By : Zakir Skynet
Buat yang ingin menambah aksesoris yang membutuhkan arus besar seperti pasang lampu HID, sirene lampu besar, dimana perangkat standar sistem pengisian aki motor tidak dapat diandalkan, seperti contoh motor bebek standar yang masih menggunakan sistem kelistrikan dc half wave maupun yang sudah full wave tapi masih terbatas pasokan listriknya karena karena arus dan voltase sudah dilimit /dijatah oleh kiprok /regulator tentunya dilema tersendiri.
Sebagai ilustrasi power energy alternator motor standar punya kemampuan menghasilkan energi sebesar 5 ampere pada RPM 2000, karena arus listrik maupun voltase di batasi oleh kiprok maka outputnya hanya 2,5 ampere, kemana sisa energy sebesar 2,5 ampere jawabnya : dibuang ke ground oleh kiprok.
Berikut ini uncle zak akan memberikan salah satu solusi agar aki motor tidak tekor ketika motor dipasang yang membutuhkan arus listrik besar baik motor half wave maupun full wave. alat temuan terbaru uncle zak ini bernama Booster Kiprok Pengisian Aki, saking dashyatnya maka dinamakan Hyper Booster, jika dipasang pada motor akan menambah performa pengisian aki 200 %. misalkan pada RPM 750 sebelum dipasang booster arus amper pengisian 0,7 ampere setelah dipasang performa pengisian aki menjadi 2,1 ampere.
Sebagai ilustrasi power energy alternator motor standar punya kemampuan menghasilkan energi sebesar 5 ampere pada RPM 2000, karena arus listrik maupun voltase di batasi oleh kiprok maka outputnya hanya 2,5 ampere, kemana sisa energy sebesar 2,5 ampere jawabnya : dibuang ke ground oleh kiprok.
Berikut ini uncle zak akan memberikan salah satu solusi agar aki motor tidak tekor ketika motor dipasang yang membutuhkan arus listrik besar baik motor half wave maupun full wave. alat temuan terbaru uncle zak ini bernama Booster Kiprok Pengisian Aki, saking dashyatnya maka dinamakan Hyper Booster, jika dipasang pada motor akan menambah performa pengisian aki 200 %. misalkan pada RPM 750 sebelum dipasang booster arus amper pengisian 0,7 ampere setelah dipasang performa pengisian aki menjadi 2,1 ampere.
Cara membuat Booster Kiprok dan Pemasangan Pada Motor.
Garis garis besar sistem kelistrikan motor standar half wave |
Circuit Pasang Booster pengisian Aki |
Cara Kerja Booster
Buat yang masih belum paham bagaimana cara kerja booster dan masih bertanya-tanya dari mana datangnya sumber energy baru itu dalam bahasa gambar mungkin bisa lebih mengerti :
Sebagai ilustrasi cara kerja booster bisa juga dilihat pada gambar animasi dibawah ini, seluruh energy yang dihasilkan dari alternator seluruhnya ditampung capacitor kemudian memompanya ke aki.
Buat yang masih belum paham bagaimana cara kerja booster dan masih bertanya-tanya dari mana datangnya sumber energy baru itu dalam bahasa gambar mungkin bisa lebih mengerti :
Cara Kerja Alternator Motor Kamu
Tanpa Capacitor sebagian besar Gelombang elektromagnetik tidak dapat dikoleksi oleh stator |
Pakai Capacitor gelombang elektromagnetik "Liar" dapat dikoleksi |
Sebagai ilustrasi cara kerja booster bisa juga dilihat pada gambar animasi dibawah ini, seluruh energy yang dihasilkan dari alternator seluruhnya ditampung capacitor kemudian memompanya ke aki.
Peralatan yang dibutuhkan membuat Booster Pengisian Aki model system kelistrikan motor half wave
- Diode min 6 ampere 2 buah
- Capacitor Tipe Photo Flash 10000 uf minimal 100 Volt, semakin besar voltnya semakin bagus
- Relay
- switch
- dan kabel secukupnya
Tipe relay yang dipakai |
Sekema Pemasangan dan Aplikasi Pemasangan Booster Pada Lampu HID |
Cara Buat Booster Pada Motor Full wave
Relay 5 kaki tipe NC |
Cara pasang booster pakai switch rasa mantap |
Cara Pasang Aplikasi Sistem Automatik HID on = Booster onHID off = Pengisian Aki Kembali Normal |
Cara Buat Booster Motor System Kelistrikan Half Wave
Cara Pasang Booster Half wave |
Cara Buat Booster Motor System Kelistrikan Full Wave
Peralatan Yang dibutuhkan :- Dua buah capacitor 10000 uF minimal 100 volt, semakin besar voltnya semakin bagus
- Switch
- Kabel secukupnya
Booster tampak atas di photo pada ketinggian 10000 kaki |
Booster Tampak samping diphoto pada jarak 100 m |
Pengujian Booster Pada Motor Honda Megapro Tahun 2007
Posisi langsam sebelum dipasang booster tang amper terbaca 0,90 setelah dipasang ammeter terbaca 2,4 ampere ada peningkatan arus listrik diatas 150 %
Lampu HID sebelum dipasang |
Cahaya Lampu HID setelah dipasang Booster |
soket kiprok megapro |
setelah pasang Booster tang ampere terbaca 2,4 amp tanpa booster 0,9 amp |
uji booster pada kecepatan sedang terbaca 5,23 amp tanpa booster pada area 2 - 2,5 amp |
Voltase Aki Terbaca 12,54 volt pakai booster HID on sangat aman |
Semoga bermanfaat buat seluruh rakyat Indonesia dan seluruh penduduk planet bumi
203 komentar:
1 – 200 dari 203 Lebih baru› Terbaru»met pagi om..
ane msh bingung sm cara pemasangan booster halfwave n fullwave nih..
klo ane boleh ksh saran nih om,gmn klo tiap2 rangkaian dijelaskan secara terpisah + bahan yg diperlukan jg biar gampang dicerna hehehe..cm saran aja om.cb deh om perhatikan tiap alat,bahan cara membuat yg om share 'terlihat n terkesan' kurang tersusun rapi..
maaf om,ni cm saran n kritik dr seorang yg apresiatif sm artikel2 bermanfaat,ky blog pny om ini..piis
artikel ini memang kelanjutan dari artikel : cara mudah modif half wave to full wave, kalau engga baca cerita awalnya mungkin sedikit kurang paham.
Uncle jack saya udah rakit half wafe ke full wafe tapi pakai capasitor 10000uf 80vdc dan temp nya 85c. Berbahaya ato tidak ya. N tanda minus nya itu kmna ya...
sangat aman, tanda minus kapasitor konek ke kabel putih atau ke kuning bisa, kalau mau outputnya yang sedang sedang saja konek ke kabel kuning jalur lampu.
Malam uncle ZAk,mo tanya perbedaan booster yang pakai 1 n 2 capacitor apa bedanya? Masing2 berapa percent peningkatannya. Sebelumnya banyak makasih.Salam.
pakai satu capacitor khusus untuk motor model system half wave seperti varian motor bebek, yang pakai dua kapasitor khusus untuk motor system charging aki Full wave seperti tiger, thunder. peningkatan power persentase posisi langsam diatas 100 %
Gan....
ane dah buat tuw capasitor. .
sekarang yang ane bingungin cara pemasangan aplikasi sistem otomatik. . .
tu kabel biru yang tengah disambungin mana gan ??
