by : zakir skynet
Jurnal ilmiah kali ini tetap masih terkait dengan kiprok/regulator voltage motorcycle, namun bahasan kali ini lain dari jurnal ilmiah sebelumnya biasanya terkait dengan modif sebuah kiprok. paman zak kali ini akan membahas bagaimana membuat sebuah kiprok AC DC standar original yang biasa digunakan pada motor varian bebek dan motor besar lainnya. Secara umum model-model kiprok yang ada dipasaran umumnya ada dua tipe kiprok ac dc yaitu model feed back dan model fungsional, yang akan dibahas pada artikel ini adalah membuat kiprok acdc model feed back, pada artikel selanjutnya juga akan dibahas bagaimana membuat kiprok ac dc model fungsional.
Untuk membuat kiprok AC DC standar original buatan rumah diperlukan biaya kurang lebih 12.000,- setara dengan harga sebungkus rokok cukup murah bukan !. hanya dengan biaya sebesar itu anda akan berkreasi tanpa batas dalam membuat kiprok ac dc . Kiprok desain seperti gambar dibawah ini sudah di uji di Lab Dept Litbang Rekayasa Regulator Voltage Institut Teknologi Paman Zak Hasilnya sangat memuaskan Jalur kabel kuning untuk lampu maksimum voltage ac terbaca 13 -14 volt pada rpm tinggi jalur kabel putih voltage ac terbaca 18 -20 volt sedangkan maksimum pengisian aki terbaca pada rpm tinggi 14, 3 s/d 15 volt sangat mantap. Kegunaan kiprok ini sangat universal bisa digunakan untuk semua motor.
Untuk membuat kiprok AC DC standar original buatan rumah diperlukan biaya kurang lebih 12.000,- setara dengan harga sebungkus rokok cukup murah bukan !. hanya dengan biaya sebesar itu anda akan berkreasi tanpa batas dalam membuat kiprok ac dc . Kiprok desain seperti gambar dibawah ini sudah di uji di Lab Dept Litbang Rekayasa Regulator Voltage Institut Teknologi Paman Zak Hasilnya sangat memuaskan Jalur kabel kuning untuk lampu maksimum voltage ac terbaca 13 -14 volt pada rpm tinggi jalur kabel putih voltage ac terbaca 18 -20 volt sedangkan maksimum pengisian aki terbaca pada rpm tinggi 14, 3 s/d 15 volt sangat mantap. Kegunaan kiprok ini sangat universal bisa digunakan untuk semua motor.
Kiprok AC DC Untuk Semua Motor |
Rangkaian Kiprok Motor AC DC untuk Semua Motor |
Komponen elektronik dan Anggaran Harga Komponen di Kota Tangerang :
Resistor Harga/buah
R1 = 5K1 Rp. 100,-
R2 = 1K2 Rp 100,-
R3 = 1 K Rp 100,-
Capacitor :
C1 = 22 uf 50 Volt Rp. 500,-
Diode :
D1 diode 1 amper Rp 100,-
D2 diode 3 or 6 amper Rp. 500,-
Diode Zener :
DZ 1/2 watt Rp 300,-
SCR BT 151 Rp 5.000,-
Q1 Transistor 2N5401 Rp. 750,-
PCB Rp 2000 x 1/4 Rp. 500,-
Timah solder 1/2 meter Rp. 1000,-
kabel dan sekun kuningan Rp 1500,-
Total Budget Rp 9.700,-
Cadangan anggaran Rp. 1.550,-
Total General Rp. 12.000,- or 1.2 Dollar USA
Contoh Kiprok AC DC buatan pabrik model fungsional menggunakan 2 buah SCR |
Contoh Kiprok AC DC Buatan Pabrik Model Feed Back menggunakan satu buah SCR |
Langkah-Langkah Pasti Membuat Kiprok AC DC Standar Original Model Uncle Zak
SCR BT 151 dan diode 1 ampere |
SCR, diode dan Transistor 2N5401 |
SCR, diode, Transistor 2N5401, dan Resitor 1 K |
Kiprok AC DC Selesai dibuat |
Kiprok dipasang kabel penghubung |
Kiprok dipasang dimotor siap digunakan untuk satu abad |
Hasil Test Kiprok Dept Litbang Institut Teknologi Paman Zak
- Voltage aki Terbaca 14,2 volt pada rpm sedang dan pada rpm kecepatan cahaya terbaca 15 volt
- Voltage AC jalur lampu terbaca 13 volt beban lampu 35 watt merk aspira pada rpm 2000-5000 sedangkan pada kecepatan high speed lewati lampu kuning terbaca 14 volt
- Uji kiprok pakai motor honda legenda selama 720 jam, hasilnya mantap aki full power dan tingkat cahaya lampu yang dihasilkan sangat maksimal
207 komentar:
1 – 200 dari 207 Lebih baru› Terbaru»utk kiprok model feedback dan fungsional ,contoh contoh motor nya apa aja?
Nah klo thunder kan output kiprok 2 kabel.bsa ga bkin pke trik ini?
ciri khas kiprok model feed back jika kabel kuning dipotong, voltage aki jadi unlimited, model fungsional voltage aki tetap terkontrol. kiprok thunder tipe kiprok DC
Om Zak model ini misalkan mau meningkatkan voltase jalur lampu bagian mana yang di adjust?
