Monday, October 22, 2012

Cara Buat Kiprok Fullwave Pakai Kiprok Honda Supra Fit

By : Zakir Skynet

Sebagaimana janji saya pada artikel sebelumnya yaitu cara membuat kiprok full wave dimana bahasannya membuat kiprok full wave mengggunakan dua buah  kiprok half wave,  maka postingan kali ini bagaimana membuat kiprok full wave single phase maupun tiga phase hanya menggunakan satu buah kiprok honda bebek.

Tujuan pembuatan kiprok ini tentunya mengacu pada prinsip E3KB, efektif, efisien, ekonomis, kemandirian bikers.kiprok ini sudah diuji di labotarium penelitian dan pengembangan rekayasa genetika kiprok  institut teknologi paman zak selama 8 jam non stop setara dengan perjalanan Tangerang - Bandung PP. dengan input arus listrik ke kiprok sebesar 10 amper dan voltase 15 volt. hasilnya voltage aki sangat stabil pada tegangan 14,33 volt.efek panas nyaris tidak ada. sangat sempurna.

berikut ini rangkain bagaimana membuat kiprok full wave yang sangat mudah membuatnya siapapun bisa membuatnya. 

Desain kiprok ini dapat digunakan untuk seluruh motor yang sudah pakai sistem full wave = Universal Kiprok Regulator Pengisian Aki

Circuit Terbaru  Kiprok Regulator Voltage Motor  Full Wave

Kiprok Full Wave Single PhaseTipe Uncle Zak E3KB


Desain Kiprok Output Pakai dua buah diode biar Mantap

Kiprok Full Wave Tiga Phase Tipe Uncle Zak E3KB


Contoh Komponen Kiprok Model circuit seperti diatas



                              Salah satu karya seniman otomotif  dalam membuat kiprok motor model  varian fullwave

Komponen yang digunakan untuk membuat kiprok fullwave type uncle zak

  1. Kiprok Honda Legenda Atau Honda Supra Fit original
  2. Dioda satuan 6 amper
  3. Diode bridge 1 buah

Diode satuan  6 ampere



diode satuan 6 ampere


Desain Kiprok Full wave tiga phase

Alat yang dibutuhkan dalam membuat kiprok full wave single phase




Cara Buat kiprok fullwave tiga phase






Anatomi kiprok motor honda supra fit dan legenda



kiprok original honda Legenda

Pengujian Kiprok Full Wave Universal Type Uncle Zak

 


Voltage aki sangat stabil dan Ideal 14,33 Volt



Pengujian Kiprok selama 8 Jam non stop setara Tangerang Bandung PP

Arus listrik terbaca 2 amper pada top voltage 14,33 Volt  mantap

  

Pengujian kiprok full wave input aki 6 ampere pada posisi voltage aki 13,6 volt

 



Catatan penting buat bikers :
  • Selama Riset Uncle Zak hanya menggunakan kiprok Honda legenda dan supra Fit original hasilnya sangat bagus sedangkan non original sensor voltage tidak bekerja.
  • Kiprok non original sedang dalam kajian.di dept Litbang Rekayasa Genetika  Kiprok Uncle Zak
Semoga informasi ini bermanfaat buat seluruh rakyat Indonesia





16 comments:

  1. mas pagi........kenapapanas ya ,aku buat kiprok full hallf dari kiprok supra fit, aku pasang di CBR1200cc

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek lihat rotor magnetnya, masalah tipe motor CBR banyak yang menggunakan sistem alternator seperti di mobil. cara kerjanya sedikit berbeda dengan motor yang rotor permanen magnet.

      Delete
  2. mas aku pake revo at {matic} n kiprokx susah bngt dcari skalipun d dealer honda..nah aku pengen bikin ini rangakaian skaligus dibikin jd fullwave..ini rangkaian apa g harus bongkar spul sgala ya...trus kabel warna apa sj yg ke dioda bridge..kiprok revo at ada 6 kabel..kalau bs tlg kirimkan skema kabelny di dioda bridgeny..soalny sy kurang paham pemasangannya..thx sblmnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau motornya engga pakai beban berat, enaknya pakai standarnya saja aki dijamin engga tekor.kalau pakai beban berat ada banyak trik lebih mudah yang pakai diode atau yang pakai cara unlimited.

