iklan google termasur

Saturday, July 27, 2013

Cara Mudah Modifikasi Lampu Motor Semakin Terang Part 2

by : Zakir Skynet


Jurnal ilmiah kali ini masih terkait dengan modifikasi sistem kelistrikan lampu utama motor, lebih khusus lagi sebuah metode untuk menambah pencahayaan lampu utama motor sistem ac dengan cara menambah arus listrik dan voltase pada jalur kabel lampu utama, dimana maksimal  output voltage tetap terkontrol. Tujuan modifikasi ini agar sistem penerangan lampu yang menggunakan sistem ac mendapatkan cahaya lampu super maksimal dan jauh lebih terang dari model full DC.

Modifikasi model sistem seperti ini sangat mudah dilakukan, mungkin lebih sulit memasang tali sepatu anda, jadi siapapun yang membaca artikel ini pasti akan sanggup dan bisa melakukannya, jadi anda termasuk orang-orang yang beruntung membaca jurnal ilmiah ini, bagaimana trik ini dilakukan bisa dilihat pada gambar dibawah ini, cukup memindahkan input kabel lampu dari kabel kuning standar motor, dipindahkan ke jalur ke kabel jalur charging aki, maka cahaya lampu motor anda akan memantulkan sinar yang sangat dasyat jauh dari apa yang anda bayangkan.



Latar Belakang Inovasi

Lampu utama motor merupakan salah satu komponen yang sangat vital dalam berkendara, saat ini sudah  banyak beredar dipasar otomotif model-model lampu dengan sinar yang sangat mendukung dalam berkendara seperti lampu HID, namun kendalanya memakai lampu  model ini  aki motor seringkali mengalami ketekoran, dan pada akhirnya lampu HID pun bersinar kurang  sempurna.

Dalam rangka memenuhi keinginan para pemilik kendaraan motor,  dimana harapannya  lampu motor bersinar super terang, dengan tingkat efisiensi super ekonomis dan dengan modif yang super sederhana,  maka institut teknologi paman zak melakukan riset selama 2 bulan yang dibiayai dari dana APBD paman zak  ( anggaran pendapatan belanja dapur paman zak ), maka hasilnya sangat super maksimal, lampu  utama motor dapat bersinar terang pada rpm 1000 lampu sangat stabil, rpm sedang jauh lebih terang dari pada full dc, sedangkan pada rpm tinggi sangat super terang jauh dari apa yang anda bayangkan, dengan voltage tetap terkontrol pada batas toleransi kewajaran.



Langkah langkah Pasti Modifikasi Lampu Motor Semakin Terang

pada gambar dibawah ini terlahat diagram secara umum sitem kelistrikan dimana lampu utama motor konek ke jalur kabel tengah yang berwarna kuning, pada jalur kuning ini umumnya voltage  kiprok/regulator hanya pada area 10 s/d 12 volt, pada rpm tinggi, sedangkan pada rpm rendah 5 s/d 7 volt, jadi sangat wajar jika sistem standar sistem pencahayaan kurang memadai.

Sistem Kelistrikan Standar Motor

Modifikasi Lampu Motor Model Uncle Zak


Pada gambar dibawah ini terlihat modif model ini cukup memindahkan kabel lampu besar ke jalur kabel putih, maka lampu akan semakin terang pada rpm yang sama, dibandingkan dengan model standar, untuk modif model ini peralatan yang dibutuhkan :
  • Kabel dengan serabut tebal kurang lebih 1/2 - 1 meter
  • Isolator
  • Gunting
  • lampu motor 35 s/d 55 watt

Sistem Modif Kelistrikan model uncle zak


Lampu Osram 35 watt  4000 Kelvin Sinar Sangat Mantap

Lampu OSRAM 35 watt 4000 Kelvin super terang


kabel untuk modif


Langkah-Langkah Modifikasi


Ada dua cara mudah  untuk modifikasi lampu model seperti ini :


Cara 1:  masuk ke area dasbor switch lampu kabel kuning dipotong, sambung kabel baru , kabel yang satu diisolasi, selanjutnya  menuju area kiprok, cari kabel warna putih  kupas sedikit biar terlihat serabut tembaganya , selanjutnya sambungkan ujung kabel yang baru ke kabel putih kemudian diisolasi,
modif selesai !   seperti pada gambar dibawah ini :

masuk area switch lampu  mencari kabel kuning

didalam dasbor switch terlihat kabel lampu berwarna kuning


Kabel lampu utama motor warna kuning diputus

potongan kabel menuju switch konek ke kabel baru

ujung kabel tambahan konek ke kabel putih kiprok or stator, modif selesai,  isolasi dan rapikan kabel tambahan  masukan kedalam casing sayap motor  agar terlihat rapih


Cara 2 : bisa dilihat pada gambar dibawah ini :

menuju area stator keluarnya kabel putih dan kuning :

kabel kuning diputus kabel putih dikupas sedikit


kabel kuning menuju lampu konek ke kabel putih


kabel kuning yang satu konek ke kabel baru

kabel semua di isolasi kabel kuning dari stator dan kabel baru menuju kiprok

 Menuju Area Kiprok

kabel kuning diputus

kabel kuning dari stator konek ke kabel kiprok dan yang satu lagi diisolasi, modif selesai

Test output voltage jalur kabel putih 

Data Riset :
Tes output  voltage jalur kabel putih dilakukan dijalan Imam Bonjol Tangerang, rpm tinggi tanpa beban  gas digeber sampai habis lampu merah dilewati, voltage terbaca 18 volt, selanjutnya diberi beban lampu 35 watt, voltage menunjukan 16 volt, cahaya lampu menunjukan performa yang luar biasa, batu -batu nisan dari jarak 100 meter bisa terlihat. test berikutnya beban lampu diganti pakai 100 watt halogen lampu mobil, cahaya lampu menunjukan performa super terang   voltage menunjukan angka 13 volt.
akhir cerita riset, sampai artikel ini ditulis selama 1 bulan lampu masih bersinar terang belum putus, lampu motor  paman zak  pakai merk Osram 35 watt 4000 kelvin seperti pada gambar diatas.

voltage tanpa beban


pakai beban 100 watt RPM tinggi voltage  stabil pada area 13 volt mantap


pakai beban 35 watt RPM tinggi 16 volt, mantap !


