Monday, July 23, 2012

Cara Mudah Modifikasi Motor Half wave to Full wave

By : Zakir Skynet

Kali ini akan membahas temuan/patent terbaru uncle zak di jagat otomotif  yaitu bagaimana  merubah motor yang masih menganut sistem pengisian ke aki half wave menjadi full wave. metode ini yang sangat  mudah pemasangannya, super ekonomis dan siapapun dapat melakukannya.

Latar Belakang Penemuan

Para pendahulu saya dalam memodifikasi motor  half wave ke full wave menggunakan metode seperti pada gambar dibawah ini, dengan cara memotong kabel stator yang menuju ground kemudian kabel ground dijadikan charging 2, hal ini tentunya sangat menyulitkan bagi para pemula.
dan tentunya membutuhkan dana  yang cukup untuk merubahnya.

Model Kabel Standar Motorcycle  half wave
Sistem Kabel Standar Motorcycle Half wave




 Modifikasi Half wave to full wave model 1 uncle zak

Cara baru merubah half wave to full wave model uncle zak tidak memotong kabel ground , metodenya hanya memanfaatkan momentum kevakuman capacitor.  Cara ini menambah arus listrik sebesar 100 %, misalkan pada RPM 500 half wave arus pengisian ke aki 1 ampere setelah dirubah menjadi 2 ampere. sedangkan komponen yang dibutuhkan hanya 3 buah.
  •  2 buah diode > 6 ampere
  •  1 buah capacitor tipe Photo Flash 10000 uf minimal 100 volt lebih besar lebih bagus
  • kabel secukupnya





modifikasi half wave to full wave arus listrik tambah 100 %


Model Perubahan ke sistem full wave  Penambahan tiga komponen  :  2 buah diode dan satu buah capacitor
Model perubahan motorcycle half wave to full wave
  
Modifikasi Half wave to "Hyper full wave" model 2 uncle zak
Cara  model ini menambah arus listrik sebesar 200 %, misalkan pada RPM 500 half wave arus pengisian ke aki 1 ampere setelah dirubah menjadi  3 ampere. sedangkan komponen yang dibutuhkan hanya 3 buah. Cara model ini sangat cocok bagi yang ingin menambah aksesoris beban besar seperti pasang lampu HID beban arus listrik yang dibutuhkan 35 watt/ 3 amper. dimana posisi rpm rendah dapat memasok energy  besar.

komponen elektronik yang dibutuhkan hanya tiga buah :
  •  2 buah diode > 6 ampere
  •  1 buah capacitor

modifikasi half wave to full wave arus listrik tambah 200 %



Model perubahan sistem ke hyper full wave arus listrik bertambah 200 %


Data data  Hasil Riset Uncle Zak :

Alat-alat ukur  kelistrikan yang digunakan :
  • ·         Ammeter analog
  • ·         Ammeter digital
  • ·         Tang ampere
  • ·         Volt meter digital
Langkah-langkah pengujian

Motor dihidupkan pada posisi langsam  karena  pada posisi inilah tingkat pengisian aki pada posisi sangat rendah
Tujuannya  agar motor masih memakai sistem pengisian half wave jika memakai  aksesoris tambahan seperti Lampu HID membutuhkan arus listrik sebesar 3 ampere, aki yang dimilikinya engga tekor.

Pengujian Alat booster full wave :
Load  langsung Ke aki kapasitas aki 5 ampere

Pengujian pertama dilakukan pada motor Honda supra Fit tahun 2007 :
  • Posisi pengisian tanpa alat  arus listrik pengisian ke aki  terbaca 0,7 Ampere
  • Alat dipasang ke Jalur CT / lampu konek ke kabel  kuning alampu besar dimatikan  arus  listrik pengisian aki terbaca  1,4 Ampere ada kenaikan arus listrik ke aki sebesar 100 %
  • Alat dipasang ke kabel  jalur pengisian aki kabel putih, arus listrik pengisian aki terbaca 2,1 ampere ada kenaikan arus listrik ke aki sebesar 200 % 
  • selanjutnya posisi gas ditambah sedikit  arus listrik pengisian aki "terbang" terbaca 5,5 amper ada kenaikan arus listrik super mantap 

Gas Pada posisi langsam

Posisi gas kecepatan sedang



Pengujian Ke dua dilakukan pada trafo  CT 1 ampere  

Pemilihan  trafo kecil maksudnya adalah simulasi motor  half wave pada posisi langsam dimana output  biasanya berkisar  0,3 s/d 0,7 ampere

Load Dilakukan pada Lampu Rem motor 12 Volt  2 kaki 25/5 watt

Hasilnya  : mempunyai pola pengisian yang sama

Mengapa ada kenaikan arus listrik yang sangat signifikan :

Jawabnya :
·          
  • Hukum Ohm  = jika volt semakin tingggi maka arus akan bertambah , hasil riset yang ane catat mempunyai pola seperti ini :  tanpa alat 12 volt pakai alat 24 volt dan 36 volt.
  • Capacitor terus menampung  seluruh energy yang dihasilan dari induksi stator dan rotor permanent magnet tanpa ada energy yang terbuang langsung memompa ke aki.
  • Capacitor juga berfungsi sebagai alat pengubah gelombang-gelombang elektromagnetik yang  berputar diseputar stator dan magnet permanent  menjadi energy real/nyata.
Buat Yang belum paham bagaimana ada peningkatan energy super dasyat dalam bahasa gambar mungkin akan lebih mengerti dan yang masih bertanya dari mana datangnya sumber energy baru sebesar 200 % berikut liputannya :

