iklan google termasur

Friday, November 23, 2012

Booster Kapasitor Bank Super Power

By : Zakir Skynet



Capacitor Bank Super Power Type Uncle Zak

Telah banyak yang dilakukan para seniman automotive dalam membuat kapasitor bank dimana tujuan akhirnya adalah untuk menambah performa aki, jika para bikers yang sudah menggunakan kapasitor bank di motor namun masih dirasakan performa akinya masih kurang mantap. maka type kapasitor  bank paman zak  ini  pasti akan membantu para bikers  dan  akan merasakan dasyatnya perubahan power, hanya dengan merubah sedikit  sekema yang sudah anda .  anda akan merasakan perubahan power jauh dari apa yang anda bayangkan. bagaimana membuatnya langsung saja ke tkp.


Kapasitor Bank Super Power Sistem Kelistrikan Half wave /   Keluarga Motor Bebek.

Model yang dibawah ini  anda akan merasakan  penambahan power pada motor 200 % pada posisi langsam dan 150 % pada posisi kecepatan tinggi sangat dasyat dan mantap, sangat cocok bagi yang memasang lampu HID, pasang big audio dan aksesoris lainnya.  jika anda ingin menggunakan sewaktu waktu jika diperlukan penambahan switch on/off akan lebih mantap. switch on/off dipasang pada kabel yang menuju sepul/stator.

Capacitor Bank Super Power Type Uncle Zak




Cara Pasang Model Motor Varian Bebek





Kapasitor Bank Super Power Sistem Kelistrikan Full Wave.

Model yang dibawah ini khusus untuk motor yang sudah menganut sistem kelistrikan motornya sudah full wave seperti Tiger, Thunder dll, model yang seperti ini anda akan merasakan perubahan power sebesar 150 % sangat dasyat, hanya dengan sedikit satu sentuhan perubahan sekema kapasitor yang sudah ada, anda akan merasakan perubahan power jauh dari yang anda bayangkan.  jika anda ingin menggunakan sewaktu waktu jika diperlukan penambahan switch on/off akan lebih mantap. switch on/off dipasang pada kabel yang menuju sepul/stator.



Capacitor Bank Super Power Type Uncle Zak









Booster Kapasitor Bank Type Uncle Zak



Kapasitor  10.000 uF 80 volt dan 100 volt Dapat digunakan




Contoh Model-model  Kapasitor Bank Yang Sudah Umum Dipasaran


















Semoga informasi ini bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia dan seluruh penduduk plane bumi

127 comments:

  1. Paman, apa itu gak bikin aki nya jebol. Saya coba kok, tegangan nya nyampe 17 volt yaaa..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini khusus trik yang pasang beban berat, kalau engga pasang beban berat jangan pasang trik ini, kalau pasang beban berat contoh HID, voltage aki drop dikisaran 12, 5 volt s/d 13 volt sangat aman.

      Delete
    2. Apakh boleh saya menggunakan elco kecil uk.470uf/16v di pasang seri 26x.tlog om zak bls ke email. Bisnis063@gmail.com dtunggu

      Delete
    3. uncle itu yang halfwave kabel ke spull diparalel / dipotong kabel putih/kuning yang menuju ke kiprok

      Delete
  2. Om Zak...Numpang tanya..saya coba trik ini koq malah aki ngedrop yah???
    Info : motor saya GL100 fullwave jadi2an..rubah jalur spul ground jadi pengisian ke kiprok tiger (sekarang pake kiprok yang imitasi merk MCM). Semua kelistrikan pake sistem DC sekarang.. Headlamp pake H4 55/60 watt + relay. Sebelum pasang capasitor bank, pengisian cm sekitar 10 volt (mungkin krn jumlah gulungan sepul gak ditambah, masih 80 lilitan per 1 kern)
    Menurut Om Zak, dengan penambahan capasitor bank, bisakah pengisian naik hingga 12 volt ?? kira2 solusi paling tepat gmn Om supaya pengisian bs naik jadi 12 volt??? apakah harus tambah jumlah lilitan??
    Mohon bantuannya Om..makasih banyak sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah pasti pasang capasitor dapat menaikan voltage taksiran 18 volt dapat tercapai. cara pasangnya lebih tepat model yang seperti disini :http://mitrabaterai.blogspot.com/2012/08/cara-mudah-membuat-booster-kiprok.html

      Delete
  3. om zak motor saya jupiter z sudah dirubah menjadi fullwave pakai kiprok tiger,numpang tanya, apa ngak over load arus yang masuk ke aki, kan arus dari spul masuk ke capasitor terus ke aki, mohon pencerahannya...thaks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sistem lampu besar langsung ke aki dan motor hidup lampu besar hidup pasti normal-normal saja, kalau motor hidup lampu dimatikan voltage aki bisa naik ke 15 volt, efeknya air aki cepat menguap. dua minggu sekali harus dicek.air akinya.
      paling mantap pasang switch otomatis pakai relay : lampu besar hidup, booster hidup/on

      Delete
    2. cara pasang relay otomatis gimana om mohon pencerahanya.

