iklan google termasur

Minggu, 20 Oktober 2013

Membuat Kiprok Motor AC DC Standar Original Part 1

by : zakir skynet

Jurnal ilmiah kali ini tetap masih terkait dengan kiprok/regulator voltage motorcycle, namun  bahasan kali ini  lain dari jurnal ilmiah sebelumnya biasanya terkait dengan modif sebuah kiprok.  paman zak kali ini akan membahas bagaimana membuat  sebuah kiprok AC DC  standar original yang biasa digunakan pada motor varian bebek dan motor besar lainnya. Secara umum model-model kiprok yang ada dipasaran umumnya ada dua tipe kiprok ac dc yaitu model feed back dan model  fungsional, yang akan dibahas pada artikel ini adalah membuat kiprok acdc model feed back, pada artikel selanjutnya juga akan dibahas bagaimana membuat kiprok ac dc model fungsional.

Untuk membuat kiprok AC DC  standar original  buatan rumah diperlukan biaya kurang lebih 12.000,- setara dengan harga sebungkus rokok  cukup murah bukan !. hanya dengan biaya sebesar itu anda akan berkreasi tanpa batas dalam membuat kiprok ac dc . Kiprok desain seperti gambar dibawah ini sudah di uji  di Lab Dept Litbang  Rekayasa Regulator Voltage Institut Teknologi Paman Zak Hasilnya sangat memuaskan  Jalur kabel kuning  untuk lampu maksimum voltage ac terbaca 13 -14  volt pada rpm tinggi jalur kabel putih  voltage ac terbaca  18 -20 volt sedangkan maksimum pengisian aki terbaca pada rpm tinggi 14, 3 s/d 15 volt sangat mantap.  Kegunaan kiprok ini sangat universal bisa digunakan untuk semua motor.

Kiprok AC DC Untuk Semua Motor
Rangkaian Kiprok Motor AC DC untuk Semua Motor



Komponen elektronik  dan Anggaran Harga Komponen  di Kota Tangerang :


Resistor                                Harga/buah
R1 = 5K1                               Rp.   100,-
R2 = 1K2                               Rp    100,-
R3 = 1 K                                Rp    100,-

Capacitor :
C1 = 22 uf 50 Volt                 Rp.    500,-

Diode :
D1 diode 1 amper                   Rp    100,-
D2 diode 3 or 6 amper           Rp.   500,-

Diode Zener :
DZ  1/2 watt                          Rp   300,-

SCR BT 151                       Rp   5.000,-

Q1 Transistor 2N5401       Rp.   750,-

PCB Rp 2000 x 1/4              Rp.   500,-
Timah solder 1/2 meter          Rp. 1000,-
kabel dan sekun kuningan      Rp   1500,-

Total Budget                        Rp 9.700,-
Cadangan anggaran             Rp. 1.550,-

Total General                 Rp. 12.000,-   or   1.2 Dollar USA

Contoh Kiprok AC DC buatan pabrik model fungsional menggunakan 2 buah SCR





Contoh Kiprok AC DC Buatan Pabrik Model Feed Back menggunakan satu buah SCR

Langkah-Langkah Pasti Membuat Kiprok AC DC Standar Original Model Uncle Zak

SCR BT 151 dan diode 1 ampere

SCR, diode dan Transistor 2N5401

SCR, diode, Transistor 2N5401, dan Resitor 1 K






Kiprok AC DC Selesai dibuat



Kiprok dipasang kabel penghubung

Kiprok dipasang dimotor siap digunakan untuk satu abad


Hasil Test  Kiprok Dept Litbang Institut Teknologi Paman Zak
  • Voltage aki Terbaca 14,2 volt  pada rpm sedang dan pada rpm kecepatan cahaya terbaca 15 volt
  • Voltage AC jalur lampu terbaca 13 volt beban lampu 35 watt merk aspira pada rpm 2000-5000 sedangkan pada kecepatan high speed  lewati lampu kuning terbaca 14 volt
  • Uji kiprok pakai motor honda legenda selama 720 jam, hasilnya mantap aki full power dan tingkat cahaya lampu yang dihasilkan sangat maksimal  
Selamat mencoba dan berkreasi tanpa batas ! Semoga bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia dan seluruh warga dunia

207 komentar:

1 – 200 dari 207   Lebih baru›   Terbaru»
rapuma mengatakan...

utk kiprok model feedback dan fungsional ,contoh contoh motor nya apa aja?
Nah klo thunder kan output kiprok 2 kabel.bsa ga bkin pke trik ini?

Solusi battery mengatakan...

ciri khas kiprok model feed back jika kabel kuning dipotong, voltage aki jadi unlimited, model fungsional voltage aki tetap terkontrol. kiprok thunder tipe kiprok DC

Raden Tetuka@blog mengatakan...

Om Zak model ini misalkan mau meningkatkan voltase jalur lampu bagian mana yang di adjust?
Matur nuwun

Gundul mengatakan...

luar biasa.

Gundul mengatakan...

gan, buat booster capasitor bank itu outputnya dc ya gan?

Solusi battery mengatakan...

kalau mau modif tambah voltage diode zener bisa ente rubah, ane pakai standar 8,2 volt, pakai diode zener 9,1 volt atau 10 volt bisa disesuaikan dengan kebutuhan motor ente.

Solusi battery mengatakan...

betul output booster capacitor bank arus dc

Anonim mengatakan...

gan,tampilan skema belangnya dong liat

Unknown mengatakan...

Mantap

Gundul mengatakan...

posting bahan bakar air gan, hidrogen boster, lumayan buat penghematan bbm atau setidaknya tarikannya jd lbh ok,pakai pertamak + pun masih kalah tarikannya ama pake bahan bakar air.

Unknown mengatakan...

om untuk transistor 2N5401 di skema rangkaiannya kok ga ada ya?

