Saturday, December 15, 2012

Modif Fullwave Tanpa Bongkar Spul dan Rotor

by : Zakir Skynet

Empat bulan yang lalu paman zak telah mempublikasikan ada empat metode bagaiman cara merubah motor yang masih halfwave menjadi fullwave tanpa harus membongkar spull / stator. salah satu  contoh sirkuit terbaik di dunia (versi uncle zak) modif fullwave tanpa harus membongkar stator bisa dilihat dibawah ini :






Setelah melalui proses riset yang panjang  dan  kajian mendalam, akhirnya tercipta satu buah sirkuit baru modif fullwave tanpa harus membongkar stator. seperti gambar dibawah ini, modif fullwave model seperti ini dapat meningkatkan power lebih dari 150 %.







Cara Kerja Modif fullwave Tanpa Bongkar Spull dan Rotor

Banyak SMS yang masuk dan bertanya bagaimana bisa modif fullwave tanpa harus membongkar spull  dapat meningkatkan tambahan energy,  bahkan  ada sms yang masuk dan mengatakan bahwa teori uncle zak,  melawan hukum kekekalan energy, dan tidak masuk akal,  karena dapat meningkatkan power sebesar 150 s/d 200 %. buat yang masih  belum paham cara kerjanya  Penjelasan ilmiah  uncle zak bisa diterangkan seperti pada gambar animasi dibawah ini :


Cara Kerja Alternator Motor

Pada gambar diatas terlihat rotor permanent magnet berputar di seputar rotor/spull, ketika mesin motor dihidupkan, maka proses penciptaan energy listrik sudah dimulai, sebagai contoh honda supra fit pada saat putaran langsam energy yang dihasilkan 1,4 amper, karena motor supra fit masih menganut sistem kelistrikan halfwave maka hitungan kasarnya hanya setengahnya yang keluar, yaitu sebesar 0,7 ampere, kemana sisanya setengah gelombang  lagi 0,7 amper, masih berputar-putar diseputar antara rotor dan spull, sebutan uncle zak gelombang elektromagnetik "Liar" 

Kesimpulan 1 : energy sudah diproduksi oleh rotor dan stator sudah ada,  hanya belum bisa dikeluarkan.. jika dikeluarkan  posisi disini ada peningkatan 100 %.

Model  System charging battery  Varian Motor "bebek"


Model System  Charging Battery Motor Fullwave



Posisi Langsam Supra fit outputnya  hanya 0,7 ampere

Salah satu solusi mudah  uncle zak tawarkan kepada publik otomotif yang ingin menambah power dan mengambil energy "liar' dan dijinakan untuk keperluan yg berguna  maka kabel spull harus ditambah sebuah komponen yang bernama capacitor. tugas capasitor inilah yang menangkap gelombang eletromagnetik yang berputar-putar diseputar spull dan rotor atau dengan kata lain menangkap gelombang setengahnya lagi.

Contoh Capacitor Yang digunakan  Untuk menangkap Energy "Liar" 10.000 Uf  80 Volt






posisi langsam supra fit pakai capacitor dapat mengeluarkan energy sebesar 2,1 ampere
Rotor Permanent Magnet dan stator

 

Rahasia Proses Penambahan Energy Tambahan

Paman Zak mengklaim metode yang ditawarkan akan menambah performa  pengisian aki sebesar 200  % pada posisi langsam, yang 100 % sudah diungkapkan pada kesimpulan 1, sekarang timbul pertanyaan dari mana datangnya energy tambahan yang 100 % lagi ? 
Pembaca dapat berkomentar teka-teki datang energy tambahan 100 %, atau abaikan saja


Komponen Yang digunakan 


  1. Diode 6 ampere satuan  1 Buah.
  2. Diode Bridge
  3. Capacitor 10.000 uF 80 Volt
  4. kabel secukupnya












Seberapa Besar Power Kiprok Honda Tiger

Sebelum para biker yang ingin modif fullwave dengan cara membongkar spull dan rotor, kemudian mengganti kiprok standar ke kiprok honda tiger sebaiknya harus tahu terlebih dahulu, seberapa besar peningkatan powernya. berikut ini hasil riset paman zak tulis beberapa honda tiger yang mampir ke tempat paman zak :

Posisi langsam honda tiger terbaca tang ampere  2,10 amper

Arus listrik charging battery honda tiger pada area 2 amper posisi langsam

Posisi gas di geber  kecepatan tinggi sampai rumah pak RT bangun

Arus charging battery posisi gas kecepatan tinggi honda tiger

Seberapa Besar power  Modif  fullwave model uncle zak 


posisi langsam honda supra fit sebelum dimodif tang amper terbaca 1 amper 


Posisi langsam setelah di modif fullwave model uncle zak tang amper terbaca 2,5 amper