Matur nuwun
luar biasa.
gan, buat booster capasitor bank itu outputnya dc ya gan?
kalau mau modif tambah voltage diode zener bisa ente rubah, ane pakai standar 8,2 volt, pakai diode zener 9,1 volt atau 10 volt bisa disesuaikan dengan kebutuhan motor ente.
betul output booster capacitor bank arus dc
gan,tampilan skema belangnya dong liat
Mantap
posting bahan bakar air gan, hidrogen boster, lumayan buat penghematan bbm atau setidaknya tarikannya jd lbh ok,pakai pertamak + pun masih kalah tarikannya ama pake bahan bakar air.
om untuk transistor 2N5401 di skema rangkaiannya kok ga ada ya?
digambar skema ada tertulis Q1, dipenjelasan komponen betul tidak tertulis, entar ane tulis, terima kasih koreksinya.
mesti yg jumlaah komennya sdikit br kbaca gan, yg udah 209 komen udah 200 keatas ga bs baca gan.
aliran listrik di blakang PCBnya seperti ap uncle
model dan bentuknya seperti pada gambar skema diatas, nanti gambarnya ane posting
rangkaiannya persis seperti gambar diatas ! ane pernah mengalami seperti ente circuit engga jalan, rahasianya sebelum ente pasang semua komponen harus diukur terlebih dahulu, terutama diode zener dan resitor, toko elektronik terkadang suka memberikan nilai voltage yg salah terutama diode zener.
sepertinya ada yang tidak konek antara kabel putih dengan katoda scr
Kalo untuk scorpio kiprok model ini bisa ga uncle?
sangat bisa lampu lebih terang dan charging aki lebih powerful
om..
skema q1 itu buat 2n 5401 apa scr bt 151?
kan sama2 3 kaki? mohon penjelasan
kode Q1 untuk 2N5401
trus yg skema scr bt 51 kok lambangnya kaya dioda om, msh kurang paham sy om, penjelasannya ya om? ;)
semua lambang SCR betul seperti lambang diode
Betul om, mohon ditampilkan pcb bagian belakangnya dong..., terima kasih.
gan ....rangkean kiprok buat supra 125 gmn gan yg ini bs ngga?
spul 125 ga ada centertabnya kan? soale rankeanku udh jd, tp blm aku coba, kmaren di suprafit udh ok.
gambar pcb belakangnya sudah ane posting !
kalau mau dipakai di supra 125 bisa !, jalur kabel kuning untuk center tab konek ke kabel putih / R1 = 5K1 langsung konek ke kabel putih, jadi jalur lampu langsung ambil di kabel putih.
itu jalur lampu besar yg konek ke kbl putih nantinya msh terregulasi ngga om?
apa ngga putus lampunya, kan kbl putih langsung spul?
Om, saya punya motor tua suzuki GT 380, apakah kiprok model ini bisa dipasang pada motor saya? Terima kasih.
jalur kabel putih tetap terregulasi, coba lihat sekema kiproknya, katoda scr terhubung ke kabel putih, anoda scr terhubung ke ground
kalau motor suzuki GT 380 originalnya lampu besar terang ikuti putaran mesin, kiprok ini bisa digunakan.
om , kalo untuk jalur lampu kabel kuning dari spul diputus kemudian diganti / dijamper dengan kabel putih nantinya berpengaruh ke pengisian aki ato tidak? terus kalo untuk bolam 55watt dioda zenernya pake yang berapa volt? , trims unkle
ada pengaruhnya pada RPM rendah aki engga kebagian semua lari ke lampu, RPM sedang dan tinggi charging ke aki normal, pakai diode zener 9 volt sudah mantap
om ada yang buat tiger gak, model fullwafe daripada beli mahal2 mau coba bikin sendiri.
kiprok fulwave yg ake kiprok supra fit itu harus floating ground spul ngga gan? trus sensor voltage biar ga overcarge nya di kabel apa?
kl punya tiger kan di soket pin 2 yg ke kontak , kl rangkeaan om zak letak nya dimn?
nanti ane posting !
betul mesti floating ground, sensor voltage ada pin kiprok konek ke masa, jadi engga perlu konek ke kunci kontak.
kirim lewat email juga boleh mas hehehehe... agus_muzamiel@yahoo.com
kalo kiprok hsx 125 bisa dibuat fulwave kayak kiprok supra fitt ngga om? dan setelah difulwave pengisian aki apakah lebih cepat dr standarnya?
rangkaian saya jalur pengisian keluar 12 volt....jalur kuning saya gabung ama jalur putih ?
Maaf mas, bukannya volt yg masuk ke bohlam maksimal 12v ya?
Motor ane supra fit lama yg pakai 2 bohlam 12v 25watt.
Kalau tegangan yg masuk 13v nanti apa tidak putus bohlamnya?
o iya, dioda zener nya berapa volt?
output volt pada rpm tinggi supra fit ane ukur 13 volt
diode zener nya pakai 8,2 volt
Mas, ditempat saya resistor 5k1, 1k2, dioda zener 8,2v 1/5 watt, scr bt151 sulit dijumpai.
