Monday, April 23, 2012

Cara Buat Charger Aki Motor dan Mobil

By : Zakir Skynet


Ada banyak model/circuit untuk membuat charger,  khususnya untuk aki motor dan mobil, setiap model mempunyai alasan tersendiri dan punya argumen secara ilmiah.oleh para pembuat circuit charger. model-model tipe rangkaian charger bisa dilihat pada gambar seperti  dibawah ini :















 

Trafo tipe step down

 

 

Prinsip-prinsip Dasar Cas Aki

  • aki adalah sumber listrik DC maka untuk pengecasannya dibutuhkan juga arus DC
  • Tegangan arus DC charger harus lebih besar dari tegangan aki, contoh tegangan aki mobil/motor 12,65 volt,  maka tegangan charger minimal 13,5 Volt maka arus listrik akan mengalir ke aki.
  • mencas aki bukanlah memasukan arus listrik kedalam pelat aki, tetapi hanya membersihkan pelat aki dari sulfation dengan cara memasukan arus listrik agar pelat aki bersih kembali. 
  • ( lihat Teori Dasar Aki)

Dari berbagai gambar diatas saya buat modifikasinya, diantaranya seperti pada gambar dibawah ini. Charger ini saya gunakan untuk merekondisi/servis aki yang sangat ampuh dan sudah diuji dalam labotarium Mitra Battery solutions tiga hari tiga malam charger dibiarkan untuk merekondisi aki "soak".

Penjelasan Ilmiah Menggunakan Voltase Output Trafo 18 Volt 

  • penelitian saya terhadap trafo trafo yang beredar dan output tertulis 18, jika diukur dengan volt meter realnya hanya 15,5  s/d 16  volt, banyak faktor penyebabnya trafo itu sendiri atau tegangan PLN turun beberapa volt.
  • menggunakan diode untuk merubah arus ac ke dc mengakibatkan turun tegangan sebesar 0,7 volt
  • jadi perhitungannya 16 volt dikurangi 0,7 volt =  15,3 volt  sangat ideal untuk mengecas aki dimana performa aki dalam keadan full 100% tegangan dapat mencapai 15,5 s/d 16 Volt
  • Sekarang anda dapat mencoba dan membadingkan circuit-circuit yang ada di gambar berbagai situs selalu tertulis 12 volt.

 




Anggaran Buat Charger Tipe Trafo Nol :            dan                    Trafo CT :
  • Trafo 5 amper murni     Rp.   150.000,
  • Kabel untuk ke PLN    Rp.       7.000,
  • Sekering Komplit         Rp.       3.000,-
  • Saklar                          Rp.       3.000,
  • Diode Bridge 35 amp   Rp.     15.000,-                         Rp.2.000,-    diode 5 amp 2 buah
  • Ammeter 0-15 amp      Rp.     40.000,-
  • Kabel 5 meter              Rp.     15.000,-
  • Capit Buaya                 Rp.       5.000,-
  • Timah 3 Meter             Rp.       6.000.-
  • Solder                          Rp.     25.000,-
  • Box/Rumah Charger     Rp.     50.000,-
                                       ================================================
  Jumlah                                  Rp. 319.000,-                               Rp.  309.000,-

Keterangan :
untuk jenis trafo tipe CT yang beda anggaranya hanya jenis tipe diode,  untuk Tipe Ct menggunakan diode satuan tipe 6 amper ke atas dua buah maksudnya biar lebih ekonomis, namun diode bridge pun dapat.digunakan.
untuk box bisa aja digunakan box bekas computer, kaleng biskuit biat lebih irit.


langkah-langkah membuat charger mobil dan motor

posisi trafo 5 amper murni tipe 0 terlihat pada gulungan sekunder
output : 0-6-12-18-24-30-32-35 volt
gambar diatas adalah posisi trafo pada gulungan primer dimana tertulis di trafo 0-110-125-220-240 volt
karena di Indonesia tegangan umum yang dipasok PLN 220 volt maka kita pilih tegangan 240 volt biar aman charger sesuai dengan kita yang rencanakan antara 7 s/d 10 amp

merakit charger bagian gulungan primer : 

  • kabel untuk ke PLN ada dua buah satu kabel dihubungkan langsung ke trafo tertulis 240 volt
  • satu kabel lagi konek ke sekering, output sekering ke konek ke trafo tertulis 0


