Salah satu factor kenyamanan berkendara motor dimalam hari adalah cahaya lampu motor yang kuat, terang, dan focus sehingga lubang jalanan, lubang semut, uang logam yang ada bisa dilihat dengan jelas dan dapat dihindari, hal ini tentunya akan membuat awet shock breaker, ban, velg motor anda akan berumur panjang sampai rambut memutih dan menguning.
Mengecas aki ukuran besar seperti 100 sampai 200 amper menggunakan satu buah trafo 5 amper jelas membutuhkan waktu yang sangat lama agar aki kembali ke performa seperti baru dan efek yang ditimbulkan akibat terlalu lama dalam mengecas trafo cepat panas dan biasanya trafo cepat terbakar, agar efek negatip dapat dihindari maka paman zak mencoba sebuah teknik baru mengecas aki dengan metode seperti dibawah ini, dua buah atau lebih trafo digabung dalam bahasa teknik dipararel output yang dihasilkan arus amper bertambah 1,8 kali, misalkan satu trafo menghasilkan power 10 amper jika digabung akan menghasilkan power 20 x 80 % = 16 amper. Hal ini tentunya akan mempercepat pengecasan aki dan panas trafo yang dihasilkan berkurang 20 % dan akhirnya trafo pun berumur panjang. Mantap !
Model 1 : output dc output dc digabung didalam casing
output 2 buah kabel
Model 2 : output dc digabung diterminal aki
output 4 buah kabel
Langkah langkah pasti membuat charger aki 3-200 amper
kabel power 2 buah
diode bridge
diode bridge battery charger
Trafo bisa menggunakan tipe nol atau ct center tape gulungan sekunder pakai tegangan 15 volt atau 18 lebih mantap
sisi dalam charger aki 3 - 200 amper, mantap !
casing charger pakai ex komputer pentium 2 : hemat energy !
Semoga informasi ini bermanfaat untuk seluruh rakyat Indonesia dan warga dunia
CDI merupakan salah satu komponen pengapian motor yang paling penting dalam meningkatkan Performa mesin dan akselarasi kecepatan, secara umum dalam kamus bahasa masyarakat otomotif ada dua tipe cdi yaitu dc cdi dan ac cdi.
Cara kerja dua tipe cdi ini cara kerja nyaris sama, yang membedakan hanya pada input arus listriknya, cdi ac high voltage dihasilkan dari sebuah induksi magnet tetap dan gulungan sepul khusus yang berada di area sepul motor,
Sedangkan CDI DC tegangan biasanya 250 s/d 400 volt high frequency dihasilkan dari sebuah inverter kecil dimana input arus listriknya dari tegangan rendah berasal dari aki 12 volt dan arus listrik dari regulator dalam bahasa bengkel bernama lain yaitu kiprok.
Dalam rangka menambah koleksi rangkaian circuit cdi dc untuk jagat otomotif Indonesia dan juga dalam menambah wawasan pengetahuan di bidang cdi , kali ini paman zak akan mempublikasikan rangkaian koleksi- koleksi perihal Rangkaian Circuit DC CDI MOTORCYCLE,
khususnya untuk aplikasi digunakan untuk sepeda motor kesayangan anda. Rangkaian dc cdi ini berasal dari berbagai negara seperti Jerman, Rusia, Japan, Italia, Spanyol dan beberapa negara lain sebagai bahan studi perbandingan yang ingin belajar lebih jauh tentang cdi DC. Berikut gambar dibawah ini model bentuk DC cdi dari yang termudah sampai yang menelan permen mint, berikut ini beberapa model rangkaian CDI DC seperti pada gambar dibawah ini.
Cara Kerja CDI Motor
Cara Kerja CDI Motor
Semoga informasi ini bermanfaat untuk seluruh rakyat Indonesia
Mengendarai motor tanpa flasher lampu sein memang terasa kurang mantap, bahasa tubuh selalu bergoyang dan bermain tangan kanan dan kiri selalu memberikan isyarat jika ingin belok ke kanan ke kiri atau ke atas. flasher sein original mio yamaha memang sudah berumur 10 tahun baru empat bulan lalu rusak dan memang sudah sangat wajar diganti.
Isi Dalam Flasher Original Pakai Relay
Isi dalam flasher orriginal yamaha mio model relay
Akhinya beli juga flasher lampu sein motor non original seharga Rp.15.000,- yang penting lampu sein aktip kembali, namun apa hendak dikata umur pakai flasher non original kurang panjang, hanya kurang empat bulan flasher rusak kembali apa yang salah ? ada apa dengan flasher non original, ternyata setelah diteliti dan di investigasi yang mendalam hasilnya sebagai berikut ; beban lampu sein motor milik uncle zak terlampau berat ukuran watt lampu terlampau tinggi, tidak sesuai dengan yang direkomendasikan oleh produk tersebut.
isi dalam flasher non original model flasher elektronik
Membuat Flasher Lampu Motor dan Mobil Super Mantap
Flasher lampu sein original bisa bertahan lama selama 10 tahun cara kerjanya sangat sederhana menggunakan cara kerja relay jadi sangat wajar jika model flasher model relay mampu bertahan lama. karena bisa mengangkat beban sampai 40 amper. untuk relay tipe yang digunakan biasa bisa pakai lima kaki maupun empat kaki seperti gambar dibawah ini. yang penting relay yang masih bagus
Warisan Stok Relay lampu Untuk Riset Flasher Super Kuat
beban relay max 40 amper untuk lampu dan flasher
rangkaian flasher super mantap pakai relay
Rangkaian flasher lampu sein diatas mengunakan relay 4 kaki yang biasa digunakan untuk klakson, lampu mobil, ektra fan, starter dan lain-lain cara kerja rangkain diatas sebagai berikut : ketika switch lampu sein dikonek lihat kode 85 dan 86 maka aliran listrik mulai mengisi capasitor terhubung, R1 memberikan seberapa cepat pengisian muatan listrik ke kapasitor, ketika kapasitor penuh maka mampu mengerakan switch konek antara switch 87 dan 30 maka lampu sein menyala.fungsi diode untuk pengaman dan memberikan arus positip dan negatip.
Langkah-langkah pasti Membuat Flasher
Komponen yang digunakan :
relay 4 kaki atau lima kaki
resistor 56 s/d 82 ohm
diode 1 amper
capacitor/elco 2200 uf volt 16 s/d 35 volt bisa pakai
relay 4 kaki untuk flasher
capasitor 2200uf 35 volt
resistor 150 ohm dipararel jadi 75 ohm
resistor 56 ohm dan diode
Produk jadi Flasher buatan rumah siap digunakan untuk satu abad, mantap !
Video Riset Flasher Project
jika ingin mempercepat atau memperlambat tempo detak lampu nilai resistor bisa dimainkan antara 56 s/d 82 ohm, semakin kecil nilai resistor maka detak jantung lampu semakin cepat, karena capacitor cepat penuh. selamat mencoba dan berkreasi tanpa batas.
Semoga informasi ini bermanfaat untuk seluruh rakyat Indonesia dan seluruh warga dunia