Pages

Sabtu, 16 Juni 2012

Cara Mudah Modifikasi Kiprok / Regulator Pengisian Aki Motor

 by : zakir skynet

Ada banyak cara yang dilakukan para seniman otomotif, dalam memodifikasi kiprok alias regulator pengisian aki, dimana tujuan akhirnya adalah untuk menambah daya agar performa aki selalu dalam keadaan mantap ketika akan digunakan untuk memasok energi ke aksesoris tambahan misalnya lampu HID, sirine, lampu besar tambahan, dll.
Untuk menambah koleksi modifikasi kiprok di jagat otomotif, uncle zak akan memberikan warna baru dalam memodifikasi kiprok yang sangat super sederhana, biaya murah, tepat sasaran dan siapapun bisa melakukan modifikasi kiprok bagi yang membaca artikel ini. Jadi anda orang paling beruntung yang pertama membaca artikel ini.
dan sebarkan informasi ini pada kawan-kawan.

Cara Kerja Alternator Motor

Energy listrik untuk mengisi aki, menerangi lampu dan memasok energy ke CDI dihasilkan dari sebuah altenator,  isi alternator  motor nampak seperti pada gambar dibawah ini, inti dari alternator motor  terdiri dari beberapa gulungan tembaga disebut juga stator dan dan magnet permanent.disebut juga rotor, jika magnet berputar digerakan mesin akan  menginduksi stator maka dihasilkan listrik arus ac,  seperti listrik yang dipasok PLN.

mengingat energy listrik yang dihasilkan untuk kepentingan pengisian aki maka arus listrik dirubah dari  ac  (arus bolak balik ) menjadi arus DC (arus searah ) dengan menggunakan diode.
berhubung arus listrik yang dihasilkan alternator motor cukup besar dan  voltase cukup tinggi  jika langsung terhubung ke aki atau ke lampu, dimana dampaknya akan menyebabkan aki dan lampu cepat rusak, maka diperlukan sebuah regulator/kiprok, tujuan regulator ini agar pengisian ke aki dan ke lampu bisa seimbang. sesuai dengan kebutuhan.

alternator motor


sekema alternator motor



Cara Kerja Kiprok / Regulator Pengisian Aki

Listrik yang dihasilkan dari alternator motor baik voltase dan arus listrik untuk memasok energi ke aki maupun ke lampu  dikendalikan oleh sebuah alat yang bernama kiprok/regulator..

Ada dua katagori besar cara kerja kiprok  tetapi tetap mengacu basis voltage yaitu :

  1. Basis voltage tegangan aki, contohnya jika voltase aki sudah mencapai tegangan maksimal sebesar  14,2 volt, maka pasokan arus listrik terhenti terputus. atau mengecil, jika voltase aki masih dibawah angka tersebut maka arus listrik tetap dipasok oleh kiprok.
  2. Basis voltase tegangan output stator, contohnya setingan kiprok 13,5 volt pada saat generator motor mencapai tegangan 13,5 volt, walaupun aki belum penuh diode zener membuka saluran memerintahkan SCR membuang kelebihan voltage / energy  ke ground.


Seperti pada gambar dibawah ini rangkaian isi kiprok tipe single maupun 3 phase ketika motor dihidupkan komponen diode bridge langsung bekerja memasok  energi ke aki yang dihasilkan alternator, ketika tegangan aki sudah mencapai setingan pabrik misalnya 13,5 atau 14,2, maka diode zener mulai aktip untuk membuka saluran gate SCR maka terhentilah pasokan listrik ke aki,atau mengecil, sebagian aliran listrik kembali lagi ke stator.
Secara umum garis-garis  besar haluan kabel motor dapat dilihat seperti pada gambar dibawah ini baik single pas maupun 3 phase.
garis besar haluan kabel tipe single phase
garis besar haluan kabel tipe  3 phase
Masalah Kurang Pasokan Energy Listrik dan seting voltase kiprok terlalu rendah

Buat yang hobi tambah aksesoris-aksesoris  dimotor yang membutuhkan arus listrik besar tentunya dilema tersendiri,  tetapi setiap masalah pasti ada obatnya, ada 101 cara untuk mengobatinya, berikut ini uncle zak sajikan salah satu cara mengatasi kekurangan pasokan energi listrik dan setingan voltase kiprok terlalu rendah,   hanya dengan biaya Rp 2 ribu s/d 3 ribu untuk menambah pasokan energi listrik. baik untuk single phase maupun 3 phase.

Modifikasi Kiprok / Regulator voltage Model Uncle Zak

cara ini sangat sederhana hanya menggunakan dua buah diode seperti pada gambar dibawah ini ;hasil sangat mantap  energi terus dipasok ke aki sampai kondisi aki full charge 100 %,  namun tetap terkendali tegangan voltase.kiproknya.

cara kerjanya :
penambahan diode arah katoda menuju kiprok fungsinya untuk "membohongi diode zener" tegangan aki terpotong 0,6 volt oleh diode. dan diode zener pun belum aktip   mengangap aki belum penuh.maka saluran gate SCR masih tertutup,  diode bridge terus memasok energy listrik ke aki sampai tegangan 14,8 volt saat tegangan aki lewat angka tersebut maka diode zener mulai aktip membuka saluran gate SCR maka pasokan listrik ke aki terhenti atau mengecil.sebagian aliran listrik kembali lagi ke stator
contoh misalkan setingan kiprok pabrik 14,2

Diode katoda arah aki fungsinya memasok energy listrik ke aki

Modifikasi Kiprok Lewat Jalur Kabel Positip


Modifikasi Tambah Tegangan 0,6 Volt





Modifikasi Penambahan tegangan pengisian aki 0,6 volt model single phase half wave


Modiikasi Penambahan tegangan aki 0,6 volt model full wave  3  phase
Modifikasi Tambah Daya dan voltase 1,2 Volt

modifikasi tambah tegangan 1,2 volt

modifikasi tambah tegangan 1,2 volt


Modifikasi Kiprok Lewat Kabel Negatip

Modifikasi Kiprok  Half wave Tambah Tegangan 0,6 volt

Modifikasi kiprok full wave tambah tegangan 0,6 volt





Langkah-langkah modifikasi :

ukur terlebih dahulu voltase standar kiprok pabrik dengan alat voltmeter digital ukur tegangan aki, mesin hidupkan tancap gas amati volmeter, perhatikan tegangan aki jika maksimal 13,5 volt sebaiknya modifikasi tambah tegangan 1,2 volt. jika tegangan maksimal 14,2 s/d 14,4 sebaiknya modifikasi tambah tegangan 0,6 volt.

Keuntungan Modifikasi kiprok :
  • kondisi aki dalam keadaan setiap saat full 100 % 
  • dapat memasok  energy untuk aksesoris tambahan 
  • dapat perpanjang umur pakai aki (lihat Teori dasar Aki )
  • Tarikan stater jadi enteng karena aki dalam keadaan full
  • lampu besar lebih terang
  • suara klakson lebih lantang 
  • mengurangi efek panas kiprok, karena mengurangi konek  SCR dari jalur  listrik ac (alternating current)  ke masa/ground
  • buat yang kiproknya mengalami masalah panas berlebih bisa memakai trik ini
Kerugiannya :
  • ada pekerjaan  baru setiap dua minggu sekali harus cek  kondisi air aki harus diperiksa khusus aki basah

Cara Buat  dan pemasangannya :

Gambar 1 : Cara buat diode model 1/1


Gambar 2 : bentuk diode 6 ampere

Gambar 3 : Rangkaian Diode 5/1

Gambar 4: Rangkaian Diode Modifikasi  3/1 Tambah Voltase kiprok



Cara Pasang Diode pada  Jalur Negatip




Gambar 5 : Cara Pasang diode jalur Negatip

Gambar 6 : pasang pada jalur negatip


Cara Pasang Diode dan kiprok



Cara Pasang Diode Jalur Negatip

kabel warna hijau diputus disambungkan ke rangkaian diode

anatomi kiprok half wave motor honda supra fit



Pengujian Penambahan Diode Pada Jalur Negatip

Pengujian dilakukan pada motor honda supra fit tahun 2007
standar kiprok maksimal Voltase pengisian  14,30 volt
Aki yang digunakan 3,5 ampere GTZ-5S  MF merk GS

Langkah pertama Potong Kabel hijau kiprok


Sambungkan dengan diode konek ke ground /body















voltage terbaca 15,1 volt rasa mantap

Voltage terbaca 16,6 volt mantap full power

 

Catatan Penting Hasil Riset Uncle Zak Modifikasi Kiprok :
  1. Sebaiknya jika ingin  modifikasi kiprok tambah daya pakai Jalur negatip untuk jenis  motor apapun
  2. Ukur terlebih dahulu drop voltage diode, uncle zak dalam tulisan ini pakai 0,6 volt drop voltage diode yang umum, namun saat ini, banyak juga beredar diode drop voltage hanya 0,3 volt. jadi tinggal hitung berapa diode yg dibutuhkan untuk menaikan voltage.

 Semoga informasi ini bermanfaat bagi masyarakat automotive






















542 komentar:

  1. om, motorku suzuki arashi 125, kabel ground yang dari keluar dari kiprok kok ada dua ya... aku jadi bingung... yg mana om enaknya??? hehe... thank you!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. dua kabel atau satu kabel tetap kabel masa :
      langkah pertama potong kabel kiprok jadi dua : satu kabel dihubungkan ke potongan pertama yang kedua dihubungkan ke potongan kedua, selesai !