Bisa kasih alternatif?
resistor dan diode zener pakai nilai yg mendekati masih bisa pakai, scr pakai bt 152 bisa pakai.
om mau tanya, dikiprok buatan itu jadinya ada 3 kabel apa 4 ya? lalu kalo di motor thunder konekinnya ke soket dari spul yg ada 3 kabel warna kuning ya? karna dari spul ada 2 soket. atau apakah kabel dari spul mesti di edit dulu? mohon pencerahannya uncle zak. trima kasih banyak. salam super.
tambahan om numpang beda topik. om kalau pakai kapasitor bank di thunder itu ngambil dari salah satu kabel dari spul bebas aja atau dicari dulu om +-? lalu rangkaiannya, kabel dri spul - relay - kapasitor - kabel positif arah aki ya? di relay 4 kaki jadinya kabel spul, kabel negatif dari kiprok, kabel stator dri kapasitor, sama 1 lagi yg harusnya ke HID saya ubah kmana ya om? saya mau konsen ke pengisian aki om. saya dari kmaren coba dioda 5/1 di negatif kiprok ke aki ga ngaruh om, strarter gabisa bisa. saya coba kemungkinan pasang terbalik juga ga ngaruh. saya bantu nyalain motor pake aki dri mobil saya, start nyala. begitu aki mobil dicabut trus start blm nyala juga. padahal aki belum ada 1 bulan merk GS basah. trima kasiih banyak paman zak. mohon sangat pencerahannya paman zak. maklum no engkol jadi agak cape paman kalo dorong terus.
kiprok acdc motor contoh diatas khusus untuk motor system ac dc, motor thunder khusus kiprok dc, jadi rangkaiannya berbeda dengan kiprok thunder.
kalau motor thunder ente no engkol, sebaiknya kabel sepul diputus langsung konek ke titik tengah kapasitor powernya lebih mantap.
Om rangkaian kiprok dc fullwave nya dong,buat megapro lama,keluaran spul saya pd rpm 8000 voltasenya sampe 150v
Kalau untuk Honda karisma Bisakah????
saya pakai DZ 1/2watt 12V kok keluarannya kurang lebih 15VDC(saya pakai multi analog)
masih bagus atau tidak ni keluarannya dari kabel charging
kalau mau beli scr-nya kemana ya uncle? soalnya dikota saya dah tak ubek-ubek nggak nemu. baib bt 151-600 atau pun pake s6030 dan ecgxxxx. semuanya kagak ada di toko alekto kota ane. tolang solusi n pencerahannya
maz_daman@yahoo.com
alyahussomazab@gmail.com
sebentar lagi terbit kiprok fullwave untuk tiger dan sejenisnya, sedang di uji di lab.
kalau untuk honda kharisma, R1 5k1 dikonek ke kabel putih, bukan kekabel kuning, jalur lampu ambil dari kabel putih. pakai diode zener 12 volt outputnya jadi lebih besar lampu bisa putus.
untuk input Dioda 6A kabel kuning atau kabelputih juga?? ?
Ada No Tlp kah ?
saya test pakai travo 1A 15-0-15 = 11.7VDC (DZ 6V)
R1 0
Dioda 6A 15VAC
Mohon arahannya....
Terimakasih
pakai scr wajib biar mantap, ane mau jualan mungkin lebih mahal ongkos kirimnya, jadi tidak ekonomis lagi
input diode 6 amper dari kabel putih ! diode zener mesti pakai 8,2 volt biar pas , R1 5K1
uncle,.!
kiprok ini kalo dipake spin 2007, bagus tidak.?
terimakasih
kiprok ane sudah pasang di motor yamaha mio, honda supra, honda legenda, suzuki smash hasil mantap, kiprok motor ini universal, dipasang dimotor spin semakin mantap
om, udah ane test. tegangan ke lampu besar mantap 14v
tapi pengisian aki tembus 18 volt. kenapa.?
sama, saya liat gambar pcb om bagian belakangnya itu katoda d1 yg nyambung tr,c,r2. itu disolder ke jalur garis2 pcb. kontak ke body motor dong (ground). itu sengaja apa gimana,?
mohon penjelasannya.,
dan terimakasih atas ilmunya.. :)
katoda d1 memang betul nyambung ke tr C r2, kalau mau volt aki dikecilkan diode zener bisa diganti dengan nilai yang lebih kecil. pakai 6,8 volt.
coba sekering /fuse charing aki dicopot dahulu, coba test sekarang jika voltage nya naik, kesimpulan ente sukse merakit kiprok diatas, jika voltage tetap, ada yang salah !
kalau untuk honda mega pro 2008 bisa gak om pakai kiprok beginian? trims b 4 om
Om jack kiproknya ini sdh fullwive blm? Klo blm bisa ga di bikin fullwive? Thx om zack..
om Zak kalo skema kiprok DC buat motor thunder ada gambar penjelasannya
tp motor thunder nya cuma electrik stater blm ada engkol selah nya.
thunder lama.
UNCLE. kalo di jalur lampu di bikin manipulasi dengan dioda 2/2 bisakah' untuk menambah voltase untk lampu . mohon pencerahannya . terima kasihh :)
pasang diode 2/2 bisa untuk tambah voltage
dioda yang aman digunakan kira" berapa amper ? biasanya kalo memakai dioda yg 1 amper' diodanya panas.
