iklan google termasur

Saturday, August 16, 2014

Booster Lampu Kiprok AC DC : Lampu Motor Semakin Terang Part 3

By : Zakir SkyNet


Regulator voltage AC DC  motorcycle model standard  adalah seperangkat alat yang sangat penting untuk mengatur kelistrikan motor,  dinegeri paman zak alat ini lebih familiar disebut kiprok, entah siapa yang memulai memberi nama kosakata tersebut, mungkin kita bisa bertanya pada rumput yang bergoyang seperti  kata Ebiet G Ade pada lagu berita kepada kawan. dilhat dari kosakatanya kiprok ac dc, maka fungsinya mengatur arus listrik ac khususnya bagian lampu besar depan dan lampu belakang pada area jalau ac ini biasanya voltage kiprok pada area 10 volt sampai 13 volt pada rpm tinggi
. Sedangkan kata dc mengatur fungsi charging ke aki / battery agar voltage aki tetap terjaga pada area 13,8 volt sampai 14,8 volt

Sensor voltage kiprok standar  pada jalur ac khusus lampu  berada pada area 10 volt sampai 13 volt. hal ini tentunya membuat cahaya lampu motor kurang mantap, agar cahaya lampu motor lebih mantap dan bisa dihandalkan biasanya para pemilik kendaraan motor  menggantinya dengan lampu HID maupun  lampu Super LED.

Trik-trik untuk menambah cahaya lampu motor dalam lingkaran ekonomis dan efisiensi sudah dilakukan seperti pada artikel dibawah ini :
pada artikel ini part 3 paman zak akan membahas bagaimana membuat booster lampu masih dalam koridor ekonomis, efisien dan sedikit skill elektronik. 

Melalui pikiran yang mendalam yang menghabiskan satu batang rokok dji sam soe dan segelas kopi kapal api  rasa mantap plus gula sedikit, maka sebuah karya baru tercipta yang bernama Booster Lampu Regulator AC DC yang dapat  meningkatkan sistem pencahayaan lampu motor dengan cara menaikan voltage pada jalur lampu pada area voltase 15 volt sampai dengan 17 volt pada rmp tinggi agar sistem pencahayaan lampu motor menjadi lebih sempurna dan mantap. bagaimana membuat dan memasangnya  bisa dilihat pada gambar dan tulisan dibawah ini :

Standard kelistrikan motor tipe kiprok ac dc




Sekema Booster Kiprok AC DC


Pada gambar diatas sistem booster lampu ac bekerja dengan cara mengisolasi voltage sesuai dengan yang kita rencanakan sebagai informasi hasil riset maksimum voltage 17 volt lampu seperti merk osram, aspira sangan handal untuk voltage tinggi.

Bagi yang ingin berkreasi membuat booster lampu kiprok ac dc daftar  komponen elektronik bisa dibaca dibawah ini :


Langkah Langkah Pasti Membuat Booster Lampu Kiprok AC DC









Booster Selesai dibuat siap di cor pakai Resin



Cara Pasang Booster Lampu Kiprok AC di Motor


  1. langkah pertama menuju area kiprok, 
  2. selanjutnya gunting kabel kiprok  warna kuning dominan
  3. kabel warna hitam booster dihubungkan ke bodi/sasis motor 
  4. kabel warna kuning booster dihubungkan ke kabel kuning dari sepul
  5. kabel kuning di kiprok dibiarkan dan di isolasi 
  6. modif selesai

Langkah 1 :  kabel kuning kiprok standar diputus

kabel kuning diputus


Langkah 2 :

 kabel hitam booster konek ke body, kabel kuning  booster 
konek ke kabel kuning dari sepul 
kabel kuning booster dihubungkan ke kabel kuning dari sepul

Langkah 3 : selesai !
Modif  pasang Booster kiprok AC  selesai dipasang  , mantap !


booster lampu sudah siap dipasang siap di ekspor ke manca negara
Harga frangko  sampai Rumah anda  10  dollar  USA 



Semoga jurnal ilmiah ini bermanfaat untuk seluruh rakyat Indonesia dan warga dunia !

Selamat mencoba dan berkreasi tanpa batas !



35 comments:

  1. salam kenal uncle zak... saya sering membaca artikel anda untuk di aplikasikan ke motor saya. Ketepatan motor saya hampir sama dengan motor untuk kelinci percobaan uncle zak, suprafit 2005. Saya sudah aplikasikan riset uncle zak untuk mengganti bendik stater saya dengan relay lampu mobil. Hasilnya mantap....
    Nah untuk artikel uncle yang satu ini, apakah uncle zak ada menjual barangnya? jika ada, apakah uncle berkenan menjualnya buat saya? email saya victor_smaestro@yahoo.com
    Negara ini bangga memliki WNI seperti anda

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau dikirim booster kiprok ac dc bisa telpon langsung !

