Tuesday, March 5, 2013

Cara Mudah Servis Karburator Motor

by : Zakir Skynet

Jurnal ilmiah kali ini, paman zak akan membahas bagaimana menservis karburator motor, apakah mudah cara servis karburator ? jawabnya tentu sangat mudah. Umumnya penyakit yang terkait dengan masalah karburator  adalah motor susah hidup, posisi langsam kurang mantap dan mesin sering mati., atau akselerasi motor ketika dipacu kecepatan tingggi mesin agak tersendat- atau mesin batuk-batuk dan bersin-bersin.



Cara Kerja Karburator

Cara kerja karburator sangat sederhana yaitu memanfaatkan efek venturi, baik itu karburator motor, mobil, traktor, genset maupun mesin  pemotong rumput. apa itu efek venturi terkait karburator, penjelasan ilmiahnya bisa dijelaskan seperti pada gambar dibawah ini : pada pipa yang agak sempit/venturi tekanan  udara lebih tinggi dari pada tekanan pipa lebih besar. hal ini dimanfaatkan oleh pembuat karburator dengan memasang fuel jet, akibat tekanan angin  diseputar venturi tinggi mengakibatkan sebagian lubang fuel jet menjadi vakum, akhirnya bensin dengan sendirinya keluar dari lubang fuel jet. menuju manipol hisap dan akhirnya masuk keruang bakar.



Cara Kerja Karburator




Langkah-langkah Pasti Servis Karburator

Peralatan yang harus disiapka antara lain :
  • Kunci ring pas  8 atau 10
  • Obeng Kembang
  • Pembersih Karburator atau kawat kecil





Bedah  Karburator

Setelah karburator di copot dari manipol hisap, maka selanjutnya gunakan obeng kembang untuk membedah atau membuka lepaskan pilot jet dan main jet, bersihkan dengan pembersih karburator, lindungi mata anda dengan kaca mata, untuk menghindari terkena semprotan pembersih karburator. sempotkan seluruh lubang-lubang pilot jet, main jet, lubang pengatur udara maupun lubang pengatur bensin.

 



Baut Pengatur udara dan bensin posisi langsam, Pilot Jet dan Main jet


Pilot jet Pengatur Bensin Posisi Langsam/RPM Rendah





Seluruh Lubang Bensin dan Udara Dibersihkan  Pakai Pembersih Karburator

















Rakit Kembali Karburator

Setelah seluruh lubang-lubang bensin dan udara karburator dibersihkan maka pasang dan rakit  kembali seluruh komponen-komponen karburator.
Untuk setelan awal karburator : pengatur bensin dikencangkan seluruhnya kemudian dikendorkan sebanyak 3-4 putaran, sedangkan pengatur udara disetel asal, selanjutnya setelan  bensin dan udara karburator di setel sesuai dengan selera anda.




Semoga bermanfaat untuk seluruh rakyat Indonesia dan seluruh penduduk planet bumi.




5 comments:

  1. kelihatane repot nich lama gak posting

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, tidak terasa satu bulan ini ane engga posting, maklum ane lagi sibuk.

      Delete
  2. waduuugh hampir 2 bulan gak muncul ada apa nich apa lagi riset indikator lampu amper nich hehehe aku kangen dh postingan paman zack , di tunggu nich. . . . .

    ReplyDelete