Setelah dimodif fullwave model uncle zak pada posisi langsam ada peningkatan sebesar 150 % sangat mantap




Posisi gas digeber kecepatan tinggi sampai kaca-kaca  rumah tetangga  bergetar

Posisi gas kecepatan tinggi honda supra fit sebelum di modif fullwave tang amper terbaca 2,6 s/d 3 amper





 Setelah di modif fullwave tang ampere terbaca 4,6  s/d  5 amper




I got the power



Voltage aki sangat mantap dan terkontrol maksimum Voltage 14,63 Volt






Semoga informasi ini bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia dan seluruh penduduk planet bumi.





106 comments:

  1. mau tanya pak...dioda yang gambar ke 2 dan 3 dari atas kok dua yang 6A?padahal di spesifikasinya hanya 1?apa boleh pada keluaran kiprok menuju aki tanpa dioda?

    ReplyDelete
  2. Saya Dah COBA n hasil'y MANTAAAAPPPPPP om????
    cara ini saya APLIKASIKAN dg cara dioda 1;5,,,,,,, tapi as kabel merah yang mnuju AKI ,saya pasang dioda stater jdi ga mau ITU knapa ya Om?????? n DIODA saya lepas NORMAL !!!!!!!

    SAYA pasang HID!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pasang diodanya dekat aki stater engga bakal hidup, arus listrik yang menuju dasbor terhalang arus listriknya, pasang diodenya persis dekat kiprok

      Delete
    2. owh kabel merah dari kiprok yang menuju aki om????

      Delete
    3. kabel merah benar yang menuju aki

      Delete
  3. Gan terus dioda brige nya untuk apa kalau aku liat rangkaian di atas kok gak pakai

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada tiga rangkaian pilih saja yang paling mudah, hasilnya output powernya sama

      Delete
  4. Sekalian bos skema rangkaian di atas yg warna hijau itu di sambung ke mana? Maaf banyak nanya maklum orang goblok tapi selalu ingin tau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabel hijau tergantung ente pilih yang mana sekemanya

      Delete
  5. Itu gan aku mau pakai rangkaian gambar yg ada kapasitor disambung dengan kiprok kan ada 2 jalur warna hijau satu dari aki kemana terus satu lagi dari kapasitor di sambung dioda terus kemana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabel warna hijau semua ujung ke masa

      Delete
  6. Eh...... ketemu sama ini blog g isinya mantabbsss BANGET.......
    do'ain ya agan2 ane mo buat fullwave pro ane semoga berhasil......

    ReplyDelete
  7. kasih cara step by step untuk orang awam kaya ane,tapi buat jupi z1

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk model satu, langkah pertama yang penting beli capacitor 10.000 uf 80 volt dan diode.

      Delete
  8. Thanks infonya Uncle Zak ... Harus di coba ni ..... (^_^)

    ReplyDelete
  9. paman,..mau nanya,..kl di scorpio,.yg masuk k capasitor,..warna kabel apa,..tengkyu paman

    ReplyDelete
    Replies
    1. standar motor japan kabel warna putih

      Delete
  10. om, dioda 6 ampere disambungkan ke + kapasitor. Kabel kuning dari spul ke - kapasitor. Kabel putih dan hijau dari kiprok ke + kapasitor. Trus kabel kuning yg satunya dr spul yg menuju ke lampu disambungkan ke + aki Atau dismbungkan ke kabel hitam kontak? Kabel merah kiprok yg menuju aki gak dikasih apa2 kan om?
    Bener gak om? Tolong pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai saja model gambar yang paling atas lebih sederhana ! pemasangannya lebih mudah

      Delete
    2. saya kurang bisa baca rangkaian om. Hehe
      kalau yang saya tanyakan tadi pakai model yang mana om?
      Terus betul gak?

      Delete
    3. yang ditanyakan engga ada dalam gambar, ente tanya kabel kuning, kabel kuning dibiarkan tidak terpakai !

      Delete
    4. kabel kuning yg dari spul om, itu kan di gambar digabungkan dgn - kapasitor.