Teori Baru Uncle Zak Menambah Koleksi Energy di seputar medan magnet 
Posisi Generator Tanpa Capacitor

Pakai Capacitor Dapat Koleksi Lebih banyak Energy


Tanpa Capacitor ammeter terbaca 0,7 amp


Pakai Capacitor Dapat Koleksi Energy tambahan sebesar 200 %


Sebagai ilustrasi cara kerja bisa digambarkan seperti dibawah ini :



Untuk aplikasi pemasangan bisa baca pada artikel : Cara Mudah Membuat Booster Kiprok Pengisian aki

Modifikasi Half wave to full wave model 3 Sistem Isolasi

model circuit  contoh dibawah ini merubah motor sistem half wave ke  full wave tanpa harus memotong kabel stator yang konek ke body. charging 2  didapat langsung dikonek ke body

Hal penting yang harus diperhatikan model full wave sistem isolasi seperti ini kabel negatip diode bridge jangan bersentuhan dengan body motor karena berakibat konsleting

Alat yang dibutuhkan Sistem Isolasi Full wave


  • wajib beli aki baru
  • Switch
  • Regulator Half wave
  • diode bridge
  • kabel secukupnya


Sistem Full wave Isolasi Dapat Tambahan Power 100 %
Switch Mantap
Regulator Half wave
Diode Bridge

Aplikasi Hyper Full Wave  Pakai Regulator Kiprok  : Model 4

Buat yang bertanya-tanya setelah energy dikoleksi oleh capacitor, kemudian diregulasi oleh kiprok pengisian normal hasil masih sangat signifikan berikut ini hasilnya :

Pengujian pakai motor honda supra fit :
  • Kondisi motor  langsam pengisian normal tanpa capacitor arus listrik terbaca 1 amp, pakai capacitor 2,5 amp ada kenaikan 150 %
  • Motor digeber sampai tetangga rumah bangun,  pengisian tanpa capacitor arus listrik terbaca 2,5 amp, pakai capacitor 4 amp ada kenaikan 60 %
  • cut out sangat normal 14,8 volt sangat aman.
  • kesimpulan sangat cocok untuk yang pakai lampu HID yang hanya sebesar 35 watt

 Circuit Hyper Full Wave Pakai kiprok / Regulator


Model Hyper full wave Pakai regulator ada Kenaikan 150 % posisi Langsam



Semoga bermanfaat bagi masyarakat otomotif  Indonesia dan warga dunia


122 comments:

Hendra said...

uncle Zak, saya bingung memasang half wave ke hyper wave dengan motor supra X 125, mohon pencerahannya donk. email ke h317_dr4@yahoo.com

Alex said...

uncle zak, mohon ilmunya dong... setelah melihat skema yang hyper fullwave model 2, aku punya dua pertanyaan:

1. Apakah tidak apa2 untuk kapasitornya langsung konek ke arus ac?
2. Pada skema yang model 2 diatas, arus ac dari spull langsung masuk ke kapasitor dan dioda, tanpa melalui kiprok/regulator apakah aman untuk aki dan lampu2 motor?

terumakasih banyak ya om uncle....Tuhan yang membalas....hehehe....

Uncle Zak said...

rangkaian ini sangat aman, terkendali dan mantap, ini khusus trik yang pasang aksesoris beban berat, kalau engga pasang beban berat jangan pakai trik ini.arus sangat besar hyper full wave.

Alex said...

makasih banyak ilmunya om...
aku sekarang pake yang model 1 yg memanfaatkan kabel lampu sebagai charge ke 2, sedangkan lampu konek langsung ke aki. tapi pada saat lampu depan dan belakang nyala dan juga lampu rem menyala, kok lampu sein ga kuat ya om?, maksudnya ga bisa berkedip. apakah kapasitas aki juga pengaruh?, soalnya aku cuma pake aki MF 3A. dan ketika motor digeber sampe terjadi tanah longsor, ternyata pengisian aki malah turun. apa yg terjadi om?
mohon pencerahannya lagi ya om...
terimakasih buanyaak....

Uncle Zak said...

motornya pasti ok, melebihi kecepatan suara !, kemungkinan besar masalahnya pada aki, unsur air didalam aki sudah habis, jadi kurang bagus, coba aki diservis coba baca http://mitrabaterai.blogspot.com/2012/06/cara-servis-aki-kering.html

ahmad reza said...

menurut ane sebenarnya sama aja dengan HW pada umumnya, kenaikan arus dikarenakan ada rangkaian booster dan karena pembacaannya menggunakan amperemeter AC, bukan DC, karena amperemeter AC membaca arus tertinggi, sedangkan amperemeter DC membaca arus rata2 (RMS / Rate Mean Square).

rangkaian booster berfungsi untuk menaikkan tegangan. tetapi sebenarnya menurunkan arus sesuai dengan hukum kekekalan energi
dimana P=VxI. jadi dengan daya yang tetap, jika tegangan dinaikkan maka arus akan turun.

untuk membuktikan hal ini uncle zak bisa membandingkan power meter atau dengan Voltmeter DC dan amperemeter DC pada AKI antara HW versi non uncle zak dan versi uncle zak, saya yakin kemungkinan besar hasilnya akan sama :)

CMIIW.

Alex said...