Normal open & Normal Closed tu alat ato apa??
kabel kuning yang diputus itu salah satu sambungan dari Spull ya ??
terimakasih. . .
kabel warna biru konek langsung ke kabel kuning dari sepul.
NO/NC adalah relay tipe 5 kaki,
uncle zak.cara pasang ke mtr vario gmn?
mlm om,.sya udah cba cara d atas tpi gak berhasil,.sya pke capasitor 100v 10000uF sma dioda bridge 10 amper., ampermeter trbca 6 A, kbutuhan arus lmpu bsar 5 A. tpi buat jlan 2 km aki lgsung drop pdhal aki baru kpasitas 7 AH.,tgangan output sya ukur mncapai 250 volt,.
dipakai dimotor apa ?
Tuw Kapasitor kalo tiba2 rusak gmn gan ??
apa g membahayakan spul/aki/kiprok/lampu ????
Oke gan. .
maksih. . .
tuw g berbahaya gan jikalau Ralleynya rusak/kapasitornya yang rusak, takutnya ntar Spul/kiprok/aki ikutan rusak ???
kalau motor blade new pake booster yang mana Ucle Zak?
blade new pake arus half wave, pakai 1 elco 2 dioda 6 ampere, positif elco terhubung ke negatif dan positif aki, trus negatif elco terhubung ke kabel kuning jalur lampu dah betul gag itu uncle zak? maaf ane masih sangat awam dengan kelistrikan.
Uncle Zack...sy tdk paham cara bikin booster'a...apakah ada yg sdh jadi sehingga bisa sy beli ??? Trm ksh
gan saya mau nanya,saya punya motor megapro tahun 2005.lampu tidak bisa terang dan aki cepat drop dan aki tidak bisa mengisi ketika lampu dihidupkan.mohon bantuannya gan.terima kasih.
pemakaian komponen capacitor ada dimana-mana di HP, TV, charger, mesin cuci, mesin pompa, pesawat terbang, kapal laut, radio, pesawat ruang angkasa, komputer dll,
jadi tergantung, kualitas yang dipakai, terkait dengan booster aki, pakai 10000uf volt 100 volt, kualitas bagus, semakin besar nilai volt nya maka dipakai dimotor semakin bagus.
pakai yang satu buah capacitor
betul, positip elco dipsang diode terlebih dahulu baru di konek ke positip dan negatip, negatip elco ke kabel kuning.
motornya merk apa ? masalah ada yang motor pakai dua capacitor dan satu buah
booster untuk megapro pakai dua buah, kalau motor ente aki sering, drop kabel titik tengah booster langsung saja konek ke salah satu kabel sepul, pasti mantap
Uncle zack, jd penambahan booster ini bgmn mekanisme pemasangannya, Khususnya thunder 125?. Maaf Sy agak Krg Paham
kurang paham saya om,mohon dengan gambar aja om.saya coba motong kabel hijau yang menuju kekiprok om.apa itu berpengaruh dengan cara kerja kiprok om.
uncle zak,untk mtr vario ane..kapasitor elco positif di psng dioda 6a trus di smbungkan ke aki positif n negatif..dioda yg stu lg ny di smbung ke ground/masa.slnjtnya elco negatif di smbung ke kabel kuning jalur lampu.apakah sdh bnar rangkaian nya uncle??
d pake d motor shogun 125 doble bolam 25 watt.,kalo saran ane mending pake transistor penguat arus.,arus dri kiprok dkuatkan pke transistor dijamin super mantap.,dri prcobaan ane langsam arus pengisian aki dlam keadaan ksong 7 Ampere gas pol 9 Ampere.,aki penuh arus turun jdi 3-4 Ampere,.itu lampu bsar mnyala,.klo lmpu bsar mati langsam 3 Ampere posisi aki kosong, gas pol 5 ampere klo aki penuh arus pngisian turun 50%,.
smpai skarang aki normal lmpu terang bnderang pake 35 watt x 2,.biar makin mntap ane ksih kpasitor 100v 10000uF dipararel sma aki,.
Om mtor sya rx king trus saya pake lampu hid projector tapi saya cuman pake kiprok tiger doang itu aki masih tetep drop saya pngen coba riset sendiri ngikut cra yg om zak gmn cra nya om trus itu mtor saya kalo mesin mati lampu masi bisa tetep nyala itu masuk nya ke pengisian half wave ap full wave om mhon pencerhan nya ya om...
kalu thunder pakai dua kapasitor, titik tengah konek ke salah satu kabel sepul, kabel positip kapasitor ke positip aki, kabel negatip ke negatip aki.
sudah benar, yang penting pasang diodanya jangan terbalik
kabel hijau adalah kabel masa, kalau dipotong charging ke aki terhenti
lampu hidup tanpa mesin nyala bukan jaminan sudah fullwave, dan kiprok tiger bisa langsung dipakai ke motor varian motor bebek, yang masih halfwave, yang penting sekarang copot dahulu kiproknya coba test pakai ohm meter. kabel stator dihubungkan ke body/chasis jika ada hubungan dipastikan masih model halfwave.
Om motor sya honda grand sistem penerangannya langsung ngambil dari aki. Tapi aki sering ngedrop .. Apakah sya bisa menggunakan cara ini? Tapi sya tidak menggunakan HID hanya lampu halogen yang langsng ngambil dri aki.
Terimakasih
Trus solusi nya gmna om biar aki saya ga tekor pake lampu hid om kalo misal mtor saya masih halfwave?
pasang booster model half wave hanya butuh satu kapasitor, model full wave butuh 2 capacitor, cara pasangnya sesuai dengan gambar diatas, pasti mantap full power
aplikasi motor honda grand pakai booster sangat bisa, cara pasangnya pakai model satu capacitor
Ok om zak saya akan coba,jadi intinya pastiin dulu kelistrikan nya half wave apa full wave setelah itu baru pasang kapasitor makasih ya om....