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. uncle. mohon pencerahannya ..
    1.kalau memakai capasitor 50 volt bagaimana uncle..?saya ada 2. kalau di seri bagaimana cara merangkainya?
    2.untuk dioda bride berapa ampere uncle? dan pemasangan plus minusnya bagaimana ?(kurang tau kalo dioda bridge punya + dan - uncle..wkkk)
    3.motor sya yamaha mx uncle, sudah make HID . mau coba cara ini . sebab sering drop akinya.. untuk AKI 3 Amp dengan metode ini +plus memakai konsep uncle apakah cukup mumpuni akinya uncle?
    4.sory uncle banyak nanya..pgn belajar uncle..
    terima kasih uncle atas pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tiga cara rangkaian gambar diatas hasil power nyaris sama, yang lebih sederhana cara pasangnya gambar paling atas, coba saja gambar yang paling atas.

      model seperti ini gas sedikit dibesarkan motor yamaha mx dapat 3,5 amper, pasang HID dibutuhkan 3 amper, jadi ada surplus 0,5 amper untuk aki.

      Delete
    2. kalau memakai 50 volt gpp uncle?
      matur nuwun uncle pencerahannya..

      Delete
    3. pakai 50 volt sangat bisa , tapi lebih bagus voltage lebih besar

      Delete
    4. siaaap uncle ..terima kasih sekali pencerahannya.. saya akan coba uncle..salam

      Delete
    5. laporan uncle:
      experimen baru saja dilakukan malam ini ,. dan hasilnya mantaaaaaaaaaaaapppp :)
      .data alat
      -1 Capasitor 50 V
      -1 Dioda 6 A
      -1.AKI 3 Ampere
      .Hasil Ukur
      . Stasioner . voltase 14.-15 V (Maklum analog multitester)
      .Hasil Akhir
      Lampu HID lebih terang benderang. kyak make AKI 6 A..


      terima kasih uncle . terima kasih
      salam sehat dan sejahtera buat uncle sekeluarga

      Delete
  13. Uncle kl untuk satria fu cocoknya model yg mana?
    Nhun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai model gambar yang paling atas.

      Delete
  14. Pak Zak untuk yang lampu utamanya maaih ac apa perlu dijadikan dc apa tetep saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lampu utamanya wajib dijadikan dc, karena lampu utama akan jadi redup, arus listrik tertangkap semua oleh kapasitor,

      Delete
  15. bos,kl di terapkan ke yamaha scorpio z baru bisa ga tp lampu depan dr aki?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane belum tahu apa scorpio z sudah fullwave apa masih halfwave, paling mantap cek dahulu, kiproknya, kalau kabel kuningnya ada 3, hitam/hijau satu dan merah satu model yang seperti ini sudah tiga phase, sudah super mantap charging batterynya.

      Delete
  16. paman kalo motor jadoel ane suzuki RGR bisa ambil gambar paling atas ga yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sistem charging battery dan lampu, motor made in japan nyaris sama, jadi aplikasi model paling atas sangat bisa !

      Delete
  17. uncle, utk honda karisma cocoknya model yang mana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua model bisa, tapi paling mudah pasang gambar paling atas, biar lebih mantap diodenya pasang 2 buah

      Delete
  18. pasang dioda di kabel merah kiprok, dioda berapa A yg d gunakan??

    utk dioda bridge berapa ukurannya (amper/volt)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. diodenya pakai tipe 6 amper pasang dua atau tiga buah lebih baik, yang penting soldernya bagus

      Delete
    2. itu d pasang d kabel merah dari kiprok menuju aki kan uncle??

      uncle, dioda bridge yg sy beli ada 2, satunya 25 ampere dan satunya lagi 35 amper. bagusnya menggunakan yg mana???

      aki sy 12 V 7 A.

      sekarang sy udh memasang HID dn sound system 200 watt. spiker yg sy pake 2 buah masing2 100 w.

      sebentar siang nih, sy udh mw rakit rangkaiannya..
      makasih bnyak ats ilmunya uncle.. :D

      lampu halogen tambahan yg pernah sy katakan tdk sy pasang soalnya beban terlalu besar. hehe..