Paman, bisa g rangkaian ini dipakai di shogun 125. Ane coba tegangan ke lampu ok g ada masalah, yang masalah tegangan ke accunya lbh dr 15 volt kira2 apa yg salah ya? Test waktu accu dilepas jg spt itu.
Uncle zak, kalo buat thunder no engkol 125 bisa g? Ane baca komen dr atas g faham. Maklum g ngerti kelistrikan sama sekali, mohon di detailkan. Kalo boleh sih via email hehe c.julius82@yahoo.com
Trimakasih uncle zak
om zak, itukan di ground ada warna kuning dan hijau. itu maksudnya massanya masing masing ya. atau di gabung ? mohon beri petunjuknya ,, bahan bahan sudah aku beli dan siap dirangkai . . . .
aku udah rangkai ternyata enggak berhasil om .. aku cek kaki scr 2 ikut jalur min dioda. aku malah ikut jalur plus dioda yang yambung sama kaki 3 transistor . . . kalo gitu berarti massa SCR tidak ikut ke ground ya om karena tertahan oleh dioda ...
aku makai dioda zener 9.1 volt dan aku seri dengan metode 3/3 apakah masih aman buat lampu di motor rx king aku om ...
aku udah buka semua artikel yang om posting dan aku selalu ber eksperimen om . mulai dari inverter, CDI . penghemat listrik . lampu LED . dan yang ini . . .
om zak mantab ranangkaianya wktu saya tes pake mullti. dz 9v1 + Tip 42 hasil test lampu.. sesuai harapan 14,2v charger 13,5 v. tetapi setelah saya aplikasikan langsung kelampu utama,, rangkaian kehilangan tegangan hingga 0 volt untuk lampu. charger tetap stabil 13,5 v.
solusinya gmn om zak?
iya om benar yang dikatakan anggara. troble yg dia alami sama seperti saya. saya aplikasikan pada motor rx king ku,. pada saaat di beri beban lampu utama. lampunya nyala tetapi redup.
yg saya ganti darirangkaian om hanya diodazenernya saja. saya memakai 9.1v . . . solusinya bagaimana om. tolong dibalas. agar semangat kami tidak redup. terima kasih.
pakai scr BT151 paling pas, pakai transistor TIp 42 sensor base kemungkinan sangat sensitip.
kalau rangkaiannya sudah seperti diatas mestinya sukses ! coba cek nilai resistornya atau pasang diode zenernya terbalik. mencoba dan terus mencoba hasilnya pasti mantap
bener om. komponen sudah sama persis. dioda zener posisi bener. cuma yg saya ganti hanya nilai zener menjadi 9.1 volt. sebelunya saya coba dengan alat tes kiprok yg om posting. hasilnya memang mantap. volt ac kabel kuning 13-14volt sedangkan untuk kabel merah dc 5.8volt. dengan pedenya saya tes ke motor rxking. nah hasilnya redup. akan tetapi bila kabel warna merah dilepas. lampu lumayan agak terang. menurut om itu kenapa? kalo om gak percaya saya punya foto rangkaian saya. nanti saya tag lewat facebook ya
https://scontent-b-sin.xx.fbcdn.net/hphotos-xfp1/t1.0-9/p417x417/10246378_774711715880394_7084122385649071212_n.jpg ( sebelum disolder )
https://fbcdn-sphotos-f-a.akamaihd.net/hphotos-ak-xfa1/t1.0-9/10363361_774712255880340_5453470228163869671_n.jpg ( sesudah disolder )
itu om ? menurut saya sudah mantap banget dan gak ada yg salah
Om zak, saya sudah mencob a rangkaian kiprok HW yang ada di Thread anda, dan langsung mencoba ke motor GL saya yang sudah dimodif memakai spull grand HW, awal langsung saya pasang dan nyalakan mesin lampu motor langsung terang, namun berhubung belum ada soket akhirnya saya lepas lagi dan saya pasangi soket.
Ada problem saat saya memasang kembali kiprok homebrew tersebut secara tidak sengaja kabel putih (Menuju + Aki) menyenggol ground dan Kabel dari Spull Lampu dan Pengisian, sempat terjadi percikan, setelah saya pasang dan coba hidupkan kembali lampu kembali redup dan Kiprok panas, saya cek hanya SCR nya saja yang mati, saya ganti dan coba pasang kembali namun Lampu tetap Redup saat saya coba nyalakan motor,
Apakah kondisi Spull Motor saya Rusak (konslet) ?
Keluaran Spull lampu hanya 10V dan Keluaran Pengisian Aki hanya di 5-7,5V.
Mohon arahannya.
saya udh pake scr bt 151 500r + 2n5401 tapi hasil tetep sama.
coba ngawur modif spul jadi CT+ modif seluruh rangkaian om zak, + R jengkol + dua T C3182 + r 6w 8.2 ohm.. jadi arus dc
hasi lampu 11,2v pengisian 13,8 - 14v. tapi nggak minimalis dh diringkas masih lebih Ghede dr mouse. hehehe
tapi lumayan test 10mnt... panas rangkaian cuma anget-anget. sekarang dh saya cor pake resin biar awet..
tp kawat spul dah q rubah 1,2mm.
