iklan google termasur

Rabu, 02 Januari 2013

Modifikasi Lampu Motor Sistem AC ke Full DC

by : Zakir Skynet


Salah satu kelemahan sistem penerangan lampu besar motor yang menggunakan sistem ac adalah terangnya lampu besar mengikuti putaran mesin, jika putaran mesin langsam/rpm rendah, maka terangnya lampu redup,  jika putaran tinggi maka terangnya menjadi sempurna. 

Buat yang ingin memodifikasi lampu besar motor  agar terangnya tetap stabil, disaat RPM rendah maupun tinggi, berikut paman zak terangkan sebuah metode  baru dan sangat sederhana dari yang gratis sampai  anggaran  biaya Rp.10.000,- ada dua metode yang akan dijelaskan yaitu :


1. Cara gratis modif lampu besar ac to dc
2. Cara pakai switch  automatic modif lampu besar ac to dc

Metode ini yang pertama dijagat otomotif Indonesia dan lima benua, jadi anda termasuk yang paling beruntung membaca artikel ini,  siapapun setelah membaca artikel ini pasti akan sanggup memodifikasi lampu besar dari ac ke full dc.

Cara Gratis Modif  Lampu Besar AC to DC
Metode ini sangat sederhana cukup sediakan gunting bekas, atau  pisau dapur untuk memotong kabel bagaimana trik ini dilakukan berikut ini petunjuk paman zak :


Add caption
Penjelasan Circuit :

langkah 1 :
Menuju area keluarnya output kabel dari stator/spul umumnya ada 4 kabel, cari kabel yang berwarna kuning kemudian potong kabel kuning tersebut.

langkah 2 :
Menuju area kiprok di pin soket kiprok ada 4 buah kabel warna kuning, putih, merah dan hijau, potong kabel kuning, 

Langkah 3
potongan salah satu kabel kuning yang menuju lampu disambungkan ke kabel warna merah, cukup dikupas sedikit kabel warna merah agar terlihat serabut tembaga. dan potongan kabel warna kuning 2 dibiarkan menggantung di kiprok dan di isolasi.

langkah 4 
selesai, pasang kembali casing motor anda.

Area Output Kabel  Stator/Spul




Kabel Kuning Dipotong




Area Kiprok/Regulator


Kabel Kuning Diputus


Kabel merah dikupas sedikit





Modif  Selesai 


Lampu Besar Terang Tanpa mesin harus di hidupkan,  Mantap !


Metode Pakai Switch Automatic Modif Lampu Besar Sistem AC ke Full DC

Buat yang ingin modif lampu besar ac to dc pakai switch sekemanya bisa dilihat pada gambar dibawah ini :


Posisi Switch Sistem Full AC


Posisi Switch Full DC






Seberapa besar modifikasi  lampu  sistem ac to dc terhadap performa aki

hasil riset yang dicatat paman zak sebagai berikut :

lampu besar menggunkan lampu standar asli Honda


  • Posisi langsam / RPM rendah voltase aki terbaca pada area 12,4 s/d 12, 6 volt  arus listrik terbaca 1 s/d 1,2  amper sangat aman
  • Posisi gas RPM sedang 13 volt. arus listik terbaca 3,5 amper
  • posisi gas RPM tinggi voltage aki 14 volt, arus listrik 5 ampere 


Kesimpulan : 
Performa aki sangat aman, metode ini juga dapat menambah power  arus listrik kurang lebih 50 %, peningkatan sebesar itu didapat dari tidak bekerja sensor voltage lampu karena kabelnya  diputus, yang biasa membuang arus listrik ke ground.


Posisi Voltage aki kecepatan sedang



Arus listrik terbaca 5 amper pada RPM tinggi Honda Supra Fit,  Super  Mantap !
Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba !



360 komentar:

1 – 200 dari 360   Lebih baru›   Terbaru»
EVILz BLOG mengatakan...

gmana untuk umur aki?bukannya pnambahan beban untuk charge aki jika menggunakan kiprok standar

Solusi battery mengatakan...

umur aki standar merk top 2 - 3 tahun, model lampu langsung konek ke aki sudah banyak seperti tiger, thunder dll udah pasti aman. kiprok standar di rancang dapat memasok energy maksimum 13 amper scr BT 151.

Unknown mengatakan...

Numpang nanya bos kalau supra 125 apa juga kabel kuning yg di potong terus apa gak ada pengaruh dengan umur stator.

Solusi battery mengatakan...

pengaruhnya tidak ada, ilustrasinya ; motor dihidupkan lampu besar dimatikan.

Unknown mengatakan...

lalu kabel satu nya yang dari stator dan kiprok juga dibiarkan?

Unknown mengatakan...

mas, kok malah nyala terus?
Padahal kontak masih off

Solusi battery mengatakan...

betul dibiarkan saja, yang paling mantap ujung-ujung kabelnya di isolasi

Solusi battery mengatakan...

ini model sistem kelistrikan mobil on/off nya dari saklar, kalau mau dari kunci kontak on kabel kuning dihubungkan ke kabel aksesoris kunci kontak, pasti mantap

Unknown mengatakan...

nyala terus dong mas.
Kalau pakai saklar lampu bawaan motor bisa gak?

Unknown mengatakan...

kok akinya malah gak ngisi?
Gimana ni mas?

Alex mengatakan...

mas gunawan saja, lebih baik langsung di jumper ke kabel kontak aja..., jadi kontak on lampu juga on, tp juga bisa menggunakan switch bawaan juga..., kabel yang menuju lampu (keluar dari kiprok), dipotong terus disambung ke kabel kontak (kontak yang output jangan yg input), kalau yg input ya sama saja, meski kontak mati tapi lampu masih bisa nyala.

Solusi battery mengatakan...

coba cek kabel keluarnya dari area generator ada berapa kabel , soalnya ada beberapa tipe motor varian bebek ambil listrik untuk lampu dan charging aki pakai satu kabel. dan kalu diputus udah pasti ke aki tidak mengisi

Unknown mengatakan...

motor saya supra fit lawas.
Di kiprok ada 4 kabel. Merah, putih, hijau, kuning. Kuning saya putus dan saya biarkan.
Terus, kabel kuning dari spul ke lampu juga saya putus. Putusan kabel kuning spul yang ke lampu saya hubungkan ke kabel warna merah kiprok.
Lalu saya hubungkan ke kabel kontak warna hitam.
Apa ada yang keliru?

Solusi battery mengatakan...

ane koreksi : ente nyambung kabel kuning dua kali, ke kabel warna hitam dari kunci dan kabel kiprok warna merah,
nyambungnya ke salah satu saja, kalau mau lampu hidup dari kunci kontak kabel kuning cukup dihubungkan ke kabel hitam aksesoris.

doplangdukuhanblog mengatakan...

bagaimana jika kabel kuning pada kiprok tidak diputus, yang diputus hanya kabel kuning spul lalu dihubungkan ke kabel hitam kontak?

Solusi battery mengatakan...

ane belum coba !

Andri Wahyudi mengatakan...

Mas Zakir,untuk honda vario dr yg model lama smp yg 125cc pake cara ini ataupun hyper fullwavenya uncle zak bisa ga ya...? Terimakasih banyak sebelumnya ya mas...