      Delete
    3. uncle, pasang diodanya model yg bgmn?? modelnya sama dgn modif kbel negatif kiprok?

      contoh: 5/1,3/1

      Delete
  19. uncle, apkh cara ni dpt mengisi aki 12 v 10 Ah??
    teman sy bertanya, dn dy memasang aksesoris big sound pada motornya..


    mhn penjelasannya..
    thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. model seperti ini mengisi aki lebih cepat, dan arusnya besar, jadi untuk cas aki 10 Ah sangat bisa dan mantap

      Delete
    2. uncle, sy dh coba dn hasilnya hnya 3 amper saja, tdk sampai 5 A, trus pasang dioda pada kabel merah kiprok jg tdk berhasil sampe 5 A. sy pasang 3 dioda 6 A,
      tp knp diodanya panas??

      sy coba gambar paling d atas hnya 3.5 A full RPM

      percobaannya gagal mencapai 5 A pengisian aki

      Delete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Saya pake capasitor 50v 10000uf, dioda bridge hasilnya sangat mantaf!!!
    Tapi Uncle, dengan tambahan capasitor dan dioda ini, kira-kira bisa bertahan lama g? Bisa awet g?

    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. daya tahan capacitor tergantung merk capacitornya, capacitor 50 V 10000uf ada harga yang harganya Rp.10.000/buah, ada juga yang Rp.30 ribu, saran ane pakai kapasitor kw 1dan volt lebih besar 80 volt s/d 150 volt.

      Delete
    2. Ok terima kasih Uncle atas penjelasannya,,,,

      Delete
  22. maaf uncle, percobaan modif fullwave tanpa bongkar sepul gagal pada mtr sy.
    malah diodanya panas sampe plester isolasinya meleleh. ampernya jg hnya naik sampe 3.5, yg sy harapkan naik smpe 5 amper.

    trus, kok voltasenya naik sampai 15, 8 v??? harusnya kan 14.5 dn jika melewati itu maka otomatis akn turun.

    sekring sy sampe panas dan meleleh...

    apakah cara ni pada saat beban kosong (lampu mati semua pd siang hari) aki sy tdk over cas?? kok sampe sekring sy meleleh??
    aki sy mulai cembung alias gemuk semenjak sy memakai trik anda ni. karena pada siang hari sy mematikan semua lampu. sy ragu memasang lampu HID sy, karena bs terbakar kalau volt nya nggak stabil..
    aki sy ni msh baru 2 bln pemakaian. 12 V 7 amper (aki mtr thunder)

    oh iy, spedometer digital sy hampir terbakar gara2 kelebihan voltase. jd setiap siang hari lampu sy menyala terus agr seimbang pengisian dgn pengeluaran.

    klo d suruh beli kiprok supra, lebih baik sy beli kiprok tiger sekalian bongkar sepul. terlanjur keluarin dana bnyak...

    tolong dijawab.

    tolong coba trik anda pada motor honda karisma.. pasti agk beda...
    jika trik anda berhasil diuji coba pd mtr karisma mungkin sy yg salah. oleh karena itu mhn bimbingan anda lg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya sudah sukses modifnya, kalau arus amper kepengen arus listrik jadi 5 amper harus ada bebab berat, karakteristik aki memang demikian, jika voltage sudah tercapai misalkan 15,5 volt otomatis amper menjadi kecil, kalau voltage aki turun ke 12 volt otomatis amper naik jadi 5 amper.
      diode fungsi memang menahan panas, suhu maksimal 150 derajat celcius masih mantap, kalau sampai ada yang meleleh, dipastiakan sekering sangat kendor, usahakan sordernya harus matang, karena akan menerima arus besar seperti tsunami.
      trik ini khusus yang pakai arus besar. !

      Delete
    2. ok uncle, sy akn perbaiki. klo diodanya sy pasang 2 paralel, apakah ada pengaruhnya??

      uncle, bgmn klo pada saat siang hari, beban sy off kan semua, apakah cara ini aman dn tdk membuat komponen kelistrikan jd terbakar???

      gara2 beban sy matikan, CDI sy jd rusak. saati itu sy mengukur voltage pengisian, pada saat 15 V rpm sedang, tiba2 mtr sy mati, dn ternyata CDI rusak.
      sy sdh ukur pd rpm tinggi voltnya mencapai 15,5 tnpa beban, ampernya 2,5 tanpa beban jg.

      Delete
    3. pasang diode enam amper dipararel 2 buah atau 4 pengaruhnya tidak ada, justru power diode akan bertambah, contoh pasang empat diode kekuatan diode akan mampu dilewati arus listrik 24 amper, kalau yang lewat 12 amper masih jauh ke angka 24 amper.

      sistem charging aki dan lampu dimotor tidak ada yang sensitip, untuk kebakar sangat jauh

      voltage 15,5 volt masih ada arus sebesar 2,5 amper sudah sangat mantap, jika dibandingkan dengan kiprok tiger dan thunder voltage setinggi 15,5 volt arus mungkin sudah pada area nol s/d 0,5 amper,

