iklan google termasur

Friday, May 23, 2014

CDI Motor Tanpa Pulser Project Part 1

by : Zakir SkyNet


Jurnal ilmiah kali ini Institut Teknologi Paman Zak akan mempublikasikan sebuah karya ilmiah di bidang riset CDI Tanpa Pulser, lebih khusus lagi sebuah CDI tanpa pulser yang dapat  diaplikasikan pada  motor 2 tak maupun 4 tak. Riset ini menghabiskan biaya kurang lebih Rp 12.000 tanpa mark up, nyaris setara dengan 1 Dollar USA,  dana riset diambil dari dana hibah APBD Uncle Zak ( Anggaran Pendapatan Belanja Dapur Uncle Zak ). Misi dan visi riset project ini adalah untuk menambah pengetahuan penulis dibidang  cdi motor, memberikan informasi kepada masyarakat otomotif  Indonesia dan warga dunia pada umumnya bagaimana membuat cdi tanpa pulser, serta untuk mengetahui seberapa mantap cdi tanpa diaplikasikan pada motor 2 tak maupun 4 tak.

CDI Tanpa Pulser Tipe Joker


Di jagat otomotif dunia ada ratusan  model dan desain CDI tanpa pulser dari desain yang sederhana sampai yang tersulit. Berikut gambar dibawah ini dua model desian cdi tanpa pulsar yang bisa diaplikasikan motor anda yang sudah di uji di lab Dept Litbang Institut Teknologi Paman Zak. dengan hasil uji sangat mantap.



Gambar 1  : cdi tanpa pulsar

Gambar 2 : cdi tanpa pickup project




Langkah-Langkah Pasti Membuat CDI Tanpa Pulser-Pulsar- Pickup

Komponen dan anggaran CDI Tanpa Pulsar  :
·         1 buah Capacitor 250-600 volt         Rp.   4.000,-
·         4 buah diode 1 amper 2N4007         Rp.   1.000,-
·         1 Buah SCR tipe 2P4m                    Rp.    3.000,-
·         0,5 meter timah                                 Rp.   1.000,-
·         2 buah resistor                                  Rp.      200,-
·         Lain-lain                                           Rp.    2.800,-

·         Total                                                      Rp. 12.000,- / 1 dollar USA
        
Harga Komponen  elektronik dikota Tangerang           

Gambar dibawah ini adalah model gambar no 1 





CDI tanpa Pulser Selesai dibuat, Mantap !

Video dibawah ini adalah dukumentasi riset Project CDI Tanpa pulser


Semoga informasi ini bermanfaat untuk seluruh rakyat Indonesia dan seluruh penduduk planet bumi.

x

72 comments:

  1. Mantaf Uncle
    Kalo rangkaian ini dipake buat bikin stroman ikan buat pengganti kontak platinanya bisa gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, mesti ada inverternya sekemanya : aki 12 volt == inverter == cdi tanpa pulser == coil

      Delete
  2. mf kalo buat supra fit z, bgmn??? nilai R1,R2, berapa????

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai di supra fit bisa dan mantap, nilai R1 dan R2 ada di video you tube

      Delete
  3. lama tidak posting, lagi riset ya uncle?ini implementasi di motor apa saja uncle?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul ane sedang riset booster lampu, aplikasi untuk motor 2 tak dan 4 tak yang pakai sepul power supply cdi

      Delete
  4. Om itu nilai R1 sama R2 berapa Om Zak? dan kalo dipake dimotor Mio bisa ya Om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nilai R1 dan R2 sudah tertulis di video di atas, pakai dimotor mio bisa dengan catatan mesti ditambah sepul pengapian cdi

      Delete
  5. Kalau buat Honda C70 - C90 dan C50 bisa tidak Om? Mohon pencerahanannya, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat bisa dan semakin mantap, dengan catatan mesti dibuat sepul baru sebagai power supply cdi

      Delete
  6. om minta link yang membuat lampu lebih terang yang memakai dioda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. linknya ada disebelah kanan : artikel populer posisi hari ini no 3

      Delete
  7. Kalau di pakai pada Motor Legenda/Grand bisa gak Uncle Zak? Bagaimana cara membuat sepul pendapian CDI (power supply CDI)??? Mohon pencerahannya uncle zak!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat bisa dan akselerasi semakin mantap, dimotor legenda/grand/supra fit sudah ada sepul pengapiannya.

      Delete
  8. Uncle Zak bisa ga di pakai untuk motor suzuki RGR?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dipakai dimotor suzuki RGR dan power mesin lebih kuat.

