by : Zakir Skynet
Klakson mungkin salah satu komponen kendaraan yang jarang rusak usia pakai klakson bisa mencapai 15 tahun sampai 30 tahun, dengan catatan merk bagus dan originil, soalnya mobil antik ane chevrolet diesel tahun 1984 klaksonnya masih originil suaranya masih lantang.
Namun dengan bertambahnya usia dimana klakson
bahan dasarnya terbuat dari logam maka proses karatpun terjadi, maka yang terjadi klakson mati alias tidak berbunyi, namun uncle punya solusi apakah klaksonnya mati total atau mati suri. berikut liputannya :
Namun dengan bertambahnya usia dimana klakson
bahan dasarnya terbuat dari logam maka proses karatpun terjadi, maka yang terjadi klakson mati alias tidak berbunyi, namun uncle punya solusi apakah klaksonnya mati total atau mati suri. berikut liputannya :
kali ini uncle zak akan sharing pengalaman memperbaiki/servis tipe klakson mobil seperti pada gambar dibawah ini lebih tepatnya klakson original mazda vantren tahun 1996, jadi usia udah 16 tahun, ternyata hasil penelitian dikatagorikan klakson mati suri
Ciri-ciri klakson mati suri dapat diperbaiki :
Cara Kerja Klakson motor dan mobil
ketika gulungan kawat tembaga klakson dialirkan arus listrik, maka diseputar kawat tembaga akan timbul medan magnet lihat gambar panah hijau dan biru ada gerakan akibat terjadi magnet sementara yang akhirnya menimbulkan bunyi logam sampai ke telinga kita dengan frequency 400 hz.
1. langkah pertama ukur kutub positip dan negatip jalur kabel klakson jika kondisi masih ok lanjutkan ke langkah keduaCiri-ciri klakson mati suri dapat diperbaiki :
- dua kabel klakson jika diukur pakai avometer masih konek kurang lebih 3-4 ohm
- pertanda gulungan kabel email tembaganya masih utuh dan mantap.
- jika diukur pakai avometer tidak konek maka sebaiknya dikubur/beli baru
- kunci 8mm
- sedikit semprotan pelunak karat WD/ atau minyak rem
Cara Kerja Klakson motor dan mobil
ketika gulungan kawat tembaga klakson dialirkan arus listrik, maka diseputar kawat tembaga akan timbul medan magnet lihat gambar panah hijau dan biru ada gerakan akibat terjadi magnet sementara yang akhirnya menimbulkan bunyi logam sampai ke telinga kita dengan frequency 400 hz.
Cara Kerja Klakson |
Langkah langkah servis klakson
2. buka baut 8 mm
3. langkah ketika sisi pergerakan logam klakson disempot pakai pelunak karat atau minyak rem , kemudian gerakan bodi klakson agar ada perubahan pergerakan
4. pasang kembali lanjutkan test pakai aki
semoga info ini bermanfaat dan dapat berhemat
6 komentar:
om klo klakson keong bisa ga di servis ???
ane belum pernah servis klakson keong, secara prinsip bisa !, biasanya klakson tipe ini kemasukan air. coba saja berkreasi, tidak ada salahnya untuk mencoba !
maaf saya cuma mau nambah buat yg nanya klakson keong,itu prinsifnya sama aja sama klakson bunder kaya piring...cuma di keoong ada yg pake angin sperti trompet ada pula keongnya itu sebagai penghantar dan merubah suara seperti speker mesjid/toa keongnya sebagai rumahnya saja,coba saja buka saya pernah buka hampir sama prinsif kerjanya,cuma di klakson keong rentan sama perubahan membran nya klo sedikit tekanan atau trlalu jauh tidak bersuara/kecil suaranya atau bisa2 menjerit,saya cuma pengalaman bongkar2 pak,terimakasih,selajutnya anda bereksperimen sendiri...
nb : paman zack...emang top,saya suka semua postingannya.
betul kata pak Hernawan. Sy juga pernah buka klakson keong, secara prinsip sama, keong itu berfungsi untuk mengalirkan bunyi spy tidak menyebar/pecah/satu arah. Hanya saja klakson keong mudah kemasukan air dan rentan...
tidak rumit yaa...
http://cody.id/produk/power-supply/power-supply-cody-1502d/
Mao tanya abis ganti aki baru kenapa ya lampu netral tidak menyalasama lampu gigi..dan klakson pun beruba suara nya tidak nyaring lagi
Posting Komentar