iklan google termasur

Minggu, 16 November 2014

Kiprok Honda Tiger Buatan Rumah

by : Zakir Skynet

Dalam rangka ikut serta mencerdaskan bangsa khususnya dibidang regulator voltage motorcycle, maka jurnal ilmiah kali ini paman zak akan membahas bagaimana membuat sebuah regulator pengisian aki model single phase atau lebih dikenal dengan nama kiprok tiger.

Sabtu, 16 Agustus 2014

Booster Lampu Kiprok AC DC : Lampu Motor Semakin Terang Part 3

By : Zakir SkyNet


Regulator voltage AC DC  motorcycle model standard  adalah seperangkat alat yang sangat penting untuk mengatur kelistrikan motor,  dinegeri paman zak alat ini lebih familiar disebut kiprok, entah siapa yang memulai memberi nama kosakata tersebut, mungkin kita bisa bertanya pada rumput yang bergoyang seperti  kata Ebiet G Ade pada lagu berita kepada kawan. dilhat dari kosakatanya kiprok ac dc, maka fungsinya mengatur arus listrik ac khususnya bagian lampu besar depan dan lampu belakang pada area jalau ac ini biasanya voltage kiprok pada area 10 volt sampai 13 volt pada rpm tinggi

Jumat, 23 Mei 2014

CDI Motor Tanpa Pulser Project Part 1

by : Zakir SkyNet


Jurnal ilmiah kali ini Institut Teknologi Paman Zak akan mempublikasikan sebuah karya ilmiah di bidang riset CDI Tanpa Pulser, lebih khusus lagi sebuah CDI tanpa pulser yang dapat  diaplikasikan pada  motor 2 tak maupun 4 tak. Riset ini menghabiskan biaya kurang lebih Rp 12.000 tanpa mark up, nyaris setara dengan 1 Dollar USA,  dana riset diambil dari dana hibah APBD Uncle Zak ( Anggaran Pendapatan Belanja Dapur Uncle Zak ). Misi dan visi riset project ini adalah untuk menambah pengetahuan penulis dibidang  cdi motor, memberikan informasi kepada masyarakat otomotif  Indonesia dan warga dunia pada umumnya bagaimana membuat cdi tanpa pulser, serta untuk mengetahui seberapa mantap cdi tanpa diaplikasikan pada motor 2 tak maupun 4 tak.

CDI Tanpa Pulser Tipe Joker


Di jagat otomotif dunia ada ratusan  model dan desain CDI tanpa pulser dari desain yang sederhana sampai yang tersulit. Berikut gambar dibawah ini dua model desian cdi tanpa pulsar yang bisa diaplikasikan motor anda yang sudah di uji di lab Dept Litbang Institut Teknologi Paman Zak. dengan hasil uji sangat mantap.







Gambar 1  : cdi tanpa pulsar

Gambar 2 : cdi tanpa pickup project




Langkah-Langkah Pasti Membuat CDI Tanpa Pulser-Pulsar- Pickup

Komponen dan anggaran CDI Tanpa Pulsar  :
·         1 buah Capacitor 250-600 volt         Rp.   4.000,-
·         4 buah diode 1 amper 2N4007         Rp.   1.000,-
·         1 Buah SCR tipe 2P4m                    Rp.    3.000,-
·         0,5 meter timah                                 Rp.   1.000,-
·         2 buah resistor                                  Rp.      200,-
·         Lain-lain                                           Rp.    2.800,-

·         Total                                                      Rp. 12.000,- / 1 dollar USA
        
Harga Komponen  elektronik dikota Tangerang           

Gambar dibawah ini adalah model gambar no 1 





CDI tanpa Pulser Selesai dibuat, Mantap !

Video dibawah ini adalah dukumentasi riset Project CDI Tanpa pulser


Semoga informasi ini bermanfaat untuk seluruh rakyat Indonesia dan seluruh penduduk planet bumi.

Rabu, 19 Maret 2014

Daftar Harga Aki UPS dan Lampu Emergency

by : Zakir SkyNet


Bagi yang membutuhkan aki UPS dan Lampu emergency Mitra Battery menyediakan beberapa tipe aki untuk kebutuhan UPS dan lampu emergency berikut dibawah ini daftar harga aki :






Daftar Harga aki UPS dan Lampu Emergency


No

Tipe aki

Harga
Rp

1
6 Volt  /  4,5  amper
  50.000,-
2
6 volt  / 7 amper
150.000,-
3
6  volt / 12 amper
180.000,-
4
12 volt /  5 amper
180.000,-
5
12 volt / 7 amper
150.000,-
6
12 volt / 12 amper
280.000,-











AKI 12 Volt 5 Amper







Demikian informasi produk aki UPS dan lampu emergency dari kami, semoga informasi ini bermanfaat untuk masyarakat Indonesia dan seluruh penduduk planet bumi