Solusi battery mengatakan...

digambar skema ada tertulis Q1, dipenjelasan komponen betul tidak tertulis, entar ane tulis, terima kasih koreksinya.

Gundul mengatakan...

mesti yg jumlaah komennya sdikit br kbaca gan, yg udah 209 komen udah 200 keatas ga bs baca gan.

Unknown mengatakan...

aliran listrik di blakang PCBnya seperti ap uncle

Solusi battery mengatakan...

model dan bentuknya seperti pada gambar skema diatas, nanti gambarnya ane posting

Maulana Al Arif mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Solusi battery mengatakan...

rangkaiannya persis seperti gambar diatas ! ane pernah mengalami seperti ente circuit engga jalan, rahasianya sebelum ente pasang semua komponen harus diukur terlebih dahulu, terutama diode zener dan resitor, toko elektronik terkadang suka memberikan nilai voltage yg salah terutama diode zener.

Maulana Al Arif mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Solusi battery mengatakan...

sepertinya ada yang tidak konek antara kabel putih dengan katoda scr

Unknown mengatakan...

Kalo untuk scorpio kiprok model ini bisa ga uncle?

Solusi battery mengatakan...

sangat bisa lampu lebih terang dan charging aki lebih powerful

Gundul mengatakan...

om..
skema q1 itu buat 2n 5401 apa scr bt 151?
kan sama2 3 kaki? mohon penjelasan

Solusi battery mengatakan...

kode Q1 untuk 2N5401

Gundul mengatakan...

trus yg skema scr bt 51 kok lambangnya kaya dioda om, msh kurang paham sy om, penjelasannya ya om? ;)

Solusi battery mengatakan...

semua lambang SCR betul seperti lambang diode

LS mengatakan...

Betul om, mohon ditampilkan pcb bagian belakangnya dong..., terima kasih.

Gundul mengatakan...

gan ....rangkean kiprok buat supra 125 gmn gan yg ini bs ngga?
spul 125 ga ada centertabnya kan? soale rankeanku udh jd, tp blm aku coba, kmaren di suprafit udh ok.

Solusi battery mengatakan...

gambar pcb belakangnya sudah ane posting !

Solusi battery mengatakan...

kalau mau dipakai di supra 125 bisa !, jalur kabel kuning untuk center tab konek ke kabel putih / R1 = 5K1 langsung konek ke kabel putih, jadi jalur lampu langsung ambil di kabel putih.

Gundul mengatakan...

itu jalur lampu besar yg konek ke kbl putih nantinya msh terregulasi ngga om?
apa ngga putus lampunya, kan kbl putih langsung spul?

LS mengatakan...

Om, saya punya motor tua suzuki GT 380, apakah kiprok model ini bisa dipasang pada motor saya? Terima kasih.

Solusi battery mengatakan...

jalur kabel putih tetap terregulasi, coba lihat sekema kiproknya, katoda scr terhubung ke kabel putih, anoda scr terhubung ke ground

Solusi battery mengatakan...

kalau motor suzuki GT 380 originalnya lampu besar terang ikuti putaran mesin, kiprok ini bisa digunakan.

Unknown mengatakan...

om , kalo untuk jalur lampu kabel kuning dari spul diputus kemudian diganti / dijamper dengan kabel putih nantinya berpengaruh ke pengisian aki ato tidak? terus kalo untuk bolam 55watt dioda zenernya pake yang berapa volt? , trims unkle

Solusi battery mengatakan...

ada pengaruhnya pada RPM rendah aki engga kebagian semua lari ke lampu, RPM sedang dan tinggi charging ke aki normal, pakai diode zener 9 volt sudah mantap

Unknown mengatakan...

om ada yang buat tiger gak, model fullwafe daripada beli mahal2 mau coba bikin sendiri.

Gundul mengatakan...

kiprok fulwave yg ake kiprok supra fit itu harus floating ground spul ngga gan? trus sensor voltage biar ga overcarge nya di kabel apa?
kl punya tiger kan di soket pin 2 yg ke kontak , kl rangkeaan om zak letak nya dimn?

Solusi battery mengatakan...

nanti ane posting !

Solusi battery mengatakan...

betul mesti floating ground, sensor voltage ada pin kiprok konek ke masa, jadi engga perlu konek ke kunci kontak.

Unknown mengatakan...

kirim lewat email juga boleh mas hehehehe... agus_muzamiel@yahoo.com

Gundul mengatakan...

kalo kiprok hsx 125 bisa dibuat fulwave kayak kiprok supra fitt ngga om? dan setelah difulwave pengisian aki apakah lebih cepat dr standarnya?

Unknown mengatakan...

rangkaian saya jalur pengisian keluar 12 volt....jalur kuning saya gabung ama jalur putih ?

doplangdukuhanblog mengatakan...

Maaf mas, bukannya volt yg masuk ke bohlam maksimal 12v ya?
Motor ane supra fit lama yg pakai 2 bohlam 12v 25watt.
Kalau tegangan yg masuk 13v nanti apa tidak putus bohlamnya?

doplangdukuhanblog mengatakan...

o iya, dioda zener nya berapa volt?

Solusi battery mengatakan...

output volt pada rpm tinggi supra fit ane ukur 13 volt

Solusi battery mengatakan...

diode zener nya pakai 8,2 volt

doplangdukuhanblog mengatakan...

Mas, ditempat saya resistor 5k1, 1k2, dioda zener 8,2v 1/5 watt, scr bt151 sulit dijumpai.
Bisa kasih alternatif?

Solusi battery mengatakan...

resistor dan diode zener pakai nilai yg mendekati masih bisa pakai, scr pakai bt 152 bisa pakai.

Unknown mengatakan...

om mau tanya, dikiprok buatan itu jadinya ada 3 kabel apa 4 ya? lalu kalo di motor thunder konekinnya ke soket dari spul yg ada 3 kabel warna kuning ya? karna dari spul ada 2 soket. atau apakah kabel dari spul mesti di edit dulu? mohon pencerahannya uncle zak. trima kasih banyak. salam super.