Maap om mau tanya lagi kalo mtor saya kelistrikan nya masih half wave trus saya pasang booster nya yg buat full wave dan sebalik nya kelistrikan full wave trus pasang booster nya yg buat half wave ap akan menyebabkan konslet om?
salam....
sy msh bingung cara buat boster pengisiannya...
mtr sy honda kharisma 125D, sekarang sy pake aki 12v 7A..
mohon penjelasannya pak..
thanks..
betul, pastikan dahulu sistem kelistrikannya full wave atau half wave, kalau salah pasang bisa konsleting !
yang penting siapkan dahulu capacitornya 10000 uf 80 volt, lebih besar voltagenya semakin bagus, dan dua buah diode 6 amper dan kabel yang cukup tebal serabut tembaganya, gambarnya diatas sudah sangat jelas.
numpang tanya uncle,
kalo dipasang pada vario 125, kabel tengah kapasitor dsambung kmana, kan vario punya 3 kabel(3phase kalo gak salah)
bingung pilihnya ni uncle, mohon bantuannya
Om zak sya udah coba tapi knapa jadi drop yah aki nya itu dari kapasitor kabel yg nyambung ke kabel pengisian aki nya di seudah soket spul apa sebelum soket spul om?
kalau vario sudah tiga phase, standar motor made in japan kabelnya warna kuning, jadi konek salah satu kabel kuning.
pasangnya sebelum soket kiprok warna kuning atau putih bisa.
maaf om, nanya lagi
3 kabel dari generator vario merah-kuning, merah-putih dan merah-hitam. brarti pilih yg merah-kuning ya om.
kira2 ngaruh sama ACG gak om karna 3 kabel dr generator itu juga yg dgunakan untuk starter elektrik
mohon penjelasannya & maaf om kbanyakan nanya.
sepertinya sistem charging battery masih half wave, regualator/kiproknya masih acdc, biasanya standar 3 phase kabelnya kuning semua. ciri kiprok ac/dc lampu besar nyala jika motor hidup, kalau model yg seperti ini cuma pakai satu kapasitor.
maap om tannya lagi setelah saya cari tau ternyata kabel warna putih itu charging accu terus yg kuning srtip merah untuk menstabilkan,kalo di hubungkan ke yg kuning g papa ya om?
konek ke kabel kuning aman dan terkendali
vario mesin mati kontak on lampu lgsung nyala om, saya masih bingung ni om, coba om lihat diagram vario yg sy kirim ke emailnya om, mohon dbantu ya om....
selamat sore.
Alhamdulilah trick dan ilmu yg om berikan sudah sukses saya terapkan di rx-king saya pake dioda 5/1 dengan bosster hasil nya mantap malahan kalo hid of mesin jalan sampe2 sikring pengisian aki putus om tapi g papa lah yg penting aki g tekor soal nya jarang2 om mtor rx-king bisa pake hid makasi ya om ilmu nya....
om rangkaian untuk megapro apa perlu pake relay 5 kaki tipe NC??? n kiprok saya baru tp klo mesin panas,mesinnya jadi mati n aki drop kenapa ya om???
kirim saja skemanya, email ane solusiaki@gmail.com
you got the power !
kalau lampu besarnya nyala terus, engga perlu pasang relay NC langsung saja konek kabel tengah booster ke salah satu kabel stator/spul. coba cek sekering nya takutnya putus.
oya om salah satu kabel yg menuju ke spul itu di pasangkan ke kabel yg warna apa om??? n kabel warna kuning yg menuju ke kiprok salah satunya apa harus diputus??
sudah saya cuba buat rangkaian seperti di gambar om...saya pake pada megapro th 2005..hasilnya aki drop,lampu lama kelamaan redup, klakson gk bunyi, doubel strater gk bisa, lampu sean gk bs...kenapa ya om????mohon penjelasannya...
cara pemasangan booster pada motor megapro gmn om?mohon bantuannya dengan gambar aja om.
kalo pemasangan booster tanpa switch bisa apa gak om?trus cara pemasangannya gimana?maaf karena saya masih awam om,sebelumnya terima kasih om,
kemungkinan salah pasang kabel !
untuk motor megapro kapasitor wajib dua buah, cara pasang ada di gambar diatas, kabel tengah warna biru bisa langsung konek ke kabel stator warna kuning
pasang booster tanpa switch bisa, cara pasangnya korek sedikit kabel spul/stator terlihat serabut tembaganya kemudian langsung konek ke kabel biru titik tengah kapasitor, pasti ok
kalo pake kapasitor yang 10000 mikro 50 volt bisa apa g om?apa itu berpengaruh pada cara kerja,soalnya cari yang 100 volt g ada ditempat saya.yang ada 4600 mikro 100 volt.trims sebelumnya om.
mau tanya untuk yang aplikasi booster di megapro ( motor fullwave ) mau saya aplikasi di tiger juga. Untuk salah satu kabel dari kapasitor yang di hubungkan dengan spul ( kuning )itu scra paralel ya??atau lgsg diputus saja kabel kuningnya?? lalu salah satu ujung yg putus itu nyambung kemana om?
Saya masih ckup awam di kelistrikan. Tolong dibantu om
pakai 10000uf 50 volt bisa pakai, kabel kuning engga perlu dipotong cukup dikupas sedikit biar terlihat serabut tembaganya, selanjutnya konek ke titik tengah kapasitor.
pakai 4600uf 100volt juga bisa pakai.
pasang model seperti ini bisa : kabel kuning/spul engga perlu dipotong cukup dikupas biar terlihat serabut tembaganya, selanjutnya kabel titik tengah kapasitor konek ke kabel sepul yang dikupas.
Om ksie tau cara pemsangan di vario yg udah di fullwave donk
Terima Kasih penjelasannya Om. Ini saya ada pertanyaan bgmn jika elco 10000microF 50 V dipasang paralel dg kontak ( kabel hitam ) jadi + ke kabel dan - ke massa,apakah ada efeknya?
motor saya tiger.
pengaruhnya ada, tapi sangat-sangat kecil.
cara pasangnya sama dengan pasang motor tiger atau megapro
Makasih banyak Uncle Zak, apa yg dah diposting sangat membantu...tapi Q msh ada tanda tanya nih....
Motor ane Vega R 2008 pake lampu HID 35w (dah dirubah ke DC). Kiprok Ane modif dioda 6v 4 buah di jalur positif, kabel kuning (klo lewat jalur negatif kurang optimal). Ane juga dah pake elco 10000micro 50v langsung paralel aki. Kalo digas pol volt aki max. 12,8v (HID on), posisi idle 11,7v.
Yang jadi pertanyaan kok kalo jalan jauh (sen sering nyala) lama2 bunyi klakson (standard) drop??
(memang sih skema gak 100% persis)
Mohon pencerahannya Uncle Zak....! Thank's
Sory Ralat ;
Gas pol volt aki 14,8v (HID on)
kalau HID on voltage sampai 14,8 volt sudah full power !
Pak Zak saya dah coba trik boster pengisian akinya mantap memang full power 6A.Headlam saya h4 100watt aki 3A plus bel keong, kondisi demikian kadang aki ngedrop lampu on plus bel on drop bisa sampai 9-10 volt tanpa beban 13,4-16volt.Saran pak Zak gimana?
Lalu kalau misalkan pasang lampu hid sama headlamp saya yang 100watt masih besar mana daya nya?
Matur nuwun
Maksud saya trik boster ini agar bisa semaksimal mungkin semua arus listrik dari sepul diubah jadi pengisian semua bagian manakah yang perlu di rubah.Apakah membesarkan kapasitas kapasitor misal 50.000uf atau bagaimana?Harapan saya bisa sampai dapat arus 4A pada kondisi putaran bawah.
