iklan google termasur

Kamis, 14 November 2013

Cara Mudah Membuat Charger Aki Otomatis

by :Zakir Skynet

Jurnal ilmiah kali ini paman zak akan mempublikasikan temuan inovasi terbaru dalam membuat charger aki otomatis yang sangat mudah, semudah membuat telor mata sapi, Rangkain charger aki otomatis dapat diatur voltage cut out nya sesuai dengan yang anda inginkan dari maksimum voltage 13,25 volt, 13,75 volt 14,25 volt sampai maksimum 14,75 volt,
komponen utama untuk membuat charger ini adalah power supply / charger aki non otomatis  dengan voltage dari 13 volt sampai dengan 24 volt dapat digunakan dan sebuah kiprok AC DC / regulator voltage motorcycle.

Circuit charger aki otomatis  adalah yang pertama dijagat otomotif Indonesia dan didunia, jika anda membaca artikel ini kata demi kata  sampai habis, maka anda termasuk orang orang yang berutung. Riset penelitian Battery Charger Automatic dibiayai dari dana apbd anggaran pendapatan belanja dapur paman zak yang menghabiskan dana sekitar  Rp. 30.100,-  hasil riset dan penelitian ini dipersembahkan untuk seluruh rakyat Indonesia dan  seluruh warga dunia. Bagaimana membuatnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini contoh gambar menggunakan kiprok Honda Legenda / Supra.


Model Pakai Trafo Tipe CT


Charger Aki Otomatis  Maksimum Voltage Cut Out  14,75 Volt


Model Pakai Trafo  Tipe 0

Charger Aki Otomatis  Maksimum Voltage Cut Out  14,75 Volt



Latar Belakang Penemuan Inovasi

Jika dikalkulasi rangkaian charger aki otomatis jumlah mencapai ribuan design, contoh-contoh rangkaian charger otomatis bisa dilihat pada gambar dibawah ini,  setiap disain charger sudah pasti ada pertanggungjaaban ilmiahnya oleh perancang design charger automatic, berikut dibawah ini lima contoh design charger aki otomatis :














Jika dilihat model sirkuit diatas untuk pemula dibidang elektronik mungkin akan terasa sulit dalam membuat nya dan  termasuk komponennya agak sulit didapat. Melalui pemikiran yang panjang dan kajian yang mendalam menghabiskan satu batang rokok dan segelas coffee pahit plus gula sedikit, maka sebuah sirkuit charger aki otomatis tercipta dengan pertimbangan efektip, efisien dan ekonomis :
  1. sirkuit charger aki otomatis mudah dirakit
  2. komponen pokok charger seperti kiprok motor Honda Legenda / supra fit dan trafo ada disetiap sudut-sudut kota seluruh Indonesia


Charger Aki Otomatis Tipe Paman Zak

Jika anda sudah memiliki power supply atau charger aki non otomatis, maka agar charger menjadi otomatis maka anda harus membeli komponen  tambahan yaitu kiprok motor Honda Legenda atau supra fit original, di Kota Tangerang harga kiprok tersebut bervariasi Rp.95 ribu s/d 110 ribu, untuk yang baru memulai merakit bisa dibaca disini  http://mitrabaterai.blogspot.com/2012/04/buat-charger-aki-mobil-dan-motor.html

  1. Trafo 5 s/d 10 amper
  2. Kiprok / Regulator Voltage Motor Honda Legenda / Supra fit original
  3. Capit buaya
  4. kabel secukupnya

Charger Aki Otomatis  Maksimum Voltage Cut Out  14,75 Volt


Charger Aki Otomatis Cut Out Maksimum Voltage 14,25 Volt


Charger Aki Otomatis Cut Out Maksimum Voltage 13,75 Volt





Model Charger Otomatis Pakai Aksesoris Indicator Full Charge

Ada dua model dengan indikator full charge yang pakai lampu led dan indikator ampere meter terlihat seperti  pada gambar dibawah ini :

Model Indikator Full Charger Pakai Ampere Meter


Ampere Meter Indikator Full Charge

Model Indikator Full Charge Pakai Lampu Led

 

Data-data Kiprok Dapat dipakai Untuk Charger Aki Otomatis

PIN Kiprok : Beat, Vario, Revo Absolute, Blade, Yamaha MX


 

Kiprok Aspira : GL 100, Grand, Pro Neotech, GL Max

 

Kiprok Aspira : Beat, Vario, Blade, Revo Absolute

 

Kiprok Yamaha MX Original

Contoh Kiprok Motor Honda Legenda / Supra Fit

Kiprok Honda Legenda / Supra Fit Original

Posisi PIN Kiprok Honda Legenda / Supra Fit original

Selamat mencoba dan berkreasi tanpa batas !


Semoga jurnal ilmiah ini bermanfaat untuk seluruh rakyat Indonesia dan warga dunia




310 komentar:

1 – 200 dari 310   Lebih baru›   Terbaru»
Unknown mengatakan...

om saya punya kiprok suzuki smash bisa pake ga om ??

Unknown mengatakan...

om kalo pake kiprok honda grand bisa ga?
trus yg trafo 0 tu kalo d posisi 18v bisa ga?
yang terpenting berapa lama?
saya sudah mencoba cas yg g otomatis desain uncle yg sebelumnya,,tp msh blum bisa nentuin lama waktu pengecasan..
mohon pencerahannya uncle..

Solusi battery mengatakan...

secara prinsip semua kiprok bisa digunakan, paling mantap harus dicoba ! kalau sensornya tidak jalan, kesimpulannya kiprok smash termasuk tipe feed back cara pasangnya berbeda mesti posting baru part 2

Solusi battery mengatakan...

mesti di test dahulu, pakai trafo nol posisi 18 volt, bisa digunakan, lama pengecasan minimal untuk aki motor 2 jam lebih dari itu lebih bagus, yang penting saat charging air aki tidak habis !

ibnu hasyim mengatakan...

om, bagaimana untuk tahu waktu pengisian selesai? indikatornya pakai apa?

