Flasher motor tipe elektronik ini sangat mudah dibuat, sengaja di rancang dengan komponen komponen elektronik yang tersedia di toko toko diseluruh Indonesia bagi yang ingin berkreasi dan penasaran ingin membuat flasher rangkaian dibawah ini bisa membantu rasa penasaran anda rangkaian ini sudah di uji di laboratorium uncle zak center hasilnya mantap habis.
vt1 A733 bisa diganti pakai resistor BC557 atau 2N5401
hasil riset ilmiah tentang flasher bisa juga dilihat dibawah video dibawah ini :
Semoga informasi ini bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia dan warga dunia pada umumnya, selamat mencoba dan berkreasi, salam damai dari kota Tangerang
Cara kerja cdi sangat sederhana, sebuah power tegangan 200 volt sampai 400 volt mengisi/ mengecas sebuah capacitor non polar biasanya antara 0,5 micro farad sampai 2 miro farad, kemudian dibuang dikonsletkan oleh sebuah SCR pada saat timing pengapian, maka akan menimbulakan percikan api pada coil pengapian yang akhinya akan membakar uap bensin di ruang bakar silender.
Umumnya motor dengan kapasitas cc 90 sampai dengan 125 cc sistem kelistrikan menganut dua sistem untuk mengecas aki pakai sistem listrik arus dc sedangkan untuk sistem penerangan lampu besar dan lampu ekor/malam listrik yang digunakan masih berarus ac, energi ini dihasilkan dari alternator motor sistem induksi yang berputar antara sepul dan permanent magnet,
Motor yang memakai sistem kiprok regulator ac dc umumnya motor 90 cc sampai 125 cc walaupun ada pengecualian seperti motor yamaha scorpio walaupun cc nya 225 cc tetap menggunakan kiprok ac dc, sistem kiprok acdc cara kerja memisahkan pengisian aki dan sistem penerangan lampu besar/utama pengisian ke aki menggunakan sistem dc, sedangkan sistem penerangan lampu besar dan lampu ekor menggunkan power ac ( alternating current ) dengen tegangan 12 volt ac, kalau dihitung secara kasar maka jumlah golongan motor ini adalah yang paling banyak di Indonesia jumlahnya mencapai jutaan enggga percaya hitung saja sendiri.
Untuk menambah wawasan dan pengetahuan dibidang regulator ini, tidak ada salahnya paman akan membahas bagaimana membuat kiprok ac dc sesuai dengan selera, dimana kita akan memodif project kiprok ini dengan output diatas rata-rata kiprok standar, berikut ini langkah langkah pasti dalam membuat kiprok super mantaff.
didalam penelitian paman kiprok original dalam satu tahun ini hasilnya sebagai berikut :
pada RPM tinggi lampu besar dinyalakan voltage jalur kabel lampu AC maksimum 12 volt.
pada RPM tinggi lampu besar dimatikan voltage jalur kabel lampu AC voltage turun ke area 10 volt sampai 8 volt
project kiprok agar berbeda dengan yang original maka kita akan membuat yang lebih dasyat dan heboh hasil yang didapat sebagai berikut :
pada RPM tinggi lampu besar dinyalakan voltage jalur kabel lampu AC maksimum 14,5 volt. tujuannya agar lampu lebih terang, dan jika ada lubang semut pun bisa terlihat dengan jelas
pada RPM tinggi lampu besar dimatikan voltage jalur kabel lampu AC voltage turun ke area 12 volt sampai 13,5 volt tujuannya agar pengisian ke aki tetap besar.
bagaimana membuatnya dibawah ini adalah sekemanya :
circuit regulator kiprok ac dc
project regulator ac dc motorcycle
test performa kiprok ac dc
model lain kiprok ac dc
wujud kiprok original yamaha mio
Semoga informasi ini bermanfaat untuk seluruh rakyat Indonesia dan warga dunia
Saat ini ada treen kecendrungan pemilik kendaraan motor mengganti jalur lampu ac menjadi dc, orang menyebutnya motor laki, kunci kontak on lampu langsung nyala bersinar terang, biasanya mengganti lampu halogen standar biasa menjadi lampu LED berwarna putih, ada yang sukses tanpa adanya keluhan aki tekor, ada juga yang kurang beruntung aki motor selalu tekor.
Bagi yang kurang beruntung, aki selalu tekor ada salah satu trik gratis, dengan cara ini power aki bisa bertambah 200 %, cukup sediakan gunting atau pisau untuk menggunting kabel kiprok acdc yang berwarna kuning maka power aki bisa bertambah 200 % misalkan power ke aki standar 3,5 amper maka setelah digunting kabel kuning tersebut arus listrk ke aki akan bertambah menjadi 10 amper lebih, mantap !!!.
Untuk perhatian sistem ini hanya untuk motor sistem kelistrikan acdc, dan seluruh sistem lampu sudah full dc dan lampu ekor malam sudah menjadi full dc alias sudah terkonek ke aki.
kabel kunign kiprok sudah digunting
demikian jurnah ilmiah paman zak kali ini, semoga bermanfaat untuk warga indonesia dan warga dunia