Minggu, 09 Februari 2014

Cara Mudah Membuat CDI Motor Tipe AC


by : Zakir Skynet

Jurnal ilmiah kali ini paman zak akan membahas bagaimana membuat CDI tipe ac, lebih khusus lagi sebuah metode membuat cdi  ac standar high performance standar original khususnya untuk motor varian Honda. circuit cdi ac ini sangat mudah dibuat dan anggaran untuk mebuatnya sangat ekonomis tidak lebih dari Rp.15 ribu anda akan berkreasi dalam membuat cdi ac. CDI ini sudah diuji coba selama 720 jam setara dengan perjalanan Tangerang-Denpasar Bali 30 kali pp, CDI ini sangat cocok untuk motor Honda Legenda,

Kamis, 30 Januari 2014

Koleksi Skema Kiprok Aplikasi Suzuki Thunder dan Yamaha Vixion

by : Zakir Skynet


Untuk menambah pencerahan dan alih teknologi dibidang regulator rectifier motorcycle atau  lebih dikenal dengan sebutan kiprok di negeri paman zak,  maka jurnal ilmiah kali ini akan membahas bagaimana membuat  sebuah kiprok  regulator rectifier motorcycle, khususnya sebuah kiprok DC Three Phase  full wave yang bisa di aplikasikan untuk motor Suzuki Thunder, Yamaha Vixion, dan motor sejenisnya. 


Secara umum cara kerja kiprok / Regulator Rectifier DC Three phase full wave  ada dua model saat ini yang beredar di pasar otomotif  dunia, yaitu model tipe shunt/short dan tipe series. Pada artikel ini hanya akan dibahas khusus regulator rectifier model shunt / short, untuk membuat kiprok type ini ada dua hal penting yang harus dipahami yaitu fungsi penyeraah yaitu merubah arus dari alternator / generator motor yang masih arus AC menjadi DC fungsi ini menggunakan diode bridge tiga phase dan fungsi control voltase aki memakai circuit crowbar dari yang termudah sampai yang very rumit


circuit crowbar sederhana

circuit crowbar super sederhana


Cara kerja kiprok  model short sangat sederhana : output generator / alternator motor  tiga buah kabel yang biasanya dimotor pakai kabel warna kuning tegangan kabel ini masih arus AC langsung konek menuju diode bridge tiga phase untuk dirubah menjadi arus DC, selanjutnya kode positip diode bridge terhubung ke terminal positip aki dan kode negatip diode bridge terhubung ke terminal  negatip aki, maka ketika motor dihidupkan proses pengecasan aki sudah terjadi. seperti pada gambar dibawah ini


Untuk melindungi peralatan elektronik di dasbor motor agar tegangan aki tidak mencapai 16 s/d 17 volt yang bisa merusak perangkat elektronik yang dipasang di dasbor , maka dibuat  perangkat tambahan kiprok yaitu sensor voltage, satu, dua atau 3 buah SCR terpasang yang di kontrol oleh sebuah circuit crowbar untuk membelokan arus listrik kembali ke stator , karena aki tegangan aki sudah cukup, misalkan diseting 14,5 volt. Untuk circuit kiprok tipe series rencana akan dibahas pada part 2.  

Sekema kiprok yang akan dibahas sudah diseleksi oleh tim 19  Institut Teknologi Paman Zak dari ratusan model yang beredar didunia maya dari skema kiprok yang tersulit sampai yang termudah. Rangkaian-rangkaian kiprok dibawah ini adalah hasil copy paste dari berbagai negara seperti dari negeri  Paman Sam, Rusia, Ukraina, German, Negeri Sakura, Negeri Tirai Bambu, Italia,  Hungaria, Rumania, Czech,  Spanyol dan Negeri 1001 Malam.






Gambar 1


Gambar 2


Gambar 3


Gambar 4

Gambar 5


Gambar 6

Gambar 7


Gambar 8


Gambar 9

Gambar 10

Gambar 11

Diode Bridge Three  Phase







Selamat mencoba berkreasi tanpa limit !


Semoga informasi ini bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia dan warga dunia








Rabu, 29 Januari 2014

Koleksi Skema Kiprok Aplikasi Honda Tiger dan Megapro

By : Zakir Skynet


Untuk menambah wawasan dibidang regulator rectifier motorcycle atau  lebih dikenal dengan sebutan kiprok di negeri paman zak,  maka jurnal ilmiah kali ini akan membahas bagaimana membuat  sebuah kiprok  regulator rectifier motorcycle, khususnya sebuah kiprok dc full wave yang bisa di aplikasikan untuk motor honda tiger, megapro dan motor sejenisnya.


Kiprok Tiger Original



Secara umum cara kerja kiprok DC full wave single phase ada dua model saat ini yang beredar di pasar otomotif  dunia