Monday, July 23, 2012

Cara Mudah Modifikasi Motor Half wave to Full wave

By : Zakir Skynet

Kali ini akan membahas temuan/patent terbaru uncle zak di jagat otomotif  yaitu bagaimana  merubah motor yang masih menganut sistem pengisian ke aki half wave menjadi full wave. metode ini yang sangat  mudah pemasangannya, super ekonomis dan siapapun dapat melakukannya.

Latar Belakang Penemuan

Para pendahulu saya dalam memodifikasi motor  half wave ke full wave menggunakan metode seperti pada gambar dibawah ini, dengan cara memotong kabel stator yang menuju ground kemudian kabel ground dijadikan charging 2, hal ini tentunya sangat menyulitkan bagi para pemula.
dan tentunya membutuhkan dana  yang cukup untuk merubahnya.

Model Kabel Standar Motorcycle  half wave
Sistem Kabel Standar Motorcycle Half wave




 Modifikasi Half wave to full wave model 1 uncle zak

Cara baru merubah half wave to full wave model uncle zak tidak memotong kabel ground , metodenya hanya memanfaatkan momentum kevakuman capacitor.  Cara ini menambah arus listrik sebesar 100 %, misalkan pada RPM 500 half wave arus pengisian ke aki 1 ampere setelah dirubah menjadi 2 ampere. sedangkan komponen yang dibutuhkan hanya 3 buah.
  •  2 buah diode > 6 ampere
  •  1 buah capacitor tipe Photo Flash 10000 uf minimal 100 volt lebih besar lebih bagus
  • kabel secukupnya





modifikasi half wave to full wave arus listrik tambah 100 %


Model Perubahan ke sistem full wave  Penambahan tiga komponen  :  2 buah diode dan satu buah capacitor
Model perubahan motorcycle half wave to full wave
  
Modifikasi Half wave to "Hyper full wave" model 2 uncle zak
Cara  model ini menambah arus listrik sebesar 200 %, misalkan pada RPM 500 half wave arus pengisian ke aki 1 ampere setelah dirubah menjadi  3 ampere. sedangkan komponen yang dibutuhkan hanya 3 buah. Cara model ini sangat cocok bagi yang ingin menambah aksesoris beban besar seperti pasang lampu HID beban arus listrik yang dibutuhkan 35 watt/ 3 amper. dimana posisi rpm rendah dapat memasok energy  besar.

komponen elektronik yang dibutuhkan hanya tiga buah :
  •  2 buah diode > 6 ampere
  •  1 buah capacitor

modifikasi half wave to full wave arus listrik tambah 200 %



Model perubahan sistem ke hyper full wave arus listrik bertambah 200 %


Data data  Hasil Riset Uncle Zak :

Alat-alat ukur  kelistrikan yang digunakan :
  • ·         Ammeter analog
  • ·         Ammeter digital
  • ·         Tang ampere
  • ·         Volt meter digital
Langkah-langkah pengujian

Motor dihidupkan pada posisi langsam  karena  pada posisi inilah tingkat pengisian aki pada posisi sangat rendah
Tujuannya  agar motor masih memakai sistem pengisian half wave jika memakai  aksesoris tambahan seperti Lampu HID membutuhkan arus listrik sebesar 3 ampere, aki yang dimilikinya engga tekor.

Pengujian Alat booster full wave :
Load  langsung Ke aki kapasitas aki 5 ampere

Pengujian pertama dilakukan pada motor Honda supra Fit tahun 2007 :
  • Posisi pengisian tanpa alat  arus listrik pengisian ke aki  terbaca 0,7 Ampere
  • Alat dipasang ke Jalur CT / lampu konek ke kabel  kuning alampu besar dimatikan  arus  listrik pengisian aki terbaca  1,4 Ampere ada kenaikan arus listrik ke aki sebesar 100 %
  • Alat dipasang ke kabel  jalur pengisian aki kabel putih, arus listrik pengisian aki terbaca 2,1 ampere ada kenaikan arus listrik ke aki sebesar 200 % 
  • selanjutnya posisi gas ditambah sedikit  arus listrik pengisian aki "terbang" terbaca 5,5 amper ada kenaikan arus listrik super mantap 

Gas Pada posisi langsam

Posisi gas kecepatan sedang



Pengujian Ke dua dilakukan pada trafo  CT 1 ampere  

Pemilihan  trafo kecil maksudnya adalah simulasi motor  half wave pada posisi langsam dimana output  biasanya berkisar  0,3 s/d 0,7 ampere