Maaf uncle, ternyata aku yg salah pasang dioda nya... ada yg terbalik. setelah aku betulkan ternyata mantap bos!!!!, aku pasang lampu HID besar dan lampu kabut mobil, aki ga tekor!!!!, dibuat starter elektrik juga kuat....

Uncle Zak said...

pengukuran arus listrik hanya pakai satu tang amper, metodenya dibandingkan contoh real pengisian ke aki motor supra fit motor dihidupkan langsam tanpa kapasitor terbaca di tang amper 0,7 amper, dipasang kapasitor 2,1 amper, sekarang hitung persentasenya.
sebagai informasi ; ukur arus listrik pakai alat dc justru lebih besar terbaca meternya, ane pakai merk helles, seperti contoh diatas.

kalau soal hukum kekekalan energy, tergantung dari sudut mana ente melihatnya, contoh kapal layar, mendengar radio cristal tanpa listrik, tesla coil, generator bedini dll.

tapi yang paling mantap ente harus mencoba dan merasakan sensasi hyper fullwave
selamat mencoba.

Uncle Zak said...

you got the power

Alex said...

maaf uncle, tapi kalo lampu besar dimatikan dan mesin nyala, kok speedometer dan lampu netral berkedip2 ya?, apakah itu tanda bahwa aki overload?

Uncle Zak said...

kalau ente punya voltmeter enaknya diukur dulu seberapa besar voltage akinya.

Kendhie said...

uncle Zak, ane bingung cara bikin half wave ke fullwave di motor supra X 125, mohon bisa dikirimkan detail caranya email ke kendhie@gmail.com
Terima kasih

Riffat iffat said...

om,ane coba pake yg model hypwave..emang gilaaa arusnya ky arus tsunami di aceh kmrn (saking besarnya ) hehehehe..
om,yg model 1 tu output dr dioda arah katoda dihubungkan lsg ke positif aki ato dihubung ke kiprok dl?soalnya ane agak bingung sdkt klo baca gambar hehe..maklum om org bodoh

Daris Al-Mubarok said...

uncle zak, mau tanya nih..
klo mau pasang booster yang tipe 1 nanti tegangan masuk aki tetep stabil atau tidak ya?

pengen nyoba tapi takut kalo tegangannya berlebih malah ngerusak speedometer digital ane....

Thanks

Uncle Zak said...

model ini hanya cocok untuk ambil lampu besarnya dari aki, arusnya sangat besar.

iwan setiawan said...

uncle zack,cara modif full wave di mtr vario lama gmana?mhn pncerahan nya..

Muhammad Helmani said...

Mo nanya Uncle Zak,Ane punya motor New Vixion Lightning, mau saya pasangin Headlight Led Projie + Angle Eye
yang ane tau Kiproknya HalfWafe dengan kabel warna Merah(dua rangkap), Putih, Hitam dan Kuning.
lampu depan nyala kalo mesin nyala, AHO nya udah ane modif pake tombol kelistrikan punya vixion lama yg non AHO. jadi lampu bisa off, lampu senja nyala, atau lampu senja dan Headlight yg nyala.
pada akinya tertulis 12V 3Ah/10HR merk Yuasa dengan petunjuk pengecesan 3A x 30Menit.
Tegangan yg ane cek, pada saat langsam 14,40V rpm sedang 14,45V dan pada posisi tinggi nambah lagi tapi gak sampai 15V.

pertanyaannya :
apa yang harus saya lakukan agar bisa make Headlight Led Projie (18W) + Angle Eye (5W)

sebelumnya saya masang lampu led untuk lampu stop, ternyata yang nyala hanya lampu stopnya saja, tapi lampu malamnya tidak menyala. bagaimana agar bisa menyala?
terima kasih atas ilmunya Uncle Zak

Uncle Zak said...

kalau lihat datanya power alternatornya sangat super, jadi engga usah modif kelistrikan, kalau pasang headlight led projie plus angle eye sudah pasti sangat bisa.
pasang lampu led untuk lampu stop pasti bisa, karena jalur kabel ini ambil dari aki aruas DC,

kalau lampu malamnya ingin nyala, kabel jalur ini harus dipasang diode, biar jadi arus DC seperti aki, biar nyala bagus dan stabil setelah pasang diode pakai capacitor 10 uf s/d 220 uf bisa pakai yg penting volt diatas 25 volt biar aman

andrew said...

Gan, mo mastiin aja. Kan posisi kedua dioda pada diagram hyperwave yg pertama konek lgsg di antara plus n minus aki. Yg jd pertanyaan sy, apakah aman buat aki, klo melihat dari skemanya kan arus akan trus berputar melalui dioda balik lg ke aki dst? Teeimakasih atas pencerahannya ya gan

Uncle Zak said...

circuit ini sangat cepat mengisi aki dan aman, semakin besar nilai capacitor yang dipakai semakin aman, pastikan solder antara diode, capacitor dan kabel tersolder dengan baik dan matang, karena area ini akan menerima arus listrik yang besar.

Muhammad Helmani said...

makasih atas jawabannya Uncle Zak lampu stop dan lampu malam belakang udah teratasi,
meneruskan hasil penelitian saya ternyata :
1. Socket lampu utamanya terdiri dari 1 kabel (+) dan 2 kabel (-)
2. Ternyata voltage yang terukur pada lampu utamanya baik lampu jauh maupun lampu dekat hanya berkisar 6 - 7 Volt, padahal lampu standartnya saja spesifikasinya 12v 35/35W.

pertanyaan saya :
jadi apa yagn harus saya lakukan jika saya ingin make Headlight Projie + Angle Eye, namun kali ini saya menggunakan HID Lamp 35W untuk projienya....
banyak terima kasih untuk jawabannya Uncle Zak

Uncle Zak said...

enaknya pasang Headlight Projie + Angle Eye, ambil power nya langsung ke aki.

andrew said...