Solusi battery mengatakan...

semua jenis motor varian "bebek" bisa pakai trik model hyper fullwave dan trik ini

lukman mengatakan...

sory bos... numpang nimbrung, gmn ketika volt naik sampai 15 volt itu tdk bikin lampu pada putus, krn setau sy lampu mtr hanya sampai 12 volt? tolong penjelasannya....

Unknown mengatakan...

mas mohon infonya donk,kalo dengan menggunakan kelistrikan di atas apa cocok kalo untuk supra fit new menggunakan lampu HID?

lukman mengatakan...

kabel di kiprok mtr sy (supra 125) ada empat merah hijau kuning dan putih, maksudnya kabel putih di potong gak?

Solusi battery mengatakan...

lampu motor dan mobil biasa tertulis 12 volt punya batas maksimal 20-25 % tambahan voltagenya 14,4 s/d 15 volt.

Solusi battery mengatakan...

sangat cocok dan mantap !

Solusi battery mengatakan...

kabel putih jangan dipotong !

Unknown mengatakan...

gan lampu senja saya mati nih gak mau nyala tapi lampu besarny bisa???

Solusi battery mengatakan...

kemungkinan saklarnya kurang bagus, atau lampunya putus

Unknown mengatakan...

ndak kok bagus aja, kan kabel yg wrna kuning di smbung ke kbel merah nah malah gak mau nyala, tapi kalo di smbung ke kbel semula bisa lg nyalanya, mohon pecerahannya ??

Solusi battery mengatakan...

standar lampu senja umumnya satu jalur kabel dengan lampu besar dan satu saklar, jika lampu besar nyala lampu senja tidak seperti engga mungkin. paling mantap dicek dahulu kembalikan posisi standar, cek kabel lampu senja jalur ac atau dc.

Unknown mengatakan...

kok tekor ya mas?

Solusi battery mengatakan...

star awal kemungkinan aki kurang bagus

Unknown mengatakan...

Salam Kenal Uncle Zak,

Dari sekian banyak yg saya baca, postingannya sangat bermanfaat..

Mau tanya kalo dari skema di atas, ada dua kabel kuning (satu dari spul dan aki) mohon penjelasan untuk yang dari aki apakah ke lampu besar juga?
Terima kasih.

Solusi battery mengatakan...

kabel kuning adalah kabel yang menuju lampu besar dan lampu belakang
kabel dari aki menuju dasboar, untuk lampu sen dan klakson

Unknown mengatakan...

aki masih baru...

Solusi battery mengatakan...

kalau engga mau tekor, posisi gas langsam, agak dibesarkan biar balance, ambil voltmeter, setel pengatur gas usahakan agar voltage aki pada area 12,2 s/d 12,5 volt.pasti mantap.

Unknown mengatakan...

permisi Uncle Zak, sy udah aplikasikan cara ini di ninja RR 2012, plus sy pasang voltmeter motor via kontak utk pantau aki. kabel kuning di kiprok sy konek ke kontak, hasilnya berhasil uncle! tapi ada yg sy khawatirkan dari hasil pembacaan voltmeter sy, sbb :

lampu mati : rpm rendah : 12.3V - 12.4V
rpm tinggi : mentok di 15V

lampu nyala : rpm rendah : 11.8V - 12.1V
: rpm tinggi : mentok di 16V

apa itu normal uncle? mengingat hasilnya sampai 16V?
lalu utk hasil terendah di 11.8V, apa itu indikasi aki mulai drop? mohon bantuannya lagi uncle, terimakasih

Solusi battery mengatakan...

sebaiknya voltage aki pada area 14,5 s/d 14,8 lebih sedikit ke 15 volt wajar.
sepertinya sensor voltagenya ada dikabel lampu.

solusinya ; siapkan kabel baru, panjang kurang lebih 0,5 - 1 meter atau sesuai kebutuhan,
kembali ke area kabel stator yang diputus konek ke kabel baru, ujung kabel yang satu konek ke kabel kiprok yang diputus. dipastikan sensor voltage bekerja kembali.

Tip : pada RPM rendah sebaiknya gas disetel agak besar, atau sampai voltage pada area 12,2 s/d 12,5 volt.

Unknown mengatakan...

jadi maksudnya kabel kuning yg dari stator di konek ke kabel sisa potongan warna kuning yg menggantung di kiprok gitu? Atau disambung ke kabel kuning yg sy konek ke kontak Uncle?

Unknown mengatakan...

terus gimana caranya memastikan sensor voltage bekerja atau tidak?

Solusi battery mengatakan...

betul, kabel kuning yang dari stator konek ke kabel sisa potongan warna kuning yg menggantung di kiprok.
ciri sensor bekerja voltage aki engga sampai 16 volt, pada area 14 - 15 volt

Ono mengatakan...

Salam,
Motor ane honda super c800 masih 6 volt th 82, bisa dimodif dgn cara ini? mohon pencerahan.. terima kasih.

Unknown mengatakan...

Lapor kumendan, udah ane pake solusi perbaikannya. Hasilnya pembacaan voltmeter relatif lebih stabil. Nih hasil pembacaan voltmeternya:
Lampu nyala : rpm rendah s/d tinggi antara 11-11,4V
Lampu mati : rpm rendah s/d tinggi antara 12,9-13,3V

Bagaimana uncle?

Sekedar info, sy ngerasain adanya tambahan power di mesin, dan lebih besar lagi ketika menggunakan solusi perbaikan kedua. Apakah ada pengaruh ke arah listrik CDI dll? Apa efek sampingnya?
Ane pengen pasang HID sebenernya gan, apa dgn hasil voltase diatas, memungkinkan utk pasang HID?
Mohon bantuannya lagi uncle zak..

Unknown mengatakan...

Apa efek sampingnya kalo sy kembali ke cara pertama dgn pembacaan voltase sampai 16V uncle? Bahaya ga ya? Efek sampingnya ke semua bidang, listrik lampu ataupun pengapian?

Solusi battery mengatakan...

kabel kelistrikan motor japan nyaris sama, jadi kalau mau modif sangat bisa !

Solusi battery mengatakan...

pengisian ke aki posisi sistem normal sangat kecil, RPM tinggi 11-11,4 volt, kalau pasang HID udah pasti bakal tekor,

sepertinya limit pengisian aki harus ditambah, coba pasang diode 3/3 dijalur kabel kuning kiprok, artikelnya ada : modif kiprok lampu besar motor semakin terang biar rpm tinggi dapat pada area 14-15 volt.

efek samping voltage aki sampai 16 volt, air aki cepat menguap dan mendidih, harus selalu kontol air aki, ke lampu masih batas tolenrasi, ke pengapian jika cdi dc semakin mantap,

Unknown mengatakan...

Yah udah terlanjur sy lepas sambungan antara kiprok dan statornya uncle. Soalnya kemarin semakin parah sampe di 10,6V dan lampu udah jadi kaya lampu templok. Skrg sy pake cara yg pertama dgn voltase sampe di 16V. Sy udah pake aki kering uncle, gimana efek jangka panjangnya? Bisa aplikasi HID kah kalo voltase fluktuatif dari 11.8V-16V? Apa sy kudu fullwave dari statornya?(floated ground)

Unknown mengatakan...

uncle mhon petunjuk bagaimana klo pemasangan untuk mtor yamaha jupiter mx..sy mau pasang lampu HID...
tp mau pakai tombol bawaan mtor

Solusi battery mengatakan...

kalau lihat data-data power kelistrikan motor ente, ada beban lampu besar voltage bisa sampai 16 volt, output powernya luar biasa, pakai HID sangat bisa.
kalau sekarang pakai lampu utama 25 watt, pakai HID 35 sepertinya akan balance voltage akhirnya 13 -14 volt.