      Delete
  3. om mau tanya,,kalo cara buat spull 3 phase dengan 5 kumparan gmna ya skemanya??mau buat full wave peke regulator thunder soalnya..

    ReplyDelete
  4. saya kayanya lebih yakin sama skema yang ini om daripada yang disini: http://mitrabaterai.blogspot.com/2012/12/modif-fullwave-tanpa-bongkar-spull-dan.html

    karena setelah saya pelajari lebih dalam, yang model modif fullwave tanpa bongkar spul itu sepertinya ada pencampuran antara ground listrik AC dan DC, sementara yang ini karena ground spul diangkat jadi benar-benar terpisah antara AC dan DC sehingga sepertinya lebih aman (betul ya om?).

    btw om itu arus 2 ampere kondisi tanpa beban (lampu ga nyala) ?

    ReplyDelete
  5. Salam sejahtera, Uncle Zak....
    Mohon pencerahan
    Utk gambar pertama diatas, arus keluaran negatif dr dioda, masuk ke kiprok (kabel hijau) atau ke bodi? Kalo lihat skema, masuk ke kiprok dan diparalel dg bodi.
    Krn dr tulisan uncle terdahulu, disebutkan bahwa kabel hijau dr kiprok fungsinya utk membuang kelebihan arus. Shg bila kabel hijau dilepas maka arus tidak terbuang.
    Maturtengkyu uncle.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabel hijau konek ke body fungsinya sebagai sensor voltage aki

      Delete
  6. om zak,mo nanya...klo buat nouvo z th 2005..bagusan pake yg mana...single phase pa 3 phase..truz dioda bridge nya berapa ampere..thnks

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kebutuhan, single phase dan tiga phase aplikasi dimotor beda tipis.
      diode bridge ditoko elektronik tersedia 35 amper sampai 50 amper, lebih besar ampernya lebih bagus dan kuat.

      Delete
    2. om zak,sya ud coba pake yg 3 phase,sya ngukur pake multitester analog ke 50 volt tpi knpa jarum multitesternya sampai mentoknya..pa da yg salah..tpi sya ud ngikutin yg sama kaya om zak...pasngnya kya gni ni...arus yg keluar dri altenator pake dioda bridge 35 amper,truz arus yg keluar dri kiprok menuju aki,sya pake dioda 6 amper 2 buah.

      Delete
  7. mlm om zak,aq puya poblem pd revo aq,lampu depan aq bikin langsung dri aki,tapi akinya sering drop,pdahal akinya baru dan akinya 6A,

    mhon solusinya om,bgmana biar aki aq ok......?

    ReplyDelete
  8. Malam uncle.....
    Saya coba skema tersebut pd scorpio.
    Knp voltase tetep di 12v? Dinaikkan rpm-nya, voltase jg ga naik. Kiprok msh ori

    ReplyDelete
  9. mohon pencerahanya uncle..saya sudah rubah kelistrikan motor jupiter mx dengan cara diatas tapi ga sukses uncle,,,volt pengisian terbaca sampai tembus 20 volt baik dengan beban / tanpa beban pada RPM tinggi,,kondisi spul pada motor sudah saya rubah menjadi 2 jalur pengisian,,apakah testing yang uncle lakukan spul motor sudah jadi 2 jalur pengisian atau masih standar?trimakasih uncle

    ReplyDelete
  10. selamat pagi om jack,
    saya mencoba untuk membuat booster lampu untuk motor jupiter z sya,dan untuk di pontianak komponen scr bt 151 susah di cari,jdi mohon pencerahannya om,apakah bsa di ganti dengan komponen yg lain.
    terima kasih om.

    ReplyDelete