iklan google termasur

Sunday, February 9, 2014

Cara Mudah Membuat CDI Motor Tipe AC


by : Zakir Skynet

Jurnal ilmiah kali ini paman zak akan membahas bagaimana membuat CDI tipe ac, lebih khusus lagi sebuah metode membuat cdi  ac standar high performance standar original khususnya untuk motor varian Honda. circuit cdi ac ini sangat mudah dibuat dan anggaran untuk mebuatnya sangat ekonomis tidak lebih dari Rp.15 ribu anda akan berkreasi dalam membuat cdi ac. CDI ini sudah diuji coba selama 720 jam setara dengan perjalanan Tangerang-Denpasar Bali 30 kali pp, CDI ini sangat cocok untuk motor Honda Legenda,
Honda Grand, Honda supra fit dan Motor varian Honda lainnnya yang masih menggunakan CDI tipe AC. hasil uji sangat memuaskan semua pihak dan kawan-kawannya ; akselerasi motor semakin gesit rpm rendah maupun tinggi Contoh circuit bisa dilihat pada gambar dibawah ini :

CDI Motor Tipe AC Buatan Rumah






Sejarah CDI

Capacitor Dischage Ignition lebih familiar dengan sebutan CDI, adalah teknologi abad 18/19 pertama kali diciptakan ditemukan oleh ilmuan besar dan  termasur bernama Nikola Tesla  berkebangsaan Amerika (USA) yang dikutip dari http://en.wikipedia.org/wiki/Capacitor_discharge_ignition
The history of the capacitor discharge ignition system can be traced back to the 1890s when it is believed that Nikola Tesla was the first to propose such an ignition system. InU.S. patent #609250 first filed February 17, 1897, Tesla writes 'Any suitable moving portion of the apparatus is caused to mechanically control the charging of a condenser and its discharge through a circuit in inductive relation to a secondary circuit leading to the terminals between which the discharge is to occur, so that at the desired intervals the condenser may be discharged through its circuit and induce in the other circuit a current of high potential which produces the desired discharge.'


Terjemahan by Google :

Sejarah sistem pengapian debit kapasitor dapat ditelusuri kembali ke tahun 1890-an ketika diyakini bahwa Nikola Tesla adalah yang pertama untuk mengusulkan suatu sistem pengapian. Dalam paten US # 609250 pertama kali diajukan 17 Februari 1897, Tesla menulis 'Setiap bagian bergerak sesuai aparatur disebabkan untuk mekanis mengontrol pengisian kondensor dan debit melalui sirkuit sehubungan induktif ke sirkuit sekunder yang mengarah ke terminal antara yang debit adalah untuk terjadi, sehingga pada interval yang diinginkan kondensor dapat dibuang melalui sirkuit dan mendorong di sirkuit lainnya arus potensi tinggi yang menghasilkan debit yang diinginkan. "
Untuk yang ingin mengenal Nikola Tesla bisa konek disini http://en.wikipedia.org/wiki/Nikola_Tesla 


Cara Kerja CDI

Cara kerja cdi bisa dilihat pada gambar dibawah ini muatan listrik langsung menuju kapasitor,  power muatan listrik ini dihasilkan dari stator motor khusus tipe cdi AC atau sebuah inverter CDI Tipe DC  voltage maksimum untuk mengecas  capacitor  maksimum 300 volt khusus penggunaan dibidang aplikasi automotive. Sedangkan pada gerak gambar dibawahnya dibawahnya yang lebih kecil adalah muatan listrik dari stator pickup/pulser berfungsi memberikan signal kepada SCR agar aktive melalui saluran gate scr berfungsi untuk cut out memotong pengisian capacitor, pada saat cut maka capacitor membuang energinya ke coil pengapian maka tercipta ribuan volt, dimana percikan api inilah  yang akan membakar uap bensin diruang pembakaran mesin. Mantap ! coba lihat api yang dihasilkan dari sebuah CDI. Di sini :



Langkah-Langkah Pasti Membuat CDI Motor Tipe AC





Daftar Komponen dan Anggaran 



 Uraian
Jumlah
item
@Rp
Total
Rp
C1=1 Uf 250 s/d 400 Volt
1
4000
4000
C2=10 Uf 50volt
1
500
500
R1= 470 Ohm R2= 10K R3=2K2
3
100
300
PCB Rp 2000/4


500
Kabel
    0,5meter
2000
1000
Timah solder
0,5meter
2000
1000
Kenektor CDI
1
2000
2000
SCR =  2P4M


4000
Diode 1N4007
4
250
1000
Jumlah dibulatkan


15000


















Protes bayar Rp.10.000,-





Langkah-Langkah Pasti Membuat CDI Motor Tipe AC
Posisi Stndard PIN CDI AC 
HIjau Masa,  biru Pulser, Hitam-kuning Ke coil, Merah Dari Generator, Hitam-putih Kill switch

Capasitor 1uf 250 Volt  dan SCR 2P4M terhubung
SCR 2P4M Aplikasi CDI
Diode 1amper, SCR dan Capacitor