Solusi battery mengatakan...

petunjuk pemasangan HID pada boxnya biasanya tertulis sangat jelas. pasti ente bisa !

Unknown mengatakan...

klo pasang hid nya sy tau gan,,,tp cara merubah aruc ac ke dc nya sy yg kurang faham gan?bgaimana caranya klo bwat mtor mx
dan yg sy mau jg untuk menghidupkannya sperti mtor laki langsung bawaan dr mtor,,,tidak pakai swite terpisah on/off

Solusi battery mengatakan...

prinsipnya sama saja, dengan cara yang diatas

langkah 1 : potong output kabel sepul warna kuning isolasi ujung dua kabel yang di potong

langkah 2 : potong kabel warna kuning area kiprok yang menggantung di kiprok di isolasi

langkah 3 : siapkan kabel bagus / tebal kurang lebih 1 - 1,5 meter kabel baru konek ke kabel warna kuning area kiprok ujung kabel satu lagi konek ke kabel aksesoris area kunci kontak.

langkah 4 : masuk ke area kabel switch on/off siapkan kabel bagus kurang lebih 15 cm jumper/konek input dan output, sekarang switch tidak berfungsi.

selesai

Unknown mengatakan...

Apa punya skema kelistrikan Yamaha RX King 12 Volt...., klo ada mohon kiranya bisa di email ke Sy, Trimakasih

Solusi battery mengatakan...

sistem pengisian aki dan lampu penerangan model half wave, 99% nyaris sama, jadi cara diatas bisa juga untuk motor RX king.

Unknown mengatakan...

Jadi sy perjelas ya uncle, saya pake 6 buah diode 3A rangkaian 3/3. Sy harus pasang lagi kabel yg menyambungkan antara stator dan kiprok agar sensor voltage aktif lagi, lalu memasang rangkaian 3/3 tersebut di kabel stator-kiprok sensor voltage. Begitu uncle?
Lalu arah cincin silver diode mengarah kemana uncle? Atau sama saja?

Solusi battery mengatakan...

betul, dipasang diode 3/3 antara kabel stator dan kiprok, sekema cincin silver diode bisa dilihat gambarnya.

Hari Permadi mengatakan...

uncle kalo sy cuma pake modif jalur negatif 2/1 saja kira2 sudah mantap untuk pasang HID belum ya uncle??
mohon balasannya :)

Unknown mengatakan...

Uncle, ane nyari diode 3A susah ditempat ane.. akhirnya ane beli yg 6A.. kode di diode nya 6A01.. ane pake berapa biji nih uncle? Rangkaiannya gimana jadinya? Cincin silvernya menghadap ke kiprok kan ya?

Solusi battery mengatakan...

pakai diode 6 amper sangat bisa, pakainya 6 biji, rangkaiannya udah ada diatas.

Solusi battery mengatakan...

pakai saja 4/1 atau 5/1 biar mantap

alex to mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
alex to mengatakan...

salam super buat uncle zak''
kalo dengan cara diatas untuk rx king 2003
dngan lampu hid 35watt 6000k bsa ga uncle''??
apa ada yg harus diubah y?
saya pake aki kring 3.5A.
MHON BANTUAN''X.Thanks

Unknown mengatakan...

@Uncle Zax

Trik di atas apa bisa juga buat motor suzuki smash sr 110cc
mohon bantuanya om soalnya motor saya lampu besarnya kuning bgt kalau gk di gas uda kaya listrik lagi spaneng

Solusi battery mengatakan...

motor made in japan model kelistrikan enga beda jauh dengan motor yang lain seperti honda, suzuki, kawasaki, jadi sangat bisa triknya seperti pada gambar di atas

Solusi battery mengatakan...

motor suzuki smash pakai trik diatas sangat bisa, dan caranya sama seperti gambar diatas

Unknown mengatakan...

Kalau di pakai jarak tempuh yang agak jauh misalnya seharian apa tidak merusak aki. om....

Unknown mengatakan...

untuk conek ke kabel contak ke warna apa ya uncle..dicontac mx ku ada 2 warna coklat dan merah

Unknown mengatakan...

Pak Bos Zak sy py vega r 2008 sdh pke aki kering mf, rencana mw pasang hid trus sy pgn buat fullwave nih..
langkah yang paling aman dan simple bgmn?
mohon pencerahanya..soale sy masih awam..thx b4

Solusi battery mengatakan...

lampu langsung konek ke aki aplikasi model seperti ini sudah banyak dipakai di motor dan mobil, jadi sangat aman dan terkendali.

Solusi battery mengatakan...

pakai saja model 4 lihat artikel cara mudah modif half wave ke full wave, powernya sesuai dengan kebutuhan, aki kosong pengisian besar aki penuh pengisian mengecil, mantap !

Solusi battery mengatakan...

untuk memastikan keakuratan coba tes pakai tespen, tespen menyala setelah kunci kontak on.

Unknown mengatakan...

Maaf om saya masih belum mengerti kalau kabel warna kuning yang dari are stator/spul itu kan di digunting terus kedua potongan kabelnya di sambingin lagi sama yang lain atau di bungkus aja.
Dan area pin di kiprok motor saya kabelnya ada 7 kabel diantaranya warna hitam 2 warna. Merah 2 warna. Kuning 2 warna dan warna putih polet merah 1 warna, jadi kabel warna apa yang harus saya potong.
Mohon pencerahanya om terima kasih

Solusi battery mengatakan...

kabel di area sepul, kabel kuning cukup digunting, terus ujung-ujungnya di isolasi. area spul selesai.
selanjutnya ke area kiprok : gunting kabel warna kuning, jika ada dua kabel gunting dua-duanya. kabel yang menggantung di kiprok dibiarkan, dua kabel kuning konek ke kabel merah. selesai.

Unknown mengatakan...

Oh... Gitu terus kalau lampunya apa bisa di kontrol dari switch saklar dan kunci kontak gak

Kalau untuk charger aki, kabel kuning yang dari area spul kan di potong apa masih bisa mengisi battrey aki otomatis dari mesin,
Maaf banyak nanya. Heeeeee....

gold mx mengatakan...

halo om,
saya udah aplikasiin cara pertama ke jupe mx saya. alhasil berjalan mulus. tapi saya mau tanya kalo lampu on sambil di gas rpm tinggi memang lampunya tambah terang ya om? mohon bantuannya

Solusi battery mengatakan...

lampu bisa dikontrol switch saklar, kalau mau dari kunci kontak kabel kuning langsung konek ke kabel aksesoris kunci kontak.

Solusi battery mengatakan...

pada rpm tinggi betul lampu lebih terang, karena voltage aki bisa sampai 14,5 volt, rpm rendah aki drop ke voltage 12,5 volt. seperti pada artikel ane : modifikasi kiprok lampu besar motor lebih terang, teknik menaikan limit voltage jalur lampu.