Klo misalkan kondisi motor dan kontak dlm kondisi off, apakah arusnya jg akan berhenti atau tetap ngalir ya gan...?

Uncle Zak said...

jika motor berhenti, arus listrik dari generator berhenti, dan dari akipun tidak akan mengalir karena ada bloking diode.

Akhmad Briamawan Wakhid said...

Uncle zak, setelah saya mengamati, saya jd tertarik om, (motor saya Honda karisma) tp pada sepul motor saya kalo dibuat FW apa tegangan dr alternator jd lebih (24V min-plus). scr logika bila ujung 1 ke groud ujung 2 ke kiprok (14V min-plus), terus seandainya 2 ujung tersebut mngarah ke kiprok apa gak berkurang tu om baik Arusnya (ampere), karena kan jd (24V min-plus). Apa peru merubah lilitannya?

Kalo masalah kiprok bisa teratasi (pke kiprok tiger).

Uncle Zak said...

voltage output spull pada rpm tinggi bisa sampai 100 volt, setelah masuk ke kiprok voltage diatur hanya 13,5 volt, merubah sistem pengisian aki motor dari half wave ke fullwave hanya untuk mempercepat pengisian aki saja karena ada beban berat, kalau motornya aksesorisnya masih standar, aki dijamin engga bakal tekor. menambah lilitan sangat tidak perlu tidak signifikan, power generator honda kharisma sudah sangat besar.

andrew said...

Terimakasih atas jawaban & ilmunya gan. Skrg sy udah yakin+mantap mau pasang ke motor saya

Labib Ashrori said...

uncle Zak, saya bingung memasang half wave ke hyper wave di motor Kaze r tahun 95, mohon pencerahannya donk. email labib.plukaran@gmail.com

Uncle Zak said...

sistem charging battery motor kaze dan supra nyaris sama, cuma butuh satu kapasitor dan satu buah diode, pakai saja model 4 lebih mudah pasangnya, buka casing, cari area kiprok, cari kabel putih, pasang kapasitor dan diode, selesai

M.Widy.Nurahman said...

uncle Zak untuk revo fit 110 cocok pakai model brapa?ditunggu yah uncle zak.

ale lesmana said...

Uncle kl modif model 1 ditambah regulator lm7812 gmn?msh tetep nambah 100% Ga?

Uncle Zak said...

model satu bisa pasang regulator voltage 7812, tapi sebaiknya pakai 7815 biar mantap, pasangnya jangan satu buah, karena maksimum regulator ini cuma memasok 1,5 amper, pasang 4 atau 5 buah biar power maksimumnya 1,5 x 4 = 6 amper, pasangnya dipararel.

Uncle Zak said...

pasangnya model no 4 semakin mantap

triyan daulima said...

uncle, pd model 4, kok voltage cutnya smpai 15,6??? melebihi batas 14.5
klo beban sy maTIkan (siang hari) spedometer digitAL sy kedip2..
ampernya sih naik, tdnya maks 1,5 pd saat full rpm, berubah jd 3 amper pd saat langsam dn full rpm jd 2,5...

lampu utama sy udh model fullwave alias sambung aki..

apkh aki sy aman??? sekarang CDI mtr sy jd rusak karena kelebihan tegangan. beban sy matikan pada saat siang hari..

spedometer sy jg kedip2 jika beban dimatikan.

apkh sy perlu pasang alat tambahan seperti Ic LM7812??

bogel pengen urep said...

pakdhe mo tanya nich, ,, , ane pke akssories full pda motor BEAT ,,,, ada lampu led variasi pull body dan yang bikin berat audio nya pdahal ane dah kasih kapasitor bank yg 5 farad , ,,
yang jdi pertanyaan model nomer berapa yg harus ane pakai agar cepet ngisi aki nya,,, soal ny ngedrop trus klo ane bru pake bentar az audio nya voltase cuma 11 az pdahal dah geber mpe piston mo copot hhehheheee , , , ane tunggu solusinya ea matur nuwun , ,, ,

Labib Ashrori said...

yang model 4 kabel spul nya ke warna apa ? Hitam, Putih, Kuning, Biru-Kuning.....

Uncle Zak said...

setiap kiprok antar merk motor berbeda, dan rangkaian isi dalamnya berbeda otomatis cutoutnya berbeda, untuk honda biasanya pada area 14,2 s/d 14,8 volt, merk lain ente bisa coba bisa ukur sendiri !

cdi tidak terkait perubahan voltage aki, didalam cdi ada regulator voltage misalkan 5 volt untuk mobil, walupun aki sampai 15 volt, cdi tetap megolah listrik sebanyak 5 volt,
kalau spidometer ane kurang paham jika berkedip,

Uncle Zak said...

pakai saja model 4 pasti ok !

Uncle Zak said...

pakai wakabel warna putih

Diwan Dharmawan said...

uncle, kalo buat motor soul gt baru pakai rangkaian yg mana? mohon pencerahannya..., ditunggu uncle

boysht said...

uncle klau buat supra x 125 enaknya pake yang mana, terima kasih sebelumnya dan jawabanya di tunggu?