      Delete
    2. Trims sudah bersedia, Apakah nantinya setelah menggunakan alat ini lampu besar (lampu utama) harus di ganti juga?

      Delete
    3. salam kenal om
      udah coba buat kirpok ac dc dan boster semua gagal terus
      bingung antara komponen dan gambar gak sama
      nomor yang bisa dihubngi or email disaya om
      please help me..thanks before

      Delete
  2. om zak. mohon nama-nama komponenya di ikut sertakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. daftar komponenada coba konek ke link nya

      Delete
  3. salam pak zak, saya mau tanya, apa modif ini bisa untuk supra x 125 yg lampu 2, saya mau ganti 2 x 35 watt, ditunggu infonya pak zak. tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara prinsip bisa diaplikasikan ke supra x 125, dan harus diuji terlebih dahulu voltagenya, mungkin ada beberapa perubahan nilai Resistornya = model sepul supra X 125 engga pakai centel tap,

      Delete
  4. saya dulu pernah coba metode seperti ini, memang bagus untuk motor single headlamp, kalo duble kurang maksimal.saya modifikasi kiprok fukuyama yg saya bongkar krn memang mirip dg skema rangkaian kiprok mas zakir yang dulu.saya juga pernah coba pakai kiprok untuk memisah jalur lampu.menurut saya metode ini menghilangkan limit pengisian ke aki, tegangan bisa lebih besar meski tidak lewat dari 20volt ketika lampu nyala...
    tapi sipp lah buat sharingnya.lanjutkan!!!

    ReplyDelete
  5. Bismillah.
    Kang, mohon bantuannya...
    1) Tuk disertakan gambar/penampakan dari belakang layar;
    2) Dan juga sertakan bahan2 apa saja yang musti saya butuhkan tuk ikut nyoba mbuat booster voltage lampu kiprok AC;
    3) Alat ni pa bisa diaplikasikan tuk motor ane GLPRO Neotech;
    4) Pa jg bisa diaplikasikan tuk motor GLMAX Neotech.
    Sekian dan terima kasih. Nuwun Kang.

    ReplyDelete
  6. salam kenal..
    motor saya shogun 125 RR.. 2007 (2 lampu)
    kalau saya pakai trik 1 (dioda 5/5),trus lampunya saya ganti 35 wtt semuanya,.
    bisa ga ??
    makasih

    ReplyDelete
  7. ane minat uncle no yg bisa di hubungi uncle..?

    ReplyDelete
  8. Bang zak, mw tny kiprok tiger itu keluaran arus maksimum brp, soalnya aki mw saya ganti yg lbih gede. 9Ah atau lebih. nah masalahnya itu kiprok keluar jin nya gak nahan arus lbuh dr 7Ah? mohon pencerahahanya .... matur suwun

    ReplyDelete
  9. Bang motor ane pake sistem DC tapi lampu ikut putaran mesin, ??? apa efeknya???

    ReplyDelete
  10. Salam kenal uncle Zack, saya mau bertanya mengenai booster lampu kiprok ac dc apakah bisa di aplikasikan utk motor yamaha vega R tahun 2005? bisakah sy gunakan booster lampu kirpok ac dc utk di aplikasikan menggunakan lampu HID dengan kondisi accu standar motor yamaha vega R? Terima kasih.

    ReplyDelete
  11. salam kenal Uncle Zack.saya mau tanya mengenai booster lampu kiprok ac dc apakah bs diaplikasikan utk motor honda Tiger 2014? Terimah kasih.

    ReplyDelete
  12. komponennya tidak sama dengan part 1 . melenceng coba di upload ulang daftar komponennya. daripada nanti salah dan di komplain sama internet user kalau rangkaiannya tidak benar. takutnya setelah dirangkain trus di pasangkan malah meledak atau merusak kelistrikan motor. berabe !!

    terima kasih sebelumnya Part 3 dan Part 1 beda komponennya !! mohon di upload ulang

    ReplyDelete
  13. Uncle slam kenal. Saya pakai supra 125. Rangkaiannya sedikit berbeda dari spul(masa,pengisian,cdi) tapi kabel kiprok(lampu,masa,aki,pengisian).
    1. Piting lampu 35w sering meleleh, lampu kurang mantap bagaimana merangkainya?
    2. Saya pasang hazard, horn kapal, nah saat ini lampu saya pindah ke jalur aki. Bagaimana agar aki awet?
    3. Uncle sori banyak nanya. Kiprok supra x 125 seperti itu ada yang sejenis nggak. Soalnya harganya diatas 200rb.
    Mohon penjelanya. Sebelumnya trimakasih.