Load Dilakukan pada Lampu Rem motor 12 Volt  2 kaki 25/5 watt

Hasilnya  : mempunyai pola pengisian yang sama

Mengapa ada kenaikan arus listrik yang sangat signifikan :

Jawabnya :
·          
  • Hukum Ohm  = jika volt semakin tingggi maka arus akan bertambah , hasil riset yang ane catat mempunyai pola seperti ini :  tanpa alat 12 volt pakai alat 24 volt dan 36 volt.
  • Capacitor terus menampung  seluruh energy yang dihasilan dari induksi stator dan rotor permanent magnet tanpa ada energy yang terbuang langsung memompa ke aki.
  • Capacitor juga berfungsi sebagai alat pengubah gelombang-gelombang elektromagnetik yang  berputar diseputar stator dan magnet permanent  menjadi energy real/nyata.
Buat Yang belum paham bagaimana ada peningkatan energy super dasyat dalam bahasa gambar mungkin akan lebih mengerti dan yang masih bertanya dari mana datangnya sumber energy baru sebesar 200 % berikut liputannya :

Teori Baru Uncle Zak Menambah Koleksi Energy di seputar medan magnet 
Posisi Generator Tanpa Capacitor

Pakai Capacitor Dapat Koleksi Lebih banyak Energy


Tanpa Capacitor ammeter terbaca 0,7 amp


Pakai Capacitor Dapat Koleksi Energy tambahan sebesar 200 %


Sebagai ilustrasi cara kerja bisa digambarkan seperti dibawah ini :



Untuk aplikasi pemasangan bisa baca pada artikel : Cara Mudah Membuat Booster Kiprok Pengisian aki

Modifikasi Half wave to full wave model 3 Sistem Isolasi

model circuit  contoh dibawah ini merubah motor sistem half wave ke  full wave tanpa harus memotong kabel stator yang konek ke body. charging 2  didapat langsung dikonek ke body

Hal penting yang harus diperhatikan model full wave sistem isolasi seperti ini kabel negatip diode bridge jangan bersentuhan dengan body motor karena berakibat konsleting

Alat yang dibutuhkan Sistem Isolasi Full wave


  • wajib beli aki baru
  • Switch
  • Regulator Half wave
  • diode bridge
  • kabel secukupnya


Sistem Full wave Isolasi Dapat Tambahan Power 100 %
Switch Mantap
Regulator Half wave
Diode Bridge

Aplikasi Hyper Full Wave  Pakai Regulator Kiprok  : Model 4

Buat yang bertanya-tanya setelah energy dikoleksi oleh capacitor, kemudian diregulasi oleh kiprok pengisian normal hasil masih sangat signifikan berikut ini hasilnya :

Pengujian pakai motor honda supra fit :
  • Kondisi motor  langsam pengisian normal tanpa capacitor arus listrik terbaca 1 amp, pakai capacitor 2,5 amp ada kenaikan 150 %
  • Motor digeber sampai tetangga rumah bangun,  pengisian tanpa capacitor arus listrik terbaca 2,5 amp, pakai capacitor 4 amp ada kenaikan 60 %
  • cut out sangat normal 14,8 volt sangat aman.
  • kesimpulan sangat cocok untuk yang pakai lampu HID yang hanya sebesar 35 watt

 Circuit Hyper Full Wave Pakai kiprok / Regulator


Model Hyper full wave Pakai regulator ada Kenaikan 150 % posisi Langsam



Semoga bermanfaat bagi masyarakat otomotif  Indonesia dan warga dunia


97 comments:

  1. uncle Zak, saya bingung memasang half wave ke hyper wave dengan motor supra X 125, mohon pencerahannya donk. email ke h317_dr4@yahoo.com

    ReplyDelete
  2. uncle zak, mohon ilmunya dong... setelah melihat skema yang hyper fullwave model 2, aku punya dua pertanyaan:

    1. Apakah tidak apa2 untuk kapasitornya langsung konek ke arus ac?
    2. Pada skema yang model 2 diatas, arus ac dari spull langsung masuk ke kapasitor dan dioda, tanpa melalui kiprok/regulator apakah aman untuk aki dan lampu2 motor?

    terumakasih banyak ya om uncle....Tuhan yang membalas....hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. rangkaian ini sangat aman, terkendali dan mantap, ini khusus trik yang pasang aksesoris beban berat, kalau engga pasang beban berat jangan pakai trik ini.arus sangat besar hyper full wave.