Dan Zone mengatakan...

Om kalo charger pake kiprok itu auto cut off layakna relay ato menahan arus selama pengecasan dikisaran 14.25 V ?

Gundul mengatakan...

bener2 nih om zak.....
ide nya selalu cemerlang, dan ngena banget , ekonomis lg.

Fris mengatakan...

Om zak klo sumber arus nya pake PSU komputer gimana tuh, dan kiproknya pake punya motor Blade

Solusi battery mengatakan...

indicator nya dipasang lampu led, semakin besar cahaya lednya dan berkedip-kedip pertanda charging aki sudah penuh, untuk lebih jelas nanti ane posting design aksesoris indikator full charge

Solusi battery mengatakan...

design model ini perpaduan antara relay dan menahan arus, pada titik maksimum voltage pengisian nyaris nol gerbang/gate SCR kiprok tertutup, ketika voltage aki turun gate scr terbuka kembali charging aki kembali.

Solusi battery mengatakan...

pakai PSU komputer prinsipnya bisa, yang penting ada output power 13 volt sampai 24 volt, pakai kiprok blade ane belum coba, tidak ada salahnya untuk mencoba

Unknown mengatakan...

om,klo aki uda penuh ntr ngebuang ny kmn,,
klo d mtor kn ke body,,,
apa ke nol ny ato di buang ke casing charge
makasi

Solusi battery mengatakan...

kiprok motor honda legenda / supra fit regulator voltage model series, jadi engga ada sistem proses buang ke body/ground, cara kerjanya gate/gerbang SCR buka atau tutup, jika voltage nya sudah pas gate menutup aliran listrik ke aki terhenti, voltage aki kurang membuka. aliran listrik masuk kembali ke aki, mantap !

Unknown mengatakan...

ok sip makasi om

ried farninov mengatakan...

keren dah om zakkk...kalo pake kiprok shogun 110 om?? di sandingkan dengan trafo 0??

Reinkarnasi mengatakan...

Om Zak mw nanya nih, pas arus melalui kiprok itu apa amperenya nggak berkurang? jadi misalkan klw ampere maksimal yg bisa melalui kiprok itu 1 Ampere ngapain pake Transformator 5 Ampere (kan pemborosan).

Reinkarnasi mengatakan...

http://nunkiman.files.wordpress.com/2012/07/untitled.png
Liat aja sistem kabelnya di sini

Yudhistiro mengatakan...

om zack, kl misal adaptop laptop saya outputnya 18,7v 3,5A, mau diturunin jadi 14,5 berarti bisa dipakein 7 biji diode 6A dipasang seri ya?

Solusi battery mengatakan...

kiprok motor mengunakan SCR tipe BT 151, maksimum power ampere yang bisa dilewati tipe SCR ini 12 amper, pakai trafo 5 amper tetap outputnya 5 amper, bahkan bisa lebih misalkan jadi 7 - 8 amper, tergantung kondisi volt aki.

Solusi battery mengatakan...

kiprok ini alat automatic untuk cas aki, jadi engga perlu tambah diode 7 biji, otomatis voltage aki akan turun ke tegangan 14, 75 volt, mantap !

Yudhistiro mengatakan...

maksud ane, ga pake kiprok...tp langsung pake power supply dr charger laptop yg tegangannya 18,7v 3,5A, kl pake diode 6A dipasang seri, bisa ga?

Solusi battery mengatakan...

bisa ! artikel yg ente maksud sudah dibahas coba lihat daftar isi blog pada Label : Teknologi seputar rumah, judulnya : Cara mengecas aki pakai adapter laptop

Unknown mengatakan...

Om zakk..ane punya 10 amper CT om. cuman sukendernya ..Ct.12 v.24 v..om gak da yg 18 voltnya.. Solusinya gmn ya om zakk.. Tolong om zakk...thank om..

Unknown mengatakan...

Maaf om zakk....trafo 10 ampenya .yg d sekundernya Ct.12v.25v.32v.47v..gak da 18v.jdi ane pake yg mana ya om.. binggung ane om... thanks om zakk

Unknown mengatakan...

salam kelistrikkan dan elektronika...
om zak,trafo 5A apa emang diharuskan???
kemarin saya baru beli trafo 3A CT dengan output : 12v 18v 24v 30v dengan budget 68rb, dan kemungkinan jika untuk yang 5A kisaran 100rb kebawah, maksud saya,dari pada yang 3A mubazir,alangkah baiknya dipergunakan saja om,jika 3A masih memenuhi syarat dan uji coba dari om bisa,akan saya lakukan menggunakan 3A tersebut om :)

Solusi battery mengatakan...

pakai jalur 24 volt bisa digunakan !

Solusi battery mengatakan...

charger otomatis model ini bisa pakai trafo 1 amper sampai 10 amper, jadi pakai 3 amper sangat bisa, maksud pakai trafo 5 amper murni, agar charger lebih bandel dan tahan lama kuat, dan bisa digunakan untuk cas aki dari aki motor 3 amper sampai 200 amper.

Unknown mengatakan...

Ok..master om zakk..
Ane coba..thanks om zaak.

RAISA CALLYSTA AURELIA mengatakan...

kalau resistornya berapa ohm yang dipake uncle Zak??

Unknown mengatakan...

Om..kok pas ane coba kabel yg ct k arah kiprok,kabelnya meleleh k panasan om..ane pake kiprok shogun om..
Ane minta pencerahannya om..

Solusi battery mengatakan...

warna ungu pakai 1K s/d 2 K bisa digunakan, warna merah jambu 120 s/d 220 ohm bisa digunakan

Unknown mengatakan...

Paman Zak, kalau bisa tunjukkan pemasangan kiprok ke power suplay yg telah ada, mana yang ke aki dan mana pin yang dihubungkan

Unknown mengatakan...