Matur nuwun.
pasang HID 35 watt arus amper cuma butuh 3 amper, 100 watt 8-9 amper bebannya sangat berat.
saran ane biar dapat 4 amper posisi gas langsam dibesarkan sedikit biar dapat 4 amper.
kalau tambah gulungan kurang signifikan, kapasitor 10.000 uf sudah lebih dari cukup.
kalau mau mantap magnetnya harus dirubah !, seperti egak mungkin diaplikasikan dimotor, kalau dimobil yang diatur magnetnya.
wah ternyata begitu y Pak Zak sumber dayanya memang terbatas sudah mentok gak bisa di modif lagi heheheh matur nuwun mungkin kedepanya memang harus tambah aki biar lebih mantap lagi.(pake hid soalnya masih mahalmerk abal abal saja masih 400rbuan)
Om zak, kalo udah pakai hyper booster, trik rangkaian regulator dioda yang model 3/1 perlu dilepas gak ya om? Takutnya konslet. Kalo trik dioda dah ane praktekin dan hasilnya mantab om di megapro 2005 ane, sebelum baca tulisan ini ane rencana upgrade ke rangkaian 5/1, karena ane masih kurang puas sama yang 3/1, soalnya saya pake lampu halogen h4 55/60watt, aki 12v 5aH, kalo lampu dah di pake 2jam tuh sinar lampu ngikutin putaran mesin alias drop, kata orang bengkel kudu ganti bohlam yang 35watt atau HS1 punya vixion, tapi ane dah terlanjur cinta sama model h4 55/60watt ini om, terang banget, aman dan bikin PeDe, solusi lain yang ditawarkan orang bengkel ganti batrei tiger yang 7aH, tapi males bongkar2/modif dudukan batreinya saya om, dah gitu harganya juga +200rban. Inti yang ane mau tanya ke om, kalo udah pasang hyper boster rangkaian dioda ane yang 3/1 harus dilepas gak, trus kalo pake lampu h4 55/60watt apa memang harus ganti batrei yang 7ah om?
O ya om, sebelum ane terapin trik rangkaian 3/1 aki ane kayak mati, lampu depan cuma nyala kalo mesin nyala, klakson dan riting redup, kalo dobel stater gak bunyi sama sekali, setelah ane terapin, starter lancar jaya om. Thanks banget buat ilmunya om,
Tapi ya itu tadi om, h4 55watt cuma bertahan 2 jam, mohon panduannya om, thanks om zak.
kalau sudah cinta 55/60 watt pasang booster sangat membantu dan lebih mantap , modif 3/1 engga perlu dilepas, kalau ganti aki ke 7 ah hukumnya sunah, diganti lebih baik, tidak diganti tidak masalah
om bsa ga klo pake relay kaki 5.a yg angka sperti 87 a 30 .86 dst.?
klo bsa smbung k.kabel mana ..
trimakasi
paling pas dites dahulu, apa konek atau non konek, 87a dan 87 coba tes hubungkan 85 ke negatip 86 ke positip, kalau 87a dan 87 terpisah baru bisa pakai, modelnya seperti ini
85 negatip, 86 positip/jadi trigger, 30 ke kabel asal generator, 87 ke kabel potongan ke kiprok, 87a ke kabel titik tengah kapasitor.
om kalo ngambil langsung tegangan dari sepul apa gak kegedean tegangannya yg masuk ke batre,kan kalau di gas tegangann yg keluar dari sepul ikut naik..
numpang comen aja nih bang,,, sya jga krang pham dan sya spendapat dgn bang papi aura ni,, sya mau dong yg sdah jadi nanti sya beli,, mtor sya shogun RR125
om,kalau mau pasang ke vespa gmana
ane bingung????
kalo buat motor satria 120 R gimana gan? ane mau pake lampu HID biar ga tekor akinya.....
ane sering ukur power kelistrikan satria 120 R powernya mantap dapat 6 s/d 7 amper rpm sedang dan tinggi, langsam 1 amper, HID butuh 3 amper konstan, triknya rpm rendah gas dibesarkan sedikit biar dapat 2 amper.
kalau mau modif lebih powerfull dan voltage terkontrol coba saja model 4,
voltage akan langsung dop akan mengikuti tegangan aki, model 4 voltage bisa diatur diregulasi, ampernya besar.
motor vespa dan motor lainnya model sama saja
alo uncle.mo ty lg ttg ubahan ala uncle agar aki tdk tekor paki HID.jd dr smua teori uncle mana yg lbh handal,bagus n safety pakai cara teknik booster capasitor bank atau diode 5/1 atau pake relay tuk putus kabel negatif.mohon pencerahan nya yg terbaik mnrt uncle di lihat dr sisi handal,bagus n safety(meminimalkan dampak negatif).tq
semua trik bisa menambah power listrik dan aman yang penting pasangnya jangan sampai salah !
Kalo pulsar 180 pake yg mana om? Saya pake lampu H4 55/60w + klakson keong, aki 12v 9A langsung drop. Enakny pake cara ini ato yg rangkaian diode?
Kalo pake diode misal 5/1 pasang ny jalur positif atau negatif? Ke kabel yg warna apa,? Thx sebelumny om
Waduh om saya salah beli kapasitorny nilany 10.000 mf alias mili farad, gimana apakah bisa di pake??
kiprok pulsar agak berbeda dengan kiprok motor lain, enaknya pasang kiprok baru/diode ambil dari jalur lampu ac.
kapasitor 10000 uF bisa pakai, yang penting nilai voltage 80 volt atau lebih
Kiprok baru buat motor lain gt? Cocokny buat motor apa?
Atau Pasang diode di Jalur lampu ac dari kiprok maksudny??
Maaf banyak nanya
aplikasi honda spacy,,,pake dioda 5/1,,,pake dioda 3/3 kabel kuning,,,trus mau add aplikasi booster kiprok half wavenya,,,spek motor spacy,,,klakson keong hella,,,lampu phillips 35 watt lampu led luxeon 20 watt,,,trus mau tanbah
ampu projie hid nya,,,apakah boleh di aplikasikan smua trik tsb utk spacy ane om
spacy ane pake aki basah 7 ampere,,,ane mau install aplikasi booster kiprok ini utk kebutuhan hid projie agar tidak tekor om zak,,,hatur sukron om zak super power,,,
kalau motor pulsar sistem lampunya pakai sistem ac/mesin hidup baru lampu menyala, pasang diode atau kiprok baru bisa dapat energy tambahan dari jalur kabel lampu.
kalau sudah pakai booster sebaiknya modif diode 5/1 atau kabel kuning 3/3 sebaiknya dicopot.
Whuuihh keren lagi nih..
Uncle..
Booster Accu ini boleh ga di gabung sama Mode 1 HafWave to FullWave..
Maksudnya mau dibikin auto on-off dua"nya, begitu posisi On Mode 1 & Booster Accu sama" nyala buat ngisi Accu berbarengan gitu Uncle..
Kalau tidak boleh kira" mana yang lebih baik menurut uncle, HalfWave to FullWafe atau Booster Accu saja..?
Ditunggu kelanjutannya Uncle.. Trims..
tergantung kondisi sistem kelistrikan motor fullwave atau halfwave
Laporan uncle, sementara ini SOUL GT ane pake diode 6A10 + Elco 10.000mf ngambil power dari cabel PUTIH..
Al-HasiL :
1. Posisi gas idle 12,2Volt, Booster ON UP-TO MAX 17,5volt, Voltase idle max segini apakan masih dalam toleransi..? <- gas pool blm d coba, serem duluan sm voltasenya uncle..