Merakit bagian charger gulungan sekunder
seperti terlihat pada gambar dibawah ini


charger aki motor dan mobil udah selesai  kapasitor bisa digunkan bisa juga tidak, jika ingin menggunakan indikator amper meter kabel positip dari diode dihubungkan ke lambang + amper meter selanjutnya conektor amper meter symbol (-) dihubungkan ke aki positip untuk pengecasan.



jika ada yang mau pesan charger,  saya biasa jual Rp. 400.Ribu  kontak ke 0852 -11175986 

 Keunggulan Charger :
  • sangat cocok mengecas aki motor dan mobil ukuran 32 s/d 120 amper
  • dapat menditeksi aki baik dan buruk terditeksi pada indikator amper meter
  • dapat digunakan untuk merekondisi aki kembali seperti baru
  • dapat mengecas untuk jangka waktu lama 48 jam pengecasan 

Merakit Charger Aki untuk dua aki

berikut ini saya sajikan  schematic yang ingin membuat charger untuk dua aki , dalam hal ini switch dibutuhkan untuk memindahkan voltase dari 18 volt ke 32 Volt

Merakit Charger Untuk Dua Buah Aki Tanpa Switch

Tipe charger gambar dibawah ini bisa digunakan untuk satu dan dua buah aki, cukup dipindahkan kabelnya, jika ingin mencas dua buah aki pakai jalur kabel untuk dua buah aki, trafo yang digunakan minimal 5 ampere murni istilah toko elektronik disarankan pakai trafo bagus, pemakaian trafo lebih besar lebih bagus. sedangkan diode bridge minimal pakai 35 ampere.


sekema charger satu atau dua buah aki


Cara pakai charging satu buah aki

Cara pakai charging dua buah aki

 selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
















42 comments:

  1. artikel yang bermanfaat...
    truz sharing uncle...
    mau tanya mau buat charger aki yang pakai trafo CT yang ada capasitornya(gambar 5 dari atas)
    1. buat charger aki 12v 5a apa trafonya harus 5a?kalau diganti 3a atau 4a biza gk?apa pengaruh lama pengecasan?
    2. kalau mau menambahkan sekering(fuse) ditaruh sebelah mana?fuse brapa ampere?
    3. Indikasi kalau aki sudah penuh darimana?
    terima kasih uncle......
    terus posting dan sharing.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai trafo berapa saja bisa yang penting voltage diatas 12 volt. maksimum 18 volt, semakin kecil trafonya casnya semakin lama.
      sekeringnya pasang dijalur ac saja yang konek ke tegangan PLN,
      indikasi aki sudah penuh indikatornya dilihat airnya. pakai hidrometer,

      Delete
  2. waktu pengecasan tutup air aki(aki basah) dibuka atau dibiarkan tertutup?soalnya setelah browsing ada yang bilang dibuka ada yang bilang tertutup membuat bingung....
    terima kasih uncle zak........

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditutup saja boleh yang penting lubang ventilasi udaranya dibersihkan pakai tusuk gigi atau pakai paku kecil. jadi hidrogen bisa keluar lewat ventilasi. peringatan jangan pernah menyalakan korek atau rokok didekat aki.

      Delete
  3. Artikel yang menarik..

    Mohon penjelasan dengan skema di atas paman, kalo dilihat dengan memakai trafo CT, bukankah pada titik CT itu titik 0 kok bisa mengalirkan arus positif? mohon pencerahan, masih awam dengan elektro..
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. titik CT bisa digunakan jalur positip atau negatip tergantung kebutuhan.

      Delete
  4. uncle zak kembali tnya....
    rangkaian gb.5 komponennya
    trafo 5 ampere, dioda 1n4007, capasitor 2200uf/25v, ampere meter...
    berhubung harga trafo begitu mahal, saya mau membuat charger yg pakai trafo yang amperenya 0.5 atau 1 ampere..
    kalau trafo 0.5 atau 1 ampere apakah ukuran nilainya komponen lainnya tetap tau berubah?tetap dioda 1n4007, capasitor 2200uf/25v atau berubah nilainya...
    terima kasih uncle...

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar chargernya "bandel" pakai diode 3 amper, harga diode engga beda jauh, diode 3 amper Rp.500/buah diode 1 amper 1N4007 Rp. 250/buah, capacitornya 2200uF 50 volt biar mantap.