      Delete
    3. cara pasangnya ada di artikel http://mitrabaterai.blogspot.com/2012/08/cara-mudah-membuat-booster-kiprok.html

      Delete
  4. om kalok misalkan pasang di vixion apakah sekemanya sama dengan yng digambargak pada gambar fullwave yg diatas mohon pencerahannya saoalnya ane takut ecu nya jebol gara-gara kelebihan voltase, adakan dipassang saklar ane sewaktu-waktu engen ngelakson masa harus menghidupkan saklar dahulu baru teken tombol klakson , soalnya motor ane akinya ga kuat buat kelakson mobil mesin langsung drop dan mati kalok di klakson.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau motor distarter masih kuat, seharusnya pasang klakson mobil harus kuat, kemungkinan salah pasang kabel klakson,

      Delete
  5. misi om... numpang tanya..

    sy uda praktekin smua yg ada di atas...
    motor sy cs1 uda fullwave pake kiprok tiger...

    yg jd masalah wkt kabel yg ke spul sy pasang, kq malah redup ya lampunny?
    sy uda coba nggk pake relay brg x pemasangan salah...
    -sy potong kabel yg dr sepul ke soket kiprok trus di sambungin ke kapasitor hasillny redup
    -sy sambungkna kabel yg dr spul di gabung kabel soket kiprok dan kabel kapasitor hasillny jg redup...
    -terakhir sy sambungkan sy kembalikan sprt sblm pasang kapasitor hasilnny lampu terang,,,
    mohon bntuanny om zack...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hasilnya harusnya super mantap, coba cek capacitornya kemungkinan terbalik pasangnya. atau tes spul copot kiprok tiger dua kabel sepul tes output voltagenya

      Delete
    2. tegangan dari spul , ac apa dc?

      Delete
    3. untuk adaptor yang ful wafe, kapasitor yang di pakai kapasitor ac apa dc?

      Delete
  6. staternya kuat om tapi pas di klakson padahal udah pakek capasitorbank tapi masih aja listrik drop pemasangan klakson udah bener ane udah pasang klakson mobil berkalikali om

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang klaksonnya tes langsung ke aki jika suaranya lantang, harus rubah cara pasang kabelnya. dipastikan kabel jalur aksesoris untuk dasbos kurang power kabel standarnya terlalu kecil.

      Delete
  7. udah ane rubah gan ane coba langsungin ke aki tadi tapi pas klakson tetep drop , aki mash 1 thn om apa indikasi power yang di pakek di pompa imjector besar jadi power dari aki terkuras abis kalok di tambah klakson

    ReplyDelete
  8. coba tes pakai aki lain yang bagus/pinjam sama kawan, kalau drop lagi, klaksonnya yang rusak konsleting, pompa injektor bensin biasanya untuk motor pakai tenaga mekanik. tidak pengaruh ke aki.

    ReplyDelete
  9. Mlm, aq coba bikin capasitor bank versi uncle cmn voltnya pke yg 50, dan efeknya bgt mesin nyala dioda panas dua-duanya. Apa yg hrs aq lakukan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting solder diode ke kapasitor bagus, diode pasti akan panas karena dilewati beban arus listrik, diode bisa bekerja dengan baik sampai pada area suhu 150^ celcius

      Delete
  10. met mlm om....
    mau nanya nih, mtr ane jupi mx msh half wave..
    mau aplikasikan booster capasitor tp msh bingung ambil jalur ke spulnya. untuk pemasangannya disambungkan ke kabel pengisian atau massa?
    lalu untuk dioda 1 dipositif elco msk ke positif aki, lalu untuk dioda 2 di positif elco masuk ke minus aki atau ke ground?mohon bantuannya ^_^

    ReplyDelete
  11. Klo di suzuki thunder 125, kabel spulnya ambil kabel warna apa ya gan...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. standarnya kabel spoel warna kuning

      Delete
  12. Om mau tanya kalo kabel stator rx king warna apa yah,apa yg warna putih ato warna kuning strip merah?