      Hapus
  2. mlm uncle..mau tanya ni...mtrku gl pro neo tech,aku kasih aki 10A trs pake kiprok supra fit....
    yg mw saya tanyakan, awal pasang aki lampu nya bisa trang tapi lama2 k redup trs riting juga juga g mau kedip..kaya kurang setrum,nah kalo mau dipasang dioda itu rangkaiannya bagaimana trs ukuran dioda nya itu berapa,apakah 6A semua?
    teriakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau lihat kasusnya kemungkinan sekering pengisian aki putus coba tes langsung jumper dari kiprok, kabel merah langsung ke aki, coba pakai rangkaian diode 5/1 pasti mantap, pakai diode 6amper semakin mantap

      Hapus
  3. Bos aku punya suprax 125 gimana cara modifnya terus dioda ukuran berapa yg di butuhkan juga berapa biji karena sepedakt pakai klakson mobil 2 bj tlg penjelasanya trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli saja 6 buah diode 6 amper pasang modif 5/1, hasilnya lampu semakin terang dan aki full power, kalau enga mau pusing print gambar terus cari servis tv, minta solderin.

      Hapus
    2. uncle,,motor ane sama nih supra x 125,, ane udah modif pake 5/1, begitu diukur pake multitester emg mantap ampe 16V malah kalo digeber ampir 18V,, ane pake accu untuk satria F 5,3A...
      tapi ada yg aneh uncle, kok pas di geber gas ses\dang dan gas full hasilnya lampu2 di speedometer ane kok pada ngedip2 gitu ya?? kyk kalo motornya ga pake accu itu lampunya kedip2 ga karuan yg disebabkan tidak ada arus listrik dari accu,,,
      nah hal tersebut terjadi pada lampu speedometer sy ketika sy geber sedang dan full dengan kondisi kiprok yg sudah sy modif 5/1 seperti penjelasan uncle zak di artikel ini....
      mohon bantuannya uncle,,,hatur nuhun..
      by SUPRA125HOLIC Bandung

      Hapus
    3. kalau ente engga pakai beban berat dan aksesoris lainnya, misinya agar aki tetap segar enaknya modif 1/1 atau 2/1

      Hapus
  4. Selamat pagi Gan.
    Mo nanya nih, motorku jupiter z 2007. Saya aplikasikan trik di atas dengan menggunakan 1 buah dioda 6A dan 5 buah dioda 3A, tp tegangan kok ga mau naik ya?
    Apa perlu memakai dioda 6A semua?
    Mohon pencerahan.
    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau akinya kurang bagus, atau satu sel mati, maka kalau ukur voltagenya di terminal aki tidak dapat terlihat kenaikan voltage. keberhasilan trik ini bisa juga dilihat dari perubahan lampu besar semakin terang.

      Hapus
  5. Mau nanya lagi gan kalau supra 125 kabel masa pada kiprok apa juga hijau terus kalau udah dipotong yg masuk ke kiprok di sambung dengan dioda yg potongan sebelah lagi di biarin putus apa di sambung ke mana.

    BalasHapus
  6. Mas, saya mau nanya ney.. gmana caranya gunakan mesin motor untuk nyalain lampu seperti genset gitu, (mau nambah colokan listrik) tapi gak tau gmana caranya.. kemarin disambung langsung ke positif negatif aki meskipun mesin dinyalain tapi kok tetap lowbat juga akinya... (pakai lampu 10 watt khusus untuk aki) apa ada solusi lain selain menggunakan inverter, krn setahu saya inverter kan juga dipasang ke kepala aki... terima kasih atas bantuannnya mas.. oh iya motor yang saya gunakan adalah Honda revo dengan aki kering.. tq..

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika kiprok dicopot pada rpm tinggi sebenarnya generator motor dapat power kurang lebih 300 watt = 6 amper * 50 volt. kalau mau dapat tegangan 220 volt AC dan stabil mesti pakai inverter dengan catatan outputnya harus dibawah 300 watt agar tetap stabil.

      Hapus
  7. Uncle Zak, mo nanya, Ane punya Honda Win Produksi tahun 2003, aki udah diganti 12V, 4 Am, punya GL, Qprok punya supra merek aspira, CDI dan Coil pake Supra, Spull lampu punya astrea merk hokaido (yg ori ndak produksi lagi), lampu depan, lampu riting, lampu beakang, ama lampu di indikator udah 12v. masalahnya : setelah 2 minggu pemasangan spull lampu, lampu depan mati. setelah baca literatur diatas, pake dioda 5A, dgn 2:1, dan yg 2, dipararel, jdnya 4:1, stlah 10 hari, lampu depan. listrik yg masiuk ke qprok, dari spull lampu cuman 6V, keluar dari qprok yg menuju aki, 4v dgn rpm rendah. shg saat tekan bel dan nyalakan riting, lampu depan ikut redup. mohon solusinya.
    trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. barusan saya cek lagi, lampu depan, yg dulu arus DC, sekarang menjadi arus AC, dan dari AVOmeter, RPM rendah, 6VAC, RPM naik 0,25x, 20VAC. dan saya ganti diodanya dengan 6A, 6:2, tidak ada paralel, pengaruh di aki, RPM rendah 6VDC, RPM naik 0,25x, jadi 20VDC. apa ada solusinya. trims. tambahan info, akhir pekan lalu, Honda WIN tsb saya geber full RPM.

      Hapus
    2. untuk jalur pengisian aki kabel merah paling mantap diukur hasil akhirnya diterminal positip dan negatip aki seberapa besar voltage akinya sebelum di modif standarnya 14 volt dan dan sesudah dimodif berapa ?, kalau diukur langsung kurang pas, berfluktuasi.

      standar lampu / jalur kabel ac kabel kuning, standarnya 12 volt ac gas kecepatan sedang, gas digeber habis, RPM super tinggi 10.000 maksimum 14,5 volt ac

      Hapus
    3. untuk jalur aki, belum ditest ulang, tapi, tegangan keluar dari spull, utk kabel putih 10VAC, dan kabel kuning 10VAC.
      utk qprok, setelah dimodif, kabel putih 4VAC, kabel merah 6VDC, kabel putih line hitam, naik 1 strip.

      Aki normal, tadi sudah di coba nyalakan lampu, ampere ndak kebaca, coz, AVO analog saya untuk arus, maksimal hanya 500mA, itu aj kebaca full, kabel hitam di AVO, ke lampu, dan kabel yg merah, di kabel merah aki, kabel hitam aki, di lampu.

      masuk di kotak lampu depan, utk switch lampu depan, Riting (lampu sein, lampu penanda belok, istilah utk daerah surabaya dsk), dan bel, dalam kondisi mesin nyala, dan RPM rendah, kabel kuning 10VAC, kabel putih line hitam, nol, kabel coklat, 6VDC dan 10VAC, kabel yg lain nol. utk RPM tinggi atawa sedang, lom nyoba.

      Hapus
    4. standar motor honda supra/legenda/grand
      kiprok original :
      untuk tes paling mantap motor digeber abis tanpa beban
      Ac 11 volt dc 7-8 volt
      pasang beban ;
      lampu ac 11,5 volt dc aki 14,2 volt

      Hapus
    5. naikkan voltase dari spull lampu gimana Uncle, coz kabel putih dari spull lampu cuman 10VAC, kabel putih lanjut ke qprok. dan kabel kuning dari spull lampu, cuman 8-10VAC, langsung menuju ke switch lampu depan.
      sedangkan kabel putih line hitam, dari qprok, menuju ke switch lampu depan, voltasenya ndak ngangkat,

      stlh ane cek,( 2 qprok ane qprok utk supra merk aspira, dan qprok utk supra merek AHM) pake adaptor laptop (yg multi colokan) , sedikit di modif, dan saya set ke 12VDC, utk jalur ke lampu depan, tidak keluar voltasenya, plus dr adaptor, masuk ke jalur utk kabel putih dari spull, minus, masuk ke jalur utk kabel hijau/hitam. tp jalur kabel merah keluar voltase 11VDC, dinaikkan switchnya ampek 24V di adaptornya, colokan kabel merah ampek 15.6VDC.

      Dan yg lucu, aki ane, Voltasenya 12.4VDC, 27VAC, dgn ampere 2.4.
      Krn ane ada 2 qprok, 1 qprok merek aspira, sesuai defaultnya, dan 1 qprok AHM, ane pake utk lampu depan, urutannya, kabel kuning dari spull ane lepas konektornya, kabel kuning dari spull, dimasukkan ke jalur kabel putih di qprok, jalur kabel merah di qprok, ane lanjutkan ke switch lampu depan, jalur kabel hijau, ane lanjutkan ke bodi.

      mohon pencerahannya, untuk menaikan voltase dari spull lampu, dari 8-10VAC biar bisa menjadi 12VAC, coz, klo RPM rendah, lampu depan, lampu sein, dan klakson tak mampu.

      Hapus
  8. Juragan, apakah ada masalah di multimeter digital sy ya... saya cek tegangan di aki motor kok 19,3v ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya ada masalah kemungkinan : salah putar ke volt ac bukan volt dc, atau multitesternya yang rusak, atau battery multi testernya udah soak/abis

      Hapus
  9. Gan Uncle Zak,,sy punya satria hiu 2tak,,n sy mau pake rangkaian 3:1,,tp begitu sy liat kiprok dimotor sy posisi warna berdasar katalog satria: Merah-putih-kuning-hitam, tp begitu sy buka body urutan warnanya :Merah-Putih-hitam-kuning.... mungkin tukang servis yg pasang demikian saat adik perbaiki lampu yg sering putus..kata adik kabel kuning mau putus jadi sdh baikan, n memang kondisi saat ini baik2 aja. Apa bisa gan hitam n kuning tsb ditukar2,krn sy pengen pasang rangkaian 3:1,atau sy langsung sambungkan aja ke kabel hitam diposisi yg skarang ini. Thx gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. paling pas ditest dahulu pakai volt meter dicari posisi kabel hitam.