      Delete
  5. saya mau tanya mas"
    saya mau membuat pengecas aki otomatis" yang mana sumber tegangannya DC (keluaran dari sel surya) gimana rangakaiannya? teganggan inputnya 13,8v"

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau otomatis mesti ada tambahan komponen lagi SCR, resistor, diode zener, diode silicon, mungkin nanti ane posting juga : cara mudah membuat charger aki otomatis

      Delete
  6. uncle....
    ane nunggu artikel uncle tentang mengelas pake aki motor....

    mohon segera di ulas yaa.... sukses buat uncle

    ReplyDelete
  7. bagus mana trafo CT dengan trafo biasa untuk cas aki? karena saya punya dua bua trafo,
    mohon penjelasannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. trafo ct dan trafo tipe nol, sama saja,tergantung kebutuhan, kalau mau bikin cas aki dari 3 volt s/d 36 volt enaknya desain pakai trafo tipe nol, kalau hanya untuk cas aki satu tipe aki 12 volt enaknya pakai trafo ct dan arusnya lebih konstan.

      Delete
  8. Sangat mnrik skli..tntng pmbuatan charger dri uncle !

    Ane punya trafo nganggur alias bks gk kpke.merk SANHO 5A CT.mau ane manfaatin bwt bikin charger.Namun tegangan primernya gk ada yg 220 volt.akan ttpi yg ada cuma 0 - 110 - 0 - 110 - 130 !mhon solusinya dri uncle

    ReplyDelete
    Replies
    1. ente mesti beli stavol yang ada output 120 volt, pakai yang 500va sudah matap murah meriah, jadi charger coloknya ke stavol, mantap !

      Delete
    2. Gk usah bingung sambung aja 110 ke 0 yg blkg, ntr listrike dr 0 yg dpn ma 110 yg blkg. Jadi kan ditotal udh dpt 220 tuh, trafo era jg gt

      Delete
  9. Tdinya sih, brgkli trafony dpt dimanfaatin(solny msh bgs)...trnyt gk bs ya ?

    Tp gk aplh,ane ucpin mksh ats saran Uncle !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wew bisa 0.110 depan yg blkg 0.110.130
      Nah 110dpn langsung hububgkan ke 0 yg blkg, inputnya 0 depan ma 110 belakang itu sm aja 220v, kl diambil blkg yg130 dptnya 240v gt lho

      Delete
  10. uncle zak ada ga rangkaian carger aki yang otomatis???? jadi klo aki udah full carger langsung berhenti trus klo listrik aki-nya turun mka secara otomatis carger langsung ngecas

    ReplyDelete
    Replies
    1. membuat charger aki otomatis sangat mudah, beberapa hari ke depan mungkin akan saya posting.

      Delete
  11. Kalo charger aki buat usaha yg kuat untuk ngecaz beberapa aki (misal 10 aki)sekaligus sampe berapaberapa harganya ya boz?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harganya kurang lebih 2 -3 juta tergantung powernya, kalau buat usaha menurut ane lebih aman pakai 1 aki satu cas, kalau sitem seri resikonya lebih tinggi butuh 150 volt DC untuk cas 10 aki.

      Delete
  12. mas uncle... Sy pny travo ct 10 amp,arus dc trtulis 12 18 25 32 votl dan amperemeter 15 amp.klu buat ngecas aki mobil 12v 35ah. pakai diode 6amp (brp biji..?) diletakkan di posisi mana ? amperemeter ikut kutup - / + aki

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pakai trafo ct butuh 2 diode, kalau pakai trafo nol, butuh 4 diode 6mp, gamabr 3 dari atas bisa dijadikan acuan untuk membuat charger

      Delete
  13. cara membaca amperemeter 15 klu accu sdh penuh gmn...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. star awal amper bisa sampai 10-15 amper tergantung kosong tidaknya aki, kalau usah penuh 5 s/d 7 amper.