      Delete
    4. terima kasih ats jawabannya. maaf uncle sy bnyak tnya, soalnya gara2 cDi sy terbakar, trik anda sempat sy ragukan..

      trik seperti ni sy sngt ingin menerapkan dimotor saya, karena di mtor sy ada aksesoris yg cukup menguras aki.

      uncle, arus 15 v, apakh masih aman buat CDI racing??
      CDI sy mw ganti yg racing merek BRT. karena CDI standar sy sudah rusak, jd sy mw ganti CDInya

      klo ada masalah seputar trik ni mungkin sy bertanya lg kpd anda.
      thanks.. :)

      Delete
    5. dampak voltage 15 volt ke cdi tidak ada pengaruhnya, apalagi masih pakai cdi standar ac, karena jalur statornya berbeda, banyak motor cut out nya 15 volt misal merk Y atau S, coba ukur sama ente motor kawan ente, apalagi pakai aki sealed MF, kalau pengen voltagenya sedikit berkurang pakai aki basah.

      CDI racing, didalam circuitnya sudah ada voltage regulator, biasanya 5 volt sama dengan mobil, jadi walaupun yang masuk 15 volt, sudah di filter dahulu arus lisrik yang diolah tetap 5 volt.

      Delete
    6. uncle, klo nggak salah jenis CDI mtr karisma sy, yaitu DC, bkn AC.
      pernah sy membaca artikel, klo CDI Dc, kelistrikannya harus stabil dn tegangan tidak boleh melewati batas yg dianjurkan.
      contohnya: batas yg d anjurkan 14.5 V, tidak boleh lebih.

      sy sdh memasang CDI BRT powermax, tegangan max 18v, tegangan yg dianjurkan 14,5.
      pada saat rpm menengah keatas, voltase pengisian 14-15v 2A tnp beban. indikator CDI blue eyes (indikator pendeteksi kelebihan tegangan)menyala, rpm turun lampu indikator mati/off. apkh aman tuh?? takutnya nanti terbakar lg.

      Delete
    7. kalau lihat kasusnya terkait cdi, enaknya dikembalikan ke standar kembali.

      Delete
  23. Pak Zak Bapak bilang semakin besar voltase capasitor semakin bagus.Yang saya tanyakan kenapa tidak kapasitas capasitornya saja yang fiperbesar misalkan 2farad.Matur nuwun penjelasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksud ane juga demikian kapasitas tetap 10.000uf, voltage yang lebih besar lebih bagus.

      Delete
  24. Uncle.. saya dah pasang rangkaian diatas di motor shogun 110 tapi aki saya masih tekor juga..

    saya pakai HID 35W, di ballast ada tulisan Lin norm 3.2A, Lin <6A apa karena itu ya?

    saya tes pake tang ampere sebelum modif digeber abis ktemu 3A habis modif jadi 3.7-4A.. kira-kira bagaimana solusinya? trims

    ReplyDelete
  25. 1. berati kapasitor dihubungkan kabel putih dari kiprok ya om ?(skema 1)
    2. trus apakah kabel hitam dari kiprok sudah konek ke aki negatif ato harus di konek sendiri pake kabel? soalnya di aki ku, kabel negatif langsung ke ground ..
    3. apakah aman ni om, soalnya ane masih pake lampu utama osram 35 watt(belum pake HID), sama CDI racing om?
    ane pake jupiter mx (maaf newbie om ^^)

    ReplyDelete
    Replies
    1. skema 1 betul kabel putih konek ke kapasitor negatip, positipnya konek ke kiprok.
      kabel hitam kiprok sudah konek ke body/negatip aki.
      kalaup pakai kiprok supra fit/legenda outputnya sudah bisa diregulasi model 1 maksimum voltage 14,8 volt.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. skema 1, ukuran dioda 6 amper kan om ?
      kalo kiprok jupiter mx apa juga sudah diregulasi batas aman teganganya ya om ?


      Delete
  26. uncle saya mau tanya, ini saya udah modif mengikuti skema no 1 tapi kenapa ya uncle timah yang di diode pada meleleh ketika motor dinyalakan dan tanpa beban lampu H4 50/60W dan lain-lain. saya mengganti diode diatas dengan model 5/1 (motor saya CB100 dan pakai aki megapro 5A sedangkan sepulnya pakai punya GL-series)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ente pakai model diode 5/1 sudah pasti konsleting, merangkainya salah !, cukup satu diode sesuai petunjuk diatas gambar paling atas

      Delete
    2. oke uncle saya coba merakitnya! itu kira-kira dikasih lampu HID bisa mumpuni tidak uncle untuk akinya?