Unknown mengatakan...

om zak kalo ini diaplikasikan ke jupiter MX kya apa caranya ? setau ane kan warna kabel dari honda sama yamaha ada beberapa yang berbeda. makasih

topi_tubruk mengatakan...

share: beberapa tahun lalu saya juga pernah mengoprek SMash saya dengan menyambung langsung lampu utama ke aki dengan saklar bawaan motor untuk on off nya. akan tetapi pada kenyataanya kemampuan aki/kelistrikan motor standart tidak mampu mengimbangi pengeluaran untuk lampu utama. dan hasilnya aki drop dan lampu menjadi redup untuk pemakaian lebih dari -/+ 1 jam perjalanan.

Solusi battery mengatakan...

motor made in japan kelistrikan charging aki dan lampu nyaris sama, jadi buat yupiter mx triknya sama dengan diatas

Solusi battery mengatakan...

kalau cuma sampai 1 jam aki redup/drop analisa ane kemungkinan waktu motor jalan generator engga ngisi ke aki atau aki motornya sudah sangat sulfation

Unknown mengatakan...

Kang klo di aplikasikan ke Honda win bisa jg Ya....

Solusi battery mengatakan...

sangat bisa, caranya nyaris sama dengan gambar diatas

Unknown mengatakan...

Uncle, saya baru baca-baca beberapa postingannya, sangat berguna, dan luar biasa.
Terus menulis hal yang seperti ini Uncle.

Satu pertanyaan, untuk MIO JTeen, saya coba tes kabel di KIPROX, koq saat mesin hidup, kabel kuningnya nggak keluar arus ya? (cara pengetesan, skun kabel kuning saya lepas dari KIPROX)
Apakah kabel kuning di MIO JTeen ini murni dari KIPROX ?
Se pemahaman saya dulu, kabel kuning berasal dari Alternator, dan masuk ke KIPROX untuk di atur agar Voltase tidak lebih dari 12V namun tetap arus A/C.

Kalau memang benar seperti asumsi saya, berarti untuk merubah arus lampu jadi full D/C, tinggal potong kabel kuning dan sambung dengan OUTPUT kunci kontak.

Mohon pencerahan Uncle.

One more time - KEEP POSTING.

Solusi battery mengatakan...

seharusnya kabel kuning tetap terbaca arus ac, ada dua kemungkinan volt jalaur kuning tidak terbaca
1.kiprok model baru, jalur ac kabel kuning ambil dari kiprok dari jalur kabel putih yang diregulasi.
2. multitester tidak diseting ke volt ac.

kalau yang benar point 1, betul kalau mau full dc, kabel kuning tinggal konek ke output kunci kontak.

Unknown mengatakan...

Thanks pencerahannya Uncle Zak,
memang saat saya tes pakai Volt meter Digital, yang terbaca cuman dari kabel putih, menunjukkan sekitar 25 V A/C, sementara kabel putih 0 V A/C.
Saya test di V D/C juga terbaca 0 V.
Sempat kepikiran ada kerusakan di sepul, tapi berdasar logika, unit motor belum berumur 1 bulan, dan tidak ada aksesories tambahan, jadi saya kesampingkan pemikiran awal, dan memutuskan bertanya pada UNCLE ZAK.

Untuk kasus motor yang lain,
Kalau saat stasioner, pembacaan Tegangan di Aki menunjukkan 11,8 V D/C, namun saat putaran mesin dinaikkan, pembacaan tegangan jadi turun di 9,8 V D/C.
Apakah bisa langsung saya simpulkan, bahwa KIPROX nya yang rusak ?

Maaf banyak nanya.
Terima kasih,

Solusi battery mengatakan...

kalau kasus motor lain : posisi 11,8 volt terus gas digeber jadi 9,8 volt, betul dapat disimpulkan kiproknya rusak, normalnya voltage naik

Unknown mengatakan...

Terima kasih banyak UNCLE ZAK,
selanjutnya saya pindah ke topik modifikasi KIPROX.

Gaptekmania mengatakan...

Pertama-tama, ane ucapin terima kasih kpd Om Zak atas postingan2 yang sangat bermutu. Ane jadi lebih inter nih :)

Ane ada Satria 120R yang udah ane ubah keistrikan lampunya dari AC ke DC dengan saran dari Om Zak (kabel kuning dari spul dipotong kabel kuning ke kiprok dipotong, dan kabel kuning ke saklar lampu depan dipotong dan disambungkan dengan kabel orange (+ dari accu), dan semuanya running well.

Pertanyaannya : kalau misal kabel kuning yang ke kiprok dan dari spul ngga dicopot/dipotong, apa pengaruhnya ke accu? Apa kegunaan pemotongan kabel kuning tersebut? Soalnya ane cari jawabannya belum ketemu nih.

Thanks, Om.

Solusi battery mengatakan...

ada banyak model berubah sistem ac ke dc ini model seluruh sistem yang awalnya semua arus ac lampu besar, dasbor, lampu belakang, secara otomatis langsung jadi dc.
makanya kabel kuning dari sepul dipotong jalar kabel kuning masih listriknya masih ac, kalau konek ke aki arus dc, bisa terjadi konsleting.

Unknown mengatakan...

gan qo stlah 2 hari lampu motor sen ane malah mati n stlah kontak dlam kondisi on indikator pada netrar tdk hidup tpi lampu depan hidup kira npa y gan

Solusi battery mengatakan...

sekering dekat aki pkemungkinan putus atau lepas

Unknown mengatakan...

ane pakai trik 5/1 kabel negatif trus mau rubah ac ke full dc,,,untuk lampu osram 35 watt 4000k apakah tekor untuk akinya om zak,,ane pakai aki basah yuasa 7 ampere,,,untuk install lampu full dc nya plus relay om zak,,,hatur nuhun om,,,

nakashima kaito mengatakan...

Salam kenal uncle zak... to the point aja yah...
saya tertarik sama artikel ini, dan berencana untuk merubah sistem kelistrikan motor saya. Pertanyaan saya:
1. Tolong jelaskan lagi yang sejelas jelasnya dari a sampe z cara penerapan trik ini, saya pengennya lampu utama dan lampu senja hanya menyala atau padam dengan menggunakan switch on/off lampu bawaan motor / tanpa tambahan switch lagi.
2. apakah lampu senja yang ada di lampu rem bakalan ikut nyala/padam seperti lampu senja yang depan?

Ket. Motor saya Supra x 125 dengan sistem kelistrikan yg masih orsinil, berencana mau pasang headlamp dari led.

ditunggu kabar baiknya ya uncle... hatur tengkyu....

Solusi battery mengatakan...

pakai trik ini sesuai yang ente harapkan, tanpa tambahan switch tambahan , lampu rem dan senja menyala normal seperti biasanya, pasang headlamp dari led semakin mantap !

Solusi battery mengatakan...

paling mantap diicoba !

Unknown mengatakan...

uncle zak....saya sangat pusing tujuh keliling....dikerjain ama sistem kelistrikan vario cw 2008 nih.pertama kifrok nya mati...lalu saya ganti merk indopart...eh baru beberapa minggu penyakitnya kambuh lagi...cuma sekarang anehnya..lampu depan kadang redup kadang terang..ketika redup saya matikan saklarnya trus saya hidup kan lagi dan lampu nya terang lagi..nah seperti itu penyakitnya...apa ya penyebabnya...trima kasih banyak uncle zack

Solusi battery mengatakan...

model kasus seperti ini biasanya ada penyumbatan/kotor diarea switch lampu dan konektor kiprok sekun kuningannya kurang pas/kendor.

