iklan google termasur

Rabu, 07 September 2016

Kiprok Regulator AC Motor Lebih Terang

by : Zakir Skynet

Salah satu factor kenyamanan berkendara motor dimalam hari  adalah cahaya lampu motor yang kuat,  terang, dan  focus  sehingga lubang jalanan, lubang semut, uang logam  yang ada  bisa dilihat dengan jelas dan dapat dihindari, hal ini tentunya akan membuat awet shock breaker, ban, velg  motor anda akan berumur panjang sampai rambut  memutih dan menguning.


Atribut aksesoris terkait lampu motorpun akhirnya tumbuh pesat  dan sangat laku dipasaran seperti lampu HID, lampu Led dan lampu lain kembarannya. Bagi yang ingin memaksimalkan cahaya lampu agar lebih terang paman zak akan memberikan sebuah solusi sederhana  agar lampu motor anda lebih terang  dari standar khususnya bagi motor yang masih pakai kiprok ac/dc.


Cara kerja alat ini sederhana dengan cara menaikan tegangan maksimum kiprok jalur ac dari standart  pabrikan sebesar  11-12 volt menjadi  14,5 -15,5 volt.  cara cukup efektip untuk menambah cahaya lampu motor lebih strong, terang, focus dan yang lebih penting lampu tidak putus, lampu motor wajib diganti dengan tipe halogen  35/35 watt merk osram, Philip, atau aspira  bagi ingin membuatnya dapat dilihat pada sebuah circuit dibawah ini :





Keterangan Skema :
R2 Bisa dirubah sesuai keinginan anda  hasil uji " Uncle Zak Center "Dept Litbang divisi Regulator di uji pada motor Mio Yamaha R2 pakai 820 ohm maksimum voltage 13,5 pakai 1 kilo maksimum 15,25 volt untuk yang ingin mencari voltage terbaik lebih tepat pakai variable resistor, mantap !

Anggran Project Kiprok Regulator AC


5 Buah diode 1 amper  @400           Rp 2000
3 buah  resistor   1/2 watt  @ 100     Rp. 300
1 buah zener  6,8 voltt 1/2 watt        Rp. 500
1 buah capacitor 33 uf 25 volt          Rp..500
1 buah transistor 2N5401                 Rp. 500
1 Buah SCR BT151                         Rp. 4000
lain-lain                                           .Rp.3.200

Total .............................................Rp.13.000,- /  1 dollar  USA



Cara Pasang Kiprok AC  Kabel Kuning Motor dan Masa



Langkah Langkah Pasti Project Kiprok AC

PCB ex Radio Jadul

SCR dan Diode Bridge

Resitor  dan Capacitor sudah terpasang

Rangkaian Sudah Selesai

Alas SCR wajib menyatu dengan plat logam Agar panas dapat diserap Bodi Motor






Semoga informasi ini bermanfaat untuk seluruh rakyat Indonesia dan  warga dunia



20 komentar:

Andrie 'Komo' Antiecha mengatakan...

Om Zak,,, kalo buat motor beat injection bisa ga? makasih om semua artikelnya bagus-bagus,,,

Unknown mengatakan...

Untuk kabel putih jalur pengisian tetap pada kiprok bawaannya om?

MBAH BUYUT mengatakan...


Devi Aura merupakan pakar percintaan baik dalam masa pacaran hingga sudah masa perkawinan apapun masalah anda bisa kami atasi dengan berbagai macam obat serta ajian-ajian.
Selain itu juga Devi Aura bisa mengatasi masalah tentang masalah ekonomi dan pekerjaan.
Klik disini untuk menghubungi Devi Aura

MBAH BUYUT mengatakan...

Kami adalah pengrajin sekaligus penjual berbagai macam kaligrafi kufi yang sangat berkualitas dan dengan design yang beda dari yang lainnya namun dengan harga yang sangat terjangkau.
Produk kami sangat cocok sekali di buat pajangan dinding rumah kantor dan lain - lain.

Kunjungi website kami di Jual Kaligrafi

Unknown mengatakan...

Om zak caranya ngrakitnya tolong di rekam biar jelas. Makasih

Unknown mengatakan...

Om zak caranya ngrakitnya tolong di rekam biar jelas. Makasih

si onya mengatakan...

Askum....., Om Zak bisa minta pin bb gak ? mau nanya@ plus konsul nih.... klo boleh sih....piss

btw : maju terus inovasinya Om, n ditunggu kreasi n artikel yg baru...

Unknown mengatakan...

Saya tertarik artikel om zack , cas aki mobil pakai motor. Jelaskan skema, bahan , cara pemasangan nya ...................

nng mengatakan...

Apakah Kiprok ini bisa di pasang buat beat fi no esp,untuk pengganti kiprok bawaan aslinya yg rusak master zak ?

Unknown mengatakan...

Om zak bisa jd kalo motor beat fi cuma di pake 2 kabel aj gpp om zack, ga bermasalag di kelistrikanya... Ca mengetes pake multimeter gimana ya om mohon penjelasanya mksh...

Unknown mengatakan...

om zack , pengganti transistor 2n5401 bisa pakai transistor pnp yg lain ga? thx

Unknown mengatakan...

Cara gratis untuk menstabilkan arus tegangan AC pada generator sepeda motor , bagaimana om Zack ?

Liquid soap mengatakan...

Om zack kalo untuk merakit cdi vega r 2005 pake skema yang mana dari semua postingan yang om bikin. Mohon pencerahan nya . Thanks

Unknown mengatakan...

Om itu kalbel keluaran yang kelampu nya yang mn ya saya bingung dr td kok gkda kabel menuju lampu nya

Unknown mengatakan...

Yang bsa buat tipe force one... dg skema spetti gmana om mklum .... masih pemula om.....

Unknown mengatakan...

Klu diwilayah kalimanta utara bagus beli yg sdh jadi dari pabrikan karena harga komponen sangat mahal harga resistor sj mencapai Rp.2000/bjii capasitor dari Rp.4000-10.000 utk SCR tdk ada dijual.

Unknown mengatakan...

Kurang meyakinkan...
Secara umum, kiprox bawaan motor adalah 1 biji doang untuk ngatur charge ke ke Aki sekaligus mengontrol lampu...
Lah ini, lampu dikasih kiprok sendiri...
Kiprok aslinya masih kepakai, khusus aki doang????

Oh, mungkin ini untuk motor Vespa lawasss...
Aku pernah lihat, kiproknya 3 biji.
1 untuk aki, 1 untuk lampu, 1 untuk spul cdi....

Lisman tanjung mengatakan...

Outputnya yg mana bos tks

Lisman tanjung mengatakan...

Outputnya yg mn bos tks

ADEM TENTREM mengatakan...

Dioda 1N4007 tidak sesuai untuk otomotif karena bentang kerjanya yang pendek dikisar 50Hz s/d 60Hz , kalau di motor berada dikisaran 3000Hz < 15.000Hz dioda paling cocok adalah jenis super fast atau ultra fast contohnya SR , HER , MUR , MBR dll dengan spek kapasitas menyesuaikan kebutuhan beban