      Delete
  14. Ada keterangan uncle yang tidak lengkap : Untuk Charger battery yang kapasitas 70 AH maka paling sedikit dibutuhkan arus pengisian 1/10 kapasitas = 1/10 x 70 = 7 Ampere selama 10 - 14 jam waktu pengecasan supaya tercapai 100% penuh pengisiannya . Jadi kalau Trafo kekecilan kapasitas arusnya , maka waktu pengisian menjadi lebih lama .
    Lalu untuk pertanyaan yang punya trafo primernya 0-110 , 0-110 dan 0-130 , ini bisa diakali dengan men SERIE , 2 x 110 menjadi 0 - 110 - 0 - 110 , dimana 110 dan 0 yang ditengah dihubung langsung sehingga dapat 0 dan 2x110V = 220 Volt , tetapi jika ternyata sekundernya terlalu tinggi , bisa menggabungkan 0 - 110 - 0 - 130 sehingga menjadi 0 - 240 volt primernya , dimana sekundernya otomatis akan menurun . Semoga membantu

    ReplyDelete
  15. Om zakk..ane punya 10 amper CT om. cuman sukendernya ..Ct.12 v.24 v..om gak da yg 18 voltnya..
    Solusinya gmn ya om zakk..
    Tolong om zakk...thank om..

    ReplyDelete
  16. Maaf om zakk..trafo 10 ampenya .yg d sekundet Ct.12v.25v.32v.47v..gak da 18v.jdi ane pake yg mana ya om..thanks om zakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai yang 24 volt saja, outputnya mesti pakai otomatis bisa baca di sini http://mitrabaterai.blogspot.com/2013/11/cara-mudah-membuat-charger-aki-otomatis

      Delete
  17. bos, sy mminat charger aki mobilnya. harganya skg brapa yah? .. soalnya penasaran mau ngetes aki sy yg baru 6 bulan tp sudah soak.. pls reply email saya : achox78@gmail.com

    ReplyDelete
  18. Uncle ak punya travo CT=3A sama dioda bridge 35A, kira" jalurnya pake gbr yang mana...? trus berapa lama pengisiannya.....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. modelnya pakai gambar no 5, ct=3,5 lebih cocok untuk cas aki motor, dua jam sudah mantap

      Delete
  19. bisa di pakai untuk nge cash aki kering nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. charger yang ane bahas universal untuk semua : aki basah, aki kering, dry cell battery tipe AA, AAA battery tamiya dll

      Delete
  20. sy sangat setuju karena berdasarkan textbook yg prnh sy baca :
    "OA Witte’s “The Automobile Storage Battery – Its Care And Repair” 1922"
    ternyata voltase yg dibutuhkan untuk men-charge lead-acid battery adalah 16,2v (2,7v/cell)
    jadi dalam pemikiran sy pun, bila rugi2x diperhitungkan artinya harus mengambil output 18v dari trafo, bukan output 15v seperti yg pada umumnya org buat.

    o ya, bagaimana dengan rangkaian Alexkor charger yg memanfaatkan IC 555 maupun MJE13009 serta air core (22swg x 200turn) yg bekerja dengan prinsip pulse dan vibrasi frekuensi (500 Hz - 1Khz)? sy dengar rangkaian2x ini sedang menjadi trend diluar sana, dmn rangkaian2x tsb. selain dpt berfungsi sebagai charger jg dpt berfungsi sbg desulfator elektrik yg bs me-revive lead-acid battery yg sdh lemah ktnya. Apakah rangkaian charger "uncle zak skynet" bekerja dengan prinsip yg sy maksud diatas? Kebetulan sy jg sedang mengerjakan project tsb. bagi sy seberapa cepat proses charging tdk terlalu menjadi masalah, yg terpenting bagi sy adalah performansi dan durabilitas baterai shg karakter baterai itu sendiri dpt kita kenali/pahami. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. model charger yang dibahas di artikel ini model standar biasa 50 /60 hz, model alexkor charger belum ane bahas, gambar paling atas nyaris sama prinsip kerjanya dengan model alexkor charger, model high frequensi

      Delete
  21. Uncle Zak terimaksih atas ulasan/penjelasannya.. beserta gambar.... mantap.. ane orang 'awam "enga biasa pegang solder" bisa mengerti... bahkan bisa bikin sendiri...

    ReplyDelete
  22. Uncle gimana cara y tau cas accu yang dibuat jadi atau tidak y
    mhon penerangan y Uncle?

    ReplyDelete
  23. uncle zak ...kalo bikin charge aki pake power supply 30/15A bisa tidak dengan skema ini..txs

    ReplyDelete