995
Suzuki Tornado 1993
Vespa Liberty LE 150 2001
Yamaha Alfa 1988 - 1989
Yamaha Cripton 1996 - 1997
Yamaha F-1 Series 1992 - 1997
Yamaha Jupiter -MX 1995
Yamaha Jupiter Series 2001
Yamaha Mio 2004
Yamaha Mio Soul 2006 GTZ-5S
Yamaha Nouvo 2002
Yamaha RX-King (New) 1989 - 2003
Yamaha RZ-R Series 1990 - 1991
Yamaha Scorpio-Z 2002
Yamaha Sigma 1996 - 1997
Yamaha Vega Series 1998
Vespa X-9 2001
Kawasaki Ninja GM3-3A
Yamaha Vixion 2007 GTZ-5S
Suzuki A-100 1970 6N4-2A
Suzuki GP Series 1979 6N4-2A
Suzuki TRS 1982 6N4-2A
Yamaha YT-115 1990 - 1991 6N4-2A-2
Yamaha TZM 150 1998 - 1999
Bosowa Krisopaz GM4-3B
Bosowa Jasper
 Bosowa SF 50 GM4-3B
Bosowa FX 110 GM4-3B
Bosowa GA 125
Honda CB 1971 - 1974 6N6-3B
Honda CG 1979 6N6-3B
Honda GL Series 1980 - 1988 6N6-3B
Honda Mega Pro 2003 - 2009 GM5Z-3B
Honda Tiger 2000 Series 1993 GM7B-4B
Honda NSR 150 1988 GM3-3A
Honda Super Cub Series 1981 - 1982 6N11-2D
Honda Astrea Series 1986 - 2003 GM5Z-3B
Honda Legenda Series 1999 - 2003 GM5Z-3B
Yamaha RX-King (Old) 1988 - 1989 6N6-3B-1
Suzuki Thunder 250 1999 12N10-3B
Suzuki RC 100 1986
Vespa Exclusive Series GM4-3B
Vespa Excel Series 12N10-3B
Vespa Corsa Matic Vespa ET4 2001
Vespa New PX-150 2004 12N10-3B
Vespa X-9 Evolution 250 2004 12N10-3B

 Semoga informasi ini bermanfaat

Rabu, 26 April 2017

Daftar Harga Aki Mobil Terbaru 2017

by : Zakir Skynet


 Pada Tanggal  1 April 2017  ada perubahan kenaikan harga  aki mobil  dari produsen aki untuk merk aki GS astra dan Incoe astra adapun daftar harga aki terbaru sebagai berikut :





Semoga informasi ini bermanfaat untuk seluruh masyarakat otomotif Indonesia 





Kamis, 16 Maret 2017

Cara Mudah Membuat DC CDI Motor


By : Zakir Skynet


Ada banyak model rangkaian dc cdi yang diaplikasikan dimotor, jika dihitung jumlahnya bisa mencapai ribuan dari yang termudah sampai yang tersulit. Cara kerja dc cdi sama dengan cara kerja ac cdi yang membedakan hanya pada sumber energy high voltage, jika ac cdi sumber energy high voltage didapat dari sebuah hasil induksi sepul maka dc cdi sumber energy high voltage didapat dari sebuah inverter. 

Adapun proses buang/ discharge pengosongan energy capacitor antara ac cdi dan dc cdi adalah sama. Untuk membuktikan teory tersebuat maka paman zak mencoba membuat sebuah project sederhana dc cdi  adapun Misi dan visi membuat dc cdi ini adalah bisa di aplikasikan untuk semua motor , semua yang membaca artikel ini dapat membuatnya,  rangkaian super simple dc cdi ini bisa dilihat seperti gambar dibawah ini :







Project Super Simple  DC CDI  Motorcycle


wujud project super simple dc cdi




full foto cdi dc super simple


Selamat mencoba dan bereksperimen semoga bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia dan warga dunia.  Salam hangat dari kota Tangerang,  Banten






Minggu, 11 Desember 2016

cdi dc pakai inverter ccfl 12 volt untuk semua motor

by ; Zakir Skynet

Jurnal ilmiah kali ini  paman zak akan membahas bagaimana membuat sebuah cd dc  untuk semua motor, salah satu kesulitan membuat cdi dc adalah langkanya sebuah trafo model ferite core di toko electronik dikota Tangerang tidak dijumpai PRODUK TRAFO ferrite core yang menjualnya.  Seperti sebuah pepatah  tidak ada batang akarpun jadi, maka ide pun tumbuh sebuah inverter ccfl 12 volt digunakan sebagai sumber energy untuk memasok capacitor ignition. setelah melalui penelitian yang panjang dan serius akhirnya disimpulkan bahwa inverter ccfl 12 volt dapat digunakan untuk sebuah cdi. gambar dibawah ini adalah sebuah inverter 12 volt ccfl dalam bahasa umum fitting inverter