YANSEN mengatakan...

gan kalau buat modofokasi lampu shogun 125 D biar lebuh terang gimana caranya sama aja soalnya doi DC nih, hal apa aja yang perlu ane perhatiin, thanks atas bantuannya gan

Solusi battery mengatakan...

ada beberapa hal yang bikin lampu kurang mantap terangnya : reflectornya sudah rusak/sudah buram, produk lampu terkadang tidak cocok dengan replectornya akhirnya cahaya lampu kurang pokus, usahakan cari lampu yang mirip originalnya. dan satu lagi untuk yang pakai dc semakin besar wattnya semakin terang

Unknown mengatakan...

om klo bkin ful dc jupiter 09 gmn crny

Unknown mengatakan...

Assalam,, Uncle Zak mau konsultasi, rencana mau full wave honda blade new, ane pake lampu halogen osram 35 wattx2 jdi total 135,5 watt semua lampu lampunya, yang ingin saya tanyakan kalau mau naikin ampere hour accu dari standar 3 ampere bagusnya ke berapa ampere? oia saya pakai modifikasi dioda 5/1 untuk pengisian aki.

Unknown mengatakan...

aki standarnya 3 ampere GTZ4V untuk honda blade new, ane mau full wave trus mau naikin ampere hour aki kira-kira berapa bagusnya uncle? oia ane pake modifikasi kiprox pengisian dioda 5/1, pengisian saya rasakan besar banget, jdi mau ganti ke aki yang ampere lebih besar supaya bisa ngimbangin pengisian yang besar juga uncle.

Solusi battery mengatakan...

total 5 s/d 10 amper masih sangat idial, yang penting untuk simpan posisi aki cukup.

^ okhy ^ mengatakan...

Salam luar biasa uncle zak. Rx spesial 92. Gak pake kiprok. Lampu depan halogen 55 watt, belakang model LED. kalo sambung kabel langsung ke spul lampu, kira-kira putus ga lampunya. Mohon ilmunya ya uncle zak.

Unknown mengatakan...

Salam super Uncle Zak, motor blade aki MF 3 ampere (GTZ4V) mau ganti ke aki 7 atau 9 ampere kira-kira referensi tipe aki 9 ampere yang cocok dengan blade itu tipe berapa uncle? yang besar fisiknya sama dengan GTZ4V.

Solusi battery mengatakan...

study banding : ane pernah coba pakai 100 watt halogen dimotor honda legenda tanpa kiprok voltage turun ke 13 - 14 volt RPM tinggi, hasilnya mantap lampu tidak putus, untuk power generator rx biasanya kecil, patut dicoba pakai 55 watt halogen, yg jelas pakai 100 watt tidak putus.

Solusi battery mengatakan...

bentuk fisik aki 7 - 9 amper biasanya 2-3 kali lebih besar dari GTZ4V, harus modif tempat dudukan aki, merk bagus GS astra, aspira, yuasa, motobat bisa pakai.

nakashima kaito mengatakan...

Lapor uncle... setelah sebulan bertanya, baru kemarin saya aplikasikan trik dari uncle. Hasilnya emang sesuai sama teori dari uncle.... TAPI ada sedikit masalah ni uncle:
1. Lampu depan dan senja tetep nyala meski kontak sudah OFF, saya pengennya kontak OFF lampu juga ikut off meski saklar lampu pada posisi ON.
2. Lampu indikator gigi 1 dan indikator lampu jauh yg di dashboard sy jadi ga nyala. Cara betulinnya gimana uncle?
3. Sekarang nambah parah lagi masalahnya, semua lampu2 yg ada di dashboard (lampu indikator perseneleng, speedometer, sama digital bensin) kadang mati nyala... itu gara2 apa ya uncle... cara banerinnya gimana... HELP ya uncle, tolong jelasin yg mendetail yaaaa... urgent niih

makasi sebelomnya uncle

Solusi battery mengatakan...

sepertinya konsleting : di area sepul sepertinya salah potong kabel, yang dipotong kabel indikator lampu perseneleng.
kalau on/off dari kunci kontak ente hasrus sediakan kabel 1 meter, kabel kuning jumper ke kunci kontak cari kabel aksesoris biasanya warna hitam strip merah.

nakashima kaito mengatakan...

uncle, sy makin bingung nih, jadi kabel kuning yg musti dipotong dari spul tuh yg mana yah? soalnya di motor supra x 125 saya ada 3 grup kabel:
1. Yg dari spul ada 3 kabel, warnanya; putih, hijau dan biru strip kuning
2. Yg dari sensor perseneleng ada 3 kabel, warnanya pink, hijau dan putih stirp hijau
3. Yg ini sy gatau (posisinya diantara dua grup kabel diatas) ada 5 kabel, warnanya pink, putih strip biru, hitam strip biru, kuning strip merah dan hijau strip merah.

nah kemaren yg kata uncle salah potong itu saya potong kabel warna kuning strip merah yg ada di grup 3. kabel itu uda sy sambung lg trus sy potong kabel warna biru strip kuning yg ada di grup 1, tp motor sy jd gamau idup.

jadi kabel yg mana ya uncle yg mestinya dipotong trus di isolasi kedua ujung nya? helep me uncleeee .....

nakashima kaito mengatakan...

nah klo kabel yg di area spul gada yg dipotong bakal ada masalah ga uncle?

Solusi battery mengatakan...

dimotor supra X 125 engga ada center tab, jadi area kabel sepul tidak ada yang dipotong, cukup area kiprok : kabel kuning dipotong, satu potongan konek ke kabel merah, kabel kuning yg satu dibiarkan dan isolasi, selesai ! ,
kalau mau on/off nya dari kunci kontak, sediakan kabel 1 meter konek ke kabel aksesoris kunci kontak

Unknown mengatakan...

Mr. Uncle Zak, postingan Anda bagus & sangat bermanfaat.
Saya mau tanya, saya punya kendaraan cb dg kelistrikan AC namun tanpa aki.
Carren spul msh standart dg posisi 6 carren, namun sudah di potong 1 jd tinggal 5 carren.
Bagaimana jika saya ingin memasang aki kering dg posisi carren seperti itu dan menginginkan nyala lampu yg terang. dan aki tipe apa yg cocok.
Terima kasih.

Solusi battery mengatakan...

pakai kiprok supra fit original, modif lampu pakai part 2 dijamin mantap, gulungan spul ke ke 3 dari ground pasang center tap untuk sensor kabel lampu.

Unknown mengatakan...

Bang zak,aq ♏ªµ tnya untuk mtr karisma x 125 gimana y? Apa harus potong kabel spul kuning juga? Dan letak posisikiprok ada dimana Yªªªª ?saya bingung carinya nya bang zak?apa aman utk kelistrikan digital karisma?thanks

Solusi battery mengatakan...

motor kharisma spulnya engga pakai center tap, jadi langsung masuk ke area kiprok, kabel kuning kiprok diputus, langsung konek ke kabel merah kiprok selesai ! , kalau mau konek ke kunci kontak mesti jumper pakai kabel tambahan.

Unknown mengatakan...

Oh gt bang zak,ane takut konslet aja bang zak,oh ia letak kiprok honda karisma ada di sebelah mna Yªªªª bang? Kmrin saya sudah tes di satria 120r n working well,tapi kenapa setiap di gas lampu bisa terang Yªªªª ?‎​Ъªќ bisa stabil. Y bang zak?kayak di vixion gt?thanks bang zak,tlg di reply

Unknown mengatakan...