Unknown mengatakan...

tambahan om numpang beda topik. om kalau pakai kapasitor bank di thunder itu ngambil dari salah satu kabel dari spul bebas aja atau dicari dulu om +-? lalu rangkaiannya, kabel dri spul - relay - kapasitor - kabel positif arah aki ya? di relay 4 kaki jadinya kabel spul, kabel negatif dari kiprok, kabel stator dri kapasitor, sama 1 lagi yg harusnya ke HID saya ubah kmana ya om? saya mau konsen ke pengisian aki om. saya dari kmaren coba dioda 5/1 di negatif kiprok ke aki ga ngaruh om, strarter gabisa bisa. saya coba kemungkinan pasang terbalik juga ga ngaruh. saya bantu nyalain motor pake aki dri mobil saya, start nyala. begitu aki mobil dicabut trus start blm nyala juga. padahal aki belum ada 1 bulan merk GS basah. trima kasiih banyak paman zak. mohon sangat pencerahannya paman zak. maklum no engkol jadi agak cape paman kalo dorong terus.

Solusi battery mengatakan...

kiprok acdc motor contoh diatas khusus untuk motor system ac dc, motor thunder khusus kiprok dc, jadi rangkaiannya berbeda dengan kiprok thunder.

Solusi battery mengatakan...

kalau motor thunder ente no engkol, sebaiknya kabel sepul diputus langsung konek ke titik tengah kapasitor powernya lebih mantap.

Ananto mengatakan...

Om rangkaian kiprok dc fullwave nya dong,buat megapro lama,keluaran spul saya pd rpm 8000 voltasenya sampe 150v

bulekemang mengatakan...

Kalau untuk Honda karisma Bisakah????
saya pakai DZ 1/2watt 12V kok keluarannya kurang lebih 15VDC(saya pakai multi analog)
masih bagus atau tidak ni keluarannya dari kabel charging

BERYL mengatakan...

kalau mau beli scr-nya kemana ya uncle? soalnya dikota saya dah tak ubek-ubek nggak nemu. baib bt 151-600 atau pun pake s6030 dan ecgxxxx. semuanya kagak ada di toko alekto kota ane. tolang solusi n pencerahannya
maz_daman@yahoo.com
alyahussomazab@gmail.com

Solusi battery mengatakan...

sebentar lagi terbit kiprok fullwave untuk tiger dan sejenisnya, sedang di uji di lab.

Solusi battery mengatakan...

kalau untuk honda kharisma, R1 5k1 dikonek ke kabel putih, bukan kekabel kuning, jalur lampu ambil dari kabel putih. pakai diode zener 12 volt outputnya jadi lebih besar lampu bisa putus.

bulekemang mengatakan...

untuk input Dioda 6A kabel kuning atau kabelputih juga?? ?
Ada No Tlp kah ?
saya test pakai travo 1A 15-0-15 = 11.7VDC (DZ 6V)
R1 0
Dioda 6A 15VAC
Mohon arahannya....
Terimakasih

Solusi battery mengatakan...

pakai scr wajib biar mantap, ane mau jualan mungkin lebih mahal ongkos kirimnya, jadi tidak ekonomis lagi

Solusi battery mengatakan...

input diode 6 amper dari kabel putih ! diode zener mesti pakai 8,2 volt biar pas , R1 5K1

Unknown mengatakan...

uncle,.!
kiprok ini kalo dipake spin 2007, bagus tidak.?
terimakasih

Solusi battery mengatakan...

kiprok ane sudah pasang di motor yamaha mio, honda supra, honda legenda, suzuki smash hasil mantap, kiprok motor ini universal, dipasang dimotor spin semakin mantap

Unknown mengatakan...

om, udah ane test. tegangan ke lampu besar mantap 14v
tapi pengisian aki tembus 18 volt. kenapa.?
sama, saya liat gambar pcb om bagian belakangnya itu katoda d1 yg nyambung tr,c,r2. itu disolder ke jalur garis2 pcb. kontak ke body motor dong (ground). itu sengaja apa gimana,?
mohon penjelasannya.,
dan terimakasih atas ilmunya.. :)

Solusi battery mengatakan...

katoda d1 memang betul nyambung ke tr C r2, kalau mau volt aki dikecilkan diode zener bisa diganti dengan nilai yang lebih kecil. pakai 6,8 volt.

Maulana Al Arif mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Solusi battery mengatakan...

coba sekering /fuse charing aki dicopot dahulu, coba test sekarang jika voltage nya naik, kesimpulan ente sukse merakit kiprok diatas, jika voltage tetap, ada yang salah !

Maulana Al Arif mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

kalau untuk honda mega pro 2008 bisa gak om pakai kiprok beginian? trims b 4 om

Unknown mengatakan...

Om jack kiproknya ini sdh fullwive blm? Klo blm bisa ga di bikin fullwive? Thx om zack..

Unknown mengatakan...

om Zak kalo skema kiprok DC buat motor thunder ada gambar penjelasannya
tp motor thunder nya cuma electrik stater blm ada engkol selah nya.
thunder lama.

Unknown mengatakan...

UNCLE. kalo di jalur lampu di bikin manipulasi dengan dioda 2/2 bisakah' untuk menambah voltase untk lampu . mohon pencerahannya . terima kasihh :)

Solusi battery mengatakan...

pasang diode 2/2 bisa untuk tambah voltage

Unknown mengatakan...

dioda yang aman digunakan kira" berapa amper ? biasanya kalo memakai dioda yg 1 amper' diodanya panas.

Unknown mengatakan...

Paman, bisa g rangkaian ini dipakai di shogun 125. Ane coba tegangan ke lampu ok g ada masalah, yang masalah tegangan ke accunya lbh dr 15 volt kira2 apa yg salah ya? Test waktu accu dilepas jg spt itu.