      Hapus
  10. Thx gan,sy kembalikan posisi kabel hitamnya..nd ada masalah kayaknya,sy geber lampu stabil,,jd rangkaian 3:1 langsung dipasang di kabel hitam ke ground. sy pake aki kering satria FU yg 6Ah baru. mdh2n tambah mantap n stabil pengisiannya, rencana jika mulus2 aja mau ubah nantinya pake rangkaian 5:1

    BalasHapus
  11. bagus bgt artikel ini, jadi temanya "membohongi diode zener di dlm kiprok" MASUK AKAL banget emang untuk pengisian aki agar selalu maksimal + Jos..!!
    tp ada sdikit pertanyaan ane gan, : knp disarankan untuk memakai jalur negativ dg memotong kabel grond kiprok??
    bukanya heatsink dari badan kiprok itu sndiri mempunyai tegangan negatif yg dibaut lgsung ke body motor yg ber arus negativ juga. sama aja boong dong,
    kenapa gak pake jalur positiv nya aja untuk "membohongi dioda zenernya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama penelitian kiprok, body kiprok bukan jalur tegangan negatip coba lihat tulisan ane : cara gratis modif kiprok standar to unlimited, metode ini memotong kabel hijau/hitam kiprok, maka output ac/dc tanpa limit. kalau tipe kiprok : body kiprok jadi jalur negatip, maka modifnya pakai jalur kabel positip.

      Hapus
  12. jawabannya kacrut ga mendidik, buktinya yang waktu itu om jawab kalo vario lama saya yang 110cc ga bisa pake HID karena 35x2 dan suruh copot HID(jawaban ga mendidik dan seenaknya aja) ternyata bisa lancar jali setelah sebulan lebih ini dan ga pernah ngedrop sm sekali setelah ditest ga pernah matiin lampu dan kena macet2an. sebenrnya sederhana trik ngakalinnya, cuma om mungkin belum ngerti atau masih setengah hati, mohon lain kali jangan begitu,ini kan banyak yang baca dan mau belajar dsini,amalnya sangat menggiurkan lo(pahala itu dapetnya dunia akhirat lo), mohon om kurangi ego.

    BalasHapus
  13. CAKEP NI ,, AKU COBA 3:1 DI JUPITER Z JD MAK NYUZZZZ

    BalasHapus
  14. ampe pusing mw adopsi yg mana,, saya udah baca semua blog Mr.Uncle Zak. tentang cara modif regulator pengisian aki dari yg pake elco & 2 dioda, yg mutus kabel grounding kiprok make gigi palsu,sampe yg ngibulin diode zener tp ada kerjaan baru buat yang pake aki basah,,,

    dari semua ini saya mw nanya, ada gak dampak over charge pada aki..
    tanks ya atas ilmu2 yg udah di kasih di blog ini.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. over charge adalah suatu keadaan voltage aki pada tingkat tertinggi untuk aki basah 15,5 volt sedangkan aki kering dapat mencapai 17 volt, dampaknya pada aki hanya satu, air akinya yang cepat habis, selam ada airnya aki akan tetap ok, over charge/over voltage sangat baik untuk perawatan aki dua bulan sekali. aki butuh tegangan 16-17 volt selama 1-2 jam agar aki tetap segar.

      Hapus
  15. untuk fullwave massa dari dioda dan aki jadi satu atau di pisah mas??

    BalasHapus
  16. Mas, motor sy mio soul, pakai 2aki(3,5A+7A) itu utk hid+demon+angel, klakson hella, neon ring 12" 40watt x 2bh, strobo dll itu bgsnya pake dioda 5/1 yg 6A smua yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aksesorisnya mantap ! modif 5/1 pakai diode 6 amper semakin mantap

      Hapus
    2. udah coba pakai modif 5/1 dioda 6A semua, hasilnya sangat memuaskan bos. sebelum pasang dioda, tegangan aki dgn rpm tinggi cuma sktr 13V (pake volmeter biasa Heles, ga punya yg digital :p) dan setelah pasang dioda, tegangan aki dengan rpm sedang sekitar 16V. Uji coba yang kedua, pakai aki soak, harus stater kaki, ga bisa stater tangan, dihidupkan sampe 10 menit, trus dimatikan dan dicoba pakai stater tangan, tetap ga bisa. setelah pasang dioda, hidupkan pakai stater kaki, dihidupkan cukup 5 menit, dimatikan trus dicoba pakai stater tangan, lgsg hidup, benar2 ampuh triknya. Ini sdh saya test slama 3 hari dan ga ada kendala sama skali dan setiap diukur dalam kondisi mesin mati, tegangan aki full terus. Makasih banyak bos atas trik dan sarannya. Klo ga pake trik ini, seminggu skali harus cas aki :(

      Hapus
  17. bro kalo kiprok thunder 125 gimana caranya, potong di kabel mana? sepertinya kabel kiproknya yang hitam ada dua. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. konektor output dua kabel, biasanya negatip dan positip, enaknya diukur pakai voltmeter.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  18. uncle zak yg budiman saya mau tanya..

    motor saya suprafit new th 2005,
    pertanyaanya:
    Rangkaian yg mana yg harus saya pakai uncle zak,
    dan brapa ampere dioda yg hrus saya pakai ?

    maaf sbelumnya pertanyaan saya trlalu tolol .. tpi mohon di respon sesuai pertannyaan.

    trima kasih sblumnya uncle Zak yg budiman .

    BalasHapus
    Balasan
    1. motor ane juga supra fit, ane pakai 5/1 mantap benar, lampu terang dan aki tetap segar
      diodenya pakai saja yang 6 amper

      Hapus
  19. om mau tanya, kalo buat tiger lama buka yg revo pakai rangkaian yg mana ya? accu sudah pakai punya binter mercy yg 10AH, thanx b4

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai saja modif 5/1 pakai diodenya 6 amper semua

      Hapus
  20. o iya lampu depan saya pakai H4 145/100 watt, selebihnya standar, ga pakai asesoris macem2

    BalasHapus
  21. Om setelah saya perhatikan ternyata kiprok thunder kabelnya ada 5, 3 hitan. yang dua hitam strip merah dan hitam strip putih, saya belum ukur voltasenya, jadi bingung om.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau engga punya voltmeter enaknya soket dua kabel ditelusuri yang ujungnya konek ke body mesin, atau ke negatip aki, maka kabel negatip kiprok bisa ditentukan.

      Hapus
  22. salam kenal om, mau tanya. motor saya glpro neotch, accu 12v 2,5a. saya ingin buat rangkain ini. pertanyaaan saya: berapa ampere diodenya dan rangkaian yang mana saebaiknya yg ysaya harus buat. 1/1, 3/1, atau 5/1 om. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. modif kiprok 3/1 pasti mantap

      Hapus
    2. Terima kasih atas jawabannya om. Berarti saya siapkan diodanya 6A x 4 yah om

      Hapus
  23. Klo aki motor buat vario sama jg cara ngerakit nya Om...thk's

    BalasHapus
    Balasan
    1. motor vario dan supra fit sama ngerakitnya buat vario pakai saja modif 3/1

      Hapus
  24. Mas, utk trik kiprok motor mio soul saya sangat memuaskan. Ada trik utk mobil Honda Crv yg 2500CC Matic ? Aki sering soak sendiri, dalam 1 tahun udah 2x ganti Aki, mau merk Yuasa ato GS sama aja. Mobil jarang dipakai, tiap pagi cuma dihidupkan sktr 10-15 mnt utk panasin mesin saja. Ga sampai 2 bulan, aki pasti soak, tegangan di bawah 12V. Mobil dipakai sebulan 1x cuma sktr 1-2 jam saja. Ada trik atau saran bos untuk mobil ini ? Karena tiap bawa ke bengkel, alasannya cuma 2, pertama karena mobil jarang dipake, kedua aki sudah rusak, padahal baru stgh tahun lebih ganti aki baru. Memangnya kalau mobil cuma dipanasin, akinya tdk mengisi yah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aki merk apapun jika didiamkan, 3 - 4 bulan pasti akan drop/soak, bahasa kerennya self discharge/debit diri, kedua asam sulfat dan air akan terpisah, asam dibawah air diatas, seperti minyak dan air, maka ketika dibutuhkan starter, pelat atas reaksinya berkurang, pelat bawah aki diselimuti asam, akhirnya kurang maksimal/soak

      solusinya aki harus dicas external perbulan sampai tegangan 15 s/d 16 volt full power sampai bergelembung, kurang lebih 4 - 6 jam, pasti mantap.
      cas dimobil sudah dilimit 13,8 s/d 14,2 volt.