  
Catatan Penting Hasil Riset Paman Zaks Model Part 2  :
  • sebelum modif lakukan pengukuran voltage kabel kiprok warna putih, jika motor digeber rpm tinggi pada area 18 s/d 24 volt maka modif dapat dilakukan
  • jika Voltage kabel putih mencapai lebih dari 24 volt sampai tak terhingga, sebaiknya kiprok diganti  pakai kiprok honda legenda, supra original dan non original merk fukuyama


Semoga jurnal ilmiah ini bermanfaat untuk seluruh rakyat Indonesia dan warga dunia

257 comments:

  1. Kl pengisian aki berkurang Ga om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. RPM 500 s/d RPM 1000 pengisian aki nol, 1001 dan seterusnya normal seperti biasa !

      Delete
    2. Selamat pagi bos..
      Kendala yang saya hadapi dengan trick ini adalah, kalau motor di gunakan muter-muter pelan (posisi jarum sepedometer pada angka 50) dengan keadaan lampu depan nyala, accu trs tekor bos.. Buat nyalain klakson aja udah ga kuat apalagi starter.
      Mohon solusinya..
      Terimakasih...

      Delete
    3. biar stabil kembali :aki mesti dicas kembali kalau pakai aki mf/kering mesti dtambah air zuur lagi, pakai saja cara model kiprok unlimited kurang lebih selama 1/2 -1 jam, semua lampu matikan dahulu.

      Delete
    4. setelah aki di cas penuh, selanjut trick mana yang harus saya pakai bos? Tetap pakai trick di atas apa mesti pakai trick lain bos? Kalau pakai trick di atas, takutnya aki tekor lagi kalau di pakai muter-muter pelan (lampu nyala).
      Terimakasih..

      Delete
    5. biar balance pakai lampu 35 watt seperti contoh diatas.

      Delete
    6. Siang uncle zak, mo tanya, motor saya suzuki Hayate lampu utama ingin saya rubah jadi DC, apakah diagram/gambar dari uncle sama di setiap motor baik warna yang akan di potong dan di sambung langsung, trims pencerahannya uncle...

      Delete
  2. itu gambar motornya pas posisi langsam om?
    Terang banget ya, ane pake cara 2 kok nyala gak terang ya pas langsam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk kenyamanan berkendara posisi gas rpm rendah gas sedikit dibesarkan biar nyala lampu stabil

      Delete
    2. bos,klo motor nouvo bisa pke cara diatas,,pa harus ganti kiprok dlu,,

      Delete
  3. kiproknya harus ori ya om? soalnya dimotorku kabel yg ke aki kok arusnya ac dc ya, apa emang bgitu? tungganganku kaze r 97, trus pin kiproknya sama gak ama mtor om yg dipake buat modif ini.
    makasih, mohon pencerahan .

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane test pakai kiprok fukuyama dan merk lain hasil output volatgenya nyaris sama, untuk motor kaje r 97 PIN kiprok sama dan warna kabelnya standar sama dengan motor lain, jadi dimodif sangat bisa !

      Delete
  4. Mantap Pak Zak saya test pakai bohlam h4 55 wat langsung putus.Selanjutnya mungkin perlu upgrade bohlam ke 100watt biar gakbputus.Saya juga mutus kabel masa yang ke kiprok soalnya saya pasang bel keong mobil(biar gak tekor pengisian akinya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau modif kabel lampu seperti ini, harus di standarkan kembali, kabel masa harus disambungkan kembali, jika tidak pasti lampunya akan putus, jadi sangat wajar jika lampunya putus, voltage unlimited, kalau pakai lampu 100 watt memang mantap, tapi ada resiko pengisian ke aki jadi kecil !

      Delete
    2. Oh begitu ya Pak, sekarang sudah saya upgrade ke 100watt dan mantap sekali.Kabel masa masih saya putus.Saya sih belum sempat cek voltase aki.Cuma aki sudah saya sambung paralel 4buah kapasitor 10.000uf.

      Delete
  5. uncle... kalo utk supra fit 2004 (lampu ganda). pake BOHLAM nya yg brapa watt ya? kan arusnya dibagi 2 lampu....
    mohon pecerahananya.
    makasih sebelumnya uncle..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pakai 2 lampu 25 watt sangat pas !

      Delete
  6. Kl sy pake modif 2/1 jalur negatif,trus mau pake modif ini ngaruh Ga uncle?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah modif diode 2/1, terus modif seperti model diatas, tidak masalah !

      Delete
  7. Trimksh Uncle trobosan trbrunya...kykny mantabs !
    Tp ap gk ada efek,pd kbl lmpu(du2kan bohlam) meleleh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang sangat mantap, efek panas pakai 35 watt hanya 4000 kelvin, masih dibawah HID 6000 s/d 8000 kelvin

      Delete
  8. om kalo motor thunder 125 sama ga caranya..trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai thunder bisa konek langsung ke kabel kuning pakai tiga diode baru langsung konek ke lampu, pasti mantap !