Uncle Zak said...

pakai saja model 4, outputnya bisa cutout/diregulasi.

boysht said...

uncle mhn mf saya msh bingung untuk supra x 125 karena hnya mempunyai jalur ground dan pengisian dan tidak ada jalur lampu.sedangkan rangkaian yg anda buat mengambil 3 jalur.mhn penjelasan untuk hsx 125 saya

Uncle Zak said...

pakai model 4, pakai yang kabel putih, yang lain diabaikan

Agung AV-E said...

Uncle mo nanya donk...
1. Apakah kabel warna kuning yg ada di soket kiprok ttp dipasang atau di lepas dari soket nya??
2. Mohon penjelasan nya untuk aplikasi model yg mana yg bagus diaplikasikan untuk new vixion saya??
3. Apakah merubah seperti yg uncle ajarkan merusak garansi kelistrikan dari new vixion saya??
Maklum baru 2bln jalan,,masi rada ragu saya ni uncle...
Mohon pencerahannya yaa Uncle Zak...
Sebelum nya saya ucapkan terimakasih...

Uncle Zak said...

new vixion ane pernah ukur power kelistrikannya sudah mantap.
engga perlu dimodif sudah powerfull.

Agung AV-E said...

Engga perlu modif,,sudah powerfull maksudnya gmna ni uncle??
Rencana saya mo aplikasi projector + HID buat HL new vixion saya...

Aplikasi model yg mana ya uncle yg cocok bwt new vixii saya biar bisa pake projector + HID...

Makasi uncle wejangannya...

Nano Meidy Setiawan said...

Uncle Zak,
tanya,untuk FW no 1,itu pake kapasitor atau ELCO(cz kelihatanya spt ELCO)?
kalo ELCO stau sy kan ada + & - nya...jd inputan + ELCO itu dr spul Half wave ya?atau sebaliknya?
harap maklum,masih awam paman...

Uncle Zak said...

maksudnya produksi power listrik yang dihasilkan alternator new vixion sudah sangat mantap, mampu mengangkat power HID sebesar 3 amper,.power alternator new vixion bisa sampai 7 - 8 amper.

Uncle Zak said...

betul capacitor/kondensator adalah nama lain dari elco, nama ini lebih populer di Indonesia

Nano Meidy Setiawan said...

berarti yang dapet negatif(-) ELCO dari half wave nya yaaa????
terimakasih atas ilmu yang sgt bermanfaat ini paman...:)

Uncle Zak said...

betul, setengah gelombangnya lagi masuk ke capacitor.

Agung AV-E said...

Brarti klo saya mo pasang HID g' perlu rombak pengapian yaa uncle??
Apa g' ngaruh bwt HID nya??
Takutnya Ballast nya cepat putus uncle karna power yg tidak stabil "arus alternaror"
Mohon petunjuknya uncle zak...

vitz said...

Uncle Zak, mau nerusin bahasan buat bro M. Helmani jg,soalnya kasusnya sama kayak saya,
untuk pasang projie, kalo ambil power langsung dari aki, jalur mana yang harus dipotong?
apa ada pengaruhnya nanti untuk indikator2 digital yang lain?
kalo berkenan, minta skema rangkaian nya untuk jalur nya yang langsung ke aki dari lampu utama
vtra09@yahoo.com

terima kasih sebelumnya.

Uncle Zak said...

maksudnya langsung ambil dari aki ada alat tambahan pasang relay. modelnya seperti pasang relay klakson, artikelnya ada disini : coba baca cara mudah pasang relay.

vitz said...

oke uncle zak, terima kasih, sementara udah ketemu solusi nya

Nano Meidy Setiawan said...

trmksh banyak Uncle

Ariarta Sugiyarto said...

Uncle Zak.., mohon pencerahannya..
1. Apakah untuk semua model rangkaian Half ke Full, kabel yang dirubah melalui Elco + 2 dioda itu warna kuning untuk semua motor..? (soalnya tunggangan ane Soul GT)
2. Kabel merah dari kiprok SGT ada 2, apakah yang dipakai hanya yang ke accu saja..? karena yang satu lg saya tidak tahu kemana akhir kabelnya.. atau harus dua-duanya..?
3. Aplikasi yang mantap menurut Uncle yang mana buat SGT, soalnya rencana mau pasang Projie tambahan diatas kaya headlamp Mio lama (Headlamp standart (dibawah) tetep aktiv)..
Terimakasih sebelumnya Uncle..

Uncle Zak said...

pakai saja full wave model 4, konek ke kabel merah aki saja bisa.

Ariarta Sugiyarto said...

Ok uncle, dimodif secepatnya..
trims saran & masukannyanya..

yoyok hariyono said...

Dear uncle zak.bisa bikinin rangkaian cut off charging? Antisipasi biar si aki ga over charge

Ariarta Sugiyarto said...

Om Zak..
Pencerhan lagi dong..
Ane Td udh nyoba Full Wave mode 4 + pake relay buat auto on-off..
tp kok tidak ada penambahan voltase ya..
dan pas lg off diodanya juga overheat terus sampe solderannya meleleh & lepas..?
Pemasangan di Elco 10.000mf 100v + diodanya juga sudah seperti gambar yg om buat..

Uncle Zak said...

sepertinya pasang diode terbalik, kalau lagi off engga ada beban normalnya diode engga panas.