Unknown mengatakan...

Uncle zak, kalo buat thunder no engkol 125 bisa g? Ane baca komen dr atas g faham. Maklum g ngerti kelistrikan sama sekali, mohon di detailkan. Kalo boleh sih via email hehe c.julius82@yahoo.com
Trimakasih uncle zak

Unknown mengatakan...

om zak, itukan di ground ada warna kuning dan hijau. itu maksudnya massanya masing masing ya. atau di gabung ? mohon beri petunjuknya ,, bahan bahan sudah aku beli dan siap dirangkai . . . .

Unknown mengatakan...

aku udah rangkai ternyata enggak berhasil om .. aku cek kaki scr 2 ikut jalur min dioda. aku malah ikut jalur plus dioda yang yambung sama kaki 3 transistor . . . kalo gitu berarti massa SCR tidak ikut ke ground ya om karena tertahan oleh dioda ...

aku makai dioda zener 9.1 volt dan aku seri dengan metode 3/3 apakah masih aman buat lampu di motor rx king aku om ...


aku udah buka semua artikel yang om posting dan aku selalu ber eksperimen om . mulai dari inverter, CDI . penghemat listrik . lampu LED . dan yang ini . . .

anggra mengatakan...

om zak mantab ranangkaianya wktu saya tes pake mullti. dz 9v1 + Tip 42 hasil test lampu.. sesuai harapan 14,2v charger 13,5 v. tetapi setelah saya aplikasikan langsung kelampu utama,, rangkaian kehilangan tegangan hingga 0 volt untuk lampu. charger tetap stabil 13,5 v.
solusinya gmn om zak?

Unknown mengatakan...

iya om benar yang dikatakan anggara. troble yg dia alami sama seperti saya. saya aplikasikan pada motor rx king ku,. pada saaat di beri beban lampu utama. lampunya nyala tetapi redup.
yg saya ganti darirangkaian om hanya diodazenernya saja. saya memakai 9.1v . . . solusinya bagaimana om. tolong dibalas. agar semangat kami tidak redup. terima kasih.

Solusi battery mengatakan...

pakai scr BT151 paling pas, pakai transistor TIp 42 sensor base kemungkinan sangat sensitip.

Solusi battery mengatakan...

kalau rangkaiannya sudah seperti diatas mestinya sukses ! coba cek nilai resistornya atau pasang diode zenernya terbalik. mencoba dan terus mencoba hasilnya pasti mantap

Unknown mengatakan...

bener om. komponen sudah sama persis. dioda zener posisi bener. cuma yg saya ganti hanya nilai zener menjadi 9.1 volt. sebelunya saya coba dengan alat tes kiprok yg om posting. hasilnya memang mantap. volt ac kabel kuning 13-14volt sedangkan untuk kabel merah dc 5.8volt. dengan pedenya saya tes ke motor rxking. nah hasilnya redup. akan tetapi bila kabel warna merah dilepas. lampu lumayan agak terang. menurut om itu kenapa? kalo om gak percaya saya punya foto rangkaian saya. nanti saya tag lewat facebook ya

Unknown mengatakan...

https://scontent-b-sin.xx.fbcdn.net/hphotos-xfp1/t1.0-9/p417x417/10246378_774711715880394_7084122385649071212_n.jpg ( sebelum disolder )

https://fbcdn-sphotos-f-a.akamaihd.net/hphotos-ak-xfa1/t1.0-9/10363361_774712255880340_5453470228163869671_n.jpg ( sesudah disolder )

itu om ? menurut saya sudah mantap banget dan gak ada yg salah

Unknown mengatakan...

Om zak, saya sudah mencob a rangkaian kiprok HW yang ada di Thread anda, dan langsung mencoba ke motor GL saya yang sudah dimodif memakai spull grand HW, awal langsung saya pasang dan nyalakan mesin lampu motor langsung terang, namun berhubung belum ada soket akhirnya saya lepas lagi dan saya pasangi soket.
Ada problem saat saya memasang kembali kiprok homebrew tersebut secara tidak sengaja kabel putih (Menuju + Aki) menyenggol ground dan Kabel dari Spull Lampu dan Pengisian, sempat terjadi percikan, setelah saya pasang dan coba hidupkan kembali lampu kembali redup dan Kiprok panas, saya cek hanya SCR nya saja yang mati, saya ganti dan coba pasang kembali namun Lampu tetap Redup saat saya coba nyalakan motor,
Apakah kondisi Spull Motor saya Rusak (konslet) ?
Keluaran Spull lampu hanya 10V dan Keluaran Pengisian Aki hanya di 5-7,5V.

Mohon arahannya.

anggra mengatakan...

saya udh pake scr bt 151 500r + 2n5401 tapi hasil tetep sama.
coba ngawur modif spul jadi CT+ modif seluruh rangkaian om zak, + R jengkol + dua T C3182 + r 6w 8.2 ohm.. jadi arus dc
hasi lampu 11,2v pengisian 13,8 - 14v. tapi nggak minimalis dh diringkas masih lebih Ghede dr mouse. hehehe
tapi lumayan test 10mnt... panas rangkaian cuma anget-anget. sekarang dh saya cor pake resin biar awet..
tp kawat spul dah q rubah 1,2mm.
.masih punya target naik volt lampu 14v . pake 7815. so 18v masih kuat. pakai cas aki mobil 10A made in dewe.. tp dah puyeng dulu.. mikir kerjaan.