      Delete
    2. pake cara yang mana om..cara 1 ato cara 2..makasih

      Delete
    3. secara prinsip pakai model part 2

      Delete
  9. om saya coba di spin gak bisa,bohlam putus saat gas dibuka,bohlam blakang ikut putus. Sebelumnya sy pake yg cara modif part 1/diode aman2,tp untuk part 2 ini gagal. Sy pastikan dah betul sambung kabel2nya sesuai cara 2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. riset ane lakukan pakai kiprok supra fit, legenda, dan fukuyama untuk honda legenda, maksimum voltage kabel jalur putih 18 volt, untuk spin enak diukur terlebih dahulu, jika voltage sampai 30 volt lebih pas pakai modif part 1, output jalur kuning bisa sampai 15 volt

      Delete
  10. BRAVOO,,,uncle ZAK,,,, indonesia bangga punya uncle zak,,,,,,
    kalo bisa bapak beri penyuluhan juga sama para anggota DPR tentang modifikasi ini
    biar mereka gak modifikasi uang rakyat melulu,,hehehehehe


    SALAM ;
    MR KUNCIER

    ReplyDelete
  11. kalau untuk honda vario apa bisa pakai cara modif part 1, dioda pakai yg brp ampere uncle zak..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk motor vario modif part 1 sangat bisa !

      Delete
  12. Manta.. uncccle zak.. ane pasang di motor supra fit jumbo makknyus terangnya.. tp gitu ane pasang 2 buah lampu senja, nyalanya kurang terang.
    Tolong pencerahannya uncle...

    ReplyDelete
    Replies
    1. lampu senja coba ganti pakai watt yang paling kecil, biar powernya semua untuk lampu besar.

      Delete
  13. selamat malam uncle, jumpa lagi nich...
    Trick ini sudah saya aplikasikan pada motor jupiter z, dengan 2 buah bolam standart 12v/25w hasilnya ok... Terus sekarang bolamnya saya ganti 12v/18w 2X, hasilnya lebih terang...
    Masalahnya, kira-kira bolamnya awet ga ya uncle? Menurut uncle, sebaiknya saya gunakan bolam standart 12v/25w atau 12v/18w?
    Seandainya saya gunakan bolam 12v/35w 2X, kira-kira kuat ga? Dulu pernah saya coba pakai 12v/35w tp tanpa trick (standart) hasilnya tiap motor di gas, tegangan langsung drop (lampu jadi redup).

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai lampu 12/18watt x 2 = 36 watt, sama dengan contoh motor ane pakai 35 watt pakai lampu satu buah, hasil memang optimal, kalau pakai 2 lampu 35 watt = 70 watt ane belum coba, saran ane dicoba pakai lampu 35 watt 2 buah kalau masih punya stok lampunya.
      hasilnya tolong di share disini.

      Delete
    2. Kemaren udah tak coba pakai lampu 12v/35w = 2, tapi hasilnya tetep drop bos. Sekarang saya pasang lampu tako hologen super bright 5000 kelvin. Tapi kalau lihat komentar teman-teman di atas yang bisa upgrade sampai 100w, kenapa motorku ga bisa? Apa mungkin kemampuan statornya emang beda atau spul stator motorku yang udah lemah? Mohon masukan ente bos...
      Terimakasih...

      Delete
    3. sepertinya ada pembatas arus/resistor, paling mantap coba tes kabel putih kiprok jumper langsung ke kabel lampu, swit lampu dimatikan dahulu. cukup sediakan kabel kurang lebih 1,5 meter.

      Delete
    4. Itu juga saya jumper langsung dari kiprok bos, cuma tetap lewat swit. Coba entar kalau ada waktu biar tak coba jumper langsung ke lampu tanpa melewati swit.
      Makasih banyak infonya bos....

      Delete
  14. kalo di aplikasikan untuk spin bisa mantap ga om??

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara prinsip kelistrikan motor spin nyaris sama dengan honda, paling pas diukur dahulu voltage jalur kabel putih, jika digas rpm tinggi pada area 18 s/d 24 volt ac stabil, bisa pakai model seperti ini, mantap !

      Delete
  15. klo utk cb 100 bagaimana uncle....mohon petuahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kiprok cb 100 12 volt, sama dengan kiprok supra, legenda, grand, sangat bisa pakai modif model part 2

      Delete
  16. bagai mana klu motor new jupiter MX bisa gk bos

    ReplyDelete
    Replies
    1. sistem kelistrikan motor varian bebek nyaris sama, jadi buat jupiter MX bisa modif seperti ini

      Delete
  17. halo om zack gmn kalo buat suxuki smash 2004, tolong pencerahan nya om....
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kiprok smash dan honda bisa pakai yang beda cuma posisi pin saja, jadi suzuki smash modfi seperti diatas bisa !

      Delete
  18. Om kalo buat rx king pake yang mana yah om ..?
    trimakasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. modif model part 2 terangnya lebih mantap !

      Delete
  19. Om saya dah coba yg menggunakan 3 dioda di motor shogun 125 terangnya mantap, buat mudik semaleman gak ada masalah lalu saya coba yg part 2 ini terangnya jauh lebih mantaaap....
    Yang jadi pertanyaan rangkaian diodanya perlu diambil gak om, soalnya masih terpasang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fungsi modif diode 3/3 hanya untuk menaikan limit voltage, selama motor pakai modif part 2 lampu aman dan terkendali, dan semakin mantap, tidak dicopot tidak masalah. ini jadi artikel baru part 3 !

      Delete
  20. om tu antara cara 1 sama 2 untuk di aplikasikan di mtr supra 125 lebih terang yg mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. part 2 lebih terang, sebaiknya sebelum modif part2 dites terlebih jalur kabel putih voltagenya jika stabil diarea 15 s/d 20 volt modif model ini bisa pakai.

      Delete
  21. uncle zak kalo deterapkan pada jupiter burhan yang memakai bohlam 2x25 mantab yg pakek metode part 1 atau part 2?????trimakasih sebelum nya

    ReplyDelete
  22. Uϑäƕ Ane coba gan...hasilnya mantap..tanpa lampu voltase sampe 22 volt kl pake lampu voltase 15 volt...