      Hapus
  25. uncle saya sudah aplikasikan metode ini pada suzuki thunder 125 dengan menggunakan 5 buah dioda 6 amper, tetapi sepertinya belum ada perbedaan yang saya rasakan, seperti misalnya lampu ketika lampu besar nyala kemudia saya nyalakan lampu sen, lampu besar masih ikut kedip. saya pasang pada jalur negatif. atau mungkin ada kesalahan dalam pemasangan rangkaian dioda saya. saya juga sudah coba padukan dengan rangkaian capasitor bank super power nya uncle zak dengan menggunakan 2 capasitor 10000 mikro farad 50 volt, dengan sambungan ke kabel spul dan aki. mohon pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tingkat keberhasilan modif hanya bisa diukur voltage terminal aki tanpa beban, positip dan negatipnya, biasanya thunder sebelum modif voltage hanya pada area 13 - 13,5 volt, setelah modif berapa ?

      soal lampu depan berkedip ketika sen dinyalakan, biasanya kabel utama/sekering konek ke aki, terus menuju kunci kontak, biasanya kabelnya sangat kecil.

      solusinya kabel sekering ganti pakai sekering yang kabelnya tebal/serabutnya tebal pakai sekering mobil,

      kabel yang menuju kunci kontak ganti pakai kabel serabutnya tebal. pasti mantap !

      Hapus
  26. Om, untuk tiger 2000, potong kabel yang mana? hitam apa yang hijau?
    terus enaknya pake rangkaian yang mana?
    ane pake H4 100/90watt, terus pake aki 2(7AH+5AH),,
    tapi aki tetep tekor..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pakai lampu 100/90 watt pasti akan selalu tekor kalkulasinya : kemampuan generator tiger : RPM rendah 35 watt RPM tinggi maksimal 105 watt dan pasti akan selalu minus, dan akhirnya ambil cadangan energy dari aki, dan akhirnya aki pasti tekor.

      kalau mau solusi anti tekor : lampu besar langsung ambil dari generator, kabel merah yang menuju aki dipasang diode, katodanya langsung ke aki anodanya konek ke lampu besar pasti mantap.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  27. uncle zack,ane pnya mtr vario thn 2008,ane pke lmpu hid 35watt x 2.dan sering tekor,ane udh gnti aki kerin baru v msh ttp aja tekor..ane pngen pasang cara uncle zack.v ane gak tau carany?tlong uncle zack mhn pncrahan nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai lampu HID 2 buah biar engga tekor butuh pasokan energy 6 amper dari generator, posisi langsam maupun rpm tinggi

      masalahnya kemampuan generator motor ente RPM rendah cuma dapat 2 amper, rpm sedang 4, dan rpm tinggi dapat amper, sudah pasti tekor, tinggal menghitung hari.

      ane sarankan pakai HID 1 buah saja, pasti engga tekor, posisi gas RPM rendah dibesarkan sedikit, modif diode 5/1 pasti ok

      Hapus
  28. dan klo modif kiprok 5/1 bsa ga uncle bwt mtr vario ane?trus klo mslnya udh brhasil apa harus gnti klstrikan dari AC ke DC?

    BalasHapus
  29. Uncle zak, motor aq mio soul pke lampu hid udh di coba pke dioda 1/1 sama 2/1 di kabel positip. Tp msh tekor jg akinya. Mohon pencerahan. Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya modif pakai jalur negatip 5/1, dan posisi gas langsam dibesarkan sedikit pasti ok.

      Hapus
    2. Yg 5 nya itu pke brp ampere ?

      Hapus
    3. bisa pakai diode 3 amper atau 6 amper

      Hapus
  30. ane udah pke modif diode 5/1..dan diode 6 amphere smua..klo modif generator ny supaya ningkatin amphere nya bsa ga uncle?

    BalasHapus
  31. Uncle aq dah coba pke modip 5/1 di posisi ground. Tpi msh ttp tekor cmn lampu blkg sma sen msh ttp orinya. Apanya yg hrs d rubah lg ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. akinya sudah sulfation, coba ganti akinya pakai GS astra/ aspira.

      Hapus
  32. uncle zak yg baik hati,ane udah baca artikel mmbuat booster pengisian aki.cara pasang ke mtr vario gmn uncle?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gambarnya sudah jelas, yang penting perhatikan dengan seksama.

      Hapus
  33. Uncle zak,saya punya thunder gsx 250,aki motorku slalu tekor apabila lampu dinyalain,bahkan kalo akinya nggak full semua lampu dinyalain lama kelamaan motor mati pada rpm rendah(lampu depan bawaan pabrik 100w,aki 12v,10a,full wave)),yg saya bingung apabila mesin dinyalakan,aki dilepas tegangan pd pengisian cuma 9-10v pd rpm diatas 2000,tp kalo aki dipasang,output kiprok ke kelistrikan motor dilepas tegangan normal 12-13.5v,jadi tegangan turun saat masuk ke cdi dll,apakah kelistrikam ada masalah atau hanya akinya saja yg soak?apakan bisa diakali dg menaikan tegangan?kalo bisa sebaiknya pake cara mana?,mohon pencerahannya,terimaksih banyak untuk uncle zak

    BalasHapus
    Balasan
    1. motornya normal !, cuma kasusnya akan selalu berulang karena pakai lampu bebannya besar 100 watt, membutuhkan 8 amper arus dari generator, baik rpm rendah maupun tinggi, kemampuan alternator thunder RPM rendah 3 amper, RPM tinggi 7-8 amper, sudah pasti akan tekor.

      solusinya :
      ganti lampu wattnya lebih rendah 55 watt atau lampu efisien HID cuma butuh 3 amper.
      atau, kalau pakai 100 watt enaknya langsung ambil dari generator. engga ambil dari aki.

      Hapus
    2. tapi bawaan pabrik memang 100w,blm pernah ganti,utk lampu dll dari pabriknya semua ambil dr aki,dl wkt msh baru sampe 5th lbh gak ada mslh,lampu sangat terang aki nggak tekor,tp setelah ditambahin alarm dan aksesoris lain aki mulai tekor,tp sekarang dah tak cabut semua aksesorisnya tp msh tetp tekor,kl spul memang pernah gulung ulang persis aslinya,kl beli yg asli mahal banget diatas 500,kl saya curiganya spul atau kabel body,mungkin uncle zak punya solusi kl harus ganti kedua2nya sangat mahal.thanks

      Hapus
    3. alaternatif terakhir pakai booster coba baca artikel nya posisi langsam lumayan dapat tambahan power 100 %, cara pasangnya mudah, karena beban 100 watt beban berat pasangnya engga usah pakai alat otomatis. langsung konek.

      Hapus
  34. booster nya di pasang ke masa sma aki doank ea uncle?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara pasangnya sangat simple coba perhatikan gambarnya

      Hapus
  35. uncle motor saya honda revo absolute,motor saya menggunakan lampu HID tapi AKInya sering tekor,bagaimana solusinya agar AKI motor saya tidak tekor???

    mohon konfirmasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba modif 5/1, terus RPM rendah agak dibesarkan sedikit biar arus listrik dapat 3 amper, pasti mantap !

      Hapus
    2. maksudnya modif 5/1 itu gimana yah uncle?

      Hapus
    3. cara merangkainya bentuknya ada pada gambar 3 diatas

      Hapus
    4. Uncle,berap banyak dioda yang harus saya gunakan??
      dan berapa amper dioda yang harus d pakay??

      Mohon konfirmasinya!..

      Hapus
    5. pakai 6 buah diode, pakai saja diode 6 amper biar mantap !

      Hapus
  36. oy Uncle Zak, untuk mobil carry 1,5 bisa ga? soalnya akinya sering tekor karena mblnya jarang dipakai (sebulan 2x) dan kalau dipakai paling cuman 2 jam doang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane belum coba aplikasikan di mobil, jadi belum tahu hasilnya, merk aki apapun jika mobil jarang dipakai sudah pasti aki akan tekor. aki akan self discharge/debit diri

      Hapus
  37. uncle zak,klo pasang booster pngisian aki tanpa pake relay sma switch bsa ga?adakah krugian nya?mhn pncrahannya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanpa pakai relay dan switch pasang booster bisa, kerugiannya ente harus cek air aki 2 minggu sekali, karena aki terima arus cukup besar, tapi kalau hid nya nyala terus voltage aki normal /stabil.

      Hapus
  38. SIP, SANGAT BERMANFAAT...
    Saya udah nyoba trik ini di 2 motor, yaitu motor saya dan mtor kakak sy,
    Honda SupraFit2004 & Honda Fit-X 2008,
    ::
    untuk SupraFit2004 saya pake trik ini deoda 3/1, 1A & 6A,
    sebelum dimodiv tegangan aki cuma 11,5v stelah dimodiv 14v-15v, MAK NYOSS.. Hasilnya JOSSSSsss!!!! aki Full tank terus (kyk bensin aja 'fulltank' ,hhehe)
    acesoris tambahan :
    klakson Keong 45W,
    Lampu LED Luxeon 10W,
    LED Cree 15W, dll.
    KLakson nya Bunyinya Nyaring & Lantang.. (sampe2 klo ngLakson sering dipLototin orang wkwkwkwk)
    Lampu nya jd terrrrang bgt, klo malem2 lewat jalan sering jadi tontonan org berasa ada artis lewat... lampunya buat ngedip2 juga oke smpe lawan arah kdang ngedip2 balik krna kesilauan.
    ::
    untuk Honda Fit-X 2008
    acesoris tambahanya cuma Lampu HID 35W,
    udah make cara 3/1 gk ada efek, 5/1 juga gk ada efek alias aki tetep tekor, trus pke jalur tanpa modal alias langsung cabut kabel hitam/Groun di kiprok.
    Daannn hasilnyaa.. MAKNYOS...
    aki full terus, Spanjang jalan lampu HID idup terus no problem,
    Saat kondisi berhenti & ktk mesin mati pun Lampu HID nya tetep idup lama dan dalam keadaan lampu HID idup mtor di stater pun tetep Jos stater nya krna supplay accu nya selalu ..
    ::
    THANKS YA, SANGAT BERMANFAAT TRIK NYA...
    MKSH BYK YAAA....
    Salam...yuda
    dari lampung

    BalasHapus
  39. uncle zak,klo pke aki kering apakah harus slalu di cek?trus adakah krugian nya?misalnya pke switch aja tanpa pke relay apa bsa?
    Trus ane udah pke modif kiprok cara 5/1,berhasi dan tidak tekorl!tp ktika udah lama di hidupkan kdang2 lampu hid ane suka mati sendiri wktu mtr jalan.trus klo brhnti mtr nya lampu di hidupkan kmbli lg nyala.kira2 apa pnyebab nya?hehe maaf nanya mulu..coz ane kurang ngrti ama klistrikan.mhn pncerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pakai aki kering/mf engga perlu di cek, dan tidak usah pakai peralatan tambahan.
      lamou HID sering mati, penyakitnya biasanya sekering lampu HID kendor atau kabel yang aki terlampau kecil., akhirnya menyebabkan panas, pasokan listrik ke ballas hid terganggu

      ganti kabel atau sekeringnya pakai kualitas bagus pasti mantap.