.masih punya target naik volt lampu 14v . pake 7815. so 18v masih kuat. pakai cas aki mobil 10A made in dewe.. tp dah puyeng dulu.. mikir kerjaan.
jiahaha .. lagi semangat semangatnya ya om anggra . . .
udah buat apa aja yang diposting oleh beliau ^_^
kalo kiprok yang aku buat,sudah mantap om . digeber voltase meningkat , akan tetapi saat diberi beban lampu. lampunya redup kalau keadaan lamsam. beda dengan kiprok orisinilnya kalau lamsam masih terang. sampai saat ini ungcle belum bisa jawab.
iy om bai,, dari iseng jadi gatel. hehehe.. . rangkaian om zack dah bs dibilang sama m kiprok asli.tetep aj kprok buatan pabrikan ada rahasianya. pdhal di rangkaian tv in SCR 30v tidak terkompres stlah terkena beban 12v. memang harus lbh kreativ aj.
biar scr'ny di ganti 7815/ lebih tetep aj jd redup setelah terkena beban. wktu scr n 7815 di test pakai trafo ct diode 6/3A + kapasitor aja bisa gk ngedrop walaupun trkena beban lampu motor. jadi iseng aj bwt rangkaian terpisah lampu m aki. eh malah lumayan jd'ny.
test lampu jauh dekat hidup bersamaan hasilnya lampu gk redup. hehe. jd ky motor laki.. tanpa fullwave alias cm ngandalin spul. n udh q bwt sklar lampu jauh tnpa mutus arus lampu dekat. weleh.. terangnya ok ky lampu mobil, kira 100m tembus.
tp gk bs lama2 lampuny panas'e puollL..pdhl 35/35w 2,, trz yg 1 malah lepas masuk ke dalam reflektor. q liat2 trnyata cincin/sirip lampu bukan press tp cm di lem pake timah. semprull. mika leleh,, ky plastik kena api rokok. jd kemarin beli baru.. jiahahaha...
share pengalaman aj... :)
wah mantap tuu .. coba deh makai yang 100wat semoga gak meleleh kalo makai yang itu. trus penerangan gak kalah sama HID :p tetep semangat kang
tetap semangat !
om zak,knpa y di motor jadul sya{astrea 800}yg kiproknya tiga kaki tegangan keluarannya cma 9 volt?baik lmpu maupun pengisian,ap mngkin gara2 ane beli zener yg 9v1 dan tahanan yg 5k6 soalnya lgi gada waktu beli..mnta pnjelasannya dn ap memang motor jadul sya spull nya cma segitu?dn apa bner motr sya gda tahanan lmpunya di kiprok?
widiww :p. SEMANGAT LAJU om !!
oiya, foto skemanya sudah saya kirim lewat facebook om ..
sudihkah om untuk melihatnya :p heheh
ya smangat om zack. wong ni mikirin setrum yg mubazir di'buang2 ke masa. pdhl msih bs bwt maksimal ke lampu. sekarng dh tembus 13v.hehe sbelum nemu ni.. sempet mikir pake ac konverter 12v DC to 220v AC + travo CT 10A utk lampu tp mau taruh mana.. paling nggak jg hrs fullwave bwt nyuplai aki.
hehe kmrin2 dah sya coba kang bai pake lampu cadangan kijang babe 90/100w ditali pake mail + lem G..tp pake reflektor yg lama.. widih 90w aj padange ngacir..hahaha cm q pake 1jam mikanya ngglombang + jd bures.. ueekk. dh seneng kang pake 35/35w 2 buah gk jauh m 90wat..n dh ngalahin penerangan jalan hid 250.000 yg cm silau tok. yg atas osram kuning kabut m bawah yg biasa. so motor q grobak fu.. motor mahal penerangan murahan. rantai brisik hrs pakai tambahan. kecewa berat... andai aq sugih duwit.. wis tak doll ganti anyar..hwehehe
jiahaha ..
hukum alam sii mas anggra, kekurangan yang membuat kita lebih berfikir keras ( kritis ) kalo seandaianya kita orang mampu. pasti gak akan repot" mikir kaya gini. langsung aja beli HID super mahal .. hehehe
Blog seperti ini sangat membantu sekali di jagat otomotif apalagi kalangan menengah kebawah yang selalu ingin berkreasi tanpa batas tanpa mengeluarkan bugget yang terlalu besar . . .
terimakasih banyak kepada orang seperti om jak yang selalu memberi ilmu kepada kami.
om zack... rangkaian di atas klo ingin mengurangi 3 - 4v tegangan ke accu apa yg hrus dirubah?
yoi tow om bai.. lha wong dh di kasih modal kog tinggal ngembangin aj.. boro2 yg lain dh pd pinter mau bagi ilmu sprti ni..
coba dikurangi nilai zenernya mas.
sama aj om bai... mlah dah pake 5v tetep sama...