    ReplyDelete
  23. uncle kalo mau modif lampu scorpio lama 'reflektor std' lampu 35/35w agar lebih terang bagusnya pake cara yg mana? Diode yg dikabel kuning sblm kiprok ,apa salahsatu dr ke 2 cara diatas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane pernah ukur jalur kabel lampu scorpio voltagenya pada area 9-10 volt. lebih efisien, pakai model part 2, semakin mantap !

      Delete
    2. om Zak..kalo scorpio udh ganti lampu H4 harus pake cara yang mana ?

      Delete
  24. gan lw motor ane supra x 125 pke lampu 2x 18 watt kira putus gk lw pke cara ini n lw kabelnya di cabang buat ke klakson jg kira2 aman gk gan,biar kenceng klaksonya cz ane pke hella disk ,(lw klakson di test pke aki mobil suaranya kenceng nah pas di motor kurang kenceng suaranya gan),kira2 lw di cabang gt buat klakson aman gk gan ,tks sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pakai lampu model part 2 bisa pakai, kalau pakai klakson mesti pakai diode terlebih dahulu biar jadi arus dc !

      Delete
  25. cara 1 dan 2 kok sepertiya sama om....ko bisa beda

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara 1 adalah trik untuk menambah limit seberapa besar voltage jika ingin naik 2 volt maka haruspasang diode 2/2, cara dua adalah memanfaatkan jalur kabel putih yang sudah diregulasi kiprok asli sebesar maksimal 18 volt, part 2 lebih terang karena voltagenya sudah lebih besar.

      Delete
  26. Makasih banget ilmunya,sy dah aplikasikan di motor supra x 125 pakai cara 1,hasilnya wookeee bngt.sy pakai 2 lampu philip 35w

    ReplyDelete
    Replies
    1. gw pke lampu philp 1 bolham 35w supra x 125, lampu putus kalau di gas apa hrus pake 2 lampu ?

      Delete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. uncle, saya udah pake rangkaian 1/4 untuk pengisian aki dan hasilnya mantaap. Yg mau sy tanyakan, bth brp dioda agar lampu dpn tmbh terang lagi? Dan amankah jika memakai 2 rangkaian sekaligus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasang modif jalur lampu 3/3 dan jalur kabel negatip 1/4 sekaligus sangat bisa dan aman

      Delete
  29. saya pake rangkaian 5/1 kabel negatif,,,trus pake trik 2,,,bohlam lampu besar lsg putus tp aunt bohlam lampu senja tdk putus,,aplikasi genius ini ane aplikasikan di motor honda spacy matic boz,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau pakai trik 2, lebih aman modif 5/1 dicopot atau diganti modif 1/1 atau 1/2. biar voltage kabel putih stabill di area 20 volt.kena beban lampu turun ke area 15 volt

      Delete
    2. ane copot modif 5/1,,,trus dganti sama modif 1/2,,,modif 1/2 itu maksudnya modif 2/1 kabel negatif ya om zak,,,

      Delete
  30. ane pake bohlam osram 32 watt 4000 kelvin,,,utk bisa lampu tambah terang gimana ya om zak,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai osram 35 watt 4000 kelvin semakin mantap dan aman voltage kabel putih turun ke 15 volt

      Delete
  31. mas sya pake lampu 18w ko langsung putus apa harus yang 35w

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai lampu 35 watt wajib , agar voltage kabel putih turun stabil ke 15 volt

      Delete
    2. sya pke cara 1 motor HSX 125 1 Lampu Tapiko pke lampu philip yang 35 w ko putus juga apa hrus pke 2 lampu yang 35 w 2x ?

      Delete
    3. kalau lampu selalu putus, sepertinya ada yang salah waktu modif, kemungkinan kabel kuning atau kabel putih tidak terhubung ke kiprok, akhirnya jadi unlimited dampaknya voltage tidak terkendali. lampu akhirnya putus.

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
    5. pas digas itu depan belakang mati lampunya

      Delete
  32. om motor saya mx 2006, saya coba modif part 2,lamp dpn 35 watt, tapi waktu motornya digas....lamp dpn dan blkng langsung putus. pertanyaan saya:
    1. apa watt lamp dpn harus pakai yg lebih bsr?
    2. apa sebaiknya saya ganti modif pakai part 1...brp rangkaian diode yg saya harus pakai?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba periksa lagi modif kabelnya : prinsipnya kabel kuning dan kabel putih kiprok tetap terhubung ke kiprok./ posisi kabel kiprok tetap tidak dirubah, hanya kabel lampu dipindahkan ke jalur kabel putih.

      Delete
  33. om motor ane nouvo z th 2005..kira2 bisa ga pke cara yg part 2..

    ReplyDelete
  34. Om zak saya barusan pake part 1 pake dioda 3/3 di scorpio saya.. Bohlam saya H4/35watt, Tapi pengaruhnya sdikit sekali, akirnya saya coba part 2 tetapi rangkaian part 1 dioda masih terpasang, hasilnya betul2 mantap om terang, tapi skitar RPM 6000 putus, apa sambung kabelnya ada yg salah..? kabel kuning dari switch saya sambung ke putih, lalu potongan kabel kuning yg satunya hanya saya solasi, tidak saya sambung ke kabel manapun, itu benar atau salah om.. Mohon pencerahannya, trima kasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. modifnya sudah betul, diode 3/3 sebaiknya dicabut, karena akan menaikan voltage dijalur kabel putih, sebelum pasang 35 watt enaknya dites pakai lampu abal-abal Rp5000,-, kalau putus lagi kiproknya mesti diganti non original fukuyama Rp 30-25 ribu.dijamin mantap.!

      Delete
  35. untuk part2 kan ada 2 cara pilih salah satu apa keduanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pilih salah satu cara menurut ente paling mudah !

      Delete
  36. om zak, saya coba modif pakai part2. menggunakan cara 1 pakai lampu 35watt kok putus ya?sampai2 bohlam melembung! modif sudah sesuai petunjuk motor saya mio. mohon saranya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pilihannya dua : modif part 1 pasang diode 3/3 atau kalau modif part 2 kiproknya ganti pakai non original pakai fukuyama mantap !

