Saturday, June 9, 2012

Cara Servis Aki Kering Motor dan Mobil

by : zakir skynet

Sebagian besar masyarakat otomotif/para pemilik kendaraan beranggapan bahwa aki kering yang dimilikinya benar-benar kering tidak ada unsur cairan elektrolit didalam aki. pendapat tersebut perlu diluruskan. aki tipe ini tetap memakai cairan elektrolit,   tipe aki ini disebut  VRLA battery (valve-regulated lead–acid battery) juga dikenal sebutan sealed battery
(Aki disegel)  variannya :
  • Absorbed glass mat (AGM) battery
  • Gel battery ("gel cell")



Anatomi Tipe Aki VRLA battery

Contoh Tipe aki VRLA Battery




Ciri-ciri aki kering/VRLA  yang Dapat di servis atau diperpanjang umurnya  diatas 1 tahun :

  • Pagi hari  tidak kuat stater setelah kendaraan jalan aki kembali kuat untuk stater.
  • Test charging : aki motor  masih dapat menerima input arus listrik  sebesar 2,5  s/d  7 amper dan khusus aki mobil 7 s/d 12 ampere.
  • umur aki masih dibawah 1,5 tahun
alat yang dibutuhkan untuk servis aki kering khusus motor :
  • Obeng minus
  • lakban or lem
  • Charger accu  Type Uncle Zak
  • Suntikan 20 ml bekas tinta printer
  • air suling, sumur, hujan, air minum mineral atau air teh semua bisa pakai.
Seperti apa yang saya utarakan pada bagian dasar-dasar teori aki, salah satu kunci panjang pendeknya umur pakai  aki terletak pada air elektolit yaitu H2SO4, tipe aki kering varian VRLA tetap menggunakan cairan elektrolit.dalam kasus aki soak tipe VRLA cukup ditambahkan air suling sebanyak 10-15 mili kemudian dicas ulang selama 2 - 3 jam aki akan segar kembali



Lakban fungsi untuk menutup kembali koper aki yang dibuka



Langkah Langkah pasti servis aki kering motor 

Langkah 1 : Tutup koper aki dibuka pakai obeng minus lakukan dengan hati-hati jangan sampai tangan terluka


Langkah 2 : Buka tutup karet simpan jangan sampai hilang.


Langkah 3 : Ambil air suling sedot pakai suntikan sebanyak 10 - 15 mili, kemudian masukan kedalam lubang-lubang aki sebanyak enam lubang. lakukan dengan hati-hati, utamakan keselamatan.

Langka 4 : lakukan pengecasan selama 2 s/d 3 jam  ciri aki kering super bagus : penerimaan input arus listrik 5 s/ 7 amper : kondisi sedang 2,5 s/d 5 amper



Langkah 5 : Pengecasan selesai jika arus ampere pada area 1,5 s/d 2,5 amper voltase aki mencapai 16,5 volt setelah pengecasan selama 3 jam, aki siap untuk digunakan kembali.

langkah 6 : setelah pengecasan selesai  pasang kembali 6 buah tutup karet, kemudian koper casing plastiknya tutup sisi-sisinya dengan lakban, ventelasinya jangan ditutup.



Langkah 7  : selesai,  rapihkan seluruh peralatan dan cuci dengan sabun.

Langkah langkah Servis aki kering mobil


peralatan yang dibutuhkan :
  1. bor
  2. sumbat karet 6 buah
  3. charger tipe uncle zak
  4. air suling 
  5. corong air


Langkah 1 : Bor casing aki sebanyak enam lubang pakai bor ukuran 1/4 inci


Langkah 2 : lihat setiap lubang sel aki jika airnya ada yang kurang, tambahkan air suling
Langkah 3 : Lakukan pengecasan selama 12 s/d 24 jam
Langkah 4 : setelah pengecasan tutup lubang bor dengan sumbat karet.
Langkah 5 : selesai

Karakteristik aki kering  mobil kondisi bagus :
  • input penerimaan arus amper 10 s/d 12 amper pakai charger tipe uncle zak
  • setelah 12 - 24 jam pengecasan amper menunjukan 3 - 5 amper semakin kecil semakin bagus
  • voltase aki saat pengecasan 15 s/d 16,5 volt.pertanda aki super bagus, aki dapat hidup untuk jangka waktu yang lama,  dapat hidup diatas 1,5 tahun
  • suhu badan casing tidak terlalu panas sekitar 40 derajat celsius atau suhu orang sakit demam panas


Metode Lain Suntik Air ke dalam Sel Aki




semoga info ini bermanfaat


 


9 comments:

  1. unzle zak mau tanya...
    aki kering motor saya bawa ke tukang strom accu katanya sudah tidak biza dicas lg indikator jarum pada chargerny tidak bergerak sehingga akinya tidak dapat digunakan lagi..
    1. apakah aki kering tersebut masi biza di rekondisi/digunakan?
    2. carany gimana?
    3. standar umur aki brapa tahun?
    terima kasih uncle....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Standar umur pakai aki merk-merk top seperti GS Astra, Aspira dan yuasa, bisa mencapai 3 tahun lebih, kalau umur aki ente masih dibawah 2 tahun bisa diperpanjang umurnya.
      caranya : baca disini http://mitrabaterai.blogspot.com/2012/06/cara-servis-aki-kering.html

      Delete
    2. Terima kasih uncle zak penjelasannya...
      ini mau tak coba servis sendiri menurut petunjuk uncle.
      sebelumnya saya masih bingung pada air isiannya disini disebutkan pakai air suling, sumur, hujan, air minum mineral atau air teh semua bisa pakai...
      tapi pada prakteknya uncle pakai air suling,
      1. air suling itu apa?mohon penjelasannya...
      2. kalau air suling diganti dengan air aki gimana?(air aki bukan air zuur)
      3. oh iya uncle disini disebutkan setelah ditambahkan air suling dicas ulang selama 2 - 3 jam,chargernya pakai trafo berapa ampere?saya pake trafo 1 ampere,jd brapa jam?
      TERIMA KASIH UNCLE......
      penjesalannya sangat membantu......
      terima kasih uncle....

      Delete
    3. air suling = sama air aki botol warna biru, bukan air zuur/asam
      kalau pakai trafo 1 amper casnya 5 s/d 7 jam baru mantap.

      Delete
  2. salam kenal om, maaf saya mau tanya om. motor saya glpro neotech, accu 12V 2,5A. pertanyaan saya. baiknya saya mengunakan diode berapa ampere dan rangkaian yang mana 1/1,3/1 atau 5/1. terimakasih.

    ReplyDelete
  3. Om zak mau tanya kalo revo110 mau rubah ke fullwave pake trik diode jalur negatip kira2 bisa gakya?? Apa harus pake boster..kira2?thax

    ReplyDelete
  4. Permisi uncle, Untuk accu Karisma D, dengan melakukan cara di atas apa bisa recharge ulang ?, dan digunakan kembali accunya ? , accu Karisma D tipe MF 12v 3Ah

    ReplyDelete
  5. bos kalau aki gs astra mf hijau airnya berkurang.itu kan dipaten jd susah bukanya. apa emang harus dibuka paksa untuk mengisi airnya.tank

    ReplyDelete