CDI sudah Selesai di rakit Siap Digunakan Sampai Rambut Memutih

CDI dan BOX Untuk melindungi Komponen elektronik

Project CDI Motor di Cor Pakai Resin


Untuk melindungi komponen elektronik CDI dari gangguan cuaca yang ektrim karena akan membuat karat / korosi  komponen elektronik, dimana tujuan akhirnya agar cdi dapat digunakan sampai satu abad, maka perlu diambil langkah preventif untuk melindungi CDI,  berikut langkah-langkah pasti mengecor cdi motor memakai resin :


Drijen adalah Resin dan Katalis Botol Kecil  untuk cor CDI 


Katalis, Resin dan Talk

Resin, talk dan katalis diaduk jadi satu

CDI sudah dicor pakai resin menunggu kering

CDI selesai dibuat Siap di Exspor ke Manca Negara

Semoga artikel ini bermanfaat untuk seluruh rakyat Indonesia, dan seluruh warga dunia.

65 comments:

  1. boleh gak scr saya ganti tipe BT151 Uncle Zak? sebenarnya yang saya cari percobaan sirkuit cdi untuk kharisma dan jupiter mx, dua motor itu pake TPS, jadi kurva CDI gak statis, tapi artikelnya bagus karena gak hanya menyajikan sirkuit, tapi juga telah dicoba, terima kasih infonya Uncle Zak

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai scr BT151 bisa pakai, ane udah kalkulasi nilai R2 dan C2 cdi ini engga statis, RPM bisa naik R2 tinggi or C2 diturunkan.

      Delete
  2. kalau untuk skema rangkaian CDI AC yang ngga pakai pulser, punya ngga, om?
    seperti CDI Ninja 150 R yang lama atau CDI keluarga suzuki RC (tornado, RC100, crystal)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane punya beberapa desain CDI tanpa pulser, untuk aplikasi motor seperti diatas harus di coba dahulu, nanti kalau sukses dicoba, ane mau buat postingan baru !

      Delete
    2. siiip.
      ditunggu postingannya om :)

      Delete
  3. gan,buat kiproknya tiger diskema yg ke kunci kontak yg mn om?









    ReplyDelete
    Replies
    1. semua desain bisa konek ke kunci kontak

      Delete
  4. apa cdi aslinya dibuang ? ganti dengan yg ini ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cdi original tetap saja ditempatnya untuk cadangan, ada dua cdi dimotor lebih aman dalam berkendara.

      Delete
    2. ada limitnya ngga om? kl ada gmn cara naikin limit atau nuruninnya?

      Delete
  5. ada limiternya ngga om? kl ada gmn cara naikin limitnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti ane bahas di postingan judul : Hyper CDI Project, CDI Racing Project, CDI DC Project, Booster CDI AC, mantap !

      Delete
    2. wah mantap, ditunggu postingan hasil riset cdinya Uncle Zak,berkat postingan riset kiprok ane sekarang sudah bisa menyimpan kiprok ori motor

      Delete
    3. Masih nunggu CDI DC Project yang Hyper Racing om.. :D

      Delete
  6. Ditunggu uncle postingan berkutnya..,,


    ReplyDelete
  7. Uncle Zak, minta infonya..
    skema cdi diatas apa bisa digunakan untuk yamaha Vega R dan Vega ZR?

    terimakasih

    ReplyDelete
  8. Mantap uncle... Di tunggu postingan yg lainnya!!!!!!

    ReplyDelete
  9. mohon infonya uncle zak, klo kapasitornya di ganti sama 1,2 uf 400 volt gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. capacitor 0,5 s/d 2 uf dengan volt 250 volt s/d 600 volt bisa pakai

      Delete
  10. uncle punya skema ballast hid ga ? share dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya ane punya nanti ane posting judulnya : kolekasi sekema sekema ballast HID

      Delete
  11. mas kalo untuk C 1 nya dibesarin ngaruh gak.

    ReplyDelete
  12. uncle zak, makasih banyak nii atas ilmu yang kau berikan.. sangat bermanfaaat. boleh tanya nii. untuk pengecoran saya masih bingung bahan" nya apa saja' kalo beli di toko kimia' nama bahan bahanya apa saja' dan perkiraan harga ? terima kasih :D

    ReplyDelete
  13. uncle zak tolong uplod yg g pake puickup dong.. mau coba di vespa Px saya...

    ReplyDelete
  14. uncle. kalo C1 lebih dari 2uf gimaana ?

    ReplyDelete
  15. Om zak.minta sekema belakangnya dong..thanks

    ReplyDelete
  16. saya sdh buat rangkaian ini, tapi dipakai di supra fit saya apinya kok mati hidup, kira2 apa yang salah paman? resistor yang dipakai berapa watt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya soldernya kurang bagus, resistor ane pakai 1/2 watt

      Delete
  17. lo persamaan SCR 2P4M ada ga.....?
    takut gak ada yg jual....

