iklan google termasur

Wednesday, January 29, 2014

Koleksi Skema Kiprok Aplikasi Honda Tiger dan Megapro

By : Zakir Skynet


Untuk menambah wawasan dibidang regulator rectifier motorcycle atau  lebih dikenal dengan sebutan kiprok di negeri paman zak,  maka jurnal ilmiah kali ini akan membahas bagaimana membuat  sebuah kiprok  regulator rectifier motorcycle, khususnya sebuah kiprok dc full wave yang bisa di aplikasikan untuk motor honda tiger, megapro dan motor sejenisnya.


Kiprok Tiger Original



Secara umum cara kerja kiprok DC full wave single phase ada dua model saat ini yang beredar di pasar otomotif  dunia
, yaitu model tipe shunt/short dan tipe series. Pada artikel ini yang akan dibahas khusus regulator model shunt / short, untuk membuat kiprok type ini ada dua hal penting yang harus dipahami yaitu fungsi penyeraah yaitu merubah arus ac menjadi dc fungsi ini menggunakan diode bridge dan fungsi control voltase aki yang umum menggunakan  circuit crowbar dari yang sederhana sampai ke rumit.

Cara kerja kiprok  model short sangat sederhana : output generator / alternator motor dua buah kabel yang biasanya dimotor pakai kabel warna kuning tegangan kabel ini masih arus AC langsung konek menuju diode bridge untuk dirubah menjadi arus DC, selanjutnya kode positip diode bridge terhubung ke terminal positip aki dan kode negatip diode bridge terhubung ke terminal  negatip aki, maka ketika motor dihidupkan proses pengecasan aki sudah terjadi. seperti pada gambar dibawah ini



Untuk melindungi peralatan elektronik di dasbor motor agar tegangan aki tidak mencapai 16 s/d 17 volt yang bisa merusak perangkat elektronik yang dipasang di dasbor , maka dibuat  perangkat tambahan kiprok yaitu sensor voltage, satu atau dua buah SCR terpasang yang di kontrol oleh sebuah circuit crowbar untuk membelokan arus listrik kembali ke stator , karena aki tegangan aki sudah cukup, misalkan diseting 14,8 volt. Untuk circuit kiprok tipe series rencana akan dibahas pada part 2.  
Circuit crowbar sederhana


Contoh model circuit crowbar sederhana





Sekema kiprok yang akan dibahas sudah diseleksi oleh tim ahli Institut Teknologi Paman Zak dari ratusan model yang beredar didunia maya dari skema kiprok yang tersulit sampai yang termudah. Rangkaian-rangkaian kiprok dibawah ini adalah hasil copy paste dari berbagai negara seperti dari negeri  Paman Sam, Rusia, Ukraina, German, Negeri Sakura, Negeri Tirai Bambu, Italia,  Hungaria, Rumania, Czech, dan Negeri 1001 Malam.


Skema-skema Kiprok Tiger dan Megapro Model Shunt / Short


Gambar 1 : Kiprok dari Negeri Russia

Gambar 2 : wujud  Kiprok pada gambar 1 di atas  kiprok Full wave dari Russia


Gambar 3 

Gambar 4

Gambar 5

Gambar 6  :Kiprok full wave

Gambar 8


Gambar 9

Gambar 10



Gambar 11

wujud kiprok gambar 11


Gambar 12 : Kiprok full wave single phase





Gamabr 13 


Gambar 14


Contoh contoh Diode Bridge Berfungsi merubah Arus AC dari Generator menjadi Arus DC

Gambar 14 : wujud diode bridge dan lambang elektronik






Semoga informasi ini bermanfaat bagi masyarakat otomotif  Indonesia dan warga dunia 




33 comments:

  1. pada gambar 14 apa dioda harus model satuan? ada maksud tertentu atau bisa diganti dioda bridge Uncle Zak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gambar 14 bisa diganti pakai diode bridge yang sudah jadi, dipasar elektronik, maksud diode satuan di dobel biar kuat dan mantap !

      Delete
  2. Kalo skema kiprok untuk honda Karisma ada ga Uncle Zak ??? yang memiliki output sepull yang unik

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya ane punya koleksi kiprok honda kharisma nanti ane cari dan jadi postingan baru !

      Delete
    2. Mana Uncle Zak Katanya mau posting tentang Kiprok Honda Karisma ????? Ko sampe sekarang belum ada Uncle.

      Delete
  3. NGLANJUTIN PERTANYAAAN yg kmaren gan
    kiprok tiger kan ada 5 pin,4,5 dr spul,13 min plus aki,di skemakan udah jelas ,nah sy yg blm paham pin 2 yg ke kontak ambil nya dr komponen yg mn om?

    ReplyDelete
  4. soale kan control voltage kiprok tiger biar voltase ngga ngelonjak ktnya kan di pin 2,kl ngga tau kan akinya bs hamil om heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ente amati sekema kiprok diatas semuanya sudah ada sensor voltage aki, kalau mau persis mirip kiprok tiger contoh gambar 14 resistor nilai 470 bisa konek ke pin 2 jalur kabel positip motor dari kunci kontak, atau gambar 1 emiter transistor 2N5401 bisa konek ke pin 2 jalur kabel positip aki !

      Delete
  5. mau nanya nih uncle kira2 kiprok bawaan pabrik yg di aplikasikan di satria FU apa bisa di gantikan dengan gambar 14 dan apa nda ada tambahan rangkaian lain lg??? mohon pencerahanny...

