iklan google termasur

Sabtu, 19 Mei 2018

kiprok regulator ac dc original part 2

Motor yang memakai sistem kiprok regulator ac dc umumnya motor  90 cc sampai 125 cc  walaupun ada pengecualian seperti motor yamaha scorpio walaupun cc nya 225 cc tetap menggunakan kiprok  ac dc,  sistem kiprok acdc cara kerja memisahkan pengisian aki dan sistem penerangan lampu besar/utama  pengisian ke aki menggunakan sistem dc, sedangkan sistem penerangan lampu besar dan lampu ekor menggunkan power ac ( alternating current ) dengen tegangan 12 volt ac, kalau dihitung secara kasar maka jumlah golongan motor ini adalah yang paling banyak di  Indonesia jumlahnya  mencapai  jutaan enggga percaya hitung saja sendiri.

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan dibidang regulator ini, tidak ada salahnya paman akan membahas bagaimana membuat  kiprok ac dc sesuai dengan selera, dimana kita akan memodif  project kiprok ini dengan output diatas rata-rata kiprok standar, berikut ini langkah langkah pasti dalam membuat kiprok super mantaff.

didalam penelitian paman kiprok original dalam satu tahun ini hasilnya sebagai berikut :
  • pada RPM tinggi lampu besar  dinyalakan  voltage jalur kabel lampu  AC  maksimum 12 volt.
  • pada RPM tinggi lampu besar dimatikan voltage jalur kabel lampu  AC voltage turun ke area 10 volt sampai 8 volt 

project kiprok agar berbeda dengan yang original maka kita akan membuat yang lebih dasyat dan heboh hasil yang didapat sebagai berikut :
  • pada RPM tinggi lampu besar  dinyalakan  voltage jalur kabel lampu  AC  maksimum 14,5 volt. tujuannya agar lampu lebih terang, dan jika ada lubang semut pun bisa terlihat dengan jelas
  • pada RPM tinggi lampu besar dimatikan voltage jalur kabel lampu  AC voltage turun ke area 12 volt sampai 13,5 volt tujuannya agar pengisian ke aki tetap besar.
bagaimana membuatnya dibawah ini adalah sekemanya :



circuit regulator kiprok ac dc 



project regulator ac dc motorcycle 


test performa kiprok ac dc
model lain kiprok ac dc





wujud kiprok original yamaha mio

Semoga informasi ini bermanfaat untuk seluruh rakyat Indonesia dan warga dunia



12 komentar:

postku mengatakan...

Bisa kasih skema detailnya (pcb nya)om Zack? Bersama list bahan2 nya..trims banyak

Unknown mengatakan...

Om Zack, untuk SCR 1 itu pake BT151 apa bukan?
Bisa ga kalo SCR 1&2 pake BT151 ?

Unknown mengatakan...

Mohon pencerahannya om zak, untuk dioda zenner nya pakai tipe/ukuran berapa?
Terima kasih om zak....

Unknown mengatakan...

Apa ada balasan dari om zak?

Unknown mengatakan...

Mohon pencerahan om zak didalam sekema gambar circuit regulator kiprok AC DC untuk SCR1 tipenya berapa ? untuk dioda zener DZ1 menggunakan berapa volt ? dan untuk transistor Q1 tipenya berapa ? demikian terimakasih

Unknown mengatakan...

Spare part-nya tlg didetilkan uncle, transistor tipe apa scr apa bt 151 semua?

Susan mengatakan...

Tanggapanya gak ada dan kurang detail artikelnya sesat bisa bisa

Unknown mengatakan...

Saya coba bantu jawab....
SCR 1 & 2 = BT151 atau 3p4m.
Tr pnp = 2n5401 atau A733.
ZD1= 15V 1 Watt.
ZD2= 6.8V 1 Watt. 1/2 pun oke.

Selamat nyoba.

Abu abdillah mengatakan...

Ap masny ud ngrakit & succes ? Bs d share donk hslny

Abu abdillah mengatakan...

Ap masny ud ngrakit & succes ? Bs d share donk hslny

Dilam dimas mengatakan...

Om zack.. saya sudah bikin sesuai itu untuk motor saya tapi . Saat lansam lampu depan kurang terang...agar jadi lebih terang sebaiknya dioda zener yang di jalur kabel kuning di rubah ke ukuran berapa ya om ??.. sebelumnya saya pakai dioda zener 6.8 volt.. mohpn penjelsannya om zack

Dilam dimas mengatakan...

Bang saya sudah bikin ...sukses...tapi lampu depan kurang terang saat gas langsam atau gas stasioner...solusinya apa ya bang.? Dioda zener yg ukuran 6.8 V di ganti ukuran berapa ? Agar lampu depan jadi lebih terang ?