Wednesday, May 9, 2012

Tip Membeli Accu Basah dan Accu Kering

By : Zakir Skynet

Suatu hari nanti, esok atau lusa atau suatu hari yang masih misteri, kita pasti dihadapkan pada suatu persoalan menentukan pilihan pembelian produk accu, dimana keputusan harus diambil dengan cepat, atas dasar itu saya akan berikan informasi yang akurat bagaimana memilih produk accu untuk kendraan anda.

Saat ini accu yang beredar untuk kendaraan motor atau mobil umumnya menggunakan type lead acid battery, dimana ada dua katagori besar untuk type lead acid battery :
  • Type konvensional dalam bahasa perdagangan accu disebut juga aki "basah"  
  • Type MF ( maintenance free) dalam bahasa perdagangan accu disebut juga"accu kering".
seperti pada gambar dibawah ini konstruksi aki type konvensional dan accu type MF :




 Kontruksi Type accu konvensional





Kontruksi Type Accu Maintenance Free


dari gambar diatas perbedaan mendasar accu konvensional dan accu type MF terletak hanya pada ventilsasi katup pembuangan udara, jadi type MF tetap berisi cairan elektrolit H2SO4. makanya type MF disebut juga tipe VRLA battery ( valve regulated lead acid ).

Tip Membeli Accu Kering  MF ( Maintenance Free )

type accu mf oleh produsen sudah terisi cairan elektrolit , jika accu mf terlalu lama disimpan ditoko misalkan selama 4 bulan,  accu akan kehilangan energy nya sebagian  (sulfation ), disebut juga self discharge . maka langkah terbaik jika anda memilih accu tipe mf, mengukur voltase accu, seberapa besar tegangannya. voltage yang bagus untuk type accu ini pada area 12,6  s/d 13 volt dapat dipastikan accu ini belum lama disimpan ditoko.
jika voltage accu dibawah 12,4 volt dapat dipastikan accu terlalu lama disimpan ditoko.


Tip Membeli Accu  Basah ( Konvensional )

type accu ini oleh produsen belum diisi cairan eletrolit, sebelum penjual accu mengisi cairan elektrolit,  ukur dahulu voltase terminal accu nya seperti pada gambar diatas, voltage harus 0 volt, pertanda accu belum pernah diisi cairan elektrolit. anda benar-benar mendapatkan accu baru.
jika pengukuran voltage menunjukan  ada angka terbaca misalkan 12 volt, maka dipastikan accu tersebut sudah pernah di isi cairan elektrolit.

Pertanyaan pertanyaan umum masalah aki kering :

apakah aki kering motor atau mobil didalamnya ada cairan elektrolit ?
jawab : Ya
apakah aki kering dalam keadaan "mati"/soak dapat di cas ?
Jawab : dapat di cas
Apakah aki jenis MF/kering air elektrolitnya bisa habis ?
jawab : ya dapat habis,
pada kasus alternator/dinamo ampernya tidak bekerja dengan baik, output voltasenya  terlalu tinggi misalkan diatas 15 volt berdampak pada cairan elektrlolit menguap berlebih.
apakah tipe aki MF disegel rapat tanpa ada tutup aki dan casing hitam dapat dilihat kondisi airnya ?
Jawab : dapat dilihat dengan cara di bor casingnya.
bagus yang mana kualitasnya antara aki konvensional dengan aki tipe MF/kering ?
Jawab : kedua-duanya sangat bagus, karena para produsen selalu berpikir memberikan kualitas yang terbaik untuk konsumennya.


semoga dapat membantu anda dalam menentukan pilihan pembelian accu



No comments:

Post a Comment