Cara kerja cdi ac maupun dc bisa dilihat pada gambar dibawah ini 








Contoh rangkaian inverter CCFL 12 volt






penampakan rangkaian inverter ccfl wujud nyata

Cara mudah membuat cdi dc untuk semua motor

Output power inverter ccfl menghasilkan tegangan  400 volt dari input power dari  aki battery  12 volt dc hal ini membuat proses pembuatan cdi dc lebih mudah langkah ke dua bagaimana mengatur timing pengapian agar pas menghasilkan energy untuk pembajaran diruang bakar motor. hasil pemikiran yang mendalam dari corat coret di kertas kerja  dan di ditembok kota menghasilkan sebuah karya baru dan nyata seperti sebuah circuit pertama didunia seperti contoh dibawah ini 






Daftar komponen
Q1 tip41 Q2 2n5551
D1 D2 D3  1N007 
R2 1K R3 22K R4 2K7  R5 470
C2 4,7 UF 50 VOLT  C3  100n  C4 1 UF 600 VOLT



bagi yang ingin melihat test cdi dc bisa dilihat disini



Langkah langkah pasti membuat cdi dc pakai inverter CCFL 12 volt















Semoga informasi ini bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia dan seluruh warga dunia

Rabu, 07 September 2016

Kiprok Regulator AC Motor Lebih Terang

by : Zakir Skynet

Salah satu factor kenyamanan berkendara motor dimalam hari  adalah cahaya lampu motor yang kuat,  terang, dan  focus  sehingga lubang jalanan, lubang semut, uang logam  yang ada  bisa dilihat dengan jelas dan dapat dihindari, hal ini tentunya akan membuat awet shock breaker, ban, velg  motor anda akan berumur panjang sampai rambut  memutih dan menguning.

Rabu, 31 Agustus 2016

Charger Aki 3 - 200 Amper

by : Zakir Skynet

Mengecas aki ukuran besar seperti 100  sampai 200 amper menggunakan satu buah trafo 5 amper jelas membutuhkan waktu yang sangat lama agar aki kembali ke performa seperti baru dan efek yang ditimbulkan akibat terlalu lama dalam mengecas trafo cepat panas  dan biasanya trafo cepat terbakar, agar efek negatip dapat dihindari maka paman zak mencoba sebuah teknik baru mengecas aki dengan metode seperti dibawah ini, dua buah atau lebih  trafo digabung dalam bahasa teknik dipararel output yang dihasilkan arus amper bertambah 1,8 kali, misalkan satu trafo menghasilkan power 10 amper jika digabung akan menghasilkan power 20 x 80 % = 16 amper. Hal ini tentunya akan mempercepat pengecasan aki dan panas trafo yang dihasilkan berkurang 20 %  dan akhirnya trafo pun berumur panjang. Mantap !





Model 1 : output dc output dc digabung didalam casing  

output 2 buah kabel


Model 2 : output dc digabung diterminal aki

 output 4 buah kabel




Langkah langkah pasti membuat charger aki 3-200 amper





kabel power 2 buah








diode bridge

diode bridge battery charger










Trafo bisa menggunakan tipe nol atau ct center tape gulungan sekunder pakai tegangan 15 volt atau 18 lebih mantap

sisi dalam charger aki 3 - 200 amper, mantap !





casing charger pakai ex komputer pentium 2 :  hemat energy !




Semoga informasi ini bermanfaat untuk seluruh rakyat Indonesia  dan warga dunia

Senin, 13 Juni 2016

Koleksi Rangkaian DC CDI Motor

by : Zakir Skynet


CDI merupakan salah satu komponen pengapian motor  yang paling penting dalam meningkatkan Performa mesin dan  akselarasi kecepatan,   secara umum  dalam kamus  bahasa masyarakat otomotif ada dua tipe cdi yaitu dc cdi dan ac cdi. 

Cara kerja dua tipe cdi ini cara kerja nyaris sama,  yang membedakan hanya pada input arus listriknya, cdi ac high voltage dihasilkan dari sebuah induksi  magnet tetap dan  gulungan sepul khusus yang berada di area sepul motor,

Sedangkan CDI DC  tegangan biasanya 250 s/d 400 volt high frequency dihasilkan dari sebuah inverter kecil dimana input arus listriknya dari tegangan rendah  berasal   dari aki  12 volt dan arus listrik dari regulator dalam bahasa bengkel bernama lain yaitu kiprok.


Dalam rangka menambah koleksi rangkaian circuit cdi dc untuk jagat otomotif Indonesia dan juga dalam menambah wawasan pengetahuan di bidang cdi , kali ini paman zak akan mempublikasikan rangkaian  koleksi- koleksi perihal Rangkaian Circuit DC CDI MOTORCYCLE, 

khususnya untuk aplikasi digunakan untuk sepeda motor kesayangan anda. Rangkaian dc cdi ini berasal dari berbagai negara seperti Jerman, Rusia, Japan, Italia, Spanyol dan beberapa negara lain sebagai bahan studi perbandingan  yang ingin belajar lebih jauh tentang cdi DC.  Berikut  gambar dibawah ini model bentuk DC cdi dari yang termudah sampai yang menelan permen mint, berikut  ini beberapa model rangkaian CDI DC seperti pada gambar dibawah ini.





Cara Kerja CDI Motor

Cara Kerja CDI Motor













Semoga informasi ini bermanfaat untuk seluruh rakyat Indonesia