Okee..saya coba dulu Uncle, terima kasih atas penjelasannya..
Tunggu pertanyaan saya berikutnya..hehehe..

Igun Sofian Sahroni mengatakan...

malam suhu...
Untuk rangkaian diatas apakah bisa diaplikasikan ke CBR150R Thailand dengan 2 Lampu besar
saya pake aki kering.
Mohon pencerahanya.tks

Solusi battery mengatakan...

kalau motor CB150R Streetfire sistem lampunya sudah full dc, kalau yg buatan thailand CBR150R ane belum tahu, jika sistem lampu besar cahaya lampu ikut putaran mesin ingin jadi model full dc seperti aplikasi model diatas sudah pasti bisa !

Unknown mengatakan...

gan.. ane pgn pasang HID di supra fit new ane.. kira" cara fullwave dr AC ke DC.a gmana gan? ane msh bingung bgt gan.. hehehe.. maaf.. :D

Solusi battery mengatakan...

kalau pasang hid engga perlu fullwave, pakai saja model kiprok unlimited powernya super, coba baca artikel : cara gratis modif kiprok standar to unlimited

Unknown mengatakan...

ane pgn coba ubah arus dr AC ke DC dulu gan.. moga berhasil gan..
eh iya gan kira" harga lampu hid di tangerang brapaan ye?
mau tau ja gan.. hehehe.. :D

Unknown mengatakan...

yang dikiprok sudah saya potong cuma saya bingun dikabel spulya...

Unknown mengatakan...

motor saya honda vario techno 110

Unknown mengatakan...

selamat malam uncle zak....saya udah coba cara uncle tp saat saya nyalakan lampu memang menyala tp masalahnya pas saya nyalakan mesin kontak tidak bisa dimatikan padahan kontak off tapi mesin masih menyala.gmana uncle solusina.kabel spul di vario ada tiga warna kuning putih biru bergaris.yang diputus kabel warna apa????saya masih bingung....mohon pencerahannya.

Solusi battery mengatakan...

harga lampu HID di Kota Tangerang Rp 300 s/d 350 ribuan

Unknown mengatakan...

wehh.. mahal jg di tangerang.. nnt ane beli HID.a dulu.. nnt ane masang di tmpat ente ye.. :D

Solusi battery mengatakan...

system lampu kembalikan seperti semula, pakai cara 2 : lewat kabel switch, masuk ke area switch lampu, kabel kuning yang konek ke switch dipotong, siapakan kabel baru konek ke kabel switch, potongan kabel yg satu konek ke kabel aksesoris kunci kontak, modif full dc selesai !

Unknown mengatakan...

dikontak vario ada dua warna kabel bang hitam merah sm merah polos .....dipotong pa dikelet....kabel dr spul dipotong juga gak...ada efek'a gak sm lampu?

Solusi battery mengatakan...

wajib di tes, pakai tespen saja cari kabel posisi tespen nyala pada saat switch lampu off, jika sudah mantap potong kabel tersebut konek ke kabel baru selanjutnya konek ke kabel aksesoris kunci kontak, kabel spul tidak dipotong tidak masalah

Unknown mengatakan...

Suhu sy mw naya klo di ninja r g mna ngubah nya ap sama aja

Solusi battery mengatakan...

prinsipnya sama saja motor yang pakai kiprok ac dc

Unknown mengatakan...

salam hot buat om zak mantaaf dah d tggu kelanjutan'y wasalam

Moedzy mengatakan...

Uncle Zak, saya sudah coba Capacitor Bank Super Power Type Uncle Zak pada motor Honda New Blade yang telah di ubah ke sistem pangapian DC dengan Stator Full Wave dan Kiprok punya Tiger.

Hasil (hanya menggunakan alat Volt meter):
Tanpa Capacitor Bank Super Power Type Uncle Zak
Aki tanpa beban : 12.4 V
Mesin putaran rendah tercatat : 11.4 V
Mesin putaran tinggi : 14 V

Menggunakan Capacitor Bank Super Power Type Uncle Zak
Aki tanpa beban : 12.4 V
Mesin putaran rendah tercatat : 11.4 V
Mesin putaran tinggi : 12.3 V

Aksesoris : Headlamp Projector 2.5" 2 buah, lampu HD tidak di nyalakan hanya angels eyes nya saja yang menyala, jika semua lampu menyala aki akan drop pada putaran rendah.

Pertanyaan, kenapa setelah menggunakan Capacitor Bank Super Power Type Uncle Zak
- Tidak mengalami peningkatan pada mesin putaran rendah.
- Pada mesin putaran tinggi justru menurun drastis.

Terimakasih atas petunjuknya.

Nino mengatakan...

Salam kenal uncle zak, saya mau tanya nih,apakah dengan cara ini,semua kelistrikan lampu yang ada di motor bisa menjadi fullwave jg ?

Solusi battery mengatakan...

kalau motor sudah full wave stator engga konek ke body/rangka, pakai kapasitornya dua buah, pasangnya minus kapasitor ke body plus ke minus kapasitor yg satu lagi plus kapasitor konek ke positip aki, selanjutnya titik tengah kapasitor konek ke salah satu sepul

Solusi battery mengatakan...

sistem charging ke aki tetap half wave, sistem penerangan full dc, sekedar info : half wave dan full wave charging ke aki di motor beda tipis 11-12 pada rpm rendah dan medium, pada rpm 5000 s/d 7000 powernya sama.

Unknown mengatakan...

trs setrumnya dr mana klo yg dr stator d biarkan ?

Unknown mengatakan...

om zak tlg buatin skema full wave buat rx king ,kayanya skema yg d atas buat 4 tak ane gak paham2 tuh maklum tel mi nih hahah

Solusi battery mengatakan...

tetap ada charging ke aki, kabel warna putih

Solusi battery mengatakan...

motor 4 tak dan 2 tak sistem kelistrikan tetap sama, full wave dan halfwave output power nyaris sama beda tipis 11-12, kabel kuning dipotong powernya naik 101%

Unknown mengatakan...

ok om mksh bantuanya klo ga bisa ane blh dtg k tempat ente aja ya d tangerang kan ya dkt jln sasmita ?

Moedzy mengatakan...

saya sudah pake yang model 2 kapasitor masing masing 10.000 uF 80 V, kaki (-) kapasitor ke (-) aki, kaki (+) kapasito sambung ke kaki (-) kapasitor kedua di sambung ke Spul, kaki (+) kapasitor ke 2 ke (+) aki. hasilnya seperti yang diatas.

Unknown mengatakan...

Tanya donk, kalau untuk suzuki spin apakah caranya sama kalau mau rubah ke DC? soalnya saya perhatikan ada kabel warna kuning ada jg kabel warna kuning garis putih, yang mana yang harus saya potong ya???

Mohon masukan, trims...

Solusi battery mengatakan...

betul toko aki ane posisinya dekat dengan jalan sasmita

Solusi battery mengatakan...

motor suzuki spin caranya sama dengan contoh diatas, langkah pertama potong kabel warna kuning dekat kiprok, kemudian menuju area stator potong kabel kuning, selanjutnya kembali ke area kiprok ; kabel kuning yg dipotong konek ke kabel merah kiprok, modif selesai

Solusi battery mengatakan...

coba sekarang kabel sepul yang konek ke kiprok diputus, selanjutnya konek langsung ke titik tengah kapasitor.

Unknown mengatakan...

Uncle...
Saya ada sdkit msalah stlah memakai cara ini, udh saya aplikasikan d mtor karisma & supra 125 saya, kbel kuning saya sambung ke kbel kontak. masalahnya skrang lampu senja yg dpan itu gak nyala tapi lampu senja yg blkang malah nyala.. itu terjadi d kedua motor saya. Itu knpa ya uncle?, (saya sama sekali gk ngerti kelistrikan motor). Mhon bantuannya uncle

Unknown mengatakan...

Bagaimana agar lampu senja yg dpan bisa nyala uncle? Mhon bimbingannya

Solusi battery mengatakan...

lebih gampangnya, dijumper saja kabel lampu senja depan ke kunci kontak atau switch lampu besar

Unknown mengatakan...

Tlong dibntu langkah2 bya apa aja uncle, saya gk tau kelistriksn mtor.. makasih sblumny uncle

nakashima kaito mengatakan...

malam uncle zak....berkat trik fullwave dari uncle zak, sampe sekarang saya masi enjoy dengan headlamp LED, skrg sy lag minat pengen pasang HID, pertanyaannya, lampu HID apa bisa langsung sambung ke kabel lampu utama? atau mesti langsung ke aki aja? soalnya saya pengen pake switch on/ff dan switch hi/lo bawaan motor.
thx uncle, ditunggu kabar baiknya

nakashima kaito mengatakan...

uncle.. setelah bbrp hari saya pasang lampu HID ke kabel lamup utama/ga langnsung ke aki, keknya aki motorku tekor deh, skrg ga bisa di stater, tp klo pke kick stater masi bisa idup... tolong uncle gimana ngatasin supaya aki ga tekor ...urgent ni uncle.... helep miiiiiiii

Unknown mengatakan...

ma'f om saya mau nanya nie..klo buat ninja R caranya gmna...tolong kasih arahan dong om..

Unknown mengatakan...

klo buat ninja R 2010 caranya gmna om..tolong di bantu ya

Solusi battery mengatakan...

metodenya sama dengan contoh contoh diatas

Solusi battery mengatakan...

langkah-langkahnya nyaris sama seperti diatas

Unknown mengatakan...

Om kalo udah di ubah kaya contoh di atas. Brarti udah dc.
Langsung bisa pake HID gk..

Unknown mengatakan...

Malam uncle, saya sudah terapkan trik uncle yg pertama, kabel kuning dr stator diputus, trus kabel kuning dari kiprok diputus dan dibiarkan, sisa kabel kuning saya sambung ke kabel kontak

Awalnya berhasil tapi sekarang kenapa jadi seperti korslet ya?? sein ga kedip, lampu rem redup, elektrik stater mati, klakson mati

Apa terjadi korsleting ya? atau aki tekor? mohon bantuannya uncle

Trims sebelumnya...

Unknown mengatakan...

Malam uncle..

Motor saya suzuki spin

Saya sudah coba terapkan cara modifikasi di atas, tapi kenapa lampu tetap ga stabil ya? masih ikut putaran mesin nih

Kabel kuning dari spul udah dipotong, trus kabel kuning kiprok juga udah dipotong trus yang ke lampu sudah disambung ke kabel kontak

Oh iya, di kiprok saya ada 2 kabel kuning, di kontak ada kabel merah dan coklat (saya sambung kabel kuning ke kabel coklat ini)

Satu lagi uncle, sepertinya aki mulai tekor, klakson jadi pelan, elektrik start ngadat

Mohon petunju uncle, makasih

Solusi battery mengatakan...

betul sistem lampu sudah full DC, jadi bisa langsung pasang lampu HID, dan kawan-kawannya.

Solusi battery mengatakan...

dua buah kabel kuning wajib konek ke kabel kunci kontak aksesoris positip aki, nampaknya aki mulai tekor, aki wajib dicas kembali biar stabil lagi, bisa lewat motor kurang lebih 2 jam seluruh lampu dimatikan.

Solusi battery mengatakan...

aki tampaknya sudah drop, biar stabil lagi aki mesti dicas 2 - 3 jam sudah cukup, dimotor saja bisa, seluruh lampu dimatikan, jalankan motor.

Unknown mengatakan...

Om di kiprok ninja saya ada 4 warna. 1.kuning.hitam strip kuning. Biru strip putih. Putih strip hitam... Yg potongan kbel kuning konek ke warna ap


Makasih..

Armigo mengatakan...

sy sdh lepas kabel kuning di kiprok, kabel kuning di atas casing mesin belum tapi aki masih tekor

Solusi battery mengatakan...

langkah langkahnya seperti contoh diatas, kabel kuning yg keluar dari stator dan yang konek ke kiprok dipotong, selanjutnya kabel kuning konek ke aki positip atau ke kunci kontak kabel aksesoris positip.

bisnispulsa murah mengatakan...

Om aku udah terapin di abs revo110 kabel kuning dr spul di potong dan potongan yg menuju kelampu dpn di jamper ke kontak yg ke spul di biarkan lampu nyala stabil tp area kiprok kabel kuningnya tdk di potong tp rpm bwh agak tekor dikit neh lampu on 11,8-12,1 volt rpm tinggi 14,9vol mentok
Tp kalo lampu off rpm bawh 12,9-14,8 volt nah kalo sein idup volt turun ke 11,7 jd kalo klakson di pencet kecil bunyinya mhn pencerahanya dunk om

bisnispulsa murah mengatakan...

Om uncle apa bisa diode di paralel dengan kapasitor bisa rubah arus ac ke dc dan apa boleh kalo arus dc dr spul bisa di gabung dengan lampu yang konek ke aki mhn pencerahanya,

Solusi battery mengatakan...

kabel kuning yang konek ke kiprok wajib dipotong !

Solusi battery mengatakan...

arus dc dari sepul yang sudah diberi diode bisa digabung dengan arus dc dari aki !

bisnispulsa murah mengatakan...

Sip2,,om tar mau coba dc dr spul kira2 rangkaianya paralelnya gmana om?
-Kapasitor?
kapasitor?
Anoda dan katodanya dioda? ini kelampuan aku balikin std lg ambil dr spul takut ada apa om he3,,setelah balik std cut out skrang bs 14,8v padahal sebelumnya mentok 14,2v he3..jd kaya maintenance kiprok. setelah utak atik kelampuan motor he3 di tggu om rangkaian dioda dan kapasitor rubah ac ke dcnya dunk?

Unknown mengatakan...

kalau buat scorpio caranya gmn om zack

Unknown mengatakan...

Uncle, kalo ane langsung ambil arus dikabel merah kontak tanpa melalui kiprok..
Itu efeknya kira" ada ngak yaa k'part lainnya.?

Solusi battery mengatakan...

kiprok motor scorpio tipe ac dc, jadi caranya sama dengan petunjuk gambar diatas

Solusi battery mengatakan...

kabel merah kiprok adalah kabel output dc untuk cas aki, efeknya ke part lain tidak ada aman-aman saja

Solusi battery mengatakan...

yang ente mau udah lama dibahas dan semuanya ada disini : Booster capasitor super power bisa langsung konek ke kabel kuning jalur lampu

Unknown mengatakan...