      Delete
  37. Om mw nanya nich.
    Ane pake bohlam osram H4 35 watt.
    Yang ane pusing tuh sorot sinar low beamnya kok cenderung ke kiri ya.
    Napa kok g pas ke tengah.
    Tp high beamnya bisa pas tengah.
    Tu mslh ad di bohlam ap reflektor ya.
    Maksih om.

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling mantap coba ditest pakai lampu lain, coba saja pakai Rp5000/buah

      Delete
  38. om cara ini bisa diaplikasiin di motor yg kelistrikannya dc ga? thanks om..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa saja, dengan catatan lampu ikut putaran mesin, dan mesti beli kiprok ac dc baru

      Delete
    2. sory om kiprok ac dc itu kaya gmn ya? motor sy yamaha scorpio tp kelistrikan dah di rubah dan kiprok di ganti pake punya tiger.. mohon pencerahannya om.. trimakasih..

      Delete
    3. contoh kiprok ac dc adalah bawaan motor asli scorpio, sebelum ente rubah pakai kiprok tiger.

      Delete
  39. uncle zak. sesuai saranya kemarin kiprok original sudah diganti kiprok fukuyama tetapi lampu masih saja tetap putus. lampu 35watt! mohon solusinya!!!! APA harus ganti lampu wattnya yang lebih besar? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul pakai watt lebih besar, voltage kabel bisa drop ke 13 volt, seperti contoh diatas ane pakai lampu 100 watt.

      Delete
  40. gan, model boster capasitor bank jg bagus lamgsung buat lampu dpn, malah ga gmpg putus,sy udh coba ki ra2 2 bulanan, tp dampaknya pengisian aki ga kebagian, di rpm tinggi maupun rendah.

    ReplyDelete
  41. Salam kenal uncle... Postingan nya sangat membantu dan bermanpaat bagt.saya sudah coba trik diatas pada motor teman supra fit pakai 2 lampu 18w hasil nya super kerèn duren... Trimakasih uncle.

    ReplyDelete
  42. salam uncle untuk xeon ane......
    kira kira cocok untk part 1/2
    bohlamnya 25w 2ea 12 v

    mohon penjelasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. prinsipnya semua motor pakai kiprok ac dc bisa modif seperti diatas, yg penting ukur dahulu voltage jalur kabel putih jika sesuai dengan catatan riset di artikel diatas kalimatnya paling bawah, modif bisa dilakukan.

      Delete
  43. Uncle zak, klo untuk ninja 150rr bs gga?

    ReplyDelete
  44. Uncle Zak.klo untuk motor GL Pro newtech bisa gk ya?terus pakek cara yg mana?apakah pakek part1 atau part2...mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. umumnya kiprok model lama voltage jalur kabel putih area 16 s/d 18 volt, jadi lebih idial pakai model part 2

      Delete
  45. salam kenal om zak,saya sdh cb ke spin dgn cara 1 dan lampu terang bgt,tp kok jd gk bs mati lampunya klo motor dihidupkn,trs lampu senja tidak hidup? apa ada yg slh dgn cara saya itu om,mohon bantuannya donk

    ReplyDelete
  46. Lam knal Bang Zak & sblmnya sy minta mf klo sy bnyk tnya,
    sy cb applikasikan Part 1 pake dioda 3/3 ke HSX 125 2011,dgn lmpu bawaan 18/18 x 2,tp malah redup,gmn itu bang?, tlg pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kiprok HSX 125 model berbeda dengan kiprok honda supra fit maupun dengan honda legenda, pasang diodenya dijalur kabel hijau, efeknya voltage lampu naik lampu semakin terang dan sensor voltage aki juga naik.

      Delete
    2. voltage aki naik gk mslh om wt si aki dan part lainnya? amannya HSX 125 pke 3/3 atau 2/2 j om?

      Delete
  47. mf bang Zak msih dgn motorku HSX 125 lampu 12v 18/18 x2,sy coba lg pake model part 2 cara 1 betul berhasil nyala terang buanget pd rpm rendah tp pd rpm tinggi bohlam langsung putus dua-duanya,
    baiknya pake bohlam brp watt yah yg pas & tahan putus.makasih & moon bantuannya.

    ReplyDelete
  48. kalo buat mio soul bisa gag Om...??
    mohon enjelasannya...????

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua motor basis kiprok ac dc bisa modif seperti diatas, coba baca artikel pada paragraf kalimat terakhir catatan riset

      Delete
  49. mf bang Jak HSX 125 sy modif part 2 udh oke pake bohlam 35w x2,coz pake 18w atau 25w putus,biar di tambah mantap klo tambah modif kabel ijo 1/1 atau 2/2 bisa ga yah atau gmana menurut Bang Jak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kalau mau naikan limit voltage bisa tambah modif diode 2/2 atau 3/3 dijalur kabel hijau/hitam

      Delete
  50. oke makasih Bang Jak ulasanya & sy kan coba

    ReplyDelete
  51. Halo uncle zack, motor sy karisma X 125, kEmarin ini sy ada pasang lampu depan jenis LED CREE tp sy gak tahu brp watt. Oleh bengkel dipasang lsg aki hanya rubah wiringnya aj. Yg mau sy tnykan
    1. Kalo mau modif spy lebih terang lg pk modif mana yg cocok ?
    2. Bgm mengetahui led cree brp watt maxinya, krn waktu beli gak ada tertulis di packingnya. Untuk mencegah lampu led putus

    ReplyDelete
    Replies
    1. led cree lebih terang, kabel hijau kiprok ditambah pakai diode : coba baca artikel, cara mudah modifikasi kiprok
      untuk mengetahui seberapa besar watt yg digunakan mesti diukur pakai amper meter, misalkan terbaca 1 amper x 12 volt maka wattnya 12 watt

      Delete
  52. Uncle...klo cara sampeyan diatas ditambah relay gimana? Bikin meleleh reflektor ga? Cara instalasinya bagaimana? Suwun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai relay hanya cocok untuk lampu yang konek langsung ke aki,
      pakai lampu 35 watt 4000 K, pakai lampu HID 8000 K.