      Delete
    3. kalau hid nyala voltage aki stabil diarea 12,5 s/d 14,5 saat gas RPM tinggi

      Delete
  27. oh iya uncle, apa betul kalau dikasih capasitor ini pas sekringnya dicabut lampu langsung mati? ketika dulu belum saya modif fullwave kan saya pakai rangkaian 5/1 terus lampu pake arus DC (aki)terus saya coba lepas sekring lampu langsung nyala ikut sepul sedangkan ketika sudah fullwave lampu langsung mati ketika sekring dilepas

    ReplyDelete
  28. mesin masih hidup, waktu itu udah saya perbaiki semua rangkaiannya sesuai dengan gambar 1 tapi saya ingin ngetes apakah ketika aki drop atau tekor lampu masih bisa nyala atau tidak yaitu dengan cara mensimulasikan sekring dilepas.betapa kagetnya saya lampu langsung mati. apakah capasitor tersebut mampu menyalakan lampu tersebut bila aki sewaktu-waktu tekor dijalan?soalnya saya pengalaman lampu putus dijalan saya langsung kena tilang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada salahnya untuk dicoba, apakah lampu nyala pada saat aki tekor arus amper dari kapasitor bisa diserap oleh aki.

      Delete
    2. setelah saya simulasikan ternyata lampu masih bisa menyala tetapi mengikuti putaran mesin uncle, selain itu saya pasang HID dan klakson hella super tone di motor dan hasilnya MANTAP JAYA!!! terima kasih atas ilmu yang dibagikan semoga inovasi yang dibuat dapat membantu semua yang membutuhkan

      Delete
  29. pasang diode bridgenya dimana?Di gambar ats gak kelihatan

    ReplyDelete
  30. Gan... kalau buat supra x 125 pgm fi...kan kabel outnya dari spull kan cuman 2 kabel..... ada tutorialnya nggak cara full dc nya pkai kiprok tiger...
    Suwun mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai gambar model paling atas bisa tambah power 150 %

      Delete
  31. salam kenal, saya mo tanya, kalo pake dioda bridge 35A bs ga? Trus knapa lampun sen nyala msh ikut rpm mesin kedipnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai diode bridge 35 ampere sangat bisa, kalau lampu sen nyala ikut putaran mesin ada dua kemungkinan penyebabnya, cara pasangnya kurang tepat, atau kabel power dari aki ke kunci kontak sangat kecil, kabelnya mesti diganti pakai kabel yang agak besar biar mantap.

      Delete
    2. bos,,sy pernah coba trik modif kiprok kabel negatif 5:1 pada scorpio Z new,tetapi aki tdk charge karena di gunakan lampu DLLA 55w X 2,,trus kalau menggunakan trik fullwave ini gmn??apakah model kiprok negatif di balikan awal atau gmn??maklum motor sering pakai jln jauh truss buat cari sesuap nasi,,,,model listrik spertinya msh halfwave,karena lampu dr putaran mesin,,,kabel di kiprok:2 hitam,2 merah,1kuning,1 putih,,mohon info boss

      Delete
    3. kalau pakai trik ini bisa ! hasilnya berbeda terbalik aki dapat power besar, lampu redup, saran ane biar aki kebagian powernya, kalau ente pakai lampu 55 watt x 2 = 110 watt dipotong saja kabel negatipnya jadi unlimited, untuk controlnya pakai relay 5 kaki, trigger relaynya dari lampu, lampu hidup jadi unlimited, lampu besar off kiprok kembali normal.

      Delete
  32. Loh diode bridgenya dimana pasangnya, bos?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasang sesuai selera, prinsipnya harus konek ke body motor, diode bridge ada lubang untuk jalur baut 8 mm atau baut 10 mm

      Delete
  33. Bismillah.
    Uncle, ane masih newbi ttg mslh ni smua. Bgni Uncle, motor ane GL-PRO NeoTech dan mash original kelistrikannya, lampu depan masih standar pake yg 35w dan aqqu nya jg msh standar bawaan GL-PRO yakni pake yg 2.5A.
    Ane kepengin motor ane bisa menjadi kayak gini:
    1. Kalo dikontak ON, lampu utama depan jg bs ON/nyala (tanpa menghidupkan mesin). Kyk mtor2 jaman skrang :), kmdian
    2. Lampu depan yg 35W itu nyalanya juga ikut jadi terang benderang, walo beban2 (spt: Lampu sen dan atau Klakson dihidupkan), kmdian
    3. Dengan kapasitas Aqqu basah bawaannya, yakni 2.5A. Juga yg diharapkan Aqqu tetap tahan banting alias senantiasa prima alias mantap. Begitu....
    Menurut keilmuan yg Uncle miliki skrng ini nih.... Langkah2 nyata apa sj yg bs ane tempuh Uncle.....? Tlg y Uncle, yg terperinci. Nuwun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. model yang ente mau sudah ane bahas disini http://mitrabaterai.blogspot.com/2013/01/modifikasi-lampu-motor-sistem-ac-ke.html