      Delete
    2. makasih banyak ilmunya om...
      aku sekarang pake yang model 1 yg memanfaatkan kabel lampu sebagai charge ke 2, sedangkan lampu konek langsung ke aki. tapi pada saat lampu depan dan belakang nyala dan juga lampu rem menyala, kok lampu sein ga kuat ya om?, maksudnya ga bisa berkedip. apakah kapasitas aki juga pengaruh?, soalnya aku cuma pake aki MF 3A. dan ketika motor digeber sampe terjadi tanah longsor, ternyata pengisian aki malah turun. apa yg terjadi om?
      mohon pencerahannya lagi ya om...
      terimakasih buanyaak....

      Delete
    3. motornya pasti ok, melebihi kecepatan suara !, kemungkinan besar masalahnya pada aki, unsur air didalam aki sudah habis, jadi kurang bagus, coba aki diservis coba baca http://mitrabaterai.blogspot.com/2012/06/cara-servis-aki-kering.html

      Delete
    4. om,ane coba pake yg model hypwave..emang gilaaa arusnya ky arus tsunami di aceh kmrn (saking besarnya ) hehehehe..
      om,yg model 1 tu output dr dioda arah katoda dihubungkan lsg ke positif aki ato dihubung ke kiprok dl?soalnya ane agak bingung sdkt klo baca gambar hehe..maklum om org bodoh

      Delete
  3. menurut ane sebenarnya sama aja dengan HW pada umumnya, kenaikan arus dikarenakan ada rangkaian booster dan karena pembacaannya menggunakan amperemeter AC, bukan DC, karena amperemeter AC membaca arus tertinggi, sedangkan amperemeter DC membaca arus rata2 (RMS / Rate Mean Square).

    rangkaian booster berfungsi untuk menaikkan tegangan. tetapi sebenarnya menurunkan arus sesuai dengan hukum kekekalan energi
    dimana P=VxI. jadi dengan daya yang tetap, jika tegangan dinaikkan maka arus akan turun.

    untuk membuktikan hal ini uncle zak bisa membandingkan power meter atau dengan Voltmeter DC dan amperemeter DC pada AKI antara HW versi non uncle zak dan versi uncle zak, saya yakin kemungkinan besar hasilnya akan sama :)

    CMIIW.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengukuran arus listrik hanya pakai satu tang amper, metodenya dibandingkan contoh real pengisian ke aki motor supra fit motor dihidupkan langsam tanpa kapasitor terbaca di tang amper 0,7 amper, dipasang kapasitor 2,1 amper, sekarang hitung persentasenya.
      sebagai informasi ; ukur arus listrik pakai alat dc justru lebih besar terbaca meternya, ane pakai merk helles, seperti contoh diatas.

      kalau soal hukum kekekalan energy, tergantung dari sudut mana ente melihatnya, contoh kapal layar, mendengar radio cristal tanpa listrik, tesla coil, generator bedini dll.

      tapi yang paling mantap ente harus mencoba dan merasakan sensasi hyper fullwave
      selamat mencoba.

      Delete
  4. Maaf uncle, ternyata aku yg salah pasang dioda nya... ada yg terbalik. setelah aku betulkan ternyata mantap bos!!!!, aku pasang lampu HID besar dan lampu kabut mobil, aki ga tekor!!!!, dibuat starter elektrik juga kuat....

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf uncle, tapi kalo lampu besar dimatikan dan mesin nyala, kok speedometer dan lampu netral berkedip2 ya?, apakah itu tanda bahwa aki overload?

      Delete
    2. kalau ente punya voltmeter enaknya diukur dulu seberapa besar voltage akinya.

      Delete
  5. uncle Zak, ane bingung cara bikin half wave ke fullwave di motor supra X 125, mohon bisa dikirimkan detail caranya email ke kendhie@gmail.com
    Terima kasih

    ReplyDelete
  6. uncle zak, mau tanya nih..
    klo mau pasang booster yang tipe 1 nanti tegangan masuk aki tetep stabil atau tidak ya?

    pengen nyoba tapi takut kalo tegangannya berlebih malah ngerusak speedometer digital ane....

