iklan google termasur

Minggu, 23 Desember 2012

Indikator Dinamo Amper, Kiprok dan Performa Aki

 by : zakir skynet

Di jagat otomotif sudah banyak perangkat alat untuk memantau/memonitor indikator performa aki, dinamo amper /  alternator, tujuannya tidak lain para pemilik kendaraan bermotor secepat mungkin mengetahui kerusakan, dan dengan cepat memperbaikinya. dan sasaran akhir kendaraan selalu siap tanpa masalah ketika digunakan.



Seperti contoh dibawah ini sebuah simbol gambar aki, standar perlengkapan / aksesoris  standar mobil saat ini, untuk memonitor dinamo amper mobil, cara kerjanya sangat sederhana ; ketika kunci kontak dihidupkan maka simbol aki akan menyala, saat mesin mobil hidup berputar, maka lampu indikator mati/off. pertanda dinamo amper menghasilkan listrik dan mengalirkan ke aki.




contoh lain diatas sebuah alat ampere meter analog yang biasa dipasang dimobil tujuannya  juga untuk memantau seberapa besar arus listrik yang dihasilkan oleh alternator pengisian ke aki, sedangkan gambar yang dibawah ini adalah sebuah alat volt meter yang biasa digunakan dimotor dan mobil untuk memantau seberapa besar maksimal voltage aki secara keseluruhan.




Volt meter dipasang dimotor  voltage aki terus dipantau



Voltage aki mobil keseluruhan terpantau 12,8 volt mantap



Alat yang dibawah ini juga varian volt meter namun nilai bobot angka volt meter di informasikan  melalui cahaya lampu LED, alat ini biasa dipasang di mobil langsung ditancapkan di soket pemantik api rokok, maka akan terlihat melalui cahaya lampu led melalui simbol warna akan terlihat seberapa bagus performa alternator dan aki . sangat mantap.

Kendala Kelangkaan Supply Produk

Hasil survey dan observasi yang dilakukan  paman zak diseputar Kota Tangerang terhadap keberadaan produk indikator performa aki  umum sangat langka dipasaran, umumnya yang dijumpai ditoko peralatan mobil dan motor hanya sebuah  amper meter analog skala angka besar 10 s/d 100 amper , alat ini hanya  cocok untuk pemakaian dimobil kalau dipasang dimotor arus listrik motor  tidak terditeksi. oleh alat ini. Entahlah kalau dikota kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Jogyakarta,  Surabaya, Medan, Palembang.

Atas nama kelangkaan barang dan pemerataan produk yang satu ini, akhirnya paman zak berpikir keras bagaimana mengatasi kelangkaan produk yang satu ini akhirnya ditemukan jawabnya BERDIKARI  : berdiri diatas kaki sendiri, akhirnya tercipta sebuah lampu LED yang berfungsi sebagai indikator aki, dinamo amper, dan kiprok. super efisien, efektip dan ekonomis. seperti terlihat pada gambar dibawah ini.




Penjelasan Cara Kerja Produk Lampu Led Indikator  aki -  :

Cara kerjanya sangat sederhana ketika mesin motor atau mobil hidup, maka secara otomatis  alternator  langsung bekerja  dan arus listrik langsung  mengalir ke aki, akibat adanya arus listrik yang mengalir ke  aki mengakibatkan voltage aki naik dari tegangan normal 12,6 ke 14,8 volt.

Desain 1 Buah Lampu Led
Lampu LED mulai menyala ketika tegangan aki mulai naik pada tegangan 13 volt. dan mencapai puncaknya pada tegangan 14 volt sinar lampu led semakin terang, jika alternator motor/mobil rusak maka lampu led tidak akan menyala.

Desain 2 Buah Lampu Led
Satu buah lampu led didesain sebagai warning / peringatan, lampu led ini akan menyala jika tegangan aki mencapai > 15 Volt sebagai peringatan ada masalah pada kiprok  dan IC regulator voltage dinamo amper.

Desain 7 Buah Lampu Led
Desain volt meter ini mewakili 3 volt 6 volt, 9 volt, 12 volt, 13 volt 14 volt, dan voltage warning > 15 Volt.

Uji Coba Desain 1 Buah lampu Led

Posisi Kunci On mesin belum di hidupkan Lampu led mati


Lampu Led Mulai Menyala Pertanda alternator motor/mobil Bekerja dan Mengalirkan Listrik ke aki



Sinar Led Semakin terang Pertanda Performa Aki bagus


Pertanda Performa aki Sangat bagus mencapai Tegangan diatas 14 Volt


 

Cara Pasang di Motor

Pemasangan lampu indikator sangat mudah hanya dua buah kabel satu kabel dihubungkan ke negatip dan satu kabel lagi ke positip, lebih mantap dipasang dikunci kontak aksesoris dan pasangnya bisa sembarang tempat, tapi lebih mantap di dasbor motor menyatu dengan aksesoris lainnya.



Add caption

pasang kabel positip pada jalur kabel aksesoris


Cara Pasang di Mobil

Cara pasang dimobil sama dengan cara pasang dimobil kabel jalur positip dipasang pada jalus kabel  positip aksesoris, sedangkan kabel negatip bebas seluruh body badan mobil.






Voltage aki 14,1 volt  mantap

Semoga informasi ini berguna dan  menjadi sumber inspirasi anda





11 komentar:

Unknown mengatakan...

LED'nua kasih tahanan ga Om?????

Solusi battery mengatakan...

rangkaian tetap diberi tahanan, seberapa nilainya coba baca http://mitrabaterai.blogspot.com/2012/06/cara-pasang-lampu-led.html

Unknown mengatakan...

Nanya lagi bos untuk lampu lednya yg berapa volt terus kalau pakai tahanan yg ukuran berapa.

Solusi battery mengatakan...

nilai tahanannya 470 s/d 680, lampu led nya pakai yang biasa.

Unknown mengatakan...

Salam kenal uncle Zak,saya pernah membuat rangkaian seperti di atas ternyata cuma lampu led diseri dengan dioda zener 12v dan lampu lednya dikasih holder lampu led ya om.

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

om zak sy mau tanya soal indikator aki, almpu led klo d konek ke kontak kabel warna apa klo di mtr nouvo / blitz R. om lamp indk lamp jauh/dekat ko nyalah dua2nya mohon penjelasaanya.

Aljimkani mengatakan...

Saya usul pak. Bagaimana kalau menggunakan rangkaian LED VU. Atau yg lebih sederhana dengan rangkaian LED yg biasanya diparalel langsung ke speaker. Jadi bisa menunjukkan skala.

Adit mengatakan...

mau tanyak pak,
kalau di pasang di motor vixion apakah pemasangan.nya sama???

snhaukeo mengatakan...

keren min, terbantu sekali..
http://cody.id/produk/blower/preheating-cody-853a/