    ReplyDelete
  13. salam...

    mas broo, ap cara ni bs sy pake utk menambah terangnya lampu halogen tambahan 12 V 100 W 2 buah??

    soalnya modif jalur lampu besar dari kiprok kurang berhasil klo memasang tambahan 2 lampu.

    berarti sy harus menyambung lampu tambahan ke aki jika menggunakan trik ini?? sy lht komen anda trik ini dipakai hanya utk beban berat (memasang full aksesoris).

    mhn bimbingannya. :)

    ReplyDelete
  14. om...mo nanya saya dah nyoba ngrakit cb yg buat tiger,tapi saya ragu yg dapet kabel ke spul cos d tiger kabel warna kuning ada dua, trus kabel yg dapet spul saya sambung ke kaki + cap. salah ga ?mohon pencerahanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yang ente maksud, capacitor harus dua buah, titik tengah sambungan antara kapacitor konek ke salah satu kabel kuning, gambarnya ada diatas

      Delete
  15. Om Zak. saya punya Supra x 125 Tahun 2008,
    baru minggu lalu ganti aki baru. saya penasaran dengan tehnik booster om zak ini. saya tidak ada instalasi apa2 di motor. standar saja. pertanyaan nya apakah tehnik ini saya perlukan? thanks sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dimotor engga ada aksesoris tambahan, sebaiknya jangan pasang booster !

      Delete
    2. Uhhh untung om kasitau...ane kirain pasang booster ini tenaganya lngsung joss,eh rpnya motornya musti yg ada tambahan aksesorisnya.
      Ohya om,emngnya klw pasang booster tpi motornya msih polos apa efeknya om zak?
      Thanks.

      Delete
  16. bro,di blog tetangga ada yg bikin mirip ini.bedanya dia pake kapasitor 50v 10rb mikro farad (utk aki 7A pk 15rb-20rb mikro farad) dan cm pakai satu kapasitor.trus satu lg bedanya adalah salah satu kabel negatif kapasitornya dihubungkan ke body.ini bedanya dengan punya uncle zak apa?pengaruhnya apa saja?trus bagusan yang mana..?? maaf kl saya cerewet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat tergantung kebutuhan, kalau hanya untuk menyegarkan aki, pakai model standar biasa bagus, cara pasangnya kapasitor 10.000uf kode plus konek ke positip aki, kode min konek ke body.
      model punya ane, khusus yang mau tambah arus listrik besar,

      Delete
    2. o gt.pantesan,punya ente kayaknya lebih sangar.ane mah cm mau jage umur aki aje biar lebih awet.jd pk yg sederhane aje.tx atas responnya yg cepet

      Delete
  17. maaf uncle, motor ku satria fu. skrng pakai HID 35w. skrng sdh mengaplikasikan diode 5/1 yg di pasang lewat kabel negatif kiprok. tp kalo hid hidup dan klakson di tekan suaranya seret. jd apa cara ini bisa dikombinasikan agar aki tidak tekor dan suara lantang?
    mohon di jawab, terimaksih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya modif kiprok 5/1 suara klakson lebih dari lantang, kemungkinan tombol klakson sudah rusak/kotor banyak debu, kalau suara ingin lebih coba pakai relay, artikelnya ada disini.

      Delete
  18. Pak Zak triknya ampuh saya sudah coba di honda Gl max 2003 pengisian awal dapat 2,3A posisi rpm tinggi bisa 4,5-6A.Yang saya tanyakan bisakah range nilai pengisian itu dibuah lebih tinggi misalnya dengan menggulung ulang sepul soalnya saya pakai beban lumayan berat headlamp utama 100Watt plus bel keong.Dengan kondisi sekarang kalau lampu utama nyala tegangan aki bisa turun sampai 11Volt, kalau ditambah pencet bel drop lagi sampai 10Volt.Apakah perlu juga ganti aki ukuran Ampere besar soalnya yang sekarang saya pakai aki karisma kalau tidak salah kapasitas 3A.Matur nuwun infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai 100 watt beban teramat berat, butuh kuarang lebih 7 amper konstan posisi langsam atau rpm tinggi agar aki tidak tekor, hasil produksi listriknya 4,5 s/d 6 amper, jadi aki akan selalu tekor, enaknya pakai lampu efisien seperi HID 35 watt butuh arus 3,2 amper.

      Delete
    2. Pak Zak iseng iseng saya ukur pada kabel dari stator yang menuju ke negatif kapasitor pada trik diatas hasilnya full geber bisa menghasilkan arus sampai 10 ampere kira kira arus sebegini besar outputnya cuma sampai 6 kalau efisiensinya ditingkatkan lagimerubah yang mana Pak denfan harapan syukur syukur bisa dapat 7-8 Ampere pada jalur pengisian

      Delete
    3. super power dan mantap dapat 10 amper ! kalau mau lebih besar pompa dan penampungan hasil listriknya harus lebih besar, pompa diibaratkan capacitor, bak penampungan = aki, coba kapasitornya ditambah dipararel. kalau pasang dua jadi 20.000 uF.