      Hapus
  40. uncle zak saya mau nanya mobil saya tegangan pengisian nya 13,5 volt , padahal seharusnya khan 14 volt gmana caranya menaiikan tegangan menjadi 14 volt dg aman ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan akinya sudah sulfation/powernya tinggal 75 %, coba cas akinya pakai charger ekternal cas selama 8 jam biarkan voltage mencapai 16-17 volt, aki kembali segar dan voltage dimobil kembali ke 14-14,5 volt.

      Hapus
    2. maaf uncle zak apakah apabila tegangan pengisian dr regulatornya 13,5 volt itu normal dan klo misalnya tdk normal apakah bisa menggunakan trik ini dan bgmana cara yg paling simpelnya?

      Hapus
    3. Sudah saya cas 8 jam tapi sama aja hasilnya , karena kalau AC nya di besarkan /dikencengin tombol nomer 3 accunya pasti tekor tapi klo AC nya dikecilin yg nomer 1 ga apa2 alias ga tekor, acuu tekor ketahuan saat jalan pake AC besar trus berhenti ga kuat start lagi, tapi klo acu sudah di charge bisa start lagi, kalau nyalain lampu besar dan yg lain2 tdk pengaruh , gmana solusinya ya? krn sudah dicek di tukang dinamo amper dan dinamo starter tdk apa2.........

      Hapus
    4. IC alternator 13,5 s/d 13,8 sebenarnya sudah normal, biasanya mobil-mobil eropa Mercedes, mobil-mobil japan biasanya 14 s/d 14, 5 volt.
      kalau mau "Bohongin" IC alternator agar limitnya naik prinsipnya bisa, boleh juga buat bahan postingan bahas alternator mobil.

      kasus mobil ente sepertinya ada konslet body pada area blower/kipas angin pada switch nomer 3, matikan saja switch yang bermasalah/jangan dipakai.

      Hapus
  41. Assalamu'alaikum... uncle zack, sy mau nanya. Sdkt prkenalan, mtr sy thunder 125. Umurnya sdh hmpr 5 thn. Mslh aki, sdh ganti pada thn ke 3. Kndisi klistrikan nskrg itu pkai knsep touring, pkai sirine, klakson denso, dan strobo, nmun mslh klistrikan msh. Tp skrg, kok lmpu utamanya agk redup.Kira2 apa pnyebabnya?

    Rncna mtr sy ini mau diremajakan kmbali,, cat dan klistrikannya. Dan sy rasa prlu pnambahan item2 buat pelngkapan touring. Rncana mau pasangkan lampu HID, angel,demon, eyes proyektor, sirine toa 15 watt 13 suara,klakson(ttp), weser blakang tmbah 2 psang Variasi spt weser variasi, lampu stop F1, piting rokok spt pd mobil utk cas HP(for touring), dan mgkn jk mmungkinkan pasang lampu sorot mobil.


    Kira2 utk knsep modif diatas, apa sj modifikasi klistrikan yg prlu diubah,?, apakah hnya pd kiprok dengan pnambahan dioda dgn modifikasi, atau bgmn?. Mohon ptunjuk dr knsep mdifikasi klistrikan. Mlai dr jenis dioda, mdel rangkaian, dll.

    Trimaksh bnyak uncle.....


    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk motor thunder yang harus diperhatikan pada kabel positip dari aki ke kunci kontak dan sekeringnya karena kabel ini membagi supply seluruh kebutuhan listrik lampu besar, sen, dan aksesoris lainnya. usahakan kabelnya agak besar dan sekering yang kokoh. jika kabel utama ini sudah karat dan sekeringnya sering kena panas otomatis lampunya redup.

      kalau mau di modif kabel ini yang harus dimodif, seperti sistem kelistrikan mobil. pasang relay besar (main Relay), kunci kontak hanya terima arus kecil untuk menggerakan/konek main relay, seluruh arus dikendalikan main relay.

      jika powernya masih kurang, pasang saja booster disini ada artikelnya, pasti akan menambah performa kelistrikan, suara klakson lantang, dan lampu besar bisa menembus kegelapan malam !



      Hapus
  42. bos saya punya motor megapro tahun 2005 tapi sayangnya lampu tidak bisa terang dan akinya cepet drop dan tidak bisa mengisi.mohon bantuannya bos.

    BalasHapus
    Balasan
    1. motor megapro sebenarnya sudah fullwave, kalau masih akinya tekor terus, pasang saja booster, artikelnya ada disini coba baca ; cara mudah membuat booster kiprok pengisian aki.

      Hapus
  43. klo aki masih tekor terus apa penyebabnya om.ok,trima kasih atas bantuannya.akan saya coba om.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau umur akinya sudah lama/tua biasanya sudah sulfation, coba ganti akinya. kalau akinya masih baru, coba cas selama 4 jam pakai cas ekternal. biarkan voltagee aki sampai 16 volt

      Hapus
  44. permisi mau coba ikutan nanya om .
    motor saya yamaha scorpio thn 2005 .
    kelistrikan standart(AC) di rubah ke DC mengunakan kiprok standart ,karna pemasangan HID efeknya aki jadi tekor .
    sebelum dirubah kelistrikannya keadaan normal semua .gak ada masalah ..
    saya pakai accu GS GM7B-4B (gold shine) 12v -7Ah
    solusinya supaya bisa normal semua gimana ya om??
    mohon bantuannya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. motor scorpio power generatornya sebenarnya sudah sangat mantap, jalu charging aki : 6 s/ 7 amper didapat rpm tinggi, rpm sedang 4 amper, rpm rendah 1,5 amper.
      modif kiprok 4/1 cukup membantu menambah limit pengisian aki pada rpm tinggi
      lampu hid butuh arus listrik 3 amper konstan, biar engga tekor, gas rpm rendah sedikit dibesarkan agar dapat 3 amper. jadi balance.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. om .saya sudah modif kiprok 4/1 .memang hasilnya pengisian jadi lebih cepat .tapi kenapa ya kabel sikring dari bendik jadi panas di rpm 7000 - keatas?
      saya pakai diode 6 amper semua .
      apakah terlalu besar diodenya atau perlu ganti kabel sikring yang lebih tebal?
      tolong dibantu ya om .
      makasii

      Hapus
    4. sekeringnya ganti yang lebih besar, sekering engga boleh kendor harus kokoh jika kendor efeknya akan panas dan rumah sekeringpun akan meleleh kena efek panas.

      Hapus
  45. saya baru ganti aki om,tapi tetep aja masih tekor.cara pemasangan boster kiprok gimana om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau aki baru minimal enam bulan baru tekor, kalau pakai aki abal-abal seminggu bisa tekor, sekarang paling enak ukur voltage akinya jika digas voltage naik ke 13 s/d 15 volt dipastikan kiproknya bagus, jika voltage diam 12 volt walau gas digeber dan cendrung turun voltagenya dipastikan sekeringnya putus atau kiproknya rusak.

      Hapus
  46. uncle sya udh pasang modif cara 5/1 dan udh pasang jg booster pengisian aki pke yg 80v 10.000uf..apakah tidak akan trjdi apa2 pda mtr vario saya?
    Positif elco di pasang dioda trlbih dahulu lalu di pasangkan pada positif n negatif aki.lalu negatif elco di sambungkan ke kabel putih stator/spul dan kabel putih satunya yg sdh di putus td di isolasi dan di biarkan saja.Trus knapa pke hid 2x35 watt msh ttp aja tekor uncle..apakah ada yg slh dlm pemasangan nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara pasang booster kurang tepat, kabel putih adalah kabel charging ke aki, harus dipasang, coba lihat artikel : modif fullwave tanpa bongkar spull cara pasangnya gambar paling atas, lebih sederhana

      Hapus
  47. saya pasang booster nya gak pke relay sma switch..apa tidak apa2 untk aki mtr saya uncle?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau lampu besar nyala terus aman-aman saja, kalau jarang pakai lampu sebaiknya pasang switch, arus listriknya besar.

      Hapus
  48. uncle saya udah coba v msh cara yg lama cuma jalur kabel stator yang putih di ganti ke kabel wrna kuning?sdh betul kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah betul ! solder dioda yang bagus biar mantap dan jangan terbalik, kalau terbalik bisa konsleting.

      Hapus
  49. sudah uncle..v ktika mtr di hidupkan dioda nya panas bgt.ane takut pada meleleh..apakah itu normal uncle?