Unknown mengatakan...

jiahaha .. lagi semangat semangatnya ya om anggra . . .
udah buat apa aja yang diposting oleh beliau ^_^

kalo kiprok yang aku buat,sudah mantap om . digeber voltase meningkat , akan tetapi saat diberi beban lampu. lampunya redup kalau keadaan lamsam. beda dengan kiprok orisinilnya kalau lamsam masih terang. sampai saat ini ungcle belum bisa jawab.

anggra mengatakan...

iy om bai,, dari iseng jadi gatel. hehehe.. . rangkaian om zack dah bs dibilang sama m kiprok asli.tetep aj kprok buatan pabrikan ada rahasianya. pdhal di rangkaian tv in SCR 30v tidak terkompres stlah terkena beban 12v. memang harus lbh kreativ aj.

biar scr'ny di ganti 7815/ lebih tetep aj jd redup setelah terkena beban. wktu scr n 7815 di test pakai trafo ct diode 6/3A + kapasitor aja bisa gk ngedrop walaupun trkena beban lampu motor. jadi iseng aj bwt rangkaian terpisah lampu m aki. eh malah lumayan jd'ny.
test lampu jauh dekat hidup bersamaan hasilnya lampu gk redup. hehe. jd ky motor laki.. tanpa fullwave alias cm ngandalin spul. n udh q bwt sklar lampu jauh tnpa mutus arus lampu dekat. weleh.. terangnya ok ky lampu mobil, kira 100m tembus.
tp gk bs lama2 lampuny panas'e puollL..pdhl 35/35w 2,, trz yg 1 malah lepas masuk ke dalam reflektor. q liat2 trnyata cincin/sirip lampu bukan press tp cm di lem pake timah. semprull. mika leleh,, ky plastik kena api rokok. jd kemarin beli baru.. jiahahaha...
share pengalaman aj... :)

Unknown mengatakan...

wah mantap tuu .. coba deh makai yang 100wat semoga gak meleleh kalo makai yang itu. trus penerangan gak kalah sama HID :p tetep semangat kang

Solusi battery mengatakan...

tetap semangat !

Unknown mengatakan...

om zak,knpa y di motor jadul sya{astrea 800}yg kiproknya tiga kaki tegangan keluarannya cma 9 volt?baik lmpu maupun pengisian,ap mngkin gara2 ane beli zener yg 9v1 dan tahanan yg 5k6 soalnya lgi gada waktu beli..mnta pnjelasannya dn ap memang motor jadul sya spull nya cma segitu?dn apa bner motr sya gda tahanan lmpunya di kiprok?

Unknown mengatakan...

widiww :p. SEMANGAT LAJU om !!
oiya, foto skemanya sudah saya kirim lewat facebook om ..

sudihkah om untuk melihatnya :p heheh

anggra mengatakan...

ya smangat om zack. wong ni mikirin setrum yg mubazir di'buang2 ke masa. pdhl msih bs bwt maksimal ke lampu. sekarng dh tembus 13v.hehe sbelum nemu ni.. sempet mikir pake ac konverter 12v DC to 220v AC + travo CT 10A utk lampu tp mau taruh mana.. paling nggak jg hrs fullwave bwt nyuplai aki.

hehe kmrin2 dah sya coba kang bai pake lampu cadangan kijang babe 90/100w ditali pake mail + lem G..tp pake reflektor yg lama.. widih 90w aj padange ngacir..hahaha cm q pake 1jam mikanya ngglombang + jd bures.. ueekk. dh seneng kang pake 35/35w 2 buah gk jauh m 90wat..n dh ngalahin penerangan jalan hid 250.000 yg cm silau tok. yg atas osram kuning kabut m bawah yg biasa. so motor q grobak fu.. motor mahal penerangan murahan. rantai brisik hrs pakai tambahan. kecewa berat... andai aq sugih duwit.. wis tak doll ganti anyar..hwehehe

Unknown mengatakan...

jiahaha ..
hukum alam sii mas anggra, kekurangan yang membuat kita lebih berfikir keras ( kritis ) kalo seandaianya kita orang mampu. pasti gak akan repot" mikir kaya gini. langsung aja beli HID super mahal .. hehehe

Blog seperti ini sangat membantu sekali di jagat otomotif apalagi kalangan menengah kebawah yang selalu ingin berkreasi tanpa batas tanpa mengeluarkan bugget yang terlalu besar . . .

terimakasih banyak kepada orang seperti om jak yang selalu memberi ilmu kepada kami.

anggra mengatakan...

om zack... rangkaian di atas klo ingin mengurangi 3 - 4v tegangan ke accu apa yg hrus dirubah?

anggra mengatakan...

yoi tow om bai.. lha wong dh di kasih modal kog tinggal ngembangin aj.. boro2 yg lain dh pd pinter mau bagi ilmu sprti ni..

Unknown mengatakan...

coba dikurangi nilai zenernya mas.

anggra mengatakan...

sama aj om bai... mlah dah pake 5v tetep sama...

Unknown mengatakan...

Om zack.. motor gw soul gt kondisi fullwave pake kiprok tiger ori. Kemaren sempet manipulasi monitoring voltage kiprok pin 2 dengan penambahan dioda 1a. Voltage terbaca : rpm idle hid off 15,1v.. rpm tinggi hid off mentok di 15,3v.. rpm tinggi hid on mentok di 15,1v. Untuk aki kering mebi gak masalah. Yang jadi pertanyaan, kondisi voltage segitu apa masih aman buat ECU???

DR mengatakan...

Om... Rangkaian itu bisa buat suzuki skydrive gak ?Makasih.

Solusi battery mengatakan...

voltage aki 15,3 masih wajar dan standar, didalam ECU sudah ada filter voltage regulator standar 12 volt.

Solusi battery mengatakan...

rangkaian kiprok ini standar untuk tipe motor yang pakai kiprok ac dc , untuk suzuki skydrive sangat bisa !

Unknown mengatakan...

Uncle Zack Kalau Kabel merah dihubungkan ke lampu langsung bisa ngak..

Solusi battery mengatakan...

bisa, dengan catatan kabel kuning dari sepul harus dipotong terlebih dahulu

danny00rexsa mengatakan...

uncle jack apa bisa rangkaian kiprok nya di pasang di motor yamaha mio j injeksi?saya mau pasang lampu hid tapi kepingin aman buat komponen injeksi atau ecu nya,mohon pencerahan nya..

