iklan google termasur

Senin, 28 Mei 2012

Masalah AC Mobil dan Solusinya

By : Zakir Skynet

Cara Kerja Ac Mobil

Langkah pertama untuk memahami cara kerja ac mobil atau ac rumah adalah anda harus memahami masalah hubungan  pressure and temperature dalam bahasa paman zak hubungan suhu dan tekanan, karena pada dasarnya cara kerja ac adalah simulasi hubungan antara suhu dan tekanan  bahan pendingin didalam pipa /selang  yang dihubungkan secara seri.antara satu alat dengan alat yang lainnya.

contoh yang paling mantap adalah hubungan suhu udara dengan tekanan atmospher  seperti contoh gambar dibawah ini :




sekarang sudah terbayang jika kita ada di puncak mount everest diatas ketinggian  8,8 km diatas permukaan laut. suhu dapat mencapai minus 40 derajat celcius tekanan udara rendah. alias kurang oksigen dibandingkan dengan kota tangerang suhu dapat mencapai 35 derajat celcius  tapi anda dapat bernapas lega udara dapat dihirup secara gratis.

contoh hubungan antara suhu dan tekanan yang juga mantap seperti dibawah ini



akhirnya oleh para ahli fisika, kimia dan ahli mekanik  diciptakan  sebuah alat mesin pendingin dan bahan pendingin /Refrigerant  seperti R-12, R-22  R-134a dll yang memanfaatkan perubahan suhu dan tekanan bahan pendingin tersebut untuk kepentingan umat manusia. zat-zat bahan pendingin tersebut harus aman, tidak berbau, tidak meledak, tidak beracun.

Hubungan suhu dan tekanan 
R134 & R12 yang biasa dipakai di mobil





Cara kerja ac mobil

Dalam diagram  dibawah ini dapat saya uraikan sebagai berikut :

  • ketika anda menekan tombol ac di dasbor mobil anda dalam keadaan mesin mobil hidup, maka arus listrik positip langsung meluncur ke kopling kompresor / magnetic clutch karena ada arus listrik maka kopling kompresor berubah menjadi magnet dan menekan kompresor dan ahirnya kompresor bergerak, katup hisap mengisap pada jalur pipa area biru seperti pada gambar




Magnetic clutch




  • hasil hisapan piston  kompresor bahan pendingin kemudian ditekan, bahan pendingin  merubah suhunya menjadi panas akibat tekanan piston,  kemudian bahan pendingin/freon masuk ke condensor untuk didinginkan   agar merubah wujud dari vapor/gas menjadi cairan
  • selanjutnya gas sudah merubah wujud menjadi cairan masuk ke dryer/saringan agar jangan sampai ada kotoran/gram,  karena gas cairan bahan pendingin akan masuk ke area yang sangat kecil/sempit yaitu keran ekspansi.
  • selanjutnya cairan bahan pendingin  masuk keran ekspansi untuk masuk ke area evaporator  karena lubungnya teramat kecil, sementara kompresor terus mengisap area evaporator / area warna biru tekanannya menjadi rendah
  • ketika sebagian kecil  bahan pendingin dapat menerobos lubang keran ekspansi maka tekan area biru bahan pendingin  berkisar 25 s/d 35 PSi inilah yang didesain oleh para ahli pembuat ac. kita lihat tabel tekanan R134a 25-35 psi adalah 29 s/d 40  derajat F dingin,  sedangkan tekanan area merah 135 s/d 155 psi suhunya 105 s/d 115 F hangat.
  • akibatnya evaporator menjadi dingin akibat dari bahan pendingin menguap pada tekanan 25-35 psi, sesuai dengan desain.
  • selanjutnya blower meniupkan  angin melewati evaporator yang sudah dingin, akibatnya  udara yang keluar didasbor menjadi dingin sesuai dengan yang diharapkan.







Tip membeli kompresor bekas ex singapura : tekan katup buang/tekan  oleh ibu jari tangan kiri anda, sementara tangan kanan anda memutar magnetic clutch 3-5 kali putaran, kemudian rasakan apakah ada tekanan angin pada ibu jari tangan  anda jika ada pertanda kompresor masih bagus. jika tesnya melalui katup hisap, 3-5 kali putaran tangan anda merasa tersedot pertanda kompresor masih sangt bagus.

Bentuk Condenser
condensor berfungsi untuk merubah freon dalam wujud gas dirubah menjadi bentuk cairan, condensor umumnya terbuat dari pipa bahan almunium atau tembaga jika ditarik lurus pipa kondensor panjangnya dapat mencapai 12-14 meter.







drier berfungsi untuk menyaring kotoran agar bahan pendingin bersih dari kotoran-kotoran gram pertikel besi ataupun yang lainnya dan juga berfungsi untuk melihat apakah freon sudah menjadi cairan dan juga berfungsi untuk melihat apakah freon sudah full ketika freon diisikan kedalam sistem , ciri tes drier masih bagus atau buruk/jelek adalah cukup ditiup oleh tekanan mulut kita, jika tiupan terasa enteng maka drier masih cukup bagus untuk digunakan kembali.




expansion valve - keran ekspansi berfungsi untuk mengatur seberapa banyak freon yang masuk kedalam evaporator dan secara otomatis.