      Delete
    2. Klo untuk new mx enak pake cara pertama atau kedua om?

      Delete
    3. pakai cara part 1 sudah pasti mantap, kalau mau pakai cara part 2 kabel putih mesti diukur dahulu maksimum voltagenya, lihat catatan riset pada paragraf terakhir

      Delete
  53. bang uncle zak saya mau nanya kn saya mau bikin kaya gtuh tapi arus semua dari aki gimana cara ngembalikan ke semula ya dan mau mencoba lampu lewat kabel kuning atau tidak perlu di kembalikan semula mohon pencerahannya bang uncle zak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau modif model part 2 motor ente sudah full DC berikut langkah-langkahnya :
      1. siapkan kabel baru kurang lebih 1 meter
      2. menuju area kiprok konek kabel baru ke jalur kabel kuning kiprok, selanjutnya ke area stator, kabel baru ujung yg satu lagi konek kekabel kuning area stator.
      3, copot kabel kuning yg konek ke aki, selanjutnya sambungkan ke kabel putih, modif selesai.

      Delete
  54. om, klo dibikin saklar gmn om? utk merubah lampu mau ikut ke kbel putih atau ke kbl kuning.. klo siang hari kan gk usah terlalu terang biar awet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ide bagus ! pakai saklar 3 kaki semakin mantap

      Delete
  55. kang klo karisma d 125 pake yg mana part 1 ato 2.. klo pake diode bagusnya yg 2/2 3/3 ato 4/4 makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. motor karisma statornya engga pakai center tap, diode mesti dipasang dikabel hijau/hitam, pasang saja 2/2 pakai diode 6 amper

      Delete
    2. kabel hijau dah tak pasang 2/2 kok masih sama... terangnya... g nambah. yg aku tau hijau kan kabel masa.. apa benar ya bos pasangnya di situ... apa mungkin pake diode 2/2 trus dilanjut part 2 ini kabel lampu konek kabel stator .... kira2 bisa g bos

      Delete
  56. Replies
    1. sangat bisa ! dan sudah pasti lebih terang

      Delete
  57. kabel kuning yg ke CT berarti langsung konek ke kbl putih ya om?
    kbl kuning yg ke kiprok di putus ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabel ct dari stator dan kiprok diputus, kemudian disambung lagi pakai kabel baru, selanjutnya kabel kuning yg dimotor konek ke kabel putih. modif selesai !

      Delete
  58. Asli om zakkk...top mar kotop dah...100 jempol buat om zakk..
    Ane dah coba dmotor ane shogun sp125. Alhasil..pas d skitar rmah mati lampu ,ane sorotin kteman3 ane yg pda nongkrong,pda buta smuanya( silau men) hahahahaha.....
    ane pake cara ini d tambah deode 3/3 ...mantabbb om zakk...
    Tpi lampu mulai menghitam om zakk..kita2 kuat lma gak om lampunya om..pa deode pake 2/2 om zak..
    Thanks master om zakk..

    ReplyDelete
  59. Dear Uncle Zak
    Tks atas ulasan ilmiahnya...masuk akal dan ga ribet....maaf ane mau nanya..ulasan di atas atas modifnya itu bisa di lakukan dengan Motor Vario Injection PGM-FI thn.2013 ? tks alot ya.

    ReplyDelete
  60. emg mantab....q pake bholam h4 mrk phlips 100w pke prt 2 n modif kbel putih 1/1 kbel kunig 3/ kbel masa taptus hasilnya matab bget..tapi ada efeknya gak om zak?

    ReplyDelete
  61. Dear uncle zak,
    numpang tanya ya:
    1. Kalo modif cara 1 diatas bisa dipakai pd mtr supra x 125 helm in injeksi tidak ya? Lampu standard 2 x 25w. Putus ga ya lampunya. Apa perlu tambah jd yg 35w biar tambah terang?
    2. Aki mtr standardnya 12v 3ampere. Klo saya ganti sm yg 5ampere ad pengaruh ga ya?
    Maaf msh newbie.
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai lampu 35 watt semakin mantap dan powerful

      Delete
  62. uncle tolong dibuat video tutorialnya dong yang cara 1 biar makin jelas. terima kasih

    ReplyDelete
  63. 0m zak ane pake prat 2 kbel kuning yg dari setator menuju kiprok ta kasi deode 1/1 tapi gak ane konekan ke pin kiprok..tapi ane konekan ke body..lampu semakin terang bgt..yg ane mau tanyakn apa ada efeknya ya om zak..m0h0n pencerahanya?..... Kalau modif 1/1 ta konekan ke kbel putih semakin terang tapi diodenya kok panas bget ya om apa bisa terbakar om? M0h0n pjelasanya 0m?

    ReplyDelete
    Replies
    1. model seperti itu jalur kabel kuning jadi unlimited tanpa sensor, lampu sudah pasti super terang, diode 1/1 jangan dikonek ke body terjadi konsleting.

      Delete
  64. Uncle zak kalo buat spacy PGMFI enaknya pake cara 1 atau 2 ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kiprok spacy PGMFI bentuk dan modelnya seperti gambar diatas, lebih cocok pakai model part 1

      Delete
  65. om zak ku pake prat 2 tapi kbel putih ta kasih diode 2/2 lampu semakin terang tapi diodenya panas 0m zak..apa bisa meleleh/mengagu kelistrikan lain ya om zak...tapi bholam semakin mantap..ku pake bholam h4 mrk philips 55/60 coz takasih bholam 35/35 ptus 0m zak..m0h0n sanranya 0m zak?....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pakai model part 2, sebaiknya diode 2/2 dicabut, pakai lampu 55/60 atau 90/100 semakin mantap.

