Mengecas aki ukuran besar seperti 100 sampai 200 amper menggunakan satu buah trafo 5 amper jelas membutuhkan waktu yang sangat lama agar aki kembali ke performa seperti baru dan efek yang ditimbulkan akibat terlalu lama dalam mengecas trafo cepat panas dan biasanya trafo cepat terbakar, agar efek negatip dapat dihindari maka paman zak mencoba sebuah teknik baru mengecas aki dengan metode seperti dibawah ini, dua buah atau lebih trafo digabung dalam bahasa teknik dipararel output yang dihasilkan arus amper bertambah 1,8 kali, misalkan satu trafo menghasilkan power 10 amper jika digabung akan menghasilkan power 20 x 80 % = 16 amper. Hal ini tentunya akan mempercepat pengecasan aki dan panas trafo yang dihasilkan berkurang 20 % dan akhirnya trafo pun berumur panjang. Mantap !
Model 1 : output dc output dc digabung didalam casing
output 2 buah kabel
Model 2 : output dc digabung diterminal aki
output 4 buah kabel
Langkah langkah pasti membuat charger aki 3-200 amper
kabel power 2 buah
diode bridge
diode bridge battery charger
Trafo bisa menggunakan tipe nol atau ct center tape gulungan sekunder pakai tegangan 15 volt atau 18 lebih mantap
sisi dalam charger aki 3 - 200 amper, mantap !
casing charger pakai ex komputer pentium 2 : hemat energy !
Semoga informasi ini bermanfaat untuk seluruh rakyat Indonesia dan warga dunia
CDI merupakan salah satu komponen pengapian motor yang paling penting dalam meningkatkan Performa mesin dan akselarasi kecepatan, secara umum dalam kamus bahasa masyarakat otomotif ada dua tipe cdi yaitu dc cdi dan ac cdi.
Cara kerja dua tipe cdi ini cara kerja nyaris sama, yang membedakan hanya pada input arus listriknya, cdi ac high voltage dihasilkan dari sebuah induksi magnet tetap dan gulungan sepul khusus yang berada di area sepul motor,
Sedangkan CDI DC tegangan biasanya 250 s/d 400 volt high frequency dihasilkan dari sebuah inverter kecil dimana input arus listriknya dari tegangan rendah berasal dari aki 12 volt dan arus listrik dari regulator dalam bahasa bengkel bernama lain yaitu kiprok.
Dalam rangka menambah koleksi rangkaian circuit cdi dc untuk jagat otomotif Indonesia dan juga dalam menambah wawasan pengetahuan di bidang cdi , kali ini paman zak akan mempublikasikan rangkaian koleksi- koleksi perihal Rangkaian Circuit DC CDI MOTORCYCLE,
khususnya untuk aplikasi digunakan untuk sepeda motor kesayangan anda. Rangkaian dc cdi ini berasal dari berbagai negara seperti Jerman, Rusia, Japan, Italia, Spanyol dan beberapa negara lain sebagai bahan studi perbandingan yang ingin belajar lebih jauh tentang cdi DC. Berikut gambar dibawah ini model bentuk DC cdi dari yang termudah sampai yang menelan permen mint, berikut ini beberapa model rangkaian CDI DC seperti pada gambar dibawah ini.
Cara Kerja CDI Motor
Cara Kerja CDI Motor
Semoga informasi ini bermanfaat untuk seluruh rakyat Indonesia
Mengendarai motor tanpa flasher lampu sein memang terasa kurang mantap, bahasa tubuh selalu bergoyang dan bermain tangan kanan dan kiri selalu memberikan isyarat jika ingin belok ke kanan ke kiri atau ke atas. flasher sein original mio yamaha memang sudah berumur 10 tahun baru empat bulan lalu rusak dan memang sudah sangat wajar diganti.
Isi Dalam Flasher Original Pakai Relay
Isi dalam flasher orriginal yamaha mio model relay
Akhinya beli juga flasher lampu sein motor non original seharga Rp.15.000,- yang penting lampu sein aktip kembali, namun apa hendak dikata umur pakai flasher non original kurang panjang, hanya kurang empat bulan flasher rusak kembali apa yang salah ? ada apa dengan flasher non original, ternyata setelah diteliti dan di investigasi yang mendalam hasilnya sebagai berikut ; beban lampu sein motor milik uncle zak terlampau berat ukuran watt lampu terlampau tinggi, tidak sesuai dengan yang direkomendasikan oleh produk tersebut.
isi dalam flasher non original model flasher elektronik
Membuat Flasher Lampu Motor dan Mobil Super Mantap
Flasher lampu sein original bisa bertahan lama selama 10 tahun cara kerjanya sangat sederhana menggunakan cara kerja relay jadi sangat wajar jika model flasher model relay mampu bertahan lama. karena bisa mengangkat beban sampai 40 amper. untuk relay tipe yang digunakan biasa bisa pakai lima kaki maupun empat kaki seperti gambar dibawah ini. yang penting relay yang masih bagus
Warisan Stok Relay lampu Untuk Riset Flasher Super Kuat
beban relay max 40 amper untuk lampu dan flasher
rangkaian flasher super mantap pakai relay
Rangkaian flasher lampu sein diatas mengunakan relay 4 kaki yang biasa digunakan untuk klakson, lampu mobil, ektra fan, starter dan lain-lain cara kerja rangkain diatas sebagai berikut : ketika switch lampu sein dikonek lihat kode 85 dan 86 maka aliran listrik mulai mengisi capasitor terhubung, R1 memberikan seberapa cepat pengisian muatan listrik ke kapasitor, ketika kapasitor penuh maka mampu mengerakan switch konek antara switch 87 dan 30 maka lampu sein menyala.fungsi diode untuk pengaman dan memberikan arus positip dan negatip.