2. Suara Fuel Pump jadi lebih nyaring <- Apakah akan berakibat buruk u/ Fuel Pump..?
3. Kalau ane pakai dioda yg lebih besar lagi ex/ 25A atau 35A apakah boleh & apa efeknya..?
Ditunggu saran lanjutannya Uncle..
Nambah lg uncle :
4. Kalau Booster ON, Lampu besar jadi REDUP nyaris MATI.. <- Solusinya gmn..?
Revisi uncle..
Posisi Gas idle 14,2volt bukan 12,2volt
trims..
Sebelumnya ane mengucapkan trimaksih atas ilmunya uncle...!
Ane dah terapkan di v-ixion, ketika gas lansam pengisian bs mencapai 14, dan lampu hid nyala 12, tetapi ketika gas tinggi koq malah jd pengisiannya malah menurun drastis hingga 7,5, bahkan drop total alias mesin malah mati... itu knapa ya uncle...?
Mohon pencerahaannya... thanks a lot.
coba kabelnya dipindah, ke kabel kuning yg lain, ada kemungkinan kabel yg dipakai juga dipakai untuk power supply cdi
Halo uncle zak, saya sudah mencoba rangkaian yang sistim relay, lampu on boster bekarja. Voltase naik jadi 13 volt,motor saya pake HID dan jarak pemakaian motor tiap hari 10 km an.Sengaja accu tidak saya cas dulu tapi tidak soak. Dalam beberapa hari terlihat strum aki agak berkurang. Saya tidak tau apakah jarak pemakaian yang terlalu sedikit atau aki harus di cas penuh,
Yang ingin saya tanyakan bisakah voltasenya dinaikkan jadi 13,8-14 volt karena saya pikir kalo volt nya naik pasti pengisian akan lebih cepat.Sebelumnya makasih banyak uncle.
Kabel yg dr spul ada 3 uncle...warna putih smua.. ane putusin slh1 yg menuju kiprok, Sambung ke relay dan ke kapasitor. Kmrn cb bawa kebandung pas digeber malah sampe nyala jg lampu indikator mesin. Knpa ya uncle....?
motor ada beban HID voltage aki dapat 13 volt sudah mantap, kalau tanpa beban cuma dapat 13 volt kurang mantap, untuk penyegaran aki cas aki pakai booster tanpa beban sampai tegangan 15,5 volt selama 1/2 jam secara periodik. sebulan sekali.
enaknya pada saat motor digeber diukur voltage akinya, kalau ada beban sampai voltage aki sampai 16 volt, power generator motor ente sangat bagus, engga usah pakai booster.
Tanpa beban kondisi standar saya ukur 12 volt artinya kurang mantap ya,tapi aki ga pernah tekor. Setelah pake HID terlihat tiap starter pagi strum agak melemah,karena siang saya tidak pake HID maka setiap pulang kerja sore aki tokcer. Agak repot ya kalo tiap bulan harus cas aki,apa ada cara lain dari uncle yang lebih manntaap...gitu...trims uncle.
kalau lihat kasusnya akinya sudah sangat sulpate, perlu dicas terlebih dahulu, selama 4-5 jam, makanya tegangan aki engga dapat 13,5 s/d 14,5 volt tanpa beban, seharusnya dapat.
Om Zak..
Motor saya New Mega Pro, pasang HID 35 watt, saya aplikasikan booster 2 elco 10.000uF 100 V seperti yg tertera di Blog ini.
Setelah saya aplikasikan ternyata malah membuat aki tekor (setelah dipakai perjalanan lebih dari 1 jam), tetapi jika kabel tengah yang terhubung dg kabel kuning dari spul saya lepas malah ga terjadi tekor. Itu kenapa ya Om?
Gmn cara mengetest kapasitor masih baik apa ngga nya?
Terima kasih sebelumnya.. :)
capacitor musti dites dahulu, tesnya : copot dahulu soket kiprok, satu kabel warna kuning dikasih diode 3 amper model half wave, yang ada diode konek ke positip capacitor, warna kuning yg satu lagi konek ke negatip capacitor, hidupkan mesin posisi langsam kurang lebih 20 detik, mesin matikan, capacitor yang diisi muatan listrik dites pakai lampu sent/rem, jika lampu rem terangnya mantap, dipastikan capacitornya masih bagus.
jujur masih bingung om zak,,
maklum baru belajar2
hehe
kalau mau psang di tirev fullwave gimana caranya om??
mulai dari rakit alatnya om sampai ke pemasangannya
makasih om
cara pasangnya tergantung dari tipe motornya, baru bisa menentukan model booster yang akan dibuat
pada New Jupiter MX gmn om zak..yng ditanyakan untuk perubahan kelistrikan half wave:
2. Langkah selanjutnya, pindahkan arus listrik yang sebelumnya berasal dari dari spul dan kiprok ke aki via kunci kontak. Otomatis, sumber daya yang sebelumnya AC kini menjadi DC untuk mempertahankan usia lampu???
masih binggung dengan petunjuk diatas om
#pada sistem half wave apa tegangan AC langsung menuju Aki yg DC bisa terjadi, sebab yang ditimbulkan pada sistem elektronik karbu, dn kipas radiator pada New jupiter MX?
mau masang HID sendiri ni om, masih bingung? takut ada komponen yg rusak
uncle zack saya mau nannya kalau sepeda motor tiger di modifikasi kiprok supaya lampu depan stabil gimana carannya?
gimana gambar rangkaiannya mas bro?saya mau coba...kalo berkenan di emailkan ke en_xxsync@yahoo.com, atau kita contack2 di 087738828882.trims saya butuh pencerahan untuk motor saya
mohon pencerahannya om zack,
sy pake megapro 2001, pengen di modif trondol. pertanyaannya, dari megapro yg pake sistem DC apa bisa akinya di copot. kemaren pas waktu aki tekor (soak) semua lampu mati. mungkin ada solusi klo misalanya sekalian tanpa aki. trimakasih sebelumnya.
nb: bisa di bls di wahid.bwi@gmail.com
Salam kenal, smash 2004 aki std 5 amper....mau ubah seluruh penerangan (lampu dpn,sein,lampu rem) juga pakai high beam ikut aki.....tp cdi juga tipe dc......pernah dicoba tp redup semua dan gag d power......apa tambah aki (double) atau pakai cara diatas, terima kasih
Salam kenal uncle zak, saya pribadi gak ngerti sama sekali dengan kelistrikan motor, apakah alat ini dijual sama uncle zak, artinya kita tinggal pake langsung. Kalau iya berapa harganya? Trimks...
Uncle Zak, saya sudah coba Capacitor Bank Super Power Type Uncle Zak pada motor Honda New Blade yang telah di ubah ke sistem pangapian DC dengan Stator Full Wave dan Kiprok punya Tiger.