Om zack.. motor gw soul gt kondisi fullwave pake kiprok tiger ori. Kemaren sempet manipulasi monitoring voltage kiprok pin 2 dengan penambahan dioda 1a. Voltage terbaca : rpm idle hid off 15,1v.. rpm tinggi hid off mentok di 15,3v.. rpm tinggi hid on mentok di 15,1v. Untuk aki kering mebi gak masalah. Yang jadi pertanyaan, kondisi voltage segitu apa masih aman buat ECU???
Om... Rangkaian itu bisa buat suzuki skydrive gak ?Makasih.
voltage aki 15,3 masih wajar dan standar, didalam ECU sudah ada filter voltage regulator standar 12 volt.
rangkaian kiprok ini standar untuk tipe motor yang pakai kiprok ac dc , untuk suzuki skydrive sangat bisa !
Uncle Zack Kalau Kabel merah dihubungkan ke lampu langsung bisa ngak..
bisa, dengan catatan kabel kuning dari sepul harus dipotong terlebih dahulu
uncle jack apa bisa rangkaian kiprok nya di pasang di motor yamaha mio j injeksi?saya mau pasang lampu hid tapi kepingin aman buat komponen injeksi atau ecu nya,mohon pencerahan nya..
mas saya sudah rangkai seperti rangkaian di atas? trus saya pakai lampu osram 12v/35 4000 kelvin tetapi lampunya kok langsung putus ya mas ?
dibuat jalan dengan rpm tinggi langsung putus ? apa perlu di ganti resistornya ya mas ?
saya menggunakan resistor 1/2 watt ? atau resistornya di lebihkan nilainya ?
motor saya blade110 dengan kiprok sudah saya ganti dengan standart kiprok mio smile !!
Uncle, untuk honda beat dri AC ke DC pake regulator ini bisa ga? Trs kabel mana yg harus dipotong..
uncle mau tanya apakah regulator dc ini bisa dipakai utk suzuki satria ?
dan kabel mana yg harus dipotong dari spul ( 4 kabel) terima kasih
uncle zak, klo kiprok ini buat di vespa super 73 bisa ga, soalnya mau pasang aki
kiprok acdc model diatas diaplikasikan pada motor vespa sangat bisa dan semakin mantap !
tidak ad yang harus dipotong untuk aplikasi pada motor suzuki satria, model kiprok acdc diatas bisa langsung diplikasikan
salam kenal om
udah coba buat kirpok ac dc dan boster semua gagal terus
bingung antara komponen dan gambar gak sama
nomor yang bisa dihubngi or email disaya om
please help me..thanks before
Ane pasang d supra 125 lampu ko g bsa nyala za
R5k1 udah tk smbung kbl ptih
Mhon pencerahan uncle
kalo buat scorpio bisa gak paman zak
rangkaian udah jadi coba test hasilnya bila gas langsam semua nyala tapi waktu gas digeber tidak ada aliran listriknya tp normal kembali ketika gas langsam. Mohon bantuannya om
Om bisa mintak memperjelas susunan kabel labelnya
trimakasih om infonya
Om, utk nilai R apakah mutlak harus 5K1 ? Bgmn seandainya SCR pake 2P4M ?
Uncle Zak... Rangkaian diatas bisa dipakai di minerva R150 ngk..?
uncle zak tangerangnya mana?
Uncle Misi Mau tanya, Apakah rakaian ini bisa untuk Yam*h* RX Spesial 81 yang masih menganut kelistrikan 6 Volt?
mohon Pencerahannya
pak, klo misalnya saya mau pasang potensiometer/tripod bisa tunjukan bagaimana caranya,. dan butuh brp k
Unle kalo DC bisa pake bosster kiprok ini?
apakah sama test pengujiannya?
Uncle...Apa ini bisa dipakai buat vixion NVL???
uncle .. apa bisa buat Jupit*r Z 2005?
bisa dan semakin mantap lampu lebih terang
Supra x 100 cc bisa gan?
Itu scr grandmya gak disambung?
supra x 100cc bisa pakai kiprok model diatas, anoda scr konek ke ground
seandainya sepul di ganti adaptor trus buat ngecas aki bisa dong pak?
betul, bisa untuk cas aki
om, buat mio sporty bisa gk ? soalnya aku mau ganti pake LED semua. makasih om atas inponya :)
apakah skema charger ini juga bisa auto charge dan auto cut off pak? sehingga bs dipake utk ngecas aki terus menerus tanpa kuatir akan meruksak aki yg dipake utk On Line. skema ini akan sy pake utk topologi sbb: charger otomatis--->aki--->inverter---->komputer server(nyala nonstop 24 jam)
Om kalau di pasang di jupiter 2003 bisa gak?
uncle zakk... bisa pesen gak tuk kiproknya langsung pasang???
omm kalo dipake di motor new smash 110 bisa gak ya ommm
dipakai dimotor smash bisa dan semakin mantap
kalo pesen yang sudah langsung pasang ada gak omm...
skema ini apakah juga auto charge & auto cut off pak ? sehinga dpat dipake utk ngecas aki secara otomatis?
rangkaian ini apakah juga auto charge dan auto cut off pak? sehingga dpt dipake utk ngecas aki secara atomatis
haloo om zak....lma gak ada respone...
Om zak rangkaian ini bisa di pake di supra 125 gk, dan gi mna caranya
skema ini apakah juga auto charge & autocut off pak ? sehinga dpat dipake utk ngecas aki secara otomatis?