      Delete
    4. Share Pak Zak sudah saya coba pakau dua kapasitor 20.000 uF hasilnya sama saja.Kalau boleh saya bandingkan trik ini sama yang trik memutuskan kabel masa keaimpulanya trik ini sangat bagus di putaran menengah bawah kalau menengah atas yang rrik lepaa kabel masa pada kiprok full geber bisa sampai 7A yang saya dapat.Tapi rasanya juga sulit diaplikasi soalnya masa kita harus selalu ngebut biar dapat 7A.Hehehehe ditunggu karya karya selanjutnya Pak.

      Delete
  19. Bosss... kalau trik booster kapasitor digabung dengan trik diode 5/1 di motor supra x apakah bisa? dan ada efek sampingnya gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai trik diode 5/1 sudah lebih dari cukup kondisi aki dalam fullpower

      Delete
  20. pak yak, untuk pemasangan pd vixion gmn ya?
    sudah kucoba tidak ada perubahan.
    kiprok model 5 kabel, sudah ku sambungkan yg dr kapasitor ke kabel yg dr spul tetap tidak ada perubahan.
    solusiny gmn pak zak.
    apakah salah satu kabel ke kiprok kita putus trus sambung ke kapasitor ato cuma disambungkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau buat motor vixion wajib pakai 2 buah kapassitor seperti pada gambar diatas

      Delete
    2. yg masih bingung kabel dari kapasitor menuju spul
      1.ada tiga kabel pengisian warnany putih semua, trus milih yg mana pak zak?
      2.apakah kabel spul ( yg akan kita hubungkan dengan kapasitor) menuju kiprok perlu kita putus.

      karna saya sudah mencoba menggunakan 2 kapasitor tetap tidak ada perubahan volt dan arus.
      terimakasih

      Delete
    3. agar tidak salah kabel enaknya langsung ke area kiprok biasanya standar warna kabel adalah kuning/putih. yang dari titik tengah kapasitor bisa langsung konek ke salah satu kabel kuning/putih. kabel kuning tanpa diputus, cukup dikupas sedikit biar terlihat serabut tembaganya.
      jika tidak ada perubahan volt dan amper, langkah terakhir satu kabel kuning, wajib diputus langsung konek ke titik tengah kapasitor

      Delete
    4. terimakasih pak atas sarannya.
      tp tetap tidak ada perubahan, malah drop voltaseny.
      apa mungkin untuk vixion yg 3phase tidak bisa dengan cara ini.
      salut untuk karya mr uncle.

      Delete
  21. Klo thunder 125 kabel sepul kan wrna kuning smua,nah yg mana tuh om?
    Trus yg dr elco positif ke terminal aki+ yg negatif ke termnal aki- bener ga om?
    Oh ya bedanya sama booster kapasitor pengisian aki bedanya apa om klo dlihat gbr nya sama dgn artikel ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. motor thunder juga wajib pakai dua buah kapasitor, cara pasangnya elco positip ke aki positip, negatip elco ke positip elco dua, negatip elco dua ke negatip aki, titik tengah elco positip dan negatip konek ke kabel spul warna kuning pilih yang mana saja.

      Delete
  22. om mw nanya,kapasitor yang halfwave.di gambar negatif kapasitor nyambung ke aki,tapi di skema nyambung ke ground body..apa sama aja??mksh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. negatip aki dengan ground/body sama saja.

      Delete
  23. Om kalo pake Elco 10000 uF 35v sama 6800 uF 35v apa bisa ? motor saya HSF lampu halogen OSRAM 35w 4000k udah DC tegangan idle Battery 12.3v tanpa beban pas dinyalain lampu drop ke 11.7 apa Normal ? rencana mau ganti HID apa nggak tekor ? maaf ya kurang ngerti kelistrikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. elconya cari volt yang besar 80-100 volt lebih besar lebih bagus.