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. model ini hanya cocok untuk ambil lampu besarnya dari aki, arusnya sangat besar.

      Delete
  7. uncle zack,cara modif full wave di mtr vario lama gmana?mhn pncerahan nya..

    ReplyDelete
  8. Mo nanya Uncle Zak,Ane punya motor New Vixion Lightning, mau saya pasangin Headlight Led Projie + Angle Eye
    yang ane tau Kiproknya HalfWafe dengan kabel warna Merah(dua rangkap), Putih, Hitam dan Kuning.
    lampu depan nyala kalo mesin nyala, AHO nya udah ane modif pake tombol kelistrikan punya vixion lama yg non AHO. jadi lampu bisa off, lampu senja nyala, atau lampu senja dan Headlight yg nyala.
    pada akinya tertulis 12V 3Ah/10HR merk Yuasa dengan petunjuk pengecesan 3A x 30Menit.
    Tegangan yg ane cek, pada saat langsam 14,40V rpm sedang 14,45V dan pada posisi tinggi nambah lagi tapi gak sampai 15V.

    pertanyaannya :
    apa yang harus saya lakukan agar bisa make Headlight Led Projie (18W) + Angle Eye (5W)

    sebelumnya saya masang lampu led untuk lampu stop, ternyata yang nyala hanya lampu stopnya saja, tapi lampu malamnya tidak menyala. bagaimana agar bisa menyala?
    terima kasih atas ilmunya Uncle Zak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lihat datanya power alternatornya sangat super, jadi engga usah modif kelistrikan, kalau pasang headlight led projie plus angle eye sudah pasti sangat bisa.
      pasang lampu led untuk lampu stop pasti bisa, karena jalur kabel ini ambil dari aki aruas DC,

      kalau lampu malamnya ingin nyala, kabel jalur ini harus dipasang diode, biar jadi arus DC seperti aki, biar nyala bagus dan stabil setelah pasang diode pakai capacitor 10 uf s/d 220 uf bisa pakai yg penting volt diatas 25 volt biar aman

      Delete
    2. makasih atas jawabannya Uncle Zak lampu stop dan lampu malam belakang udah teratasi,
      meneruskan hasil penelitian saya ternyata :
      1. Socket lampu utamanya terdiri dari 1 kabel (+) dan 2 kabel (-)
      2. Ternyata voltage yang terukur pada lampu utamanya baik lampu jauh maupun lampu dekat hanya berkisar 6 - 7 Volt, padahal lampu standartnya saja spesifikasinya 12v 35/35W.

      pertanyaan saya :
      jadi apa yagn harus saya lakukan jika saya ingin make Headlight Projie + Angle Eye, namun kali ini saya menggunakan HID Lamp 35W untuk projienya....
      banyak terima kasih untuk jawabannya Uncle Zak

      Delete
    3. enaknya pasang Headlight Projie + Angle Eye, ambil power nya langsung ke aki.

      Delete
    4. Uncle Zak, mau nerusin bahasan buat bro M. Helmani jg,soalnya kasusnya sama kayak saya,
      untuk pasang projie, kalo ambil power langsung dari aki, jalur mana yang harus dipotong?
      apa ada pengaruhnya nanti untuk indikator2 digital yang lain?
      kalo berkenan, minta skema rangkaian nya untuk jalur nya yang langsung ke aki dari lampu utama
      vtra09@yahoo.com

      terima kasih sebelumnya.

      Delete
    5. maksudnya langsung ambil dari aki ada alat tambahan pasang relay. modelnya seperti pasang relay klakson, artikelnya ada disini : coba baca cara mudah pasang relay.

      Delete
    6. oke uncle zak, terima kasih, sementara udah ketemu solusi nya

      Delete
  9. Gan, mo mastiin aja. Kan posisi kedua dioda pada diagram hyperwave yg pertama konek lgsg di antara plus n minus aki. Yg jd pertanyaan sy, apakah aman buat aki, klo melihat dari skemanya kan arus akan trus berputar melalui dioda balik lg ke aki dst? Teeimakasih atas pencerahannya ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. circuit ini sangat cepat mengisi aki dan aman, semakin besar nilai capacitor yang dipakai semakin aman, pastikan solder antara diode, capacitor dan kabel tersolder dengan baik dan matang, karena area ini akan menerima arus listrik yang besar.

      Delete
    2. Klo misalkan kondisi motor dan kontak dlm kondisi off, apakah arusnya jg akan berhenti atau tetap ngalir ya gan...?

