by : zakir skynet
Jurnal ilmiah kali ini tetap masih terkait dengan kiprok/regulator voltage motorcycle, namun bahasan kali ini lain dari jurnal ilmiah sebelumnya biasanya terkait dengan modif sebuah kiprok. paman zak kali ini akan membahas bagaimana membuat sebuah kiprok AC DC standar original yang biasa digunakan pada motor varian bebek dan motor besar lainnya. Secara umum model-model kiprok yang ada dipasaran umumnya ada dua tipe kiprok ac dc yaitu model feed back dan model fungsional, yang akan dibahas pada artikel ini adalah membuat kiprok acdc model feed back, pada artikel selanjutnya juga akan dibahas bagaimana membuat kiprok ac dc model fungsional.
Untuk membuat kiprok AC DC standar original buatan rumah diperlukan biaya kurang lebih 12.000,- setara dengan harga sebungkus rokok cukup murah bukan !. hanya dengan biaya sebesar itu anda akan berkreasi tanpa batas dalam membuat kiprok ac dc . Kiprok desain seperti gambar dibawah ini sudah di uji di Lab Dept Litbang Rekayasa Regulator Voltage Institut Teknologi Paman Zak Hasilnya sangat memuaskan Jalur kabel kuning untuk lampu maksimum voltage ac terbaca 13 -14 volt pada rpm tinggi jalur kabel putih voltage ac terbaca 18 -20 volt sedangkan maksimum pengisian aki terbaca pada rpm tinggi 14, 3 s/d 15 volt sangat mantap. Kegunaan kiprok ini sangat universal bisa digunakan untuk semua motor.
Untuk membuat kiprok AC DC standar original buatan rumah diperlukan biaya kurang lebih 12.000,- setara dengan harga sebungkus rokok cukup murah bukan !. hanya dengan biaya sebesar itu anda akan berkreasi tanpa batas dalam membuat kiprok ac dc . Kiprok desain seperti gambar dibawah ini sudah di uji di Lab Dept Litbang Rekayasa Regulator Voltage Institut Teknologi Paman Zak Hasilnya sangat memuaskan Jalur kabel kuning untuk lampu maksimum voltage ac terbaca 13 -14 volt pada rpm tinggi jalur kabel putih voltage ac terbaca 18 -20 volt sedangkan maksimum pengisian aki terbaca pada rpm tinggi 14, 3 s/d 15 volt sangat mantap. Kegunaan kiprok ini sangat universal bisa digunakan untuk semua motor.
Kiprok AC DC Untuk Semua Motor |
Rangkaian Kiprok Motor AC DC untuk Semua Motor |
Komponen elektronik dan Anggaran Harga Komponen di Kota Tangerang :
Resistor Harga/buah
R1 = 5K1 Rp. 100,-
R2 = 1K2 Rp 100,-
R3 = 1 K Rp 100,-
Capacitor :
C1 = 22 uf 50 Volt Rp. 500,-
Diode :
D1 diode 1 amper Rp 100,-
D2 diode 3 or 6 amper Rp. 500,-
Diode Zener :
DZ 1/2 watt Rp 300,-
SCR BT 151 Rp 5.000,-
Q1 Transistor 2N5401 Rp. 750,-
PCB Rp 2000 x 1/4 Rp. 500,-
Timah solder 1/2 meter Rp. 1000,-
kabel dan sekun kuningan Rp 1500,-
Total Budget Rp 9.700,-
Cadangan anggaran Rp. 1.550,-
Total General Rp. 12.000,- or 1.2 Dollar USA
Contoh Kiprok AC DC buatan pabrik model fungsional menggunakan 2 buah SCR |
Contoh Kiprok AC DC Buatan Pabrik Model Feed Back menggunakan satu buah SCR |
Langkah-Langkah Pasti Membuat Kiprok AC DC Standar Original Model Uncle Zak
SCR BT 151 dan diode 1 ampere |
SCR, diode dan Transistor 2N5401 |
SCR, diode, Transistor 2N5401, dan Resitor 1 K |
Kiprok AC DC Selesai dibuat |
Kiprok dipasang kabel penghubung |
Kiprok dipasang dimotor siap digunakan untuk satu abad |
Hasil Test Kiprok Dept Litbang Institut Teknologi Paman Zak
- Voltage aki Terbaca 14,2 volt pada rpm sedang dan pada rpm kecepatan cahaya terbaca 15 volt
- Voltage AC jalur lampu terbaca 13 volt beban lampu 35 watt merk aspira pada rpm 2000-5000 sedangkan pada kecepatan high speed lewati lampu kuning terbaca 14 volt
- Uji kiprok pakai motor honda legenda selama 720 jam, hasilnya mantap aki full power dan tingkat cahaya lampu yang dihasilkan sangat maksimal
207 komentar:
«Terlama ‹Lebih tua 201 – 207 dari 207MAKSUTNYA LAYOUT !
Gan untuk mio smile bisa itu???
Kalau saya gabungin dg tutor fullwave double kiprok bisa?
Rencana cuma pengen manfaatin listrik yg dr kabel kuning setelah rubah arus jd DC dr kabel kontak. Karena dilihat kalau DC doang, akibat kayaknya cukup ngos2an, krn saya pake led 2x42w (RTD M02H).
*motor New Supra X 125 FI.
Kalau bisa sih beri saya tutor buat manfaatin listrik dr kabel kuning lampu utama setelah DC untuk menunjang lampu utama LED yg watt nya gede. Krn yg katanya kalau listrik kabel kuning ga dipake si kiprok bakal maksimalin charging itu ga terbukti. Ttp aja batasan kiprok ngasih listrik ke aku ya segitiga aja. Pls jawabannya suhu...
Kalau saya gabungin dg tutor fullwave double kiprok bisa?
Rencana cuma pengen manfaatin listrik yg dr kabel kuning setelah rubah arus jd DC dr kabel kontak. Karena dilihat kalau DC doang, akibat kayaknya cukup ngos2an, krn saya pake led 2x42w (RTD M02H).
*motor New Supra X 125 FI.
Kalau bisa sih beri saya tutor buat manfaatin listrik dr kabel kuning lampu utama setelah DC untuk menunjang lampu utama LED yg watt nya gede. Krn yg katanya kalau listrik kabel kuning ga dipake si kiprok bakal maksimalin charging itu ga terbukti. Ttp aja batasan kiprok ngasih listrik ke aku ya segitiga aja. Pls jawabannya suhu...
Hasilnya oke banget
Selamat pagi... Saya sudah buat sesuai gambar, ketika rpm langsam atau stasioner, output ok, tapi ketika gas digeber atau rpm tinggi, kok mesin jadi brebet2 ya om, gimana nih solusinya, nuwun
Permisi uncle zack..mau nanya nih..
Untuk kabel putih dari spull itu kan nanti outputnya kabel merah untuk charger aki... tapi di dekat kabel putih itu tanpa ada dioda zener 15 volt utk membatasi teganganya.. apakah ini aman utk aki uncle zack ?.. apakah saat RPM tinggi hal ini tidak memnbuat aki jasi jebol uncle zack ?
Posting Komentar