      Delete
  24. Om udah saya coba pake yg 10000 uF 50v cari yang 80v ato 100v pada kosong >.< rangkaian negatip Elco ke stator Kuning positif elco ke
    Positif aki sama negatif ke Aki/Ground lewat dioda 6A tapi Diodanya Panas sekali Apa Normal ? coz baru empat hari si Aki Tekor mulu aliaz soak terus pasang Rangkaiannya sesudah kiprok apa pas jalur keluar deket kabel Stator/sepul tengkyu sebelumnya atas artikel2 bermanfaat ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pakai 10000 uf 50 volt koneknya ke kabel kuning saja, biar mantap, pasang kabelnya sebelum kiprok, diode panas wajar, boleh pasang dua atau tiga diode dipararel biar beban panasnya terbagi

      Delete
  25. paman?
    untuk motor mio sistem karbu,
    kabel spullnya warna apa yah???
    mklum baru punya motor,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasangnya kabel putih atau kuning, lebih pas pasang di kabel kuning

      Delete
  26. Permisi Om...
    Kalau untuk system kelistrikan 3 phase cara pasangnya gmana ea Om ZAK...????
    Tolong penjelasannya, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. model untuk kelistrikan 3 phase contohnya yang pakai 2 capacitor, titik tengah diantara kapacitor konek ke salah satu kabel kuning, di kiprok ada 3 kabel kuning,

      Delete
  27. apa bisa di pake/dipasang pada mobil ,kalo bisa gimana cara pasangnya ..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. prinsipnya trik ini bisa dipasang di alternator mobil dengan cara menarik keluar salah satu output kabel stator konek langsung ke titik tengah diantara dua buah kapasitor, namun seberapa besar peningkatan powernya ane belum coba.

      Delete
    2. tolong dong uncle Zak lakukan experimen untuk pengaplikasian pada mobil, kalo udah berhasil dengan baik lalu Uncle Zak share ke kita2 beserta gambar skema pemasangannya ...sebelumnya saya ucapkan thanks atas trik2nya ....

      Delete
    3. ane juga sebenarnya pengen coba diaplikasikan di mobil, cuma belum sempat saja !

      Delete
    4. kapan ni uncle zak coba aplikasikan di mobil .....

      Delete
  28. uncle zack saya mau tanya,, kalau kapasitornya 10000uf 80v warna biru itu bisa gak biat capasitor bank? soalnya ane coba kok kapasitornya enggak panas, cuman anget aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. standar pabrik kapasitor bisa bekerja sampai suhu tertentu misalkan tertulis di kapasitor 105 Celcius, semua kapasitor bisa digunakan untuk capacitor bank

      Delete
  29. uncle zack mau tanya..bisa ga ya kapasitor bank ini di pasang di motor tanpa pake aki..jadi keluaran kapasitor langsung ke lampu, klakson dll.trus bisa ga di pasang di mobil biar nyala lampunya tambah terang?makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara prinsipnya bisa langsung konek ke lampu dan klakson, namun cara pasangnya berbeda dengan model yg diatas, nanti ane posting cara mudah bikin lampu motor lebih terang part 3.

      kalau di mobil watt lampunya mesti pakai 90/100 watt pasangnya mesti pakai relay.

      Delete
  30. Uncle, saya pasang pada motor beat saya tapi yang kaki negatif dri elco nya k negatif aki, bagaimana? Lamou udh habis 2 yang ori dan Osram putus smua nya. Mnta pencerahan nya.

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. Uncle Zak, saya sudah coba Capacitor Bank Super Power Type Uncle Zak pada motor Honda New Blade yang telah di ubah ke sistem pangapian DC dengan Stator Full Wave dan Kiprok punya Tiger.

    Hasil (hanya menggunakan alat Volt meter):
    Tanpa Capacitor Bank Super Power Type Uncle Zak
    Aki tanpa beban : 12.4 V
    Mesin putaran rendah tercatat : 11.4 V
    Mesin putaran tinggi : 14 V

    Menggunakan Capacitor Bank Super Power Type Uncle Zak
    Aki tanpa beban : 12.4 V
    Mesin putaran rendah tercatat : 11.4 V
    Mesin putaran tinggi : 12.3 V

    Aksesoris : Headlamp Projector 2.5" 2 buah, lampu HD tidak di nyalakan hanya angels eyes nya saja yang menyala, jika semua lampu menyala aki akan drop pada putaran rendah.

    Pertanyaan, kenapa setelah menggunakan Capacitor Bank Super Power Type Uncle Zak
    - Tidak mengalami peningkatan pada mesin putaran rendah.
    - Pada mesin putaran tinggi justru menurun drastis.

    Terimakasih atas petunjuknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau motor sudah full wave stator engga konek ke body/rangka, pakai kapasitornya dua buah, pasangnya minus kapasitor ke body plus ke minus kapasitor yg satu lagi plus kapasitor konek ke positip aki, selanjutnya titik tengah kapasitor konek ke salah satu sepul

      Delete
    2. om zak, saya sudah ikuti persis petunjuk om zak, tapi voltase tidak ada peningkatan, apa mungkin yang naik itu ARUS/AMPERE nya doank?

      Delete
    3. jika arusnya naik/besar otomatis voltage akinya naik, kalau akinya sudah kurang bagus, otomatis arusnya kecil. coba tes pakai aki yang lain.

