Tuesday, September 11, 2012

Cara Gratis Modifikasi Kiprok Standar To Unlimited

By : Zakir Skynet

Jurnal ilmiah  kali ini uncle zak akan menulis tentang Cara Gratis Modifikasi  Kiprok Standar to Unlimite, apakah benar-benar gratis alias tanpa biaya jawabnya : tentu. Tujuan  metode  penerapan model seperti ini agar para pemilik kendraan bermotor yang  ingin memasang aksesoris tambahan seperti Lampu HID, siren  dll aki motornya  tidak tekor.  seperti pada sekema gambar dibawah ini :

Cukup pakai gunting, pisau, kampak atau gigi palsu untuk memotong kabel kiprok yang menuju masa biasanya kabelnya hijau atau hitam maka motor anda akan mendapatkan power yang luar biasa tanpa harus mengeluarkan uang sedikitpun 

Modifikasi kiprok ini hanya untuk motor yang masih menganut sistem kelistrikan half wave






Catatan Riset Uncle Zak :

Objek penelitian Motor Honda Supra Fit tahun 2007 

Alat Riset :
  • Tang ampere
  • volt meter digital
  • ammeter analog
Test Pengujian :
  • Pakai kiprok kecepatan Rendah ammeter terbaca 0,7 amp kabel dipotong terbaca 0,7 amp
  • Pakai Kiprok kecepatan sedang ammeter terbaca 2,5 amp kabel dipotong terbaca 5,5 amp ada peningkatan arus listrik lebih dari 100 %
Kesimpulan :

  • Pada kecepatan sedang power yang didapat : 5,5 amp * 25 volt =  137,5 watt
  • Jika motor pasang beban berat seperti lampu HID sebesar 35 watt maka metode ini dapat dihandalkan

Mengapa ada peningkatan arus listrik yang sangat signifikan :

Jawabnya : Jalur SCR yang biasa membuang energy  listrik ke ground  diputus salurannya, seluruh energy hasil dari induksi antara  stator dan Rotor (  magnet permanent ) semua disalurkan ke aki. 



Hasil riset terbaca 5,5 ampere  kabel masa diputus

kabel masa warna hijau diputus






kabel masa warna hijau dipotong

Kesimpulan riset :
  • Cara ini dapat dilakukan jika motor memakai perangkat aksesoris tambahan seperti lampu HID, sirene yang membutuhkan kurang lebih 3 ampere dan lampu HID dipasang terus sepanjang motor dihidupkan,
  • dalam hal ini aki berubah fungsi menjadi  regulator voltage
  • jika tidak memakai beban berat cara ini jangan dilakukan, karena aki akan menerima arus listrik yang besar

Buat yang ingin pasang cara otomatis ada sedikit tambahan biaya  : 

Contoh sistem kelistrikan motor yang kita inginkan  :  lampu HID dihidupkan  jalur kabel negatip kiprok terputus, lampu HID dimatikan kabel negatip kiprok konek kembali /normal kembali.

peralatan yang dibutuhkan :
  • Relay Type NC 
  • kabel secukupnya 
cara pasangnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini :


Aplikasi Cara Otomatis Pasang Lampu HID menggunakan Relay Tipe NC



Cara Kerja Relay Tipe NC : belum ada arus listrik konek,  ada arus listrik terputus cocok buat aplikasi sistem diatas
Relay Tipe NC biasanya dijual ditoko peralatan mobil

Pakai Switch Automatic Lebih Hemat Sumber Daya


Agar lebih menghemat sumber daya departement penelitian institut teknologi  paman zak mengembangkan rekayasa switch automatic hanya dengan tambahan switch  Rp.5000,- sistem dapat  berubah menjadi automatic. circuit bisa dilihat dibawah ini :

Lampu HID hidup  jalur kabel negatip kiprok terputus arus listrik tambah,  lampu HID dimatikan kabel negatip kiprok konek kembali  pengisian normal kembali.