      Delete
  66. kalau diode ta k0nek ke kbel putih apa jga jadi k0nsleting 0m zak?............ Kalau kbel negatip ta lepas ta kasih bh0lam h4 90/100 super mantab 0mm..tapi trjadi k0nselting motor buat jalan2 eh tau tau mogok 0m? Apa penyebabnya ya 0m?k0k k0nselting 0m?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasang diode dijalur kabel kuning ! pakai lampu h4 90/100 memang mantap, kalau mogok banyak faktor penyebabnya, busi kurang bagus, habis bensin, karburator kurang bagus, cdi rusak !

      Delete
  67. motor saya supra 125 tahun 2009.kabel baru menuju mana??? terus saya baru modif menggunakan dioda 6/6A. tapi saya rasa masih kurang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabel baru konek dari kabel putih kiprok menuju switch lampu.

      Delete
  68. om zak kalau suprafit yg 2 bholam baiknya di modif prat 1 atau prat 2 ? . . . . .
    Dan pakai bholam berapa wattan om zak mohon saranya om zak? . . . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. modif part 2 lebih terang, pakai 25 atau 35 bisa pakai

      Delete
  69. Om, gimana kalau modifnya begini: pakai dioda jembatan, pin ac1 untuk kabel kuning, pin ac2 untuk kabel putih, kabel lampu utama pada pin dioda + dan negatif lampu pada pin dioda - ? Pakai switch on/off untuk kabel putih, mohon analisanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. uncle motor ane k-blitz R sistm pngapian ac/dc ya?
      klo ane mau bikin part 1 kbel apa yg ane potong? kalo part 2 yg model 1 kabel switz warna apa yg d potong dan di sambung ke warna apa.klo mode 2 warna apa yg di potong dan warna apa yg di sambung ke warna apa tolong penjelasannya?

      Delete
    2. uncle klo di terap kan di nouvo z bisa ga uncle? pake model part yg mana yg oke dan pake bolham brapa wat uncle. tnks

      Delete
  70. uncle zak, motor saya HSX 125 2009, saya sudah mengaplikasikan yang part 1, setelah saya coba berhasil tapi beberapa hari lampu putus dan pecah, dua duanya pake lampu osram 35 watt, solusinya bagaimana om? terima kasih atas bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. modif part 1 yang harus diperhatiakan sambungan antar diodenya harus bagus dan mantap, pastikan benar-benar tersolder dengan baik !

      Delete
    2. maaf om zak, HSX 125 2009 saya aplikasikan yang part 2, saya cari kabel dari stator cuma ada 3 (putih, biru, coklat) saya langsung sambung ke kabel putih ke switc lampu, lampu sangat terang tapi setelah beberapa saat lampu pecah dan putus semua. setelah saya cek pake tester tegangan tak terhingga, bagaimana om solusinya? terima kasih sebelumnya.

      Delete
  71. salam kenal uncle zak,,,
    klo untuk motor spacy 2012 bisa diterapkan yang mana nih uncle,
    mohon pencerahan..
    trim

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa cuma harus ganti kiprok : pakai kiprok Honda supra pit or Honda legenda

      Delete
  72. uncle motor ane k-blitz Rsistem pngapian ac/dcya.?
    klo ane mau bikin part 1kbel apayg ane potong?klo part 2 yg mode 1kbel switzwarna apa yg ane potong dan di sambung ke warna apa. klo model part 2 warna apa yg di potong dan warna apa yg di sambung ke warna apa uncle mohon pencerahhannya.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai saja modif model part 1 pasang diode 6 amper 2/2 sudah mantap !

      Delete
  73. uncle klo di terap kan di nouvo z bisa ga uncle & gimana caranya uncle pake bolham philip bisa ga uncle ukuran brapa watt

    ReplyDelete
  74. lam kenal om zack,,,kalo buat nouvo z,bagusnya pakai cara 1 apa 2,,,trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nouvo Z pakai part 2 engga bisa jalur voltage kabel putih tinggi, enaknya model part 1, pasang diode 6 amper 2/2 sudah mantap !

      Delete
    2. untuk pemasangan diode 6A di bagian yg mana uncle,,,apakah d bagian kabel kuning yg kita putus atau di bagian kabel putih yg kita kupas,,maaf uncle,,kalau banyak nanya,,hehe
      trims banyak atas ilmu yg uncle berikan,,,,

      Delete
    3. untuk pemasangan diode 6A di bagian yg mana uncle,,,apakah d bagian kabel kuning yg kita putus atau di bagian kabel putih yg kita kupas,,maaf uncle,,kalau banyak nanya,,hehe
      trims banyak atas ilmu yg uncle berikan,,,,

      Delete
  75. Uncle zack,utk supra 125 thn2006 sy mau jadikan fullwave bisa?Klu bisa harus kabel warna yang dipotong?Karena sy binggung.Tolong uncle zack karena kiprok kayaknya beda
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  76. om zack,motor saya yamaha rx spesial...agar nyala lampu terang pake cara mana? tapi tanpa aki dan pake bolam apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. modif part 2 lebih mantap, pakai lampu 35 s/d 55 watt lebih pas !

      Delete
    2. uncle . . kalo kabel kuning pada kiprok diputusin lalu disambung ke kabel putih bisa ndak ? jadi tanpa tambahan kabel lagi .

      Delete
  77. 1. uncle klo buat novo z part yg mana yg yahut uncle.
    2. klo buat indikator aki sy kurang paham. kabel merah (+) diberi tahanan brapa.. dan kabel yg satunya kemana uncle mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  78. cara diatas kalo saya aplikasikan ke Shogun 125 sp bisa gak?? i
    tu hanya menghubungkan kabel kuning ke kabel putih aj kan?