      Delete
  9. Uncle Zak, klo di aplikasikan di motor shogun kebo bagaimana Om? apakah ada dari nilai kompenen yang harus diganti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, dengan catatan harus pasang sepul power supply untuk cdi

      Delete
  10. pak bos sy pke cara gambar 1. motor sy ko ga mau hidup. kenapa ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di test ke motor honda grand, legenda supra fit, kalau motor engga mau hidup ada yang eror rangkaiannnya.

      Delete
  11. mantap om. percobaan lagi nii buat saya. ya walaupun masalah yg kiprok belom selesai. aku penasaran mau makai ini di rx king ku :p . oh iya di jalur cdi rx king ku ada . kontak, massa, input spuul, pulser . sama koil .. lalu yg di pakai yg mana ni om, apakah jalur pulser tidak terpakai. ohiya di skema tidak ada jalur kontak. kalo mau makai kontak. konek kejalur mana om.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang dipakai cuma 3 kabel : 1dari sepul, 2 ke coil pengapian, 3 ke masa, untuk kill switch dari sepul langsung kunci kontak.

      Delete
    2. mas om tante bude pade,yg sudah mencoba hasil karya profesor zak tolong di bantu dong cara ngebaca rangkayaannya,yg mana ketemu mana untuk di solder,binun aku

      Delete
  12. mantap om. akan saya coba .. oh iya maxsimal kapasitornya berapa uf om?

    ReplyDelete
  13. om resistornya gak ada yang 5 ohm. kalo makai 4.7 ohm bisa kah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai 205J/400 volt bisa tapi kurang mantap di RPM tinggi, pakai 4.7 sangat bisa !

      Delete
    2. Kalau pake 105k 250v gimana om..? Bisakah???

      Delete
  14. iya om bener banget. saya bikin lagi buat supra fit. makai 205J/400v . rpm lamsam mantap. di geber bretet om. apalagi saat jalan pada rpm tinggi. apinya mati idup.

    apakah itu yang dinamakan troblle' pengisian terlambat pada capasitor karena kapasitas yang terlalu besar sehingga tidak balance dengan putaran mesin,

    ReplyDelete
    Replies
    1. proses buang energy di capacitor oleh scr kurang bersih karena terlampau besar, masih ada sisa muatan listrik, efeknya pengapian kurang sempurna

      Delete
    2. Kalau pakek 105k 250v bisakah om???

      Delete
  15. om mau tanya, untuk timing pengapiannya bagaimana om? kan ga connect ke pulser yg kasih signalnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. timing pengapian dipercepat diatur oleh R1 dan R2

      Delete
  16. Bos jk di pake pada motor yamaha vega apa tdk berpengaruh pada kinerja mesin....mksudny tuk pengapiannya? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling mantap dicoba dan yang pasti semakin mantap !

      Delete
  17. Salam kenal Uncle Zak, ane Udin dari Pekalongan.
    Dah lama dpt postingan ini tapi baru sempet nyoba tadi pagi, MANTAP n langsung JREEENGGG...(temen bengkel sampe bingung...kok bisa, dpt pengapian dari mana...???? xixixi)
    Makasih n sukses selalu buat Uncle Zak. Ane tunggu postingan2 yg MAKNYUZZ dari Uncle Zak, juga HYPER CDI-nye....hehehe

    ReplyDelete
  18. Salam kenal Uncle Zak,saya dari banyuwangi,
    Saya juga suka utak-atik motor om,
    Oh ya om tolong donk bagi ilmunya cara bikin cdi tanpa limit atau istilahnya cdi resing...

    ReplyDelete
  19. Anu om kelupaan motor saya supra fit om,

    ReplyDelete
  20. om saya dah buat rangkaian nya sama persis tapi qo ga bisa nyala di motor saya ya??
    motor saya new Vega R 2006
    apa pengaruh karna sudah fullwave??

    ReplyDelete
  21. Om gmn cara kerjanya cdi tanpa pulser.mungkin nga kalau pengapianya terrlalu maju ato justru malah terlalu mundur.menginggat tidak memakai pick up sebagai sinyal y.terimi.akasih.

    ReplyDelete
  22. Om Zak, kalau buat motor CB100 bisa ga? CB masih 6v, apa yang perlu dirubah? cara pasangnya sama ga?