Uncle Zak said...

sementara ini kalau mau ada sistem cut off model yg ente maksud, pakai saja kiprok honda legenda atau supra original, model kiprok ini sistemnya bagus didalamnya ada dua SCR, satu scr untuk ngatur lampu dan satu scr untuk cut off sistem aki. memang harganya lumayan Rp.95 ribu, kalau mau bikin sendiri ekonomis nanti ane posting modelnya. nyaris sama dengan model kiprok supra.

Ariarta Sugiyarto said...

Pencerahan lanjutan Uncle..

Sudah di Re-Check Uncle..
Mode 4 + Relay auto on-off : SpooL > Cabel Putih > (-)Elco (+) Elco > 1. Ke Kiprok 2. Diode (Cathode - Anode) > (-) Ground/Body..
Masih Overheat Diodenya kalo Posisi off (tidak aktif)..
Dan mesin terasa berat (meng'gerung) saat posisi on..

iSeng" ane coba Mode 1 : Alhasil Normal, tidak ada panas sedikitpun pada diodanya Uncle.. Tapi belum sempet nge-chek peningkatannya nih, soalnya bingung cara nge-check nya, di SGT ane cuman ada voltmeter aja (tidak ada perubahan angka pada volt meter), maklum newbie uncle..

Ps : Kata tetangga sebelah Electric SGT sudah Full Wave kecuali Lampu besar..

Sam hendra said...

Om sy mau tanya..kl d old vixion tu kan 3 phase cr menaikkan nya gmn Om..? soalnya full var Om..buat touring, mulai dr HID, HPL, sma luxion 10W 2 tp sein masih pake lampu biasa Om..blm lg strobo, dan TOA..mohon Om bs d kasih tau trik2nya...

Uncle Zak said...

paling pas amati posisi peningkatan power pada model 1 usahakan ukurnya voltnya pakai digital, biar lebih mantap.

Uncle Zak said...

untuk old vixion lebih mnatap pasang booster coba lihat disini http://mitrabaterai.blogspot.com/2012/08/cara-mudah-membuat-booster-kiprok.html

Robi Marthan said...

boleh nanya om....honda matic vario saya gak nyala saat di engkol kalo di lepas akinya,, tapi matic mio sama matic suzuki kalo lepas aki kok masih bisa diengkol ya nyala juga mesinnya? apa motor saya harus di modif dulu kiproknya ?? dari halfwave ke full wave ??

Labib Ashrori said...

apakah aman untuk accu ????

kok kabelnya panas ???? saya menggunakan model no. 4

mohon penjelasannya,,,

Uncle Zak said...

biasanya model cdi yang dipakai berbeda, ada cdi dc atau ac, biasanya aki dilepas motor tidak hidup pakai cdi DC.

Uncle Zak said...

aman dan terkendali untuk aki pakai model 4, kalau kabelnya panas biasanya soket ada yang kendor/longgar atau soldernya kurang bagus, coba di cek ulang

Lana Teguh said...

klo metik bisa ngak di ubah.

Ariarta Sugiyarto said...

Nice..

Akhmad Syarif Awali said...

Salam super paman Zak,
Minta pencerahan; Motor ane supraX lama,apa bisa pakai model 3,karna smua lampu & asesorin udah lewat aki.
Trus ane pengen percepat pengisiannya gitu,trimakasih paman.

Uncle Zak said...

prinsipnya pakai model 3 bisa, saran ane lebih mudah pakai model 4

Akhmad Syarif Awali said...

Salam super paman Zak,
Nyambung lagi paman,yg ane terapin dimotor prinsip pakai model 3 trus pakai kapasitor juga kaya model 2,cuman dioda bridge & kapasitor terlalu panas kemudian ane pakai 2/2, semua dipararel.
Masalah ngga paman dan apa bisa nahan dlm waktu yang lama?
Trima kasih paman & ane seneng bisa sering masalah kelistrikan yg ngga paham dengan paman Zak.

Uncle Zak said...

karakteristik diode silicon bisa bekerja sampai suhu 150 derajat celcius, memang diode di desain untuk bekerja pada suhu yg panas, capacitor pun demikian di kapasitor biasanya tertulis maksimum suhu misalkan 105 C

ivan naldo said...

Uncle, klw pasang model hyper aki ga akan overcharge? Atw auto cut?

Uncle Zak said...

aplikasi pengisian aki model hyper fullwave ente bisa pakai model 4, model ini bisa pengisian aki ada cut out pada voltage 14,8 volt

Unknown said...

sy dah coba model 4 di scorpio tp tetep lampu tidak maksimal, lampu osram H4 35 watt, knpa ya uncle? lampu kurang terang kabel sudah diganti sama yang besar sudah pake relay.

al aziz said...

pakdhe... motorku HONDA WIN 100
ini cocoknya pake model berapa pak dhe... Kelistrikan sudah 12 volt. Pake aki 12 volt 3,5 ampere..
Mohon petunjuk pakdhe.. Makasih

Uncle Zak said...

pakai model 4 semakin mantap

Uncle Zak said...

kalau mau terang lampu besar lebih maksimal, coba pakai cara :http://mitrabaterai.blogspot.com/2013/07/cara-mudah-modifikasi-lampu-motor.html model part 2

Rizky Fauzan said...

tanya om Zak,kalau utk motor vario CW / lama bagus nya pake model yang mana ya om ??
mksh .....

Uciel said...