    ReplyDelete
  79. 1. om udh sy coba d blitz r jalur putih sama putih strip merah ga ada perubahaan sy pake 2/2 6 amperan dioda berlawanan benar g om.?
    2. kalo buat nouvo pake part 1 warna apa ya om.?
    3. boster aki pake 2 dioda searah yg tanda putih ke aki.sebaliknya yg polos ke ground dan (-) ke spull warna apa om.?
    4. indikator aki sy pake led spido mau pake switz koneknya ke mana aja ya om.?maaf ya om bayak tanya soalnya ane awam soal kelistrikan. mohon penjelasannya om

    ReplyDelete
  80. Paman motor saya scorpio saya bikin 2 headlamp masing2 35w aki binter. ..kira2 pake cara mana? kiprokny ganti g?

    ReplyDelete
  81. om kiprok yang normal itu klo mtr hidup hangat/dingin ya om. mtr sy klo mtr hidup dingin apa kiproknya rusak om....? klo kiprok buat blitz r sama punya apa ya om..soalnya susuh carinya om.

    ReplyDelete
  82. mantap om zak,sudah saya coba di motor cs1 saya di gabung dengan menggunakan part1 & part2. tegangan di ukur pake beban di 7000 RPM 28 volt. kalau pake yg part1 lampu sein di aktifkan lampu depan ikut kedip, dioda pake 3/3.

    ReplyDelete
  83. om kalau smash tahun 2006 bisa nggak kabelnya juga apa sama om??

    ReplyDelete
    Replies
    1. standar motor Made in Japan nyaris sama yang beda kabelnya hanya pada strip misalkan warna kuning dominan strip merah = kabel lampu.

      Delete
    2. wah om emang bner jos triknya udah tak coba dan hasilnya tidak mengecewakan 100m msh terang saya pkai lampu orisin 35 watt tpi knp ya om reflektornya dekat lmpu agak meleleh apa krna terlalu terang?

      Delete
  84. paman zak. tolong dibalas. aku sudah memakai manipulasi dengan 3/3 tetapi tiada efek lampu pada motor RX king ku . . pada rpm lamsam lampu masih mengikuti putaran mesin alias masih redup' dan aku mau coba yang part 2 ' tapi masih bingung . . . apakah kabel kuning pada kiprok diputus lalu disampung pada kabel putih bisa nda . . . ? ? ? mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane pernah ukur voltage jalur lampu RX voltage hanya pada area 10 s/d 11 volt kurang mantap, pakai diode 3/3 kurang membantu, yang paling pas modif part 2 seperti contoh diatas

      Delete
    2. uncle. bohlamnya putuss .. kenapa yak ? masih make yg 3/3

      Delete
  85. Kalu untuk mio sporty pakai yg cara mana bang ??

    ReplyDelete
  86. Kalau buat mio sporty cocok cara mana om ??

    ReplyDelete
  87. Ôm zak aku mau modif fulwafe floating ground k t4 ômzak bisa gak kalo bs biayanya berapa om?

    ReplyDelete
  88. Selamat pagi Om Zak, motor saya Megapro thn 2003, yg mau saya tanyakan aki sering tekor klw lampu besar nyala & mesin hidup di rpm rendah. Bahkan klakson gak bisa bunyi, jg lampu redup apabila lampu sein hidup.
    Mohon solusinya Om, terima kasih sebelumnya....

    ReplyDelete
  89. Om...aq pake motor njmx kalo di modif sistem klistrikanyavkaya gitu pengaruh negativ ke reflektor atau kaca mikanya gax..

    ReplyDelete
    Replies
    1. lampu 35 watt tidak terlalu panas sedang sedang saja, mungkin lebih panas yang pasang lampu HID

      Delete
  90. Kalo suprafit 2007 warna kabel lampunya apa ya om ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. supra fit 2007 kabel lampun warna kuning !

      Delete
  91. Salam kenal Om Zak, artikelnya menarik sekali. Motorku Supra X-125 yg single headlamp, aku mau coba yg cara 1, tapi sebelum mulai, mau tanya dulu cara pengukuran output voltage jalur kabel putihnya, multitesternya pake skala DCV atau ACV? Trus yg dihubungkan ke kabel putihnya kabel tester yang merah atau hitam, lalu kabel tester yang lain dihubungkan kemana? Maaf kalo banyak bertanya. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai AC volt ukurnya : kabel putih dan body motor

      Delete
  92. Mlem mamang zak,..
    Motor ane honda cs1 mo tak pasangin hologen 35x2 baiknya pake cara part berapa,..
    Terimakasih mamang zak

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai halogen 35 x 2 lebiah mantap pakai part 2

      Delete
    2. om, baru di pakai 1 hari ko akinya tekor ya.

      Delete
    3. coba cek ulang kabelnya, kemungkinan tidak ada charging ke aki atau sekeringnya putus

      Delete
    4. Om zak kemarin saya modif pke 3 dioda pke lampu blue halogen 35watt kok lampu ga terang..saya pake ninja rr 2010..mohon solusinya om

      Delete
  93. saya udah pake 1,5 bulan di revo 2013 tapi aki jadinya kurang setrum om awalnya klakson sember eh makin kesini malah ga kuat buat stater, padahal jalur kabel udah bener dan sekring tidak ada yg putus.
    mohon solusinya om :)

    ReplyDelete
  94. trik dan tips yg sangat bermanfaat uncle, thanks sdh mau sharing, kalau ini di aplikasikan ke suzuki arashi bisa kah?, dan saya sdh pakai lampu HID, cuma kendalanya ya akinya jd tekor...

    ReplyDelete
  95. Om zak kemarin saya modif pke dioda 3 pke lampu philip halogen blue 35watt kok lampu ga terang ya..saya pake ninja rr 2010

    ReplyDelete
  96. Malam Uncle Zak..
    motor ane Shogun SP 125 thn 2010 mau tahu yang cocok dipake trik 1 atau 2.?
    Apa ada efek pada aki atau gak

    ReplyDelete