      Delete
  33. untuk pemasangan di pulsar 220 bagaimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. prinsip pasangnya sama dengan motor lain, cirinya jika lampu motor nyala ikut putaran mesin maka yg dipsang hanya 1 buah capacitor

      Delete
  34. master mau nanya motor saya satria FU saya modif motor AC to DC dengan memotong kabel warna kunning pada stator dan kiprok standart. trus saya mau buat capasitor bang dengan 2 buah, kabel menuju ke stator yang warna apa ya master. trus cara modif saya benar gak yah..?apakah trik ini sama dengan cara cabut ground di dlm stator. please replay master

    ReplyDelete
  35. Omm .. maaf om saya mau tanya .. kalaw misalkan kabel penerangan dari sepul yg gunanya untuk lampu.. saya sambungkan ke pengisian aki atau ke pengisian kapasitor bank bisa gk omm ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika langsung ke aki sangat bisa, mesti pakai diode terlebih dahulu agar jalur kabel lampu menjadi arus DC

      Delete
  36. Terimakasih uncel zak .. ilmu anda sangat bermanfaat... terus berkarya gan

    ReplyDelete
  37. Uncel zak.. saya pake motor fu. Saya pake sistem kapasitor type uncel zak. Dengan kapasitor 1unit 10000uf 100v dan saya memakai lampu HID 10000k . Syang nya kekuatan system uncel zak hanya bertahan kurang dari dua malam dan aki saya tekor sampe habis bis.. lalu mtor sya ngadat dan spedo meter mati.. lalu saya kembali klik on pada swit kapasitor yhbterarahnke pengisian dari spul pada siang hari ketika tidak pake lampu . Dan aki saya kembali terisi atau kapasitor yg aktif...

    Pertanyaan nya..

    Apakqh kapasitor saya kurang dan harus dibtambah beberapa unit?

    Menurut saya apakah elco Saya kurang untuk mengatasi pelistrikan saya? Atau pasokan energi yg di kasi ke elco atau aki kurang juga jadi elco tidak mampu melayani pelistrikan saya.. padahal kabel kuning putih untuk penerangan lampu setandar sudah saya putus.. mohon jawaban nya uncel zak .. terima kasih

    ReplyDelete
  38. Kalau aki saya udah droup gmn uncel? Apa masi bisa system kapasitor ny

    ReplyDelete
    Replies
    1. HID 10000K pada saat start butuh energy 9 - 10 amper, pada saat nyala konstan butuh 5-6 amper kemampuan generator, kemampuan power FU, RPM rendah 1 amper, rpm sedang 3-4 amper rpm super tinggi 7s/d amper, sudah pasti aki akan selalu tekor, biasanya power didapat pada area 3-4 amper, kecuali selalu berkendara pada rpm super tinggi.

      Delete
  39. saya coba di shogun 110 sudah fullwave, kok timbul bunga api, saat kabel tengah menuju spul ? jadi takut korslet, jadi kabel tengah gak jadi di pasang, masih agak nyendat2 saat putaran rendah. apa ada yg salah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah pasti jika konek ke sepul timbul bunga api, karena ada proses charging ke capacitor.

      Delete
  40. sejak pakai led headlamp, sein led, stoplamp led, timbul masalah putaran mesin jadi nyendat2.
    Led headlamp 10/20 watt. aki gm5z. apa led menarik arus tinggi, sehingga aki tekor ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ukuran 10/20 watt katagori ukuran kecil, seharusnya aki engga tekor, ada kemungkinan akinya sudah sangat sulphate, mesti diganti

      Delete
  41. om mtr sy blit r untuk power bang kapasitor ukuran brapa 10.000/....volt yg di sambung ke spull wrna apa. ada wrna putih,biru hitam strip.? konek ke kapasitor yn (-) atau(+) dan yg satu lagi dioda yg di pakai ukuran brapa om. dan diodaya searah/berlawanan.tnks

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa konek ke kabel putih atau kabel warna kuning, petunjuknya ada diatas.

      Delete
  42. bang rangkain relay NC 5 kaki nya kurang jelas kemana aja jalur nya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. 85 ke bodi, 86 trigger positip, 30 dari sepul, 87 ke kabel kiprok original, 87 A ke titik tengah capacitor bank super power.

      Delete
  43. kapasitor apa bisa menyimpan arus ac? bukannya hanya bisa melewati saja..
    jd fungsi kapasitor ini apa ya? karena listrik yang keluar dari spul adalah arues ac.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua capacitor bisa menyimpan arus ac, tipe polar maupun non polar, tergantung desain dan kebutuhan coba lihat mesin jet pump, mesin cuci, kipas angin ac rumah dll

      Delete
    2. elco tidak bisa menyimpan arus ac. yang di pompa air, mesin cuci itu capasitor non plar (untuk arus ac), beda sama elco (pada gambar di atas)

      Delete
    3. @Nur Kafidun : setuju, kapasitor yang di mesin cuci / kipas angin adalah kapasitor khusus arus AC.