    BalasHapus
    Balasan
    1. diode fungsinya merubah arus ac ke dc otomatis panas, dioda tidak akan meleleh, daya tahannya sampai suhu 150 derajat celcius

      Hapus
  50. Uncle

    saya mau tanya.saya pakai motor jupiter th 2003. di motor saya pakai kiprok tiger, klakson kapal, lampu hid, lampu angel eye.padahal saya sudah pakai kiprok tiger. tp aki msih saja tekor. gimana caranya agar aki tidak tekor?

    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. posisi gas rpm rendah dibesarkan sedikit biar posisi langsam generator dapat memasok arus listrik 3 amper lebih jadi balance dengan HID, kalau lampu hid nyala terus, pin sensor kabel tengah kiprok tiger warna coklat diputus saja biar jadi unlimited.

      Hapus
  51. Uncle zak, mtr sy vixion 2011,,aki gs astra 3.5A, lmpu depan autovision H4 45/40W, biar gag tekor aki nya, rangkaian dioda ny brp??

    BalasHapus
    Balasan
    1. modif pakai diode 4/1 bisa membantu pada rpm tinggi pakai jalur kabel negatip, RPM rendah gas dibesarkan sedikit biar balance dengan lampu 45/40 watt.

      Hapus
  52. om mau nanya,kabel hijau yang menuju kekiprok motor megapro saya,saya potong dan saya sambungkan ke kutub negatif aki.dan kiprok sangat panas,apakah itu tidak apa2 atau itu bisa bermasalah bagi kiprok om.terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kabel hijau dipotong dikonek ke terminal aki negatip atau tidak dipotong sama saja tetap terhubung ke massa/ground, kiprok megapro sudah pasti akan selalu panas, karena cara kerjanya arus lebih dari stator dibuang /dikonsletkan ke ground, efeknya kiprok jadi panas.

      Hapus
  53. uncle apa bisa trik ini di kombinasikan dengan trik modifikasi lampu motor sistem AC ke full DC,? ane rencana mau pake untuk suzuki hayate dengan bohlam lampu 25W X 2, bohlam mau ane ganti 35W x 2.takut aki ane tekor soalnya. trus pake rangkaian diode yg berapa soalnya ada peningkatan kebutuhan watt dalam lampu besar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pakai lampu 35 watt 2 buah butuh arus listrik 6 amper ( beban berat )kalau ambil listrik ambil dari aki full dc sudah pasti akan tekor, enaknya pakai sistem ac saja, beberapa hari lagi akan diposting triknya sistem penerang ac lebih dasyat dari full dc.untuk yang pakai beban berat

      Hapus
    2. om,apa bisa modif kiprok pengisian aki di sertai langsung dengan modif kiprok lampu besar lebih terang?

      Hapus
    3. dua modif sekaligus sangat bisa !

      Hapus
  54. waduh uncle dah terlanjur dibikin dc, ini lagi nyoba pake bohlam standar bawaannya 25W X 2.ane demen dc soalnya uncle, ngga ngedip2..hehehehe. ada solusi lain uncle biar ane bisa pake 35W X 2 ngga pake tekor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalah aki tekor terkait input dan output arus listrik, pakai saja unlimited gunting kabel hijau atau hitam kiprok.lampu lebih terang dan mantap.

      Hapus
  55. tanya lagi uncle. kemaren ane bikin dc pake lampu 25W X 2 ternyata tekor. kalo gini gimana uncle, saya bikin dc, tapi kabel kuning kiprok ngga disambung ke kabel warna merah,tapi ane sambung ke kabel kontak, trus ane tambahin trik pake unlimited potong kabel hijau atau hitam kiprok, tekor ngga uncle? asumsi msh pake bohlam 25W X 2. kalo ane ganti bohlam 35W X 2 gimana? lampu ane sudah model AHO, kontak langsung nyala.maaf ya uncle ane nanya terus,.belom dapet solusi buat lampu motor bisa dc pake 35W. ada saran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. output power alternator motor setiap motor berbeda, pakai 25 watt x 2 posisi agak riskan posisi rpm rendah, coba test voltage pakai voltmeter digital,dan atur posisi gas agar voltage aki di area 12, 2 s/d 12, 5 volt. posisi rpm rendah. jika posisi volt aki diarea tersebut pasti engga bakal tekor.

      Hapus
  56. om bila kabel hijau tersebut tidak saya sambungkan ke kutub negatif aki dan pada rpm tinggi lampunya mati.itu apa penyebabnya om?trus bila aliran aki pada kutub positif saya putus motor saya tidak bisa hidup itu knp om?makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara kerja kiprok megapro posisi RPM tinggi tanpa aki arus listrik dibelokan ke masa, jadi lampunya mati/meredup. mungkin motornya sussah hidup,

      Hapus
  57. uncle saya mau tanya, kalau dipake semua yang 6A buat dipake di vario dengan 2 lampu HID depan, apa bisa mengatasi aki tekor om? maklum newbie nih om. mohon bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasang dua buah HID butuh arus listrik 6 amper konstan, RPM rendah maupun tinggi, kemampuan generator vario memasok listrik rpm rendah 2 amp sedang 4 amp tinggi 6 amp, jadi yang pas pasang satu HID, kalau pakai 2 buah pasti tekor.

      Hapus
    2. kalau ditambah 1 buah accu yang 6 amp gimana uncle, setidaknya meminimalis tekornya accu, yang saya baca2 seperti itu jadi mohon pencerahan uncle zak.

      Hapus
    3. pasang aki 6 amper, memang membantu jarak waktu lama tekornya aki.

      Hapus
  58. baik uncle, terimakasih atas masukannya, kalo gitu saya pake yang rangkaian dioda aja dulu sementara pake trik 3/3 lampu tetep ac. ditunggu trik-trik yahud berikutnya uncle. thanks

    BalasHapus
  59. Muantaaap info nya Uncle, klo buat tiger revo yg udh pasang kapasitor bank 10.000mf 50v x 4 +klakson Stebel+ klakson mobil+ foglamp 55w+ Headlamp H4 55w brpa bnyak Diode nya Uncle, trus kabel kiprok nya yg warna apa. Makasih sblumnya utk untuk smua informasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. standar motor made in japan kabel masa warna hitam atau hijau, pasang 4/1 lebih power full

      Hapus
  60. numpang tanya om,
    aku ada masalah pada vario 125 yg kalo gk salah sistem ACG 3 phase kiprok menyatu dgn ECU.
    bisa gak cara diatas diterapkantpada motor ini dan gimana cara naikin arus pengisian karna akinya sering tekor stlh ganti lampu dgn watt lbh besar 35 watt x 2 dari standar 25 watt x 2
    saya cek dg avometer voltage cuma dikisaran 9-10 volt,kalau udah gitu ngengkol dah kalo mau nyalain motor.
    mohon masukan dan bantuannya, trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. trik ini universal jadi bisa untuk naikin arus pengisian aki untuk semua motor, kalau voltage aki sudah 9-10 volt, coba cas ekternal, kalau masih tidak kuat stater akinya sudah sulfation harus diganti.

      Hapus
  61. Om saya mau tanya saya pake kiprok tiger saya pasang lampu hid kalo mau pakai rangkaian 5/1 itu kan di sambung nya ke kabel ground yg dari kiprok trus soket kiprok nya tu ada 5 kabel 1 2 3 di atas dan yg no 4 5 di bawah urutan nya dari kiri ke kanan itu kabel ground nya yg no brpa om zak trus kalo saya pakai rangkaian 5/1+di tamabah boster bisa ga? Mhon jwban nya ya om zak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah pasang kiprok tiger, pasangnya di pin no 2 kabel sensor, model diode kabel positip, pakai booster lebih mantap.

      Hapus
  62. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. prinsipnya sama saja, contoh diatas sudah universal, standar warna kabel kiprok motor made in japan, kabel warna merah positip ke aki, negatip/massa : hijau/hitam, kuning : lampu/generator ac, putih : generator

      Hapus
  63. Om Zak, salam kenal.
    Mau tanya dikit. untuk rangkaian diatas apakah arus ampere nya jg msh sama atau turun karna efek menaikan tegangan? jadi ya percuma kalo tegangan naik tapi ampere nya turun, karna yg saya liat diatas cuma pict hasil ukur tegangan saja.
    Apalah arti sebuah tegangan tanpa arus.... eehehehehehe.
    Dioda nya sendiri apa ga panas waktu rangkaian aktif..??

    Saya sendiri lagi bikin Aki dari bekas cell batre leptop (Li-Ion), total 16 buah, rangkaian seri-paralel 4x4, jadi total (klo msh bgs cell nya) 16v/8A (16.8v jika 4.2v/cell).
    kebetulan ada blog nya si Om jadi bisa modip kiprok buat ngimbangin tegangan aki yg sekarang.
    Hanya saja untuk masalah Aki/battery kan ga sembarangan setrum(cas) Om.. ane cek di batteryuniversity.com ribet juga klo ngerawat aki/batre, ga boleh cas melebihi 1C bla bla bla....

    So, intinya... hasil modip kiprox om Zak apakah output arus(ampere)nya tetap sama? dioda 6A apakah cukup? 14v x 6A = 84Watt, klo kiprok ternyata bisa 95Watt, wahh.. sayang dong ada yg disunat sama dioda..

    thx in advance..