      Delete
    3. jika motor berhenti, arus listrik dari generator berhenti, dan dari akipun tidak akan mengalir karena ada bloking diode.

      Delete
    4. Terimakasih atas jawaban & ilmunya gan. Skrg sy udah yakin+mantap mau pasang ke motor saya

      Delete
  10. Uncle zak, setelah saya mengamati, saya jd tertarik om, (motor saya Honda karisma) tp pada sepul motor saya kalo dibuat FW apa tegangan dr alternator jd lebih (24V min-plus). scr logika bila ujung 1 ke groud ujung 2 ke kiprok (14V min-plus), terus seandainya 2 ujung tersebut mngarah ke kiprok apa gak berkurang tu om baik Arusnya (ampere), karena kan jd (24V min-plus). Apa peru merubah lilitannya?

    Kalo masalah kiprok bisa teratasi (pke kiprok tiger).

    ReplyDelete
    Replies
    1. voltage output spull pada rpm tinggi bisa sampai 100 volt, setelah masuk ke kiprok voltage diatur hanya 13,5 volt, merubah sistem pengisian aki motor dari half wave ke fullwave hanya untuk mempercepat pengisian aki saja karena ada beban berat, kalau motornya aksesorisnya masih standar, aki dijamin engga bakal tekor. menambah lilitan sangat tidak perlu tidak signifikan, power generator honda kharisma sudah sangat besar.

      Delete
  11. uncle Zak, saya bingung memasang half wave ke hyper wave di motor Kaze r tahun 95, mohon pencerahannya donk. email labib.plukaran@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sistem charging battery motor kaze dan supra nyaris sama, cuma butuh satu kapasitor dan satu buah diode, pakai saja model 4 lebih mudah pasangnya, buka casing, cari area kiprok, cari kabel putih, pasang kapasitor dan diode, selesai

      Delete
    2. yang model 4 kabel spul nya ke warna apa ? Hitam, Putih, Kuning, Biru-Kuning.....

      Delete
  12. uncle Zak untuk revo fit 110 cocok pakai model brapa?ditunggu yah uncle zak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasangnya model no 4 semakin mantap

      Delete
  13. Uncle kl modif model 1 ditambah regulator lm7812 gmn?msh tetep nambah 100% Ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. model satu bisa pasang regulator voltage 7812, tapi sebaiknya pakai 7815 biar mantap, pasangnya jangan satu buah, karena maksimum regulator ini cuma memasok 1,5 amper, pasang 4 atau 5 buah biar power maksimumnya 1,5 x 4 = 6 amper, pasangnya dipararel.

      Delete
  14. uncle, pd model 4, kok voltage cutnya smpai 15,6??? melebihi batas 14.5
    klo beban sy maTIkan (siang hari) spedometer digitAL sy kedip2..
    ampernya sih naik, tdnya maks 1,5 pd saat full rpm, berubah jd 3 amper pd saat langsam dn full rpm jd 2,5...

    lampu utama sy udh model fullwave alias sambung aki..

    apkh aki sy aman??? sekarang CDI mtr sy jd rusak karena kelebihan tegangan. beban sy matikan pada saat siang hari..

    spedometer sy jg kedip2 jika beban dimatikan.

    apkh sy perlu pasang alat tambahan seperti Ic LM7812??

    ReplyDelete
    Replies
    1. setiap kiprok antar merk motor berbeda, dan rangkaian isi dalamnya berbeda otomatis cutoutnya berbeda, untuk honda biasanya pada area 14,2 s/d 14,8 volt, merk lain ente bisa coba bisa ukur sendiri !

      cdi tidak terkait perubahan voltage aki, didalam cdi ada regulator voltage misalkan 5 volt untuk mobil, walupun aki sampai 15 volt, cdi tetap megolah listrik sebanyak 5 volt,
      kalau spidometer ane kurang paham jika berkedip,

      Delete
  15. pakdhe mo tanya nich, ,, , ane pke akssories full pda motor BEAT ,,,, ada lampu led variasi pull body dan yang bikin berat audio nya pdahal ane dah kasih kapasitor bank yg 5 farad , ,,
    yang jdi pertanyaan model nomer berapa yg harus ane pakai agar cepet ngisi aki nya,,, soal ny ngedrop trus klo ane bru pake bentar az audio nya voltase cuma 11 az pdahal dah geber mpe piston mo copot hhehheheee , , , ane tunggu solusinya ea matur nuwun , ,, ,

    ReplyDelete
  16. uncle, kalo buat motor soul gt baru pakai rangkaian yg mana? mohon pencerahannya..., ditunggu uncle

    ReplyDelete
  17. uncle klau buat supra x 125 enaknya pake yang mana, terima kasih sebelumnya dan jawabanya di tunggu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai saja model 4, outputnya bisa cutout/diregulasi.