evaporator berfungsi  sebagai tempat menguapnya cairan bahan pendingin sesuai dengan yang didesain tekanan freon antara 25 - 35 psi lihat tabel suhunya 29-40 derajat fahrenheit


Blower dan evaporator dalam satu unit
blower berfungsi untuk meniupkan udara dingin yang dihasilkan oleh evaporator  ke ruang kabin kendaraan


Thermostat   


Fungsi thermostat adalah pengatur suhu  seberapa besar suhu yang diinginkan, umum ada dua konektor satu terhubung ke magnetic clutch kompresor  yang satu lagi terhubung ke tombol dasbor  ke jalur listrik  positip atau ke relay sesuai dengan desain mobil. cara kerjanya jika suhu di evaporator yang diinginkan sudah tercapai maka themostat akan memutuskan arus listrik, maka compressor berhenti istirahat. erputar. maka proses pendinginan terhenti. ketika suhu evaporator dinginnya mulai berkurang, maka arus listrik terhubung kembali. dan kompresor berputar kembali.





Termometer untuk mengukur suhu udara angin blower



Bahan Pendingin R-134a





Manifold gauge berfungsi untuk memasukan bahan pendingin, mengukur tekanan jalur pipa tekanan rendah dan jalur pipa tekanan tinggi, dan juga berfungsi untuk mendiagnosis masalah/causes ac mobil. harga satu set manifold gauge relatip murah 75 ribu s/d 150 ribu, saya saran kan belinya di toko alat alat ac rumah harga lebih murah.


Masalah Ac Mobil dan Solusinya

Masalah ac mobil kurang dingin

Berikut ini saya uraikan  cara mendiagnosis masalah ac mobil, jika ac mobil  anda dalam masalah. Melalui metode pengukuran tekanan sisi bagian rendah dan sisi bagian tinggi , maka dengan  mudah menditeksi penyebab masalah  ac mobil anda. 

cara diagnosis kerusakan ac mobil
sebaiknya mobil jangan dihidupkan dahulu.!


  • langkah pertama hubungkan selang gauge tekanan rendah pentil low pressure service value dan selang yang satu ke pentil high pressure service value pastikan gas freon tidak ada yang keluar dari pentil service. tekanan sisi rendah dan sisi tinggi relatip sama.
  • Langkah kedua hidupkan mobil kontak ac hidupkan dalam keadaan langsam. atau posisi mesin pada RPM 2000. lihat tekanan sisi rendah dan sisi tinggi amati. seberapa besar tekanannya
Standar Operasi Normal Ac mobil dingin mantap  low side 25-35 psi  High side 135-155 Psi

Sebagai panduan untuk menditeksi masalah ac mobil anda Tabel  dibawah ini bisa dijadikan panduan

Kemungkinan
alat yang
rusak
Ambient
Temperature
Skala ° F
Low side
Gauge
Psi
High side
gauge
Psi
Compressor
90
50
120
Condenser
95
55
300
Drier
100
5
305
Keran Ekspansi
95
2
170
Keran ekspansi
95
55
160
Thermostat
97
10
205
Thermostat
98
60
210


Masalah AC mobil Tidak Dingin 

Dalam kasus ini biasanya yang keluar dari blower hanya angin saja dinginnya sama sekali tidak ada,  maka  yang harus dilakukan ada beberapa langkah pengecekan :
  • periksa fan belt
  • cek magnetic clutch
  • cek sensor tekanan
  • periksa sekering ac
  • periksa relay ac
  •  periksa bahan pendingin

  • langkah pertama hidupkan mobil dan sistem ac dalam keadaan on,  periksa drive belt apakah berputar, jika berputar selanjutnya cek magnetic clutch apakah ikut berputar, jika tidak berputar dapat dipastikan magnet tidak menerima arus listrik
  • langkah 2 selanjutnya cek sensor tekanan 

coba hubungkan dua kutub sensor tekanan dengan menggunakan kabel pendek jika magnetic clutch berputar dapat dipastikan penyebab kerusakan adalah sensor tekanan dalam keadaan ac normal tanpa sensor dapat ac mobil dapat digunakan.
jika magnetic clutch tetap tidak berputar 
selajutnya test arus listrik, ambil tespen periksa 2 kutub sensor tekanan, jika tespen tidak menyala dapat dipastikan kerusakannya pada area relay atau sekering, lokasi sekering a/c atau relay biasanya ada dibawah dasbor.didekat area mesin biasanya kotak  sekering maupun relay tertulis A/C


jika semua sistem kelistrikan sudah ok namun ac tidak dingin :
ada dua kemungkinan penyebabnya
  • bahan pendingin habis coba cek pentil untuk memasukan bahan pendingin ,ditekan pakai paku atau obeng plus jika bahan pendingin masih ada, selanjutnya lakukan langkah
  • matikan mesin : tes magnetic clutch lepas soket hubungkan dengan kabel 1 meter kemudian langsung jumper ke terminal positip aki jika tidak terdengan bunyi : trek2 dapat dipastikan magnetnya rusak


Semoga info ini dapat membantu dan bermanfaat




2 komentar:

ari munanto mengatakan...

Mantab ilmu nya.. .thx ya

urntukulo mengatakan...

informasi yang bermanfaat sekali min, thanks sudah share...
http://cody.id/produk/blower/