Maksud saya pin massa dari kiprok dihubungkan ke.mana dan pin yang lainnya juga, tolong dikasi penjelasan sejelas-jelasnya karena saya sangat membutuhkan charger yang otomatis yg simple, murah biaya dan paten. Satu lagi pertanyaan saya apakah bisa kita gunakan untuk charger aki yang 24 volt bagiamana solusinya?, sebelummnya sy ucapkan trimakasih

Solusi battery mengatakan...

coba perhatikan gambar paling atas dan no 2 sudah sangat jelas, output power supply positip dan negatip langsung konek ke kiprok, pin nya tergantung kiprok yg dipakai, aki 24 volt biasanya diseri, konektornya mesti dibuka, baru dicas !

Unknown mengatakan...

mantaf om,
terima kasih om sarannya :) ntar kalau ada rezeki saya naikkan lagi ampere nya om

Owner Reload mengatakan...

Mantap om izin mempraktekannya..... :-)
Kalau di Kombinasikan denga UPS Power Tree 1250Va, bisa nggak? Power dari AKI itu masuk langsung ke PCB UPS atau pakai tahanan dulu? Bagai mana Caranya?
Saya Pakai Aki yang 50A.
Mohon penjelasannya, Terima Kasih...

Unknown mengatakan...

Terimakasih Ilmu bermanfa'at nya.
mau nanya, untuk dioda 6A bisa diganti dengan yang 5A ga om?. apa + dan - nya dari penggantian dioda tersebut?. saya punya beberapa dioda 5A, lumayan kalo bisa digunakan.
terimakasih sebelumnya

Gundul mengatakan...

fungsi dioda hanya penyeArah saja

Solusi battery mengatakan...

kalau buat ups pakai yang model diode dua buah, pakai aki 50 amper bisa pakai, caranya : charging dari ups lama ke aki diputus, selanjutnya pakai charging otomatis model ini tidak perlu pakai tahanan sudah otomatis.

Solusi battery mengatakan...

diode 5 amper bisa digunakan !

Solusi battery mengatakan...

fungisi diode setelah trafo betul untuk penyeraah saja, diode setelah kiprok untuk mengurangi sensor tegangan

Unknown mengatakan...

kao kiprok mio soul bisa nggak

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Mas kalo pakainya charger laptop dan di atur outputnya via kiprok memang haslnya 14.7 v
Tapi yg jadimasalah ialah charger laptop sy automatic cut gt...
Ada solusi yg mantep gak
Apa perlu dipakein diode supaya arus gak berbalik ke adaptor laptop
Dan masalahnya ada di berbaliknya arus itu

Solusi battery mengatakan...

pakai kiprok mio soul bisa dan mantap !

Solusi battery mengatakan...

lebih bagus dicoba ! pasangnya sebelum kiprok atau sesudah kiprok seperti contoh diatas

Unknown mengatakan...

Perlu berapa diode mas
Soalnya kan kalo via charger laptop inputnya cuman 1

Unknown mengatakan...

Satu lg mas
Ternyata tetep aja automatic cut via charger laptop
Ane punya stabilizer komputer
Apakah travo di stabilizer komputer bisa?

Solusi battery mengatakan...

input charger laptop tetap dua positip dan negatip coba lihat skema diatas

Solusi battery mengatakan...

stabilizer komputer bisa untuk cas aki dan harus dirubah ke arus DC, teganganya bisa sampai 220 volt sangat tinggi efeknya sangat bahaya dapat membahayakan jiwa anda, jangan pernah membangun sirkuit dari stabilizer komputer

mustain arif mengatakan...

saya mempunyai stavol nganggur, mau saya rangkai buat chas aki.
karena yg ada hanya satu kumparan, bisa nggak saya tambahi kumparan di atasnya dengan kawat yg lebih besar, dengan jumlah lilitan tertentu sehingga keluar sktr 15Volt?
mohon arahannya...
saya juga sangat ingin bisa membangun chas aki dengan tipe voltage constant... makasih banget uncle......

Unknown mengatakan...

Mw tny dunk om zak..
1.Trafo pake yg nol bisa ga?
2.Rangkaian tsb bisa dipake charger secara bergantian dgn aki lampu darurat 6v 4.5Ah ga om??klo bs pie caray
3. Klo indikator ampere meter digab led bisa ga om???klo bisa pie carae
Makasih om

Solusi battery mengatakan...

pakai stavol untuk cas aki bisa, namun mesti pakai alat tambahan agar tidak membahayakan jiwa dan raga saat dipakai, nanti mungkin ane posting !

Solusi battery mengatakan...

pakai trafo nol bisa seperti contoh diatas
cas aki 6 volt bisa, biar mantap aki 6 volt dua buah diseri biar jadi 12 volt
indikator led dan amper meter bisa digabung, mantap !

Anonim mengatakan...

paman zak,di gambar rangkaian salah satu kaki kiprok ga di pakai ya ? kutub negatif cuma di ambilkan dari trafo ?

Unknown mengatakan...

Untuk charger 1 aki 6v pake trafo 0, outputy ditrafoy yg brp volt om? ♏♏♏ªªªªñÑñŤŤŤªªªªªPPPP...

Solusi battery mengatakan...

pakai output volt 9 volt sudah mantap

Solusi battery mengatakan...

betul satu pin tidak dipakai / jalur lampu sensor voltage ambil dari kutup negatip

Unknown mengatakan...

paman zak, kalo pake rangkaian kiprok paman zak di http://mitrabaterai.blogspot.com/2013/10/membuat-kiprok-motor-ac-dc-standar.html bisa gak?

saya udah beli spare partnya untuk buat kiprok ac dc

mustain arif mengatakan...

makasih..semoga skema voltage constant nya segera bereadar.. :)

Johani mengatakan...

Cara mengukur Teganga apa hrus ada bebab akii...soalnya aku coba ko tegangannya sama dg keluaran power supply..tegangan power supply 16 volt,mohonn bimbingannya paman zak.,...ttrimmmss

mustain arif mengatakan...

OM............saya dah beli trafo 50 ampere.........kira2 kuat untk berapa aki, kalau dipakai untuk voltage constant? muakasih ommm.....