Unknown mengatakan...

mas saya sudah rangkai seperti rangkaian di atas? trus saya pakai lampu osram 12v/35 4000 kelvin tetapi lampunya kok langsung putus ya mas ?

dibuat jalan dengan rpm tinggi langsung putus ? apa perlu di ganti resistornya ya mas ?

saya menggunakan resistor 1/2 watt ? atau resistornya di lebihkan nilainya ?

motor saya blade110 dengan kiprok sudah saya ganti dengan standart kiprok mio smile !!

A.R.L mengatakan...

Uncle, untuk honda beat dri AC ke DC pake regulator ini bisa ga? Trs kabel mana yg harus dipotong..

ricky mengatakan...

uncle mau tanya apakah regulator dc ini bisa dipakai utk suzuki satria ?
dan kabel mana yg harus dipotong dari spul ( 4 kabel) terima kasih

Unknown mengatakan...

uncle zak, klo kiprok ini buat di vespa super 73 bisa ga, soalnya mau pasang aki

Solusi battery mengatakan...

kiprok acdc model diatas diaplikasikan pada motor vespa sangat bisa dan semakin mantap !

Solusi battery mengatakan...

tidak ad yang harus dipotong untuk aplikasi pada motor suzuki satria, model kiprok acdc diatas bisa langsung diplikasikan

Unknown mengatakan...

salam kenal om
udah coba buat kirpok ac dc dan boster semua gagal terus
bingung antara komponen dan gambar gak sama
nomor yang bisa dihubngi or email disaya om
please help me..thanks before

Unknown mengatakan...

Ane pasang d supra 125 lampu ko g bsa nyala za
R5k1 udah tk smbung kbl ptih
Mhon pencerahan uncle

haje_de mengatakan...

kalo buat scorpio bisa gak paman zak

Unknown mengatakan...

rangkaian udah jadi coba test hasilnya bila gas langsam semua nyala tapi waktu gas digeber tidak ada aliran listriknya tp normal kembali ketika gas langsam. Mohon bantuannya om

Unknown mengatakan...

Om bisa mintak memperjelas susunan kabel labelnya

Unknown mengatakan...

trimakasih om infonya

yok mengatakan...

Om, utk nilai R apakah mutlak harus 5K1 ? Bgmn seandainya SCR pake 2P4M ?

alignd13 mengatakan...

Uncle Zak... Rangkaian diatas bisa dipakai di minerva R150 ngk..?

Unknown mengatakan...

uncle zak tangerangnya mana?

Unknown mengatakan...

Uncle Misi Mau tanya, Apakah rakaian ini bisa untuk Yam*h* RX Spesial 81 yang masih menganut kelistrikan 6 Volt?
mohon Pencerahannya

Anonymous mengatakan...

pak, klo misalnya saya mau pasang potensiometer/tripod bisa tunjukan bagaimana caranya,. dan butuh brp k

Unknown mengatakan...

Unle kalo DC bisa pake bosster kiprok ini?

Unknown mengatakan...

apakah sama test pengujiannya?

Unknown mengatakan...

Uncle...Apa ini bisa dipakai buat vixion NVL???

Unknown mengatakan...

uncle .. apa bisa buat Jupit*r Z 2005?

Solusi battery mengatakan...

bisa dan semakin mantap lampu lebih terang

Unknown mengatakan...

Supra x 100 cc bisa gan?
Itu scr grandmya gak disambung?

Solusi battery mengatakan...

supra x 100cc bisa pakai kiprok model diatas, anoda scr konek ke ground

gan den mengatakan...

seandainya sepul di ganti adaptor trus buat ngecas aki bisa dong pak?

Solusi battery mengatakan...

betul, bisa untuk cas aki

Chameel mengatakan...

om, buat mio sporty bisa gk ? soalnya aku mau ganti pake LED semua. makasih om atas inponya :)

Unknown mengatakan...

apakah skema charger ini juga bisa auto charge dan auto cut off pak? sehingga bs dipake utk ngecas aki terus menerus tanpa kuatir akan meruksak aki yg dipake utk On Line. skema ini akan sy pake utk topologi sbb: charger otomatis--->aki--->inverter---->komputer server(nyala nonstop 24 jam)

Unknown mengatakan...

Om kalau di pasang di jupiter 2003 bisa gak?

Unknown mengatakan...

uncle zakk... bisa pesen gak tuk kiproknya langsung pasang???

Unknown mengatakan...

omm kalo dipake di motor new smash 110 bisa gak ya ommm

Solusi battery mengatakan...

dipakai dimotor smash bisa dan semakin mantap

Unknown mengatakan...

kalo pesen yang sudah langsung pasang ada gak omm...

Unknown mengatakan...

skema ini apakah juga auto charge & auto cut off pak ? sehinga dpat dipake utk ngecas aki secara otomatis?

Unknown mengatakan...

rangkaian ini apakah juga auto charge dan auto cut off pak? sehingga dpt dipake utk ngecas aki secara atomatis

Unknown mengatakan...

haloo om zak....lma gak ada respone...

bang zul mengatakan...

Om zak rangkaian ini bisa di pake di supra 125 gk, dan gi mna caranya

Unknown mengatakan...

skema ini apakah juga auto charge & autocut off pak ? sehinga dpat dipake utk ngecas aki secara otomatis?

come back to bussiness mengatakan...

