Friday, June 22, 2012

Modifikasi Bendik Switch Stater Motor Pakai Relay Lampu Mobil

By : Zakir Skynet

Sepuluh hari yang lalu motor honda supra fit uncle zak mulai ada masalah pada switch staternya,  kadang kala dapat starternya,  kadang kala tidak dan terpaksa akhirnya di engkol. hal ini tentunya sangat tidak nyaman 
Setelah melakukan audit investigasi dengan seksama penyebab kerusakan starter, antara tombol starter, switch starter dan dinamo starter maka kesimpulan penyebabnya adalah kerusakannya ada pada bendik/switch starternya.
Awalnya switch starter akan diservis, mengingat  uncle zak punya stok 5 buah relay lampu mobil, akhirnya diputuskan mengganti switch starter pakai relay lampu mobil, lumayan dapat berhemat sumber daya.

Cara Kerja Bendik/Switch Starter Motor

Ketika tombol starter ditekan, maka arus masa akan mengalir ke gulungan /kumparan switch starter sementara ujung gulungan  yang lain sudah menerima arus listrik positip, maka terjadi medan magnet yang akan menarik pelatuk switch, maka konektor dari aki dan konektor dinamo starter jadi terhubung maka dinamo starter jadi berputar., ketika tombol starter dilepas maka medan magnet hilang, maka konek antara konektor aki dengan konektor dinamo stater terputus, begitulah cara kerja switch starter motor.

Jadi cara kerja switch starter motor sama dengan relay-relay yang biasa digunakan untuk relay lampu, dan relay starter mobil. yang membedakan hanya seberapa besar maksimal arus listrik yang bisa dilewati( lihat bagian cara kerja Relay )

Setelah dilakukan penelitian ternyata beban maksimal pada saat load dinamo stater  honda supra fit  maksimal 25 amper
Jadi pakai relay lampu mobil dimana tertulis 30 amper masih layak digunakan.






bendik /switch starter motor




Isi perut bendik starter



Sisi dalam switch starter



Cara pasang

Jika anda malas membuka bendik lama cukup dipasang seperti pada gambar dibawah ini : kode relay 30 dan 87 terhubung ke konektor aki dan konektor dinamo starter kabel besar, sementara dua kabel kecil switch starter dipotong  dihubungkan ke relay kode angka 85 dan 86. dalam pemasangan usahakan pakai sekun-sekun kuningan biar  mantap.


Semoga info ini bermanfaat dan berhemat sumber daya







10 comments:

  1. Uncle, itu kabel kuning n hitam disambung kemana?
    Apakah setelah pake relay jadi lebih enteng starter nya? Knp?
    Thx

    ReplyDelete
  2. kabel kuning dan hitam konek ke kode relay 85 dan 86 bebas, lebih enteng karena permukaan konektor relay 30 dan 87 lebih lebar jadi arus listrik ke dinamo starter lebih besar !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap uncle
      Tapi maksud saya, kabel hitam n kuning yg menempel di switch starter apakah di biarkan saja?
      Thx uncle.

      Delete
  3. Uncle zak, tunggangan saya pulsar 200cc, saya nambah assesories sirene toa, lampu rem 4 buah, lampu dpn hid, lampu luxeon 2 buah di engine guard....apa yg perlu ditambahkan pd kiprok saya ne uncle zak...

    ReplyDelete
  4. waduh sangat kebetulan om, motor satria fu saya saat di stater pada bendiknya terdengar bunyii stak stak doang.. dan apakah dengan cara ini bisa ? dan saya masih belom paham di kode relay nomor 85 dan 86 larinya kemana ?

    ReplyDelete
  5. agar saya mendapat penjelasan yang lebih rinci. alangkah baiknya jika om menghubungi nomor saya lewat sms. 085694046323 ... jika berhasil saya akan memberi om hadiah walau tak seberapa . . .

    ReplyDelete
  6. bendik stater nya suk ses makasih atas pengetahuannya ya booz

    ReplyDelete
  7. thx om sharing ilmunya, it works.......................jadi gk pelu beli bendik stater yg harganya 90rb. cukup 20ribu sudah normal kembali :D

    ReplyDelete
  8. masih bingung.
    bendik ntu yang mana sih om?
    yang di stang bukan sih?

    ReplyDelete