Solusi battery mengatakan...

pakai kiprok model tersebut untuk charger aki otomatis tidak bisa, rangkaian model tersebut adalah model feed back, yang bisa model fungsional.

Solusi battery mengatakan...

ciri kiprok bisa dipakai jika diberi tegangan misalkan 16 volt, outputnya biasanya 13 s/d 13.75 volt.

Solusi battery mengatakan...

9 aki bisa kalau ada digulungan sekundernya tertulis 120 volt, sistem chargingnya diseri

mustain arif mengatakan...

kalau diparalel ndak bisa ya om? coz adanya cuma 16, 18, 24 dan 32 volt.

Solusi battery mengatakan...

dipararel bisa, tapi mesti ada rangkaian pengatur arus kalau langsung arus listrik amper akan besar sekali trafonya akan cepat rusak/kebakar, pakai 32 volt saja bisa cas 2 aki diseri

mustain arif mengatakan...

begitu ya...... :(
om Zak bisa kasih tau saya rangkaian pengatur arusnya? makasih
-terobsesi bisa mbuta setrum akai paralel- hehehehe...
biar beda sama yang ada di sekitar sini....
sekali lagi makasih banyak om...

mustain arif mengatakan...

saya menemukan skema seperti ini bisa dipakai tidak ya om...
http://www.eleccircuit.com/wp-content/uploads/2012/08/high-current-12v-30a-25a-20a-15a-power-supply.jpg

Anonim mengatakan...

om, saya punya adaptor laptop 19V, itu gmn ngakalinnya bisa buat charger aki 12v 3Ah, 7Ah
gmn om ada solusi?
terima kasih :)

kelik mengatakan...

Uncle yth, mhn info gimana cara membangun charger otomatis tapi untuk 24 volt pakai kiprok apa yg cocok.trims.eko dumai.saya sangat menunggu jawaban uncle.

Solusi battery mengatakan...

output adaptar laptop langsung dihubungkan ke kiprok langsung otomatis bisa cas aki 3 ah 7 ah dll

Solusi battery mengatakan...

power 24 volt bisa langsung konek ke kiprok otomatis bisa langsung cas aki 12 volt

Unknown mengatakan...

thanks zak atas share ilmunya , sy sdh sukses bikin charge aki mobill 120 A , pakai trafo 5 A ckp , kekuatan charge 2.3 A

Unknown mengatakan...

om saya ada trafo bekas printer epson lx800, tegangan keluar dr trafo 30volt bisa gak pake cara ini buat charge aki?

Solusi battery mengatakan...

sangat bisa dan ouputnya langsung otomatis, mantap !

Unknown mengatakan...

nich pick nya mas zak http://prntscr.com/3fcmyb btw tu trafo 1 lagi yg nganggur kabel mana buat listrik masuk ya ? kasih pencerahan mas , itu trafo bekas UPS , yg saya inget kabel yg merah besar itu ke api Batere

Unknown mengatakan...

kalau pake adaptor laptop caranya gmana nyambung ke kiprok n klo pake indikator fullnya gmana ya

Unknown mengatakan...

Mantap buat Uncle Zak, ada sedikit pertanyaan nih. Pin Out yang ada di skematik kok berbeda dengan pin out yang di foto ?

Terus cara ini apa sama dengan cara pada dasar kerjanya saat kiprok itu nempel di motor ?

Makasih sebelumnya, maju terus buat Uncle Zak.

http//sukiman.suyuti.com mengatakan...

Om bisa ngak dipake di aki kering?

Solusi battery mengatakan...

gambarnya tidak berbeda, posisi pin tergantung kiprok yang dipakai, cara kerjanya sama dengan saat charging dimotor.

Solusi battery mengatakan...

sangat bisa dan semakin mantap !

Rifqi Sumantri mengatakan...

Mantap pembahasan uncle zak ini, ane tertarik untuk mencoba. Namun ada pertanyaan di benak ane. Dipasaran ada yang nama nya charger aki yang dapat men charger aki hanya dalam 10 menit. Nah pertanyaan ane, bagaimana cara membuat charger seperti itu? Komponen apa yang ditambahkan, kl seandainya charger uncle zak ini di modif supaya dapat men charger aki hanya dalam 10 menit dari keadaan aki habis sampai penuh?
Maksud dari keadaan aki habis disini sekitar 1/2 atau 3/4 Volt atau 6V untuk aki yg 12 Volt 3Volt untuk aki yang 6V.
Terimakasih sebelumnya.

abby mengatakan...

R1 dan R2 nya pake resistor berapa amper tu om
soalnya kalo pke yg kecil kan bisa panas???

Solusi battery mengatakan...

R1 pakai 120 s/d 220 ohm R2 pakai 1K s/d 2k2 sudah cukup mantap dan tidak panas, resistor hitungannya bukan amper tapi watt, pakai 1/2 watt sudah cukup lebih besar lebih bagus

Unknown mengatakan...

om zack mau tanya, setelah saya coba buat carger battery, kiproknya panas, apa harus pake tambahan heatsink atau kipas.. terima kasih.

Dimas Alfaruq mengatakan...

Sukses. Thx Uncle Zack.
Saya pakai Trafo 5A. kiprok Suzuki (entah motor suzuki apa, cuma bungkusnya ada tulisan suzuki. hehehe).

Satu lagi Uncle, trafo bekas UPS tuh input dan outpunya yang mana aja ya ?

Unknown mengatakan...

Om zack nilai R1&R2 pd indikator berapa?

Unknown mengatakan...

Om sy pakai cas otomatis tapi kalau di pakai inverter tuk hidupin lampu 70 watt pasti ndak mampu jam 12 dari jam 6 sore padahal saya pakai cas ber merk G FORCE ,TAPI SAYA PAKAI CAS SEDERHANA YANG TRAFO NYA SY KELUARIN 13 VOLT 5 AMPER KECIL ITU KUAT ,SAYA SDH BERMACEM MERK CAS SDH SSYA COBA ,BERARTI CHARGER OTOMATIS NDAK BISA PENUH,KALAU UNTUK MOBIL YA CUKUP TAPI UNTUK LAMPU NDAK BISA ,SY PAKAI AKI 45 AH ,GS ,GIMANA ITU OM.