    ReplyDelete
  6. Ijin bertanya paman zak, motor ane mio J, pake kiprok tiger utk hidupin lampu hid. Nah udh 4x ane ganti kiprok tiger jebol smua, panas bngt kiprok'y.
    Klo dah gnt kiprok baru tegangan normal maksimal 14,2v. Krg lbh sebulan tegangan mpe 17v. Skema pemasangan kiprok udh bener.
    Mohon pencerahan suhu zak...
    Klo tau nmr tlp paman zak akan lbh brmanfaat buat saya utk share..
    Mksh sblm'y paman...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mio J power output alternator sangat besar, analisa ane 150 watt mantap, kalau pakai HID pakai kiprok original sudah ok, jadi engga perlu ganti kiprok.

      Delete
  7. Tulang Zak, Kenapa Kiprok Suzuki Thunder 250cc input nya ada 3 kabel kuning , apa ini namanya 3 phase. apa kelebihan dan keuntungan nya dibandingkan dgn yg 2 saja seperti punya Tiger. Lalu kalau saya mau bikin utk Charger Aki bagaimana hubungannya ke Trafo ke tiga kabel kuning tersebut, mana yg buat CT dan +, atau mana yg 0 dan + terimakasih tulang Zak , Horas Mejuah juah kita kerina....

    ReplyDelete
  8. thanks infonya gan, sangat bermanfaat sekali buat kita...
    jika ada yang butuh perlengkapan bengkel, perkakas las, dll anda bisa kunjungi web kami http://goo.gl/aXB4wg
    kami menyediakan berbagai macam alat-alat bengkel, perkakas dll yang anda butuhkan.
    Trims

    ReplyDelete
  9. Paman zak, bagaimana kalau ditambah kiprok 1 lagi untuk lampu depan dari sumber kabel kuning dari kiprok bawaan. Agar stabil ditambah lagi kapasitor bank. Apakah bisa?

    ReplyDelete
  10. uncle zak mohon infonya kalo utk gambar no.1 diode bridenya pakae yg berapa ampere?
    terimakasih

    ReplyDelete
  11. Ass pa zak klo motor jupiter z burhan pke kiprok tiger gmna cranya mslhnya akinya ga kuat pke hid projek tlong pncrhannya

    ReplyDelete
  12. halo om Zak, pertanyaan ane sama dengan gan Ega Bayu, sesama jupe burhan. ditambah, satu lagi pertanyaan
    klo ane buat berdasarkan skema 14, dibanding beli kiprok tiger ori, kira kira budget, efisiensi dan daya tahan bagusan mana? pada intinya ane bakal tanem di Jupe burhan.
    Thanks om...semua jurnal dan artikelnya mantaaaap dan bermutu, ane dah belajar banyak dari beberapa artikeL om Zak...salut lah om

    ReplyDelete
  13. Selamat pagi uncle, saya rakit skema gb 1 pada salah satu scr kok panas bgt..... trims n mohon pencerahan

    ReplyDelete
  14. scr sudah pasti panas karena jika aki sudah penuh scr bekerja terus, tipe scr bt 151 bisa bekerja sampai suhu 125 derajat celcius, jadi biarkan saja scr bekerja memang sudah tugasnya, trik agar scr tugasnya agak ringan : lampu besar dinyalakan saja agar beban panas terbagi dengan lampu.

    ReplyDelete
  15. Om zak saya mau tanya, motor saya kan megapro 2006, aki nya sering tekor! Akhirnya saya pake kiprog tiger non ori. Tp kok masih tekor ya! Apa spull ny yg bermasalah? Jujur saya kurang paham dg klistrikan.

    ReplyDelete
  16. Om zak saya mau tanya, motor saya kan megapro 2006, aki nya sering tekor! Akhirnya saya pake kiprog tiger non ori. Tp kok masih tekor ya! Apa spull ny yg bermasalah? Jujur saya kurang paham dg klistrikan.

    ReplyDelete
  17. Uncle zak,kalo cara perbaiki kiprok yang sering overcharge itu gimana????,
    Motor ane byson 2013 aki sering tekor kata mekanik kiprok masih normal,
    Next mau ganti kiprok tiger di byson ane.
    Kira2 soket+jalur kabelnya sama atw gk
    #mohon di jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau overcharge umur aki biasanya maksimum 4 bulan dan biasanya aki kembung, kalau tekor kiprok engga ngisi ke aki, coba lepas kabel sensornya yang tengah jika aki terisi kiproknya eror

      Delete
  18. Uncle zak, motor saya r15.saya ganti kiprok tiger karna kiprok orinya jebol.. Anehnya saat keadaan kontak on tp motor blm dinyalain listrik stabil n lampu terang,tp disaat dinyalakan /dijalankan listriknya kurang n lampu redup .. Itu kenapa ya ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba copot atau gunting kabel sensor kabel tengah kiprok kalau hAsilnya bagus diperkirakan kiprok nya error

      Delete
  19. uncle zak kalo mau pasang kiprok tiger di vixion lamakan dari alternator ada 3 kabel sedangkan input kiprok tiger cuma 2 mohon pencerahannya trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa pasang langsung cuma hasil power kurang karena satu kabel sepul di non aktipkan, kalau satu kabel mau diaktipkan mesti beli diode bridge

      Delete
  20. Uncle Zak.....maaf mau tanya si gembul ane (spacy injeksi) dah fullwave pake kiprok alfamarket tiger,yg jd pertanyaan knp setiap 5 bln pasti tuh Kiprok...Gak mau isi ke aki.Minta pencerahan nya Uncle Zak

    ReplyDelete
  21. Uncle Zak.....maaf mau tanya si gembul ane (spacy injeksi) dah fullwave pake kiprok alfamarket tiger,yg jd pertanyaan knp setiap 5 bln pasti tuh Kiprok...Gak mau isi ke aki.Minta pencerahan nya Uncle Zak

    ReplyDelete