iklan google termasur

Kamis, 30 Januari 2014

Koleksi Skema Kiprok Aplikasi Suzuki Thunder dan Yamaha Vixion

by : Zakir Skynet


Untuk menambah pencerahan dan alih teknologi dibidang regulator rectifier motorcycle atau  lebih dikenal dengan sebutan kiprok di negeri paman zak,  maka jurnal ilmiah kali ini akan membahas bagaimana membuat  sebuah kiprok  regulator rectifier motorcycle, khususnya sebuah kiprok DC Three Phase  full wave yang bisa di aplikasikan untuk motor Suzuki Thunder, Yamaha Vixion, dan motor sejenisnya. 


Secara umum cara kerja kiprok / Regulator Rectifier DC Three phase full wave  ada dua model saat ini yang beredar di pasar otomotif  dunia, yaitu model tipe shunt/short dan tipe series. Pada artikel ini hanya akan dibahas khusus regulator rectifier model shunt / short, untuk membuat kiprok type ini ada dua hal penting yang harus dipahami yaitu fungsi penyeraah yaitu merubah arus dari alternator / generator motor yang masih arus AC menjadi DC fungsi ini menggunakan diode bridge tiga phase dan fungsi control voltase aki memakai circuit crowbar dari yang termudah sampai yang very rumit


circuit crowbar sederhana

circuit crowbar super sederhana


Cara kerja kiprok  model short sangat sederhana : output generator / alternator motor  tiga buah kabel yang biasanya dimotor pakai kabel warna kuning tegangan kabel ini masih arus AC langsung konek menuju diode bridge tiga phase untuk dirubah menjadi arus DC, selanjutnya kode positip diode bridge terhubung ke terminal positip aki dan kode negatip diode bridge terhubung ke terminal  negatip aki, maka ketika motor dihidupkan proses pengecasan aki sudah terjadi. seperti pada gambar dibawah ini


Untuk melindungi peralatan elektronik di dasbor motor agar tegangan aki tidak mencapai 16 s/d 17 volt yang bisa merusak perangkat elektronik yang dipasang di dasbor , maka dibuat  perangkat tambahan kiprok yaitu sensor voltage, satu, dua atau 3 buah SCR terpasang yang di kontrol oleh sebuah circuit crowbar untuk membelokan arus listrik kembali ke stator , karena aki tegangan aki sudah cukup, misalkan diseting 14,5 volt. Untuk circuit kiprok tipe series rencana akan dibahas pada part 2.  

Sekema kiprok yang akan dibahas sudah diseleksi oleh tim 19  Institut Teknologi Paman Zak dari ratusan model yang beredar didunia maya dari skema kiprok yang tersulit sampai yang termudah. Rangkaian-rangkaian kiprok dibawah ini adalah hasil copy paste dari berbagai negara seperti dari negeri  Paman Sam, Rusia, Ukraina, German, Negeri Sakura, Negeri Tirai Bambu, Italia,  Hungaria, Rumania, Czech,  Spanyol dan Negeri 1001 Malam.






Gambar 1


Gambar 2


Gambar 3


Gambar 4

Gambar 5


Gambar 6

Gambar 7


Gambar 8


Gambar 9

Gambar 10

Gambar 11

Diode Bridge Three  Phase







Selamat mencoba berkreasi tanpa limit !


Semoga informasi ini bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia dan warga dunia








Rabu, 29 Januari 2014

Koleksi Skema Kiprok Aplikasi Honda Tiger dan Megapro

By : Zakir Skynet


Untuk menambah wawasan dibidang regulator rectifier motorcycle atau  lebih dikenal dengan sebutan kiprok di negeri paman zak,  maka jurnal ilmiah kali ini akan membahas bagaimana membuat  sebuah kiprok  regulator rectifier motorcycle, khususnya sebuah kiprok dc full wave yang bisa di aplikasikan untuk motor honda tiger, megapro dan motor sejenisnya.


Kiprok Tiger Original



Secara umum cara kerja kiprok DC full wave single phase ada dua model saat ini yang beredar di pasar otomotif  dunia

Kamis, 14 November 2013

Cara Mudah Membuat Charger Aki Otomatis

by :Zakir Skynet

Jurnal ilmiah kali ini paman zak akan mempublikasikan temuan inovasi terbaru dalam membuat charger aki otomatis yang sangat mudah, semudah membuat telor mata sapi, Rangkain charger aki otomatis dapat diatur voltage cut out nya sesuai dengan yang anda inginkan dari maksimum voltage 13,25 volt, 13,75 volt 14,25 volt sampai maksimum 14,75 volt,

Minggu, 20 Oktober 2013

Membuat Kiprok Motor AC DC Standar Original Part 1

by : zakir skynet

Jurnal ilmiah kali ini tetap masih terkait dengan kiprok/regulator voltage motorcycle, namun  bahasan kali ini  lain dari jurnal ilmiah sebelumnya biasanya terkait dengan modif sebuah kiprok.  paman zak kali ini akan membahas bagaimana membuat  sebuah kiprok AC DC  standar original yang biasa digunakan pada motor varian bebek dan motor besar lainnya. Secara umum model-model kiprok yang ada dipasaran umumnya ada dua tipe kiprok ac dc yaitu model feed back dan model  fungsional, yang akan dibahas pada artikel ini adalah membuat kiprok acdc model feed back, pada artikel selanjutnya juga akan dibahas bagaimana membuat kiprok ac dc model fungsional.

Sabtu, 27 Juli 2013

Cara Mudah Modifikasi Lampu Motor Semakin Terang Part 2

by : Zakir Skynet


Jurnal ilmiah kali ini masih terkait dengan modifikasi sistem kelistrikan lampu utama motor, lebih khusus lagi sebuah metode untuk menambah pencahayaan lampu utama motor sistem ac dengan cara menambah arus listrik dan voltase pada jalur kabel lampu utama, dimana maksimal  output voltage tetap terkontrol. Tujuan modifikasi ini agar sistem penerangan lampu yang menggunakan sistem ac mendapatkan cahaya lampu super maksimal dan jauh lebih terang dari model full DC.

Kamis, 16 Mei 2013

Modifikasi Kiprok Lampu Besar Motor Lebih Terang

by : Zakir Skynet

Jurnal ilmiah kali ini masih terkait modifikasi kiprok/regulator rectifier, lebih khusus lagi sebuah metode untuk memperbesar arus dan voltage jalur kabel lampu besar motor. Maksud dan tujuan inovasi ini adalah agar para pemilik kendaraan bermotor dapat mengoptimalkan sistem penerangan lampu besar, dimana tujuan akhirnya adalah untuk keselamatan disaat berkendara.

Selasa, 05 Maret 2013

Cara Mudah Servis Karburator Motor

by : Zakir Skynet

Jurnal ilmiah kali ini, paman zak akan membahas bagaimana menservis karburator motor, apakah mudah cara servis karburator ? jawabnya tentu sangat mudah. Umumnya penyakit yang terkait dengan masalah karburator  adalah motor susah hidup, posisi langsam kurang mantap dan mesin sering mati., atau akselerasi motor ketika dipacu kecepatan tingggi mesin agak tersendat- atau mesin batuk-batuk dan bersin-bersin.