Solusi battery mengatakan...

R1 bisa pakai 100 s/d 220 ohm R2 bisa pakai 560 s/d 2K2 ohm

Solusi battery mengatakan...

kalau pakai lebih lama waktu casnya dibiarkan lebih lama

Solusi battery mengatakan...

standar aki dalam keadaan penuh, lebih tepat dilihat dari berat jenis airnya, per sel tegangan terbaca lebih dari 2,6 volt per cell

Solusi battery mengatakan...

selama panasnya tidak lebih dari 125 derajat celcius masih aman.

Solusi battery mengatakan...

output trafo bisa dites pakai ohm meter

Moetrixs mengatakan...

Om zack. Ane mo minta info mengenai indikator Led. Kan ada 2 led tuh om. Yg mana indikator pengisian dan yg mana indikator full. Mohon penjelasannya om. Terima kasih

Unknown mengatakan...

om zack mau tanya nih, sya sudah buat cargenya, saya coba buat carger battrey mobil 85Ah, kiprok sama trafonya panas, pada saat tidak posisi carger tegangan 12V dan pada saat saya kasih beban tegangan naik menjadi 16V. saya beli kiroknya bukan yg asli, trus kalo tegangan PLN turun / 150 V tidak bisa carger, kalopun bisa harus menggunakan stavol.. kira kira yang bermaslah dimna?? traffonya saya gunakan 10A-18V.

ateng fikri mengatakan...

Mau nanya om...klo kita beli socket pin kiprok yg udah ada kabelnya...trus posisinya beda sama yg digambar...kiproknya supra..terlihat dr kiri atas..kuning-coklat-oren-kuning...nah mna yg arah ke aki...lgi belajar om ...mohon petunjuknya...
:)

Solusi battery mengatakan...

warna kabel merah arah ke aki terminal positip

Unknown mengatakan...

Gan ituitu di pakek tuk ngecas aki mobil bsa gk n klo bsa kira2 brpa lma..??

Unknown mengatakan...

trik ini bisa di aplikasikan di mtornya sendiri g?biar aki mtor terkontrol trus!oy trus yg di bilang otomatisnya di mnanya?

Unknown mengatakan...

uncle zak saya ikut skema atau sesuai foto jalur kiprok soalnya berdeda antara skema dengan foto yang ke baterenya

Unknown mengatakan...

unckle zak, kira kira skema di atas untuk charger aki mobil 65Ah sebanyak 6 buah, bisa apa tidak? terima kasih.

Unknown mengatakan...

uncle zak, kiprok spacy skemanya sama apa enggak dengan yang di atas

Unknown mengatakan...

mantappppppp dahhhh,thanks uncle Zak

Unknown mengatakan...

mantab

Unknown mengatakan...

om uncle zak.....indikator led klau ngecas.....waktu pengisian yg untuk cas dan untuk ull yg mn

Unknown mengatakan...

om,,utk menaikan cut out ke 18volt gmana om,,,,,????? trims

Unknown mengatakan...

Om Zak yang baek, tolong jelasin Indikator Led Merah Jambu dan Led Ungu masing-masing buat indikator apa ??? plis..dong Om saya dan temen-temen diatas banyak yang nugguin penjalasan Om Zak,...plis ya Om...

Unknown mengatakan...

Om zak bisa buat aki 120 ah gk

Unknown mengatakan...

Nanya Bang, kalo untuk pengisian aki 24 volt apakah di trafonya juga di rubah ke 24/30 volt atau tetap di 18 volt, kalo pakai kiprok jupiter MX apakah posisi pin nya sama dengan kiprok Shogun
makasih sebelumnya bang Zak.

Unknown mengatakan...

om zak....saya udah bikin seperti gambar diatas pake trafo ct 18v, kiprok supra fit ori,tapi bingung kasih lednya, lednya di pasang setelah dioda sensor tegangan ato sebelum dioda?? mohon jawabannya om, kalo saya pasang setelah dioda tegangan keluar dari kiprok sama dengan tegangan masuk ke kiprok, maksudnya tegangan ga di saring di kiprok, teganganngan yg terbaca 18 volt, klo ga pake led jadi 14volt, mohon pencerahannya om....trims om...

Unknown mengatakan...

om dimas...cas aki nya masih bagus...??? pake indikator led ga om..??? saya udah bikin, cuma bingung masang led nya....trims....

Unknown mengatakan...

Om zack saya bikin dengan trafo ct 3A 18.0.18 pakai dioda 6A terbaca 16 volt bagai mana bisa diturunkan jd 15 volt ga

Charles_it mengatakan...

om zak trafo ups tu jenisnya apa dan bisa beritahu gak cara kerjanya/sistemnya

yon mengatakan...

minta ijin simak, dan maaf tanya.
1. jika rangkaian charger aki otomatis tanpa kiprok apakah ada ?
2. untuk rangkaian charger diatas menggunakan trafo di tegangan 18V apakah tidak merusak aki ?
3. jika saya punya trafo CT 5A dengan tegangan maximal 32 0 32 apakah bisa digunakan ?
4. jika bisa digunakan bagaimana rangkaian yang pas ? dan bisa digunakan untuk charger aki motor dan mobil.
tujuan pembuatan digunakan untuk :
1. lampu emergency memakai tegangan aki (belum menemukan skema dan komponennya)
2. memasang aki tambahan di motor guna peralatan yang lain (banyak referensi membuat aki asli cepat rusak) inginnya yang tidak mempengaruhi aki asli bawaan motor.
terima kasih dan mohon bantuannya.
ynnrny@gmail.com

Unknown mengatakan...

kita mau merakit rangkaian cas batrai ini menggunakan lampu indikator led.. seperti pada skema diatas... jadi resistor yg kita pakai yg berapa ohm restant nya om.....???