Om Zak,mau nanya.
rencana ntar motor sy mau dikasih sepasang lampu projie.nah yg jd pertanyaan,Aki Honda Supra 100cc kuat g buat ballast yg watt nya 2 x 35= 70watt. sementara kelistrikan jg digunakan juga buat starter, 4x lampu sein(led), stoplamp, klakson dll. aki bakalan tekor g tuh? atau mungkin Om Zak ada solusi lain. jd dibuat 2 mata lampu kyk Vario itu lho.
Makasih...

Uncle Zak said...

power generator honda supra kurang lebih 100 watt pada posisi rpm tinggi, rpm sedang powernya 70 watt, kalau pasang ballast 70 watt, posisi rpm rendah powernya cuma 25 watt, ente yg memberi kesimpulan.

kalau mau dua lampu dipararel saja,

jum4di said...

kalau pakai trik paman zak,,,gak bakalan tekor aki,,,pasti mantappppp broooo,,,aq pakai scorpio z new,,,lampu H4 110/90 watt,lmapu kabut 2X 100 watt,klakson kapal,,,jarak tempuh 300 KM,,,,masih oke untuk starter,,,,good bnget

Nano Meidy Setiawan said...

uncle...jika pakai rangkaian no 1 apakah ada cut out tegangan?karena dilihat rangkaian charging2 tidak melalui kiprok...terimakasih sebelumnya.

Agung AV-E said...

mohon petunjuk nya uncle,,karna saya mo masang projector HID di HL new vixion saya...
makasi uncle atas penjelasannya...
sukses slalu bwt uncle zak

simaz moe said...

Halo.gan...nimbrung nih...ane pake model 1...supra fit lampu ganda...knapa aki lama2msh tekor...mohon solusinya

simaz moe said...

Oiya gan..ane lewat kiprok...1 lmpu ga tekor...2lmpu tekor

wendy soetrisno said...

uncle kasii pencerahan dong buad supra x 125 saya, supaya lampu terang terus, gak redup pas saat turun gas.
bagusan pake model yg mana yaa ??
Rencana mau pake lampu osram all season 2 x 18 watt ?

martono ono said...

om saya mau tanya semua model di atas untuk konek ke kabel ke jalur ke aki kabel merah/hitam itu konek langsung ke aki atau kekabel di kupas masing2 kabel om. yg pas buat bliz r ke area kiprok ada wrna puti, biru, putih-merah, hitam-kunung aklo di stator biru, putih, hitam-kuning om. tlong penjelasaanya om

martono ono said...

saya lanjutin ni om apakah sistem di atas bisa sy gabungkan ke sistem cara modif lampu ac ke dc om biar lampu kontak langsung on. gimana menurut om..?

Arif Mustofa said...

mau tanya om untuk -/+ capasitor nya gimana? (kabel kuning gambar model1) ap bisa bolak balik?....trim..

martono ono said...

om ane udh coba sistem di atas no.1 kapasito (-)konek kekabel kuning kiprok, kapasitor (+) ane kasi 2 dioda 6 amperan dioda searah ke (+)kapasitor ane konek ke aki(+) dan yg satu ane konek ke ground. masalahya ko lampu depan jadi redup om, klo di lepas normal. apa ada yg salah om, apakah sistem harus di rubah menjadi DC dulu ane pake ke nouvo z om. tolong saranya om.makasi

Djojoe Mentico said...

Om Zaak kereen.....Like

mas joko said...

om zak saya punya supra x tercinta au tak pasang model 4
1. sebelum ke lampu tetep dipasang relay kah ?
2. regulator hrs diganti fullwafe kah?
3. bisa dijelaskan model 4 dgn kata2 gak ? soalx gk bs baca gambar.
makasih om zak

mas joko said...

om zak ... saya py supra x 2003 tercinta, mau pasang HID pakai model 4
1. sblm ke lampu pakai relay kah ?
2. regulator ganti yg fullwafe kah ?
3. gmbar model 4 itu tertulis shogun, samakah dgn supra x ?
mohon pencerahanx
trimakasih om zak....

Q Demang said...

Salam kenal Uncle Zak...
Mohon penjelasannya Uncle... Motor saya HSX 125 Helm In PGMFI...
bisa ga untuk motor saya dibuat yg model 4...
model 4 cuma nambah 2 alat aja kan ya, kapasitor ama dioda doang...
kapasitornya yg brapa farad dan brapa volt,,, diodanya yg berapa ampere Uncle....
kapasitor ama dioda dipasang dikabel warna apa Uncle....
itu pemasangannya, negatif kapasitor dihubungkan ke spull, positif kapasitor dihubungkan ke kiprok, untuk diodanya, katoda dihubungkan ke positif kapasitor, anodanya dihubungkan ke ground.... bener begitu ga Uncle...
motor saya dah dikasih trik 2/1 (cara-mudah-modifikasi-kiprok-regulator), bisa ga digabung ama yg model 4 ini Uncle...
Mohon pencerahannya Uncle.... trimakasih Uncle....

bejo bae said...

ap kita juga wajib mengganti kiproknya juga mas?ap mas punya rangkaian untuk kiproknya?

jo3 said...

Uncle apakah untuk kapasitornya bisa pakai elco biasa karena saya cari yang type photoflash susah, kalau ada info seller nya lebih baik

terima kasih

Rama said...