Thunder 125 menganut system 3 phasa 3 kabel output buat nyetrum aki semua

bukumusikfilmku mengatakan...

om zak kl d psng d motor tanpa aki (rx king) bs jg gak?regulator motor sih msh ada om? thx

bukumusikfilmku mengatakan...

om zak kl d psng d motor tanpa aki (rx king) bs jg gak?regulator motor sih msh ada om? thx

Unknown mengatakan...

gan..kalo untuk mio sporty cara pemasangannya gimana gan? mohon bantuannya

Ti Lik Tik mengatakan...

om mohon bantuannya, kalo rangkaian kiprok untuk thunder 125 mohon pencerahannya

Solusi battery mengatakan...

artikel untuk membuat kiprok thunder ada disini coba buka daftar artikel

Solusi battery mengatakan...

sama saja kabelnya standar merah ke aki, putih dari sepul, kuning untuk lampu hitam masa

Solusi battery mengatakan...

untuk rk king bisa semakin mantap

Unknown mengatakan...

gan ane dah rakit..tegangan ke akinya maksimal kalo gas digeber kok cuman 10v ya? apanya kira2 yg salah ya gan?

Unknown mengatakan...

untuk supra x 125 helm in, 5 pin bisa ndak ?

miftah mengatakan...

om kalau jalur lampu ambil dari aki, alias yang dari spull tidak digunakan apa bisa make rangkaian ini

easyenglish93 mengatakan...

Keren euy kiprok ala Uncle ini, ane dah coba rakit. D1 ane pake 3A sama C1 ane paralel 5 kapasitor 4,7uf karena keterbatasan komponen. kalo dibandingin sama Kiprok ori legenda beda nyatanya tegangan buat charger aki dapat 12 s/d 12,3V saat rpm rendah, kalo kiprok ori cuma 10 s/d 11V. saat rpm tinggi ga terlalu ngaruh, ori atau bikinan sendiri sama sama 13 s/d 15V. efek terang redup lampu sama aja. kalo hasil yang ane rakit Nilai plus kiprok ini ga bikin aki tekor. rpm rendah atau tinggi tegangan charger aki selalu dapat 12V lebih. emang mantap :D

Unknown mengatakan...

Om lo aki ga dipasang apakah lampu tetep normal? Lo kiprok yang aki ga terpasang lampu jadi putus terus pa kiprok rusak?

Prildian™ (anak tampa) mengatakan...

Om Zak..ini kiprok old vixion ane sekarat..rencana mau aplikasikan model ini,cuma ane bingung..kabel dr spul ada 3,warna putih semua.Kiprok standar old vixion pin 5,kabel dr spul 3 biji (putih) out DC hitam (massa) sama merah (charger accu)..yg ane tanyakan bagaimana cara membedakan ke-3 kabel ini,mksudnya mana jalur lampu,jalur charger,sama massa/ground?
Terima kasih.

Unknown mengatakan...

kalo buat ninja r yg masih
sytem ac bisa nga.?

Randi mengatakan...

Om zak, kalau mau minta dibuatkan untuk vario 110 bisa nggak? Karena saya tidak mahir main solder, bikin diode 2/2 untuk lampu saja saya rusak semua krn kelamaan solder nggak nempel

Agung mengatakan...

Met siang om zak, mo nanya nih.
Di kota saya toko komponen sangat tidak lengkap, udah ngubek2 tiap toko tetep tidak nemu SCR tipe BT151, paling2 adanya SCR tipe 2P4M dan BT136. Apakah semua rangkaian kiprok bisa menggunakan SCR tipe 2P4M atau mungkin ada contoh rangkaian kiprok dengan SCR NEC2P4M. Matur nuwun

Anonim mengatakan...

mantap sekali hasilnya uncle saya buat kiprok ini tp dengan sedikit merubah ukuran komponen di atas hasilnya jalur lampu terbaca 16 volt terimakasih atas ilmunya uncle zak

Agung mengatakan...

Om Zack. kalo dari R1 ke kabel putih, berarti rangkaian ini jadi kiprok tipe fungsional alias bukan feedback ya om? wah kerenn nih si Om. mohon koreksi

Unknown mengatakan...

bang..... saya ada masalah... untuk vespa lampu sering putus...... kira" kiprok yg mana yang pas. tolong solusinya

Agung mengatakan...

Saluut easyenglish93, ane bikin buat diaplikasi ke HSX125 tapi D1 6A panas, ganti pake STPR1020CB (10A/200V) agak dingin cuman gantian BT151-600 yang panas. Hadeeh ada solusi gan?. trims

Agung mengatakan...

Kabel kuning dijamper ke kabel putih bro, karena spul HSX125 tanpa menggunakan CT

Unknown mengatakan...

Pakai di vixion bisa?

Unknown mengatakan...

Pakai di vixion bisa?

Unknown mengatakan...

Pakai di vixion bisa?

Anonim mengatakan...

Om yg buat fullwave gmn..

Anonim mengatakan...

Om yg buat fullwave gmn..

duipee mengatakan...

Ane udah bikin, part sama, peletakan sama, urutan sambungan ( solderan ) sama,
kenapa waktu dipasang,
kondisi langsam tidak ada kenaikan voltase pada aki.

mesin di gas SCR nya langsung ngebul terbakar, pada kaki katoda yang gosong.

mohon bimbingannya tanks

duipee mengatakan...

Apa Om zak ada jual kiprok ini, biar gak pusing aku he hehehe

Unknown mengatakan...

Om zack kalo kiprox ini buat beat fi itu kan 5 pin gimana caranya...??? Mohon penjelasanya pleaseee...

Ahnoeg mengatakan...

Kiprok vespa nggak ada kabel kuningnya. yng ada merah, abu-abu, putih dan hitam.


apakah kabel warna abu-abu ini sama dengan kuning?

Saudah mengatakan...

om honda win tegangan dari spul langsung kisaran berapa V ya ?

Unknown mengatakan...

Buat megapro primus bisa gak om

Riko mengatakan...

om maaf bagian blakangnya kurang jelas ..bisa d perjelas lgi gx ? mkasih

Unknown mengatakan...

Om zack klau scr nya 151 600r bisa nggak ya karena di toko yg 500r nggak ada tolong di balas ya om

Unknown mengatakan...