    ReplyDelete
    Replies
    1. SCR tipe 2P4M sangat populer, biasanya standar toko elektronik wajib ada, kalau engga ada pakai BT151 or BT152

      Delete
    2. Q pakek Bt151 kok gak bisa ya?? Apa kaki KAG nya ada yg beda??

      Delete
    3. Q pakek Bt151 kok gak bisa ya?? Apa kaki KAG nya ada yg beda??

      Delete
  18. mksh om atas ilmunya,,sangat bermanfaat sekali,,di tunggu posting selanjutnya tentang cdi racing projet

    ReplyDelete
  19. Replies
    1. motor suzuki satria CDI yang dipakai tipe DC CDI power supply dari aki, bisa pakai dengan catatan harus ada gulungan sepul baru untuk supply capacitor.

      Delete
    2. Om zak, kira2 bisa gak kalau jalur dari spul pengapian diganti dengan inverter 12vdc to 300vdc? alias dirubah jadi cdi dc...

      saya juga masih setia nunggu CDI racingnya om...

      Delete
  20. om zack saya masih bingung, di gambar diagram diodanya ada 5 tp di aplikasinya kok 4, mohon penjellasannya! trims om. ilmunya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  21. Uncle Zak Boleh minta gamabar belakang sirkuitnya, soalnya saya tidak tahu cara soldernya gimana dan letak kabel2nya harus dimana?
    terimakasih uncle

    ReplyDelete
  22. Mantab paman, tankyu ilmunya..... :)

    ReplyDelete
  23. bang zak punya skema cdi untuk honda nsr r tipe pengapian ac? sudah 3bln mtor mati cari cdi ori susah bgt

    ReplyDelete
  24. mantaff...ditunggu postingan CDI DCnya Mas Uncle...hhe

    ReplyDelete
  25. Om zak, kira2 bisa gak kalau jalur dari spul pengapian diganti dengan inverter 12vdc to 300vdc? alias dirubah jadi cdi dc...

    saya juga masih setia nunggu CDI racingnya om...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jalur spul diganti dengan 300 volt dc sangat bisa, charge dan discharge mesti pas. seperti pada gambar animasi diatas

      Delete
  26. Beli bahan cornya di toko apa uncle?

    ReplyDelete
  27. om zak, kalo mau ngatur maju mundurnya timing apanya yg diganti om zak, sekalian kalo bisa diganti dgn potensio ya om zak, ditunggu balesannya

    ReplyDelete
  28. Om Zak,,,, Bisa bikin CDI Unlimite kaya CDI REKTOR gak!!!
    Klo bisa ane mu pesssen donk om zak.. buat motor tiger..

    ReplyDelete
  29. Apakah CDI ini bisa diaplikasikan di Yamaha Crypton? Selain soket bawaan CDI, juga ada kabel lain di CDI aslinya.

    ReplyDelete
  30. Uncle zak sak jose...sangat bermanfaat.thx

    ReplyDelete
  31. uncle zak memang mantap !
    mitrabatrai uncle zak apakah suzuki smash th 2004 pengapiannya DC ato Ac ya ?
    Mohon di jawab :D
    Trus kalo motor kalo di stater bunyi kemrosak kaya yang mau ambrol kenapa ya pdhl gear Staternya masih bagus

    ReplyDelete
  32. uncle zak cara pemasangan kaki scr nya gimana? maaf ana newbie uncle

    ReplyDelete
  33. Apa bisa diaplikasikan ke vario 110cc om?

    ReplyDelete
  34. tengkyu Uncle Zak, saya sudah membuatnya dan hasilnya sangat "MANTAP" review : http://elektronikanalog.blogspot.co.id/2015/09/membuat-cdi-sendiri.html

    ReplyDelete
  35. om apakah bisa dipasang ke spacy injeksi 110cc
    thanks atas infonya
    kalau bisa jawaban dikirim lewat email. : bewentheo02@gmail.com

    ReplyDelete
  36. Boleh ngak diajarin bikin cdi non cut honda wave 100 sama aku step by step and komponen yang dibutuhkan..supaya aku bisa bikin sendiri d malaysia...please email sama ku di ahmadasyrafbinali@gmail.com...please

    ReplyDelete
  37. Kalau mau bore up jadi 450v gimana

    ReplyDelete
  38. Kalau mau bore up jadi 450v gimana

    ReplyDelete
  39. Kalau dipakai di vespa exclussive lancar kah uncle

    ReplyDelete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. Saya sudah coba.. Dan hasilnya, gagal uncle.

    ReplyDelete
  42. Saya sudah coba.. Dan hasilnya, gagal uncle.

    ReplyDelete
  43. Ada skema untuk cdi honda nsr R atau nsr SP g om zak?

    Kalo ada minta ilmunya dong om,karena part udah langka banget nih om..

    Makasih sebelomnya

    ReplyDelete
  44. Kl untuk 2 cylinder tp 1 pulser seperti pada kaisar 250 cc, rangkaiannya jadi bagaimana ?.Tk

    ReplyDelete