      Delete
  44. kalo di tambahi dioda kabel yang dari spul, untuk menyearahkan gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. desain gambar diatas tanpa diode, bisa berubah menjadi arus dc !

      Delete
    2. @Nur Kafidun, pasti @Uncle Zak belum mencoba kapasitor khusus DC dipasang pada arus AC, coz' walau sudah tahu pasti meledak (pengalaman sebagai teknisi komputer, AC, Kipas Angin, mesin cuci, dlsb)

      saya coba karena penasaran... dan benar MELEDUG itu kapasitor setelah beberapa detik... (RPM idle / tidak digas).

      kesimpulan:
      @Uncle Zak tidak mencoba sendiri & menganggap kapasitor AC & Kapasitor DC adalah sama :D

      @Uncle Zak: sory No Offsense... hanya bermaksud... jangan sampai ada rekan pembaca lain yang AWAM ELEKTRONIKA jadi korban (bahaya kalau meleduk kena mata bisa BUTA!)

      @Uncle Zak Peace yah....

      Delete
  45. uncle ane mau tanya untuk power bank yang (-) disambubg ke spull.
    1. dioda sy kasih 2 buah searah betul/salah
    2. dioda yg bergaris putih di konek ke manaya uncle.

    ReplyDelete
    Replies
    1. model full wave yang konek ke sepul tanpa diode !

      Delete
  46. saya udah coba adaptor pengisian, malah mesin mbrebet accu drop, jd tak lepas aja gan..gak jadi, pakai yang rangkaian biasa, capasitor di pararel sama accu aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di cek ulang, kemungkinan salah pasang !

      Delete
    2. udah d cek, pemasangannya benar, tetep gak bisa

      Delete
    3. Saya jg mengalami hal yg serupa Om.
      Motor saya new mega pro, kelistrikan cuma nambah HID ballast 50 watt.
      Klo pake rangakaian kapasitor booster ini, voltase aki malah ngedrop nyampe 11 volt, tapi ketika di lepas bisa 11,8 Volt ketika HID on RPM > 4000. Jadi sepertinya arus malah kesedot ke rangkaian booster ini tidak masuk ke aki.
      Rangkaian sudah saya cek berulang kali sudah sama ((+) elco nyambung (-) elco kedua kabel tengah saya sambungkan ke salah satu kabel kuning yg masuk ke kiprok (+) booster ke (+) aki (-) booster ke (-) aki, kira2 apa masalahnya yah?
      Saya aplikasi pke dioda 5/1 di jalur positif lumayan bisa angkat pengisian sampe 14 volt, 12,5 volt klo pke HID on.
      Thanks.

      Delete
    4. tutorial gak ada teorinya, megapro cw pakai lampu h4 accu standar aja sudh lancar jaya kq.., di pasang Booster Kapasitor Bank Super Power malah accu ngedrop

      Delete
  47. uncle ane udh coba power bank ke nouvo ko malah lampu redup .capasitor(-) sy sambung ke stator kuning dan merah ke aki aki(+) dan hitam ke masa/ground diantara kedua( - +) saya kasih dioda 2/2 6 amperan searah ke(+) aki benar ga uncle.?

    ReplyDelete
  48. om sy udh coba d blitz pake 1 capasitor 10000/100 kapasitor (-) sy konek ke stator warna putih. dan capasitor (+) saya kasih 2 dioda searah (+) aki. sebaliknya (-) saya konek ke ground/ ke -) aki. ga ada perubahan om rangkayanya bener ga om.

    ReplyDelete
  49. capasitor bank bekerja utuk sounsistem yang ada di mobil (biar suaranya enak)
    kalau unutk accu apa gunanaya??!!

    ReplyDelete
  50. Mr zax..maaf mengganggu sedikit waktunya.. saya pakai vario125 iss..saya pasang hid proyektor 35w 2biji..kendalanya saat jln kurang lebih satu kilo lampu mati sebelah jdi tinggal 1 yg hidup..apa yg mesti saya lakukan mohon sarannya Mr Zax..trimakasih bnyak..