Unknown mengatakan...

Malem Paman Jack, saya sudah berhasil menggunkan charger untuk 12V, mantap......, tetapi kalo untuk accu 24V bagaimana? dan menggunakan kiprok apa? terima kasih....

Unknown mengatakan...

Malem paman Jack,...tolong dong minta skema charger untuk 24V, thaks....

Solusi battery mengatakan...

sebagai gambaran ada dua alternatif untuk lengkapnya nanti ane posting : 1.bisa pasang kiprok baru untuk cas aki ke 2 sistem pararel, pakai sistem isolasi diode pada jalur masa. 2. modif kiprok tambahan komponen sistem seri tegangan input/power supply wajib diatas 26 volt.

Unknown mengatakan...

om klo pke charger printer bisa ga?
tu 12?
lama waktunya berapa

Click Titan mengatakan...

malm om zak, kalo utk ngecharge SLA 6v 4.5a, yang diganti/ditambah dari rangkaian diatas apa aja om....?

Solusi battery mengatakan...

bisa, yang penting power output charger printer lebih dari 13 volt, lamanya tergantung kondisi aki. charger diatas sudah otomatis

Solusi battery mengatakan...

sangat bisa, dengan catatan aki SLA 6volt 4,5 volt harus ada dua buah diseri jadi 12 volt, hasilnya mantap !

Unknown mengatakan...

bisa buat cas aki kering ngak gan

Solusi battery mengatakan...

charger model ini multi talenta dan mantap: untuk aki kering basah, basah, regulator charging solar cell, HPG human power generator dll

Unknown mengatakan...

bos,kok positif cas akinya dari massa kiprok??

Unknown mengatakan...

kenapa inverter TBE 700 watt selalu menginsyaratkan ACCU dalam kondisi habis padahal ACCU baru di cas

Solusi battery mengatakan...

ada dua kemungkinan 1.sensor voltage inverter eror 2, aki sudah rusak, satu cell aki sudah sort, coba tes pakai aki yang lain yg masih bagus

Solusi battery mengatakan...

ad dua tipe posisi pin kiprok, coba amati lagi gambar-gambar diatas

Jenkgod mengatakan...

Mau tanya nih Om..Kiprok motor itu khan penyearah,mengubah tegangan AC menjadi DC, tapi pada rangkaian TRAFO TIPE 0 diatas kok output trafo masih diberi dioda bridge (alias KIPROK juga)..?apa memang perlu..?..kenapa output dari trafo tidak langsung ke kiprok motor...?..mohon pencerahannya..

rahman mengatakan...

Om zak, mohon pencerahannya, saya sdh coba membuat charger aki otomatis seperti gambar nmr 2 memakai trafo 0-15 dan pakai dioda bridge lalu pakai kiprok yamaha force one, tp setelah melalui kiprok yamaha kok arus nya mengecil terutama amper nya, mohon pencerahan nya ?

Dipp mengatakan...

Bang zak, kalo pake kiprok motor kan keluaran ampere-nya kecil, bisa nggak buat charge aki mobil yg 45A keatas? kalo kiprok-nya diganti pake alternator mobil kan harganya jaauuuh lebih mahal.

Solusi battery mengatakan...

dari trafo langsung ke ke kiprok bisa cuma hasilnya dapat setengah gelombang masyarakat otomotif menyebutnya half wave, kalau pakai dua diode sebelum ke kekiprok hasilnya dapat full lebih familiar disebut full wave, charging ke aki lebih cepat dan mantap,

Solusi battery mengatakan...

kiprok force one kemungkinan model kiprok feed back maksudnya arus listrik sebelum masuk ke aki sudah diregulasi terlebih dahulu alias voltnya sudah dipress, kalau mau mantap pakai contoh yang model gambar diatas.

Solusi battery mengatakan...

jika kiprok diaplikasikan ke alternator mobil bisa ya bisa tidak maklum belum dicoba !

Agi OtoTech mengatakan...

uncle zak. bikin eksperimen ACG stater dong yang kaya honda Vario itu uncle.
denger2 sih teori dasarnya itu gini : arus dari aki terus masuk ke spul lewat semua kabel output spul, nah karena ada lilitan kabel yg di aliri listrik maka akan terjadi tolak menolak dengan magnet yg akan memutarkan mesin juga unce. nah ane minta tolong kalo bisa uncle kembangin lagi, ane pengen coba sendiri cuman ilmu kelistrikan ane masih dangkal uncle..
terima kasih sebelumnya.. :)

Agi OtoTech mengatakan...

maaf ralat uncle.
ada gaya tolak menolak dan tarik menarik antara spul/lilitan kawat dengan badan magnet..

Unknown mengatakan...

Uncle Zak, kiprok yang paling besar kapasitas arusnya yang merk apa? Sebab saya mau bikin yang untuk aki 100AH. Terima kasih.

Anak Tegal City mengatakan...

mau tanya,,,
apakah charger kiprok ini bisa dipakai 24 jam x 7 hari nonstpo? rencana mau saya pakai untuk menggantikan charger lampu emergency,
terimakasih

Riskah ball import mengatakan...

HARI INI KAMI ADAKAN PROMO TERBARU & TERMURA TERBESAR DARI SARTIKA SHOP BERBAGAI TYPE HANPHONE SEPERTI>SAMSUNG>BLACKBERTY>NOKIA>IPHONE>SMARTFREN>LENOVO>ASUS ZENFONE>ADVAN>OPPO>SONY XPERIA>LG>XIOMI>APPEL>LEPTOP ACER>LEPTOP DELL>LEPTOP TOSHIBA>KAMERA CANON>KAMERA NIKON>DLL
Bagi Yg Berminat Silahkan Hubungi
Kami Melalui.
Via Tlpn/ Via SMS / Via BBM :
PIN BB : 264093EF .HP : 085-756-676-237

Cara Order Online Silahkan.
Isi Forum PemesananSeperti Berikut :
- Nama Lengkap.
- Alamat Lengkap.
- No. Tlpn/HP
- Kode Pos Daerah Anda.
- Type Barang.
- Warna Barang.
- Jumlah Pesanan.