Contoh Switch yang Digunakan dapat dipasang dimana saja diseputar motor

 

Contoh  Kiprok full wave :



Contoh Kiprok Half Wave



 

Semoga informasi ini bermanfaat bagi seluruh penduduk planet bumi




81 comments:

  1. om saya mo nanya,kalau honda karisma di pasangin lampu HID bagusnya kelistrikannya diubah seperti apa ya om?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai trik ini juga mantap, pasang relay atau switch biar lebih mantap dan terkontrol

      Delete
    2. kalo kiproknya dimodif gni apa akinya gak jebol mas bro?

      Delete
    3. trik ini khusus yang pakai beban besar, kalau motornya masih standar jangan pakai trik ini.

      Delete
  2. om klo tuk vario cw bisa gk ya cara ini di pakai???

    ReplyDelete
  3. Om sya udh nerapim sistem ini tapi knpa ko lampu seperti lampu senja lampu sepedometer malah putus om? Maksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah pasti putus sistem semua jadi unlimited, sistem harus dirubah ke full dc coba baca disini : kalau mau rubah ke full dc http://mitrabaterai.blogspot.com/2013/01/modifikasi-lampu-motor-sistem-ac-ke.html

      Delete
  4. Selamat pagi Gan.
    Maaf mau nanya lagi.
    Trik yang kemaren gagal gan, dan malam tadi saya mencoba trik di atas. Tp kayaknya juga belum menemukan titik terang.
    Motor saya jupiter z. Lampu depan standar 25watt x 2.
    Voltase accu tanpa beban 12,5v.
    Waktu kabel ground kiprok saya potong, pada rpm sedang terbaca 13-14v. Tapi ketika di kasih beban lampu 35w x 2, voltase turun menjadi 10,8v. Pada rpm sedang sampai tinggi voltase terbaca 11v.
    Dengan kesimpulan accu tekor.
    Kira2 letak permasalahannya di mana?
    Mohon bimbingan dan terimakasih banyak. Maaf kalau saya terlalu banyak tanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya akinya sudah sangat sulfation, perlu dicas dulu kurang lebih 2 s/d 3 jam, agar semua menjadi seimbang lagi,
      kedua beban lampu sangat berat 35 watt x 2 = 70 watt/ 6 amper
      posisi 6 amper didapat hanya pada posisi RPM tinggi, sudah pasti akinya selalu tekor.
      RPM rendah maksimal 1 amper, medium 3-4 amper.

      Delete
    2. Kalau seandainya lampu depan di ganti degan watt yang lebih kecil di bawah 25watt gimana ya? Apa nanti nyalanya tetap terang?
      Sebenarnya pengertian lampu HID itu gimana to? Apa lampu+rangkaian tertentu?
      Kalau bolam tako super brigth (yang nyalanya putih) itu apa termasuk HID?
      Terimakasih.

      Delete
    3. watt lampu semakin kecil terang lampunya semakin kecil
      betul lampu HID = lampu + rangkaian tertentu(ballast)

      Delete
    4. Anda punya skema ballast HID (rangkaian sejenis) ga? Kalau punya, tolong di share dong.
      Kalau seandainya output kiprok yang ke accu di putus, terus di kasih dioada 6A, kemudian suplay lampu depan di ambil dari kaki dioda yang Anoda, kira-kira suplay charger accu terganggu ga ya Gan?
      Terimakasih.

      Delete
    5. rangkaian HID pasti ane share pada artikel baru
      charger ke aki tidak terganggu tetap mengisi

      Delete
    6. Ok. Di tunggu artikel tentang HIDnya bos...

      Delete
    7. klo buat ninja caranya gmna om..tolong jelasin dong..thx

      Delete
  5. thanks and tengkiyu Pak brad......

    ReplyDelete
  6. selamat pagii uncle zak , mau tanya nih , honda suprafit new saya pakai klakson keong , LED , sama toa kecil , sistem kelistrikan apa nih yang harus saya tanamkan pada pujaan hati saya ini agar aki tidak tekor , terimakasih seelumnya uncle :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai saja modif 3/1 atau 5/1 coba baca disini pasti http://mitrabaterai.blogspot.com/2012/06/cara-mudah-modifikasi-kiprok-regulator.html aki akan selalu lebih segar.

      Delete
  7. om Zac, mo nanya,saya sudah pakai cara sprt di atas,hasilnya lumaya ok, tapi kenapa klakson seperti kurang daya ya,motor saya vega r, pake lampu hid,klakson keong (hella)
    klo posisi gas di tarik bisa nganggkat klakson tapi klo langsam ga bisa, klakson standarnya pun ga bisa juga.
    apa mesti ganti aki yg ampernya lebih gede ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aki motornya sudah soak/sulfation, mesti diganti. pakai amper lebih besar lebih bagus.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. wah aki saya baru setahun tuh om apa mesti ganti?.bahkan airnyapun masih bening dan ga ada endapan di bagian bawahnya belom terlihat.
      apa perangkat tambahan yg saya pake ya om. saya pake ** XCS3 POWERFULE CARGING SISTEM **

      Delete
  8. Uncle kalau yg di gabung untuk ground bodi nmr brp ajj aq mo pke sistem rellay skema di atas? Karna untuk sistem switch aq dah berhasil. Cmn low pke switch hrs manual sdangkan aq mo pke trik uncle yg otomatis. Di tunggu pencerahannya. Thx sebelumnya

    ReplyDelete
  9. Dengan tidak mengurangi rasa hormat trik di atas udh berhasil di aplikasikan ke motor mio aq. Untuk agan agan yg mo pke trik di atas gak ush khawatir gagal di jamin memuaskan . Biaya irit hasil sangat memuaskan. Trims uncle sukses sll

    ReplyDelete
  10. wah om Zak, tenyata motor saya bukan akinya yg dah soak, yg bikin klakson saya kurang daya ternyata tombol(swich) yg kotor jadi kurang plong nyalurin arus listiknya. sekarang dah ok .
    trik di atas top markotop, tanks om Zak .

    Om saya ada pertanyaan lagi nih ;trik apa yg cocok buat motor yg memiliki 2 lampu utama ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah pakai arus dc dari aki pakai 2 lampu utama, triknya ambil arus listriknya langsung dari aki, automaticnya pakai 2 buah relay, setiap satu lampu konek ke aki jadi ada dua kabel lampu utama konek ke aki. pasti super mantap !

      Delete
    2. wah... maaf om saya kurang nangkep jawabannya. mungkin karna pertanyaan saya kurang lengkap juga hehehe....
      maksud saya: trik yg cocok buat masang 2 lampu HID, kebetulan motor sodara saya vario ?.

      Delete
  11. Uncle aq nyoba pke rellay dengan posisi kaki no 30 ke kiprok, 85&87 ground, 86 tegangan hasilnya malah kbalikannya. HID nyala ground nyambung HID mati ground putus. Apa ada yg salah dngan pemasangan kakinya gt. Di tunggu pencerahannya.

    ReplyDelete
  12. uncle zak kalo untuk rx king cara ne bsa ga y''? saya pake lampu hid 35watt 6000k,klakson kapal 12v aki baru 3.5A,tapi selalu tekor''mhon pencerahan''x..thanks

    best regards.

    ReplyDelete
  13. kayanya si om jack kaga bisa nentuin no relay yg pas nich ane kasih kaki no 30 ke kiprok kbel hitam or ijo trus 87 hitam/ijo yg d potong tdi 86 ke massa body 85 ke switch lampu

    ReplyDelete
    Replies
    1. relay tipe NC ada lima kaki/pin kalau yang ente pasang sepertinya 4 kaki,

      langkah pertama potong dahulu kabel kiprok masa
      cara pasangnya : 86 com/30 ke body, 85 trigger/pemicu/kabel HID positip, 87 ke kabel kiprok, selesai

      Delete
  14. Om gilang low trik yg itu aq terapin sama ajj sama trik di atas, yg aq inginkan begitu HID nyala yg dr kiprok ke groud putus

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti ane tambahin gambar cara pasang relaynya.

      Delete
  15. apa trik ini cma untuk yg menganut sistem full wave,,???

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang ane bahas diatas adalah motor halfwave kiprok AC/DC, kalau tipe fullwave seperti kiprok tiger kalau ingin unlimited , sama saja potong kabel pin no 2 posisi kabel tengah maka jadi unlimited

      Delete
  16. Uncle Zak, untuk kiprok thunder 125 caranya gimana ? ane baru aja ganti kiprok + aki, tapi beberapa hari aja sudah tekor gak kuat untuk electrik stater
    ada 3 kabel hita m semua & 2 kabel ( warna merah & hitam putih)
    & dampak / pengaruhnya apa ?

    ReplyDelete
  17. pagi uncle.jd intinya biar jupiterMX ga drop aki nya pakai HID dg cara apa uncle?pakai cara di atas ini cukup dg relay atau cara dioda 6 amp (di rangai pakai rangkaian brp?).rencana pakai HID 35watt 8000k bs on off.
    sdh di ukur.
    langsam terbaca +/- 12,3-an volt tanpa beban maupun beban
    gas sdg terbaca bs +/- 14,2 volt tanpa beban maupun beban

    bs kah sy pakai cara relay tp tetap pasang dioda 5/1 6amp smua.jd bila off HID kiprok normal bw-an pabrik,bila HID on relay bekerja masuk rangkaian dioda 5/1 6amp tsb.

    mohon pencerahannya agar aman tuk perangkat lain nya yg msh standard bw-an pabrik.tq uncle

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah diputus jadi unlimited pakai diode 5/1 engga perlu, cukup pakai relay saja jika HID off posisi normal, HID on kiprok unlimited,tip tambahan : posisi gas langsam sedikit dibesarkan agar arus amper ke aki tetap besar.

      Delete
    2. mohon pencerahan nya sekali lg uncle.bila HID on jd unlimited nanti bila perjln-an gas kan bs sedang smp tinggi apa tdk cpt merusak umur aki?krn sdh jd unlimited,bs melampau lbh dr 18 volt keatas tanpa ada zender buang batas tertentu.tq
      lbh baik pakai mode 5/1 diode atau unlimited relay untuk safetynya dlm kasus sy tsb uncle.tq

      Delete
    3. and brp min ampere ga langsam HID on.agar tetap prima dan tdk tekor.

      Delete
    4. kalau pasang HID/ada beban, jika gas digeber sampai rpm tertinggi voltage engga bakal sampai 18 volt, maksimum 14,5 volt.

      posisi gas RPM rendah dibesarkan enaknya diukur pakai voltmeter digital Cari voltage aki posisi 12,4 s/d 12,6 volt.
      pasang 5/1 ok juga tambah trik rpm rendah gas dibesarkan sikit, semakin mantap.

      Delete
  18. Ucle,,klo saklar engine stop yg ada stang motor bisa gak djadiin sakalar on/off tuk kbel ground yg dputus itu????

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabel ground distang motor fungsi utamanya untuk konek ke cdi kill switch, jadi engga bisa

      Delete
  19. Wadauwwww....gaway uncle klo gitu....mesti dpasang ulg lagi,,mksih masukannya

    ReplyDelete
  20. uncle motor saya mega pro...mau sy ganti dengan headlampx pake dua bohlam gmna carax? makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. megapro kalau powernya mau unlimited, kabel kiprok posisi tengah warna coklat digunting saja, kalau mau fullpower terkontrol modif pasang diode 3/1 model pasang jalur positip pasangnya dikabel coklat.

      Delete
    2. maaf sblumx uncle mau nanya lagi....sy gaptek amat ma kelistrikan ma puyeng liat skemax jg....! bisa tlong uncle jelasin kiprok modif diode 3/1 it gmana? dan cara nyambungx gmana?soalx ane dah capek ganti aki dah 2 kali uncle.....makasih bnxak seblumnya uncle...please yach uncle...

