Motor yang memakai sistem kiprok regulator ac dc umumnya motor 90 cc sampai 125 cc walaupun ada pengecualian seperti motor yamaha scorpio walaupun cc nya 225 cc tetap menggunakan kiprok ac dc, sistem kiprok acdc cara kerja memisahkan pengisian aki dan sistem penerangan lampu besar/utama pengisian ke aki menggunakan sistem dc, sedangkan sistem penerangan lampu besar dan lampu ekor menggunkan power ac ( alternating current ) dengen tegangan 12 volt ac, kalau dihitung secara kasar maka jumlah golongan motor ini adalah yang paling banyak di Indonesia jumlahnya mencapai jutaan enggga percaya hitung saja sendiri.
Untuk menambah wawasan dan pengetahuan dibidang regulator ini, tidak ada salahnya paman akan membahas bagaimana membuat kiprok ac dc sesuai dengan selera, dimana kita akan memodif project kiprok ini dengan output diatas rata-rata kiprok standar, berikut ini langkah langkah pasti dalam membuat kiprok super mantaff.
didalam penelitian paman kiprok original dalam satu tahun ini hasilnya sebagai berikut :
- pada RPM tinggi lampu besar dinyalakan voltage jalur kabel lampu AC maksimum 12 volt.
- pada RPM tinggi lampu besar dimatikan voltage jalur kabel lampu AC voltage turun ke area 10 volt sampai 8 volt
project kiprok agar berbeda dengan yang original maka kita akan membuat yang lebih dasyat dan heboh hasil yang didapat sebagai berikut :
- pada RPM tinggi lampu besar dinyalakan voltage jalur kabel lampu AC maksimum 14,5 volt. tujuannya agar lampu lebih terang, dan jika ada lubang semut pun bisa terlihat dengan jelas
- pada RPM tinggi lampu besar dimatikan voltage jalur kabel lampu AC voltage turun ke area 12 volt sampai 13,5 volt tujuannya agar pengisian ke aki tetap besar.
bagaimana membuatnya dibawah ini adalah sekemanya :
circuit regulator kiprok ac dc |
project regulator ac dc motorcycle |
test performa kiprok ac dc
model lain kiprok ac dc |
Semoga informasi ini bermanfaat untuk seluruh rakyat Indonesia dan warga dunia
Bisa kasih skema detailnya (pcb nya)om Zack? Bersama list bahan2 nya..trims banyak
BalasHapusOm Zack, untuk SCR 1 itu pake BT151 apa bukan?
BalasHapusBisa ga kalo SCR 1&2 pake BT151 ?
Mohon pencerahannya om zak, untuk dioda zenner nya pakai tipe/ukuran berapa?
BalasHapusTerima kasih om zak....
Apa ada balasan dari om zak?
HapusMohon pencerahan om zak didalam sekema gambar circuit regulator kiprok AC DC untuk SCR1 tipenya berapa ? untuk dioda zener DZ1 menggunakan berapa volt ? dan untuk transistor Q1 tipenya berapa ? demikian terimakasih
BalasHapusSpare part-nya tlg didetilkan uncle, transistor tipe apa scr apa bt 151 semua?
BalasHapusTanggapanya gak ada dan kurang detail artikelnya sesat bisa bisa
BalasHapusSaya coba bantu jawab....
BalasHapusSCR 1 & 2 = BT151 atau 3p4m.
Tr pnp = 2n5401 atau A733.
ZD1= 15V 1 Watt.
ZD2= 6.8V 1 Watt. 1/2 pun oke.
Selamat nyoba.
Ap masny ud ngrakit & succes ? Bs d share donk hslny
HapusAp masny ud ngrakit & succes ? Bs d share donk hslny
HapusBang saya sudah bikin ...sukses...tapi lampu depan kurang terang saat gas langsam atau gas stasioner...solusinya apa ya bang.? Dioda zener yg ukuran 6.8 V di ganti ukuran berapa ? Agar lampu depan jadi lebih terang ?
HapusOm zack.. saya sudah bikin sesuai itu untuk motor saya tapi . Saat lansam lampu depan kurang terang...agar jadi lebih terang sebaiknya dioda zener yang di jalur kabel kuning di rubah ke ukuran berapa ya om ??.. sebelumnya saya pakai dioda zener 6.8 volt.. mohpn penjelsannya om zack
BalasHapus