Kirim Melalui Via SMS Atau Via BBM.
PIN BB : 264093EF .HP : 085-756-676-237
website:www.sartika-shop.blogspot.com/
Selamat Berbelanja Dan Terimakasih,,,,

Unknown mengatakan...

Om zak,, saya coba pake indikator lampu led, kq led merahnya ga nyala???

Unknown mengatakan...

Om zak,, saya coba pake indikator lampu led, kq led merahnya ga nyala???

Unknown mengatakan...

Saya coba pake indikator led, tapi led merah kok ga nyala om??

Unknown mengatakan...

Om zack, tanya dong..
kalo pake kiprok ac cs1 apakah bisa?
terimakasih om..
luar biasa hasil pemikiran si om ini

ekojs999 mengatakan...

gan mau tanya kalau accu 36 ampere 12v berapa ya tambah diode ?????

Unknown mengatakan...

Uncle Zak saya ada changer bekas sepeda listrik dgn output 4×12V apakah bs untuk changer 12V dgn atau tanpa kiprok

Unknown mengatakan...

Uncle Zak saya ada changer bekas sepeda listrik dgn output 4×12V apakah bs untuk changer 12V dgn atau tanpa kiprok

Unknown mengatakan...

Uncle Zak, Saya ada trafo bekas UPS sudah saya ukur tegangan skundernya 12,4V AC setelah saya kasih Bridge Diode 35A tegangan menjadi 11,9. dari CT dan Pin Diode Bridge (+), Sedangkan kalo saya ukur dari Pin Diode Bridge (-) dan Pin Diode Bridge (+) tegangan menjadi 24,8V . Sedangkan dari skema diatas arusnya harus 18V, Bagaimana caranya supaya saya bisa mendapatkan tegangan 18V supaya sesuai dengan dengan skema diatas.
Sebagai Info saya sudah mencoba menggunakan IC TIP 7818 hasilnya bisa keluar 18V tetapi IC Panas sekali. Mohon Bimbinganya ya Uncle Zak.

Resto ujung landasan mengatakan...

om baru nyambung ne,, mo nanyyak r1, dan r2 nya yg dipasang di deket lampu indikator itu ukuranya beapa

Unknown mengatakan...

om mau nanya juga nih kalo pake akiprok mio bisa ga yah om

Unknown mengatakan...

Mlm uncle zak, mau nanya itu kan ada 2 indikator led, yg mana yg bwt charging dan yg mana yg yg bwt full charger,trz tandanya bgmn kalo aki udh penuh.trmksh

Solusi battery mengatakan...

warna fink indicator charger, biru indicator full charger

Unknown mengatakan...

uncle zack, kalau digunakan untuk cas accu kering aman ga ya?, thks...

Unknown mengatakan...

UNCLE ZACK.... AKU PUNYA ALTERNATOR 24V, KALAU MAU BUAT NGISI AKI 12V, GIMANA CARANYA? MAKASIH

Unknown mengatakan...

APAKAH SKEMA DIATAS (TRAFO 5A)BISA UTK MENGISI AKI 12V DUA BUAH... MOHON BIMBIMNGANNYA.. BAGAIMANA CARANYA..?

Solusi battery mengatakan...

sangat aman !

Solusi battery mengatakan...

paling aman aki 12 volt yang dicas mesti dua buah diseri

Solusi battery mengatakan...

jika mau cas aki 2 buah tegangan sekundernya trafo mesti di konek ke tegangan 32 volt, dan posisi aki mesti diseri

Bang iwill mengatakan...

Om zack mau nanya nih, sya buat ces aki sesuai skema diatas menggunakan trafo power suply bekas radio, tapi apa bila diberi listrik murni 220 v maka out nya lebih dri 24v. Bagaimana cara menurunkan tegangan tersebut? Mohon pencerahan nya om

Bang iwill mengatakan...

Om zack mau nanya nih, sya buat ces aki sesuai skema diatas menggunakan trafo power suply bekas radio, tapi apa bila diberi listrik murni 220 v maka out nya lebih dri 24v. Bagaimana cara menurunkan tegangan tersebut? Mohon pencerahan nya om

Unknown mengatakan...

om klu pake psu switcing 14volt 10 amper bgm kualitasnya ? lbh bagus yg ake trafo konvensional dari besi ato switching?

Unknown mengatakan...

klu adaptornya 12vol 6 amoer SMPS apa bisa Pak utk membuat charger dari kiprox?

Unknown mengatakan...

Om zack..kalo untuk ngecas aki 12 vol 10 ah,berapa jam dan aman nggak untuk elemen aki?...
Mohon caci makinya

Solusi battery mengatakan...

5 s/d 8 jam sangat aman

Unknown mengatakan...

Ommm zak jika ingin menambahkan kipas dc......pakai arus yg mana......output travo apa output kiprok

Unknown mengatakan...

rangkaian ini bisa utk stanby charge apa tidak pak..?

Unknown mengatakan...

apabila diberi indikator led spt gbr di atas, saat tidak dipasang pd aki apakh lampu dg gbr warna pink menyala ato mati

Solusi battery mengatakan...

rangkaian ini bisa untuk stanby dan mantap

Unknown mengatakan...

indikator chargingnya kok gak bs nyala kenapa pak? padahal proses pengisian bs berlangsung dan sukses. sedangkan utk indikator aki penuh walo tanpa ada aki yg di cas kok tetap bs menyala.

Unknown mengatakan...

Om ane pnya charger aki kering 24 volt tp pas di pake buat charger aki 12 volt di seri stlh 5 jam aki nya kembung, rupanya trus2 charging pdhl aki sdh penuh, kl ane tambahin kiprok sblm aki bisa ya

Unknown mengatakan...

Mf om saya mau tanya sedikit apakah rangkaian ini bisa stanbay terus charger aki tanpa dimatiin..trmkh om

irhamnebo mengatakan...