Hasil (hanya menggunakan alat Volt meter):
Tanpa Capacitor Bank Super Power Type Uncle Zak
Aki tanpa beban : 12.4 V
Mesin putaran rendah tercatat : 11.4 V
Mesin putaran tinggi : 14 V
Menggunakan Capacitor Bank Super Power Type Uncle Zak
Aki tanpa beban : 12.4 V
Mesin putaran rendah tercatat : 11.4 V
Mesin putaran tinggi : 12.3 V
Aksesoris : Headlamp Projector 2.5" 2 buah, lampu HD tidak di nyalakan hanya angels eyes nya saja yang menyala, jika semua lampu menyala aki akan drop pada putaran rendah.
Pertanyaan, kenapa setelah menggunakan Capacitor Bank Super Power Type Uncle Zak
- Tidak mengalami peningkatan pada mesin putaran rendah.
- Pada mesin putaran tinggi justru menurun drastis.
Terimakasih atas petunjuknya.
bro rizky ane mo nyontek aja dah urut2an kabelnya soalnya ane bingung nih hahah btw ente dimana alamatnya ?
kebetulan motor ane rx king jg
om zack nanya lg nih klo pasang boster model fullwave tanpa swicth tambahan bisa gak ? klo bisa apa tinggal sambung aja jalur yg dr spul ke kiprok ?
om cara pasang boster fullwave itu pakai dioda ga ? trs tanda kotak di sisi kiri kanan kiprok itu tanda apa ? jg kabel yg di relay yg dr spul msk d no brp ? biasanya kan relay ada nmr2nya ? maaf ya om banyak nanya hehehe
Motor sy pake ninja 150rr fullwafe
Pake elco rayden ce62w-m 47.000MFD 80V -40+105C
Yg jadi pertanyaan apakah boleh hanya pake satu elco
Dan bukannya kalo arus listrik yg menuju ke elco harus dc...dan apakah perlu diode dl untuk menyearahkan
Karna menginat tutor om zack itu kabel biru elco positif langsung konek ke spull
Uncle saya ada masalah kelistrikan sudah 5 tahun masalah pengisian saya pasang hid 2 lampu makin parah ngeropnya, n kalo digas malah ngedrop,bukannya ngisi
pasang dua buah HID butuh arus listrik 7 amper constan, baik rpm rendah maupun tinggi, kemampuan power generator motor rata-rata RPM rendah 1 amper, rpm sedang 5 amper, rpm tinggi 7 s/d 8 amper, sebaiknya pakai yang wajar 1 buah HID saja.
Uncle zack minta alamatnya dong
N minta alamat lengkapnya n contact nya kalo ada WhatsApp n pin bb
alamat ane ada dijudul web paling atas
Om. . Motor saya vega new. .ud sya modif pake speaker 8 inci arusnya ngambil dr kbel putih yg ada di soket kiprok. .kendalanya aki cpet tekor n lmpu jdi redup. .klo sya tmbahin kapasitor apkh aki gk tekor. . Klo bisa tolong ksh tau cra psangny. .bles y om. .
kalau power speaker ambil langsung konek langsung ke kabel putih terjadi konsleting, makanya aki cepat tekor, jalur ini masih jalur ac belum dc
uncle zak, saya mau tanya kalau rx king dengan batrei shorai LFX14L2-BS12 14a/h
mau menggunakan lampu hid dengan 35watt apakah aki nya akan tekor atau tidak ...catatan lampu tersebut arus nya sepenuhnya menggunakan aki.. saya pemula mohon penjelasan nya.
kapasitor apa bisa menyimpan arus ac? bukannya hanya bisa melewati saja..
jd fungsi kapasitor ini apa ya? karena listrik yang keluar dari spul adalah arues ac.
kapasitor apa bisa menyimpan arus ac? bukannya hanya bisa melewati saja..
jd fungsi kapasitor ini apa ya? karena listrik yang keluar dari spul adalah arues ac.
Om, saya terapkan di honda win, arus half wave, kiprok supra, spul 12v, aki 3ampere, pakai hid, kalau sy pakai dobel kapasitor jd seri jdnya 20000uf efeknya apa ya om? Thx om...
om klo buat suzuki thunter 125 bisa ga om cos keluaran dari sepul 3 kabel semuanya warna hitam dan setelah saya cek pake apo meter semuanya setrum semua? gmn om mohon penjelasannya?
betul tiga kabel sepul adalah jalur ac, titik tengah antara dua buah capacitor yang dihubungkan seri adalah jalur ac, jadi kabel ac sepul bisa lewat jalur titik tengah tersebut untuk di transfer langsung ke aki.
uncle zak, saya mau buat kiprok untuk full wave. yang dibutuhkan kapasitor saja? atau menggunakan dioda juga? terimakasih
Uncle zak Ane pake smash 2005 udah fullwave, klu pakai 1 kapasitor bisa tidak..?? soalnya klu dua takut kegedean. trus rangkainya gimana Uncle? kan cuman ada kutub (+) ikut (+) akki dan (-) ikut (-) aki yang ikut spul yang positif apa yang negatif
jadi accu terisi arus ac gitu? kq bisa ya...??
om klo motor yamaha Byson ,,kabel warna kuningnya ga ada,,,om,,jdi d smabung k kabel warna apa om,,,trus hrus d putus y om ..minta no hp ja om,?
makasih uncle zak.ilmunya sangat membantu,saya sukses pasang booster di mtr spin.booster yg pake relay hid on booster on..apakah dioda panas akan aman awet dan tidak terbakar diodanya bila dipakai jarak jauh.?.mengingat dioda sangat panas..trimakasih.
uncle....trima kasih sblmnya atas ilmu yg ditularkan....ane mau tanya uncle, untuk motor megapro 2005, ane pke lampu H4 55/60 watt, aki 12 volt 5aH persis sama masbro dias-sporton diatas, yg mau ane tnyakan :
1. apkah rangkaian 3/1
+ booster bs membuat aki overcharge ato emg otomatis brhenmti ktika aki penuh?
2. apakah bnar hrga kpsitor / ELCO 10000uf / 100 volt hrga 45rb-50rb?? ukurannya kok guede bget (kyk kaleng minuman), apkah emg bgtu.... hehehe (Maklum newbie, g tau komponen elektronik)....thanks sblmnya uncle zak dan bro dias-sporton....
om mau tanya.
motor king.
saya menggunakan booster kiprok halfwave ketika mesin dan lampu utama nyala voltase bisa sampai 17volt.
namun seperti yang tidak terisi ke aki karena setalah 2 hari aki harus di cas lagi padahal keadaan aki belum 1bulan.
saya melakukan pengukuran dari kabel kontak dan juga mencoba langsung dari positif aki dan sama hasilnya bisa mencapai 17 volt ketika mesin nyala.
kira2 menurut Om Zak apa nya yah yang bermasalah.?
Trims.
saya menggunakan aki gs astra gtz 7s.