    ReplyDelete
  51. Om zack.. saya sudah buat kapasitor aki pake led.. kendalanya kalo dipasang langsung +kapasitor ke aki ,- kapasitor ke aki nyala berarti ok... nah saya coba pake relay 4 kaki supaya ketika kunci kontak di nyalakan led di kapasitor nyala.. tapi malah gug nyala.. mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  52. Mr zack ... saya pakai kapasitor yg pakai led.. tapi setelah sya coba pakai relay guk yala..kalau langsung guk pkai relai nyala...mohon pencerahannya saya pengen paki rellay 4 kaki

    ReplyDelete
  53. saya liat model pasang elco nya diseri tp ditengah2 sambung ke kabel dr stator,,
    model pasang kaya gini,,voltase yang naik apa amper yg naik om??
    kl ga salah,rangkaian seri = voltase yg naik,,rangkaian paralel = arus nya bertambah (amper)
    CMIIW

    ReplyDelete
  54. Halo Om Zak, Kalau pasang di Scorpio apakah diodanya harus diubah ke 7 ampere atao lebih? soalnya baterai scorpio kan 7 ampere. kalau diodanya jebol, apa nggak bahaya tuh soalnya kutub + baterai jadi berhubungan dengan body..

    ReplyDelete
  55. Uncle zak . saya punya new vixion .. Kalo mau pasang lampu sorot led . harus ada yang d rubah kah . kelistrikannya

    ReplyDelete
  56. Gan klo buat vega gmna caranya.kutup positif elko di ksih 2dioda dan di sambung ke positif aki dan body.klo ngatifnya d sambung kmana.warna kabel kiprok vega hitam, putih, merah dan kuning.mohon infonya gan.

    ReplyDelete
  57. ijin simak om zak. saya ingin menggunakan rangkaian om zak (kapasitor bank), tetapi saya tidak tahu apakah motor saya full wave atau lainnya.
    spesifikasi :
    motor vario 110 lama (belum injeksi)
    pemakaian standart hanya ada tambahan lampu emergensi (hazart) dan lampu rangkaian touring (sen kedip kanan kiri bergantian)
    rencana saya memakai untuk kebutuhan :
    1. pasang lampu kolom (di bawah deck, insyaallah merakit led sebanyak 2 rangkaian, kanan dan kiri)
    2. memasang charger HP di bagasi motor (merangkai sendiri dengan rangkaian kecil)
    3. ingin menambahkan audio di bagasi motor (insyaAllah merangkai power audio 20watt saja dan speaker kecil sekitar 4")
    4. ingin merubah lampu utama dengan cara apabila di kontak sudah on (maka lampu bisa on tanpa stater) seperti motor laki
    5. apakah harus memasang 2 aki ?
    dari keinginan saya tersebut rangkaian mana yang cocok om zak ?
    apakah ada tambahan lagi yang saya perlukan untuk keinginan saya ?
    terima kasih
    nurany
    ynnrny@gmail.com

    ReplyDelete
  58. Om Zaq, Jupi mx ane dah full DC, kiprok msh pke ori Jupi MX,
    Pertanyaan ane, mana dri kedua pilihan diatas yg bisa ane aplikasikan ke Jupi MX ane.
    Mohon petunjukx om Zaq.
    Thks.

    ReplyDelete
  59. Uncle Zak...
    Mau tanya...condenser milik old vixion itu kan sama ya kayak bank capasitor?

    Kira2 bisa gak kalo dipasang di satria F150?
    Kalo bisa skemanya gimana Uncle?
    Dipasang sebelum 'Fuse' / sekering atau hanya dipasang (+)/(-) aki?

    Mohon pencerahannya uncle.
    Nuwun...

    ReplyDelete
  60. Om saya pakai yg C10000μf pararel x4 = 40.000μf
    Kok Ampere saya jadi turun ke 1.48A yah
    Mohon bantuanya

    ReplyDelete
  61. Motor saya mio j injeksi..
    Saya sdh beli boxnya, elco 10.000uf 50v 2pcs, dan box fuse dengan fusenya 5A..
    Saya ada beberapa pertanyaan mohon bantuan masukannya..

    1. Apa perlu resistor di kutub + dan berapa ohm dan watt brp untuk 2 elco tsb??
    2. Bukannya butuh relay 12v untuk untuk pengamanan jika kontak on baru tersambung ke booster dan sebaliknya jika kontak off booster terputus??

    Mohon masukan dan jawaban yg mendetail om. Soalnya saya msh newbie. Thanks..

    ReplyDelete
  62. untuk penulis blok. coba dipelajari dan diteliti lebih lanjut, pemasangan kapasitor sebaiknya di paralel, bukan diseri. Teliti gambar 4 dan 6.
    seri : nilai kapasitas menjadi lebih kecil,
    paralel : nilai kapasitor menjadi besar.
    Mohon maaf dan koreksinya jika saya ada kesalahan.

    ReplyDelete