      2. biar mantap mesti pakai relay juga sudah ane bahas artikelnya : cara pasanf relay untuk lampu,

      3. biar aki tidak tekor pakai model :http://mitrabaterai.blogspot.com/2012/11/booster-kapasitor-bank-super-power.html

      4. selamat mencoba !

      Delete
  34. gan.. sy pake jupiter z 115 yg uda full DC.. sy mengaplikasi'kan metode ini hasil'nya luar biasa.., voltase aki naik cepat sampe -+ 17 v'an.. saat lampu besar menyala.. lampu transmisi meredup dan lama" lampu utama juga ikut meredup.. trus voltase juga turun hingga -+ 11 volt'an.. mohon saran dan pencerahan'nya.. maklum masi pemula.. trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. model yang ane bahas khusus untul motor full dc, wajar jika lampu utama dan tranmisi meredup karena energy masuk ke capacitor, sebaiknya sistem penerangan powernya ambil dari aki semua, seperti motor thunder tiger dll. caranya ada disini http://mitrabaterai.blogspot.com/2013/01/modifikasi-lampu-motor-sistem-ac-ke.html

      Delete
  35. Gan klo motor cs1 kabel spul warna kuning nya di copot atau tidak? Ane udah full dc tetapi masih ragu sama kabel kuning yang menuju kiprok

    ReplyDelete
  36. om sy coba gambar 2. sy pasang d soket pas keluar sepul bukan d soket kiprop. mesin malah tdk nyala. sy pake supra fit z. apa ada masalah.

    ReplyDelete
  37. Setau ane klo dari spul itu buat arus ke arah kiprok om, klo diputus ya gak ada pengisian

    ReplyDelete
  38. Paman,
    Untuk skema 1 apa bisa diaplikasikan ke supra x 125 yang setahu saya pakai cdi DC ? aki standard (3.5A) apa perlu diganti ?
    Untuk semua lampu diambil langsung dari aki ? betulkah ? jadi kabel kuning asal lampu tidak dipakai ?

    ReplyDelete
  39. sore uncle.
    rangkaian gambar 1 bisa gak untuk honda new blade repsol..? saya mau pararel aki tambahan karena headlamp ori 2x25/25 akan sy ganti dng halogen 2x35/35. mohon penjelasannya. trims.

    ReplyDelete
  40. uncle kl buat new vixion lightning bagus gambar ke brp? trs pengaruh ke ECu dan CDi ngk?

    ReplyDelete
  41. terima kasih inspirasinya paman Zak kebetulan kiprok motor saya jebol. tadinya pengen bikin full wave tapi mesti bongkar. akan tetapi saya pikir dasar rangkaian paman masih sistem half wave, cuma aja arus bisa bertambah akibat peran kapasitor sebagai bank listrik, rangkaian ini disebut juga voltage multiplier.
    alternator di motor ada yang menganut 3 phasa ada yg 1 phasa
    dari rangkaian diatas menurut saya lebih cocok ke sistem 1 phasa.
    maaf kolo sotoy, jabaran saya voltage multiplier= setengah wave untuk mengisi kapasitor dan setengah wave untuk mengeluarkan arus yang telah disearahkan dioda dibantu dengan kapasitor yang sebelumnya sudah terisi listrik, arus yang dikeluarkan saling dorong di half wave terakhir sehingga daya yang dihasilkan bisa hampir dua kali lipat. penambahan daya tergantung dari besar ukuran farad kapasitor. sistem ini juga dianut oleh raket nyamuk.
    dan menurut saya yang sok tau ini hee.. rangkaian ini hanya menggunakan potensi yang ada dalam alternator, karna sebelumnya adalah half wafe. rangkaian ini juga dikategorikan sebagai strategi, atau efesiensi atau vikinisai... dari pada bongkar blok spul...waduh sebenernya masih banyak unek unek saya dari pada ngerusak blog udah ah cape sendiri.
    paman zak... you are mantafff thx

