iklan google termasur

Minggu, 20 Oktober 2013

Membuat Kiprok Motor AC DC Standar Original Part 1

by : zakir skynet

Jurnal ilmiah kali ini tetap masih terkait dengan kiprok/regulator voltage motorcycle, namun  bahasan kali ini  lain dari jurnal ilmiah sebelumnya biasanya terkait dengan modif sebuah kiprok.  paman zak kali ini akan membahas bagaimana membuat  sebuah kiprok AC DC  standar original yang biasa digunakan pada motor varian bebek dan motor besar lainnya. Secara umum model-model kiprok yang ada dipasaran umumnya ada dua tipe kiprok ac dc yaitu model feed back dan model  fungsional, yang akan dibahas pada artikel ini adalah membuat kiprok acdc model feed back, pada artikel selanjutnya juga akan dibahas bagaimana membuat kiprok ac dc model fungsional.

Untuk membuat kiprok AC DC  standar original  buatan rumah diperlukan biaya kurang lebih 12.000,- setara dengan harga sebungkus rokok  cukup murah bukan !. hanya dengan biaya sebesar itu anda akan berkreasi tanpa batas dalam membuat kiprok ac dc . Kiprok desain seperti gambar dibawah ini sudah di uji  di Lab Dept Litbang  Rekayasa Regulator Voltage Institut Teknologi Paman Zak Hasilnya sangat memuaskan  Jalur kabel kuning  untuk lampu maksimum voltage ac terbaca 13 -14  volt pada rpm tinggi jalur kabel putih  voltage ac terbaca  18 -20 volt sedangkan maksimum pengisian aki terbaca pada rpm tinggi 14, 3 s/d 15 volt sangat mantap.  Kegunaan kiprok ini sangat universal bisa digunakan untuk semua motor.

Kiprok AC DC Untuk Semua Motor
Rangkaian Kiprok Motor AC DC untuk Semua Motor



Komponen elektronik  dan Anggaran Harga Komponen  di Kota Tangerang :


Resistor                                Harga/buah
R1 = 5K1                               Rp.   100,-
R2 = 1K2                               Rp    100,-
R3 = 1 K                                Rp    100,-

Capacitor :
C1 = 22 uf 50 Volt                 Rp.    500,-

Diode :
D1 diode 1 amper                   Rp    100,-
D2 diode 3 or 6 amper           Rp.   500,-

Diode Zener :
DZ  1/2 watt                          Rp   300,-

SCR BT 151                       Rp   5.000,-

Q1 Transistor 2N5401       Rp.   750,-

PCB Rp 2000 x 1/4              Rp.   500,-
Timah solder 1/2 meter          Rp. 1000,-
kabel dan sekun kuningan      Rp   1500,-

Total Budget                        Rp 9.700,-
Cadangan anggaran             Rp. 1.550,-

Total General                 Rp. 12.000,-   or   1.2 Dollar USA

Contoh Kiprok AC DC buatan pabrik model fungsional menggunakan 2 buah SCR





Contoh Kiprok AC DC Buatan Pabrik Model Feed Back menggunakan satu buah SCR

Langkah-Langkah Pasti Membuat Kiprok AC DC Standar Original Model Uncle Zak

SCR BT 151 dan diode 1 ampere

SCR, diode dan Transistor 2N5401

SCR, diode, Transistor 2N5401, dan Resitor 1 K






Kiprok AC DC Selesai dibuat



Kiprok dipasang kabel penghubung

Kiprok dipasang dimotor siap digunakan untuk satu abad


Hasil Test  Kiprok Dept Litbang Institut Teknologi Paman Zak
  • Voltage aki Terbaca 14,2 volt  pada rpm sedang dan pada rpm kecepatan cahaya terbaca 15 volt
  • Voltage AC jalur lampu terbaca 13 volt beban lampu 35 watt merk aspira pada rpm 2000-5000 sedangkan pada kecepatan high speed  lewati lampu kuning terbaca 14 volt
  • Uji kiprok pakai motor honda legenda selama 720 jam, hasilnya mantap aki full power dan tingkat cahaya lampu yang dihasilkan sangat maksimal  
Selamat mencoba dan berkreasi tanpa batas ! Semoga bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia dan seluruh warga dunia

207 komentar:

«Terlama   ‹Lebih tua   201 – 207 dari 207
Unknown mengatakan...

MAKSUTNYA LAYOUT !

pangeran mengatakan...

Gan untuk mio smile bisa itu???

Kidu Hac Otnatus mengatakan...

Kalau saya gabungin dg tutor fullwave double kiprok bisa?
Rencana cuma pengen manfaatin listrik yg dr kabel kuning setelah rubah arus jd DC dr kabel kontak. Karena dilihat kalau DC doang, akibat kayaknya cukup ngos2an, krn saya pake led 2x42w (RTD M02H).
*motor New Supra X 125 FI.
Kalau bisa sih beri saya tutor buat manfaatin listrik dr kabel kuning lampu utama setelah DC untuk menunjang lampu utama LED yg watt nya gede. Krn yg katanya kalau listrik kabel kuning ga dipake si kiprok bakal maksimalin charging itu ga terbukti. Ttp aja batasan kiprok ngasih listrik ke aku ya segitiga aja. Pls jawabannya suhu...

Kidu Hac Otnatus mengatakan...

Kalau saya gabungin dg tutor fullwave double kiprok bisa?
Rencana cuma pengen manfaatin listrik yg dr kabel kuning setelah rubah arus jd DC dr kabel kontak. Karena dilihat kalau DC doang, akibat kayaknya cukup ngos2an, krn saya pake led 2x42w (RTD M02H).
*motor New Supra X 125 FI.
Kalau bisa sih beri saya tutor buat manfaatin listrik dr kabel kuning lampu utama setelah DC untuk menunjang lampu utama LED yg watt nya gede. Krn yg katanya kalau listrik kabel kuning ga dipake si kiprok bakal maksimalin charging itu ga terbukti. Ttp aja batasan kiprok ngasih listrik ke aku ya segitiga aja. Pls jawabannya suhu...

wawaweld mengatakan...

Hasilnya oke banget

Wiwinprasetyo89@gmail.com mengatakan...

Selamat pagi... Saya sudah buat sesuai gambar, ketika rpm langsam atau stasioner, output ok, tapi ketika gas digeber atau rpm tinggi, kok mesin jadi brebet2 ya om, gimana nih solusinya, nuwun

Dilam dimas mengatakan...

Permisi uncle zack..mau nanya nih..
Untuk kabel putih dari spull itu kan nanti outputnya kabel merah untuk charger aki... tapi di dekat kabel putih itu tanpa ada dioda zener 15 volt utk membatasi teganganya.. apakah ini aman utk aki uncle zack ?.. apakah saat RPM tinggi hal ini tidak memnbuat aki jasi jebol uncle zack ?

«Terlama ‹Lebih tua   201 – 207 dari 207   Lebih baru› Terbaru»