Om kalo Trafo 2Amper bsa nga ngecas aki 6Amper?

Unknown mengatakan...

Om zak,adakah charger aki 24 volt ? Pakai kiprok maksudnya om

Solusi battery mengatakan...

kiprok motor umumnya pakai aki 12 volt, untuk kiprok 24 volt seperti belum ada,kecuali sedikit di modif

Unknown mengatakan...

Om zak klw pke yg 33volt ct itu bisa gk om??

Bron mengatakan...

udah 1 thn saya pke rangkaian ini dan lancar jaya. pke trafo 1 amp ct penyearah pke dioda 1 amp.kemarin saya coba gnti trafo 5 amp ct 22 volt.dioda 6amp 2 biji. terjadi masalah panas pada trafo dan dioda bahkan solderan sampe meleleh.mohon solusinya om zack.trimz dari pekalongan

Unknown mengatakan...

Klo pke kiprok mio lama bisa ga om.trus piny samakah dn klo buat aki basah pke rangkaian yg mana..maaf newbie..terimksih

Unknown mengatakan...

Klo pke kiprok mio lama bisa ga om apkah pin nya sama.trus pake rangkain yg mana klo buat aki basah.. trimakasih

anbeng mengatakan...

Uncle saya mau tanya gimana nentuin tegangan in atau out pada trafo bekas ups?saya rencana nya mau modif jadi charger aki autometik?
Tergolong trafo sted-up apa sted-down ya uncle?

anbeng mengatakan...

Uncle Zak....saya mau tanya,gimana cara nentuin terminal input dan output atau terminal skunder dan primer pada trafo bekas ups,rencana nya saya mau modif tuh trafo jadi charger aki otomatis... nah bingung saya bos nyari terminal2 0,6,12,dll.
Dan kabel input dari pln juga bingung ne ancle banyak banget kabelnya.
Terus trafo ups itu jenis yg sted-up atau sted-down uncle? Thanks

Unknown mengatakan...

mas Zak mau tanya nh...sy bikin yg pake trafo CT output 12v, serta amperemeter 0-50 A, untuk mengecas aki 12V - 3AH, tapi ketika di coba, jarum amperemeter sama sekali ga bergerak, untuk output trafo sy cari yg 15v ga ada di toko elektronik...saya skr lg nyari kesalahannya ada dmn cm blm nemu jg nh...tlg pencerahannya ya mas...oh iya trafo CT sy outputnya 12v,18V, dan lebih tinggi lagi...trims ya mas Zak..

Unknown mengatakan...

maaf ada yg kurang, sy pakai Trafo CT 5A output 12v.

Dhine seafood mengatakan...

Om bila inputnya 80 volt bisa gak
Terimakasih

Unknown mengatakan...

uncle kalau untuk memperbesar arus gmana caranya

Unknown mengatakan...

uncle kalau travo yang memiliki terminal yang saling berhubungan itu travo apa ya?dan untuk mengetahui titik primer dan sekunder gimana caranya?aku beli charger aki yang titik nol dari listrik pln dan titik nol yang ke dioda di gabung jadi satu,,kalau dilihat dari rangkaian yang uncle jelaskan harus nya titik 0 dari pln masuk ke titik 0 lilitan primer,dan titik 0 lilitan sekunder masuk ke dioda,,mohon penjelasan nya?

Unknown mengatakan...

Bos, ketika lampu led pengisian full menyala, kenapa dioda 6A & kiprok jadi over heating ya?

Unknown mengatakan...

kalau pakai kiprok supra x bisa nggak om???

Solusi battery mengatakan...

pakai kiprok supra x bisa cuma terlihat agak boros karena cdi tidak terpakai kiprok dan cdi jadi satu biasanya.

Unknown mengatakan...

Permisi Uncle zak, saya mau membuat cas aki dengan trafo nol. Tetapi amper trafo nya 28 amper
Apakah bagus trafo ini di buat untuk cas aki motor

Trock mengatakan...

permisi paman, saya beli charger merk matsu*aga 10 amper, (trafo tope O) kalo dipakai charge aki kok lama banget. Ada cara supaya cepet, saya pakai aki CAT 200ah.

Unknown mengatakan...

Siang lek...
Mau bertanya. Saya kan punya UPS nganggur. Kalau pengen rubah jadi changer aki bisa apa tidak? Trus yg dirubah apa saja?
Trimakasih

Unknown mengatakan...

Hallo paman Zak, mau nanya nih, resistor buat Led indikator itu ukuran berapa ohm?.. #ngakak baca tulisannya, lucu-lucu kalimatnya. Menghibur ..

Unknown mengatakan...

gan kalau saya kasih lampu led untuk indikator otomatisnya,rangkaiannya seperti apa?
Terimakasih untuk jawabannya

Unknown mengatakan...

om jek mau nanya dong ..
kalo rangkaiannya kaya gini bisa gak?
trafo ct 18v 5 ampere - dioda 6 ampere - dioda bridge - aki 12v (tanpa kiprok motor)?
kira-kira jadi otomatis atau gak?
makasih sebelumnya

Unknown mengatakan...

kalau dari travo outputnya 25v kiproknya kuat apa tidak..

Unknown mengatakan...

rangkaian kiprox motor AC DC standart Part one milik paman zak apakah juga bsa auto charge dan auto cut off shg bs digunakan utk charger otomatis?

Unknown mengatakan...

Om zack saya bikin dengan trafo ct 3A 18.0.18 pakai dioda 6A terbaca 16 volt bagai mana bisa diturunkan jd 15 volt ga

blues lover Di mengatakan...

beautyfull

blues lover Di mengatakan...

beautyfull

Unknown mengatakan...

om Zak, saya kebingungan memasang indikator lednya dengan trapo 0, buatkan dong skemanya, sekalian dengan ukuran R1 dan R2, masalahnya penjelasan om zak, R digunakan berbeda beda, terimakasih

«Terlama ‹Lebih tua   1 – 200 dari 310   Lebih baru› Terbaru»