Mas zak saya mau tanyak nie kiprok ini kira2 klau di pakai charger aki kayak setrum aki di bengkel2 itu kira-kira uda outomatis mati dak bila penuh aki tersebut...dan kalau dipakai charger aki kira2 rangkaian ini kan ada koneksi lampunya yaa mas kira2 gimana rangkaiannya bila tanpa lampu...mohon bimbingannya mas yaaa

Anonim mengatakan...

om zak bisa buat vixion lama gak ya rangkaian ini.. tolong di bales ya om

Unknown mengatakan...

selain scr Bt 151.apa ada model scr lain om?.soalnya susah cari scr 151

Unknown mengatakan...

Mengapa kiprok merk fukuyama sama ori motor harganya beda? Adakah yang membedakkannya om? Hee edisi penasaran banget om..

Suhudfilm mengatakan...

Pertanyaan bagus nih,kayKnya ditambahin relay bisa buat rangkaian charger otomatis ..... Mohon balas an ny om zack

Suhudfilm mengatakan...

Bs kayaknya bro,tp nambah relay ..... Ane ikut nunggu jawaban ....heheheh

Unknown mengatakan...

mas @miftah sle,apa kiprok ini bisa diaplikasikan di honda CS1 ?

BENTOEZ mengatakan...

maf uncel sya mau tnya, sya sudah buat kiprok sperti pick di atas, hasil pengisian'a luarbiasa,, tpi kendala yg saya temukan knpa diode 6A nya jebol di rpm tinggi, sya sudah coba buat 2 sekaligus dan 2"nya jebol di diode 6A nya, mhon solusi'a,,

Amrie Muchta mengatakan...

Bagi yang sedang melaukan modifikasi kiprok, bisa cek nih arti warna kabel kiprok

urntukulo mengatakan...

keren min, dilengkapi gambarnya juga jadi jelas sekali...
power supply 30v 5a

Unknown mengatakan...

Maaf uncle, kenapa ya jalur kelampu saya tes dg multitaster 11 volt sampai 21 volt ya..?? Apakah ada yang salah..??

Unknown mengatakan...

Salam Om Zak

Saya sdh rakit sesuai skema di atas, namun saya test dengan Trafo CT 18-0-18 keluaran di Multimeter hanya 8,6 Volt saja (kurang dari 13,5 - 15 Volt yang diharapkan) kira-kira apa yang harus diperbaiki.. Terima kasih Om Zak tanggapannya.

Sumber Agung mengatakan...

Om zak.. itu zener nya berapa volt?

Yuda mengatakan...

Ass paman zak itu dari dioda penyearah 3/6 Amp langsung ke aki ya apa voltasenya nggak gede saat motor di gas rpm tinggi ma'f mohon di koreksi klau salah aku pngen buat buat charger akinya doang taadinya

Yuda mengatakan...

Om saya udah bikin kiprok nya cuman tegangan pengisian ke aki sama ke lampu pas rpm tinggi 24-32 volt takutnya cdi rusak pencerahaan nya dong

Unknown mengatakan...

pada jupiter mx 2011, saya cek saat motor nyala tanpa aki kondisi stasioner tegangan charge 5,8v.. di gas naik tapi msksimal cm sampai 8volt.. pakai aki 12,sekian volt.. tapi aki tekor terus.. padahal aku saya charge pakai charger aki ( buatan sendiri 15 volt) bisa penuh akinya.. klo lampu nyala normal.. apa masalahnya pamam zak? makasih paman

I Kadek Mahendra Kusuma mengatakan...

Uncle.. Dioda zenernya yang berapa volt..??
Kan cuma di jelasin 1/2 watt..

Unknown mengatakan...

8.2v

Lukman mengatakan...

Dioda zennernya 9v1

Unknown mengatakan...

Om zak motor saya suzuki smash, pake kiprok ganda sgp/ori.ada epek sampingnya atau tidak.tolong arahannya. Trims

yogi mengatakan...

Terima kasih atas ilmunya. Sudah saya aplikasi di glpro zener 6.8 volt. Lampu terang digeber g putus. Aki copot ganti elco. Mantap kiprok g panas jarak 32 km pp seminggu.

Abu abdillah mengatakan...

Om salam knal dr jember jatim.
Om ane ud bkin sirkuit 1, ane aplikasikn k win. Zener 8v2 susah om, jd ane pake 15v. Ane cek tanpa beban, langsam ud lumayan 4,..v baik kabel kuning yg mau k lampu (ac) maupun jalur pengisian aki (dc). Saat rpm tinggi jalur ac tembus 17v, jalur charge aki cmn 7v. Saat ada beban jalur ac langsam-rpm sedang lampu mantap terang, saat gas pol rpm tinggi bohlam mati. Yg anehny jalur aki (dc) charging aki mantap 13,... V, rpm sedang msh tembus 15v mantap. Tp saat rpm tinggi bs tembus 17-18v.
Gmn om solusiny ?

Abu abdillah mengatakan...

Om salam knal dr jember jatim.
Om ane ud bkin sirkuit 1, ane aplikasikn k win. Zener 8v2 susah om, jd ane pake 15v. Ane cek tanpa beban, langsam ud lumayan 4,..v baik kabel kuning yg mau k lampu (ac) maupun jalur pengisian aki (dc). Saat rpm tinggi jalur ac tembus 17v, jalur charge aki cmn 7v. Saat ada beban jalur ac langsam-rpm sedang lampu mantap terang, saat gas pol rpm tinggi bohlam mati. Yg anehny jalur aki (dc) charging aki mantap 13,... V, rpm sedang msh tembus 15v mantap. Tp saat rpm tinggi bs tembus 17-18v.
Gmn om solusiny ?

«Terlama ‹Lebih tua   1 – 200 dari 207   Lebih baru› Terbaru»