Wednesday, June 6, 2012

Cara Mudah Tes Kondisi Aki

by : Zakir Skynet

Banyak untungnya jika kita tahu cara melihat kondisi performa aki, pengalaman buruk dialami kawan uncle zak, ketika mobilnya tidak kuat stater maka langsung saja menuduh bahwa aki sudah soak, maka dibelilah langsung aki baru NS-70, ternyata setelah dipasang,
tetap saja ketika distater tidak kuat. akhir kata,  kawan uncle zak pagi itu rugi Rp. 650 ribu. pagi yang buruk buat kawan uncle zak.

Banyak faktor penyebab stater tidak kuat misalnya kabel-kabelnya sudah tua /berkarat menyebabkan arus listrik yang dipasok aki ke dinamo stater berkurang karena ada resistensi/hambatan karat, dinamo staternya dalam masalah, atau relay stater dalam kondisi buruk.

Agar jangan sampai salah mengambil keputusan  maka ada baiknya para pemilik kendaraan memahami cara mengukur performa aki, untuk itu diperlukan sebuah alat yang paling mahal sampai yang paling murah :

alat untuk mengukur performa aki yang paling bisa dihandalakan dalam bahasa uncle sam adalah load tester battery yang berwujud seperti dibawah ini :








Cara kerja load tester adalah simulasi pembebanan dengan mengggunakan sebuah resistor atau variabel resistor tergantung kebutuhan,.  contoh simulasi 1000 amper maka sebuah resisitor senilai 0,012 ohm
 angka nilai resistor  didapat dari 12 volt dibagi 1000 amper = 0,012 ohm.
 sedangkan rangkaian intinya seperti pada gambar dibawah ini
Rangkaian utama Load tester battery




cara kerja alat load tester sangat sederhana, setelah seluruh kabel terhubung ke terminal positip dan negatip aki,
  • switch alat di tekan dalam hitungan 2-3 detik: jika voltase aki terbaca pada area 9,3 s/d 11,5 volt pertanda aki dalam keadaan bagus ( 11-11,5 volt  sangat bagus, 10-10,9 volt bagus, 9,3-9,9 volt  sedang )
  • jika voltase aki meluncur ke bawah  pada area 5 s/d 9,2 volt pertanda aki kondisi sudah sangat buruk.




sedangkan contoh diatas load tester tanpa volt meter cara kerjanya sebagai berikut : misalkan akan menguji aki 65 ampere maka jarum load tester harus menunjukan pada skala hijau area aki 65 amper jika ,jarum jatuh pada area hijau pertanda aki bagus, jika jarum menunjukan pada area merah atau kuning pertanda aki buruk

Metode Test kondisi performa aki Model Uncle zak 

mengingat harga load tester model seperti gambar yang paling atas relatip mahal biasanya hanya bengkel-bengkel besar yang memiliki uncle zak punya solusi murah, efektip efisien dan ekonomis untuk mengukur kondisi performa aki.
melalui  hasil riset dan pengujian beberapa aki yang diuji ke mobil uncle zak chevrolet tahun 1984 mesin diesel hasil nyaris mendekati dengan angka-angka seperti diatas

alat yang diperluan dan wajib adalah :
voltmeter digital seharga Rp. 40.000,-


voltmeter digital harga Rp.40 ribu
cara pasangnya capit buaya bisa langsung terhubung ke terminal aki positip dan negatip jika pengujiannya didalam kabin mobil cari jalur kabel  positip sedangkan negatipnya body mobil.
untuk yang model socket cigarette lighter langsung konek ke rumah soket cigarette lighter maka akan langsung terbaca voltmeternya.

Cara Test 

Pada saat kunci kotak di stater perhatikan angka voltagenya seberapa besar angka voltmeternya
jika voltase aki terbaca pada area
  • 11-11,5 volt  kodisi aki sangat bagus, 
  • 10-10,9 volt kodisi aki : bagus.
  • 9,3-9,9 volt kondisi aki  sedang (diperlukan pengecasan selama 12 jam agar kembali seperti baru )
  • jika voltase aki meluncur ke bawah  pada area 5 s/d 9,2 volt pertanda aki kondisi sudah sangat buruk.


voltmeter desaiin langsung ke socket cigarette lighter



buat yang sudah punya voltmeter seperti pada gambar dibawah ini hanya tinggal amati angka voltmeter saja seperti angka-angka diatas.






 

 ilustrasi modelnya seperti pada rangkaian dibawah ini : kunci kontak sebagai switch dan resistornya adalah dinamo staternya  sedangkan voltmeter sebagai alat bantu untuk mengukur seberapa bagus kondisi aki


 






cara load tester voltmeter langsung terhubung ke aki


cara load tester voltmeter digital terhubung ke pemantik api rokok
Cara load tester voltmeter pada aki motor






semoga info ini dapat membantu dan berhemat sumber daya keuangan









3 comments:

  1. mau nanya pak , untuk yang model lighter beli dimana dan harganya berapa

    salam

    Riza
    08889654090

    ReplyDelete
    Replies
    1. produk tersebut banyak dijual di dept store Ace Hardware Indonesia dan Krisbow Indonesia

      Delete
  2. mau tanya pak. motor saya dari baru kondisi tegangan pengisian diukur pakai voltmeter bisa mencapai 14.8V dan setelah mesin dimatikan berada pada tegangan 12,4 -12,6V apakah itu normal, atau masuk kategori overcharge. sebenarnya berapa toleransi tegangan pengisian pada aki MF yg msh aman. terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete