iklan google termasur

Kamis, 20 September 2012

Cara Kerja Kiprok dan Alternator Motor Kamu

By : Zakir Skynet

Untuk menambah pencerahan dibidang kelistrikan motor, kali ini uncle zak akan membahas prinsip-prinsip cara kerja kiprok-Regulator voltage dan alternator/generator. 

Prinsip Kerja Altenator/generator Motor Kamu.

Energy listrik yang dihasilkan untuk memasok kebutuhan listrik dimotor kamu, adalah hasil induksi antara stator dan rotor /magnet permanent sebagai gambaran apa itu induksi bisa dilihat pada gambar dibawah ini :

Induksi antara magnet dan spul (stator)


Induksi antara magnet dan spul (stator)

Cara Kerja alternator motor kamu


wujud stator/spull yang ada dimotor kamu


Magnet-stator/spull dan regulator/kiprok





Dari bahasa gambar diatas sekarang pasti sudah mengerti bagaimana energy listrik dihasilkan untuk memasok kebutuhan listrik dimotor. sebelum dipasang regulator/kiprok energy listrik yang dihasilkan listrik AC ( alternating curent ) seperti listrik yang dipasok PLN.
Karena motor kita membutuhkan listrik DC (direct current ) seperti  mencas aki, dan kebutuhan lainnya, maka energy listrik yang dihasilkan alternator harus dirubah terlebih dahulu jenis listriknya dari AC ke DC dengan menggunakan diode. maka arus listrik akan berubah dari AC menjadi  DC.


Seberapa Besar Energy Listrik yang dihasilkan di Motor Kamu

Catatan Hasil Riset uncle zak :
peralatan riset :
  • Volt meter digital
  • ammeter analog
  • tang ampere
objek penelitian riset : motor honda supra fit tahun 2007 :

Motor kecepatan sedang tanpa regulator  pakai satu diode  half wave
load langsung ke aki  :

voltase terbaca 25 volt ampere meter terbaca 5 ampere energy yang dihasilkan :

25 volt * 5 amper =  125 watt

output voltage posisi half wave

 

Motor kecepatan sedang tanpa regulator  pakai diode bridge full wave
load langsung ke aki  :

Voltase terbaca 50 volt sedangkan arus listriknya 7 amper energy yang dihasilkan :

50 Volt * 7 ampere = 350 watt


Output volatge full wave
Output arus listrik

Cara Kerja Kiprok Regulator Voltase

Fungsi kiprok yang dipakai dimotor fungsi utamanya adalah mengatur voltage output yang yang dihasilkan dari energy yang dihasilkan alternator, fungsi kiprok tidak beda jauh dengan fungsi keran dirumah kita, walaupun sumber airnya besar misalkan pakai jet pump, jika kerannya dibuka sedikit maka airnya juga mengalir sedikit.

contoh pada motor megapro yang sudah menganut sistem kelistrikan full wave hasilnya :
Kecepatan tinggi maksimal voltase 14,5 Volt arus listrik 4,5 amp 14 volt * 4,5 ampere = 65 watt
Kecepatan langsam 13,5 Volt arus listrik 1,5 ampere =  20 watt.


Isi Perut Kiprok Regulator Voltage

Secara umum isi perut kiprok bisa dilihat pada gambar dibawah ini, cara kerjanya sebagai berikut : pada saat motor dihidupkan generator/alternator langsung menghasilkan listrik masih dalam bentuk listrik AC, langsung menuju diode untuk dirubah menjadi arus listrik DC untuk mencas aki, pada saat aki sudah mencapai voltage misalkan 13,5 s/d 14,5 volt, IC mengangap aki sudah penuh, memerintahkan SCR untuk membuka keran agar kelebihan energy yang dihasilkan generator  dibuang ke ground.

Isi Perut Kiprok Regulator Voltage


Kiprok Full wave

Kiprok Half wave
Kesimpulan :

Hasil riset membuktikan bahwa produsen kendaraan bermotor sudah menyediakan sumber energy yang cukup besar untuk menopang kebutuhan energy listrik, pada kecepatan sedang pada posisi half wave energy yang dihasilkan  cukup besar 125 watt.
Jadi buat yang ingin menambah power misalkan dengan menambah gulungan stator lebih baik dibatalkan niatnya. energy besar sudah disediakan oleh produsen motor. melalui berbagai trik yang telah uncle zak tulis  ( lihat daftar artikel ) kita bisa dapatkan energy besar.


Semoga informasi ini bermanfaat bagi seluruh masyarakat otomotif





 

















12 komentar:

Unknown mengatakan...

Mohon bantuanx mas... genset saya suadah tidak bisa mengisi kembali aki lagi.. jdi akix cepat habis... sdh 2 kali saya ganti aki... kira2 apax yg rusak mas.. mohon pencerahanx... no hp sya 085298550255

Unknown mengatakan...

mas saya mau tanya cara cek spull rusak atau tidak bagaimana?
karena motor saya kalau lampu hd nyala aki langsung ngedrop dan apabila lampu tidak nyala aki normal, kira2 apa yang rusak ya

Unknown mengatakan...

Langsung mudah di pahami 😎 makasih om zack👏👏

Anonim mengatakan...

itu semua adalah karena terlalu kreatif. hahaha

syaiful mengatakan...

pak, bisa minta dibantu penjelasan perbedaan kiprok type shunt, sama kiprox type series?

makasih.

Mlamb1678 mengatakan...

bermanfaat sekali, bisa nambah ilmu tentang alternator
jika ada yang ingin service alternator genset bisa hubungi kami
terimakasih

rafli mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Mantap om....

Unknown mengatakan...

Sangat bermanfaat terus berkarya Om

mbm mengatakan...

ninggalin jejak. terimakasih banyak bermanfaat sekali info disini. semoga makin sukses dan sehat selalu pak

Unknown mengatakan...

Tolong bgi ilmu soket kabel dari sepul genset ke kiprok lepas .bagaimana cara menentukan soket kabel input dan soket kabel output

Rikky manullang mengatakan...

Untuk Kiprok karisma atau Supra 125 arus maksimum yg di hasilkan untuk jalur pengecasan dan jalur lampu utama kira" berapa Amper bg ?