iklan google termasur

Rabu, 06 Juni 2012

Cara Mudah Tes Kondisi Aki

by : Zakir Skynet

Banyak untungnya jika kita tahu cara melihat kondisi performa aki, pengalaman buruk dialami kawan uncle zak, ketika mobilnya tidak kuat stater maka langsung saja menuduh bahwa aki sudah soak, maka dibelilah langsung aki baru NS-70, ternyata setelah dipasang,
tetap saja ketika distater tidak kuat. akhir kata,  kawan uncle zak pagi itu rugi Rp. 650 ribu. pagi yang buruk buat kawan uncle zak.

Banyak faktor penyebab stater tidak kuat misalnya kabel-kabelnya sudah tua /berkarat menyebabkan arus listrik yang dipasok aki ke dinamo stater berkurang karena ada resistensi/hambatan karat, dinamo staternya dalam masalah, atau relay stater dalam kondisi buruk.

Agar jangan sampai salah mengambil keputusan  maka ada baiknya para pemilik kendaraan memahami cara mengukur performa aki, untuk itu diperlukan sebuah alat yang paling mahal sampai yang paling murah :

alat untuk mengukur performa aki yang paling bisa dihandalakan dalam bahasa uncle sam adalah load tester battery yang berwujud seperti dibawah ini :








Cara kerja load tester adalah simulasi pembebanan dengan mengggunakan sebuah resistor atau variabel resistor tergantung kebutuhan,.  contoh simulasi 1000 amper maka sebuah resisitor senilai 0,012 ohm
 angka nilai resistor  didapat dari 12 volt dibagi 1000 amper = 0,012 ohm.
 sedangkan rangkaian intinya seperti pada gambar dibawah ini
Rangkaian utama Load tester battery




cara kerja alat load tester sangat sederhana, setelah seluruh kabel terhubung ke terminal positip dan negatip aki,
  • switch alat di tekan dalam hitungan 2-3 detik: jika voltase aki terbaca pada area 9,3 s/d 11,5 volt pertanda aki dalam keadaan bagus ( 11-11,5 volt  sangat bagus, 10-10,9 volt bagus, 9,3-9,9 volt  sedang )
  • jika voltase aki meluncur ke bawah  pada area 5 s/d 9,2 volt pertanda aki kondisi sudah sangat buruk.




sedangkan contoh diatas load tester tanpa volt meter cara kerjanya sebagai berikut : misalkan akan menguji aki 65 ampere maka jarum load tester harus menunjukan pada skala hijau area aki 65 amper jika ,jarum jatuh pada area hijau pertanda aki bagus, jika jarum menunjukan pada area merah atau kuning pertanda aki buruk

Metode Test kondisi performa aki Model Uncle zak 

mengingat harga load tester model seperti gambar yang paling atas relatip mahal biasanya hanya bengkel-bengkel besar yang memiliki uncle zak punya solusi murah, efektip efisien dan ekonomis untuk mengukur kondisi performa aki.
melalui  hasil riset dan pengujian beberapa aki yang diuji ke mobil uncle zak chevrolet tahun 1984 mesin diesel hasil nyaris mendekati dengan angka-angka seperti diatas

alat yang diperluan dan wajib adalah :
voltmeter digital seharga Rp. 40.000,-


voltmeter digital harga Rp.40 ribu
cara pasangnya capit buaya bisa langsung terhubung ke terminal aki positip dan negatip jika pengujiannya didalam kabin mobil cari jalur kabel  positip sedangkan negatipnya body mobil.
untuk yang model socket cigarette lighter langsung konek ke rumah soket cigarette lighter maka akan langsung terbaca voltmeternya.

Cara Test 

Pada saat kunci kotak di stater perhatikan angka voltagenya seberapa besar angka voltmeternya
jika voltase aki terbaca pada area
  • 11-11,5 volt  kodisi aki sangat bagus, 
  • 10-10,9 volt kodisi aki : bagus.
  • 9,3-9,9 volt kondisi aki  sedang (diperlukan pengecasan selama 12 jam agar kembali seperti baru )
  • jika voltase aki meluncur ke bawah  pada area 5 s/d 9,2 volt pertanda aki kondisi sudah sangat buruk.


voltmeter desaiin langsung ke socket cigarette lighter



buat yang sudah punya voltmeter seperti pada gambar dibawah ini hanya tinggal amati angka voltmeter saja seperti angka-angka diatas.






 

 ilustrasi modelnya seperti pada rangkaian dibawah ini : kunci kontak sebagai switch dan resistornya adalah dinamo staternya  sedangkan voltmeter sebagai alat bantu untuk mengukur seberapa bagus kondisi aki


 






cara load tester voltmeter langsung terhubung ke aki


cara load tester voltmeter digital terhubung ke pemantik api rokok
Cara load tester voltmeter pada aki motor






semoga info ini dapat membantu dan berhemat sumber daya keuangan









16 komentar:

siarantvdigital mengatakan...

mau nanya pak , untuk yang model lighter beli dimana dan harganya berapa

salam

Riza
08889654090

Solusi battery mengatakan...

produk tersebut banyak dijual di dept store Ace Hardware Indonesia dan Krisbow Indonesia

hengkicheung mengatakan...

mau tanya pak. motor saya dari baru kondisi tegangan pengisian diukur pakai voltmeter bisa mencapai 14.8V dan setelah mesin dimatikan berada pada tegangan 12,4 -12,6V apakah itu normal, atau masuk kategori overcharge. sebenarnya berapa toleransi tegangan pengisian pada aki MF yg msh aman. terimakasih sebelumnya.

Unknown mengatakan...

Om zak. Kalau mbuat alat tes aki 12v dg voltmeter maka brp nilai resistor yg d butuhkan ya? Brp watt resistornya om. Trmksh

Unknown mengatakan...

Pak Zali. Mau tanya. Kalo aki mau ngangkat utk starter tapi mesin ttp tak hidup. Apa mungkin arusnya turun. Mobil saya peugeot, panel display tahu2 seperti ke reset semua terimakasih

Caknur Nurhidayanto mengatakan...

Infonya sangat bermanfaat,pak. Saya punya toko accu (AIS AKI, 085743007505) sering menghadapi kondisi di mana voltase aki masih tinggi (>12,6v), tapi tidak mau starter. Cara yg ditunjukkan ini memang praktis dan efektif.

Damien Adam mengatakan...

Klo mau pasti ukur suatu aki pakai alat ukur cca. Karna akan terlihat kekuatan aki,smakin besar nilai cca maka akan kuat untuk stater

Unknown mengatakan...

BAGAIMANA CARA PENGGUNAAN BATERRY TESTER TIPE FY-54B
mohon jawabannya pak,, sebab sy baru beli alat tersebut namun tidak bisa digunakan karna tidak tahu cara penggunaan. trimakasih

Unknown mengatakan...

Aki sudah drop atau voltace menurun
Coba pakai aki yg lain

Unknown mengatakan...

Aki sudah drop atau voltace menurun
Coba pakai aki yg lain

wanang nugroho mengatakan...

Iya pak, saya juga pernah punya masalah kaya gitu, ketika aki baru di cas mobil lsg bisa di starter, voltase 12-13 volt., setelah mobil di pakai dan di matikan setelah mau di starter kembali gak bisa ngangkat, padahal voltasenya 11,5 - 12 volt. Itu masalah apa ya..??, sekarang aki sdh di ganti baru dan lancar walaupun voltase 11,5 di starter lsg jrengg...

snhaukeo mengatakan...

harus punya alat alatnya itu dulu ya min...
solder uap

Unknown mengatakan...

Mngkin itu tujuan pngetesan ak..lemah akan ttp mnunjukan volt normal -12v saat tdk digunakan..

Iful mengatakan...

kalau cek aki ketika starter berjalan mas,jd kelihatan jelas aki bagus atau jeleknya,jika tanpa beban volt walau sama2 11,5 coba cek ketika starter aki buruk pasti voltnya dibawah 9v, kalau aki bagus paling berkurang 0,5volt, jd ketika di start ada sisa 10,5volt.

sholvan mengatakan...

12 di bagi amper nya aki = nilai r.watt r nya coba di hitung dari 12 volt X amper pak.

Rudy Masono mengatakan...

aki maintenance free lemah, kelihatan dari samping cairan yg di aki sdh low klo ditambah pake aki zur atau air murni. kenapa indikator aki masih hijau warnanya tp sdh ngga bisa ngangkat? simana saya bisa dapat test aki yg pakai printer sehingga aki itu bisa terbaca tinggal sekian% STROMNYA.