    BalasHapus
    Balasan
    1. trik ini sebuah metode khusus untuk menaikan limit cut out voltage pengisian aki, efeknya aki selalu dalam full power 101 %, misal setingan kiprok pabrik 13,5 sudah cutout kurang mantap, kita rubah ke 15 volt cutout, terus bagaiman amper nya, sudah pasti ada kenaikan engga mungkin aki naik voltagenya jika tidak arus listrik.

      untuk model kiprok tipe series varian bebek efek pemasangan diode model seperti diatas, jelas akan mempengarhi efek zener pada gate scr, gate scr terbuka lebar maka arus listrik lebih besar,pada rpm yang sama sebelum modif. untuk model kiprok shunt juga sama efek zener belum berpengaruh ke gate scr, akibat amper lebih besar pada rpm yang sama.

      diode dirancang dan tugasnya untuk menahan panas sampai suhu 150 derajat celcius engga usah takut

      soal referensi cas aki, ada ribuan referensi, coba cek patent USA, mungkin referensi terbaik adalah pengalaman yang dilihat, dialami, dan dirasakan.

      Hapus
    2. maaf uncle, tp d motor sy voltnya naik tp amper dlm keadaan langsam 2 A, rpm sedang turun 1,8, selanjutnya full rpm 1.5 - 1.3 A.

      knp malah turun om??
      ni sy mw coba triknya om yg lain..

      mhn solusinya..

      Hapus
    3. kiprok apapun jika voltage sudah tercapai misalkan 15 volt cutout arus amper mengecil, diode zenernya aktip, menutup gate scr untuk model series, sedangkan model shunt scr membuang arus ke ground.

      Hapus
    4. thx reply nya om Zak,

      hmmm.. sejatinya yg dimodif tuh "harusnya" ganti zener yg didalem rangkaian kiproknya kan om Zak. tapi apalah daya kiprox nya di press rapet bener...

      anyway thx bgt om Zak atas pencerahannya,
      tapi tetep.. ane sangsi klo pake diode 6A itu..
      kira2 rekomen ga om Zak klo pake schotky barrier yg biasa ada di PSU kompouter? simbol nya kaya gini nih --|>-.-<|--
      secara doi bisa/aman di paralel n spek ampere nya yg tinggi bgt bisa sampe 30A lebih..
      coz, ane byk bgt tuh dioda barrier bekas cabutan PSU.. heheehe.

      ataw mgkn bisa pake resistor yg high watt aja ya!?? misal 20ohm/20watt. ?????

      Hapus
    5. pertimbangan ane pakai diode 6 amper :
      1. kalau ente buka isi dalam kiprok original dan non original AC/DC merk apapun pakai diode 3 amper, ane pakai 6 amper sepertinya lebih dari cukup.
      2. kalau masih kurang kuat bisa di dobel pararel jadi 12 amper
      3. harganya ekonomis dan mudah didapat, di semua toko elektronik.

      Hapus
  64. uncle zak kalau dicoba ke lg pro neotec ko malah ketika di gas jadi gak lancar,,,,apa salah pasang atau gak cocok untuk neotec....

    BalasHapus
    Balasan
    1. modif seperti untuk motor gl pro sangat bisa, kemungkinan salah kabel !

      Hapus
  65. maap om zak mau tanya sekali lagi maklum om saya kurang hapal hhee, berarti dioda nya langsung di colok ke kiprok yg pin no2 trus yg satu nya lagi di hubungkan ke masa/ground begitu bukan om zak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan ke masa bisa konsleting, hanya dihubungkan di kabel no.2, entar kalau sudah jadi posisi diode, ada diantara kabel no2.

      Hapus
  66. mau tanya on Zak, saya pake vixion lightning.
    sekarang pake HID 35W dengan angle dan demon eye
    trus dimotor saya pasangin voltmeter digital yagn diambil dari stop kontak

    pada posisi mesin nyala dengan rpm rendah
    sebelum dinyalakan HID 35W dengan angle dan demon eye tegangan standar nya 14,3V
    ketika angle dan demon eye nyala tegangan turun jadi 13,8V, ketika rpm dinaikkan menjadi 14,1V
    ketika semua nyala (HID, angle dan demon eye) tegangan makin turun menjadi 13,5V, ketika rpm dinaikkan menjadi 14,0V mentok.

    pertanyaan :
    1. diode berapa amper dan model seperti apa yang sebaiknya dipakai?
    2. pemakaiannya di jalur positif atau jalur negatif?

    keterangan :
    - Kiprok model Half Wafe dengan kabel warna kuning-hitam-putih-merah(rangkap dua)
    - spesifikasi aki merk Yuasa : 12V 3Ah/10HR

    Saya mohon bantuannya Om Zak, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau lihat data power output generatornya sudah sangat super mantap, kalaupun mau modif pasang saja 3/1 dijalur negatip kiprok, pakai diode 6 amper semua.biar power aki tetap 101 %

      Hapus
    2. pas saya pasang diode 3/1 di jalur negatif (saya pasang di kabel hitam (-) sebelum aki bukan dekat kiprok karena agak susah bongkar kabelnya) pas kontak ON voltasinya terbaca 10-11 Volt pada Voltmeter yang saya pasang pada kunci kontak.

      pas mesin nyala maksimal tegangannya cuman 13,... sekian gak sampe 14V

      gimana cara ngecek tegangannya jika saya ingin tau ada kenaikan tegangan atau tidak pada arus keluaran dari kiproknya Om???

      terima kasih atas jawabannya Om Zak

      Hapus
    3. pasangnya wajib dekat kabel kiprok, kalau pasangnya dekat aki sensor kiprok tidak bekerja.

      Hapus
  67. saya baru pasang 3/1 , kenapa jadi meleleh semua timah disambungan diodanya? apakah berbahaya ato tidak cocok ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tambahan: saya menggunakan Modifikasi Tambah Daya dan voltase 1,2 VoIt , jadi diodanya nancep di jalur + , apakah emang panas ?

      Hapus
    2. paling mantap pasang jalur negatip, kecuali motor-motor tertentu pakai jalur positip, rangkaian ini super aman, terkendali dan mantap !

      Hapus
  68. Misi om mau nanya, saya punya masalah sama aki saya.
    Kalo diukur posisi off tegangan aki cuma 10v. Tp kalo dinyalain dan degeber tegangan aki bisa 13-14v. Pas diukur posisi off, teg cuma 10v. Masalahnya dimana ya om? Aki emang abis di servis. Apa Emang ada masalah ama akinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. satu sel aki sudah sulfation seluruh asam sulfate sudah menjadi karang menempel di pelat aki, sepertinya wajib beli aki baru.

      Hapus
  69. Uncle zak, mau tny donk..
    Motor ane new jupiter z 115, aki ane yuasa 12 v 3 Ah, ane pke lampu hologen 35w x 2, klakson kapal, slebih ny standard (rencana ny mau ditambahin klo ni lancar jaya).

    1. ane udh cba pke yg 5/1 smua 6 Amper, tp ane pasang dinegatif aki yg menuju kekiprok (sprti gmbar diatas) , ga ada pengaruh. Apa ane slah psang?

    2. Kalo ane mau psang dr kabel item ny kiprok, kan kabel item yg konek kekiprok ane potong jd 2, trus 1 kabel item yg dr kiprok ane konekin rangkaian dioda 5/1, trus rangkaian dioda 5/1 ny ane konek kebody/ground, nah.. kabel item 1 lg ny yg td ane putus itu nasib ny gmn?cuekin aje?atw gmn?

    Sory uncle, ane msih newbie ma elektrikal motor..

    Mhon pencerahan ny uncle..
    Thanks bgt..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan pasangnya terbalik, kabel yang satu di cuekin saja, karena jika ditelusuri ujungnya ke body.

      Hapus
  70. uncle zaakk nanya dong.,,
    motor ane mx 06 sudah fullwave,pakai kiprok tiger ori.,alhmdlh sudah 2 tahun sih aman jaya tidak ada masalah.,,tapi bbrapa hari ini ada masalah.,,lampu depan agak “ngedip” klo di rem ,seperti gejala aki tekor.,,
    #ane cek pake multitester kondisi headlamp,sen dan rem blakang mati
    -langsam 14,4vDc.,,
    -saat geber tinggi dapet 14,9 – 15,3v Dc..,
    #kondisi headlamp,sen,rem dan kipas radiator menyala
    -langsam 13,4vDc
    -digeber 14,5 – 14,7vDc
    (brti kiprok aman)

    sudah ane ricek smua soket dan urut kabel tidak ad yg kendor,getas atau grounding.,krn penasaran ane ganti kabel body baru (sekalian peremajaan )..,pinjem aki pnya sodara yg masih baru sebulan pakai pun jg bgtu., ane cm pake bolam osram all season 35/35 12v..,, yg lain standar dar ..,,sebelum fullwave pun ane udah pake ntu bolam., coba ganti bolam (kali aj udah mnt jajan ) tetep bgitu..,,, ane pakai rangkaian dioda 3/1 6 ampere di negative pin 3(ground)..,atau ane seharusny pasang di pin 2 (regulator tegangan n lampu)..,ad saran kira2 harus dbagian mana yg ane rubah biar headlamp tidak "ngedip" saat direm dan jadi superb mantaap???.,mohon pencerahannya uncle zak...,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kiprok tiger sensornya ada di pin 2 sudah disediakan oleh produsen, jadi diode mesti dipindahin ke pin 2, model dan bentuk diodenya model pasang jalur positip.

      kalau lampu agak ngedip sepertinya power kurang mantap, ada hambatan :
      kemungkinan 1 : kabel utama dari aki ke kunci kontak kurang besar,
      kemungkinan 2 : sekeringnya kendor, paling mantap pakai sekering mobil pakai sekering 25 s/d 30 amper,
      kemungkinan 3 : kunci kontaknya sudah kurang bagus, konek tembaganya kurang bagus didalam kunci kontak.