    ReplyDelete
  23. gimana om cara merangkaiannya . kok saya liat itu kabelnya ada 4 buah . trus kabel warna apa yang khusus untuk masuk ke cdinya ?

    maklum lah saya kaga tau rangkaian ini buat apa ?

    tapi rangkaian yang betul yang mana mas tolong di jelaskan ? dan fungsi kabelnya kemana saja biar jelas dan clear . terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorry maksud saya itu dari spull . maksudnya kabel kuning gitu ya mas atau kabel lampu bener tidak mas ? kalau orang sini sih kabel kuning itu kabel beban atau dari gulungan spull ke kiprok kemudian ke lampu . tolong di koreksi bila salah !!

      terima kasih

      Delete
  24. Pasang honda win bisa gak..perlu geser magnet gak

    ReplyDelete
  25. maksudnya dari spull apa mas ? spull kan banyak . spull pengisian . spull lampu . spull cdi ?

    inputnya dari spull apa ? spull cdi atau pulser .. pulser kan tidak ada daya . hanya memberi clock atau daya massa ?

    ReplyDelete
  26. misi om,, mau tanya nih.. kill switchnya masuk kemana ya om..??? kan itu nggak ada input ke kunci kontak, ane udah nyoba hasilnya manteb... tapi matiin mesinnya harus lepas konektor busi... apa dari spull cdi harus dikasih saklar sendiri atau gimana om...?? mohon pencerahannya om..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasih dioda aja mas yang dari d2 sama d1 arahin kabel baru ke kunci kontak,,saya sudah coba ini rangkaian pake motor Vespa,,Supra,,sama grand

      Delete
    2. Kasih dioda aja mas yang dari d2 sama d1 arahin kabel baru ke kunci kontak,,saya sudah coba ini rangkaian pake motor Vespa,,Supra,,sama grand

      Delete
    3. kabelnya itu di anodanya dioda1 kah bang?

      Delete
  27. umtuk jupiter lama bisa gak om?

    ReplyDelete
  28. Om ,klw pasang di satria 2T ko g bisa y?
    Soal nya aku belum ngerti ngerakit cdi nya,tolong posting gambar saat perakitan dari awal sampai akhir dong,tapi yg detail biar paham,hheee
    Trus klw g pake aki bisa g,
    Trims om zak,sukses terus

    ReplyDelete
  29. Uncle Zak, terimakasih banget. Artikelnya sangat membantu /bermanfaat. Meskipun belum merakit, saya percaya bisa digunakan untuk pembelajaran siswa, semacam miniatur kilat /petir. tentu dengan modifikasi dan pengembangan lebih lanjut pakai tabung kaca dst. Terimakasih, semoga ini juga menjadi amalan Anda yang di ridhloiNya.

    ReplyDelete
  30. Akhhh saya ko ga bisa udah di bikin sesuai di tes di grand

    ReplyDelete
  31. Om saya pelajar dari smk negri tangerang saya ingin mencoba berexperimen tapi saya tida tau di mana membeli barang-barangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat daerah Tanggerang di Karawaci ad toko elektronik ,,saya sering beli di situ,,kayanya sih uncle zak jg beli di situ komponennya

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  32. Apakah bisa dipakai di honda win th 2000?

    ReplyDelete
    Replies
    1. honda win dengan grand dan supra fit sistem pengapian nyaris sama, dicoba saja, peluangnya sepertinya 90 % bisa !

      Delete
  33. Pak zak untuk kabel breaker di taruh di sebelah mana?
    Tolong bantuanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane kurang paham maksudnya breaker untuk timing or kill switch ?

      Delete
  34. Uncle zak..kalo untuk motor vespa cocok gak ya...mohon masukan nya.trims.

    ReplyDelete
  35. Uncle zak..kalo untuk motor vespa cocok gak ya...mohon masukan nya.trims.

    ReplyDelete
  36. Om jek apa bisa untuk vespa? Cdi tnpa pulsar?

    ReplyDelete
  37. Om ko ga ada di vidio nilai R nya? R1 dan R2 brp nilainya om jak? Mhn pncerahnnya .. trims

    ReplyDelete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. Sempat belajar warna resistor..
    Apakah benar om zak kalau itu nilai R nya 56 ohm dan 560 ohm
    Makasih om, mohon koreksinya

    ReplyDelete
  41. Om posisi dimana, sy niat mau belajar nih...

    ReplyDelete
  42. TUH Skema yg bner yg mana bos, ko beda beda

    ReplyDelete
  43. Mtorku megapro,tp pakai kiprok supra, sring tekor pngisian krn pkai cdi shogun. P yg hrus sy lkuin uncle??? Mksih.. :)

    ReplyDelete
  44. Om... Kalau buat motor platina bisa......

    ReplyDelete