iklan google termasur

Senin, 02 November 2015

Cara Gratis Modif Lampu Motor Bisa Full DC dan Full AC

by : Zakir Skynet

Jurnal ilmiah kali ini paman zak akan membahas bagaimana memodif lampu  motor yang masih mengunakan system AC  bisa menjadi full dc atau full DC. Cara ini sangat mudah dilakukan bahkan gratis, tidak ada sumber daya keuangan yang dikeluarkan kalaupun ada mungkin sangat tidak material begitu menurut pakar akuntansi,
 karena project modif lampu ini  sudah diaudit oleh badan pemeriksa keuangan  Institut Teknologi Paman Zak. untuk melakukan modif seperti judul diatas langkah pertama harus dan wajib memahami sistem jalur kabel lampu besar motor seperti pada gambar dibawah ini :

Sistem jalur Kabel lampu motor sistem AC












Penjelasan Sistem kelistrikan Lampu Motor Sistem AC


Pada gambar diatas sistem kabel kelistrikan motor sistem ac : power lampu dihasilkan dari sebuah sepul yang dihasilkan dari induksi magnet dan gulungan tembaga power listrik kemudian di regulasi atau diatur oleh alat yang bernama kiprok / regulator voltage agar output tegangan dibatasi sebesar 12 s/d 13 volt ac. output power ini langsung dialirkan ke switch utama biasanya ada disamping pengatur gas kecepatan. kemudian selanjutnya dihubungkan langsung ke switch sekunder yaitu mengatur jauh dekat lampu ketika digunakan.mantap ! 



Langkah Langkah pasti Modif Lampu Motor




Sistem Kelistrikan Full DC dan Full AC



Langkah pertama adalah memotong jalur kabel switch utama menuju switch sekunder, selanjutnya memotong kabel output kabel sekunder lampu jauh/dekat sesuai selera.

langkah kedua menghubungkan menyambung kabel switch utama ke jalur kabel lampu jauh

langkah ketiga menyambung potongan input switch sekunder ke jalur kabel dc acc kunci kontak atau kabel switch rem tangan jalur dc.   modif selesai !

langkah ke empat isolasi semua kabel.

Kesimpulan Modif :

  • Lampu full ac akan on/menyala jika switch utama di hidupkan, 
  • Lampu Full DC akan bersinar jika  jika switch sekunder dihidupkan switch utama dimatikan
  • Lampu full DC dan Full AC akan bersinar bersamaan menjadi 70 watt jika memakai lampu 35 watt jika kedua switch utama dan sekunder dihiidupkan


Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk seluruh  masyarakat otomotif Indonesia dan warga dunia.

NB : foto hasil riset modif  menyusul !




13 komentar:

Unknown mengatakan...

7D8A0B9F om kalau boleh invite saya
Saya mau tanya om pio ane lampu utama nya agak rada rada redup nih ... kalau saya lihat dan saya baca di artikel om yang menggunakan diode apa membantu om ? Soal nya lampu saya redup tidak begitu terang di karena kan belum full dc ...
Mohon bantuan dan arahan nya om
Soale udah nyari nyari fb om kagak nemu nemu :)

RadenAriefBudiman mengatakan...

Lampu jauh difungsikan gk om? secara switch jauh/dekat (sekunder) nya kan dipake buat merubah arus ac & dc.
Trus klo mo dibuat full dc aja gmn om?
Makasih om Zak?

Solusi battery mengatakan...

sepertinya regulator / kiprok motor ente kurang bagus sensornya terlampu keras menekan voltage, sebaiknya diganti pakai original, pakai didoe kurang membantu, terlalu banyak pakai diode, sekedar info kiprok original mio 110rb di pasar otomotif tangerang

Solusi battery mengatakan...

model circuit diatas switct primer dan sekunder berfungsi contoh diatas : switch primer untuk full AC, switch sekunder untuk full dc, kalau mau semua full DC input switch primer di potong selanjutnya cari sumber full dc dari switch rem konek ke input switch primer modif selesai, otomatis semua jadi full dc

RadenAriefBudiman mengatakan...

Thanx Om Zak akan saya coba. Motor ane Jupiter Z Burhan
Rencananya Lampu depan/besar dibikin tetap sumber arusnya AC, yg lain spt lampu seri/malam & speedometer mo ane bikin DC.
Gmn menurut Om Zak?

Unknown mengatakan...

om supra 125 ane udah ngikutin cara diatas hasilnya sip
tapi skarang saya mau pasang angel eyes ring neon gimana caranya om??

Unknown mengatakan...

Salam uncle zak, ane punya kuda besi CB 100 1980 yg lampu depannya kalah terang sama belakang. Minta solusinya uncle, posisi kelistrikan DC, aki GS 12volt.
Terima kasih sebelumnya uncle.

Unknown mengatakan...

om, arus ac ketemu dc apa nggak bikin aki tekor?

Bonank mengatakan...

Hallo om Zak salam kenal dari saya, sekaliam saya mau tanya, saya punya ELCO 2buah, 1. 10000uf/50V. 2. 10000uf/80V. itu semua mau saya bikin CAPASITOR BANK, apakah bisa ELCO saya itu saya bikin CB om..?? dan bagusnya menggunakan sambungan pararel atau seri..?? mohon pencerahanya om, trimakasih sebelum & sesudahnya,

Solusi battery mengatakan...

bagusnya di pararel outputnya jadi 20000uf kalau diseri jadi turun 5000uf

Andy mengatakan...

om sdikit nanya ktanya kabel kuning d kiprok menuju saklar lampu.
klu seandainya kabel tersebut d putus kabelnya d sambunging k aki bisa gk.
dan ada efek k cdi gk krn lampu saya standart tingting gk terang blas pdahal klakson 2hella ngagetin tapi lampu kya petromak

Unknown mengatakan...

mas zak..mau tnya nih mas,aku pkai elco 10.000uf 50v aku aplikasikan k supra x & dari elco trhubung k kutub & - aki masing" aku kasih dioda 6A sesuai dg ptunjuk cara bang zak sebelumnya..& dari kutub - elco trhubung k kabel putih kiprok, efeknya lampu utama jd smakin redup jika saklar modif ac ON tp jika saklar modif dc ON lampu lumayan lebih terang bang..yg saya harapkan agar jalur dc & ac sama" menyala terang , harus pilih jalur kabel putih apa kuning spul bang??
tolong petunjuknya bang zak

snhaukeo mengatakan...

bermanfaat sekali bagi yang suka otak atik otomotif...
solder uap