      Delete
    3. tip anti puyeng : siapkan gunting, menuju area kiprok cari kabel kiprok warna coklat yang penting posisi kabel ada di tengah, gunting saja langsung. hasil powernya super mantap ! selesai.

      Delete
    4. dah sy lakuin uncle...tapi lampu depan (dah ganti yang lampu 2 bohlam), sein ma klakson gak ada perubahan tetap ngoyo uncle....dikiprokx juga yang ditengah bukan kabel coklat tapi hitam....???? kalo pake diode gmana uncle???? kapasitas aki 12 v 6Ah.....makasih banyak lg uncle..maaf kalo banxk bertanya..

      Delete
    5. sepertinya sekeringnya putus atau karat, jadi tidak ada arus listrik masuk ke aki, paling mantap diukur pakai voltmeter. atau dites pakai lampu rem output kiproknya jika lampu nyala pertanda kiprok masih bagus.

      Delete
  21. gan,
    ane udah ikutin stepnya
    tapi motor malah gk bisa distarter dan diengkol jg gk jalan,
    knp ya gan..
    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan salah gunting kabel, coba di cek lagi

      Delete
  22. Met malem Om Zak,
    Motor ane rxking tahun 1996, ane pake HID 8000k. Kabel listrik (+) ke lampu utama uda ane ganti ke arus DC ambil arus dari kunci kontak. Ane juga uda pakai batere kering 6A satria fu.
    Tapi aki tetap tekor. Ada kah solusi jitu tanpa mengutak atik spul om? Kalau seperti cara om zak memotong kabel masa, untuk kiprok rxking, kabel masa nya warna apa om, apakah cara ini cukup jitu untuk masalah saya? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. trik ini sangat jitu dapat menambah performa pengisian aki lebih dari 100 %, karena dengan memotong kabel masa sensornya jadi lepas, voltage jalur kabel putih pengisian naik sampai 50 volt dari 15 volt, setelah masuk ke aki turun jadi 13 volt ikut voltage aki, arus listriknya/ampere tentu akan bertambah, mengutak atik spul menambah gulungan spul tidak signifikan, karena magnetnya tetap.

      Delete
  23. Terima kasih Om Zak atas penjelasannya. Apakah kabel masa kiprok rxking juga warna hitam? Agar tidak salah potong adakah cara untuk orang awam seperti saya untuk mencari tahu warna kabel masa suatu motor? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. standar warna kabel kiprok ac dc Made in Japan varian bebek, RX, scorpio dll, warna merah menuju positip aki, kuning kabel lampu/sensor, putih input dari generator, hitam/hijau masa konek ke body/rangka motor.

      Delete
  24. Sekedar info om zak,klo drx king :
    Hitam = Massa
    Putih = carging aki
    Merah = klakson,weser,dll
    Kuning/Merah = pengapian

    ReplyDelete
  25. Terimakasih om Zak dan Pak Bayoe.

    ReplyDelete
  26. Om Zak mau Tanya gimana supaya arus yg keluar dari kiprok warna kuning bisa menggerakan rilay di 86 ato 85 mesti pakai tambahan apa? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar bisa menggerakan riley mesti pasang diode 3 amper dan kapasitor 2200 uf 35 volt biar mantap.

      Delete
    2. Om Zak cara pasangnya 3 diode susunan bagaimana mohon lebih jelas makasih

      Delete
  27. Assalamualaikum, selamat pagi uncle zak, mau nannya, apa cara fullwave dengan cabut kabel ground, tanpa mengganti kiprok, apakah ngga overcharge buat akinya ?, dan kalo sudah ngelakuin step ini, berarti arus listrik lampu utama, speedo dll, harus diubah jadi DC kan uncle ?,

    Terimakasih atas perhatiannya uncle zak

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, kalau sudah cabut ground lampu utama, dan lampu tail jadi dc, biar aki engga over voltage mesti dipsang relay dijalur kabel ground kiprok, petunjuknya ada diatas

      Delete
    2. Kalo seumpama saya gak pake relay, saya make sakelar, bisa kan uncle ? Tapi kalo mau pake sakelar, yang recomended kira" sakelar yang gimana ya uncle ?

      Delete
    3. pakai sakelar sangat bisa modelnya enaknya pakai sakelar kaki 3 cara pasangnya ada digambar diatas

      Delete
  28. om saya mau nanya, kalau motor honda supra x 125 injeksion di pasangin lampu HID bagusnya kelistrikannya diubah seperti apa ya om? terimakasih om

    ReplyDelete
  29. Om zak. Mau tanya nih. Motor ane Kawasaki athlete. Kelistrikan ke lampu utama udah ane ganti full dc. Tapi ane takut aki ane tekor. Ane gak pakai aksesoris apapun.lampu utama masih pakai yang standard. Kalo pakai cara diatas itu bisa buat aki ane overload gak.?? Makasih om.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lampunya nyala terus aki engga bakal over voltase maksimum 13,5 volt. pakai control relay kalau mau lebih mantap seperti contoh diatas.

      Delete
  30. klo buat ninja caranya gmna om..tolong jlasin dong..makasihh

    ReplyDelete
  31. iya kan kabel dari spul yg warna kuning di putus.trus yg di ciprok yg di potong warna apa...trus yg di jumper ke kunci kontak kabel yg mna

    ReplyDelete
  32. om cuma potong kabel msa di kiprok doang..itu kelistrikan nya sudah jdi dc/ harus ada yg di rubah

    ReplyDelete
  33. yang ane bahas diatas adalah motor halfwave kiprok AC/DC, kalau tipe fullwave seperti kiprok tiger kalau ingin unlimited , sama saja potong kabel pin no 2 posisi kabel tengah maka jadi unlimited.

    uncle zak yg dimaksud pin 2 tengah dipotong itu brarti kabel output kontak donk ??
    tolong djawab soalnya mx new ane dah dibikin fullwave pake kiprok tiger

    ReplyDelete
  34. Om zak. Sy px motor RC 100 lampux udh sy gnti dngn lampu hid. Gmn carax memperbsar pengisian ke aki?, biar akix ga tekor.. Di tunggu infox

    ReplyDelete
  35. Gan klo udah full dc masih bisa pake cara ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa saja dengan catatan lampu motor harus hidup terus agar voltage aki pada area normal, kalau lampu besar dimatikan voltage aki bisa sampai 16,5 volt aki basah dan aki mf "kering" sampai 17,5 volt.

      Delete
  36. Met pagi Uncle Zak, saya sudah praktekin cara ini ke Satria FU yg dipasang HID.
    Cara ini cukup berhasil, nyala HID terang abis, dan aki anti tekor.
    Cuman ada masalah nih Uncle, kalo pas rpm tinggi (7000rpm - up) atau 70Km/h - Up speedo meter saya tiba2 blank dan nge-reset. Apa mungkin jd kelebihan tegangan ya Uncle? Gimana cara ngatasinnya ya Uncle?? Mohon solusinya,,,,
    Oh iya, sebelum masalah speedo itu relay angle eye saya meleduk, apa mgkin gara2 itu jg ya Uncle?? Mohon pencerahan,,,

    ReplyDelete
  37. om zak ane pke spul tiger salah satu output langsung saya grounding k mesin.dan outputnya saya satukan dengan kabel putih dan kuning.kiprok yang saya gunakan kiprok supra.
    bohlam yg saya gunakan 100/130 watt apa bisa lebih maksimal kalau saya potong kabel massa yg d kiprok?
    terimakasih uncle zaak

    ReplyDelete
  38. Misi Om, kalo kabel ground nya ga dipotong tapi sebagai gantinya diapsangi resistor gitu gimana menurut Om??

    ReplyDelete
  39. malam om , kalau kiprok yang bagus merk apa ya, buat revo 110.minta infonya ke 081321019783. saya sudah capek 2 minggu sekali bongkar lampu fittingnya kebakar.

    ReplyDelete