    ReplyDelete
  14. asm bang uncle,ane mau nanya ni klu lampu depan sdh di modif ac ke full dc bisa ya di pakai cara pakai dioda 3/1 6 amper supaya aki full slalu alias tidak tekor,,karna saya pakai lampu hid 30 watt dan motor saya jupiter new 2013,di tunggu pencerahan nya trim'kasih

    ReplyDelete
  15. salam bg uncle,klu motor new jupiter mx135 sdh di pakai modif lampu depan ac ke full dc bisa ya di tambah modif kiprok pengisian aki pakai dioda 3/1 6 amper jalur kabel masa supaya aki tak tekor alias full slalu karna ane pakai lampu hid 30 watt...di tggu pencerahan nya...?

    ReplyDelete
  16. bener sih bisa rangkaiannya mas zak . tapi kendalanya harus make lampu dengan watt berbeda.

    contoh di motor saya blade110 . pakai lampu 12V/30W bisa di pakai booster yang sampeyan buat ? tetapi kenapa waktu saya ganti dengan bohlam 12V/35W OSRAM cool blue 4000 kelvin kenapa langsung putus lampunya . mungkin watt nya kebesaran atau gimana?

    dan solusi nya di ganti resistor atau apa yang penting untuk lampu dengan daya 12V/35W tidak cepat putus gimana caranya !!

    ReplyDelete
  17. Uncle klo boosternya pake kiprok lagi gmn atau sma saja outputnya cuma 12v? kebetulan punya stok kiprok...hehe

    ReplyDelete
  18. skema ini sudah betul tapi regulatornya narik sampai 16v lebih pake bohlam 12v/35 watt langsung cepat putus ,, gimana nih bang zak atau resistor sebelum zener apa perlu di ganti 11

    ReplyDelete
  19. salam kenal om
    udah coba buat kirpok ac dc dan boster semua gagal terus
    bingung antara komponen dan gambar gak sama
    nomor yang bisa dihubngi or email disaya om
    please help me..thanks before

    ReplyDelete
  20. Salam kenal paman...

    Paman kalo nambah terang lampu motor saya supra x125R gmana ya.. saya sudah modif berulang kali tpi belum nemu solusinya.. tolong pencerahanya paman..... makasihh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepul honda supra x125R berbeda engga ada center tap, sepertinya harus ada trik khusus.

      Delete
  21. Bedanya di kiprok om, kalo hsx 100cc kan cabangnya di spul, tp kalo hsx125 cabang nya di kiprok. Kuning ke lampu, merah ke aki, dan hijau ke massa (halfwave). Oh ya om, seandainya itu bikin terang lampu ya om, itu kuat buat lampu brp watt range nya brp watt, tktnya efek jangka panjang fiting lampu leleh.

    ReplyDelete
  22. Om fullwave sperti ini bisa gak, soalnya kelistrikan hsx 125cc dg hsx 100cc beda. Kalo hsx125cc spulnya polosan, kalo yg hsx 100cc ada CT nya. Ini skemanya dr saya

    http://s28.postimg.org/4hov7sf59/IMG_20150614_023710.jpg

    ReplyDelete
  23. Om kalo mau ngukur voltase ke lampu dimana ngukurnya ? saya udh coba di batok lampu pke multitester ko yang probe positif ke ground probe negatif nya ke kuning , pas idle teg 9v pas di gas teg naik sampe 14v terus turun jdi 10v itu knapa ya om ? mohon bantuannya . Motor saya karisma .

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling mantap ukurnya pakai multi tester digital : langkah pertama atur multi tester ke bagian volt meter arus AC, ukurnya satu ke body motor satu lagi ke kabel kuning

      Delete
    2. Sudah tapi yg positif yg ground ( body ) bukan kabel kuning ya ? klo probe positifnya yg ke kabel kuning tdk ada reaksi. Kabel kuning itu arusnya positif apa negatif om ?

      Delete
  24. slam knal sy teuh...uncle.... q pngen bkin bosteer lampu hid
    , tp masih awam tuh mulai drkomponen y mtor sy udah pke lampu hid tp kadang accu tekor truzz,,, solusi gmana uncle? trim

    ReplyDelete