      Delete
  18. uncle mhn mf saya msh bingung untuk supra x 125 karena hnya mempunyai jalur ground dan pengisian dan tidak ada jalur lampu.sedangkan rangkaian yg anda buat mengambil 3 jalur.mhn penjelasan untuk hsx 125 saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai model 4, pakai yang kabel putih, yang lain diabaikan

      Delete
  19. Uncle mo nanya donk...
    1. Apakah kabel warna kuning yg ada di soket kiprok ttp dipasang atau di lepas dari soket nya??
    2. Mohon penjelasan nya untuk aplikasi model yg mana yg bagus diaplikasikan untuk new vixion saya??
    3. Apakah merubah seperti yg uncle ajarkan merusak garansi kelistrikan dari new vixion saya??
    Maklum baru 2bln jalan,,masi rada ragu saya ni uncle...
    Mohon pencerahannya yaa Uncle Zak...
    Sebelum nya saya ucapkan terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. new vixion ane pernah ukur power kelistrikannya sudah mantap.
      engga perlu dimodif sudah powerfull.

      Delete
    2. Engga perlu modif,,sudah powerfull maksudnya gmna ni uncle??
      Rencana saya mo aplikasi projector + HID buat HL new vixion saya...

      Aplikasi model yg mana ya uncle yg cocok bwt new vixii saya biar bisa pake projector + HID...

      Makasi uncle wejangannya...

      Delete
    3. maksudnya produksi power listrik yang dihasilkan alternator new vixion sudah sangat mantap, mampu mengangkat power HID sebesar 3 amper,.power alternator new vixion bisa sampai 7 - 8 amper.

      Delete
    4. Brarti klo saya mo pasang HID g' perlu rombak pengapian yaa uncle??
      Apa g' ngaruh bwt HID nya??
      Takutnya Ballast nya cepat putus uncle karna power yg tidak stabil "arus alternaror"
      Mohon petunjuknya uncle zak...

      Delete
    5. mohon petunjuk nya uncle,,karna saya mo masang projector HID di HL new vixion saya...
      makasi uncle atas penjelasannya...
      sukses slalu bwt uncle zak

      Delete
  20. Uncle Zak,
    tanya,untuk FW no 1,itu pake kapasitor atau ELCO(cz kelihatanya spt ELCO)?
    kalo ELCO stau sy kan ada + & - nya...jd inputan + ELCO itu dr spul Half wave ya?atau sebaliknya?
    harap maklum,masih awam paman...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul capacitor/kondensator adalah nama lain dari elco, nama ini lebih populer di Indonesia

      Delete
    2. berarti yang dapet negatif(-) ELCO dari half wave nya yaaa????
      terimakasih atas ilmu yang sgt bermanfaat ini paman...:)

      Delete
    3. betul, setengah gelombangnya lagi masuk ke capacitor.

      Delete
  21. Uncle Zak.., mohon pencerahannya..
    1. Apakah untuk semua model rangkaian Half ke Full, kabel yang dirubah melalui Elco + 2 dioda itu warna kuning untuk semua motor..? (soalnya tunggangan ane Soul GT)
    2. Kabel merah dari kiprok SGT ada 2, apakah yang dipakai hanya yang ke accu saja..? karena yang satu lg saya tidak tahu kemana akhir kabelnya.. atau harus dua-duanya..?
    3. Aplikasi yang mantap menurut Uncle yang mana buat SGT, soalnya rencana mau pasang Projie tambahan diatas kaya headlamp Mio lama (Headlamp standart (dibawah) tetep aktiv)..
    Terimakasih sebelumnya Uncle..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai saja full wave model 4, konek ke kabel merah aki saja bisa.

      Delete
    2. Ok uncle, dimodif secepatnya..
      trims saran & masukannyanya..