    ReplyDelete
  42. ancle mau tanya motor saya blitz r mau merubah ac/dc cara gimana uncle stator warna kuning,putih,hitam-kuning. kiprok putih.hitam-kuning,biru,putih-merah. klo satator kuning d putus ane binggung di area kiprok ga ada warna kuning apa yg saya putus & di sambung ke warna apa uncle soalnya saya mau coba model 4 kan lampu harus dc dulu betul ga uncle

    ReplyDelete
  43. mhon pebcerahanya uncle,apakah rangkain diatas tu pengganti kiprok? or kiprok standarnya msih kita psang? dan ditambah rangkain diatas? 1 lg uncle di rangkain no 2,tu kbel kuning dri stator langsung ke lmpu depan? ap tu arusnya DC or AC?

    ReplyDelete
  44. Boz apa mirip double kiprok, trus pake dioda di jalur kiprok ke arah kapasitor apa groundnya ngandalkan dr aki saja

    ReplyDelete
  45. Bos sy coba d supra x 125 kok mlh tegangannya turun y? Saat stationer pengisian k aki 4.5V tp stlh d pasang rangkaian d atas kok jd 2.5V? untuk ampere blm sy tes. Apa untuk supra ada yg beda bos? Diode sy pk 6A kcapasitornya pke 10000mf 80v DC

    ReplyDelete
  46. gan tokonya dimana ya, ane mau dong di fullwave motor smash 2006

    ReplyDelete
  47. Uncle Zak, saya sdh coba rangkaian No.1 dimotor XEON.
    Tanpa beban Standart 13,5 volt, setelah modif 14,7 bahkan bs smpi 15 RPM tinggi. Tp begitu lampu standart nyala langsung turun ke 12.5 V,
    apa itu normal?
    Kapasitor mengeluarkan cairan, knp ya? Msh bisa dipakai tdk? Apa ada merk kapasitor yg direkomendasikan?
    Thx Uncle atas infonya, smg sukses slu, ditunggu pencerahannya...
    Mantabs....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pakai Kapasitor 10.000 uF 50 Vlt : 2 bh. Dr stator kabel putih ke - , + ke - kapsitor ke 2, + ke kiprok. Disambung dioda ke ground. Bagaimana Om?

      Delete
  48. Uncle, motor saya satria fu udah pake halogen mobil 55 watt sama klakson hella supertone.. Bagusnya yang diterapin di motor saya metode yang mana?? Biar lampu terang + klakson kenceng...

    ReplyDelete
  49. Om zack saya pake pulsar 135 LS sudah fullwave dari pabrikan ,, dan udah saya coba pake gmbr no 1 .. kabel dari spul masuk ke - dan + nya ke kiprok tanpa pake dioda .. hasilnya kontak on lampu langsung nyala standarnya sih tidak dan klakson jadi tambah nyaring ,, artinya masih ada sisa arus di kapasitor sehingga kiprok mengira ada sumber listrik ..

    btw saya salah beli kirain elco ternyata sh kapasitor ,, kalo dipake di motor halfwave yg masih ac bisa kan om seperti revo 110 .. ?
    trims ya om atas ilmunya ..

    ReplyDelete
  50. om, kalo kapasitornya pake yang ukuran 33.000mf/100v bisa gak? soalnya kebetulan saya punya yang ukuran segitu, makasih!

    ReplyDelete
  51. hallo om, maaf baru keliatan nii, oh iya temen mau dibuatin lampunya dari aki om kayaknya trik ini bisa dipakai, ya walaupun di artikel sebelumnya sudah dijelaskan hanya memotong jalur lampu pada kiprok lalu konek ke sesudah kontak. akan tetapi saya berfikir aki akan menerima beban sedikit berat karena lampu utama dan rem bersumber dari aki . . makanya untuk membalancenya saya akan mencoba trik ini, namun pertanyaan saya. apakah elconya haru 10.000uf om, kalo makai yang 4.700uf/200v gimana om, pasti akan berpengaruh pada pengisiannya ya om. saya harap pengisian hanya naik 25%-50% saja, contoh : lansam mendapat 1A setelah modif menjadi 1.25-1.5 A om .. makanya saya ingin mencoba memakai yang 4.700uf. kalo yang 10.000uf terlalu besar om sampai 200% kan beban tambahan hanya lampu utama saja ,,, belum memakai beban berat . . gimana om bisa ndak makai elco yang 4.700uf . . ditunggu ya balasannya :)

    ReplyDelete