Langkah-langkah pasti Membuat Flasher
Komponen yang digunakan :
relay 4 kaki atau lima kaki
resistor 56 s/d 82 ohm
diode 1 amper
capacitor/elco 2200 uf volt 16 s/d 35 volt bisa pakai
relay 4 kaki untuk flasher
capasitor 2200uf 35 volt
resistor 150 ohm dipararel jadi 75 ohm
resistor 56 ohm dan diode
Produk jadi Flasher buatan rumah siap digunakan untuk satu abad, mantap !
Video Riset Flasher Project
jika ingin mempercepat atau memperlambat tempo detak lampu nilai resistor bisa dimainkan antara 56 s/d 82 ohm, semakin kecil nilai resistor maka detak jantung lampu semakin cepat, karena capacitor cepat penuh. selamat mencoba dan berkreasi tanpa batas.
Semoga informasi ini bermanfaat untuk seluruh rakyat Indonesia dan seluruh warga dunia
Jurnal ilmiah kali ini paman zak akan membahas bagaimana membuat perangkat keras kunci anti maling paling canggih efektif dan efisien, judul karya ilmiah ini diberi judul : Kunci Rahasia Sentuh otomatis motor dan mobil, kunci rahasia ini sangat mudah dibuat dan di operasikan semuadah menbuat kopi panas bahkan lebih mudah dari pada memasang tali sepatu anda. cara kerjanya sebagai berikut : ketika mesin motor atau mobil dimatikan maka otomatis kunci rahasia langsung bekerja, mesin akan kembali bekerja jika trigger tombol atau logam rahasia disentuh kembali oleh tangan kanan maupun tangan kiri, mantap ! bagaimana membuatnya berikut langkah-langkah dibawah ini
Standar Kelistrikan motor CDI DC
sebelum membuat kunci rahasia otomatis maka wajib memahami sekema diatas arus listrik dari battery menuju kunci kontak, kemudian selanjutnya kunci kontak terhubung ke cdi dan aksesoris lainnya, penempatan kunci rahasia bisa ditempatkan di output kunci kontak maupun di dekat cdi sesuai selera.
alat alat yang dibutuhkan untuk membuat kunci rahasia otomatis bisa dilihat dibawah ini :
Relay
kabel kurang lebih 1K
tombol push on model kalkson
untuk model layar sentuh :
transistor NEC 772 dan BC557
Relay 4 kaki
Tombol tekan push on
Sekema Kunci Rahasia Sentuh Otomatis Tipe mantap
Sekema Kunci Rahasia Sentuh Otomatis tipe Layar Sentuh Mantap
kunci kontak motor
penempatan tombol push on atau layar sentuh sesuai selera anda !
Demikian jurnal ilmiah ini, semoga bermanfaat untuk masyarakat otomotif Indonesia dan seluruh penduduk planet bumi.
Situasi dalam keadaan darurat bahaya misalkan mengemudikan mobil-motor dalam situasi hujan lebat, gelap, bahkan kabut tebal dengan suara halilintar yang bersautan, dimana jarak pandang hanya beberapa meter, keberadaan lampu darurat hazard sangat diperlukan bahkan wajib ada untuk memberikan sinyal kepada pengendara lain posisi kendaraan kita agar kita selamat dari benturan hantaman kendaraan lain. lampu darurat hazard juga berfungsi untuk memberikan info ke pengendara lain ketika mobil -motor kita mogok, di derek agar pengendara lain memberikan jalan atau berhati-hati. namun sayangnya aksesoris lampu darurat hazard pada kendaraan motor tidak semuanya dilengkapi aksesoris tersebut. bagi yang ingin memasang aksesoris sistem lampu darurat hazard kali paman zak akan membahas bagaimana membuatnya dari yang termudah sampai yang termudah karena semuanya mudah. berikut gambar circuit lampu darurat hazard dibawah ini
Cara Paling Mudah membuat Lampu Darurat Hazard, seperti pada gambar dibawah ini cukup dibutuhkan sebuah switch on off dan beberapa centimeter kabel bekas atau baru, akhirnya motor anda bisa menempuh berbagai medan ringan maupun berat, hujan, badai lautanpun bisa ditembus, contoh project lampu darurat hazard seperti pada gambar 1 dan 2 dibawah ini
Gambar 1 : Rangkaian Lampu darurat Hazard
Gambar 2 : sekema Rangkaian lampu darurat Hazard
pada gambar : 3 dibawah ini biasanya sekema ini diaplikasikan di kendaraan mobil alat yang dibutuhkan sebuah switch on off, relay dan dua buah diode
Gambar 3 : Rangkaian lampu darurat Hazard standar kendaraan mobil
Pada gambar 4 dibawah ini adalah sebuah rangkaian otomatis lampu darurat hazard, maksudnya ketika fungsinya lampu hazard dihidupkan, fungsi lampu sein tetap bisa digunakan tanpa harus mematikan saklar lampu hazard, terlebih dahulu, mantap !
Gambar 4 : sekema lampu Darurat hazard otomatis
Flasher Motor dan Mobil
Gambar 5 : contoh contoh flasher
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk seluruh masyarakat otomotif Indonesia
Jurnal ilmiah kali ini paman zak akan membahas bagaimana memodif lampu motor yang masih mengunakan system AC bisa menjadi full dc atau full DC. Cara ini sangat mudah dilakukan bahkan gratis, tidak ada sumber daya keuangan yang dikeluarkan kalaupun ada mungkin sangat tidak material begitu menurut pakar akuntansi,