      Delete
    3. Om Zak..
      Pencerhan lagi dong..
      Ane Td udh nyoba Full Wave mode 4 + pake relay buat auto on-off..
      tp kok tidak ada penambahan voltase ya..
      dan pas lg off diodanya juga overheat terus sampe solderannya meleleh & lepas..?
      Pemasangan di Elco 10.000mf 100v + diodanya juga sudah seperti gambar yg om buat..

      Delete
    4. sepertinya pasang diode terbalik, kalau lagi off engga ada beban normalnya diode engga panas.

      Delete
    5. Pencerahan lanjutan Uncle..

      Sudah di Re-Check Uncle..
      Mode 4 + Relay auto on-off : SpooL > Cabel Putih > (-)Elco (+) Elco > 1. Ke Kiprok 2. Diode (Cathode - Anode) > (-) Ground/Body..
      Masih Overheat Diodenya kalo Posisi off (tidak aktif)..
      Dan mesin terasa berat (meng'gerung) saat posisi on..

      iSeng" ane coba Mode 1 : Alhasil Normal, tidak ada panas sedikitpun pada diodanya Uncle.. Tapi belum sempet nge-chek peningkatannya nih, soalnya bingung cara nge-check nya, di SGT ane cuman ada voltmeter aja (tidak ada perubahan angka pada volt meter), maklum newbie uncle..

      Ps : Kata tetangga sebelah Electric SGT sudah Full Wave kecuali Lampu besar..

      Delete
    6. paling pas amati posisi peningkatan power pada model 1 usahakan ukurnya voltnya pakai digital, biar lebih mantap.

      Delete
  22. Dear uncle zak.bisa bikinin rangkaian cut off charging? Antisipasi biar si aki ga over charge

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara ini kalau mau ada sistem cut off model yg ente maksud, pakai saja kiprok honda legenda atau supra original, model kiprok ini sistemnya bagus didalamnya ada dua SCR, satu scr untuk ngatur lampu dan satu scr untuk cut off sistem aki. memang harganya lumayan Rp.95 ribu, kalau mau bikin sendiri ekonomis nanti ane posting modelnya. nyaris sama dengan model kiprok supra.

      Delete
  23. Om sy mau tanya..kl d old vixion tu kan 3 phase cr menaikkan nya gmn Om..? soalnya full var Om..buat touring, mulai dr HID, HPL, sma luxion 10W 2 tp sein masih pake lampu biasa Om..blm lg strobo, dan TOA..mohon Om bs d kasih tau trik2nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk old vixion lebih mnatap pasang booster coba lihat disini http://mitrabaterai.blogspot.com/2012/08/cara-mudah-membuat-booster-kiprok.html

      Delete
  24. boleh nanya om....honda matic vario saya gak nyala saat di engkol kalo di lepas akinya,, tapi matic mio sama matic suzuki kalo lepas aki kok masih bisa diengkol ya nyala juga mesinnya? apa motor saya harus di modif dulu kiproknya ?? dari halfwave ke full wave ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya model cdi yang dipakai berbeda, ada cdi dc atau ac, biasanya aki dilepas motor tidak hidup pakai cdi DC.

      Delete
  25. apakah aman untuk accu ????

    kok kabelnya panas ???? saya menggunakan model no. 4

    mohon penjelasannya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. aman dan terkendali untuk aki pakai model 4, kalau kabelnya panas biasanya soket ada yang kendor/longgar atau soldernya kurang bagus, coba di cek ulang

      Delete
  26. Salam super paman Zak,
    Minta pencerahan; Motor ane supraX lama,apa bisa pakai model 3,karna smua lampu & asesorin udah lewat aki.
    Trus ane pengen percepat pengisiannya gitu,trimakasih paman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. prinsipnya pakai model 3 bisa, saran ane lebih mudah pakai model 4

      Delete
  27. Salam super paman Zak,
    Nyambung lagi paman,yg ane terapin dimotor prinsip pakai model 3 trus pakai kapasitor juga kaya model 2,cuman dioda bridge & kapasitor terlalu panas kemudian ane pakai 2/2, semua dipararel.
    Masalah ngga paman dan apa bisa nahan dlm waktu yang lama?
    Trima kasih paman & ane seneng bisa sering masalah kelistrikan yg ngga paham dengan paman Zak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. karakteristik diode silicon bisa bekerja sampai suhu 150 derajat celcius, memang diode di desain untuk bekerja pada suhu yg panas, capacitor pun demikian di kapasitor biasanya tertulis maksimum suhu misalkan 105 C

      Delete
  28. Uncle, klw pasang model hyper aki ga akan overcharge? Atw auto cut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aplikasi pengisian aki model hyper fullwave ente bisa pakai model 4, model ini bisa pengisian aki ada cut out pada voltage 14,8 volt

      Delete
  29. sy dah coba model 4 di scorpio tp tetep lampu tidak maksimal, lampu osram H4 35 watt, knpa ya uncle? lampu kurang terang kabel sudah diganti sama yang besar sudah pake relay.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau terang lampu besar lebih maksimal, coba pakai cara :http://mitrabaterai.blogspot.com/2013/07/cara-mudah-modifikasi-lampu-motor.html model part 2

      Delete
  30. pakdhe... motorku HONDA WIN 100
    ini cocoknya pake model berapa pak dhe... Kelistrikan sudah 12 volt. Pake aki 12 volt 3,5 ampere..
    Mohon petunjuk pakdhe.. Makasih

    ReplyDelete
  31. tanya om Zak,kalau utk motor vario CW / lama bagus nya pake model yang mana ya om ??
    mksh .....

    ReplyDelete
  32. Om Zak,mau nanya.
    rencana ntar motor sy mau dikasih sepasang lampu projie.nah yg jd pertanyaan,Aki Honda Supra 100cc kuat g buat ballast yg watt nya 2 x 35= 70watt. sementara kelistrikan jg digunakan juga buat starter, 4x lampu sein(led), stoplamp, klakson dll. aki bakalan tekor g tuh? atau mungkin Om Zak ada solusi lain. jd dibuat 2 mata lampu kyk Vario itu lho.
    Makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. power generator honda supra kurang lebih 100 watt pada posisi rpm tinggi, rpm sedang powernya 70 watt, kalau pasang ballast 70 watt, posisi rpm rendah powernya cuma 25 watt, ente yg memberi kesimpulan.

      kalau mau dua lampu dipararel saja,

      Delete
    2. kalau pakai trik paman zak,,,gak bakalan tekor aki,,,pasti mantappppp broooo,,,aq pakai scorpio z new,,,lampu H4 110/90 watt,lmapu kabut 2X 100 watt,klakson kapal,,,jarak tempuh 300 KM,,,,masih oke untuk starter,,,,good bnget

      Delete
  33. uncle...jika pakai rangkaian no 1 apakah ada cut out tegangan?karena dilihat rangkaian charging2 tidak melalui kiprok...terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  34. Halo.gan...nimbrung nih...ane pake model 1...supra fit lampu ganda...knapa aki lama2msh tekor...mohon solusinya

    ReplyDelete
  35. Oiya gan..ane lewat kiprok...1 lmpu ga tekor...2lmpu tekor

    ReplyDelete
  36. uncle kasii pencerahan dong buad supra x 125 saya, supaya lampu terang terus, gak redup pas saat turun gas.
    bagusan pake model yg mana yaa ??
    Rencana mau pake lampu osram all season 2 x 18 watt ?

    ReplyDelete
  37. om saya mau tanya semua model di atas untuk konek ke kabel ke jalur ke aki kabel merah/hitam itu konek langsung ke aki atau kekabel di kupas masing2 kabel om. yg pas buat bliz r ke area kiprok ada wrna puti, biru, putih-merah, hitam-kunung aklo di stator biru, putih, hitam-kuning om. tlong penjelasaanya om

    ReplyDelete
  38. saya lanjutin ni om apakah sistem di atas bisa sy gabungkan ke sistem cara modif lampu ac ke dc om biar lampu kontak langsung on. gimana menurut om..?

    ReplyDelete
  39. mau tanya om untuk -/+ capasitor nya gimana? (kabel kuning gambar model1) ap bisa bolak balik?....trim..

    ReplyDelete
  40. om ane udh coba sistem di atas no.1 kapasito (-)konek kekabel kuning kiprok, kapasitor (+) ane kasi 2 dioda 6 amperan dioda searah ke (+)kapasitor ane konek ke aki(+) dan yg satu ane konek ke ground. masalahya ko lampu depan jadi redup om, klo di lepas normal. apa ada yg salah om, apakah sistem harus di rubah menjadi DC dulu ane pake ke nouvo z om. tolong saranya om.makasi

    ReplyDelete