      Hapus
    2. oke uncle sya coba biar makin mantap..,,cumaa msh ad yg ganjel nih.,,tnya lagi yaaa ^_^

      1.pemasangan dioda di pin 2 itu jalur listriknya termasuk jalur positif atau negatif uncle?? aman ga uncle tkut meleleh solderannya,secara penempatan kiprok jupiter mx dekat dengan tangki bensin(masih bingung)
      2.untuk pemakaian sekring 25-30amper apa tidak masalah ke cdi dan komponen listrik yg lainnya uncle.,,takutnya pas arus besar lewat sekring tidak mencut-off jdi jebol cdi dllnya??

      Hapus
    3. pasang model diodenya seperti contoh model jalur kabel positip.
      modif diode aplikasi kiprok tiger, diode tidak menimbulkan efek panas, fungsinya untuk sensor saja.
      pakai sekering 25s/d30 amper kalau ada koslet body sekering tetap putus, jika konslet body arus listrik ke body bisa lebih 50 s/d 100 amper tergantung kabel besar atau kecil yang konslet ke body, jadi sekering tetap putus.
      pengaruh cdi jebol sangat minim

      Hapus
    4. suda terpasang uncle.., mantap!!.,
      langsam tanpa beban.,: 15,5vDc
      langsam with full beban.,: 13.5Vdc
      rpm sedang - tinggi tanpa beban : 15,2 - 15,6 vdc
      rpm sedang - tinggi full beban :14,3 - 15,1 vdc
      cutoff max 15,8..,
      lampu sudah tidak genit lagi alias tdk "ngedip" saat drem.,sya pakai diode 1/1 6ampere,soalny msh standar,nti klo keracunan sm perabotan listrik besar tgl ubah rangkaianny.,, trima ksih uncle ilmu nya :D

      Hapus
  71. Maaf Uncle Zak, untuk kiprok thunder 125 caranya gimana ? ane baru aja ganti kiprok + aki, tapi beberapa hari aja sudah tekor gak kuat untuk electrik stater
    ada 3 kabel hita m semua & 2 kabel ( warna merah & hitam putih)
    & dampak / pengaruhnya apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pakai aki baru beberapa hari sudah tekor, sepertinya kiproknya tidak bekerja
      kalau mau modif ada dua pilihan buat thunder :
      1. modif diode 4/1 pakai jalur negatip, seperti gambar diatas
      2. pasang booster kabel tengah kapasitor langsung konek ke salah satu kabel sepul, pasti mantap.

      Hapus
  72. Ane masih kurang paham, kalo bisa tolong kirim gambar & cara pemasangannya ke nooreko_wardhono@yahoo.co.id, diodenya brp ampere & yang dipotong kabel yang mana ? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai diode 6 amper semua, kabel yang dipotong kabel warna hitam/hijau, pasti mantap

      Hapus
  73. uncle zak mw nanya..mtr sya honda cs1..mw ubah lmpu jd DC dan mw psang dioda jg, prtnyaannya ap bisa sya gk pke aksesoris mcm2 tp mw bkin lampu depan jd 25watt x 2 atw 35watt x 2 dengan pnysuaian smua lampu sein dpan-blkng,lmpu senja dpan dan lampu rem blkang diganti sm LED smw yg totalnya sya hitung 8,2 watt (stndrnya lampu dpan 18watt x 2 dan 65 watt total dr smua lmpu sein dpan-blkang+senja dpan+rem blkng tipe bohlam biasa)?
    jika bisa hrus pke brp dioda?
    apkh hrs gnti aki yg lbih bsar smisal 5A tnp glung ulang sepul? (stndrnya 3A)

    mkasih uncle zak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. enaknya jadi unlimited saja, coba baca artikel cara gratis modifikasi kiprok

      Hapus
  74. Uncle Zak, mtrku s125, cm sy blm pernah bongkar2 mpe kiprok, mang lampu kurang terang. letak kiprok dimananya ya? apa yang diptong kabel hijau jg? trus klo dioda dipsg pda kable yg dptg aja 22nya, tanpa ke body bisa ga? tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. letak kiproknya ada diposisi didekat shokbreaker belakang, mesti buka casing, pasang diodenya tanpa ke bodi bisa, gunting kabel hijau, jadi dua : ujung diode konek ke kabel hijau satu, kabel hijau satu lagi konek ke ujung diode yang lain, modif selesai !

      Hapus
  75. om...motor ane jupiter z. lampu depan kok tiba2 putus. sampe lampu tak kasih 35/35w masih putus, pdhl masih di rpm 2000an...gimana ngakalinnya om.biar g' ganti kiprok baru? makasih om

    BalasHapus
    Balasan
    1. kiproknya sudah rusak mesti diganti, non ori pasaran harganya 35 ribu, kalau mau diakalin ada 3 cara : pakai lampu 100 watt, pasang resistor dikabel masa, 30 ohm >= 100 watt , pasang capacitor 400 uf 100 volt,

      Hapus
  76. assalammualaikum,
    gan mau tnya ni.
    motor saya honda vario CBS thn 2011, kiproknya mati/rusak jadi smua kelistrikannya terganggu smua, gangguannya hampir kesemua kelistrikannya, namun motor masih hidup walaupun harus di sela.

    1. nah apakah cara diatas bisa berguna buat masalah yg saya alami ini ??
    2. untuk pembelian diodenya dmana ??

    mohon pencerahannya gan !!
    TERIMA KASIH

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan ambil kesimpulan kiproknya rusak, coba cek sekeringnya biasanya kendor, atau soketnya yang kendor. modif model sepeti ini kiproknya harus sudah berfungsi. diode belinya ditoko elektronik diode 6 amper harganya Rp.1000,-/buah

      Hapus
  77. 1. oyya gan emangnya klo beli kiprok yg tidak ori itu gga masalah yya ??

    2. trus bertahannya sebarapa lama ??

    3. dan kira-kira harganya berapa ??

    maklum kantong mahasiswa ni gan.
    terima kasih lagi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai kiprok non original bisa pakai, kalau lagi mujur bisa bertahan 2 s/d 3 tahun ada juga bertahan lebih dari itu, harganya kurang lebih Rp. 40 ribuan merk fukuyama.

      Hapus
  78. Selamat malam, klo bt p220 bgus ga ya Mas, kmren aki saya tekor, saya bwa k bengkel hrus ganti regulator, blm 1 mnggu aki sdh tekor lg, gmna cra mengukur tegangan keluaran regulator? Terimaksih untuk infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara ukurnya sangat sederhana, hubungkan voltmeter ke terminal aki positip dan negatip, jika voltage terbaca 13 volt pertanda ada arus listrik masuk ke aki, standar maksimal volatage p220 14,5 volt

      Hapus
  79. selamat malam,, ane mau nanya nih, kenapa kalo pake hid sma klakson keong gak kuat yah, kalo kuat hid'y harus mati baru bisa klakson'y, kalo hid'y nyala klakson'y gak kuat digunakan,, itu kenapa yah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. normalnya harus kuat pasang hid dan klakson keong, kemungkinan soket klaksonnya kotor coba dibersihkan, untuk tes langsung jumper ke aki klaksonnya.

      Hapus
  80. om...motor saya yupiter mx 2006...2 hari yg lalu biasanya kalo saya mau hidupin motor biasanya pake start tangan...tapi kemarin waktu saya mau hidupin motornya sudah nggak bisa start tangan...harus pake kick start....setelah hidup saya geber motor saya lamp depan dan belakang langsung mati.....saya tanya ke bengkel motor katanya ganti kiprok...setelah diganti masalahnya masih juga begitu....padahal aki saya sudah ganti yg masih full...baru 10 menit dihidupin test bunyiin klakson akinya langung drop....mesinnya kayak nggak bisa digeber...lampunya depan dan belakang saya sudah ganti ....tapi tidak nyalah...mohon pencerahannya, om...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan kiprok yang ente beli salah mungkin punya merk lain, masalahnya bentuk kiprok nyaris sama, yang beda hanya posisi PIN nya, setiap merk motor berbeda posisi pin nya

      Hapus
    2. om...ternyata yg rusak bkn kiproknya....kabel sepulnya ada yg putus....tapi bukan kumparannya....dan sudah diperbaiki ..sekarang motornya sdh jadi....sekarang yg jadi masalahnya lampu depan kayaknya sdh tidak terang seperti waktu yg lalu.....gmana caranya om, agar lamp depan bisa terang..trims.

      Hapus
    3. untuk lampu agar lebih terang bisa pakai model part 1 dan part 2. coba lihat artikelnya pasti ok

      Hapus
  81. saya sudah coba booster pake 2 capacitor pada megapro saya om,tpi kok akinya tekor n lampunya redup.apa penyebabnya om?

    BalasHapus
  82. apa cara kaya gini ngaruh klo motor nya pake HID mas?

    motor saya mio 2007, pernah coba pake dobel kiprok standar, hasil nya oke oke aja slama beberapa bulan.. begitu saya tarik gas capai kecepatan 120 kpj, kiprok tambahan nya meleleh dan lgsg rusak yg mngakibatkan aki lgsg mati total/ mati..

    klo emg cara di atas cocok untuk motor matik saya yg memakai HID, kira" mas bisa kasih tau cara mana yg cocok untuk motor saya agar aki ga tekor dan jg ga terulang lagi sprti yg saya alamin kmarin.. trima kasih untuk solusi nya :)

    BalasHapus