Uncle zak yang dermawan ilmu ane mau share aja, grandong (96) kiprok ori, sebelum fullwave ane coba terapin ilmunya uncle mulai tambah voltase 7/1 sampe modif pengisian 150% dan kelistrikan jumper kabel merah di kontak,spek aki (ganti 2 kali) osaka 7A dan nagoya 7A semuanya tekor pemakaian lampu dpn 35W,rem 10w,sein ki-ka dpn-blk 20w,lampu kota 10w,bel 1.5A dan lampu indikator iluminasi gag tau brp watt,pemakaian siang hari.....gag sampai 2 jam voltase udah turun....pas dirumah ukur tinggal 8V....trus saya lepas semuanya hasil ilmu uncle zak, cek kiprok udah koit iseng buka stator cabut solderan di tap ground sambung kabel kali ini pake kiprok 35A cuma 10 rebu.........test 2 jam dg 2 aki tsb ......jreng aki kembali sehat,kelistrikan no problem voltase idle non beban 14v,beban 13,5v.....skg lg gulung ulang pengisian spec atco australi 1.2mm coba 60 gulungan per pole krn orinya bervariasi tiap pole antara 46-50........ntar update lagi
Salam om zak.. Pada sistem full wave & half wave mengapa ujung kabel kabelnya ada 3? Apakah tidak bisa dilangsungkan ke kutub baterai saja? atau apa nilai plus dan minus, jika langsung dan tidak? Saya kurang paham Om, mohon pencerahannya. Tx b4...
Salam om zak.. Pada sistem full wave & half wave mengapa ujung kabel kabelnya ada 3? Apakah tidak bisa dilangsungkan ke kutub baterai saja? atau apa nilai plus dan minus, jika langsung dan tidak? Saya kurang paham Om, Tx b4...
uncle zak, saya sudah rakit capasitornya, kalo pada supra fit, jalur negatif dari capasitor elconya dihubungkan ke kabel warna apa pada kabel spull (stator)???
Paman :-p ....pada sistem halfwave apa bisa dibuat Booster otomatis HID On juga?! kalo bisa boleh ngerepotin bikinin skemanya juga dong. hehe..
bang zack kalau misalnya saya mau pake kapasitor audio mobil yang 3 farad gimana tuh ? kebetulan saya punya kapasitor audio mobil 3 farad.
Uncle..dari atas saya perhatikan ada tulis "konek kabel ke titik tengah kapasitor" maksudnya titik tengah tuh pada sistem kelistrikan halfwave yg ada tanda (-) negatif atau (+) positif nya di elco nya bukan?! Tq sebelumnya uncle!!
Om zack saya punya bajaj pulsar 135 LS dan sistemnya sudah fullwave ,, kabel yg keluar dari spul ada 4 buah, 2 input dan 2 lagi + dan - nya .. lalu saya coba untuk memasang sesuai gambar diatas yg fullwave ..
tapi ternyata pengisian ke aki malah berkurang dan lampu redup lama" mati ..
kalau elconya saya pasang seri saja bagai mana, pasang seri pada tiap" kabel input ?
karena menurut saya kalau di paralel arus akan terbagi dan kiprok tidak akan bekerja seperti biasa ..
lalu apakah perlu dari elco saya sambungkan ke kabel + dan - nya kiprok ..
trims ya om atas penilitian ilmiah ini .. :)
Om zack itu yg fullwave elconya dipasang seri yah .. + elco ketemu - elco .. bukannya kapasitasnya akan terbagi jadi 2 .. 10rb jadi 5rb tapi voltasenya naik 2x nya ..
Apa pernah dicoba pasang elconya paralel .. seperti apa outputnya ..
trims ..
ganti pakai lampu LED yang HPL aja mas .. dijamin terang aki tidak akan tekor karena konsumsi untuk lampu LED sangat sedikit
saya liat model pasang elco nya diseri tp ditengah2 sambung ke kabel dr stator,,
model pasang kaya gini,,voltase yang naik apa amper yg naik om??
kl ga salah,rangkaian seri = voltase yg naik,,rangkaian paralel = arus nya bertambah (amper)
CMIIW
om zak mau tanya motor saya pulsar 135 LS booster ini sama ga dengan HCU di motor pulsar 135 LS, soalnya HCU dimotor saya rusak akhirnya soket saya jumper supaya lampu nyala, tp setelah di jumper aki sering kali ketor
yang jd pertanyaan saya apabila saya saya harus pakai rangkaian yang mana?
ass.
bang zak saya sudah coba, hasil nya mantap lampu terang. tapi yang buat saya bingung kenapa kalo pake aki lampu terang banget sedangkang aki di pasang lampu malah standard aja nyalanya(tidak ada perubahan). motor saya vega 2003 kelistrikan sudah fullwave ,kiprok sudah pakai punya tiger.
mohon bantuannya bang zak..
terimakasih...
Kalau untuk mega pro kan pakai yang 2 kapasitor ,apa masih pakai dioda uncle Zack thanks
Om zak blh minta pin yaa or no HP..
Ane juga kena masalah yang sama, motor ane kalo buat ngebut malah tekor akinya, motor ane pake 25 watt x 2, ane mau coba dong gan, bisa kirim ke email saya gambar rangkaiannya, email ane the69prototype@hotmail.com
Makasih gan, ane butuh pencerahan gan
saran, klo untuk klakson dipasang relay aja, supaya suara klakson maksimal..
Klo saya pakai elco 10000 mf 50 v.,
Kaki Plus-min nya langsung disambung ke plus-min aki.,
Itu bisa work gk n' apa masih aman
Klo saya pakai elco 10000 mf 50 v.,
Kaki Plus-min nya langsung disambung ke plus-min aki.,
Itu bisa work gk n' apa masih aman
Slamat siang Om ZAK...!! saya lagi uji coba buatan om ZAK nih yg stabilizator 1ELCO + 2dioda 6A. saya punya ELCO 470000uF/80V. dengan aki 5A. di motor NVL. saya udah rakit semuanya min(-) saya konekin ke kabel putih STATOR/SPOOL. Plus(+) saya raki dgn 2dioda 6A seri. min(-) dioda konek ke min(-) AKI, Plus(+) dioda konek ke plus(+) aki, dan hasilnya knapa di antara kaki ELCO(+) dan dioda kalo di gas makin panas om, itu knapa ya om..?? klo om ZAK berkenan saya minta pin BBM/ no TLPnya om. trimakasih sebelum & sesudahnya.
arus ideal untuk pengisian aki berapa yah, kalau dari pabriknya 0.9 A, terus kita naikkan menjadi 2.4 A. efek terhadap aki kira-kira apa?pendapat saya. arus 0.9 A sudah diperhitungkan oleh para ir pembuat motor supaya aki menjadi awet.mohon maaf jika saya salah. nuhun.
Kalo pake dio da 1/3 untuk motor yg udh full wive bagus gk om zack... Mohon solusinya
ku pasang digrand yang satu elko kok digas besar malah ngedrop pengisiane...apa yang salh...tolong dikonfirm 085655992763...trimakasih uncle zak
uncle zak. anr mau nanya
klo buat cs1 bohlam : 2×25 watt (bawaan pabrik)bisa pake kapasitor halfwave berarti kabel positif dan negatif aki tinggal tancap ya uncle bareng sama bawaan pabrik dan kabel strator di kupas dikit dan di paralelkan sama kabel kapasitornya yah uncle...
mohon pencerahannya....
uncle zak. anr mau nanya
klo buat cs1 bohlam : 2×25 watt (bawaan pabrik)bisa pake kapasitor halfwave berarti kabel positif dan negatif aki tinggal tancap ya uncle bareng sama bawaan pabrik dan kabel strator di kupas dikit dan di paralelkan sama kabel kapasitornya yah uncle...
mohon pencerahannya....
omzak, mau tanya nih, ane kan masang speaker bikin suara mesin seperti moge, tapi suara yg dihasilkan terlalu kecil. kalo lampu depan dimatikan bunyinya agak keras. nah kalo pake skema ini apa bisa menghasilkan bunyi yang keras juga ketika lampu dinyalakan? mohon pencerahannya om..terima kasih.
