by : Zakir Skynet
Salah satu factor kenyamanan berkendara motor dimalam hari adalah cahaya lampu motor yang kuat, terang, dan focus sehingga lubang jalanan, lubang semut, uang logam yang ada bisa dilihat dengan jelas dan dapat dihindari, hal ini tentunya akan membuat awet shock breaker, ban, velg motor anda akan berumur panjang sampai rambut memutih dan menguning.
Atribut aksesoris terkait lampu motorpun akhirnya tumbuh pesat dan sangat laku dipasaran seperti lampu HID, lampu Led dan lampu lain kembarannya. Bagi yang ingin memaksimalkan cahaya lampu agar lebih terang paman zak akan memberikan sebuah solusi sederhana agar lampu motor anda lebih terang dari standar khususnya bagi motor yang masih pakai kiprok ac/dc.
Cara kerja alat ini sederhana dengan cara menaikan tegangan maksimum kiprok jalur ac dari standart pabrikan sebesar 11-12 volt menjadi 14,5 -15,5 volt. cara cukup efektip untuk menambah cahaya lampu motor lebih strong, terang, focus dan yang lebih penting lampu tidak putus, lampu motor wajib diganti dengan tipe halogen 35/35 watt merk osram, Philip, atau aspira bagi ingin membuatnya dapat dilihat pada sebuah circuit dibawah ini :
R2 Bisa dirubah sesuai keinginan anda hasil uji " Uncle Zak Center "Dept Litbang divisi Regulator di uji pada motor Mio Yamaha R2 pakai 820 ohm maksimum voltage 13,5 pakai 1 kilo maksimum 15,25 volt untuk yang ingin mencari voltage terbaik lebih tepat pakai variable resistor, mantap !
Anggran Project Kiprok Regulator AC
5 Buah diode 1 amper @400 Rp 2000
3 buah resistor 1/2 watt @ 100 Rp. 300
1 buah zener 6,8 voltt 1/2 watt Rp. 500
1 buah capacitor 33 uf 25 volt Rp..500
1 buah transistor 2N5401 Rp. 500
1 Buah SCR BT151 Rp. 4000
lain-lain .Rp.3.200
Total .............................................Rp.13.000,- / 1 dollar USA
Cara Pasang Kiprok AC Kabel Kuning Motor dan Masa |
Langkah Langkah Pasti Project Kiprok AC
PCB ex Radio Jadul |
SCR dan Diode Bridge |
Resitor dan Capacitor sudah terpasang |
Rangkaian Sudah Selesai |
Alas SCR wajib menyatu dengan plat logam Agar panas dapat diserap Bodi Motor |
20 komentar:
Om Zak,,, kalo buat motor beat injection bisa ga? makasih om semua artikelnya bagus-bagus,,,
Untuk kabel putih jalur pengisian tetap pada kiprok bawaannya om?
Devi Aura merupakan pakar percintaan baik dalam masa pacaran hingga sudah masa perkawinan apapun masalah anda bisa kami atasi dengan berbagai macam obat serta ajian-ajian.
Selain itu juga Devi Aura bisa mengatasi masalah tentang masalah ekonomi dan pekerjaan.
Klik disini untuk menghubungi Devi Aura
Kami adalah pengrajin sekaligus penjual berbagai macam kaligrafi kufi yang sangat berkualitas dan dengan design yang beda dari yang lainnya namun dengan harga yang sangat terjangkau.
Produk kami sangat cocok sekali di buat pajangan dinding rumah kantor dan lain - lain.
Kunjungi website kami di Jual Kaligrafi
Om zak caranya ngrakitnya tolong di rekam biar jelas. Makasih
Om zak caranya ngrakitnya tolong di rekam biar jelas. Makasih
Askum....., Om Zak bisa minta pin bb gak ? mau nanya@ plus konsul nih.... klo boleh sih....piss
btw : maju terus inovasinya Om, n ditunggu kreasi n artikel yg baru...
Saya tertarik artikel om zack , cas aki mobil pakai motor. Jelaskan skema, bahan , cara pemasangan nya ...................
Apakah Kiprok ini bisa di pasang buat beat fi no esp,untuk pengganti kiprok bawaan aslinya yg rusak master zak ?
Om zak bisa jd kalo motor beat fi cuma di pake 2 kabel aj gpp om zack, ga bermasalag di kelistrikanya... Ca mengetes pake multimeter gimana ya om mohon penjelasanya mksh...
om zack , pengganti transistor 2n5401 bisa pakai transistor pnp yg lain ga? thx
Cara gratis untuk menstabilkan arus tegangan AC pada generator sepeda motor , bagaimana om Zack ?
Om zack kalo untuk merakit cdi vega r 2005 pake skema yang mana dari semua postingan yang om bikin. Mohon pencerahan nya . Thanks
Om itu kalbel keluaran yang kelampu nya yang mn ya saya bingung dr td kok gkda kabel menuju lampu nya
Yang bsa buat tipe force one... dg skema spetti gmana om mklum .... masih pemula om.....
Klu diwilayah kalimanta utara bagus beli yg sdh jadi dari pabrikan karena harga komponen sangat mahal harga resistor sj mencapai Rp.2000/bjii capasitor dari Rp.4000-10.000 utk SCR tdk ada dijual.
Kurang meyakinkan...
Secara umum, kiprox bawaan motor adalah 1 biji doang untuk ngatur charge ke ke Aki sekaligus mengontrol lampu...
Lah ini, lampu dikasih kiprok sendiri...
Kiprok aslinya masih kepakai, khusus aki doang????
Oh, mungkin ini untuk motor Vespa lawasss...
Aku pernah lihat, kiproknya 3 biji.
1 untuk aki, 1 untuk lampu, 1 untuk spul cdi....
Outputnya yg mana bos tks
Outputnya yg mn bos tks
Dioda 1N4007 tidak sesuai untuk otomotif karena bentang kerjanya yang pendek dikisar 50Hz s/d 60Hz , kalau di motor berada dikisaran 3000Hz < 15.000Hz dioda paling cocok adalah jenis super fast atau ultra fast contohnya SR , HER , MUR , MBR dll dengan spek kapasitas menyesuaikan kebutuhan beban
Posting Komentar