Pengalaman ane motor skr sudang menganut sistim injeksi dan digital, jg semua kelistrikan di kontrol oleh ECU, nah ecu ini sangat sensitif dan punya reting yg sgt smpit skl, tegangan aki drop 1 volt aja mesin gak bisa nyala spalagi kalau atus dan tegangan melampaui batas yg di tentukan, gak bisa di banyangkan apa yg akan terjadi.

Alfedo said...

nice share uncle...
uda gatel mau praktekin.
mohon bimbingannya uncle..
Mio Sporty. spek pasang HID dan CDI BRT.
sekarang sih sudah pake kiprok tiger.
tapi knp kalo uda lama jalan. rasanya mesin mau mati kaya telat bensin. tapi ternyata saya cek sana sini. Voltase aki menurun. sepertinya aki kurang sanggup mensuplay CDI dan HID.

zahid shomad said...

untung yang model 4 apbsaja yg dibutuhkan dan bagaimana penerapannya uncle? terima kasih uncle

Dwan Pazma said...

Paman jek,kalau untuk rx.king bisa ga di ubah ke fullwave atau hyper fullwave.?

Dwan Pazma said...

Paman jek,kalau untuk rx.king bisa ga di ubah ke fullwave atau hyper fullwave.?

Gnu Linux said...

Halloo Bang Zak,

Mohon pencerahannya, dari artikel2 yg abang posting dan keterangan gambar, tdk terdapat kabel HITAM dari Stator/Spul, sedangkan stator/spul standar misalnya Yamaha MIO dgn system AC terdapat kabel HITAM, KUNING dan PUTIH.

Apa benar kabel HITAM (Kabel ini tdk tertanam di body Stator) tsb tdk dipakai, dan hanya mengunakan kabel ground yg terdapat di Kiprok?

Mohon pencerahannya atau rekan2 Modificator bisa menjelaskan... Thanks

sirine polisi said...

salam kenal dari kami, info yang sangat bermanfaat ,mau tau lebih banyak silahkan kunjungi
TOA Jogja,
TOA Jogja
Sirine, dan
Batu Permata

Belum Bobok said...

Emang ga masalah pak aki 12V dicharge pake 24VDC (gambar modif no.1)

Uncle Zak said...

tidak masalah ngecas aki pakai tegangan 24 volt, jika aki kosong, tegangan langsung turun ikut tegangan aki 12 volt, jika sudah penuh naik ke tegangan paling tinggi aki 17 volt, jika ada beban lampu 35 sampai 55 watt tegangan aki pada arera 12 volt sampai 13,5 volt.

Agung Prabowo said...

om klo tuk ngilangin limit cdi karisma tp tetep pke cdi karisma bsa ga? thanks om

Uncle Zak said...

bisa, cuma cdi nya mesti dibongkar di modif jalur pickup/pulser

Iqbal Bukhori said...

Uncle kalo buat mio j yg pas metode yang mana ?

hells await said...

uncle zak , semua model di atas bisa digunakan untuk motor yang pengapian e dc halfwave gak uncle ?

Arief Nugroho said...

Uncle Zak, ane mau nanya.
Ane pake sistem ke 2, udah pake kapasitor 2x10000uF 100V, tapi pas ane nyalain lampu depan ane kok aki tetep tekor ya?
Motor ane Kaze Zone VR 2008, lampu depan 2x25 watt, lampu kota 10 watt, sein 10 watt, lampu belakang udah LED gak sampai 3 watt.
Mohon pencerahan?

Vicky Synyster Gates said...

Uncle Zack motor sy vario 110 mnganut AC , aki dah upgrade 5A , sy cb pke hid projie 35w gk kuat klakson gk bnyi smua ampir tekor , nah jika sy cb hyper wave metode uncle Zack apa ada gmbar spesifiknya apa capasitor n fiode lngsung sambung kbel kuning lmpu dr spool apa kbel putih charging spool , mohon lbh spesipik krn byk aksesori di vario sy , klakson , lmpu dll.. Mohon pencerahanya tntang gambar pemasangan hyper wave..

blue aes said...

uncle saya numpang nanya dong yang metode ke 4

kalo yang ane tangkep dari gambaran uncle, berarti itu kapasitor ada di jalur kabel putih atau charging

urutannya , Alternator ke minus capasitor, lalu plus dari capasitor menuju ke kiprok

dan disana ada gambar dioda dan ada grounding ya?
kalau boleh tau....diodanya grounding dimana?
harus tarik kabel lagi ga buat grounding diodanya??

apa metode ke empat ini bisa di pakai di RX King (12v) yang mau pasang HID??
terima kasih banyak uncle

hendefa said...

Gan,
kalau buat pulsar 180 ug3 gimana caranya??
soalnya susunan spul agak beda dengan skema yang agan buat.

terimakasih jika berkenan menjawab

Arief Budiman said...

Uncle saya harus pake model/cara yg mana biar pengisian aki mantap supaya ketika saya nyalain lampu depan, lampu indikator gigi perseneling tidak ngedip.
catatan, jalur lampu sudah saya rubah (pake arus dc) sambung ke kabel rem.
Please jawab uncle

Oyie Zilony said...

uncle zack,,mohon pencerahan untuk Supra PGM F1 Injeksi 125, di roypatigu@gmail.com,,ane ga bisa baca gambar..bisanya baca foto..soalnya ga tau yang namanya kiprok..regulator,,,, terima kasih juga untuk pencerahan penerangan (lampu besar nyala terang),,di edisi Cara Mudah Modifikasi Lampu Motor Part 2..bisa ane bikin berdasarkan foto.. #nasiboranggeblek