Thunder 125 menganut system 3 phasa 3 kabel output buat nyetrum aki semua
om zak kl d psng d motor tanpa aki (rx king) bs jg gak?regulator motor sih msh ada om? thx
om zak kl d psng d motor tanpa aki (rx king) bs jg gak?regulator motor sih msh ada om? thx
gan..kalo untuk mio sporty cara pemasangannya gimana gan? mohon bantuannya
om mohon bantuannya, kalo rangkaian kiprok untuk thunder 125 mohon pencerahannya
artikel untuk membuat kiprok thunder ada disini coba buka daftar artikel
sama saja kabelnya standar merah ke aki, putih dari sepul, kuning untuk lampu hitam masa
untuk rk king bisa semakin mantap
gan ane dah rakit..tegangan ke akinya maksimal kalo gas digeber kok cuman 10v ya? apanya kira2 yg salah ya gan?
untuk supra x 125 helm in, 5 pin bisa ndak ?
om kalau jalur lampu ambil dari aki, alias yang dari spull tidak digunakan apa bisa make rangkaian ini
Keren euy kiprok ala Uncle ini, ane dah coba rakit. D1 ane pake 3A sama C1 ane paralel 5 kapasitor 4,7uf karena keterbatasan komponen. kalo dibandingin sama Kiprok ori legenda beda nyatanya tegangan buat charger aki dapat 12 s/d 12,3V saat rpm rendah, kalo kiprok ori cuma 10 s/d 11V. saat rpm tinggi ga terlalu ngaruh, ori atau bikinan sendiri sama sama 13 s/d 15V. efek terang redup lampu sama aja. kalo hasil yang ane rakit Nilai plus kiprok ini ga bikin aki tekor. rpm rendah atau tinggi tegangan charger aki selalu dapat 12V lebih. emang mantap :D
Om lo aki ga dipasang apakah lampu tetep normal? Lo kiprok yang aki ga terpasang lampu jadi putus terus pa kiprok rusak?
Om Zak..ini kiprok old vixion ane sekarat..rencana mau aplikasikan model ini,cuma ane bingung..kabel dr spul ada 3,warna putih semua.Kiprok standar old vixion pin 5,kabel dr spul 3 biji (putih) out DC hitam (massa) sama merah (charger accu)..yg ane tanyakan bagaimana cara membedakan ke-3 kabel ini,mksudnya mana jalur lampu,jalur charger,sama massa/ground?
Terima kasih.
kalo buat ninja r yg masih
sytem ac bisa nga.?
Om zak, kalau mau minta dibuatkan untuk vario 110 bisa nggak? Karena saya tidak mahir main solder, bikin diode 2/2 untuk lampu saja saya rusak semua krn kelamaan solder nggak nempel
Met siang om zak, mo nanya nih.
Di kota saya toko komponen sangat tidak lengkap, udah ngubek2 tiap toko tetep tidak nemu SCR tipe BT151, paling2 adanya SCR tipe 2P4M dan BT136. Apakah semua rangkaian kiprok bisa menggunakan SCR tipe 2P4M atau mungkin ada contoh rangkaian kiprok dengan SCR NEC2P4M. Matur nuwun
mantap sekali hasilnya uncle saya buat kiprok ini tp dengan sedikit merubah ukuran komponen di atas hasilnya jalur lampu terbaca 16 volt terimakasih atas ilmunya uncle zak
Om Zack. kalo dari R1 ke kabel putih, berarti rangkaian ini jadi kiprok tipe fungsional alias bukan feedback ya om? wah kerenn nih si Om. mohon koreksi
bang..... saya ada masalah... untuk vespa lampu sering putus...... kira" kiprok yg mana yang pas. tolong solusinya
Saluut easyenglish93, ane bikin buat diaplikasi ke HSX125 tapi D1 6A panas, ganti pake STPR1020CB (10A/200V) agak dingin cuman gantian BT151-600 yang panas. Hadeeh ada solusi gan?. trims
Kabel kuning dijamper ke kabel putih bro, karena spul HSX125 tanpa menggunakan CT
Pakai di vixion bisa?
Pakai di vixion bisa?
Pakai di vixion bisa?
Om yg buat fullwave gmn..
Om yg buat fullwave gmn..
Ane udah bikin, part sama, peletakan sama, urutan sambungan ( solderan ) sama,
kenapa waktu dipasang,
kondisi langsam tidak ada kenaikan voltase pada aki.
mesin di gas SCR nya langsung ngebul terbakar, pada kaki katoda yang gosong.
mohon bimbingannya tanks
Apa Om zak ada jual kiprok ini, biar gak pusing aku he hehehe
Om zack kalo kiprox ini buat beat fi itu kan 5 pin gimana caranya...??? Mohon penjelasanya pleaseee...
Kiprok vespa nggak ada kabel kuningnya. yng ada merah, abu-abu, putih dan hitam.
apakah kabel warna abu-abu ini sama dengan kuning?
om honda win tegangan dari spul langsung kisaran berapa V ya ?