Salam kenal uncle zak..
Mohon bimbingannya nich om..
Supra fit 04 ane kan mw ane jejali aki tiger om..
Karena ane kan pake sirine yg dipakenya bwt keperluan touring aj om..
Nah yg jd point pertanyaan ane bisa ga ane aplikasiin metode yg seperti ini om..
Apa perlu ad tambahan lagi om..
Kiprok ane masih standar om..
Mohon bantuannya om..
Karena ane ud kepalang tanggung beli akinya om..

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Solusi battery mengatakan...

pakai aki tiger sangat bisa semakin mantap, metodenya seperti contoh diatas

Unknown mengatakan...

Ok thanks om..
Ane yakin solusi dr om zak yg paling the best..
Terus berinovasi om..
Salut bwt postingan uncle zak yg ud mencerdaskan bangsa..
Bravo..

bima.a.prasetyo mengatakan...

kalau buat CS1 gmn om Zak? ada perbedaan atau sama aja?

ANIEK WINDRAYANI mengatakan...

salam knal uncle Zak
mtr ane kawsaki zx130 itu termasuk halfwafe ato fullwafe dan kelistrikannya ac or dc?
akinya drop trs jd tiap 2 minggu hrs distoom ke tukang aki, pdhl kondisinya blm melembung apakah msh bisa diservice? mhn pencerahannya. thks sblmnya

Ituaku mengatakan...

Uncle mau nanya seputaran NVL yang pakai AC dan DC. AC untuk lampu DC untuk pengisian. Karena 2 arus kalo mau pasang LED RTD M02 18watt langsung diambilkan arus DC dari kunci kontak apa dirubah dulu arus AC di potong kabel dari spul dijumper ke pengisian AKI?

Solusi battery mengatakan...

metodenya sama saja dengan motor honda supra fit

Solusi battery mengatakan...

ciri khas motor pakai kiprok acdc lampu besar motor ikut putaran mesin, seperti akinya sudah sulfat wajib beli baru di toko ane

Solusi battery mengatakan...

paling mantapambi arus dari biar cahayanya stabil bisa ambil langsung dari kunci kontak, atau langsung dari aki dengan switch tambahan

Unknown mengatakan...

om mtr sy bltz r kabel stator ada 3 putih,biru,hitam strip kining lalu yg di potong warna apa ya..? klo di kiprok ada 4 warna putih, biru, hitam stripkuning, putih stripmerah warna apa yg di potong dan di sambung ke warna apa om tolong penjelasaanya om.. ?

Unknown mengatakan...

Om Zak,

terima kasih atas artikel yang sangat berguna dan sudah saya tunggu sejak lama ini.
Motor saya scorpio dan sudah cek ke kabelnya, dari sepul ada kabel kuning, namun di kiprok adanya 1 kabel merah dan 1 kabel merah-kuning, tidak ada kabel kuning sendiri. mohon masukannya om

Belajar Berbagi mengatakan...

Om Zak pertama mo bilang Trimakasih atas artikel-artikel yang sangat diperlukan buat ane.
kedua ane mo curhat dan tanya nih,motor ane rx king dengan headlamp LED 20w dan sein serta lampu rem masih standar, ane coba terapin Modifikasi Lampu motor sistem ac ke dc, ane juga pake 2 kiprok standar rx king satu ori satu kw dengan kabel hijau HITAM(masa) diputus.juga ane terapin booster motor system kelistrikan halfwave, tp pake 2 kapasitor 10rb mikro farad 50v karena yang 100v susah om.dengan masing-masing 4 dioda 4 ampere.dan negatifnya dihubungkan ke kabel putih dari spul.
pertanyaanya adalah:
Voltase yang didapat kok g stabil yah jadi ketika headlamp nyala trus lampu sein atau rem nyala voltase drop sampai 10 volt. dan naiknya voltase juga gak signifikan dari idle ke rpm sedang hingga tinggi alias cenderung datar di 12-13 volt saja, dengan keadaan headlamp nyala klo mati bisa sampai 14volt.

oia klo posisi idle.
headlamp mati 12volt.
headlamp nyala 11.2 volt


Menurut Om Zak supaya lebih stabil bagaimana yah atau ada yang harus direvisi dari apa yang ane coba di atas.

Sekali lagi Terima kasih dan Mohon Bimbingan Om Zak.

Solusi battery mengatakan...

yang dipotong kabel warna yang ada strip kuning

Solusi battery mengatakan...

yang dipotong kabel merah-kuning

Solusi battery mengatakan...

power generator charging battery RX King output powernya kurang lebih 50 watt = 4 amper, paling pas pakai model unlimited, ada artikelnya disini, pakai aki 5 amper

Unknown mengatakan...

om mau tanya sisitem kelistikan & pungsinnya untuk blitz r dong om
daerah stator :
1. hitam-kuning =
2. biru =
3. putih =
daerah kiprok :
1. puti-merah =
2. hitam-kuning =
3. biru =
4. putih =
satu lagi dong, spull blitz / kaze sama ga om kabelnya. tolong om infonya.

Solusi battery mengatakan...

area stator : hitam kuning jalur kabel lampu, biru untuk pulser/pickup cdi, putih charging generator untuk aki, area kiprok : putih merah ke aki, lainnya idem

Belajar Berbagi mengatakan...

Mau laporan om.
Kondisi sudah stabil setelah sein dan rem diganti led.
voltase bisa mencapai 15.sekianVolt ketika kondisi ngebut.apa hal ini tidak bermasalah untuk perangkat2 kelistrikan di motor ane.
Klo Led di ganti Hid Projector 35w dengan keadaan seperti sekarang. apakah sanggup yah om?

Model unlimited itu yang Memutus kabel Massa pada Kirpok yah Om?

Terima kasih.

Unknown mengatakan...

ane pake cara lain ancle dengan tdk memotong area stator cuma area kiprok di putus lalu kbel swit ane konek ke kontak.al hasil kontak on/switz on/lampu on jadi lamu masih bisa di on/off oleh swit oriya al hasi oke..mtr ane nouvo.ane pernah coba cara boster aki cara angcle capasitor(-)conek ke stator kbl putih cpsr(+)ane kasih 2 dioda 6 ampr searah positip aki yg satu lagi ke ground/aki(-) gagal dioda keluar asep . ada cara lain ga uncle untuk aki biar ok terus ane tunggu kabarnya uncle..

Unknown mengatakan...

lanjut dong uncle soal indikator aki ane coba gagal terus tolong dong uncle bantuanya biar aki termonitor....? 2 kabel tersebut kabel yg mana yg dikasih tahanan brapa....ohm

test mengatakan...

Om kl untuk new vixion lightning kabel yg mana hrs di potong.soal nya binggung gk ada warna kuning di spull nya dan di kiprok nya

Unknown mengatakan...

lanjutanya ni uncle bisa g ya uncle sistem diatas ane gabung dengan cara mudif full wave tanpa bongkar spul biar aki fit terus uncle...?l

Unknown mengatakan...

Om boleh minta nomernya langsung ga motor saya athlete saya masih bingung dengan arusnya motor saya
saya udah motong yang di stator warna kuning, terus juga motong di kiprok warna kuning
terus saya bingungnya cari kabel merah yang di sambungin itu
mohon pencerahannya untuk kawasaki athlete om

«Terlama ‹Lebih tua   1 – 200 dari 360   Lebih baru› Terbaru»