Permisi uncle
Mw tanya ini kan kemarin saya pasang rangkaian diode yg 1/1 agar batrai tetap full dan sekarang saya pasang hid saya mw rangkai kapasistor mode half were, pertanyaan saya klau saya pasang rangkain kapasistor half were yg rangkaian 1/1 diode itu d standartkn kmbali atau langsung aj pasang kapasistor halfwerenya
Untuk satria fu
Mohon bantuan yaa uncle
Uncle, saya mau tanya kalo saya punya motor karisma, dan belum rubah arus ke full Dc, apakah akan ada efek samping jika saya gunakan booster tersebut. Dan rincian pengerjaan pembuatan booster half wave mohon di perinci lagi ya uncle
Uncle, saya mau tanya kalo saya punya motor karisma, dan belum rubah arus ke full Dc, apakah akan ada efek samping jika saya gunakan booster tersebut. Dan rincian pengerjaan pembuatan booster half wave mohon di perinci lagi ya uncle
Mau nanya nih om zack...
Motor ane tiger, aki masih standart... trus ane make bohlam h4 55/60 watt...
Cara buat booster akinya gmn yah om...?
Kalau di liat dr contoh gambar yg om buat kayanya elconya d seri... nah secara elektronika kalau elco d seri nilai faradnya tdk akan bertambah.. cuma nilai voltnya saja yg bertambah..
Sperti gambar yg om buat 10.000uf 100v sbanyak 2 biji.... jd perhitungannya nilai mikro ttp 10.000uf dan nilai voltnya naik 200v... gitu yg ane tw om zack..
Tp beda sama yg d pararel.. 10.000uf 100v 2 biji ktika d pararel jd 20.000uf 100v... nilai mikronya yg naik nilai voltnya ttp...
Mau nanya nih om zack...
Motor ane tiger, aki masih standart... trus ane make bohlam h4 55/60 watt...
Cara buat booster akinya gmn yah om...?
Kalau di liat dr contoh gambar yg om buat kayanya elconya d seri... nah secara elektronika kalau elco d seri nilai faradnya tdk akan bertambah.. cuma nilai voltnya saja yg bertambah..
Sperti gambar yg om buat 10.000uf 100v sbanyak 2 biji.... jd perhitungannya nilai mikro ttp 10.000uf dan nilai voltnya naik 200v... gitu yg ane tw om zack..
Tp beda sama yg d pararel.. 10.000uf 100v 2 biji ktika d pararel jd 20.000uf 100v... nilai mikronya yg naik nilai voltnya ttp...
om ... apa ga meledak capasitor dan - di gabung .. ane jd mikir mo masang ..ane tau masang ke balik di aki itu aja meledak untung yg kecil gmn klo yg gede kaya gitu ..minta saran nya ..
slmt siang om Uncle, sy punya motor supra 125 th 2009, apa cocok dipakai rangkaian di atas yah, saya bingung cara merangkai capacitor untuk membuat booster, dan cara pemasangannya di motor soalnya artikelnya tidak terperinci, Mohon bantuannya Om, saya sering bepergian malam dan jauh untuk kerja. tks atas bantuannya.
Om klo buat mio bagaimana...
Uncle zack muncul dulu donk uncle...
Mw nanya perbandingan pengisian aki pake booster dan yg pake dioda 1/1, 2/1, 5/1 dll...
Dr kedua metode yg saya sebutkan mana yang lebih baik dalam pengisian akinya uncle....
Tolong d jawab uncle
Om, motor saya suzuki smash 2004 halfwave dengan accu 12v 6A dan aksesoris halogen 50 watt, led cree 25 watt, toa 100watt, klakson keong hella, dan strobo led. Saya sdh beli elco rayden 100v 10000uF, selanjutnya saya harus beli apa dan pemasangannya bagai mana?
Uncle zack, sy mau tanya klau sketsa yg full wave memakai kapasitor 2buah klau seandainya pakai 1 kapasitor dengan nilai 33000micro 100volt... Sketsa gmn uncle zack... Mohon balasannya......
Apa kabar paman zak?
Saya mau tanya nih paman yg semoga dijawab oleh paman atau yg lainnya yg emang paham atau sudah menerapkannya.
Pertanyaanya nya adalah;
1. Bisa nggak di 1 unit motor tiger revo standart menggunakan 2 system yaitu hyper booster dan capbank???
2. Benar tidak kalau hyper booster bisa dikatakan sebagai kiprok yg ke 2 nah sedangkan capbank adalah aki yg ke 2???
Semoga ada jawaban dr paman zack atau dr para suhu yg paham n yg sudah pernah menerapkannya.
Atas waktunya membaca dan jawaban yg akan diberikan saya haturkan terimakasih banyak. Salam Blaaar blaaar.
Mau tanya om zack. Motor saya jg shogun 125. Kalo rangkainnya Saya udah paham. Pertanyaan saya di atas motor starter ada kayak lambang kayak saklar yg warnanya merah, Jadi kalau saklar merah ini harus di on kan dahulu baru rangkaian boster ini bisa bekerja ya?berarti Kalau saya nyalakan bosternya sirine dan proji lednya jd ikut nyala?
Terima kasih sebelumnya.
Mas, rangkaian gak salah tuh, sewaktu switch lamou dihidupkan relay bekerja dan memutus alternator ke kiprok, alternator jd langsung ke kapasitor
Mas, rangkaian gak salah tuh, sewaktu switch lamou dihidupkan relay bekerja dan memutus alternator ke kiprok, alternator jd langsung ke kapasitor
Ha-ha-ha
Mas, apa harus Capacitor Photo Flash
Klo capasitor yg biasa bisa gx?
Beda.a apa emang?
Maaf masih awam
Maaf, kalau di motor thunder 125 gimana uncle
Uncle saya blm jelas, guna relay dan sakelar untuk skema booster half wave itu apa?
Met pgi uncle zack..mohon bantuannya kalau mau pake di scorpio 2019 bisa gak..dan harus pake brapa.1 atau 2..soalnya accu di motor sya msih baru..tapi masalahnya mtr tidak ngecas accu..lampu pun tidak terang..apakah bisa pakai cara di atas mohon bantuannya..sukses selalu.
uncle mau naya.kalau elconya volnya besar tp ufnya kecil gmn?(470 uf 200 v)
uncle mau nanya.kalau capasitornya ufnya kecil tp volnya besar gmn?(470 uf 200 v)
hallo uncle...kalau motor bladenya sdh di modifikasi head lamp nya langsung nyala dr kunci kontak bgmn...itu namany apa fullwave atau halfwave
Posting Komentar