Buat megapro primus bisa gak om
om maaf bagian blakangnya kurang jelas ..bisa d perjelas lgi gx ? mkasih
Om zack klau scr nya 151 600r bisa nggak ya karena di toko yg 500r nggak ada tolong di balas ya om
Mas zak saya mau tanyak nie kiprok ini kira2 klau di pakai charger aki kayak setrum aki di bengkel2 itu kira-kira uda outomatis mati dak bila penuh aki tersebut...dan kalau dipakai charger aki kira2 rangkaian ini kan ada koneksi lampunya yaa mas kira2 gimana rangkaiannya bila tanpa lampu...mohon bimbingannya mas yaaa
om zak bisa buat vixion lama gak ya rangkaian ini.. tolong di bales ya om
selain scr Bt 151.apa ada model scr lain om?.soalnya susah cari scr 151
Mengapa kiprok merk fukuyama sama ori motor harganya beda? Adakah yang membedakkannya om? Hee edisi penasaran banget om..
Pertanyaan bagus nih,kayKnya ditambahin relay bisa buat rangkaian charger otomatis ..... Mohon balas an ny om zack
Bs kayaknya bro,tp nambah relay ..... Ane ikut nunggu jawaban ....heheheh
mas @miftah sle,apa kiprok ini bisa diaplikasikan di honda CS1 ?
maf uncel sya mau tnya, sya sudah buat kiprok sperti pick di atas, hasil pengisian'a luarbiasa,, tpi kendala yg saya temukan knpa diode 6A nya jebol di rpm tinggi, sya sudah coba buat 2 sekaligus dan 2"nya jebol di diode 6A nya, mhon solusi'a,,
Bagi yang sedang melaukan modifikasi kiprok, bisa cek nih arti warna kabel kiprok
keren min, dilengkapi gambarnya juga jadi jelas sekali...
power supply 30v 5a
Maaf uncle, kenapa ya jalur kelampu saya tes dg multitaster 11 volt sampai 21 volt ya..?? Apakah ada yang salah..??
Salam Om Zak
Saya sdh rakit sesuai skema di atas, namun saya test dengan Trafo CT 18-0-18 keluaran di Multimeter hanya 8,6 Volt saja (kurang dari 13,5 - 15 Volt yang diharapkan) kira-kira apa yang harus diperbaiki.. Terima kasih Om Zak tanggapannya.
Om zak.. itu zener nya berapa volt?
Ass paman zak itu dari dioda penyearah 3/6 Amp langsung ke aki ya apa voltasenya nggak gede saat motor di gas rpm tinggi ma'f mohon di koreksi klau salah aku pngen buat buat charger akinya doang taadinya
Om saya udah bikin kiprok nya cuman tegangan pengisian ke aki sama ke lampu pas rpm tinggi 24-32 volt takutnya cdi rusak pencerahaan nya dong
pada jupiter mx 2011, saya cek saat motor nyala tanpa aki kondisi stasioner tegangan charge 5,8v.. di gas naik tapi msksimal cm sampai 8volt.. pakai aki 12,sekian volt.. tapi aki tekor terus.. padahal aku saya charge pakai charger aki ( buatan sendiri 15 volt) bisa penuh akinya.. klo lampu nyala normal.. apa masalahnya pamam zak? makasih paman
Uncle.. Dioda zenernya yang berapa volt..??
Kan cuma di jelasin 1/2 watt..
8.2v
Dioda zennernya 9v1
Om zak motor saya suzuki smash, pake kiprok ganda sgp/ori.ada epek sampingnya atau tidak.tolong arahannya. Trims
Terima kasih atas ilmunya. Sudah saya aplikasi di glpro zener 6.8 volt. Lampu terang digeber g putus. Aki copot ganti elco. Mantap kiprok g panas jarak 32 km pp seminggu.
Om salam knal dr jember jatim.
Om ane ud bkin sirkuit 1, ane aplikasikn k win. Zener 8v2 susah om, jd ane pake 15v. Ane cek tanpa beban, langsam ud lumayan 4,..v baik kabel kuning yg mau k lampu (ac) maupun jalur pengisian aki (dc). Saat rpm tinggi jalur ac tembus 17v, jalur charge aki cmn 7v. Saat ada beban jalur ac langsam-rpm sedang lampu mantap terang, saat gas pol rpm tinggi bohlam mati. Yg anehny jalur aki (dc) charging aki mantap 13,... V, rpm sedang msh tembus 15v mantap. Tp saat rpm tinggi bs tembus 17-18v.
Gmn om solusiny ?
Om salam knal dr jember jatim.
Om ane ud bkin sirkuit 1, ane aplikasikn k win. Zener 8v2 susah om, jd ane pake 15v. Ane cek tanpa beban, langsam ud lumayan 4,..v baik kabel kuning yg mau k lampu (ac) maupun jalur pengisian aki (dc). Saat rpm tinggi jalur ac tembus 17v, jalur charge aki cmn 7v. Saat ada beban jalur ac langsam-rpm sedang lampu mantap terang, saat gas pol rpm tinggi bohlam mati. Yg anehny jalur aki (dc) charging aki mantap 13,... V, rpm sedang msh tembus 15v mantap. Tp saat rpm tinggi bs tembus 17-18v.
Gmn om solusiny ?
Posting Komentar